Waralaba Minuman Kekinian, Kelebihan Franchise +Tips Mulai Bisnis

Waralaba Minuman Kekinian, Kelebihan Franchise +Tips Mulai Bisnis

Waralaba minuman kekinian terlaris 2019 seperti thai tea, kopi dan coklat harga murah banyak dicari pebisnis. Buat anda yang mulai bisnis franchise minuman & makanan ringan, maka silakan baca artikel ini hingga tuntas.

Kami akan bahas kelebihan bisnis waralaba minuman kekinian dan cara memulai bisnis minuman. Semoga tips sederhana ini bisa bermanfaat untuk anda.

Perkembangan jaman dan bisnis minuman kekinian

Perkembangan jaman yang semakin cepat, memunculkan beragam bisnis yang bisa mensupportnya. Pria dan wanita karir menginginkan semua kebutuhannya tersedia secara instan. Tantangan jaman ini direspon oleh pelaku usaha untuk menyediakan produk yang sifatnya instan. Termasuk di dalamnya adalah bisnis minuman.

Mendapatkan keuntungan besar adalah target utama para pebisnis. Untuk mendapatkan keuntungan besar dalam waktu relatif singkat, para pebisnis umumnya memilih sistem franchise atau waralaba. Dengan laba tersebut maka kepuasan pribadi akan lebih terjamin.

Salah satu waralaba minuman kekinian yang perlu anda coba adalah bisnis serbuk minuman. Contoh produknya adalah kopi, thai tea dan coklat bubuk. Jenis minuman ini lebih disukai oleh masyarakat Indonesia, terutama anak sekolah. Kami sarankan anda untuk memulai bisnis minuman lebih awal sehingga peluang bisnis berkembang akan semakin besar.

Waralaba Minuman Kekinian, Kelebihan Franchise +Tips Mulai Bisnis
Gambar ilustrasi Waralaba Minuman Kekinian

Kelebihan Waralaba Minuman Kekinian

Sebelum menjalankan bisnis minuman dengan sistem waralaba maka anda perlu tahu kelebihan model bisnis tersebut. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu bisnis, tentunya anda bisa membuat keputusan yang lebih tepat dan akurat. Berikut ini adalah beberapa kelebihan bisnis dengan sistem waralaba

Merek produk sudah di kenal masyarakat

Salah satu kelebihan bisnis dengan waralaba adalah anda tidak perlu melakukan branding produk. Pemilik usahsa franchise telah mengembangkan dan memasarkan merk produk. Anda pun tidak perlu mengeluarkan biasa pemasaran dan branding produk. Dengan demikian, maka produk anda lebih mudah dikenal masyarakat.

Tugas anda hanyalah menjalankan sistem yang telah dibuat oleh franchisor. Anda hanya perlu fokus memberikan produk dan layanan terbaik. Jika menjalankan bisnis minuman dengan formula khusus dari franchisor, maka pastikan formula minuman yang anda jual sudah sesuai prosedur.

Jaringan network yang luas

Kerjasama diperlukan untuk membangun jaringan bisnis dalam rangka mengembangkan usaha. Pihak franchisor yang baik akan mengumpulkan pembeli franchisenya secara berkala. Mereka akan memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan menjual para franchisee. Sebagai contoh anda bisa melihat perusahaan HNI atau HPAI yang menjual sabun secara MLM. Dengan jaringan bisnisnya, mereka bisa merajai pemasaran sabun

Pada saat berkumpul inilah anda dapat bertukar pengalaman dengan pembeli franchise lainnya. Bagaimana cara mereka memasarkan produknya. Tak jarang, pemilik franchise akan memberikan kesempatan kepada pembeli terbesar dan minta mereka untuk berbagai pengalaman dengan pembeli franchise lainnya. Untuk itu, manfaatkanlah dengan baik kesempatan seperti ini.

Pengembangan Bisnis

Untuk pebisnis pemula yang belum tahu seluk beluk bisnis, maka waralaba adalah pilihan yang tepat. Pihak franchisor sudah memiliki sistem usaha. Mulai dari penyediaan alat dan perlengkapan berjualan, sistem manajemen karyawan hingga sistem pemasaran. Tugas anda selaku pembeli franchise adalah melakukan copy paste sistem yang telah diberikan pihak franchisor.

Untuk awalan, investasi waralaba cukup lumayan. Anda perlu membeli alat dan bahan untuk jualan. Untuk alat jualan seperti gerobak jualan hanya sekali beli saja. Untuk bahan jualan, maka anda perlu membeli secara rutin. Jika jualan anda lancar, maka setiap minggu anda bisa melakukan purchase order kepada pihak franchisor.

Passive income

Ketika salah satu lapak waralaba anda meledak penjualannya, maka anda bisa membuka cabang lapak. Anda tinggal membeli lisensi sejumlah lapak dan melakukan cloningan sistem usaha di lapak yang baru. Kebayang kan jika anda punya 10 lapak waralaba minuman kekinian? Jika separuhnya sukses dan separuh lainnya tutup modal, maka anda pun masih punya penghasilan.

Bisa dikatakan, tanpa anda turun tangan pun, bisnis tetap berjalan. Inilah yang dinamakan autopilot. Dengan demikian, passive income dari waralaba minuman kekinian pun bukanlah khayalan.

Setelah anda tahu kelebihan sistem waralaba minuman kekinian, maka anda perlu melakukan persiapan usaha. Kami memiliki beberapa tips jitu buat anda yang sedang mempersiapkan usaha. Berikut penjelasannya.

bisnis franchise minuman kekinian terlaris di Indonesia
Gambar ilustrasi bisnis franchise minuman kekinian

Tips Memulai Usaha Waralaba Minuman Kekinian

Untuk memulai bisnis dengan sistem waralaba, anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Pengusaha kawakan yang telah menjalankan bisnis minuman selama beberapa tahun tentu telah mengetahui celah dan seluk beluk usaha. Agar bisnis berjalan dengan baik, maka silakan anda simak penjelasan tips memulai usaha berikut ini:

Lokasi usaha yang strategis

Lokasi adalah salah satu hal yang menjadi cukup penting dalam menjalankan bisnis yang ada. Bahkan pebisnis yang sering memberikan penekanan dalam pemilihan lokasi. Bisa dikatakan lokasi 3 kali lebih penting daripada faktor lainnya.

Pemilihan lokasi bisnis menjadi krusial karena di sanalah anda mendatangkan keuntungan usaha. Pilihlah lokasi strategis. Strategisnya suatu lokasi bisa dilihat dari potensi pembeli, tingkat keramaian, dan konversi penjualan. Umumnya lokasi strategis dicirikan dengan kondisi yang ramai.

Ada beberapa tempat yang bisa dipilih untuk berjualan. Ambil spot keramaian seperti kampus/universitas, sekolah, pasar, atau daerah sekitar perumahan, atau pinggir jalan raya. Dengan banyaknya orang yang melewati lapak anda, maka harapannya adalah yang membeli produk anda semakin banyak. Namun, anda perlu memberphatikan karakteristik pembeli produk anda. Apakah yang beli usia muda atau tua, apakah yang beli pria dan wanita.

Pengetahuan produk (product knowledge) yang cukup

Pengetahuan akan produk itu sangat penting buat pebisnis. Sebagian pembeli terkadang bertanya, rasa minuman apa yang paling enak. Jika anda menjawab semuanya enak, maka hal tersebut adalah indikasi bahwa anda tidak menguasai produk anda dengan baik.

Dengan berbekal penguasaan produk, maka anda bisa menggali apa yang sebetulnya dicari konsumen. Apakah rasa baru, atau rasa yang bisa membangkitkan emosi atau meredakan emosi. Jika calon pembeli produk anda sedang dalam emosi yang tidak baik (bad mood), maka anda bisa tawarkan minuman coklat yang bisa menstimulus rasa tenang.

Kualitas bahan baku dan harga jual

Produk minuman yang enak umumnya terbuat dari bahan yang kualitasnya baik. Di sisi lain, pembeli umumnya menginginkan harga produk yang murah. Lalu bagaimana solusi atas masalah ini?

Anda bisa melakukan strategi harga. Misalnya saja dengan membuat harga yang bervariasi berdasarkan tingkat kemanisan atau volume produk. Dengan cara ini, customer bisa membeli produk anda sesuai dengan budget mereka. Jika budget mereka rendah, maka anda bisa menawarkan produk yang bervolume kecil dan harganya murah.

Untuk pasokan bahan baku minuman serbuk, maka anda bisa bekerjasama dengan perusahaan maklon minuman. Rekomendasi kami adalah anda kerjasama dengan PT. Lumbung Pangan Bogor. Pabrik maklon mereka bisa membuat minuman serbuk yang rasanya kekinian.

Strategi pemasaran dan penjualan

Untuk meningkatkan penjualan (berdampak pada keuntungan) maka anda perlu melakukan promosi usaha anda. Bagaiamana cara promosi yang efektif?

Untuk media offline anda bisa membuat banner besar yang desainnya menarik calon pembeli. Anda bisa memberikan diskon untuk hari tertentu atau fasilitas wi-fi gratis untuk pembeli produk anda.

Era kekinian adalah era informasi. Anda pun bisa mempromosikan produk anda secara online. Caranya sediakan spot yang instagramable (sharelable). Customer yang puas atas produk dan layanan anda akan mempromosikan produk anda secara sukarela. Mereka bisa berbagi lokasi usaha anda melalui facebook, instagram atau twitter kepada teman mereka. So, be creative dengan strategi pemasaran dan penjualan.

Utamakan pelanggan

Pembeli adalah raja, begitu pepatah kuno berbunyi. Meskipun anda berjualan produk minuman secara franchise, tetaplah memberikan pelayanan yang terbaik buat customer. Buat customer merasa nyaman dengan pelayanan anda. Hal ini mulai dari sambutan yang hangat hingga ucapan terima kasih saat customer pergi dari warung atau kedai anda. Jadi, prioritaskan pelanggan anda dengan layanan terbaik.

Memilih Perusahaan Waralaba Minuman Kekinian

Banyaknya perusahaan waralaba minuman, bisa bermakna kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah customer bisa memilih salah satu yang paling pas. Kekurangannya adalah customer bisa bingung memilih satu yang terbaik karena setiap perusahaan waralaba mengklaim dirinya yang terbaik. Ada beberapa hal yang perlu anda cermati saat memilih rekanan bisnis (baca perusahaan waralaba). Diantaranya adalah:

  1. merk minuman yang dijual
  2. reputasi perusahaan
  3. rekama jejak pemilik perusahaan
  4. review dan testimoni pembeli
  5. jumlah pembeli lisensi waralaba
  6. achievement perusahaan yang diberikan lembaga independen

Menjalankan Bisnis Waralaba Minuman Kekinian

Bisnis yang baik adalah bisnis yang dijalankan. Untuk menjalankan bisnis, maka kami sarankan anda menikmatinya. Menikmati disini bermakna anda memiliki passion (minat kuat) dengan bisnis yang anda geluti.

Bisnis itu kadangkala mengalami pasang surut. Kadangkala untung, kadangkala rugi. Nah dengan berbekal passion, maka anda akan berusaha bangkit lagi ketika jatuh. Para pakar bisnis mengatakan, passion adalah energi terbesar saat menjalan usaha. Ada yang berpendapat passion adalah 50 persen dari modal usaha anda. Selamat berbisnis di tahun 2019.

Tags: franchise makanan kekinian, waralaba minuman kekinian 2020

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.