Waralaba minuman kekinian kopi, susu, teh poci, coklat terlaris 2019 harga murah makin diminati pengusaha. Varian lain minuman aneka rasa panas dan dingin seperti bubble drink, bubuk milo, mojitos sehat juga paling laris di bandung 2018.

Kali ini maklon minuman akan lebih fokus membahas tentang waralaba minuman bubble drink.

Overview Waralaba Minuman

Usaha dalam bentuk waralaba minuman bubble drink kini sedang menjadi incaran. Minuman ini menjadi tren beberapa tahun belakangan. Sebenarnya minuman bubble drink asalnya dari Taiwan. Ciri khas paling mencolok adalah campuran bubble berbentuk mutiara berwarna hitam yang terbuat dari tepung tapioka. Sajiannya dicampurkan ke dalam minuman beraneka rasa, sehingga memunculkan sensasi unik tersendiri.

Kesempatan bisnis waralaba minuman bubble drink ini juga dapat Anda ambil dengan melihat peluang yang cukup besar. Tak sedikit pelaku bisnis yang tertarik untuk melakoninya karena pangsa pasarnya luas. Minuman ini pun banyak disukai oleh berbagai kalangan, sehingga kemungkinan mendapatkan keuntungan tinggi bisa diperkirakan sejak dini.

Waralaba Minuman Kekinian & Bisnis Minuman Bubble Drink Murah 2019
Gambar ilustrasi Waralaba Minuman Kekinian

Mengapa Bisnis Minuman Bubble Drink?

Bisnis dalam bidang kuliner memang mempunyai daya saing ketat. Kalau Anda masih dalam tahap amatir, sebaiknya coba dulu membuka usaha kecil-kecilan berupa minuman. Ini dia alasan mengapa harus memilih bisnis waralaba minuman bubble drink:

Modal Minim yang Menjamin Masa Depan

Berbagai pihak telah membuktikan bahwa bisnis bubble drink bisa menjadi investasi yang menjamin masa depan. Modal yang dibutuhkan pun tidak banyak. Jadi sangat cocok bagi Anda yang memiliki budget terbatas. Apalagi peminat minuman ini juga besar. Bila Anda bisa memilih perusahaan franchise minuman dengan cermat dan harga produk sesuai, maka bisnis ini kemungkinan dapat bertahan lama di pasaran.

Angka Laba yang Tinggi

Alasan yang kedua adalah berhubungan dengan laba. Mayoritas usaha pasti berorientasi pada laba. Keuntungan ini bisa Anda dapatkan dengan mudah jika memang bertekad memulai bisnis ini. Supaya Anda tidak hanya menerawang seberapa besar kemungkinan laba yang didapatkan, cobalah hitung perkiraannya.

Pengembangan Brand yang Fleksibel

Sebagian dari franchisor memang menetapkan peraturan dan kebijakan yang cukup ketat terkait pengembangan brand. Sebab pada dasarnya, mereka adalah pemilik hak paten brand. Tapi jangan salah, sekarang ini sudah banyak franchisor yang menganut sistem jual lepas. Mereka tidak mengikat mitranya dengan beban fee. Justru mereka menyediakan bahan baku yang dibutuhkan.

Untuk memberikan gambaran bagaimana peluang usaha minuman jika dijalankan dengan benar, berikut kami sajikan analisa sederhana perhitungan untung rugi waralaba minuman bubble drink.

Analisa untung rugi waralaba minuman

Asumsi

Anggap saja Anda menyetor modal waralaba sebesar 4 juta rupiah. Kemudian penjualan bubble drink rata-rata 50 gelas per hari dengan harga 10 ribu rupiah per gelasnya, sedangkan biaya produksi per gelas sebesar 4 ribu rupiah. Anda mendirikan booth di depan kampus dengan biaya sewa 700 ribu rupiah per bulannya.

Perhitungan

Analisa keuntungannya adalah :

  • Harga jual – biaya produksi : 10 ribu – 4 ribu = 6 ribu
  • Laba kotor per bulan : 6 ribu x 50 gelas x 26 hari = 7,8 juta rupiah.
  • Laba bersih per bulan : 7,8 juta – 700 ribu = 7,1 juta rupiah.

Kalau Anda masuk dalam perusahaan franchise yang tidak meminta fee dan royalti, maka laba yang diperoleh per bulannya hampir 2 kali lipat dari modal awal. Menarik bukan?

Tips memilih franchise minuman

Perhatikan Paket Kemitraan

Keunggulan bergabung bisnis franchise atau waralaba yaitu mendapatkan paket komplit yang bisa disesuaikan dengan budget. Dalam dunia franchising, para franchisor (penyedia waralaba) pun menetapkan masing-masing paket dengan harga dan fasilitas yang berbeda. Biasanya untuk modal bisnis minuman bubble drink modal yang harus disetor mulai dari 2 jutaan rupiah saja. Beberapa perlengkapan pokok seperti blender dan bahan baku lainnya akan segera didapatkan.

Ada pula paket yang harganya lebih tinggi, yaitu berkisar 4 juta – 10 juta rupiah. Rentang harga tersebut akan memperoleh peralatan seperti booth atau stand, standing banner, sticker, dan sebagainya. Anda tidak perlu susah payah mencari peralatannya sendiri.

Ikuti Rekomendasi Lokasi Berjualan

Keunggulan lain dalam bisnis waralaba adalah mendapatkan pelatihan bisnis dan rekomendasi lokasi usaha. Anda membutuhkan lokasi yang tepat agar usaha mudah ditemukan oleh para konsumen. Khusus untuk bisnis seperti minuman bubble drink, lokasi yang paling strategis adalah tempat dimana banyak orang berkumpul dan berlalu lalang. Misalnya area kampus, sekolahan, perkantoran, supermarket, mall, persimpangan jalan dan sebagainya.

Memilih franchisor sangatlah penting. Sebisa mungkin carilah franchisor yang memiliki aturan fleksibel. Dengan begitu, Anda dapat mengembangkan brand sendiri tanpa harus mentaati peraturan yang ditetapkan oleh franchisor.

Bagaimana Cara Agar Sukses Bisnis Waralaba Minuman Bubble Drink?

Walaupun bisnis Anda berjenis waralaba, namun setiap usaha pasti membutuhkan tips khusus agar berhasil berdiri. Anda tidak bisa diam saja tanpa melakukan strategi tertentu. Inilah kiat-kiat yang perlu dilakukan :

Perhatikan Pelayanan Kepada Pembeli

Pelayanan adalah salah satu aspek kesuksesan dalam sebuah usaha. Dalam hal ini adalah bisnis minuman bubble drink. Etika dan attitude ketika berjualan juga dibutuhkan, agar para konsumen merasa nyaman. Perhatikan apa saja request dan keinginan pembeli. Permintaan yang sesuai akan membuat mereka puas dan menambah kredibilitas usaha Anda.

Pelayanan ini juga termasuk penyajian minuman. Biasanya ada minuman yang disajikan berbeda dengan gambar di menu. Tentu hal ini akan membuat pembeli kecewa. Alangkah baiknya Anda bisa mengkreasikan tampilan minuman supaya lebih menarik.

Konsisten Menjalankan Usaha

Seorang pengusaha harus memiliki sikap yang konsisten demi menciptakan bisnis yang berkualitas. Konsisten dalam hal ini adalah tidak mudah berpindah haluan. Setiap bisnis pasti memiliki pasang surut, tak terkecuali franchise. Ketika suatu hari Anda mendapatkan pelanggan yang banyak dan di lain hari mengalami penurunan, maka jangan berputus asa.

Sebaiknya Anda fokus untuk memasang strategi baru guna menggaet konsumen di sekitar. Keluarkanlah ide-ide baru supaya masyarakat juga tidak mudah bosan. Bila Anda bisa mempertahankan sikap ini, maka lama-kelamaan bisnis akan berjalan dengan lancar.

Lakukan Promosi

Promosi menjadi jurus yang paling jitu untuk memasarkan produk. Cara yang paling tepat diterapkan di jaman modern ini adalah melalui sosial media. Hampir semua orang mengakses sosial media, sehingga Anda dapat memanfaatkannya dengan membuat sebuah akun. Cantumkan foto yang menarik dan sisipkan rincian variasi minuman bubble drink. Sesekali cantumkan diskon untuk menarik pelanggan yang lebih banyak.

Silahkan langsung praktekkan saja usaha waralaba bubble drink yang menjanjikan ini. Semua orang dapat mencobanya untuk menjajal bisnis dari bawah. Siapa tahu dengan usaha ini akan mengantarkan Anda pada kesuksesan di masa depan.

Rekomendasi bisnis minuman

Buat anda yang menjalankan usaha jual minuman bubuk dan pengen brand sendiri, maka gunakan jasa maklon minuman. PT. Lumbung Pangan Bogor siap menjadi partner bisnis anda untuk jadi supplier minuman kekinian kopi, susu, teh poci, coklat dan aneka rasa lain dalam bentuk bubuk kemasan sachet.

Tags: franchise minuman bubble murah

Telah diupdate pada Januari 4, 2019 oleh Perusahaan Maklon Minuman