Jasa maklon coklat bubuk yang enak untuk dibuat minuman kekinian merupakan peluang usaha bagi para brand owner. Selain dibuat untuk minuman yang enak, bubuk coklat (chocolate powder) juga dimanfaatkan dalam pembuatan kue dan brownis kukus. Anda bisa menjumpai aneka merk coklat powder (cocoa) dalam kemasan sachet di Indomaret, Alfamart, atau warung dekat rumah anda.

Buat anda yang mencari informasi jasa pembuatan minuman berbahan coklat, maka anda bisa menghubungi PT. Lumbung Pangan Bogor. Pabrik maklon minuman serbuk di Bogor ini telah memproduksi powder drink .

Kali ini, perusahaan maklon minuman akan coba review beberapa merek coklat serbuk di pasaran dan harganya. Yuk simak selengkapnya.

Perbedaan cocoa dan coklat

Arti cocoa dan coklat

Istilah coklat di dalam tata bahasa Indonesia mengandung 2 makna. Makna pertama coklat berarti warna, dan makna kedua coklat adalah hasil olahan dari tanaman cocoa (kakao). Pembahasan kali ini lebih diarahkan kepada coklat sebagai bahan makanan atau minuman.

Cocoa adalah bentuk murni dari coklat. Coklat memiliki 2 komponen utama, yaitu cocoa solid (padat) dan coca butter. Cocoa solid mempengaruhi flavor, sedangkan cocoa butter mempengaruhi tekstur.

Untuk anda yang ingin order maklon minuman berbahan coklat bubuk, maka anda perlu mengetahui kompononen dalam coklat.

Komposisi coklat

Cocoa powder atau serbuk coklat memiliki sedikit komponen cocoa butter di dalamnya. Kompoen terbesar dari bubuk coklat adalah cocoa solid.

Bubuk coklat biasanya mengandung komponen 10-12 persen cocoa butter, sedangkan coklat murni tanpa pemanis mengandung cocoa butter sekitar 55 persen.

Rasa coklat

Pernahkan kamu mencicipi rasa bubuk coklat? Bukan coklat mix loh ya… Jika pernah, maka kamu tentu mendapati rasa pahit. Rasa coklat bubuk murni seperti ini kurang disukai pelangan.

Untuk menikmati citarasa coklat dalam bentuk minuman, maka orang bahan lain seperti gula dan susu. Penambahan bahan tersebut akan menghasilkan citarasa yang manis dan akrab di lidah. Oleh karena itu, dalam minuman kekinian berbasis coklat dikenal berbagai varian rasa, warna dan kemasan yang unik dan menarik.

Spesifikasi dan jenis coklat

Maklon Coklat Bubuk yang Enak untuk Minuman dan Harganya Murah
Gambar ilustrasi Coklat Bubuk, Coklat Bar via phoenixhelix.com

Spesifikasi dan jenis coklat bubuk di pasaran cukup beragam. Namun, pemanfaatan yang utama dari coklat powder adalah sering digunakan dalam kue dan minuman. Kamu pun bisa mendapatkan manfaat coklat bubuk dalam bentuk atau minuman. Fungsi coklat serbuk pada makanan adalah untuk memberikan cita rasa (flavor) dan tekstur. Performa tersebut bergantung pada komposisi cocoa butter dan cocoa solid di dalamnya.

Coklat bubuk yang enak untuk minuman apakah harus mahal? Jawabannya adalah tidak. Kamu bisa membeli coklat powder dalam kemasan sachet dengan harga yang terjangkau. Bahkan anak sekolah pun bisa membeli dengan uang saku yang dimilikinya. Kemasan sachet mempunyai kelebihan yakni praktis dan harga ekonomis. Penjual minuman coklat pun mudah menyuajikan sehingga cepat dan instan buat pembeli.

Merk dan harga coklat bubuk eceran di pasaran

Coklat powder yang dijual di pasaran memiliki harga bervariasi, mulai dari 2 ribu hingga 50 ribu rupiah. Hal tersebut bergantung pada merek, jenis kemasan, ukuran bobot dan penjual. Berikut ini adalah harga coklat powder atau bubuk dari laman Google pada 14 Januari 2019.

Daftar harga coklat bubuk

Merk Harga Penjual
Van Houten Coklat Bubuk Rp 13.000 Bukalapak
Cokelat Bubuk Murni Delfi Rp 55.000 Tokopedia
Coklat Bubuk Kiloan Rp 6.000 Bukalapak
Coklat Bubuk Roman Rp 2.000 Tokopedia
Bubuk Cocoa/Kakao/Coklat Van Houten 90gr Rp 21.000 Shopee
Cokelat Bubuk (Cocoa Chocolate Powder) Van Houten 90gr Rp 18.500 Tokopedia
Coklat Powder/Bubuk Kiloan Rp 5.999 Tokopedia
Bubuk Coklat Magnum Paling Rp 50.000 Bukalapak
Susu Coklat Bubuk Indomilk Rp 28.000 Tokopedia

Umumnya coklat serbuk atau bubuk siap pakai dijual dalam kemasan box (kotak). Satu kotak terdiri dari beberapa sachet, 5 atau 10 kemasan sachet. Lebih jelasnya, berikut kami tampilan beberapa brand coklat powder/bubuk enak dan harganya pas di kantong.

Go Milky Go

Brand coklat powder pertama yang patut dicoba adalah merek Go Milky Go. Konsep dari coklat bubuk dirancang seemikian rupa sehingga cita rasanya layak untuk disajikan di kafe.

Varian rasanya bubuk coklat pun bermacam-macam. Kamu bisa coba untuk mencicipi kenikmatan rasanya satu per satu. Beberapa varian rasa yang tersedia adalah Choco Moccachino, Dark Choco, Choco Caramel, Belgian Chocolate, Choco Neapolitan dan sebagainya. Satu kotak Go Milky Go berisi 12 sachet yang dapat diperoleh dengan harga 12 ribu rupiah.

Kakakoa Chocolate

Selanjutnya ada coklat bubuk dari Kakakoa Chocolate. Brand ini mengeluarkan dua macam varian coklat, yaitu coklat batangan dan minuman bubuk. Varian rasa minuman coklat bubuk juga bermacam-macam. Setiap kemasan dengan bobot 50 gram Kakakoa Chocolate dibanderol dengan harga 12 ribu rupiah.

Delfi Hot Cocoa

Apakah kamu pecinta coklat batangan merek Delfi? Brand coklat Delfi menjual produk berupa coklat batangan, wafer, coklat untuk pembuatan kue dan es krim. Kini merk coklattersebut melakukan inovasi dengan membuat coklat untuk minuman. Coklat powder untuk minuman ini sangat cocok disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin. Harganya sekitar 2 ribuan rupiah per sachetnya.

Chocolatos

Brand Chocolatos pada awalnya terkenal sebagai produsen yang membuat makanan ringan berupa stik coklat berisi full coklat. Merk Chocolatos kemudian mengembangkan bisnisnya dengan memasarkan minuman coklat bubuk. Harga per sachetnya pun juga murah. Hanya sekitar 2 ribuan rupiah.

Milo

Siapa sih yang tak kenal dengan minuman coklat kekinian ini? Dengan desain kemasan dominan berwarna hijau, Milo menjadi salah satu minuman coklat serbuk terlaris di Indonesia. Masyarakat pun sempat terhipnotis brand milo dengan Es Kepal Milo.

Kamu yang ingin berjualan minuman coklat dari kemasan sachet, kamu dapat dengan mudah menemukannya di warung, minimarket dan supermarket terdekat. Bubuk minuman coklat ini tersedia dalam berbagai pilihan, baik kemasan sachet maupun box. Satu kemasan sachet dengan bobot 18 gram dibandrol dengan harga sekitar 12 ribu rupiah.

Manfaat Minuman berbahan Coklat Bubuk

Sebagai penambah citarasa makanan dan minuman, fungsi bubuk coklat tidak hanya untuk memanjakan lidah saja. Ada manfaat yang bisa kamu bisa dapatkan dari coklat, seperti berikut ini:

Menangkal Radikal Bebas

Coklat adalah bahan yang kaya antioksidan. Zat ini berperan aktif dalam menangkal radikal bebas (free radical).

Radikal bebas merupakan molekul oksigen dengan elektron tidak berpasangan (bebas) sehingga sangat reaktif. Berdasarkan informasi dari laman memorialcare.org, Radikal bebas dalam tubuh dapat meningkat jumlahnya karena pernafasan, makanan, atau terpapar lingkungan beracun. Radikal bebas bereaksi secara berantai, seperti domino, dan merusak komponen seluler seperti DNA dan membrane sel. Akibatnya, sel mengalami kerusakan dan akhirnya mati. Ketidak seimbangan ini mengakibatkan penyakit seperti kanker.Untuk menanganinya, jumlah radikal bebas dalam tubuh harus seimbang dengan antioksidan.

Dilansir dari laman healthline.com, salah satu metode untuk mengukur aktivitas antioksidan adalah ORAC (oxygen radical absorbance capacity). Pada prinsipnya, peneliti meletakkan sejumlah radikal bebas dalam tabung dan menambahkan bahan makanan ke dalam tabung tersebut. Kinerjanya dilihat dari jumlah radikal bebas yang menjadi lebih stabil reaktivitasnya.

Relevansi biologi metode ORAC masih dipertanyakan karena kemungkinan efek atau mekanismenya berbeda dengan yang terjadi di dalam tubuh. Namun, metode ini sangatlah berguna untuk memberikan informasi awal.

Pengujian pada biji kakao mentah (belum diolah), menunjukkan aktivitas terbaik dalam menangkal radikal bebas dibandingkan bahan makanan lain. Dark chocolate kaya akan kandungan antioksidan, termasuk di dalamnya polifenol, flavanol, katekin dan senyawa lainnya

Manfaat coklat untuk mood

Perempuan identik dengan sifat moody-nya. Kaum hawa ini juga kebanyakan menyukai olahan coklat. Mengapa? Selain rasanya yang manis, ternyata coklat juga membantunya untuk mengembalikan mood.

Sebagai Anti Depresan

Efek lain yang luar biasa dari mengonsumsi minuman coklat bubuk secara rutin adalah sebagai anti depresan. Manusia kerap mengalami rasa stress yang berlebihan, sehingga dapat berujung depresi. Langkah awal menghindari depresi sangat mudah. Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Cukup meminum coklat saja dengan porsi secukupnya.

Dilansir dari laman peakhealthadvocate.com, Sejumlah peneliti di Inggris (UK) melakukan percobaan tentang efek konsumsi coklat (dark chocolate) secara teratur pada sejumlah laki-laki. Mereka mencobakan pada 20 pria aktif. Satu kelompok diberikan coklat dark 40 gram atau cocoa-free 2 kali sehari selama 2 mingg dan 2 jam sebelum olahraga. Kelompok lainnya tidak diberikan perlakuan tersebut. Peneliti menemukan penurunan F2-isoprostan bebas yang signifikan dan penurunan LDL teroksidasi (kolesterol jahat). Coklat tidak berpengaruh pada performa olahraga. Peneliti berkesimpulan bahwa konsumsi coklat secara teratur berkaitan dengan penurunan tanda-tanda stress-oksidatif.

Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Salah satu penyakit yang cukup ditakuti masyarakat adalah serangan jantung. Penyakit ini dapat muncul secara tiba-tiba dan akibatnya cukup fatal jika penderita tidak ditangani dengan cepat.

Untuk mengurangi risiko serangan jantung, kamu dapat minum minuman coklat bubuk. Coklat mengandung senyawa menurunkan resiko serangan jantung mendadak.

Komponen dalam coklat memilki sifat protektif terhadap oksidasi LDL. LDL yang teroksidasi berarti LDL yang telah bereaksi dengan radikal bebas. LDL disebut sebagai kolesterol jahat. Kandungan antioksidan dalam coklat yang masuk dalam aliran darah akan melindungi lipoprotein dari kerusakan oksidatif.

Dalam jangka panjang, kolesterol yang diangkut dalam arteri berkurang sehingga menurunkan resiko serangan jantung. Dalam sebuah studi terhadap 470 manula pria, cocoa ditemukan dapat menurnkan resiko kematian karena serangan jantung sebesar 50% dalam periode 15 tahun.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kelainan berupa tekanan darah tinggi juga dapat menimbulkan risiko penyakit berbahaya lainnya. Oleh karena itu, bagi Anda penderita darah tinggi sebaiknya mencari solusi untuk menurunkan tekanannya. Cara yang bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana adalah dengan konsumsi minuman coklat.

Flavanol dalam dark chocolate dapat menstimulus endothelium, saluran arteri dan menghasilkan nitrit oksida (NO). Salah satu fungsi Nitrit Oksida adalah mengirimkan sinyal ke arteri supaya rileks. Efeknya adalah menurunkan tahanan aliran darah dan tekanan darah menjadi turun.

Resep Coklat Bubuk Untuk Minuman

Membuat minuman dari coklat powder itu mudah. Kamu tinggal buka sachet coklat serbuk/bubuk, tuangkan ke dalam gelas, tambahkan gula dan larutkan air putih hangat. Jika sudah larut kamu bisa tambahkan es supaya dingin.

Kamu juga bereksperimen dengan membuat minuman coklat ala kafe. Pernahkan membeli kreasi minuman unik di kedai maupun café? Coba ingat, berapa harganya? Kok bisa mahal ya?

Kali ini kamu bisa coba buat minuman dari coklat sendiri di rumah. Ada 2 contoh resep yang bisa kamu praktekkan, yaitu Cinnamon Hot Chocolate dan Chocolate Oreo.

Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cinnamon Hot Chocolate

Bahan bahan

  • 600 ml susu segar UHT
  • 30 gram dark chocolate yang dicincang halus
  • Kayu manis sepanjang 7 cm
  • 5 sendok teh bubuk coklat merek apapun
  • Coklat pwder bubuk untuk topping
  • Krim kocok

Cara pembuatan Cinnamon Hot Chocolate

  1. Rebus susu segar dan kayu manis di dalam panci.
  2. Masukkan dark chocolate dan coklat bubuk, lalu aduk sampai rata.
  3. Saring minuman, kemudian tuangkan ke dalam cangkir.
  4. Tambahkan krim kocok di atasnya dan taburi dengan sisa bubuk coklat.

Selanjutnya adalah pembutan minuman Chocolate Oreo. Berikut resep dan cara pembuatannya.

Chocolate Oreo

Bahan-bahan

  • 2 scoops vanilla ice cream
  • 5 butir oreo
  • 2 gelas susu UHT
  • 2 sendok makan coklat bubuk
  • Es batu
  • Whipped crem
  • Sirup coklat
  • Oreo coklat

Cara pembuatan minuman Chocolate Oreo

  1. Masukkan serbuk coklat , oreo, vanilla ice cream, susu UHT, dan es batu ke dalam blender.
  2. Atur kecepatan sampai semua bahan tercampur rata. Jika sudah, segera tuangkan ke gelas.
  3. Tambahkan whipped cream, sirup coklat, dan oreo coklat sebagai topping.

Minuman coklat bubuk adalah olahan yang praktis dan simple. Anda tak perlu membeli yang mahal jika kemasan murah sudah berkualitas. Selain itu, mengonsumsi minuman ini juga perlu diperhatikan, karena segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik untuk tubuh.

Jika anda memerlukan ingin memasarkan minuman berabahan coklat bubuk dengan merk sendiri (private label), maka anda bisa menghubungi PT. Lumbung Pangan Bogor.

Tags: coklat bubuk, khasiat kakao bubuk roman

Telah diupdate pada Agustus 24, 2020 oleh Perusahaan Maklon Minuman


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.