Bisnis Franchise Minuman Murah & Laris yang Lagi Hits

Franchise minuman terlaris di Indonesia dengan modal 1 juta rupiah itu ada gak sih? Jika ada, maka bagaimana ceritanya? Analisa untung rugi waralaba minuman dulu yuk.

Mungkin sebagian orang, termasuk anda, akan menganggapnya mustahil aka nada franchise minuman semurah itu. Tapi tidak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini. Bisa saja pemilih franchise memberikan subsidi di awal. Bisa jadi kan?

Franchise minuman murah seperti teh (poci tarik thai tea) susu coklat kopi terbaru terlaris modal 1-5 juta 2019 itu apa? Harga waralaba minuman murah karena segmen marketnya adalah untuk anak sekolah. Artis Indonesia pun ada yang mencoba perutungan bisnis aneka minuman atau makanan seperti bubble drink chocolate, alpukat, tebu, dll di Surabaya dan Bandung.

Jika kamu sedang mencari info peluang bisnis franchise minuman murah di bawah 5 juta dan laris di Indonesia, maka artikel ini pas buat kamu. Bisnis waralaba sangat mudah ditemukan di internet. Kamu cukup buka Google dan ketikkan franchise minuman terlaris, maka Google akan menampilkan website yang menyajikan informasi yang kamu cari.

Yuk simak penuturan lengkap dari pabrik maklon minuman.

Konten

Apa itu Bisnis Franchise Minuman?

Franchise Minuman Murah Terbaru Terlaris Modal Minim: Kopi Teh Susu

Bisnis franchise minuman adalah pilihan favorit bagi para pelaku usaha yang masih pemula. Jika kamu merupakan pendatang baru di dunia bisnis, maka tak ada salahnya menjajal bisnis dengan membeli franchise minuman.

Untuk analisa awal, kamu perlu melihat peluang usaha penjualan di daerah target. Coba perhatikan tempat orang ngumpul seperti pasar, sekolah, perkantoran, dan pabrik. Jika menurut kamu permintaan minuman cukup besar, maka bulakah usaha di tempat tersebut. Info buat kamu, binis minuman bisa dibilang tak ada matinya karena minum akan selalu menjadi kebutuhan pokok manusia.

Selalu perhatikan trend yang berkembang di masyarakat adalah kunci keberhasilan di bisnis minuman. Kamu perlu mengikuti tren bisnis franchise yang lagi ngehits atau bakal booming. Jika pilihan kamu tepat (jenis minuman, perusahaan franchise, dll), maka bisnis kamu bisa mendatangkan keuntungan yang tak sedikit. Keuntungan di sini bukan hanya dari sisi finansial (keuangan) semata, tetapi juga pengembangan skill, penguatan jaringan (supplier), dan lainnya.

Untuk membeli lisensi franchise minuman, anda perlu modal. Pilihlah harga franchise murah yg terjangkau budget namun produknya akan booming. Kamu bisa menelusur pendapat para ahli di internet atau media elektronik. Saat ini ada banyak franchise minuman yang modal pembeliannya tak sampai 5 juta. Dengan mengeluarkan sedikit modal, maka hal itu bisa menjadi peluang investasi masa depan.

Mengapa Memilih Bisnis Franchise Minuman?

franchise minuman terbaru dan terlaris
Gambar ilustrasi franchise minuman terbaru dan terlaris

Banyak pembeli

Franchise merupakan salah satu jenis bisnis yang mempunyai banyak peminat. Sebab, Anda tidak perlu repot-repot membangun brand dari awal. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pelatihan dasar dalam mengelola bisnis oleh pihak franchisor. Kesempatan ini sangat baik dimanfaatkan untuk belajar. Masalah peralatan dan bahan-bahan pun tak perlu dicemaskan, sebab sudah disediakan.

Life style

Lalu mengapa harus minuman? Hal ini dilihat dari gaya hidup masyarakat Indonesia di daerah perkotaan yang lebih suka membeli minuman dalam bentuk kemasan. Minuman seperti ini dianggap lebih praktis dan mampu memberikan cita rasa yang bervariasi. Proses pembuatan yang mudah juga menjadi nilai plus dalam usaha ini. Inilah mengapa bisnis minuman patut dilirik bagi Anda yang baru memulai bisnis.

Perbedaan Franchise dan Retail

peluang usaha franchise
Gambar ilustrasi peluang usaha franchise via bisniswaralaba.id

Memulai suatu bisnis memang membutuhkan pertimbangan-pertimbangan yang tidak sedikit. Anda harus bisa memperkirakan seberapa besar peluang usaha yang didapatkan. Berikut ini akan diuraikan keunggulan dan kekurangan dari usaha franchise maupun retail :

Kepemilikan Usaha dan Merek

Bila dilihat dari segi kepemilikan usahanya, franchise dan retail mempunyai perbedaan. Franchise memang kepemilikannya adalah pribadi, namun Anda akan terikat oleh merek (brand) tertentu sesuai pilihan. Hal ini menyebabkan Anda harus mengikuti peraturan dan kebijakan yang telah dibuat oleh pemegang hak paten brand. Anda memiliki pergerakan terbatas di sini, sehingga tidak bisa mengeksplor bisnis sesuai keinginan.

Berbeda dengan sistem franchise, usaha retail atau eceran cenderung menjadi kepemilikan pribadi yang tidak terikat oleh pihak manapun. Anda bisa membangun bisnis sesuai dengan keinginan. Bahkan semua peraturan dan kebijakan dapat dibuat sendiri. Jadi, Anda lebih bebas dalam menetapkan aspek-aspek yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha, termasuk merek di dalamnya.

Reputasi Brand/Merek

Poin yang kedua adalah dari sisi reputasi brand atau mereknya. Pada posisi ini, usaha dengan jenis franchise memiliki keunggulan lebih daripada retail. Sebab, bisnis franchise biasanya mengeluarkan produk yang brand-nya sudah dikenal oleh masyarakat.

Menurut Wikipedia, merek adalah nama yang mempunyai arti. Contohnya jika disebutkan kata aqua, maka akan terlintas minuman pegunungan atau air mineral.

Bila Anda memilih usaha franchise minuman bubuk yang sudah populer, maka otomatis masyarakat langsung percaya. Anda pun tidak perlu repot-repot mengenalkan brand baru dan melakukan promosi besar-besaran. Tapi hati-hati, bisa jadi usaha franchise menjadi bumerang ketika brand tersebut mempunyai kesan negatif di mata masyarakat. Hal ini akan berakibat pada kepercayaan masyarakat yang berkurang terhadap bisnis Anda.

Lain bila Anda memilih usaha retail yang dibangun sendiri. Tentu Anda membutuhkan usaha yang lebih dalam mengenalkan brand kepada masyarakat. Usaha ini pun sifatnya relatif. Maknanya, brand bisa mencapai reputasi baik dalam waktu yang singkat maupun lama bergantung bagaimana cara Anda menggencarkan proses promosi. Jika sukses, maka peluang usaha anda untuk memenangkan persaingan akan semakin besar

Modal yang Dibutuhkan

Bicara masalah modal, umumnya usaha franchise membutuhkan biaya yang lebih sedikit daripada retail. Namun tidak menutup kemungkinan kalau modal usaha retail  lebih kecil. Hal ini kembali lagi pada konsep yang Anda rencanakan. Sebelum memulai usaha, tentunya Anda sudah menyusun rencana ke depan bukan? Rencana tersebut bisa dijadikan sebagai acuan.

Misalnya ketika Anda ingin belajar memulai bisnis minuman bubuk dengan modal terbatas dan tidak ingin repot, maka franchise adalah pilihan tepat. Itu karena usaha ini sudah tersedia dalam bentuk paket. Sementara itu, usaha retail membutuhkan komponen yang lebih kompleks, sehingga modal yang dikeluarkan cenderung lebih besar. Akan tetapi, bila Anda memilih retail besar-besaran atau grosir, biayanya bisa ditekan.

Supplier atau Penyedia produk

Usaha franchise tidak dapat memilih supplier dengan bebas karena semua kebutuhannya telah disediakan oleh pihak franchisor. Yang harus dilakukan hanyalah menyetor modal, kemudian peralatan dan bahan baku mengikuti kebijakan franchisor. Meskipun Anda menemukan supplier yang dirasa menguntungkan, sayangnya kerja sama tak bisa diwujudkan.

Berbeda dengan usaha retail yang bebas memilih dan menentukan supplier sesuai keinginan. Kalau kebetulan supplier tersebut melakukan pelanggaran kerja sama dan merugikan usaha Anda, Anda pun dapat menggantinya dengan yang lain. Namun, Anda juga harus cerdas dalam memilih supplier yang dapat menyediakan kualitas terbaik terkait minuman bubuk. Pililhlah kualitas produk yang terbaik sehingga peluang usaha anda untuk sukses semakin besar.

Prosedur Operasional

Pada poin ini, usaha minuman bubuk secara franchise juga lebih unggul daripada retail. Itu karena franchisor telah menetapkan manajemen sistematis dan terstruktur. Misalnya adalah dari segi SOP (Standar Operasi Prosedur), jaringan antar supplier, sumber daya manusia, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda hanya tinggal mengikuti sesuai alur yang ada.

Sementara itu, usaha retail yang identik dengan usaha sendiri biasanya harus menyusun sistem dari awal. Contohnya adalah dalam hal mempromosikan brand minuman bubuk, apa saja varian rasanya, konsep penjualannya, dan masih banyak lagi. Segi positifnya, Anda bisa membuat aturan sendiri tanpa harus mengikuti kebijakan pihak lain.

Risiko Kerugian

Setiap usaha yang dijalankan pasti memiliki risiko. Tapi, dari dua jenis usaha minuman bubuk tersebut, risiko paling tinggi adalah usaha retail. Sebab, usaha retail yang masih dilakukan oleh pemula tidak memiliki cukup power seperti halnya franchise. Terlebih lagi usaha retail oleh pemula ini belum pernah dilakukan sebelumnya, sehingga Anda tidak mempunyai gambaran yang jelas mengenai perjalanan usaha di masa yang akan datang.

Tingkat Keuntungan yang diperoleh

Usaha retail dinilai memiliki keuntungan yang lebih besar dibandingkan franchise. Mengapa? Itu karena usaha tersebut tidak terikat oleh perjanjian dengan pihak manapun. Selain itu, Anda bisa mendapatkan laba bersih dari setiap produk minuman bubuk yang dijual. Kalau digabungkan dengan total unit terjual, tentunya keuntungan akan semakin banyak. Belum lagi kalau outletnya lebih dari satu.

Sebaliknya, dalam usaha franchise Anda terikat kontrak dan perjanjian dengan franchisor. Ada sejumlah fee yang harus dibayarkan kepada franchisor sebagai pemegang hak paten brand. Hal ini akan mengurangi keuntungan yang didapatkan.

peluang usaha retail
Gambar ilustrasi peluang usaha retail

Daftar Perbedaan Franchise dan Retail

Penjelasan di atas dapat diringkas dalam bentuk tabel perbedaan franchise dan retail berikut ini. Semoga tabel ini membantu anda memilih peluang usaha jualan minuman bubuk.

Pembeda
Franchise
Retail
Kepemilikan usaha dan merek
usaha milik sendiri, tapi merek punya franchisee. Bebas mengembangkan usaha, tapi terbatas pada merek
Usaha dan merek punya sendiri. Bebas mengembangkan merek dan usaha.
Kemudahan mengembangkan merk
Merk lebih populer, tidak perlu susah payah mengembangkan merek
Merek belum dikenal masyarakat sehingga perlu usaha ekstra untuk mengembangkannya
Besaran modal dalam skala yg sama
Lebih kecil modalnya, hanya perlu beli lisensi
Lebih besar modalnya karena perlu mendaftarkan merek
Penyediaan produk
Harus beli dari franchisee
Bebas beli dari supplier manapun
Prosedur operasional
Ditetapkan dan mengikuti SOP franchisee
Harus membuat SOP sendiri
Resiko kerugian
Jika mengikuti SOP, kerugian lebih kecil
Resiko rugi lebih besar karena perlu trial dan error sistem jualan
Tingkat keuntungan
Lebih kecil
Lebih besar

Bagaimana Peluang Bisnis Franchise Minuman Murah Tahun ini?

Sebelum kamu terjun dan menekuni bisnis franchise minuman, ada baiknya kamu mengenal peta persaingan dan peluang usaha di masa mendatang. Meskipun banyak orang mengatakan bahwa kesempatan bisnis waralaba minuman di masyarakat itu tinggi, kamu tetap perlu mengecek validitas informasi tersebut.

Peluang usaha dengan jual bubuk minuman di Indonesia dapat dimaksimalkan dengan strategi franchise dan retail. Kedua jenis strategi usaha tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua tergantung dari potensi dan keinginan Anda sebagai pelaku bisnis. Anda pun sebaiknya mencari tahu dan melakukan survey terlebih dahulu, agar bisa menentukan jenis bisnis mana yang akan dipilih.

Pertumbuhan franchise minuman

Dilansir dari laman bisnis.com (februari 2018), pertumbuhan bisnis waralaba minuman bisa naik 7%. Hal tersebut disampaikan oleh ketua umum Perhimpunan dan Lisensi Indindoesia, Ginting Supit. Jika dilihat dengan angka maka nominal omzet waralaba di tahun 2017 berkisar 200 triliun rupiah.

Sebagai konfirmasi, kamu pun dapat mengecek fakta di lingkungan sekitar kamu. Apakah makin banyak booth, gerai, kedai, outlet, maupun kafe?

Trend konsumen

Kecenderungan masyarakat kekinian yang menyukai instan, maka variasi minuman dan kemasannya pun kian beraneka ragam. Ragam tersebut bisa dilihat dari varian rasa, harga, cara penyajian yg berbeda, bentuk kemasan, warna dan lainya. Tujuan dari adanya varian minuman tersebut adalah untuk menarik minat pembeli.

Perlu kamu ketahui, bahwa konsumen jaman now sangat tertarik dengan inovasi yang up to date, walopun sebagian termasuk nyleneh. Para penjual dan produsen maklon minuman berlomba-lomba untuk menghasilkan produk minuman berkualitas terbaik dan unik. Beberapa diantaranya membuka franchise minuman murah.

Strategi bisnis

Jika anda punya modal, skill dan hasil analisa peluang bagus, maka kesempatan yang datang harus dimanfaatkan dengan baik. Bisa jadi market sudah jenuh karena pelaku bisnis di bidang itu sudah cukup banyak. Kamu perlus strategi untuk memenangkan persaingan.

Be different or be unique

Salah satu strategi yang kamu lakukan adalah menjadi berbeda atau unik. Jika kamu kreatif, maka kamu bisa menciptakan produk minuman kekinian yang kualitasnya tak kalah bersaing dengan yang sudah ada.

Be yourself

Kamu tak harus selalu mengikuti arus tren yang sedang berkembang. Coba ambil sudut pandang yang berbeda dan sesuai dengan style kamu. Misalnya, ketika minuman thai tea sedang populer, maka dengan kreatifitas kamu dapat membuat tren baru. Kamu bisa kombinasikan bahan baku yang berbeda-beda atau cara penyajian ke konsumen yg berbeda.

Memilih bisnis franchise minuman adalah salah satu pilihan tepat mulai bisnis. Dengan model bisnis franchise akan lebih memudahkan langkah kamu untuk membangun kerajaan bisnis.

Kapan Waktu Terbaik Memulai Bisnis Franchise Minuman?

Bicara masalah waktu untuk memulai bisnis, jawaban yang paling tepat adalah secepatnya. Tak ada gunanya Anda menunda-nunda terlalu lama. Justru hanya akan membuang kesempatan berharga dengan sia-sia. Mantapkan tujuan Anda dalam berbisnis. Siapkan rencana-rencana ke depan, agar Anda mendapatkan gambaran yang jelas dan mengetahui apa saja langkah yang akan diambil.

Apalagi bisnis ini masuk kategori kuliner. Semakin Anda mengulur waktu, maka peluang tersebut akan semakin hilang. Sebab, pasti ada pihak lain yang mempunyai ketertarikan dalam bidang sama sehingga Anda harus sigap dan berjalan dengan langkah yang cepat dan tepat.

Man jadda wajada. Setiap perbuatan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti ada jalannya, meskipun dengan modal yang terbatas. Jadi, Anda tak perlu khawatir untuk merintis bisnis dari dengan modal minim. Salah satu peluang usaha yang bisa dimanfaatkan adalah franchise minuman terbaik dengan harga termurah.

Pastinya, langkah awal memulai usaha tidaklah mudah. Anda perlu mencari franchisor yang benar-benar reputasinya bagus. Meskipun perusahaan franchisee menjual layanannya dengan budget minim, anda perlu memastikan bahwa perusahaan tersebut bukanlah abal-abal.

Pelajari reputasi franchisor tersebut. Tanyakan kepada pelanggan yang telah membeli layanan mereka. Lihat review dan testimony via internet. Ini penting untuk anda lakukan sebab berhubungan dengan masa depan bisnis anda. Tidak boleh disia-siakan ya peluang yang ada.

Di Mana Mencari Franchisor Minuman yang Terpercaya?

Franchise Minuman Murah Terbaru Terlaris Modal Minim: Kopi Teh Susu
Gambar ilustrasi Franchise Minuman Murah

Legalitas dan kredibilitas

Mencari franchisor yang dapat dipercaya merupakan salah satu langkah penting. Banyak ditemui kasus bahwa franchisor belum memiliki ijin dan legalitas produk, sehingga kredibilitasnya perlu dipertanyakan. Jangan sampai Anda terjebak dengan franchisor demikian. Sebab, bisa jadi brand tersebut kurang mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas.

Networking luas

Sebaiknya carilah dengan teliti dan hati-hati. Tanyakan kepada rekan Anda yang berpengalaman dalam bidang bisnis serupa. Rekan yang berpengalaman pasti mempunyai jaringan yang luas, sehingga dapat memberikan beberapa rekomendasi kepada Anda. Terutama yang sesuai dengan budget.

Perusahaan Franchisor Modal 1 Juta Rupiah

Tidak mudah untuk mendapatkan franchisor yang menerima modal sebesar 1 jutaan rupiah. Tapi hal ini bukan berarti tidak mungkin. Anda masih bisa kok menemukannya.

Haiyo

Sebut saja franchisor Haiyo. Haiyo adalah perusahaan minuman yang berfokus menggunakan bahan-bahan dari yoghurt. Inovasi serta kreasi sajian yoghurt menyehatkan dapat menjadi tren baru yang tak kalah unik. Apalagi perusahaan ini memberikan paket kemitraan dengan harga mulai dari 1,7 juta rupiah. Olahan lain berbasis susu adalah kefir.

Perusahaan minuman teh kopi coklat bubuk

Selain yoghurt, jenis minuman lain yang dapat Anda coba adalah aneka variasi thai tea, kopi, maupun coklat. Biasanya minuman-minuman tersebut dipadukan dengan berbagai toping yang semakin menambah kenikmatan. Tapi jangan lupa untuk mencari franchisor yang sesuai dengan kebutuhan Anda.               

franchise minuman dingin termurah terkenal terkini
Gambar ilustrasi franchise minuman dingin termurah terkenal terkini

Bagaimana Perhitungan Laba Franchise Minuman Modal 1 Jutaan?

Misalnya saja Anda membeli sebuah franchise minuman thai tea dengan modal 1,5 juta rupiah. Peralatan yang didapatkan adalah standing banner, blender dan seperangkat perlengkapan minuman. Ketentuan harga per gelasnya adalah 6 ribu rupiah.

Penghitungan perkiraan laba perlu dilakukan untuk mengukur kuantitas bisnis. Berikut analisa untung rugi bisnis waralaba minuman yang bisa kamu jadikan referensi.

Asumsi modal dan biaya

Anggaplah kamu bekerja sama dengan franchisor dengan modal 4,5 juta rupiah. Fee dan royalti yang harus diserahkan per bulannya adalah sebesar 10% dari pendapatan. Kemudian harga minuman per gelas adalah  8 ribu rupiah dengan rata-rata penjualan 50 gelas setiap hari. Sedangkan biaya produksi per gelas dapat dihitung kira – kira 3.500 rupiah. Biaya sewa tempat adalah 500 ribu rupiah.

  • Total pendapatan per bulan : 8 ribu x 50 gelas x 26 hari = 10,4 juta rupiah.
  • Biaya fee dan royalti : 10% x 10,4 juta = 1,04 juta rupiah.
  • Biaya produksi per gelas : 3.500 x 50 gelas x 26 hari = 4,55 juta rupiah.
  • Laba bersih per bulan : (total pendapatan – biaya fee dan royalti – biaya produksi – biaya sewa tempat = 10,4 juta – 1,04 juta – 4,55 juta – 500 ribu = 4,31 juta rupiah.

Perkiraan rincian BEP (Break Event Point) adalah sebagai berikut :

analisa untung rugi franchise minuman

Harga pokok penjualan (HPP)

Perlengkapan
Harga (dalam rupiah)
Set box
IDR 2,500
Topping
IDR 300
Sedotan (straw)
IDR 100
Tutup gelas
IDR 150
Es batu
IDR 250
Air putih
IDR 300
Total
IDR 3,600

Total biaya produksi per gelas adalah 3.600 rupiah. Sedangkan laba per gelasnya 6.000 – 3.600 = 2.400 rupiah.

Asumsi penjualan

Asumsikan penjualan per hari sebanyak 50 gelas selama 26 hari. Berarti laba per bulannya adalah 2.400 x 50 x 26 = 3.120.000. Sementara itu, biaya pengeluaran untuk tempat sewa sebesar 500 ribu rupiah.

Keuntungan

Dengan asumsi diatas, maka laba bersih per bulannya menjadi Rp 2.620.000.

Keuntungan yang didapatkan di atas belum termasuk dengan biaya pembuatan stand. Biasanya modal yang dibutuhkan akan lebih besar kalau Anda menggunakan stand. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa membuka bisnis franchise minuman dengan modal 1 juta sangat memungkinkan. Tapi semua kembali lagi disesuaikan dengan rencana dan konsep yang matang.

Kelebihan membeli franchise minuman

Brand atau merek

Topik yang cukup sensitif dalam dunia bisnis adalah masalah laba. Orang yang menjalani profesi bisnis biasanya ingin mendapatkan laba yang besar. Tapi, laba besar tidak bisa didapatkan secara instan, melainkan melalui proses dan usaha yang keras. Tak terkecuali dengan franchise.

Walaupun usaha franchise memiliki keunggulan dalam hal branding, bisnis dapat mengalami kenaikan maupun penurunan sewaktu-waktu. Dengan begitu, masalah laba juga harus diperhitungkan dengan jelas.

Kamu tak perlu memikirkan masalah brand. Pemilik franchise tentu lebih fokus membuat mereknya semakin berkibar. Semakin popular suatu brand, maka semakin positif image yang terbentuk. Tugas kamu hanya menjaga kualitas produk sehingga terbaik di mata konsumen. Dengan demikian, calon pembeli bisa komentar, “Produk ini enak banget. Ooo… ini mereknya”.

Alat dan bahan untuk jualan

Sebagian franchise mensuplai alat dan bahan untuk berjualan. Alat merupakan investasi dan bahan termasuk ke dalam biaya variabel. Karena pihak franchisor telah mempersiapkan semuanya, maka kamu akan sangat terbantu. Pastikan kamu membeli franchise minuman murah.

Standar operasional

Franchisee yang bagus tentu telah menyiapkan pelatihan bisnis untuk membesarkan mitranya. Misalnya saja manajemen karyawan, pengaturan order, prosedur pelayanan pelanggan. Yaa… tentunya sesuai dengan SOP yang telah mereka gunakan untuk mencapai kesuksesan.

Tips Menjalankan Bisnis Franchise

Kalau kamu sudah membulatkan tekad untuk membuka bisnis franchise minuman murah, maka ada tips-tips khusus yang perlu diperhatikan. Diantaranya seperti di bawah ini :

Tentukan Jenis Minuman Franchise

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan jenis minuman yang akan dijadikan bisnis. Sekarang ini banyak sekali pilihan minuman yang laku di pasaran. Kamu bisa melakukan survey kecil-kecilan terlebih dahulu untuk menentukan jenis minuman apa yang paling laris.

Beberapa jenis minuman yang booming adalah kopi, susu, dan teh. Varian kopi sendiri ada banyak, namun jenis kopi yang dominan di Indonesia adalah arabika dan robusta. Susu dan turunannya bisa jadi menarik. Contohnya adalah susu bubuk coklat, susu pasteurisasi, susu sachet, yoghurt, kefir, dll. Teh pun juga kian diminati karena varian rasa dan penyajian unik. Misalnya saja thai tea yang merupakan salah satu franchise minuman murah.

Pelajari Reputasi dari Franchisor

Mempelajari reputasi perusahaan franchisor merupakan langkah penting yang harus dilakukan. Coba telusur beberapa perusahaan untuk dibandingkan. Kamu bisa melihat reputasi berdasarkan usia perusahaan, jumlah pembeli, legalitas perusahaan, review dan testimoni pelanggan, dan cara perusahaan menangani pembelinya. 

Melalui internet, kamu bisa dapatkan pihak franchisee yang memberikan harga jual di bawah 5 juta rupiah. Kamu harus melihat dengan baik beberapa parameter diatas. Kemudian sortir franchisor yang menurut kamu potensial. Review dan testimoni bisa kamu cari dari supplier, karyawan penjualan, kesan pembeli dan kualitas produk (termasuk risiko yang mungkin ditimbulkan). 

Semua aspek dalam menilai franchisor yang rekomended perlu diteliti. Pasalnya, belakangan ini banyak brand waralaba yang muncul dan belum diketahui kredibilitasnya secara pasti. Jika kamu salah memilih perusahaan franchisor yg jual franchise minuman murah, maka kamu pun bisa mengalami kerugian. 

Jalin Kerja Sama yang Baik

Mitra yang baik dan terpercaya untuk diajak bekerjasama adalah modal terpenting. Ketika kamu sudah mendapatkan franchisor yang tepat dan sesuai kriteria, maka proses selanjutnya adalah menghubungi pihak franchisee tersebut. Tanyakan prosedur kerjasama, cara pembayaran dan tahapan untuk menjadi mitra. 

Kerjasama yang baik adalah kerjasama mendatangkan keuntungan bagi kedua belah pihak (mutualism relationship). Pihak franchisee mempunyai aturan dan kebijakan sendiri tentang brandnya. Supaya mendapatkan profit maksimal, maka kamu perlu mengaplikasikan SOP yang diberikan oleh pihak franchisor yg jual franchise minuman murah. 

Mungkin dalam waktu deal kamu mendapati hal yang kurang menyenangkan. Jika kamu kurang menyukai apa yang disampaikan oleh franchisor, maka carilah perusahaan lain. Jangan terlalu kaku (harus merek itu) dalam hal ini. Bersikaplah fleksibel. Sikap seperti ini berguna buat kamu untuk mengembangkan brand melalui inovasi bisnis sendiri, sehingga peluang bisnis kian terbuka lebar. 

Jangan Lupakan Promosi

Promosi termasuk proses penting di bagian akhir dalam sebuah bisnis. Walaupun anda menjalankan sistem franchise yang brand produknya sudah dikenal, namun ‘pemberitahuan’ tetap harus dilakukan. Kamu perlu memberitahukan kepada target market anda dimana lokasi gerai anda, berapa jam bukanya, produk apa saja yang anda jual, dan lain sebagainya. 

Cara yang tepat dalam pemasaran (promosi) akan membuat produk dikenali target pasar dengan cepat. Ada banyak saluran promosi yang bisa anda gunakan, namun medianya terbagi menjadi 2 yaitu online dan offline. Untuk saluran offline, kamu bisa membuat pamflet atau brosur kemudian menyebarkannya. Sedangkan dengan media online kamu bisa menggunakan sosial media, seperti facebook instagram dan twitter atau google. Kamu akan merasakan dampak besar, jika cara pemasaran kamu tepat. 

Berikan Pelayanan dan Kualitas Terbaik

Mungkin kamu menjual produk franchise minuman murah sudah banyak dijual oleh banyak pedagang. Jika dianggap saingan, maka pesaing kamu pun banyak jumlahnya. 

Lalu, bagaimana caranya produk tetap laku di tengah maraknya persaingan? Agar bisnis dapat berjalan dengan lancer, maka kamu perlu memberikan pelayanan dan kualitas terbaik. Sikap pengusaha yang positif menjadi ukuran pertumbuhan sebuah bisnis. Semakin kamu memberikan pelayanan optimal, maka semakin banyak konsumen yang membeli produk kamu.

Franchise atau waralaba adalah sebuah bisnis dengan sistem menyewa brand yang sudah dikenal masyarakat. Pihak yang memiliki hak paten brand disebut franchisor. Lalu apa sajakah yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini?

Niat Kuat atau Tekad

Hal pertama yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis adalah tekad atau niat kuat. Sebagian orang mengatakan dengan passion dan keberanian. Usaha franchise semakin banyak digandrungi masyarakat dan cocok sebagai permulaan bisnis, terutama bagi Anda yang masih awam namun tertarik untuk terjun ke dalamnya. Ketika Anda memiliki tekad yang kuat, maka langkah selanjutnya pasti akan lebih mudah, walaupun modal yang dimiliki tidaklah banyak.

Modal Finansial

Setiap bisnis yang dijalankan pasti membutuhkan modal. Entah itu modal dari segi moneter maupun non moneter. Dari segi moneter, tentu Anda harus menyediakan sejumlah uang. Bila saat ini dana yang dimiliki hanya sekitar 1 jutaan saja, janganlah putus asa. Anda tetap bisa membangun bisnis dalam bentuk franchise minuman. Bisnis ini sangat cocok diterapkan, melihat peluangnya yang cukup besar di kalangan anak muda Indonesia.

Riset Sederhana

Anda tidak bisa memulai bisnis begitu saja, tanpa adanya penelitian atau survey. Hal ini perlu dilakukan untuk melihat seberapa besar peluang yang dimiliki. Survey ini meliputi lokasi usaha, sasaran, jenis produk franchise minuman yang diminati, perkiraan laba dan sebagainya.

Pilihan Franchise Minuman Murah Terlaris

Ada beberapa referensi franchisor yang menyediakan paket di bawah 5 juta rupiah. Berikut informasi selengkapnya :

Moscoblend

Jika kamu tertarik dengan jenis minuman yang mengusung tema tentang berbagai varian thai tea, maka cobalah Moscoblend. Franchise ini sudah ada sejak tahun 2010 dan berhasil membuka sampai dengan 850 outlet di seluruh Indonesia. Modal yang kamu perlukan hanya sekitar 3 juta rupiah saja. 

Coklat Fantasy

Minuman rasa coklat memang menjadi favorit bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Coklat Fantasy adalah salah satu franchisor yang menyajikan minuman rasa coklat dengan beragam rasa. 

Franchise asal Solo ini sudah mempunyai gerai sebanyak 280 buah sejak tahun 2013. Bila tertarik, kamu cukup mengeluarkan modal 3 juta – 4,5 juta rupiah untuk mendapatkan paket booth dan peralatan lainnya. 

Moo-Moo Korean Milk

Minuman berikutnya adalah yang mengusung tema susu. Salah satu franchisornya adalah Moo-Moo Korean Milk dari Palembang. 

Bisnis ini sudah ada sejak tahun 2015 dengan total gerai 104 buah di berbagai kota di Indonesia. Modal yang diperlukan hanya sekitar 3,7 juta rupiah saja untuk mendapatkan semua bahan bakunya. 

Kesimpulan

Kesimpulannya, bisnis franchise minuman murah di bawah 5 juta rupiah ini sangat potensial. Terutama untuk para pemula. Siapapun bisa melakukan bisnis ini, mulai dari mahasiswa hingga ibu rumah tangga.

Jangan terlalu terburu-buru dan siapkanlah semua materi dengan matang. Untuk partner branding minuman bubuk merek sendiri, percayakan ke perusahaan maklon minuman, PT Lumbung Pangan Bogor.

Apakah Anda sudah bisa menentukan jenis bisnis mana yang akan dipilih? Bisnis minuman bubuk yang sedang tren ini memang menggiurkan. Namun Anda perlu memperhatikan faktor internal dan eksternal sebagai pertimbangan dalam menjalankan usaha. Apapun pilihan yang ditentukan, pastikan Anda telah memikirkannya dengan matang.

Buat anda yang sudah punya merek minuman dan kesulitan dalam pembuatan produknya, maka PT Lumbung Pangan Bogor membuka layanan jasa maklon minuman terbaik. Anda bisa menghubungi bagian marketing terlebih dulu untuk menanyakan prosedur, info produk dan harga terbaru. Ditunggu ya…

Apakah PT LPB Melayani jasa pembuatan produk untuk franchise atau waralaba?

Jika produk minuman tersebut berbentuk serbuk maka LPB bisa membuat produk sejenis itu. Namun demikian, LPB perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk membuat formulasi produk. LPB perlu memastikan bahwa komponen dalam formula tidak berefek samping pada kesehatan customer.

Apa yang dimaksud dengan jasa maklon minuman?

Jasa maklon minuman serbuk adalah jasa pembuatan minuman bubuk yang disediakan oleh pabrik minuman, PT Lumbung Pangan Bogor, untuk bisnis anda. Dengan jasa maklon minuman dari perusahaan, anda dapat membuat aneka produk minuman unik aneka rasa dari bahan herbal yang bisa disajikan panas atau dingin. Selanjutnya anda bisa menjual kembali produk minuman tersebut di seluruh wilayah Indonesia dengan merek anda sendiri. Anda berpotensi menguasai pasar karena merk anda yang pegang.

Berapa harga jasa maklon minuman di LPB?

Besaran harga maklon ditentukan oleh jumlah order, komposisi produk, perizinan yang digunakan, dan kesepakatan antara pembeli dan penjual. Harga yang ditawarkan adalah harga fix dan sudah termasuk PPN. Perlu diingat, harga yang ditawarkan adalah harga franco Bogor. Hubungi kami untuk mendapat penawaran harga dan biaya jasa maklon minuman terbaru.

Berapa biaya maklon minuman di LPB?

Biaya pengurusan MD dan halal adalah Rp 10 juta per nomor kecuali untuk kategori khusus akan dikenakan biaya uji lab tambahan sesuai dengan invoice dari laboratorium.

Berapa jumlah minimal order (MOQ) maklon minuman di LPB?

MOQ adalah 10.000 sachet (sepuluh ribu sachet)

Berapa lama proses produksi maklon minuman di LPB?

Waktu produksi terhitung sejak semua bahan siap adalah 4 hari kerja

Ada pertanyaan lain terkait maklon minuman?

Silakan konsultasi langsung by phone or wa di nomor 081318928004

5/5 - (38 votes)

Tinggalkan komentar