Bisnis minuman collagen di Indonesia menunjukkan trend positif. Minuman yang digadang sebagai suplemen kecantikan wanita ini hadir dengan beragam merek. Apakah anda bingung memilih merk minuman kolagen yang terbaik? Atau malah ingin mencoba bisnis minuman serbuk berbasis bahan kolagen?

Di artikel ini kami coba uraikan apa itu collagen, apa saja manfaat minuman collagen bagi tubuh, potensi bisnis minuman kolagen di Indonesia dan cara memilih minuman kolagen yang cocok untuk anda konsumsi. 

Saat ini anda pasti sudah sering mendengar tentang minuman yang mengandung collagen. Minuman collagen dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk mengencangkan kulit dan membuat awet muda. Sudah banyak produk makanan maupun minuman yang memiliki kandungan collagen di dalamnya. 

Namun, apa sebenarnya collagen itu? Yuk simak penjelasan perusahaan maklon minuman berikut ini.

Pengertian Collagen

pengertian collagen

sumber : pickybest.id

Menurut hellosehat.com collagen adalah jenis protein yang menyusun tubuh manusia berbentuk serat dan tak larut. Collagen merupakan protein yang berfungsi sebagai fondasi tulang, kulit, urat dan ligamen agar dapat memiliki struktur dan kekuatan. 

Tubuh manusia sebenarnya dapat memproduksi collagen sendiri namun seiring bertambahnya usia kemampuan ini akan berkurang. Aktivitas yang dapat menghambat produksi collagen di antaranya terkena paparan sinar matahari langsung, polusi dan asap rokok. Bagi yang tubuhnya kekurangan collagen dapat dikenali dengan penampilan kulit yang kendur, timbul keriput dan garis-garis halus sehingga terjadi penuaan dini.

Untuk dapat mempertahankan collagen dalam tubuh diperlukan adanya gaya hidup sehat yaitu makan buah dan sayur, hindari stress, istirahat yang cukup dan minum multivitamin termasuk minuman yang mengandung collagen. Agar dapat membantu tubuh tetap sehat dan awet muda konsumsi minuman collagen dapat menjadi solusinya. 

Namun, bukan berarti hanya meminum minuman tersebut anda akan awet muda. Anda harus tetap menjalani aktivitas fisik atau olahraga agar tetap sehat.

Apa Itu Minuman Collagen ?

apa itu minuman collagen ?

sumber : rudy.my

Minuman collagen tersedia berbagai macam merk di pasaran merupakan salah satu minuman yang banyak diminati. Karena manfaat collagen dapat mengencangkan kulit, menghilangkan garis-garis halus dan membuat awet muda. Bukan hanya untuk penampilan, collagen bermanfaat untuk memelihara kulit, tulang, dan persendian. Belakangan produk minuman collagen kian menjamur di Indonesia ada yang berbentuk botol dan sachet. Tersedia dengan berbagai rasa dalam bentuk serbuk maupun minuman yang siap minum.

Minuman collagen diciptakan khusus membantu tubuh agar mendapatkan asupan collagen yang cukup. Namun minuman collagen tidak langsung meningkatkan jumlah collagen dalam tubuh. Hanya melakukan mekanisme memicu tubuh agar memproduksi collagen alami.

Molekul collagen dalam minuman collagen cepat diserap tubuh karena telah dipecah menjadi bagian-bagian kecil yang disebut peptida collagen.

Manfaat Minuman Collagen Bagi Tubuh

manfaat minuman collagen bagi tubuh

sumber : doktersehat.com

Meskipun masih belum banyak penelitian yang membuktikan manfaat dari collagen, namun beberapa menunjukan hasil sebagai berikut seperti dilansir dari laman hellosehat.com.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Collagen dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah dengan demikian collagen dapat melancarkan aliran peredaran darah dari dan menuju jantung. Semakin lancar aliran peredaran darah akan membuat tubuh mendapatkan oksigen dan nutrisi yang tercukupi karena darah sebagai penyalur oksigen dan nutrisi ke semua tubuh. Dengan begitu tubuh akan tetap sehat.

Menyembuhkan Luka dan Cedera

Collagen merupakan struktur penyusun jaringan tulang, otot, ligamen dan persendian yang kuat. Mengkonsumsi collagen ketika mendapatkan luka dan cedera akan membantu pemulihan jaringan yang terkena cedera sehingga akan cepat pulih.

Meringankan Nyeri Rematik

Collagen merupakan salah satu unsur protein penyusun tulang dan persendian. Sedangkan rematik adalah radang pada persendian yang menyebabkan sakit saat menggerakkan anggota tubuh. Collagen dapat melancarkan pergerakan persendian dan membantu memelihara kesehatan jaringan tulang.

Mengurangi Selulit

Selulit dapat mengganggu penampilan kulit anda karena disebabkan oleh penumpukan jaringan lemak yang menembus serat hingga ke lapisan teratas kulit. Collagen dapat mengurangi penumpukan lemak dari dalam tubuh dan mempercepat regenerasi jaringan kulit yang rusak akibat penumpukan lemak.

Mengurangi Keriput dan Garis Halus

bisnis minuman collagen di Indonesia
Bisnis minuman collagen kian dilirik pengusaha (freepik)

Collagen dalam tubuh akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia, sehingga menyebabkan tanda-tanda penuaan muncul akibat menipisnya protein penyusun jaringan tersebut. Menggunakan krim anti-aging, sunblock dan minuman yang mengandung collagen dapat mengurangi tanda keriput halus di bagian dahi, bibir, dan mata. Collagen juga dapat berfungsi untuk memperbaiki sel kulit yang kendur dan memperbaiki kontur wajah menjadi lebih kencang serta menghapus bekas luka jerawat.

Meningkatkan Kesehatan Rambut

Adakah yang belum tahu ? bahwa manfaat collagen juga dapat berfungsi untuk memelihara kesehatan rambut. Collagen sebagai unsur utama dalam pertumbuhan dan kesehatan rambut. Mencegah efek buruk dari radikal bebas yang dapat membuat rambut mudah rontok, tipis dan tidak sehat. Dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung collagen rambut akan tetap terjaga dari paparan polusi dan radikal bebas.

Bisnis Minuman Kolagen di Indonesia

Segmentasi Pasar Bisnis Minuman Collagen

segmentasi pasar minuman collagen

sumber : marketeers.com

Minuman collagen atau yang biasa disebut dengan beauty drink kini, minuman yang rutin dan wajib ada dalam daftar minuman favorit yang banyak memiliki manfaat baik. Namun tak hanya untuk wanita, collagen ternyata memainkan peranan penting dalam memelihara kesehatan tulang, otot dan pembuluh darah. 

Menurut www.klikdokter.com lapisan dermis kulit sangat membutuhkan collagen, dengan asupan collagen yang cukup membuatnya tetap sehat. Jadi, minuman collagen tak hanya memiliki manfaat untuk wanita tetapi, pria juga membutuhkan jumlah collagen yang cukup agar mempertahankan kesehatan tulang dan otot.

Potensi Pasar Minuman Kolagen

potensi pasar bisnis minuman collagen

sumber : journal.sociolla.com

Bisnis collagen kian menjamur di Indonesia. Terlihat dari banyaknya merk yang bermunculan dengan berbagai harga. 

Seiring dengan mobilitas tinggi dan usia yang semakin bertambah jumlah collagen dalam tubuh semakin berkurang. Banyak dari pria atau wanita mencari suplemen minuman collagen yang dikonsumsi secara praktis dan simpel karena tersedia dalam botol kecil yang siap minum. 

Potensi bisnis minuman collagen semakin meroket karena perubahan gaya hidup yang semakin meningkat dengan penampilan yang dituntut tetap menawan meski sudah berumur. Hanya dengan mengkonsumsi minuman collagen kulit menjadi lebih sehat dan terawat.

Trend Pertumbuhan dan Permintaan Minuman Kolagen

trend pertumbuhan dan permintaan bisnis minuman collagen

sumber : swa.co.id

Di Indonesia seiring berkembangnya tren inovasi dalam bidang kecantikan, minuman yang mengandung collagen semakin banyak dicari dan diminati. Dengan berbagai kisaran harga minuman yang paling banyak dicari kini yang memiliki rasa buah-buahan seperti produk Diva Beauty Drink. 

Jumlah pembeli dan pencari minuman collagen cenderung semakin meningkat. Tak heran karena collagen memiliki banyak manfaat untuk kulit, tulang, otot dan jaringan pembuluh darah.

Tips Cara Memilih & Membeli Minuman Collagen

Banyaknya produk minuman yang mengklaim mengandung collagen. Minuman yang terbaik adalah minuman collagen. Oleh karena itu perlu diperhatikan dalam memilih minuman collagen yang tepat agar manfaat dan hasilnya bisa dirasakan secara maksimal. Semakin menjamurnya minuman collagen, untuk menemukan minuman collagen yang tepat simak tips berikut dilansir dari my-best.id :

Pilih Sesuai Kebutuhan

pilih sesuai kebutuhan

sumber : productnation.co

Memilih jenis minuman collagen sesuai kebutuhan kulit anda perlu dilakukan dengan memperhatikan kandungan minuman collagen. Collagen untuk kecantikan kulit dan wajah proporsinya lebih besar dengan kandungan collagen tipe I. Bagi anda yang ingin memiliki kulit yang kencang, lembab dan elastis pilihlah minuman collagen jenis ini.

Kemudian collagen tipe II collagen jenis ini biasanya ada di sendi dan tulang rawan. Biasanya efektif mengurangi radang sendi atau rematik akibat bertambahnya usia. Namun, sayangnya collagen jenis ini sulit ditemui di pasaran.

Memeriksa Jenis Bahan Baku Collagen

memeriksa jenis bahan baku

sumber : well.ca

Bahan baku collagen mempengaruhi tingkat penyerapannya. Ada dua macam jenis bahan baku, grass fed collagen dan marine collagen. Grass fed collagen umumnya berasal dari bahan-bahan hewani. Grass fed collagen dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Cocok untuk yang baru pertama kali mencoba minuman collagen.

Selain itu, marine collagen bahan baku collagen yang terbuat dari ikan dan ada juga yang terbuat dari ubur-ubur. Marine collagen jauh lebih mudah diserap tubuh karena molekulnya yang lebih kecil. Minuman collagen yang terbuat dari bahan baku ikan memberikan efek lebih baik daripada jenis grass fed collagen.

Cek Komposisi Produk non Collagen

periksa kandungan bahan pendukung

sumber : tirto.id

Zat yang mendukung collagen sehingga mudah dikonsumsi dan diserap tubuh adalah vitamin C dan zat besi. Ketika collagen berubah menjadi asam amino yang disalurkan ke seluruh tubuh, maka vitamin C dan zat besi akan membantu proses sintesis asam amino menjadi collagen kembali. 

Khasiat vitamin C juga dapat menekan pembentukan pigmen melanin yang menyebabkan noda hitam di kulit. Jika anda ingin meminum collagen dan mendapatkan manfaat yang lebih untuk kecantikan maka pilih jenis dengan kandungan vitamin C ini.

Selain vitamin C, ada vitamin B yang memiliki manfaat bagus untuk kecantikan diantaranya merawat kulit, menjaga kelembaban dan menyehatkan rambut. 

Sesuaikan Dosis dengan Kebutuhan Tubuh

sesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan

sumber : pickybest.id

Minuman collagen memang sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit, tulang, otot, dan jaringan ligamen namun, anda tetap harus memperhatikan jumlah kebutuhan dan dosisnya. Dosis standar collagen yang disarankan adalah 5000 mg perhari untuk kulit dan 10.000 mg perhari untuk tulang dan sendi

Di pasaran, Minuman yang mengandung collagen biasanya berkisar antara 1000 mg hingga 10.000 mg perhari. Akan tetapi, jumlah kandungan collagen yang tinggi belum terbukti memberikan manfaat atau hasil yang efektif jadi, pilih lah sesuai standar anda.

Perhatikan Harga dan Kemasannya

perhatikan biaya dan kemasannya

sumber : my-best.id

Kandungan collagen dalam minuman rasanya akan kurang enak bila tanpa bahan pendukung. Hal ini lah yang terkadang membuat salah satu minuman collagen memiliki harga yang lumayan mahal seperti contohnya bahan pendukung sodium hyaluronate dan royal jelly. Minuman collagen dengan bahan pendukung tersebut memiliki harga tinggi. Bukan hanya bahan pendukung, jenis collagen yang digunakan juga mempengaruhi harganya akan tetapi collagen dengan jumlah yang tinggi belum tentu harganya juga tinggi.

Anda juga perlu memperhatikan kemasannya. Umumnya minuman collagen yang dijual satuan lebih mahal harganya daripada minuman collagen kemasan paket. 

Kesimpulan

Minuman collagen merupakan minuman yang dinilai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tulang dan sendi. Tak hanya itu minuman collagen banyak dicari oleh para wanita karena efek nya dapat mengencangkan kulit dan menghilangkan kerutan atau garis halus pada wajah. Hal tersebut membuat bisnis minuman collagen semakin menjamur di Indonesia. Tersedia dalam beberapa merk anda harus pintar memilih minuman collagen yang sesuai dengan kebutuhan.

Buat anda para pengusaha MLM atau yang memiliki jaringan pemasaran, kami sarankan untuk memasarkan produk dengan merek sendiri (private label). Jika anda ingin berbisnis minuman serbuk dari bahan kolagen, maka PT Lumbung Pangan Bogor siap membantu anda. Perusahaan maklon minuman di Bogor ini akan memformulasikan, memproduksi, mengemas sehingga produk siap jual. Bahkan, urusan perizinan seperti BPOM pun akan dibantu.

Referensi

  • Mybest. (2020, February). 10 Rekomendasi Minuman Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2020). mybest. https://my-best.id/100905
  • Quamila. (2017, September 6). Manfaat Kolagen Selain untuk Membasmi Keriput Di Wajah. Hello Sehat. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/6-manfaat-kolagen-untuk-tubuh/

Telah diupdate pada Agustus 24, 2020 oleh Perusahaan Maklon Minuman

Kategori: Bisnis

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.