Minuman Penurun Berat Badan dari Lemon

Minuman Penurun Berat Badan dari Jeruk Nipis & Lemon

Minuman Penurun Berat Badan dari Jeruk Nipis & Lemon adalah produk alami yang bisa dicoba untuk mengatasi kegemukan. Daripada mengonsumsi obat-obatan yang tidak-tidak, lebih baik coba resep minuman alami penurun berat badan dari dr. Zaidul Akbar berikut, yuk!

Jeruk Nipis

Minuman Penurun Berat Badan dari Jeruk Nipis

Pasti kamu udah gak asing sama buah yang satu ini. Pasalnya, jeruk nipis adalah buah yang mudah sekali ditemui. Buah yang biasanya digunakan sebagai pelengkap masakan ini ternyata ampuh untuk menurunkan berat badan, loh!

Baca juga bahan alami lainnya yang digunakan untuk menurunkan berat badan.

Kandungan jeruk nipis

Dalam sebuah jeruk nipis (lime) berukuran sedang (67 gram) mengandung nutrisi sebagai berikut:

Kandungan nutrisiJumlah
Kalori20
Karbohidrat7 gram
Protein0.5 gram
Lemak0.1 gram
Seat1.9 gram
Vitamin C22% of the Reference Daily Intake (RDI)
Besi2% of the RDI
Kalsium2%% of the RDI
Vitamin B62% of the RDI
Thiamine2% of the RDI
Potassium1% of the RDI

Dilansir dari laman healthline.com, jeruk nipis juga mengandung sejumlah kecil riboflavin, niacin, folat, fosfor, dan magnesium.

Selain tinggi akan kandungan vitamin C dan air, jeruk nipis juga memiliki asam sitrat yang berguna untuk mendongkrak metabolisme agar pembakaran kalori serta lemak dalam tubuh bisa lebih maksimal.

Manfaat jeruk nipis

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada Journal of the American College of Nutrition, zat-zat yang terdapat dalam jeruk nipis bisa membakar lemak 30% lebih banyak saat kamu sedang beraktivitas atau berolahraga. Sebab, seperti yang sudah disebutkan, kandungan dalam buah tersebut bisa mempercepat metabolisme tubuh.

Tak hanya itu, jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Hal itu dikarenakan ia mengandung senyawa flavonoid yang bisa meningkatkan produksi enzim nan diperlukan tubuh buat mengurai makanan. Jika sistem pencernaan lancar, sisa racun dan makanan tidak akan tertimbun dalam tubuh serta mengakibatkan tubuhmu terlihat lebih gemuk.

Resep Minuman Jeruk Nipis dan Madu

Resep Minuman Jeruk Nipis dan Madu

Resep minuman herbal penurun berat badan yang ketiga ini lebih sederhana. Tapi, manfaatnya nggak main-main, loh! Jika dikonsumsi saat perut dalam kondisi kosong, minuman tersebut berkhasiat untuk mendetoksifikasi usus dari makanan-makanan yang kamu konsumsi semalam atau kemarin. Sehingga, usus pun jadi lebih bersih dan berpengaruh terhadap kesehatan tubuhmu secara menyeluruh.

Bahan

  • jeruk nipis
  • 1 sendok makan madu
  • 1 gelas air hangat.

Cara membuat ramuan jeruk nipis untuk diet

  1. Siapkan segelas air hangat.
  2. Lalu, masukkan irisan jeruk nipis.
  3. Biarkan sejenak,
  4. kemudian minum selagi masih hangat.
  5. Jika tidak kuat dengan rasa asamnya, kamu bisa menambahkan madu.

Cara penyajian minuman penurun berat badan dari jeruk nipis

Ada beberapa cara penyajian minuman penurun berat badan dari jeruk nipis, di antaranya:

  1. Mencampurnya dengan air hangat. Ini adalah cara penyajian yang paling umum dan mudah. Mengapa harus dengan air hangat? Sebab, di samping lebih gampang dicerna oleh tubuh, air hangat juga bisa membantu proses metabolisme. Sehingga, hasilnya pun bakal jauh lebih efektif.
  2. Membuatnya menjadi infused lime water. Sekarang ini infused water telah menjadi tren kesehatan. Berbagai buah dapat digunakan untuk membuatnya, tak terkecuali jeruk nipis. Kamu bisa memotong-motong buah tersebut, lalu memasukkannya ke dalam botol minuman yang tersedia.
  3. Mengkombinasikannya dengan jahe. Seperti yang kita tahu, jahe adalah bahan makanan yang kaya akan manfaat. Selain dapat meningkatkan imunitas tubuh, jahe juga berperan dalam merangsang metabolisme, sehingga tubuh bisa membakar kalori dengan lebih cepat. Dengan begini, program dietmu akan lebih maksimal. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu memblender 2 inci jahe dengan segelas air. Kemudian, saring ampasnya dan beri perasan jeruk nipis.
  4. Mencampurnya dengan jus tomat. Tomat adalah buah yang memiliki beragam kandungan nutrisi, mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin K, potasium, folat, serat dan air. Mengonsumsi tomat bisa membantu menyeimbangkan kadar lemak dalam tubuh, sehingga berat badanmu pun akan lebih terkontrol.

Selain itu, kalori dalam buah tomat juga terbilang rendah. Jadi, cocok banget buat kamu yang sedang menjalani diet. Untuk membuatnya, kamu dapat memblender secangkir tomat hingga lembut. Kemudian, tuang ke dalam gelas dan beri ½ perasan jeruk nipis serta sejumput garam hitam.

Tapi, jangan hanya mengandalkan minuman diet dari jeruk nipis saja, ya. Imbangi lah dengan pola hidup sehat agar penurunan berat badanmu bisa maksimal.

Selain ramuan minuman penurun berat badan ala dr. Zaidul Akbar, kamu bisa mencoba membuat minuman pelangsing dari bahan-bahan berikut:

Air Lemon

Minuman Penurun Berat Badan dari Lemon

Sama dengan jeruk nipis, lemon juga kaya akan kandungan vitamin C yang kita tahu punya segudang manfaat buat kesehatan. Buah ini bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dan membantumu mengontrol nafsu makan. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, lemak berlebih dalam tubuhmu akan dipecah dengan lebih optimal.

Manfaat lain dari buah lemon adalah melancarkan sistem pencernaan dan membantu fungsi hati. Perlu kamu tahu bahwa sistem pencernaan dan organ hati yang sehat merupakan kunci keberhasilan proses pembakaran lemak berlebih, terutama di area perut.

Kapan waktu yang tepat untuk meminum air lemon penurun berat badan? Jawabannya adalah di pagi hari. Sebab, saat kondisi perutmu masih kosong, tubuh dapat melakukan proses detoksifikasi. Kinerja dan fungsi hati pun bakal lebih ringan dan program dietmu tentunya berjalan dengan maksimal.

Selain mencampurnya dengan air hangat, kamu juga bisa mencoba cara membuat minuman lemon penurun berat badan yang simple berikut:

Minuman Lemon, Kunyit dan Madu

minuman lemon kunyit madu

Lemon, kunyit dan madu adalah ketiga bahan yang tak hanya mampu memperkuat sistem pencernaan, tapi juga meluruhkan lemak-lemak dalam tubuh. Bersama lemon yang bertugas sebagai penghancur lemak, kunyit membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan madu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Bahan:

  • 1 buah lemon (diiris),
  • ½ lemon (diperas),
  • 1 sendok makan madu,
  • 1 sendok kunyit bubuk
  • 1 gelas air hangat.

Cara membuat:

  1. Siapkan segelas air hangat
  2. lalu seduh irisan lemon di dalamnya.
  3. Kemudian, tuang perasan jeruk lemon
  4. Tambahkan bubuk kunyit serta madu.
  5. Aduk sampai rata.
  6. Kamu bisa meminumnya selagi masih hangat tiap pagi ketika perut masih dalam keadaan kosong atau belum sarapan.

Lemon, Jahe dan Madu

Minuman Penurun Berat Badan dari Lemon, Jahe dan Madu

Racikan minuman penurun berat badan dari dr. Zaidul Akbar yang satu ini tidak berbeda dengan sebelumnya. Hanya saja, kunyitnya diganti dengan jahe. Jahe sendiri dipercaya bisa mengurangi lemak dalam tubuh, membantu proses detoksifikasi dan meredakan masalah pencernaan. Kamu dapat mengkonsumsi jahe saat sedang diet karena bahan tersebut bisa memberi efek kenyang lebih lama.

Bahan: 1 buah jahe seukuran jempol, 1 buah lemon, 1 sendok makan madu dan 1 gelas air.

Cara Membuat: Geprek atau iris jahe yang sudah dicuci bersih. Kemudian, rebus bersama segelas air. Jika sudah mendidih, angkat. Diamkan hingga hangat, lalu beri madu dan perasan air lemon. Sama dengan resep sebelumnya, minuman jahe penurun berat badan ini juga bisa dikonsumsi saat perut masih kosong.

Lemon dan Jeruk Nipis

Sebagaimana yang sudah disebutkan, lemon dan jeruk nipis adalah buah nan tinggi akan kandungan vitamin C, yang mana sangat baik untuk meluruhkan lemak-lemak dalam tubuh. Kamu bisa mencampurkan keduanya dengan takaran masing-masing ½ gelas. Minuman tersebut dapat dikonsumsi sebanyak dua kali sehari, di pagi dan sore hari.

Lemon dan Madu

Minuman lemon penurun berat badan yang kedua dikombinasikan dengan madu. Layaknya jahe, madu juga punya beragam manfaat, di antaranya memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mengatasi masalah lambung, seperti maag dan GERD. Tinggal campurkan segelas air perasan lemon dengan 5 sendok madu. Konsumsi secara rutin, di pagi dan sore hari supaya hasilnya maksimal.

Lemon dan Teh Hijau

teh untuk menurunkan berat badan

Teh hijau seringkali jadi bahan produk minuman penurun berat badan. Sehingga, tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu mencampurkan ¼ air perasan lemon dengan ¾ teh hijau. Minum secara teratur di pagi dan sore hari, ya!

Lemon dan Jahe

Keduanya merupakan kombinasi yang pas untuk menunjang program diet. Cara membuatnya mudah sekali, yakni rebus dua ruas jahe yang telah dibersihkan bersama segelas air putih. Setelah mendidih atau airnya tinggal setengah gelas, angkat dan campur dengan air perasan 5 buah lemon. Minum di pagi dan sore hari, ya!

Anda bisa memesan jasa maklon minuman penurun berat badan di PT Lumbung Pangan Bogor.

Tags: minuman herbal penurun berat badan, minuman terbuat dr lemon

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.