Jenis Minuman Bubuk Instan & Rekomendasi Pabrik Maklon

Jenis Minuman Bubuk Instan & Rekomendasi Pabrik Maklon terbaru. Perkembangan teknologi saat ini tidak telah menyentuh berbagai aspek termasuk makanan dan minuman. Minuman sebagai pelepas dahaga mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. 

Para pengusaha minuman tiada henti melakukan inovasi terhadap produk mereka. Setelah adanya minuman teh dalam botol, kini muncul inovasi baru yakni minuman bubuk. 

Jenis minuman serbuk Mulai dikenal dan digemari karena minuman bubuk instan sangat praktis dalam penyajiannya. Anda tinggal menyeduhnya dengan air hangat atau air biasa. 

Lalu apa sebenarnya minuman bubuk itu ? simak ulasan pabrik maklon minuman berikut ini.

Apa itu Minuman Bubuk Instan?

Jenis Minuman Bubuk Instan & Rekomendasi Pabrik Maklon

sumber : brilicious.brilio.net

Menurut Badan POM RI definisi minuman bubuk adalah produk minuman dalam bentuk bubuk yang diperoleh dari campuran bahan pangan, dengan perisa (alami, identik alami, tiruan) dengan atau tanpa pemanis.

Bahan tambahan dalam minuman

Namun saat ini, sangat disayangkan beberapa produsen minuman menambahkan pemanis buatan secara berlebihan ke dalam minuman bubuk instan ini. Padahal konsumen minuman bubuk di Indonesia lebih didominasi oleh anak-anak. Biasanya minuman bubuk instan yang dijumpai di pasaran diberi perisa buah, ada juga minuman bubuk yang berperisa kopi dan teh. Baca juga uraian kami tentang minuman kolagen.

Kelebihan minuman bubuk

Penyajian praktis & cepat 

Seperti yang kita ketahui, bahwa minuman bubuk instan menjadi favorit karena praktis, cepat saji dan mudah dibuat. Tinggal dicampur dengan air hangat atau air biasa maka jadilah minuman siap saji.

Penyajian minuman bubuk instan sangat praktis tidak lagi harus diseduh dengan air mendidih, namun cukup dengan air hangat kuku atau bahkan air dingin sekalipun.

Mudah disimpan dan dibawa

Minuman bubuk instan sangat baik dari segi penyimpanan dan mudah dibawa kemanapun. Dengan proses pembuatan yang sedemikian rupa kadar air dikurangi sehingga mutu lebih terjaga dan tidak mudah terjangkit bakteri atau kuman.

Mutu produk stabil

Kelebihan dari produk minuman berbentuk bubuk adalah mutu produk dapat terjaga dan tanpa pengawet. Hal itu disebabkan karena minuman bubuk instan mengandung kadar air sangat rendah hanya 3-5%. Akan tetapi proses pembuatan minuman bubuk instan dapat merusak rasa, serta terjadinya pengendapan pada saat bubuk dilarutkan dalam air disebabkan karena proses pengeringan yang memerlukan pemanasan tinggi (> 60 oC).

Proses Pabrikasi Minuman Bubuk Instan

Cara Pembuatan Minuman Bubuk Instan

sumber : nuts.com

Dilansir dari laman foodforkids.co.id Proses pembuatan minuman bubuk instan memerlukan pemanasan tinggi (> 60 oC) untuk menjadikannya butiran serbuk. Teknologi yang biasa digunakan dalam proses pembuatan minuman bubuk adalah spray drying. Sedangkan alatnya disebut spray dryer

Teknologi spray drying merupakan proses pengeringan suatu bahan minuman dengan tujuan untuk mengurangi kadar air melalui penguapan cairan sehingga dihasilkan produk berupa bubuk kering. Bahan yang digunakan dalam pengeringan spray drying dapat berupa suspensi, dispersi maupun emulsi. Produk akhir yang dihasilkan berupa bubuk, granula, maupun aglomerat tergantung sifat fisik dan kimia bahan yang akan melalui proses pengeringan. 

Kandungan Bahan Minuman Bubuk Instan Berperisa

Kandungan Bahan Minuman Bubuk Instan Berperisa

sumber : viva.co.id

Jenis komposisi bahan

Banyak varian rasa yang ditambahkan pada minuman bubuk instan, berbeda merk maka berbeda pula jenis rasanya. Misalnya dalam 1 sachet minuman bubuk instan rasa jeruk mengandung komponen seperti:

  • gula
  • pengatur keasaman (asam sitrat)
  • ekstrak buah jeruk
  • penstabil natrium karboksimetil selulosa
  • perisa buah jeruk
  • pemanis buatan natrium siklamat
  • pemanis buatan aspartam
  • vitamin C
  • pewarna kuning
  • pewarna tartrazin 19140.

Rasa jeruk yang diberikan berasal dari ekstrak buah jeruk namun tidak disebutkan secara spesifik berapa kadar persentasenya. Perlu menjadi perhatian bagi setiap penyuka minuman bubuk karena minuman tersebut mengandung pemanis buatan. Apalagi untuk para usia produktif yang menderita diabetes mellitus tidak diperbolehkan meminum produk apapun yang mengandung aspartam.

Panduan BPOM tentang komposisi produk

BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) mewajibkan setiap produsen mencantumkan peringatan bahwa minuman ini tidak aman dikonsumsi oleh yang rentan seperti:

  • ibu hamil
  • ibu menyusui
  • bayi dan balita. 

Namun, bukan berarti pemanis buatan yang terkandung dalam minuman itu tidak aman. Hanya saja ada kelompok tertentu yang tidak boleh terpapar pemanis buatan (aspartam) seperti ibu hamil, ibu menyusui, bayi, dan balita. Jadi, dengan adanya peringatan tersebut maka kelompok ibu hamil, ibu menyusui, bayi, dan balita dapat terlindung dari efek bahaya pemanis buatan. Selain pemanis buatan juga ada berbagai zat kimia pewarna yang perlu diwaspadai apabila dikonsumsi secara rutin. 

Jenis-Jenis Minuman Bubuk Instan

minuman bubuk

sumber : mymodernmet.com

Minuman bubuk instan sangat praktis karena tidak repot dan cepat disajikan dengan air hangat maupun dengan air dingin. Saat ini mulai banyak macam varian rasa minuman bubuk instan ini dan apakah kamu sudah pernah mencobanya ?

Minuman Bubuk Ice Blended

Minuman Bubuk ice blended

sumber : bubukminuman.id

Salah satu minuman yang paling banyak disukai dari semua jenis kalangan adalah es blender. Hampir di setiap outlet, ruko, dan pertokoan bisa kita jumpai stand minuman bubuk ice blended ini. Dengan berbagai merk para pedagang berlomba-lomba agar minuman bubuknya menarik minat pembeli. Mulai dari menyajikan variasi rasa, inovasi rasa, hingga memakai brand atau nama unik pada minumannya. Terbukti dengan takaran atau racikan yang pas dan bubuk minuman berkualitas, bisnis minuman bubuk instan menghasilkan omset menggiurkan.

Minuman Bubuk Ice Bubble

Minuman Bubuk Ice Bubble

sumber : buzzfeed.com

Pengertian Minuman bubuk es bubble

Minuman bubuk es bubble adalah minuman serbuk instan perpaduan antara teh dan susu khusus yang sangat segar. Diberi topping bubble yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan gula merah yang diberi air hangat kemudian dibentuk pearl. Minuman es bubble cocok dinikmati dalam keadaan dingin atau disajikan dalam keadaan panas namun tanpa topping bubble.

Cara Penyajian Minuman Ice Bubble Tea dengan Cara Shake

Cara penyajian berikut tergantung dari selera masing-masing, namun menurut medium.com berikut tips penyajian minuman es bubble dengan cara dikocok.

  1. Siapkan minuman bubuk rasa teh susu (untuk takaran 14-16 oz)
  2. Tambahkan gula cair 40-60 ml / gula pasir 2-3 sendok makan
  3. Masukkan air 100-150 ml
  4. Kemudian shake / kocok sampai gulanya larut dengan air 
  5. Lalu, tuangkan kedalam gelas tambahkan topping bubble di atasnya
  6. Minuman es bubble tea siap disajikan

Selain bubble, kamu bisa menambahkan jelly atau cincau hitam di atasnya untuk variasi rasa.

Minuman Bubuk Green Tea

minuman serbuk green tea

sumber : luckyvitamin.com

Biasanya untuk menikmati green tea kita harus ke coffee shop, cafe, restoran atau kedai kopi. Kini, kita bisa dengan mudah membelinya dengan berbagai brand di beberapa stand atau kedai minuman. Rasa green tea memang khas tetapi, minuman bubuk instan rasa green tea yang diproduksi beberapa produsen memiliki rasa yang berbeda-beda. Ada yang rasanya manis, ada juga yang masih mempertahankan rasa khas green teanya. 

Dari semua varian rasa minuman bubuk instan, yang menjadi favorit kalangan remaja hingga dewasa adalah green tea, coklat, dan original (milk/tea). Minuman green tea juga tak sekedar menjadi minuman favorit, karena khasiat green tea mengandung tinggi antioksidan dan dapat menurunkan kolesterol.

Minuman Bubuk Coffee

Minuman Bubuk Coffee

sumber : yourbeautyblog.com

Pasti sudah tidak asing bagi kita mendengar minuman coffee dalam bentuk bubuk. Minuman coffee ini sangat praktis dan cepat disajikan. Hanya menyiapkan air hangat dan gelas, kamu sudah bisa langsung menikmati coffee tersebut. Para pecinta kopi menjadikan minuman bubuk ini sebagai alternatif dikala kesibukan melanda namun tak sempat pergi ke coffee shop. 

Minuman Bubuk Coklat

Minuman Bubuk Coklat

sumber : bakeclub.com.au

Minuman bubuk coklat adalah minuman yang terbuat dari biji kakao. Semua kalangan sangat menyukai coklat namun, tahukah kamu ? bahwa rasa asli coklat adalah pahit. Ya, untuk memberi cita rasa enak maka minuman bubuk coklat diberi gula atau pemanis. Bubuk coklat berwarna gelap biasanya banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat kue dan minuman. Saat ini telah banyak muncul berbagai macam merk minuman bubuk coklat. Namun, pemanfaatan utamanya adalah sebagai bahan pembuatan kue dan minuman.

Potensi Bisnis Minuman Bubuk Instan

sumber : kingzdrink.com

Minuman bubuk instan adalah sebuah inovasi teknologi minuman yang berbentuk serbuk. Ditengah aktivitas saat ini yang dituntut untuk selalu aktif dan cepat minuman jenis ini menjadi favorit dari semua kalangan. 

Para pebisnis jeli dalam melihat peluang tersebut karena saat ini masih belum banyak produsen pembuat minuman bubuk. Potensi bisnisnya cukup menggiurkan mengingat diberbagai kota di Indonesia sudah menjamurnya cafe, coffee shop, restoran, rumah makan, dan kedai minuman di supermarket. Bisnis minuman bubuk instan ini tentu menyasar para pengusaha tersebut. Untuk kalangan muda bisa juga membuat inovasi rasa minuman bubuk dengan penambahan topping berupa bubble, jelly, cincau, dan lainnya. 

Harga bubuk minuman ini berkisar antara 30.000 hingga 67.000 per kilonya kemudian ada yang dikemas lagi menjadi sachet kecil untuk didistribusikan ke toko, supermarket, kedai minuman dan lainnya. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis ini lumayan besar jadi tunggu apalagi daripada hanya sekedar menikmatinya kenapa kamu tidak coba memulai bisnis minuman bubuk ini.

Kesimpulan

Perkembangan teknologi saat ini sudah semakin maju, terbukti dengan adanya minuman bubuk instan yang bisa diminum dengan praktis dan cepat saji. Kita tidak perlu harus memeras buah jeruk, memetik daun teh, mengeringkan biji kopi atau mencampurkan green tea dengan susu. Semua inovasi ini bentuk dari kreativitas dan inovasi para produsen minuman bubuk instan. 

Berbagai jenis minuman bubuk Instan dengan varian rasa bisa kita sajikan dengan topping di atasnya. Bisnis ini menjadi peluang bagi para kalangan muda karena belum banyak produsen minuman bubuk instan saat ini. Rekomendasi terbaik kami tentang produsen minuman bubuk dengan brand sendiri adalah PT. Lumbung Pangan Bogor.

Referensi

  • 4, M. D. (2018, June 12). Macam-macam Minuman powder drink Beserta Resep Dan Cara Membuatnya. Medium. https://medium.com/@mukenadistro4/macam-macam-minuman-powder-drink-beserta-resep-dan-cara-membuatnya-493fe5acd5b1
  • Media Pangan Indonesia. (2020, 13). Food for kids. Food For Kids. https://foodforkids.co.id/post/413/2016-10-03/gizi/Tentang-Minuman-Serbuk
Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *