Yuk baca Review Jasa Maklon Minuman Collagen Terbaik, Manfaat & Tips Membeli sehingga tidak salah pilih. Tidak tahu apa itu collagen? Bingung memilih merek minuman kolagen yang cocok?

Dalam artikel ini, akan dipaparkan tentang apa itu minuman collagen, usia yang tepat untuk mengkonsumsinya, manfaat apa saja ketika minum minuman collagen, tips memilih jenis minuman dan review merk kolagen yang disarikan berdasar pengalaman penggunanya.

Sudah menjadi impian bagi setiap wanita untuk tetap tampil sehat dan cantik seiring bertambahnya usia. Tak jarang salah satu hal yang dilakukan untuk mempertahankan kesehatan kulit adalah mengkonsumsi suplemen. Salah satu jenis suplemen tersebut adalah collagen.

Yuk simak penjelasan PT Lumbung Pangan Bogor, produsen minuman kolagen roove (perusahaan maklon minuman), tentang minuman kolagen yang bagus.

Apa itu Collagen?

minuman kolagen roove

Collagen adalah salah satu unsur protein dalam tubuh yang memiliki peran menjaga kehalusan dan elastisitas kulit, terutama wanita. Collagen juga mempertahankan kekuatan tulang, otot dan sendi sehingga kebutuhan kolagen dalam tubuh hendaknya selalu tercukupi. 

Namun, ternyata seiring bertambahnya usia jumlah kolagen dalam tubuh semakin berkurang itulah mengapa kulit kita dapat mengalami penuaan dini (Premature aging). Adanya minuman collagen saat ini menjadi alternatif untuk tetap mendapatkan asupan collagen bagi tubuh.

Lalu, apa sebenarnya apa sih minuman kolagen itu ?

Mengenal Minuman Collagen

Minuman collagen adalah minuman yang mengandung protein collagen

sumber : vitals.lifehacker.com

Minuman collagen merupakan minuman yang mengandung collagen dan dapat meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh. Minuman kolagen ini tidak langsung meningkatkan jumlah kolagen dalam tubuh hanya memicu tubuh untuk memproduksi kolagen secara alami. 

Collagen merupakan protein yang berfungsi sebagai fondasi tulang, kulit, urat dan ligamen agar dapat memiliki struktur dan kekuatan. Ketika usia semakin bertambah kulit menjadi keriput muncul garis halus dan kekuatan tulang semakin menurun. Hal itu menandakan kadar collagen dalam tubuh berkurang.

Minuman collagen

sumber : gadzotica.com

Minuman collagen diciptakan untuk memberikan asupan collagen dan menstimulasi produksi collagen alami bagi tubuh. Tidak hanya mengandung collagen, minuman collagen juga diberikan bahan pendukung yang baik untuk kesehatan kulit seperti vitamin C, vitamin E, L-Glutathione dan bahan lainnya.

Minuman collagen tersedia dalam berbagai bentuk ada yang siap minum (ready to drink) dan serbuk. Biasanya terdiri dari berbagai rasa dan lebih enak diminum dalam keadaan dingin.

Usia yang Tepat Mengkonsumsi Minuman Collagen

minuman collagen

sumber : nunaturals.com

Untuk mendapatkan efek dan khasiat yang maksimal minuman collagen seharusnya dikonsumsi oleh wanita atau pria usia di atas 20 tahun. Pada usia tersebut collagen dalam tubuh kita berkurang sehingga membutuhkan asupan collagen dari luar tubuh. 

Rutin mengkonsumsi minuman kolagen diimbangi dengan makan makanan sehat, istirahat cukup, kelola stress dapat memberikan hasil memuaskan dalam menjaga tubuh tetap fit dan awet muda.

Manfaat Minuman Collagen

Collagen mencegah penuaan dini

sumber : dougcookrd.com

Collagen memang dikenal sebagai produk kecantikan atau perawatan kulit padahal sebenarnya collagen memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tulang dan persendian. seperti dilansir dari laman www.alodokter.com

Mengencangkan Kulit dan Mencegah Penuaan

Tidak diragukan lagi memang menghubungkan collagen dengan perawatan kecantikan. Banyak penelitian membuktikan bahwa collagen memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, dan mengurangi garis halus pada wajah.

Mengurangi Selulit

Selulit biasa dialami oleh wanita gemuk dan bisa mengganggu penampilan. Selulit merupakan kondisi kulit bergelombang dengan lesung-lesung kecil seperti kulit jeruk. Biasanya muncul di bagian perut, paha, pinggul dan bokong. 

Pada sebuah penelitian minuman collagen dapat mengurangi selulit pada tubuh, akan tetapi hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Meningkatkan Massa Otot

Mungkin masih banyak yang belum tahu collagen juga bermanfaat untuk meningkatkan massa otot. Collagen juga berperan penting dalam perkembangan jaringan otot.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa collagen dapat meningkatkan kekuatan otot bagi pasien sarcopenia atau kondisi hilangnya massa otot yang terjadi pada lanjut usia.

Meredakan Nyeri Sendi

Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi asupan collagen dapat mengurangi gejala osteoarthritis dan mengurangi nyeri sendi secara menyeluruh. Ada penelitian lain juga menyebutkan menambah asupan collagen dalam tubuh dapat mengurangi kondisi penyakit radang sendi. Namun, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Mendukung Kesehatan Jantung

Selain dikenal memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan tulang, collagen juga memiliki peran pada kesehatan pembuluh darah. Asupan collagen yang tidak cukup menjadikan pembuluh darah kaku, lemah atau rapuh dan yang lebih penting dapat meningkatkan resiko serangan jantung.

Tips Memilih Minuman Collagen

Bentuk collagen
jumlah collagen

sumber : editorial.femaldaily.com

Berbagai merk dan jenis minuman collagen membuat kita harus cermat memilih minuman collagen yang tepat. Jangan sampai bukannya manfaat yang kita dapatkan tetapi efek yang tidak kita inginkan. Memilih minuman collagen dipilih berdasarkan kandungannya, sumber bahan baku, bahan pendukung dan harganya. Berikut ini tips memilih minuman collagen menurut pickybest.id.

Tipe Collagen Yang Tepat 

tipe collagen yang tepat

sumber : priceza.co.id

Minuman collagen memang dikenal dikonsumsi untuk para wanita. Namun, beberapa produsen memberikan khasiat collagen juga untuk memelihara kesehatan tulang dan persendian. Oleh karena itu collagen dibedakan menjadi 3 macam yaitu, Collagen tipe 1, 2  dan 3.

Collagen tipe 1 & 3 

Collagen tipe 1 dan 3 memiliki peran besar di dalam tubuh karena sebagai bagian dari pembentukan struktur rambut, kulit serta tulang. Collagen tipe ini paling sering digunakan untuk manfaat anti-aging, moisturizing, whitening, dan sebagainya.

Untuk mengetahui tipe collagen apa yang anda konsumsi, bisa melihat fungsi utama atau manfaat yang dicantumkan pada kemasan minuman collagen.

Collagen tipe 2

Collagen tipe 2 berfungsi memelihara kesehatan persendian. Umumnya collagen tipe ini diperuntukkan bagi siapapun yang menderita radang sendi. Selain mengurangi gejala arthritis akibat penuaan, collagen jenis ini dapat mengatasi nyeri sendi akibat cedera olahraga atau kecelakaan.

Bentuk Collagen Yang Digunakan

bentuk collagen yang digunakan

sumber : esensialam.com

Collagen adalah sebuah protein berbentuk molekul yang sulit diserap tubuh. Maka pilihlah jenis minuman collagen apapun yang molekul collagennya telah dipecah ke bentuk yang lebih kecil. Seperti berwujud peptide collagen dan hydrolyzed collagen karena memiliki berat molekul yang lebih rendah sehingga mudah diserap tubuh.

Untuk mendapatkan efek yang lebih baik lagi, pilihlah collagen tripeptide yang bisa memberikan efek optimal karena sangat mudah diserap tubuh. Akan tetapi, collagen ini tidak mudah ditemukan kalau pun ada harganya sangat mahal apalagi jika terbuat dari fish collagen.

Sumber Bahan Baku Collagen

fish collagen

sumber : draxe.com

Bahan baku collagen berasal dari hewan darat atau disebut dengan bovine collagen dan hewan laut disebut dengan marine collagen. Biasanya sapi, ayam dan babi dipilih sebagai hewan yang dipilih untuk diambil collagennya. Harga collagen yang berasal dari hewan darat lebih murah karena tidak mudah diserap tubuh dibandingkan collagen dari hewan laut.

Umumnya marine collagen diambil dari ikan dinamakan dengan fish collagen. Ada juga collagen yang diambil dari hewan laut lain seperti ubur-ubur. Minuman collagen yang berasal dari fish collagen dijual lebih mahal karena efeknya yang lebih baik dan penyerapan ke tubuh lebih optimal.

Jika anda ingin mendapatkan collagen yang memberikan efek maksimal, pilihlah collagen yang terbuat dari kulit ikan atau tulang ikan muda. Collagen yang terbuat dari sisik ikan memiliki kualitas kurang baik tidak memberikan efek optimal bagi tubuh.

Perhatikan Jumlah Collagennya 

minuman collagen dari ikan (marine collagen)

sumber : amazon.com

Tidak ada ketentuan yang pasti mengenai berapa seharusnya jumlah collagen yang harus diserap tubuh dalam sehari. Namun, para ahli mengatakan 5.000 – 8.000 collagen per hari dikatakan efektif bagi kulit, kemudian 10.000 – 12.000 dinilai dapat memberikan manfaat baik untuk tulang dan persendian. Angka 5.000 collagen sudah cukup memberikan efek maksimal bagi anda yang pertama kali mengkonsumsi minuman collagen.

Sebelum anda membeli minuman collagen cek kadar collagen yang tertera pada kemasannya. Hal itu ditentukan berdasarkan hasil yang ingin didapatkan yaitu untuk kecantikan atau kesehatan tulang dan persendian. 

Mengkonsumsi collagen berlebihan akan mengganggu kerja ginjal, karena sisanya yang tidak digunakan akan diekskresi melalui urin. Jadi pastikan anda memilih minuman collagen dengan kadar collagen yang tepat sesuai kebutuhan.

Cek Bahan Pendukungnya

cek bahan bakunya

sumber : merdeka.com

Beberapa produsen menambahkan bahan pendukung lainnya ke dalam minuman collagen. Seperti misalnya vitamin C, gunanya untuk membantu mensintesis collagen yang telah diedarkan ke seluruh jaringan tubuh setelah diubah menjadi asam amino. Selain vitamin ada juga zat besi yang dibutuhkan untuk proses pembentukan collagen dalam tubuh.

Selain itu vitamin C dikenal memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit, mengencangkan, dan mengurangi jumlah melanin penyebab bintik gelap pada kulit. Ada juga hyaluronic acid dan polyphenol berfungsi untuk melembabkan kulit.

Pastikan Harganya Terjangkau

pastikan harganya terjangkau

sumber : javapapers.com

Rata-rata harga minuman collagen berkisar antara 50.000 – 500.000 per botolnya. Anda harus menyediakan bujet yang cukup untuk dapat meminum collagen setiap hari agar memberikan efek maksimal. Apabila anda memilih kandungan collagen 10.000 mg atau lebih, tentu harganya sangat mahal. Belum lagi jika ada varian rasa dan bahan pendukung, hal tersebut juga dapat mempengaruhi harganya.

Pilihlah minuman collagen dalam bentuk sachet karena biasanya dijual lebih murah atau dalam bentuk botol besar yang bisa dituang ke gelas, setidaknya anda harus mengkonsumsi collagen 1-2 minggu untuk mendapatkan efek yang optimal. Jadi, pilihlah jenis minuman collagen dengan harga yang lebih terjangkau.

Review 5 Minuman Collagen Terbaik

Sebagai referensi pilihan anda untuk memilih minuman collagen berikut ini kami ulas review minuman collagen dari berbagai merk. Beberapa dikemas dalam bentuk botol ready to drink sehingga mudah dibawa berpergian atau di sela aktivitas anda. 

Diva Mixed Berries Drink

Diva mixed berries drink

sumber : my-best.id

Minuman collagen ini merupakan produk keluaran kalbe yang mengandung collagen aktif, vitamin E dan antioksidan. Diklaim rendah kalori Diva mixed berries drink bermanfaat untuk mengencangkan kulit, mengurangi kerutan, meningkatkan kelembaban dan meregenerasi sel kulit. Minuman collagen ini mengandung antioksidan yang dapat mencegah efek buruk paparan sinar UV dan polusi udara diantaranya adalah munculnya flek hitam dan garis halus pada wajah.

Kelebihan Diva mixed berries drink tidak mengandung pengawet dan pemanis buatan sehingga aman dikonsumsi. Kalori yang terkandung di dalamnya juga rendah hanya 35 kkal dan bebas lemak jadi tidak akan menimbulkan kegemukan. 

Jumlah Collagen1000 mg
Sumber CollagenMarine Collagen
Bahan pendukungvitamin A, vitamin E dan lycopene
RasaMixed berries
Isi6 botol @65 ml
HargaRp 70.000

Everwhite Hi-Collagen Powder Drink

everwhite hi-collagen powder drink

sumber : pickybest.id

Minuman collagen ini bisa memberikan manfaat tambahan karena kandungan Pro-Glutathionenya dapat menangkal efek buruk radikal bebas. Selain itu produk ini mengklaim dapat mencerahkan kulit, menghilangkan noda hitam, mengeluarkan racun dalam tubuh dan dapat membuat kulit lebih kencang. 

Bahan pendukung lainnya yakni soluble fiber C, vitamin C, vitamin E dan diberi rasa ekstrak buang anggur serta stroberi. Everwhite Hi-Collagen Powder Drink mengandung collagen yang berasal dari fish collagen sehingga minuman collagen ini dapat memberikan efek yang optimal bagi tubuh.

Jumlah CollagenTidak disebutkan
Sumber CollagenMarine Collagen
Bahan pendukungPro-Glutathione, soluble fiber C, vitamin C, vitamin E
RasaStroberi dan Anggur
Isi20 sachet @12 gr
HargaRp 134.000

Shiseido The Collagen Drink

shisedo the collagen drink

sumber : pickybest.id

Tanda-tanda penuaan diantaranya adalah munculnya flek hitam dan menumpuknya sel kulit mati di jaringan kulit. Shiseido The Collagen Drink mampu membantu pertumbuhan sel-sel kulit sehingga bisa memicu terangkatnya sel kulit mati yang menghambat pori-pori kulit. Dengan kandungan bahan pendukung ornithine yang dapat menyamarkan tanda-tanda penuaan.

Tak hanya itu, minuman collagen ini juga mengandung bahan lain seperti ceramide, royal jelly, hyaluronic acid, GABA dan beberapa jenis vitamin. Anda akan mendapatkan kulit awet muda dan kesehatan tubuh jika meminum asupan collagen ini.

Jumlah Collagen1.000 mg
Sumber CollagenMarine Collagen
Bahan pendukungRoyal jelly, hyaluronic acid, GABA, ornithine, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E
RasaMixed fruit
Isi10 botol @50 ml
HargaRp 750.000

K-Liquid Mixed Collagen Drink

K-liquid mixed collagen drink

sumber : k-globalink.com

K-Liquid Mixed Collagen Drink mengandung 3.000 mg marine peptide collagen yang mampu mewujudkan kulit elastis, lembut, dan bercahaya. Dengan bahan pendukung ekstrak stroberi dan apel berperan dalam detoksifikasi hati, mencegah timbulnya tanda penuaan, melembabkan kulit dan mencerahkan kulit. 

Penambahan rasa buah leci menjadikan minuman collagen ini terasa enak. Usia 25 tahun dianjurkan mengkonsumsi minuman collagen jenis ini untuk membantu meningkatkan kadar collagen dalam tubuh.

Jumlah Collagen3.000 mg
Sumber CollagenMarine Collagen
Bahan pendukungekstrak stroberi, ekstrak apel
RasaLeci
Isi10 botol @50 ml
HargaRp 1.450.000

The Beauty Bites Infused Collagen

the beuaty bites infused collagen

sumber : pickybest.id

The beauty bites infused collagen merupakan salah satu minuman collagen yang berbentuk infused water. Dengan kandungan ekstrak lemon memberikan nutrisi vitamin C yang sangat baik bagi tubuh. Minuman ini bermanfaat mencegah penuaan, mencerahkan kulit, mengencangkan dan menjaga kelembaban kulit. The beauty bites infused collagen mengandung jumlah collagen cukup tinggi yakni 5.000 mg. Jika anda menginginkan efek collagen yang optimal bagi kesehatan kulit maka minuman collagen ini bisa menjadi pilihan.

Minuman collagen ini dapat dikonsumsi untuk usia 25 tahun ke atas. Selain memberikan manfaat untuk kecantikan dan awet muda, minuman ini sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit akibat paparan AC dan radikal bebas.

Jumlah Collagen5.000 mg
Sumber CollagenMarine Collagen
Bahan pendukungEkstrak lemon, cinnamon, cardamom, chitosan, sorbic acid
RasaLemon
Isi1 botol 100 ml
HargaRp 63.000

Referensi

  • Afridaus. (2019, September 17). Berbagai Manfaat Kolagen untuk Kesehatan. Alodokter. https://www.alodokter.com/berbagai-manfaat-kolagen-untuk-kesehatan
  • ARDELIACHO. (2020, April 24). 10 Rekomendasi Minuman Kolagen Terbaik (Update Terbaru 2020). PickyBest – Rekomendasi Terbaik untuk Segala Kebutuhan Anda. https://pickybest.id/minuman-kolagen-terbaik/

Telah diupdate pada Agustus 24, 2020 oleh Perusahaan Maklon Minuman

Kategori: Bisnis

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.