Bubuk Coklat Minuman Aneka Rasa +Tips Bisnis Jual Minuman Coklat

Bubuk Coklat Minuman Aneka Rasa +Tips Bisnis Jual Minuman Coklat

Bubuk coklat untuk minuman dan kue berasa manis (mix gula) harga murah banyak dicari oleh penjual eceran dan grosiran. Bubuk coklat disebut juga serbuk coklat atau chocolate powder.

Kalo anda sedang mencari bubuk coklat harga pabrik, maka bisa menghubungi perusahaan maklon minuman, PT. Lumbung Pangan Bogor. Kelebihannya bubuk coklat tersebut bisa anda jual kembali dengan merek anda.

Apa itu coklat bubuk?

Coklat bubuk adalah jenis olahan yang terbuat dari bungkil/ampas biji coklat yang telah dipisahkan lemak coklatnya. Bungkil coklat dikeringkan dan digiling halus sehingga terbentuk tepung coklat. Coklat bubuk disebut juga bubuk coklat, powder chocolate atau cocoa powder.

Bubuk Coklat Minuman Aneka Rasa +Tips Bisnis Jual Minuman Coklat
Gambar ilustrasi Bubuk Coklat untuk Minuman

Bubuk coklat aneka rasa

Minuman yang memperbaiki mood ini disukai oleh banyak orang. Perusahaan franchise minuman kian inovatif menciptakan rasa baru.

Varian rasa bubuk coklat yg dijual di pasaran cukup banyak. Variasi tersebut menyesuaikan permintaan pelanggan yang selalu pengen yang baru. Di Shopee ada penjual yang menawarkan varian rasa selain choco original, dan merupakan penjualan coklat bubuk terlaris seperti:

  1. coklat beng beng
  2. choco magnum
  3. choco delfi
  4. choco timtam
  5. choco milo
  6. dark cocholate tobleron
  7. dark chocolate

Berikut ini adalah varian rasa lainnya yang dijual

  • Choco caramel
  • Choco hazelnut
  • Choco milky
  • Choco cheese
  • Choco brownies
  • Choco taro
  • Choco classic
  • Choco Cadbury
  • Royal choco
  • Choco vanilla
  • Choco oreo
  • Choco banana
  • Choco creamy
  • Oreo hitam
  • Choco tiramisu

Para penjual minuman coklat kaki lima pun bisa berkreasi dengan aneka varian rasa yang unik dan menarik. Customer pun bisa memilih varian rasa yang disukainya. Jadi penjaja minuman pinggir jalan tak kalah dengan para pengusaha café, restoran, outlet ataupun gerai fastfood.

Produksi Kakao di Indonesia

Bicara tentang bisnis minuman coklat bubuk maka tak akan lepas dengan tanaman kakao. Coklat diproduksi dari biji buah kakao yang telah difermentasi.

Di Indonesia, kakao merupakan komoditas ekspor andalan selain sawit dan karet. Sumbangan devisa dari kakao termasuk besar. Kemenperin mencatat angkanya menapai 1,05 millar US dollar. Berdasarkan data International Cacao Organization (ICCO), nilai produksi biji kakao dunia adalah US$ 10 miliar per tahun, sedangkan nilai penjualan ritelnya mencapai US$ 107 miliar.

Musdalifah, Deputi II Bidang Pertanian dan Pangan, Kementerian Koordinator Perekonomian menyebutkan bahwa kapasitas industri kakao di Indonesia lebih besar 2 kali lipat dibandingkan pasokan bahan baku kakao. Kapasitas produksi kakao 400 ribu ton di tahun 2017, sedangkan kapasitas industri adalah 800 ribu ton. 200 ribu ton kakao Indonesia diimpor di tahun 2017, padahal sebelumnya tidak pernah impor (detik.com, 2019).

Peluang bisnis minuman coklat bubuk

Melihat fakta di atas, maka industri hilir kakao termasuk minuman yang menggunakan coklat bubuk mempunyai pangsa pasar cukup besar. Hal tersebut dari kapasitas industri kakao.

Selain itu, ada fenomena menggejala di masyarakat yg jadi indikasi tumbuhnya bisnis ini. Gejala tersebut adalah makin banyaknya gerai, gerobak, rombong yang menjajakan minuman berbahan baku coklat. Contohnya saja es kepal MILO. Hal itu senada dengan gaya hidup masyarakat yang pengen serba praktis dan instan. Coklat bubuk bisa menjadi peluang usaha anda untuk meraih keuntungan.

Kalau anda tertarik untuk jualan minuman coklat bubuk, maka anda perlu pasokan bahan baku murah berkualitas. Biasanya dijual dalam kemasan kiloan. Dengan membeli bahan baku murah, maka anda bisa mendapatkan profit yang cukup tinggi. Salah satu rekomendasi perusahaan yang jual bubuk coklat adalah, PT. Lumbung Pangan Bogor.

minuman coklat bubuk
Gambar minuman coklat bubuk

Kelebihan Jualan Minuman Coklat Bubuk

Coklat yang diperoleh dari tanaman kakao (Theobroma cacao) berasal dari daerah Amazon utara sampai Amerika Tengah, sampai ke Chiapas (bagian paling selatan Meksiko). Orang-orang Olmec memanfaatkan tanaman kakao di sepanjang pantai teluk Meksiko.

Ada beberapa alasan yang perlu anda ketahui mengapa harus memilih bisnis minuman coklat bubuk. Berikut penjelasannya:

Kaya manfaat

Biji coklat dari tanaman kakao memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah:

  1. Mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol jahat (LDL). Cokelat hitam sangat tinggi kandungan antioksidan yang disebut flavanoid.
  2. Pencegah stres atau depresi. Coklat mengandung komponen psikoaktif yang dapat menimmbulkan rasa merasa nyaman. Bahan aktif coklat seperti kafein, teobromin, metal-xantin dan feniletilalanin dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.
  3. Memiliki manfaat antioksidan dan memiliki efek anti penuaan.
  4. Memperbaiki suasana hati.
  5. Menjaga berat badan stabil.

Disukai banyak orang

Coklat bubuk dapat dimanfaatkan untuk ditambahkan ke dalam makanan dan minuman. Perpaduan antara coklat, gula dan flavor lainnya menghasilkan citarasa khas yang disukai banyak orang. Anak-anak hingga dewasa, pride dan wanita menyukai rasa coklat batang yg lumer di lidah.

Coklat kaya akan vitamin. Vitamin yang ada dalam coklat adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E, serta mineral-mineral baik seperti zat besi, kalium, kalsium, dan magnesium. Zat antioksidan seperti fenol dan flavonoid sangat baik untuk tubuh dalam menangkal radikal bebas.

Lebih awet

Supaya coklat bubuk awet maka usahakan disimpan dalam kondisi tidak lembab. Coklat bisa tahan lama di suhu ruang yang sejuk, kering, dan gelap, tetapi tetap bergantung pada jenis coklat. Perhatikan tanggal kadaluarsa yang tertera dalam kemasan juga, ya.

  • Milk chocolate batangan awet 1 tahun.
  • Dark chocolate batangan awet 2 tahun.
  • White chocolate batangan awet 4 bulan.
  • Chocochips awet 1 tahun.
  • Bubuk coklat awet 2 tahun.

Analisa laba rugi bisnis berbahan coklat bubuk

Sebagai pengusaha (agen, distributor, penjual eceran) minuman coklat bubuk, anda bisa memperhitungkan profit yang anda peroleh per bulan. Semakin banyak pelanggan yang membeli produk anda, maka semakin besar keuntungan yang anda peroleh.

Prinsip perhitungan laba rugi

Perhitungan laba rugi didasarkan atas selisih antara pengeluaran dan pemasukan. Pemasukan diperoleh dari penjualan, sedangkan pengeluaran dihitung dari biaya variabel, biaya tetap, penyusutan, dan biaya lainnya. Jika lebih besar pengeluaran, maka bisnis anda dikatakan rugi. Jangan sampai ya guys. Cek juga analisa untung rugi bisnis cappuccino cincau.

Contoh perhitungan laba rugi

Misalnya saja modal per bulan yang dibutuhkan untuk membeli dari produsen adalah 10 juta rupiah. Modal tersebut meliputi pembelian coklat bubuk berbagai varian rasa dan proses pengemasannya. Kemudian, Anda menetapkan harga pabrik sebesar 30 ribu per kilogram kemasan. Sedangkan penjualan per hari rata-rata 20 kg ke seluruh mitra bisnis. Biaya angkut dan transportasi sebesar 1 juta rupiah.

Pendapatan per bulan : 20 kg x 30 hari x 30 ribu = 18 juta rupiah.

Laba bersih per bulan : (Pendapatan per bulan – Modal per bulan – Biaya angkut) = 18 juta – 10 juta – 1 juta = 7 juta rupiah. Sangat menggiurkan bukan?

Tips Menjalankan Bisnis Minuman Coklat Bubuk

Beberapa tips yang bermanfaat dalam menjalankan usaha minuman coklat bubuk berikut ini perlu anda baca. Dengan mengikuti tips ini, semoga bisa membantu perkembangan bisnis anda. Yuk simak selengkapnya.

Senantiasa beriovasi

Selera konsumen selalu berubah. Untuk memenangkan persaingan, penjual dituntut untuk berinovasi. Tak terkecuali dengan bisnis coklat.

Meskipun pada awalnya bahan baku coklat rasanya begitu-begitu saja. Kini rasa original tersebut telah berkembang. Contonya adalah choco oreo, choco nut, choco orange, choco banana, choco mint, choco taro dan sebagainya. Selain rasa, penjual juga perlu pandai membuat kampanye iklan, desain banner untuk promosi yang menarik, dan strategi pricing (umumnya murah).

Pilih lokasi strategis

Mungkin pertanyaan ini bisa membantu anda. Jika anda membuka lapak usaha (toko, kedai, gerobak), sebaiknya membukanya di pasar atau kuburan?

Pasar adalah pusat keramain. Namun anda perlu meluaskan pikiran anda. Pusat keramaian atau mengumpulnya orang tidak hanya di pasar. Kini ada beberapa tempat orang mengumpul diantaranya adalah sekolah, pusat perkantoran, kawasan pabrik, tempat pertunjukan, lapangan bola saat pertandingan dan lainnya.

Berikan layanan yang memudahkan pelanggan. Jika ada membuka bisnis minuman yang meminta customer untuk singgah beberapa saat, maka anda perlu menyediakan tempat parker. Salah satu tempat kuliner yang pintar memanfaatkan strategi ini adalah Warung UpNormal. Anda bisa mencontoh apa yang telah mereka lakukan.

Jaga relasi

Bentuklah kerjasama yg saling menguntungkan kepada semua relasi anda, baik itu supplier ataupun buyer. Jika bisnis anda berjalan lancar da sukses, maka kesuksesan tersebut didukung oleh partner bisnis anda. Supplier yang menyediakan keperluan dan perlengkapan bisnis anda, serta buyer yang selalu membeli produk anda.

Pasokan supplier bahan baku, supplier kemasan dan bahan penunjang yang lancar adalah kenikmatan yang perlu disyukuri. Selain berterima kasih kepada sesama manusia, seharusnya anda bersyukur kepada Sang Maha Pencipta yang telah mengijinkan semuanya terjadi pada anda.

Pilih strategi pemasaran yang sesuai

Anda harus tahu saluran pemasaran yang efektif untuk setiap bisnis anda. Jika anda menjual coklat bubuk kemasan sachet, maka ada 2 saluran yang bisa anda gunakan, yaitu online dan offline.

Secara online anda bisa mempromosikan dan menjual produk anda melalui internet. Anda bisa menjalankan search engine marketing (SEM) atau social media marketing (SMM). Jika customer lebih banyak standby di sosial media seperti facebook dan instagram, maka anda bisa beriklan denan facebook ads. Kalo pembeli produk anda lebih cenderung menggunakan Google, maka Adwords adalah yang terbaik.

Strategi harga

Customer setiap produk itu unik. Anda harus faham karakteristik mereka. Ada yang lebih suka dengan gratis ongkir. Ada yang lebih suka dengan diskon 10%. Meskipun keduanya memberikan keuntungan yang sama.

Anda perlu membuat penawaran harga yang menarik dengan promo. Misalnya pembelian kemasan minuman coklat bubuk minimal 25 kilogram mendapatkan diskon 5%, atau gratis biaya pengiriman produk untuk minimal order 30 kg.

Ikut pameran

Anda bisa membuka outlet atau stand minuman coklat bubuk milik sendiri dengan mengikuti pameran. Sebuah booth di mall, kampus, sekolah atau pusat perbelanjaan bisa jadi ajang promosi produk anda.

Branding itu penting. Dengan mengikuti pameran, mungkin anda tidak mendapatkan banyak keuntungan rupiah. Namun, anda bisa mendapatkan value lain seperti brand. Dengan memajang poster dan memberikan kartu nama, anda sedang membentuk jaringan bisnis. Berikan reward buah calon customer yang mengisi buku tamu. Hubungi mereka selang seminggu dan tanyakan perihal bisnis anda atau apakah mereka punya relasi yang kira-kira membeli produk anda.

Bisnis minuman coklat bubuk aneka rasa memerlukan kegigihan pelaku bisnis. Oleh karena itu, siapkanlah mental terbaik Anda dalam menjalani bisnis tersebut.

Rekomendasi Maklon Coklat Bubuk

Buat kamu yang pengen jual minuman berbahan coklat bubuk kemasan sachet dengan merek sendiri, kamu bisa coba jasa maklon minuman. Salah satu rekomendasi perusahaan maklon minuman seperti kopi adalah PT. Lumbung Pangan Bogor.

Tags: minuman bubuk coklat untuk usaha, usaha bubuk coklat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *