Bisnis

Potensi dan Strategi Bisnis Minuman Bubuk Coklat

Diterbitkan pada

Telah diupdate pada

Ditulis oleh Muslim

Disupervisi oleh Melawati, Purwanto

Potensi dan peluang bisnis minuman bubuk coklat masih sangat menjanjikan di Indonesia. Menurut laporan Zion Market Research (2023), permintaan global untuk minuman bubuk coklat diprediksi akan terus meningkat sebesar 8,84% pada periode 2022-2030. Ini merupakan peluang emas bagi para pengusaha atau calon pengusaha untuk turut meramaikan industri ini.

Masalahnya, persaingan di bisnis minuman bubuk coklat sangatlah ketat. Dibutuhkan strategi bisnis yang tepat dan matang untuk dapat bersaing dengan kompetitor. Tanpa persiapan yang matang, usaha minuman bubuk coklat bisa saja gagal di tengah persaingan yang ketat ini.

Sebagai pengusaha minuman bubuk coklat, Anda tidak boleh ragu untuk meraih peluang menjanjikan ini. Dengan mempersiapkan strategi yang tepat, seperti menghasilkan produk berkualitas tinggi dan memberikan pelayanan konsumen prima, usaha minuman bubuk coklat Anda pasti mampu bersaing dan sukses di pasaran.

Cara terbaik memulai usaha minuman bubuk coklat yang menguntungkan adalah dengan merencanakan strategi bisnis secara matang. Fokuslah pada produk berkualitas tinggi, layanan konsumen yang baik, dan inovasi produk agar usaha Anda unggul dibanding kompetitor lain. Dengan persiapan yang matang dan eksekusi strategi yang tepat, usaha minuman bubuk coklat Anda pasti dapat berkembang pesat.

Yuk, simak penjelasan kami sampai akhir di bawah ini.

Apa itu Minuman Bubuk Coklat?

minuman bubuk coklat

Minuman bubuk coklat adalah jenis minuman berbentuk bubuk yang terbuat dari biji kakao dengan/tanpa penambahan kakao massa, kakao lemak, dan dapat ditambahkan bahan pangan lain (JDIH Badan POM, 2019). 

Kandungan kakao yang terdapat di dalam minuman bubuk coklat harus lebih dari 20% dari berat keringnya.

Anda dapat menyajikan minuman bubuk ini dengan cara mencampurkan air panas, air dingin atau susu sesuai dengan selera.

Minuman bubuk coklat, menurut Rizky (2022), memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan suasana hati, membantu mempertajam ingatan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Potensi Bisnis Minuman Bubuk Coklat

Dikutip dari Zion Market Research (2023), permintaan pasar terhadap minuman bubuk coklat mengalami pertumbuhan dari 2,68 miliar dollar pada tahun 2022 menjadi 4,85 miliar dollar pada tahun 2030.

Dengan kata lain, pertumbuhan permintaan minuman bubuk coklat secara global akan terus meningkat setiap tahunnya dengan tingkat pertumbuhan 8,84%.

Anda dapat melihat grafik pertumbuhan pasar minuman bubuk coklat secara global pada gambar berikut.

Potensi dan Strategi Bisnis Minuman Bubuk Coklat 2

Faktor-faktor yang mendorong pertumbuhan pasar tersebut, seperti perubahan gaya hidup masyarakat yang menginginkan kemudahan dan banyak digunakan dalam makanan dan minuman olahan.

Baca juga   Tips Menemukan Pabrik Powder Minuman Terbaik untuk Maklon

Dengan begitu, bisnis minuman bubuk coklat memiliki prospek yang cerah kedepannya.

Minat bisnis minuman berbahan coklat? Yuk lihat jasa pembuatan minuman coklat dari kami.

Strategi Sukses Bisnis Minuman Bubuk Coklat

Menghasilkan produk berkualitas tinggi

Potensi dan Strategi Bisnis Minuman Bubuk Coklat 4

Pertama, strategi sukses bisnis minuman bubuk coklat adalah dengan menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Anda harus memastikan bahwa minuman bubuk coklat Anda memiliki rasa yang menarik, sehingga membuat konsumen puas dan setia. 

Untuk mencapai hal itu, maka Anda harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas tinggi dalam pembuatan minuman bubuk coklat, seperti coklat, susu dan gula.

Menurut Sitti & Yumas (2017), coklat yang berkualitas tinggi harus memiliki kandungan coklat pasta minimal 60%.

Selain itu, Anda harus mempertimbangkan untuk mengembangkan resep yang unik. Resep yang unik dapat membedakan produk Anda dengan pesaing. 

Misalnya, Anda dapat menambahkan rempah-rempah, kopi, atau buah-buahan untuk memberikan variasi rasa. 

Dengan begitu, Anda dapat menarik lebih banyak konsumen dan meningkatkan omzet bisnis Anda.

Membangun merek yang kuat

Potensi dan Strategi Bisnis Minuman Bubuk Coklat 6

Kedua, membangun merek yang kuat merupakan langkah penting yang harus Anda lakukan untuk sukses dalam berbisnis minuman bubuk coklat.

Perlu Anda ketahui bahwa merek yang kuat akan membantu Anda dalam meningkatkan penjualan produk, membedakan produk Anda dengan pesaing, dan meningkatkan reputasi bisnis Anda di pasar.

Merek suatu bisnis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Sanjaya, 2015).

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun merek yang kuat, antara lain:

No.
Hal yang Perlu Diperhatikan
Uraian
1.
Logo
Logo adalah simbol visual yang mewakili bisnis Anda. Logo yang Anda buat harus sesuai dengan produk dan target pasar Anda.Selain itu, logo tersebut juga harus mudah diingat, unik dan dapat digunakan di berbagai media, seperti kemasan, website, dan media sosial.
2.
Kemasan
Kemasan adalah cara Anda menyajikan produk Anda kepada konsumen. Kemasan minuman bubuk coklat Anda haruslah menarik, informatif, fungsional dan mencerminkan kualitas produk Anda.Selain itu, kemasan juga harus menunjukkan manfaat dan nilai tambahnya, dan memenuhi standar kesehatan serta keselamatan.
3.
Pesan merek
Pesan merek adalah cara Anda berkomunikasi dengan konsumen tentang siapa Anda, apa yang Anda tawarkan, dan mengapa konsumen harus memilih produk Anda. Pesan merek yang Anda buat haruslah konsisten, jelas, dan menarik. Disamping itu, pesan merek juga harus menyampaikan visi, misi, dan nilai-nilai bisnis Anda, serta menonjolkan keunggulan kompetitif dari bisnis Anda.

Menjalankan strategi pemasaran yang efektif

Potensi dan Strategi Bisnis Minuman Bubuk Coklat 8

Ketiga, strategi sukses bisnis minuman bubuk coklat adalah dengan menjalankan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian dan minat konsumen. 

Dilansir dari Firdaus (2017), strategi pemasaran yang diterapkan oleh suatu bisnis berpengaruh positif terhadap minat konsumen.

Baca juga   Apa itu Bubuk Cappucino? Asal-usul, Jenis, Review Merk & Harga

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjalankan strategi pemasaran yang efektif, antara lain:

Memanfaatkan Media sosial

Anda dapat memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter untuk melakukan strategi pemasaran yang efektif.

Dari ketiga platform tersebut, Instagram merupakan media sosial yang paling efektif untuk pemasaran dibandingkan Facebook dan Twitter (Hammas, 2020).

Melalui media sosial, Anda dapat berinteraksi dengan calon konsumen, membagikan konten menarik, maupun memberikan informasi tentang produk Anda. 

Selain itu, Anda juga dapat mengajak pengikut Anda untuk berbagi testimoni, foto, atau video tentang pengalaman mereka menggunakan produk Anda.

Menggunakan Iklan Online

Gunakanlah layanan iklan online seperti Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan sesuai dengan target pasar Anda. 

Menurut Yandi & Farida (2021), strategi pemasaran yang paling efektif dalam layanan iklan online adalah dengan menggunakan Google Ads dibandingkan Instagram Ads maupun Facebook Ads.

Dengan menggunakan iklan online, maka Anda dapat membuat iklan yang menarik, informatif, dan persuasif untuk mengundang orang untuk mencoba produk Anda. 

Selain itu, iklan online dapat membantu Anda dalam mengukur efektivitas iklan dengan melihat data seperti jumlah klik, tayangan, konversi, dan biaya per klik.

Mengirimkan Email Marketing

Anda dapat mengirimkan email kepada konsumen yang sudah pernah membeli produk Anda atau yang tertarik dengan produk Anda. 

Email marketing dapat Anda gunakan untuk memberikan informasi terbaru, penawaran khusus, diskon, atau hadiah kepada konsumen.

Selain itu, tentunya Anda juga dapat meminta konsumen untuk memberikan ulasan, saran, atau masukan tentang produk minuman bubuk coklat Anda.

Pengiriman email marketing kepada konsumen, menurut Anggi, berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Membuat Promosi Khusus

Buatlah promosi khusus untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Promosi khusus yang Anda tawarkan dapat berupa diskon, beli satu gratis satu, kupon, atau hadiah.

Menurut Repository Sekolah Bisnis IPB, 76% konsumen lebih menyukai diskon harga pada kegiatan promosi penjualan. 

Anda dapat menawarkan promosi khusus kepada konsumen setia, konsumen baru, atau konsumen potensial. 

Disamping itu, Anda juga dapat bekerja sama dengan mitra bisnis lainnya, seperti influencer untuk membuat promosi bersama atau saling menguntungkan.

Melakukan inovasi produk

Potensi dan Strategi Bisnis Minuman Bubuk Coklat 10

Keempat, strategi sukses bisnis minuman bubuk coklat adalah dengan melakukan inovasi produk. Inovasi produk yang dilakukan dapat meningkatkan daya saing dan loyalitas konsumen. 

Selain itu, inovasi produk yang dilakukan berpengaruh terhadap meningkatnya kinerja pemasaran (Wahyono, 2002).

Anda dapat melakukan Inovasi produk berupa pengembangan rasa, kemasan, atau manfaat kesehatan dari produk minuman bubuk coklat. 

Misalnya, Anda dapat menciptakan rasa-rasa unik seperti coklat mint, coklat jahe, atau coklat durian yang sesuai dengan selera pasar konsumen Indonesia. 

Baca juga   Silky Pudding & Bisnisnya: Analisa Usaha, Business Plan

Kemudian, Anda juga dapat membuat kemasan yang menarik, praktis, dan ramah lingkungan untuk memudahkan konsumen mengkonsumsi produk minuman bubuk coklat Anda. 

Selain itu, Anda dapat menambahkan bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti madu, kayu manis, atau ginseng ke dalam produk minuman bubuk coklat Anda. 

Dengan melakukan inovasi produk, maka Anda dapat memberikan nilai tambah kepada konsumen dan membedakan produk Anda dengan pesaing.

Memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen

Potensi dan Strategi Bisnis Minuman Bubuk Coklat 12

Terakhir, memberikan pelayanan konsumen yang baik merupakan langkah sukses dalam berbisnis minuman bubuk coklat yang dapat meningkatkan loyalitas dan kepuasan konsumen.

Selain itu, pelayanan konsumen, menurut penelitian (Caniago & Agung, 2022), memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen dengan nilai determinasi mencapai 55,3%.

Pelayanan konsumen yang baik tidak hanya menjawab pertanyaan dan keluhan konsumen, tetapi juga memberikan informasi yang bermanfaat, memberikan saran yang sesuai, dan menawarkan solusi yang efektif. 

Berikut adalah beberapa tips untuk memberikan pelayanan konsumen yang baik, yaitu:

  • Meluangkan waktu untuk konsumen dengan cara mendengarkan dan memahami kebutuhan dan keinginan mereka. 

Jangan memburu-buru atau mengganggu konsumen saat mereka berbicara. Tunjukkan empati dan hormat kepada konsumen Anda.

  • Tanggapi pertanyaan dan keluhan konsumen dengan cepat dan profesional. 

Anda tidak boleh untuk menunda-nunda atau mengabaikan konsumen. Berikan jawaban yang jelas, akurat, dan lengkap. 

Jika Anda tidak tahu jawabannya, maka Anda harus jujur dan beritahu konsumen bahwa Anda akan mencari tahu dan menghubungi mereka kembali.

  • Tawarkan solusi yang sesuai dengan masalah konsumen. Jangan pernah menyalahkan atau mengejek konsumen. 

Jika Anda membuat kesalahan, maka minta maaflah dan berjanji untuk memperbaikinya. Namun, jika Anda tidak bisa memenuhi permintaan konsumen, maka berikan alternatif yang dapat diterima oleh konsumen.

  • Berikan informasi yang bermanfaat tentang produk Anda

Anda dapat menjelaskan manfaat, fitur, dan cara penggunaan produk Anda dengan detail. 

Kemudian, berikan tips atau saran untuk meningkatkan pengalaman konsumen. Ajak konsumen untuk memberikan umpan balik atau testimoni.

  • Jadilah ramah, sopan, dan santun kepada konsumen. Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti dan sesuai dengan budaya konsumen. 

Hindari menggunakan kata-kata kasar, negatif, atau menyinggung. Kemudian, jangan melupakan ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada konsumen atas kepercayaan dan kesetiaannya.

Kesimpulan

Potensi dan Strategi Bisnis Minuman Bubuk Coklat 14

Bisnis minuman bubuk coklat memiliki potensi yang menjanjikan untuk dikembangkan. 

Hal itu didorong oleh berubahnya gaya hidup masyarakat yang serba cepat dan praktis serta meningkatnya penggunaan minuman bubuk coklat dalam makanan dan minuman olahan.

Untuk memanfaatkan potensi tersebut dan meraih kesuksesan dalam bisnis ini, maka Anda memerlukan beberapa strategi yang tepat. 

Berikut beberapa strategi sukses dalam berbisnis minuman bubuk coklat, yaitu:

  • Menghasilkan produk berkualitas tinggi
  • Membangun merek yang kuat
  • Menjalankan strategi pemasaran yang efektif
  • Melakukan inovasi produk
  • Memberikan pelayanan konsumen yang memuaskan.

Dengan strategi-strategi tersebut, maka bisnis minuman bubuk coklat Anda meraih kesuksesan dan bersaing dengan pesaing lainnya di industri makanan dan minuman.

Sekarang Anda sudah mengetahui tentang minuman bubuk coklat. Selanjutnya, cari tahu juga tentang minuman bubuk green tea latte.

post

Sebagai alumni Politeknik Negeri Jember, Muslim mencurahkan pengetahuan dan keterampilan yang kuat ke dalam setiap tulisannya. Sebagai kontributor dan penulis konten, dia menulis konten dengan teliti serta menyajikan data, fakta, dan sumber informasi yang relevan.

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk konsultasi produk dan informasi penawaran harga maklon terbaru