
Sebagai pengusaha, tentunya Anda perlu melihat aspek apa saja yang harus dijalankan ketika memulai sebuah usaha, salah satunya usaha minuman serbuk taro. Aspek tersebut cukup penting untuk membantu menjalankan strategi bisnis dengan baik.
Lalu, apa saja aspek yang pelu Anda ketahui? Berikut penjelasannya.
Baca juga: Bagaimana Strategi Pemasaran Minuman Taro agar Laris Manis?
1. Aspek administrasi dan legalitas
Pertama, aspek legalitas dan administrasi. Anda perlu memutuskan badan usaha apa yang sesuai, apakah berbentuk PT, CV, UD, atau usaha personal. Setiap bentuknya memiliki kelebihan masing-masing dari segi permodalan, tanggung jawab, dan perpajakan. Misal PT lebih kuat secara modal, tapi memerlukan minimal 2 orang pendiri, proses lebih rumit, dan pajak lebih besar.
Jika memilih personal, Anda bisa menjalankan sendiri tanpa rekanan, tetapi permodalan dan aset terbatas karena bertumpu pada individu.
Setelah memilih badan usaha, Anda perlu mengurus perizinan NIB, TDP, SITU, SIUP dan lain-lain agar legal di mata hukum.
2. Aspek produksi
Kedua, aspek produksi. Anda bisa membangun pabrik sendiri atau menggunakan jasa maklon minuman serbuk. Contohnya maklon minuman serbuk Nutrisius yang bisa membantu Anda memproduksi minuman serbuk sekaligus membantu pengurusan legalitas.
Membangun sendiri tentu lebih bebas menentukan standar dan kapasitas produksi. Tetapi membutuhkan investasi mesin, tempat, dan rekrutmen banyak karyawan, dengan biaya yang banyak.
Maklon jauh lebih murah karena memanfaatkan pabrik jadi milik produsen lain, tetapi Anda terbatas kuota produksi dan tergantung aturan maklon. Pastikan lakukan survei ketat sebelum memilih pabrik maklon mana yang benar-benar kredibel dan konsisten kualitasnya.
3. Aspek pemasaran dan penjualan
Ketiga, aspek pemasaran yang merupakan faktor kunci suksesnya bisnis.
Targetkanlah segmen produk Anda ke kelas menengah urban yang suka mencoba hal baru. Pasarkan lewat platform digital seperti SEO, Google Ads, dan berkolaborasi dengan influencer agar bisa tertanam brand awareness.
Jalin kerjasama dengan e-commerce besar dan minimarket agar produk mudah dibeli konsumen. Usahakan desain kemasan yang menarik dan modern, tidak ketinggalan jaman.
4. Aspek SDM
Dalam menjalankan bisnis minuman serbuk taro, SDM merupakan salah satu aspek vital yang menentukan keberhasilan usaha. SDM yang kompeten dan dedicated sangat dibutuhkan mulai dari proses produksi hingga memasarkan produk.
Misalnya, pada bagian produksi SDM harus memiliki kemampuan untuk membuat formula dan mengawasi standar rasa sesuai ekspektasi pelanggan. Lalu ada staff quality control yang bertanggung jawab atas konsistensi kualitas bahan baku, proses pembuatan, hingga produk akhir. Pelatihan teknik produksi yang benar perlu dilakukan secara berkala agar karyawan terampil dan kualitas konsisten.
Di sisi pemasaran juga butuh SDM yang paham strategi digital marketing seperti teknik SEO, Google Ads, dan kampanye media sosial untuk melakukan strategi pemasaran. Begitu juga skill negosiasi distributor dan account manager minimarket agar produk laris di rak penjualan.
Jadi investasi untuk rekrutmen dan pelatihan talenta SDM yang andal sangat penting untuk menjamin kesuksesan operasional bisnis minuman serbuk ini. Kuncinya temukan SDM yang jujur, dan punya passion tinggi terhadap merek produk Anda.
5. Aspek keuangan
Terakhir, aspek yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan usaha adalah aspek keuangan.
Anda harus tahu bahwa aspek keuangan merupakan jantung utama yang menentukan sehat tidaknya suatu bisnis.
Hitung modal awal untuk produksi, sewa tempat, pembelian bahan baku, gaji pegawai, dan biaya tak terduga. Siapkan proyeksi pengeluaran dan pemasukan 5 tahun ke depan. Tentukan strategi penetapan harga, diskon, dan penerimaan kredit yang menguntungkan. Pembukuan keuangan harus rapi dan aman.
Perhatikan beberapa aspek tersebut sebelum Anda menjalankan bisnis, dengan begitu bisnis minuman serbuk taro bisa terlaksana dengan baik dan penuh pertimbangan.


