Ide Bisnis Minuman Kekinian dengan Brand Sendiri

Bisnis minuman kekinian terlaris 2022 seperti thai tea, kopi dan coklat harga murah banyak dicari pebisnis. Buat anda yang mulai bisnis franchise minuman & makanan ringan, maka silakan baca artikel ini hingga tuntas.

Usaha minuman seperti bubble drink kini sedang menjadi incaran. Minuman ini menjadi tren beberapa tahun belakangan. Sebenarnya minuman bubble drink asalnya dari Taiwan. Ciri khas paling mencolok adalah campuran bubble berbentuk mutiara berwarna hitam yang terbuat dari tepung tapioka. Sajiannya dicampurkan ke dalam minuman beraneka rasa, sehingga memunculkan sensasi unik tersendiri.

Kesempatan bisnis minuman kekinian bubble drink ini juga dapat Anda ambil dengan melihat peluang yang cukup besar. Tak sedikit pelaku bisnis yang tertarik untuk melakoninya karena pangsa pasarnya luas. Minuman ini pun banyak disukai oleh berbagai kalangan, sehingga kemungkinan mendapatkan keuntungan tinggi bisa diperkirakan sejak dini.

Kami akan bahas kelebihan bisnis minuman kekinian dan cara memulainya.

Konten

Mengapa Bisnis Minuman kekinian?

Bisnis minuman kekinian dan unik dalam kemasan cup dengan modal Rp 300rb bisa jadi peluang bisnis yg menjanjikan. Bisnis minuman kemasan cup seperti es teh dan cincau bisa dijajakan di depan rumah sendiri. Tentunya, ini sangat menguntungkan jika lokasi usahanya strategis seperti dekat sekolah, perkantoran atau pusat keramaian lainnya

Usaha minuman kekinian seperti kopi, susu, teh poci, coklat terlaris 2022 harga murah makin diminati pengusaha. Varian lain minuman aneka rasa panas dan dingin seperti bubble drink, bubuk milo, mojitos sehat juga paling laris di bandung.

Bisnis dalam bidang kuliner memang mempunyai daya saing ketat. Kalau Anda masih dalam tahap amatir, sebaiknya coba dulu membuka usaha kecil-kecilan berupa minuman. Ini dia alasan mengapa harus memilih bisnis minuman kekinian seperti bubble drink:

Modal Minim yang Menjamin Masa Depan

Berbagai pihak telah membuktikan bahwa bisnis bubble drink bisa menjadi investasi yang menjamin masa depan. Modal yang dibutuhkan pun tidak banyak. Jadi sangat cocok bagi Anda yang memiliki budget terbatas. Apalagi peminat minuman ini juga besar. Bila Anda bisa memilih perusahaan franchise minuman dengan cermat dan harga produk sesuai, maka bisnis ini kemungkinan dapat bertahan lama di pasaran.

Angka Laba yang Tinggi

Alasan yang kedua adalah berhubungan dengan laba. Mayoritas usaha pasti berorientasi pada laba. Keuntungan ini bisa Anda dapatkan dengan mudah jika memang bertekad memulai bisnis ini. Supaya Anda tidak hanya menerawang seberapa besar kemungkinan laba yang didapatkan, cobalah hitung perkiraannya.

Pengembangan Brand yang Fleksibel

Sebagian dari franchisor memang menetapkan peraturan dan kebijakan yang cukup ketat terkait pengembangan brand. Sebab pada dasarnya, mereka adalah pemilik hak paten brand. Tapi jangan salah, sekarang ini sudah banyak franchisor yang menganut sistem jual lepas. Mereka tidak mengikat mitranya dengan beban fee. Justru mereka menyediakan bahan baku yang dibutuhkan.

Untuk memberikan gambaran bagaimana peluang usaha minuman jika dijalankan dengan benar, berikut kami sajikan analisa sederhana perhitungan untung rugi usaha minuman kekinian seperti bubble drink.

Keuntungan yang menjanjikan

Waralaba Minuman Kekinian, Kelebihan Franchise +Tips Mulai Bisnis

Perkembangan jaman yang semakin cepat, memunculkan beragam bisnis yang bisa mensupportnya. Pria dan wanita karir menginginkan semua kebutuhannya tersedia secara instan. Tantangan jaman ini direspon oleh pelaku usaha untuk menyediakan produk yang sifatnya instan. Termasuk di dalamnya adalah bisnis minuman.

Mendapatkan keuntungan besar adalah target utama para pebisnis. Untuk mendapatkan keuntungan besar dalam waktu relatif singkat, para pebisnis umumnya memilih sistem franchise. Dengan laba tersebut maka kepuasan pribadi akan lebih terjamin.

Salah satu jenis usaha minuman kekinian yang perlu anda coba adalah franchise minuman. Contoh produknya adalah kopi, thai tea dan coklat bubuk. Jenis minuman ini lebih disukai oleh masyarakat Indonesia, terutama anak sekolah. Kami sarankan anda untuk memulai bisnis minuman lebih awal sehingga peluang bisnis berkembang akan semakin besar.

Kelebihan Bisnis Minuman Kekinian

bisnis franchise minuman kekinian terlaris di Indonesia

Sebelum menjalankan bisnis minuman maka anda perlu tahu kelebihan model bisnis tersebut. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu bisnis, tentunya anda bisa membuat keputusan yang lebih tepat dan akurat. Berikut ini adalah beberapa kelebihan bisnis minuman kekinian

Merek produk sudah di kenal masyarakat

Salah satu kelebihan bisnis minuman kekinian adalah lebih mudah melakukan branding produk. Jika anda beli franchise minuman, maka penjualnya telah mengembangkan dan memasarkan merk produk. Anda pun tidak perlu mengeluarkan biasa pemasaran dan branding produk. Dengan demikian, maka produk anda lebih mudah dikenal masyarakat.

Tugas anda hanyalah menjalankan sistem yang telah dibuat oleh franchisor. Anda hanya perlu fokus memberikan produk dan layanan terbaik. Jika menjalankan bisnis minuman dengan formula khusus dari franchisor, maka pastikan formula minuman yang anda jual sudah sesuai prosedur.

Jaringan network yang luas

Kerjasama diperlukan untuk membangun jaringan bisnis dalam rangka mengembangkan usaha. Pihak franchisor yang baik akan mengumpulkan pembeli franchisenya secara berkala. Mereka akan memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan menjual para franchisee. Sebagai contoh anda bisa melihat perusahaan HNI atau HPAI yang menjual sabun secara MLM. Dengan jaringan bisnisnya, mereka bisa merajai pemasaran sabun

Pada saat berkumpul inilah anda dapat bertukar pengalaman dengan pembeli franchise lainnya. Bagaimana cara mereka memasarkan produknya. Tak jarang, pemilik franchise akan memberikan kesempatan kepada pembeli terbesar dan minta mereka untuk berbagai pengalaman dengan pembeli franchise lainnya. Untuk itu, manfaatkanlah dengan baik kesempatan seperti ini.

Pengembangan Bisnis

Untuk pebisnis pemula yang belum tahu seluk beluk bisnis, maka membeli paket usaha minuman kekinian (sistem franchise) adalah pilihan yang tepat. Pihak franchisor sudah memiliki sistem usaha. Mulai dari penyediaan alat dan perlengkapan berjualan, sistem manajemen karyawan hingga sistem pemasaran. Tugas anda selaku pembeli franchise adalah melakukan copy paste sistem yang telah diberikan pihak franchisor.

Untuk awalan, investasi atau modalnya cukup lumayan. Anda perlu membeli alat dan bahan untuk jualan. Untuk alat jualan seperti gerobak jualan hanya sekali beli saja. Untuk bahan jualan, maka anda perlu membeli secara rutin. Jika jualan anda lancar, maka setiap minggu anda bisa melakukan purchase order kepada pihak franchisor.

Passive income

Ketika salah satu lapak usaha anda meledak penjualannya, maka anda bisa membuka cabang lapak. Anda tinggal membeli lisensi sejumlah lapak dan melakukan cloningan sistem usaha di lapak yang baru. Kebayang kan jika anda punya 10 lapak usaha minuman kekinian? Jika separuhnya sukses dan separuh lainnya tutup modal, maka anda pun masih punya penghasilan.

Bisa dikatakan, tanpa anda turun tangan pun, bisnis tetap berjalan. Inilah yang dinamakan autopilot. Dengan demikian, passive income dari usaha minuman kekinian pun bukanlah khayalan.

Setelah anda tahu kelebihan sistem franchise minuman kekinian, maka anda perlu melakukan persiapan usaha. Kami memiliki beberapa tips jitu buat anda yang sedang mempersiapkan usaha. Berikut penjelasannya.

Ide Bisnis Minuman Kekinian & Unik di Indonesia

Untuk mendapatkan tempat nongkrong atau café dengan minuman kekinian, kamu bisa berselancar di Google atau YouTube. Anda bisa mendapatkan testimoni dan review tempat usaha minuman kekinian dari Blogger dan vlogger jaman now.

Minuman bohlam

Di jaman yang kekinian pada tahun 2018 ini, menjadikan manusia harus berinovasi banyak hal termasuk minuman. Contohnya adalah lampu bohlam yang sekarang telah jadi ide bisnis yang menguntungkan untuk anda. telah banyak pengusaha minuman yang menjadikan bohlam yang digunakan sebagai botol minuman. Ditambah lagi dengan warna warni minuman yang lucu sehingga banyak menarik pembeli.

Bubble Tea

Merupakan jenis minuman teh yang berbahan dasar teh yang dicampur dengan susu, ada juga tambahan topping sesuai dengan keinginnan anda seperti coklat, red velvet, taro, dan lain-lain. Akan lebih hits lagi dengan tambahan butiran-butiran jelly yang biasa disebut dengan buble. Harga es buble sendiri adalah sekitar 15ribu sampai 25 porsi.

Ice Blend dan Ice Drink

Minuman dingin berupa Ice Blend dan Ice drink ini merupakan minuman populer saat ini di kalangan remaja dan anak muda. Biasanya, anak sekolah yang suka nongkrong di cafe suka memesan jenis minuman ini. minuman ice blad dibuat dari minuman serbuk yang telah dicampur dengan es batu lalu dicampur dengan blender. Beberapa varian rasa dari minuman serbuk yang paling disukai remaja tersebut adalah coklat dan kopi, dan rasa buah-bauah seperti strowberry dan jambu juga banyak disukai.

Milk Shake

Merupakan susu kocok dengan rasa manis dan dingin yang terbuat dari susu, bisa susu panas, susu dingin dan juga es krim. Biasanya milkshake ditambah dengan penguat rasa atau flavor. Penggunaan produk minuman ini lebih banyak diminati oleh penjual minuman karena sangat praktis dan efisien.

Minuman bubuk instan sangat praktis karena tidak repot dan cepat disajikan dengan air hangat maupun dengan air dingin. Saat ini mulai banyak macam varian rasa minuman bubuk instan ini dan apakah kamu sudah pernah mencobanya ?

Minuman Ice Blended

Minuman Bubuk ice blended

sumber : bubukminuman.id

Salah satu minuman yang paling banyak disukai dari semua jenis kalangan adalah es blender. Hampir di setiap outlet, ruko, dan pertokoan bisa kita jumpai stand minuman bubuk ice blended ini. Dengan berbagai merk para pedagang berlomba-lomba agar minuman bubuknya menarik minat pembeli. Mulai dari menyajikan variasi rasa, inovasi rasa, hingga memakai brand atau nama unik pada minumannya. Terbukti dengan takaran atau racikan yang pas dan bubuk minuman berkualitas, bisnis minuman bubuk instan menghasilkan omset menggiurkan.

Minuman Ice Bubble

Minuman bubuk es bubble adalah minuman serbuk instan perpaduan antara teh dan susu khusus yang sangat segar. Diberi topping bubble yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan gula merah yang diberi air hangat kemudian dibentuk pearl. Minuman es bubble cocok dinikmati dalam keadaan dingin atau disajikan dalam keadaan panas namun tanpa topping bubble.

Cara Penyajian Minuman Ice Bubble Tea dengan Cara Shake

Cara penyajian berikut tergantung dari selera masing-masing, namun menurut medium.com berikut tips penyajian minuman es bubble dengan cara dikocok.

  1. Siapkan minuman bubuk rasa teh susu (untuk takaran 14-16 oz)
  2. Tambahkan gula cair 40-60 ml / gula pasir 2-3 sendok makan
  3. Masukkan air 100-150 ml
  4. Kemudian shake / kocok sampai gulanya larut dengan air 
  5. Lalu, tuangkan kedalam gelas tambahkan topping bubble di atasnya
  6. Minuman es bubble tea siap disajikan

Selain bubble, kamu bisa menambahkan jelly atau cincau hitam di atasnya untuk variasi rasa.

Minuman Green Tea

minuman serbuk green tea

sumber : luckyvitamin.com

Biasanya untuk menikmati green tea kita harus ke coffee shop, cafe, restoran atau kedai kopi. Kini, kita bisa dengan mudah membelinya dengan berbagai brand di beberapa stand atau kedai minuman. Rasa green tea memang khas tetapi, minuman bubuk instan rasa green tea yang diproduksi beberapa produsen memiliki rasa yang berbeda-beda. Ada yang rasanya manis, ada juga yang masih mempertahankan rasa khas green teanya. 

Dari semua varian rasa minuman bubuk instan, yang menjadi favorit kalangan remaja hingga dewasa adalah green tea, coklat, dan original (milk/tea). Minuman green tea juga tak sekedar menjadi minuman favorit, karena khasiat green tea mengandung tinggi antioksidan dan dapat menurunkan kolesterol.

Coffee

Minuman Bubuk Coffee

sumber : yourbeautyblog.com

Pasti sudah tidak asing bagi kita mendengar minuman coffee dalam bentuk bubuk. Minuman coffee ini sangat praktis dan cepat disajikan. Hanya menyiapkan air hangat dan gelas, kamu sudah bisa langsung menikmati coffee tersebut. Para pecinta kopi menjadikan minuman bubuk ini sebagai alternatif dikala kesibukan melanda namun tak sempat pergi ke coffee shop. 

Minuman Coklat

Minuman Bubuk Coklat

sumber : bakeclub.com.au

Minuman bubuk coklat adalah minuman yang terbuat dari biji kakao. Semua kalangan sangat menyukai coklat namun, tahukah kamu ? bahwa rasa asli coklat adalah pahit. Ya, untuk memberi cita rasa enak maka minuman bubuk coklat diberi gula atau pemanis. Bubuk coklat berwarna gelap biasanya banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat kue dan minuman. Saat ini telah banyak muncul berbagai macam merk minuman bubuk coklat. Namun, pemanfaatan utamanya adalah sebagai bahan pembuatan kue dan minuman.

Berikut ini daftar Inovasi Minuman kekinian yang layak anda coba:

Coffee Original Indonesia

Kedai kopi ini ngehits karena pernah menjadi tempat shooting film layar lebar berjudul Filosofi Kopi. Karena filmnya booming, maka para muda mudi berdatangan untuk mencoba rasa kopi buatan café tersebut. Menurut Annisa di Tripadvisor, jenis kopi yang dijual adalah biji kopi asli Indonesia.

Netijen memberikan rating 3 dari 5 bintang untuk kedai kopi ini. Kedai filosofi kopi beralamat di Jln. Melawai VI no. 25 | Area parkiran depan Blok M Square, Jakarta 12160.

Donny mengatakan keunggulan kedai kopi ini adalah desain interior yang unik. Namun, ketika dia dan temannya menyambangi tempat tersebut, AC nya tak berfungsi sehingga terasa agak panas. Beberapa jenis kopi dan harganya di kedai kopi tersebut adalah:

Menu minuman kopi
Harga
Hot Cafe Latte
Rp 30.000
Churros
Rp 20.000
Piccolo
Rp 25.000
Hot Green Tea
Rp 32.000

Beberapa review negatif tentang kedai kopi ini adalah rasa kopi nya biasa alias standar. Misalnya saja kopi espresso cenderung didominasi oleh susu sehingga rasanya menjadi milky.

Thai Tea

Minuman asal negeri Gajah, Thailand, ini cukup popular di Indonesia. Kedai minuman yang menjual thai tea biasanya cukup unik. Keunikan tersebut dilihat dari namanya yang menunjukkan pengulangan kata. Beberapa brand sebagai ide nama unik untuk usaha minuman thai tea di Google Map adalah:

  • Dum dum thai tea
  • Nyot nyot tahi tea
  • Kako thai tea
  • Pom pom thai tea
  • Utta utta thai tea
  • Yan yan thai te

Rasa thai tea biasanya adalah manis, gurih dan pekat. Munculnya rasa tersebut karea thai tea terbuat dari black tea, susu dan krimer. Salah satu brand terkenal thai tea adalah dum dum thai tea.

Variasi minuman di kedai dum dum thai tea adalah , thai coffee, milo coffee, thai green teathai black tea, dan thai black coffee. Anda bisa menikmati thai tea dingin atau panas! Harganya cukup murah mulai dari 10 ribuan.

Usaha jualan minuman Thai tea bisa menjadi salah satu peluang bisnis minuman modal rp 300rb yang layak dicoba.

Bila anda ingin memulai usaha brand sendiri berbahan bubuk minuman thai tea, maka anda bisa menghubungi PT. Lumbung Pangan Bogor. Perusahaan ini menyediakan jasa maklon minuman serbuk termasuk thai tea.

Mango Thai

Mango Thai adalah minuman jus mangga yang dikombinasikan dengan bahan lain seperti whipped cream dan yogurt. Minuman mango thai pernah booming di Indonesia, khususnya di kota besar seperti Jakarta.

Minuman Mango thai berasal dari Thailand. Negara tersebut terkenal sebagai salah satu negara penghasil mangga berkualitas super/terbaik. Minuman mango thai diklaim menyehatkan, rendah lemak, dan mengenyangkan. Di mall atau kafe minuman mango thai biasa dibanderol dengan harga sekitar 50 ribu rupiah

Milkshake Monster

Milkshake monster adalah sebutan minuman yang terbuat dari susu dengan tampilan unik dan banyak toping. Varian milkshake dingin ini cocok dinikmati saat cuaca panas di siang hari. Beberapa nama minuman milkshake monster yang popular adalah red velvet dan bubble gum. Jika kamu pengen membuat milkshake monster sendiri, berikut ini kami sajikan resepnya dari vebma.com

Bahan-bahan Milkshake monster

  • Susu cair dingin 500 ml
  • Es krim rasa cokelat 6 scoop
  • Selai cokelat 4 sendok makan
  • Whipped cream cair 200 ml (kocok hingga mengembang)
  • Wafer cokelat roll 2 buah
  • Biskuit salut cokelat 3 buah
  • Cokelat chip warna warni 30 gram
  • Es batu 6 buah
  • Cokelat topping jam secukupnya

Cara Membuat Milkshake monster

Berikut tahapan cara membuat milkshake untuk jualan:

  1. Haluskan 1 buah biskuit salut cokelat dengan cara ditumbuk, sisihkan.
  2. Masukkan susu cair dingin, es krim cokelat dan es batu ke dalam blender. Blender hingga halus.
  3. Oleskan cokelat topping jam pada bibir gelas. Tuang milkshake cokelat hingga agak penuh. Semprotkan dengan whipped cream di atasnya.
  4. Tempelkan cokelat chip pada bibir gelas. Atur biskuit dan wafer pada whipped cream. Taburi dengan remahan biskuit di atasnya. Sajikan.

Itulah resep dan cara pembuatan milkshake monster.

Franchise Chocolate Changer

Franchise chocolate changer mulai dirintis sejak tahun 2014 oleh Fallyanthus bersama adiknya Elsa Wellya. Pemilik chocolate changer tersebut merupakan alumnus dari Universitas Andalas. Mereka melebarkan sayap usahanya melalui jalur sedekah dan aktif di lembaga relawan seperti Dompet Dhuafa.

Bisnis chocolate changer (chocolate changer franchise) awalnya berupa sebuah gerai minuman di kota Padang, Sumatera Barat. Launching perdana pada tanggal 1 Februari 2014. Pada tahun 2017, tercatat sekitar 38 gerai chocolate changer di seluruh Indonesia. Mungkin harga franchise chocolate changer yang terjangkau menarik minat para pengusaha minuman kekinian.

Sebagai informasi tambahan, biaya investasi waralaba minuman coklat ini sekitar Rp 3.900.000,-. Harga tersebut merupakan harga franchise Passion of Chocolate yang dikutip dari https://www.ayowaralaba.com/franchise/bubble-ice-pasco.

Minuman dari coklat ini berasal dari Padang kemudian menyebar ke kota lain seperti Bukittingi, Pekanbaru, dan Bandung. Usaha minuman kekinian ini cukup populer di daerah sekitar kampus. Buat anda mahasiswa yang kuliah di Bandung, kamu bisa mencoba minuman ini di daerah ITHB-Dipatiukur, ITB, Maranatha, UPI, STT Telkom, Cikutra, Jatinangor, juga UIN SGD Cibiru.

Harga minuman chocolate changer cukup murah. Tanpa toping, minuman ini bisa kamu beli dengan harga Rp 8 ribu (2016). Jika pengen pake topping seperti bubble, pudding atau jelly kamu cukup nambah 2 ribu rupiah.

Twin Cup Smoothies

twin cup smoothies salah satu franchise minuman kekinian

Twin cup smoothies terbilang cukup unik. Peluang usaha minuman unik kekinian ini cukup populer di kota besar seperti Bandung dan Jakarta. Keunikan minuman ini dapat kamu lihat dari kemasan yang berbentuk seperti gelas terbelah (twin).

Populernya twin cup smoothies bersamaan dengan masuknya minuman Thailand ke Indonesia. Dengan konsep minuman berbahan alami seperti sayur, buah, susu, sirup dan yoghurt, menjadikan minuman ini disukai penikmat kuliner.

Oh iya, kamu bisa menikmati minuman ini bersama pasangan (halal) kamu ya.. so sweet pastinya.

King Durian

Merk minuman kekinian king durian bisa terbilang muncul setelah king mango yang populer terlebih dahulu. Sebagai varian minuman buah, minuman ini cukup menarik minat remaja pria dan wanita masa kini.

Buat kamu pecinta durian, kamu perlu mencoba minuman yang satu ini. Keunikan dari minuman king durian adalah penyajian 3 varian olahan durian dalam satu kemasan. Varian tersebut adalah es krim durian, jus durian dan fla durian. Bahkan toppingnya pun daging buah durian loh.

Harga minuman king durian bisa terbilang murah. Dengan merogoh kantong 15 ribu kamu sudah bisa mendapatkan minuman kekinian berukuran gelas sedang. Kamu bisa membeli minuman ini saat traveling ke Jogja.

Tips Memulai Usaha Minuman Kekinian

Waralaba Minuman Kekinian & Bisnis Minuman Bubble Drink Murah 2019

Untuk memulai bisnis minuman kekinian, anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Pengusaha kawakan yang telah menjalankan bisnis minuman selama beberapa tahun tentu telah mengetahui celah dan seluk beluk usaha. Agar bisnis berjalan dengan baik, maka silakan anda simak penjelasan tips memulai usaha berikut ini:

Riset Pasar

Langkah pertama adalah melakukan riset market dengan memilih minuman bubuk yang memiliki rating bagus artinya minuman yang banyak peminatnya, anda dapat mencarinya melalui google. Carilah kata kunci minuman bubuk yang sering muncul maka itulah yang sedang tren saat ini.

Sebaiknya anda memperhatikan trend yang sedang berkembang di sekitar anda. Termasuk pola konsumsi minuman. Dengan begitu anda menjadi lebih peka terhadap permintaan pasar. Salah satu trend minuman yang cenderung naik daun adalah minuman herbal. Jenis minuman yang dibuat dari tumbuhan berkhasiat obat ini memang semakin digemari oleh masyarakat yang menginginkan hidup sehat.

Intip Kekuatan dan Kelemahan Kompetitor

Kemudian anda dapat melakukan pengecekan kompetitor, anda dapat mencari tau pesaing yang sedang menjual minuman yang sama dengan anda bisa melalui google, facebook fanspage, instagram, dan lain-lain. Setelah menemukan maka anda dapat mempelajari produk mereka. Misalnya dari cara membuat copywriting, membuat uniq value dari brand produk anda, atau harga yang mereka pasang, sampai anda menemukan celah dari kompetitor tersebut.

Inovasi di Industri Minuman

Inovasi di bisnis minuman terus bermunculan sejak 3 tahun terakhir. Marak dan menggeliatnya bisnis wisata dan kuliner menjadikan variasi minuman semakin inovatif. Sebagai pendamping makanan, minuman dituntut untuk tampil menarik sehingga menumbuhkan minat pembeli untuk sekedar mencobanya.

Melihat ketatnya persaingan di industri minuman, banyak pemilik usaha minuman yang gulung tikar. Tetapi, pengusaha minuman yang kreatif justru tumbuh di saat pertumbuhan ekonomi tak beranjak dari angka 5 persen. Tentu ada pembeda diantara keduanya.

Menurut kami sebagai perusahaan maklon minuman, kemampuan adaptasi terhadap perubahan dan inovasi menjadi kunci untuk memenangkan persaingan bisnis minuman. Transisi gaya hidup masyarakat berubah dengan hadirnya era ecommerce dan marketplace. Jika dulu pembeli harus datang ke lapak penjual, kini berbekal smartphone android pembeli bisa mendapatkan produk yang diinginkannya.

Desain kemasan minuman

Bisnis Minuman Kekinian - Potensi Usaha & Review Usaha Minuman

Pengusaha yang berjualan minuman apakah itu café, warung cepat saji atau restoran perlu memperhatikan menu yang dipajangnya. Jika dulu hanya menyajikan minuman seperti teh, sirup buah, atau kopi, maka anda perlu berinovasi untuk membuat minuman yang lebih kekinian.

Kekinian disini dapat dimaknai beragam. Anda bisa merubah tampilan produk, cara penyajian produk atau mengkombinasikan produk yang telah ada. Selain itu, anda perlu berjalan-jalan ke lapak competitor bagaimana inovasi mereka. Perhatikan juga trend anak muda yang sedang berkembang. Follow them and give them your best innovation.

Jika melihat sekilas, produk minuman yang muncul ke permukaan terbilang anti mainstream. Ada yang kemasannya botol dot bayi, ada pula silky pudding yang minumnya dengan cara disedot (pudot).

Segmen market anak muda milenial

Berkembangya trend usaha minuman tersebut disebabkan oleh perkembangan teknologi internet. Jejaring social (social media) yang muncul di kalangan anak muda menjadi pemicu munculnya berbagai bisnis minuman baru.

Sebagai wujud eksistensi diri di dunia maya, anak muda milenial umumnya ingin terlihat beda. Oleh karena itu, ketika mereka melakukan traveling maka aktivitas mereka terekam melalui media sosial  seperti facebook, instagram, youtube, dan twitter. Oleh karena itu wajar, jika perkembangan minuman ikut berkembang cepat.

Unik adalah kunci bisnis

Ada beberapa pertimbangan mengapa anak muda melakukan viral minuman kekinian. Umumnya adalah sebagai berikut:

  1. keunikan tempat (bahasa lainnya lainnya shareable, instagramable)
  2. keunikan kemasan atau wadah penyajian
  3. keunikan cara penyajian (bisa open kitchen)
  4. keunikan orang yang menyajikan
  5. harga murah dan rasa enak

Jika spot usaha minuman anda belum mempunya beberapa hal tersebut, maka pertimbangkan untuk menyediakannya. Kalo anda sudah punya produk yang enak dan harganya murah, anda pun tinggal memikirkan tempat. Belilah frachise minuman jika perlu. Selain itu, pikirkan juga strategi branding tempat usaha minuman anda.

Lokasi usaha yang strategis

Lokasi adalah salah satu hal yang menjadi cukup penting dalam menjalankan bisnis yang ada. Bahkan pebisnis yang sering memberikan penekanan dalam pemilihan lokasi. Bisa dikatakan lokasi 3 kali lebih penting daripada faktor lainnya.

Pemilihan lokasi bisnis menjadi krusial karena di sanalah anda mendatangkan keuntungan usaha. Pilihlah lokasi strategis. Strategisnya suatu lokasi bisa dilihat dari potensi pembeli, tingkat keramaian, dan konversi penjualan. Umumnya lokasi strategis dicirikan dengan kondisi yang ramai.

Ada beberapa tempat yang bisa dipilih untuk berjualan. Ambil spot keramaian seperti kampus/universitas, sekolah, pasar, atau daerah sekitar perumahan, atau pinggir jalan raya. Dengan banyaknya orang yang melewati lapak anda, maka harapannya adalah yang membeli produk anda semakin banyak. Namun, anda perlu memberphatikan karakteristik pembeli produk anda. Apakah yang beli usia muda atau tua, apakah yang beli pria dan wanita.

Pengetahuan produk (product knowledge) yang cukup

Pengetahuan akan produk itu sangat penting buat pebisnis. Sebagian pembeli terkadang bertanya, rasa minuman apa yang paling enak. Jika anda menjawab semuanya enak, maka hal tersebut adalah indikasi bahwa anda tidak menguasai produk anda dengan baik.

Dengan berbekal penguasaan produk, maka anda bisa menggali apa yang sebetulnya dicari konsumen. Apakah rasa baru, atau rasa yang bisa membangkitkan emosi atau meredakan emosi. Jika calon pembeli produk anda sedang dalam emosi yang tidak baik (bad mood), maka anda bisa tawarkan minuman coklat yang bisa menstimulus rasa tenang.

Kualitas bahan baku dan harga jual

Produk minuman yang enak umumnya terbuat dari bahan yang kualitasnya baik. Di sisi lain, pembeli umumnya menginginkan harga produk yang murah. Lalu bagaimana solusi atas masalah ini?

Anda bisa melakukan strategi harga. Misalnya saja dengan membuat harga yang bervariasi berdasarkan tingkat kemanisan atau volume produk. Dengan cara ini, customer bisa membeli produk anda sesuai dengan budget mereka. Jika budget mereka rendah, maka anda bisa menawarkan produk yang bervolume kecil dan harganya murah.

Untuk pasokan bahan baku minuman serbuk, maka anda bisa bekerjasama dengan perusahaan maklon minuman. Rekomendasi kami adalah anda kerjasama dengan PT. Lumbung Pangan Bogor. Pabrik maklon mereka bisa membuat minuman serbuk yang rasanya kekinian.

Strategi pemasaran dan penjualan

Untuk meningkatkan penjualan (berdampak pada keuntungan) maka anda perlu melakukan promosi usaha anda. Bagaiamana cara promosi yang efektif?

Untuk media offline anda bisa membuat banner besar yang desainnya menarik calon pembeli. Anda bisa memberikan diskon untuk hari tertentu atau fasilitas wi-fi gratis untuk pembeli produk anda.

Era kekinian adalah era informasi. Anda pun bisa mempromosikan produk anda secara online. Caranya sediakan spot yang instagramable (sharelable). Customer yang puas atas produk dan layanan anda akan mempromosikan produk anda secara sukarela. Mereka bisa berbagi lokasi usaha anda melalui facebook, instagram atau twitter kepada teman mereka. So, be creative dengan strategi pemasaran dan penjualan.

Utamakan pelanggan

Pembeli adalah raja, begitu pepatah kuno berbunyi. Meskipun anda berjualan produk minuman secara franchise, tetaplah memberikan pelayanan yang terbaik buat customer. Buat customer merasa nyaman dengan pelayanan anda. Hal ini mulai dari sambutan yang hangat hingga ucapan terima kasih saat customer pergi dari warung atau kedai anda. Jadi, prioritaskan pelanggan anda dengan layanan terbaik.

Mulai Usaha sekarang

Bisnis yang baik adalah bisnis yang dijalankan. Untuk menjalankan bisnis, maka kami sarankan anda menikmatinya. Menikmati disini bermakna anda memiliki passion (minat kuat) dengan bisnis yang anda geluti.

Bisnis itu kadangkala mengalami pasang surut. Kadangkala untung, kadangkala rugi. Nah dengan berbekal passion, maka anda akan berusaha bangkit lagi ketika jatuh. Para pakar bisnis mengatakan, passion adalah energi terbesar saat menjalan usaha. Ada yang berpendapat passion adalah 50 persen dari modal usaha anda.

Analisa untung rugi Usaha minuman Kekinian

Asumsi

Anggap saja Anda menyetor modal waralaba sebesar 4 juta rupiah. Kemudian penjualan bubble drink rata-rata 50 gelas per hari dengan harga 10 ribu rupiah per gelasnya, sedangkan biaya produksi per gelas sebesar 4 ribu rupiah. Anda mendirikan booth di depan kampus dengan biaya sewa 700 ribu rupiah per bulannya.

Perhitungan

Analisa keuntungannya adalah :

  • Harga jual – biaya produksi : 10 ribu – 4 ribu = 6 ribu
  • Laba kotor per bulan : 6 ribu x 50 gelas x 26 hari = 7,8 juta rupiah.
  • Laba bersih per bulan : 7,8 juta – 700 ribu = 7,1 juta rupiah.

Kalau Anda masuk dalam perusahaan franchise yang tidak meminta fee dan royalti, maka laba yang diperoleh per bulannya hampir 2 kali lipat dari modal awal. Menarik bukan?

Memilih Paket Usaha Minuman Kekinian

Banyaknya perusahaan yang menwarkan paket usaha minuman kekinian dengan model franchise, bisa bermakna kelebihan dan kekurangan.

Kelebihannya adalah customer bisa memilih salah satu yang paling pas.

Kekurangannya adalah customer bisa bingung memilih satu yang terbaik.

Ada beberapa hal yang perlu anda cermati saat memilih rekanan bisnis minuman kekinian. Diantaranya adalah:

  1. merk minuman yang dijual
  2. reputasi perusahaan
  3. rekama jejak pemilik perusahaan
  4. review dan testimoni pembeli
  5. jumlah pembeli lisensi franchise
  6. achievement perusahaan yang diberikan lembaga independen

Untuk memulai usaha yang gak ribet, maka anda bisa mencoba franchise minuman yang lagi hits. Dari beberapa penyedia franchise, pilihlah jenis minuman unik untuk usaha di awal. Dilansir dari ayowaralaba.com, berikut ini adalah beberapa brand minuman kekinian yang bisa kamu coba franchisenya.

  • & Boba Bar. Peluang usaha minuman boba kekinian.
  • Kamsia Boba. Kami bukan franchise, kami adalah mitra bisnis
  • Manja Cheesetea. Manja Cheese Tea Adalah Cheesetea Yang Sangat Menggiurkan…
  • Tentang Kamu. Paket usaha terbaru 2020. Harga paket paling murah…
  • Say Hello. Konsep usaha Say Hello adalah Anda. Anda yang bergabung…
  • Sel Sel. Sel Sel Merupakan Minuman Cheesetea Populer Masa Kini
  • Aku Cendol Kamu. Minuman Kesegaran
  • Kini Cheesetea. Kini Cheesetea Merupakan Minuman Yang Bertopping Krim…
  • Kamu & Dawet. Run Run Signature Drink
  • Run Run Signature Drink. Run & Run adalah sebuah bisnis yang mengusung konsep…
  • Jelly Rockets. Dapatkan berbagai kemudahan cara gabung dan keuntungan…
  • Kim Boba. Produk minuman BOBA kekinian dengan varian yang lengkap…
  • King Coklat. King Coklat merupakan bisnis es coklat dengan harga…
  • Nyoklat Super. Franchise minuman coklat murah yang sedang populer…
  • Cerita Cendol.
  • Passion Of Chocolate. Franchise Minuman Populer Dengan Modal Dibawah 13…
  • So What Bubble Cheese. So What Merupakan Minuman Bertopping Krim Keju Dan…
  • Kangen Cendol
  • Xinona Boba. Jadilah bagian dari keluarga Xinona Boba Indonesia…
  • Oma Thai Tea. Rasakan sensasi thai tea yang dahsyat, keuntungan…
  • Kalcer Crunch. Kalcer Crunch, berasal dari nama lain “culture”…
  • Dawetin Kamu. franchise minuman tradisional kekinian populer 2020
  • 48 Ice Blend. Balik Modal Cukup 1 Bulan, Buktikan!!! Harga Kaki…
  • Monster Ice Blend. Rasakan Sesasi Minuman Es Coklat Dengan Banyak Variant…

Tips memilih Partner Usaha Minuman Kekinian dengan Sistem Franchise

Perhatikan Paket Kemitraan

Keunggulan bergabung bisnis franchise adalah anda mendapatkan paket komplit yang bisa disesuaikan dengan budget. Dalam dunia franchising, para franchisor (penyedia) pun menetapkan masing-masing paket dengan harga dan fasilitas yang berbeda. Biasanya untuk modal bisnis minuman bubble drink modal yang harus disetor mulai dari 2 jutaan rupiah saja. Beberapa perlengkapan pokok seperti blender dan bahan baku lainnya akan segera didapatkan.

Ada pula paket yang harganya lebih tinggi, yaitu berkisar 4 juta – 10 juta rupiah. Rentang harga tersebut akan memperoleh peralatan seperti booth atau stand, standing banner, sticker, dan sebagainya. Anda tidak perlu susah payah mencari peralatannya sendiri.

Ikuti Rekomendasi Lokasi Berjualan

Keunggulan lain dalam bisnis waralaba adalah mendapatkan pelatihan bisnis dan rekomendasi lokasi usaha. Anda membutuhkan lokasi yang tepat agar usaha mudah ditemukan oleh para konsumen. Khusus untuk bisnis seperti minuman bubble drink, lokasi yang paling strategis adalah tempat dimana banyak orang berkumpul dan berlalu lalang. Misalnya area kampus, sekolahan, perkantoran, supermarket, mall, persimpangan jalan dan sebagainya.

Memilih franchisor sangatlah penting. Sebisa mungkin carilah franchisor yang memiliki aturan fleksibel. Dengan begitu, Anda dapat mengembangkan brand sendiri tanpa harus mentaati peraturan yang ditetapkan oleh franchisor.

Cara Sukses Bisnis Minuman Kekinian

Walaupun bisnis franchise minuman, namun setiap usaha pasti membutuhkan tips khusus agar berhasil berdiri. Anda tidak bisa diam saja tanpa melakukan strategi tertentu. Inilah kiat-kiat yang perlu dilakukan :

Perhatikan Pelayanan Kepada Pembeli

Pelayanan adalah salah satu aspek kesuksesan dalam sebuah usaha. Dalam hal ini adalah bisnis minuman bubble drink. Etika dan attitude ketika berjualan juga dibutuhkan, agar para konsumen merasa nyaman. Perhatikan apa saja request dan keinginan pembeli. Permintaan yang sesuai akan membuat mereka puas dan menambah kredibilitas usaha Anda.

Pelayanan ini juga termasuk penyajian minuman. Biasanya ada minuman yang disajikan berbeda dengan gambar di menu. Tentu hal ini akan membuat pembeli kecewa. Alangkah baiknya Anda bisa mengkreasikan tampilan minuman supaya lebih menarik.

Konsisten Menjalankan Usaha

Seorang pengusaha harus memiliki sikap yang konsisten demi menciptakan bisnis yang berkualitas. Konsisten dalam hal ini adalah tidak mudah berpindah haluan. Setiap bisnis pasti memiliki pasang surut, tak terkecuali franchise. Ketika suatu hari Anda mendapatkan pelanggan yang banyak dan di lain hari mengalami penurunan, maka jangan berputus asa.

Sebaiknya Anda fokus untuk memasang strategi baru guna menggaet konsumen di sekitar. Keluarkanlah ide-ide baru supaya masyarakat juga tidak mudah bosan. Bila Anda bisa mempertahankan sikap ini, maka lama-kelamaan bisnis akan berjalan dengan lancar.

Lakukan Promosi

Promosi menjadi jurus yang paling jitu untuk memasarkan produk. Cara yang paling tepat diterapkan di jaman modern ini adalah melalui sosial media. Hampir semua orang mengakses sosial media, sehingga Anda dapat memanfaatkannya dengan membuat sebuah akun. Cantumkan foto yang menarik dan sisipkan rincian variasi minuman bubble drink. Sesekali cantumkan diskon untuk menarik pelanggan yang lebih banyak.

Silahkan langsung praktekkan saja usaha franchise minuman bubble drink yang menjanjikan ini. Semua orang dapat mencobanya untuk menjajal bisnis dari bawah. Siapa tahu dengan usaha ini akan mengantarkan Anda pada kesuksesan di masa depan.

Buat anda yang menjalankan usaha jual minuman bubuk dan pengen brand sendiri, maka gunakan jasa maklon minuman. PT. Lumbung Pangan Bogor siap menjadi partner bisnis anda untuk jadi supplier minuman kekinian kopi, susu, teh poci, coklat dan aneka rasa lain dalam bentuk bubuk kemasan sachet.

Selamat berbisnis di tahun 2022.

Follow juga Instagram Kami

Kesimpulan dan Saran

Buat anda pengusaha jaringan atau pebisnis yang memiliki market, kami sarankan anda untuk membuat dan mengembangkan brand produk anda sendiri, termasuk minuman. Untuk pasokan produknya, anda bisa menggunakan jasa maklon minuman. Salah satu rekomendasi perusahaan maklon minuman adalah PT. Lumbung Pangan Bogor.

Apakah PT LPB Melayani jasa pembuatan produk minuman kekinian?

Hampir semua produk minuman kekinian berbentuk serbuk emang lagi hits, disukai customer dan agen reseller. Pada dasarnya, LPB bisa membuat produk sejenis itu. Namun demikian, LPB perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk membuat formulasi produk. LPB perlu memastikan bahwa komponen dalam formula tidak berefek samping pada kesehatan customer.

Apa yang dimaksud dengan jasa maklon minuman?

Jasa maklon minuman serbuk adalah jasa pembuatan minuman bubuk yang disediakan oleh pabrik minuman, PT Lumbung Pangan Bogor, untuk bisnis anda. Dengan jasa maklon minuman dari perusahaan, anda dapat membuat aneka produk minuman unik aneka rasa dari bahan herbal yang bisa disajikan panas atau dingin. Selanjutnya anda bisa menjual kembali produk minuman tersebut di seluruh wilayah Indonesia dengan merek anda sendiri. Anda berpotensi menguasai pasar karena merk anda yang pegang.

Berapa harga jasa maklon minuman di LPB?

Besaran harga maklon ditentukan oleh jumlah order, komposisi produk, perizinan yang digunakan, dan kesepakatan antara pembeli dan penjual. Harga yang ditawarkan adalah harga fix dan sudah termasuk PPN. Perlu diingat, harga yang ditawarkan adalah harga franco Bogor. Hubungi kami untuk mendapat penawaran harga dan biaya jasa maklon minuman terbaru.

Berapa biaya maklon minuman di LPB?

Biaya pengurusan MD dan halal adalah Rp 10 juta per nomor kecuali untuk kategori khusus akan dikenakan biaya uji lab tambahan sesuai dengan invoice dari laboratorium.

Berapa jumlah minimal order (MOQ) maklon minuman di LPB?

MOQ adalah 10.000 sachet (sepuluh ribu sachet)

Berapa lama proses produksi maklon minuman di LPB?

Waktu produksi terhitung sejak semua bahan siap adalah 4 hari kerja

Ada pertanyaan lain terkait maklon minuman?

Silakan konsultasi langsung by phone or wa di nomor 081318928004

5/5 - (22 votes)

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk informasi produk dan penawaran harga maklon terbaru