fbpx

Rekomendasi Minuman Collagen di Alfamart dan Cara Optimasinya Sebagai Pebisnis

Rekomendasi Minuman Collagen di Alfamart dan Cara Optimasinya Sebagai Pebisnis 1

Bisnis minuman collagen sedang mengalami pertumbuhan yang pesat di Indonesia.  Hal itu mengakibatkan munculnya pesaing-pesaing baru dalam bisnis ini. Sebagai pebisnis,  situasi seperti ini dapat menjadi tantangan yang harus Anda hadapi.

Salah satunya banyak ditemukan minuman collagen di Alfamart yang dijual dengan harga bervariasi serta berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Lalu, apa merek atau brand minuman bercollagen yang bisa Anda temukan di Alfamart dan bagaimana cara mengoptimasinya sebagai seorang pebisnis.

Baca juga: 10 Rekomendasi Produk Minuman Collagen Terbaik Untuk Kesehatan Kulit

Rekomendasi Minuman Collagen di Alfamart

1. Hemaviton C1000 + Collagen Orange

Rekomendasi Minuman Collagen di Alfamart dan Cara Optimasinya Sebagai Pebisnis 3

Minuman collagen yang pertama bisa Anda beli di Alfamart adalah Hemaviton C1000 + Collagen Orange.

Suplemen multivitamin ini mengandung vitamin C 1000 miligram yang baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa manfaat diantaranya seperti mengobati dan mencegah kekurangan vitamin C, dan juga berguna sebagai antioksidan yang berguna meredam radikal bebas.

2. Jele Collagen

Rekomendasi Minuman Collagen di Alfamart dan Cara Optimasinya Sebagai Pebisnis 5

Kandungan utama dari minuman collagen ini adalah mengandung kolagen ikan, ekstrak anggur 10 persen, esktrak lemin, dan vitamin C dengan kadar 0,00056 persen.

Walaupun kandungannya menyehatkan, akan tetapi produk ini mengandung pemanis buatan. Oleh karena itu tidak disarankan dikonsumsi oleh anak-anak dibawah umur dan ibu hamil serta menyusui.

3. Lactosy Milk Collagen

Rekomendasi Minuman Collagen di Alfamart dan Cara Optimasinya Sebagai Pebisnis 7

Minuman collagen di Alfamart selanjutnya yang bisa Anda dapatkan adalah Lactasoy Milk Collagen. Lactasoy milk adalah produk susu kedelai yang diperkaya dengan 8 macam vitamin dna kandungan mineral.

4. Nutriville Collagen & Vitamin C Drink

Rekomendasi Minuman Collagen di Alfamart dan Cara Optimasinya Sebagai Pebisnis 9

Collagen drink ini memiliki cita rasa buah yang menyegarkan dan dilengkapi dengan collagen serta vitamin C.

Minuman ini memiliki 2 varian rasa buah yang sergar dan enak yaitu lycee dan grape.

Bagaimana Agar Penjualan Minuman Collagen di Alfamart Meningkat?

1. Memahami produk minuman collagen dengan baik

Langkah awal dalam strategi mengoptimalkan penjualan adalah mempelajari dan memahami produk secara mendalam. Anda harus mengetahui apa saja manfaat, jenis, merek, dan komposisi minuman collagen yang Anda jual. 

Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang produk, maka Anda dapat menjawab segala pertanyaan dari konsumen dan memberikan informasi yang tepat.

Contoh Studi Kasus Pemahaman Mendalam tentang Produk

Anda menjalankan bisnis minuman collagen dengan merek VitaSkin. 

Anda mengetahui bahwa produk VitaSkin menawarkan beberapa manfaat, seperti meningkatkan kesehatan kulit, sendi, dan mencegah penuaan dini. Hal ini karena brand VitaSkin terbuat dari komposisi bahan-bahan yang berkualitas, antara lain:

  • Collagen ikan
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Glutathione
  • Alga hijau

Oleh sebab itu, Anda dapat menjelaskan produk Anda dengan tepat sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh konsumen.

Misalnya, jika konsumen mengeluh nyeri sendi, maka Anda bisa menjelaskan bahwa collagen jenis ikan yang terdapat di dalam produk dengan merek VitaSkin Anda dapat memperkuat jaringan sendi dan mengurangi nyeri. 

Begitu juga sebaliknya, jika konsumen menginginkan kulit yang cerah dan sehat, maka Anda bisa menjelaskan bahwa vitamin dan glutathione yang terkandung di dalam produk minuman collagen Anda dapat membantu mencerahkan kulit dan melindungi dari radikal bebas.

Dengan demikian, konsumen merasa Anda memahami kebutuhannya dan mampu memberikan solusi yang tepat. Mereka akan percaya pada produk minuman collagen dengan merek VitaSkin milik Anda.

2. Menempatkan produk minuman collagen pada lokasi yang tepat

Rekomendasi Minuman Collagen di Alfamart dan Cara Optimasinya Sebagai Pebisnis 11

Selanjutnya, faktor penting dalam langkah mengoptimalkan penjualan adalah menentukan lokasi penempatan produk yang tepat. 

Penempatan produk pada lokasi yang tepat sangat berpengaruh dalam penjualan minuman collagen di Alfamart, karena lokasi yang sesuai dapat meningkatkan daya tarik dan peluang impulsi pembelian.

Berdasarkan contoh denah di atas, maka beberapa rekomendasi lokasi penempatan produk terbaik adalah di:

Area kasir: area ini sangat strategis untuk menawarkan produk minuman collagen kepada konsumen. saat konsumen hendak membayar, mereka akan melihat dan tertarik untuk membeli produk tersebut. 

Dengan menempatkan produk minuman collagen di area kasir yang mudah dijangkau, maka penjualan dan awareness produk dapat meningkat.

Rak minuman dingin: dengan menempatkan produk minuman collagen di rak minuman dingin, maka produk minuman ini akan terlihat berbeda dan lebih menarik daripada produk minuman lainnya. Konsumen akan melihat kemasan minuman collagen yang eye-catching dan menggugah selera

Dekat rak produk perawatan tubuh/kesehatan: lokasi ini sesuai untuk menjangkau konsumen yang memperhatikan kesehatan dan kecantikannya. 

Konsumen akan merasa ada hubungan antara minuman collagen dan produk perawatan kulit dan kesehatan lainnya yang mereka gunakan.

Dengan memanfaatkan lokasi-lokasi strategis ini secara baik, maka peluang Anda untuk mengoptimalkan penjualan minuman collagen di Alfamart akan semakin besar.

3. Menerapkan visual merchandising yang menarik

Tidak hanya soal produk yang bermanfaat, tetapi cara Anda mempresentasikannya juga akan menambah daya tarik minuman collagen di rak toko. 

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan visual merchandising, yaitu proses menyajikan atau menampilkan produk dengan cara membuatnya menarik dan diinginkan oleh konsumen secara visual. 

Visual merchandising yang baik harus mempertimbangkan warna, bentuk, atau gambar yang sesuai dengan tema dan manfaat minuman collagen. 

Dengan visual merchandising, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan, seperti meningkatkan citra merek dan produk di mata konsumen serta membuat produk lebih mudah ditemukan dan diingat oleh konsumen.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tarik visual merchandising, yaitu

1. Menggunakan Warna yang Menarik dan Konsisten

Anda dapat meningkatkan daya tarik visual merchandising produk anda dengan menggunakan warna yang menarik dan konsisten sesuai dengan positioning merek produk. 

Kemasan produk yang cerah dan mencolok serta harmonisasi warna yang baik akan lebih mudah menarik perhatian konsumen.

Misalnya, warna pink lembut dan putih bersih untuk minuman collagen yang berhubungan dengan kecantikan dan kesehatan.

2. Menambahkan Elemen-Elemen Visual

Selanjutnya, Anda dapat menerapkan teknik visual yang merangsang indra pengguna dengan cara menambahkan unsur-unsur visual yang sesuai. 

Teknik tersebut dapat membantu Anda menampilkan keunggulan produk Anda dan membedakannya dari pesaing.

Contohnya, Produk Anda akan lebih menarik jika ditata rapi dan dilengkapi dengan poster yang menjelaskan manfaat collagen. Konsumen akan lebih mudah mengerti nilai produk Anda

3. Menyajikan Fakta yang Menarik dan Ringkas

Berikutnya, Anda dapat menyajikan fakta yang menarik dan ringkas tentang produk minuman collagen Anda. 

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menonjolkan keunggulan khusus yang hanya dimiliki produk Anda, seperti formulasi yang unik dan bahan-bahan alami pada minuman collagen.

Maka, Anda dapat menampilkan informasi ini dalam visual merchandising yang menarik dan informatif, sehingga konsumen akan memiliki alasan kuat untuk memilih produk Anda.

4. Memperhatikan Pencahayaan

Terakhir, faktor yang dapat meningkatkan daya tarik visual merchandising adalah pencahayaan. Pencahayaan yang baik dapat menonjolkan produk secara efektif dan membuatnya terlihat lebih menarik. 

Anda harus memastikan bahwa produk minuman collagen mendapat pencahayaan yang sesuai dengan karakteristiknya, sehingga dapat menarik perhatian pelanggan. Hindarilah pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu gelap, karena dapat mengurangi kualitas produk.

Misalnya, produk minuman collagen Anda berwarna pink dan putih. Untuk menonjolkan kesan kecantikan dan kesehatan, gunakan lampu hangat yang menciptakan pencahayaan lembut dan alami.

4. Memberikan harga promo atau diskon khusus

Strategi yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan penjualan minuman collagen di Alfamart adalah penawaran dan diskon khusus.

Penawaran dan diskon khusus dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk dan membuat produk Anda terlihat lebih bersaing di pasar. 

Ada beberapa jenis penawaran dan diskon khusus yang dapat Anda gunakan untuk produk minuman collagen, seperti:

  • Potongan harga: Diskon yang diberikan dengan cara mengurangi harga jual produk dari harga normal, seperti diskon 20%, diskon 50 ribu rupiah, diskon hingga 70%. Sebagai contoh, Anda menjual produk minuman collagen dengan diskon 20% dari harga normal Rp100.000 menjadi hanya Rp80.000.
  • Beli Satu dapat Satu (Buy One Get One): Strategi ini memberikan keuntungan untuk konsumen dengan menawarkan satu produk gratis setiap pembelian satu produk. Buy One Get One dapat meningkatkan minat beli konsumen dan memberikan kesan bahwa mereka mendapatkan nilai lebih dari produk tersebut. Contoh penerapannya, saat konsumen membeli satu botol minuman collagen, maka konsumen akan mendapatkan satu botol lagi secara gratis.
  • Bonus barang: Pemberian diskon yang dilakukan dengan cara memberikan barang tambahan secara gratis atau dengan harga lebih murah apabila membeli produk tertentu, seperti beli 2 gratis 1, beli 3 dapat 4, dan membeli minuman collagen dapat krim pelembab wajah. Misalnya, jika konsumen membeli dua botol minuman collagen, maka konsumen akan mendapatkan satu botol minuman collagen lagi secara gratis.
  • Diskon jumlah pembelian: Memberikan harga khusus untuk pembelian dalam jumlah tertentu dapat merangsang konsumen untuk membeli lebih banyak, seperti Anda memberikan harga lebih murah jika konsumen membeli tiga atau lebih produk minuman collagen dalam satu transaksi. Contoh pengaplikasiannya, ketika konsumen membeli tiga botol minuman collagen seharga Rp300.000, maka konsumen akan mendapatkan harga spesial sebesar Rp250.000.
  • Pemberian kupon: Diskon yang diberikan dengan cara memberikan kertas atau kartu yang dapat ditukarkan dengan produk tertentu atau potongan harga pada pembelian selanjutnya, seperti kupon belanja 100 ribu rupiah, kupon diskon Rp50.000 dan kupon diskon 20%. Misalnya, setiap pembelian produk minuman collagen senilai Rp 200.000 akan mendapatkan kupon diskon sebesar Rp 50.000 untuk pembelian berikutnya.
  • Paket kombinasi: Penawaran yang dilakukan dengan cara menggabungkan produk minuman collagen dengan produk lain yang sesuai dengan harga istimewa, seperti produk perawatan kulit atau suplemen lainnya. Cara ini dapat menambah nilai transaksi dan memberikan alternatif yang lebih menarik untuk konsumen. Contoh pelaksanaannya, saat konsumen membeli paket minuman collagen dan krim wajah seharga Rp150.000, maka konsumen akan menghemat Rp50.000 dari harga normal yaitu Rp200.000.
  • Program keanggotaan atau langganan: Menyediakan program keanggotaan atau langganan yang memberikan akses eksklusif terhadap diskon dan penawaran spesial untuk produk minuman collagen. Hal itu bisa membangun loyalitas konsumen secara jangka panjang. Sebagai contoh, ketika konsumen mendaftar sebagai anggota, maka konsumen akan menikmati diskon 10% setiap pembelian produk minuman collagen.

Untuk mengoptimalkan penjualan dengan penawaran dan diskon khusus, maka Anda harus memahami kebutuhan dan keinginan konsumen serta mengikuti tren pasar. 

Anda juga harus menyampaikan promosi dengan efektif melalui berbagai media, seperti tampilan produk di Alfamart, media sosial, dan situs web Anda. 

Dengan menggabungkan strategi ini, maka Anda dapat mempengaruhi minat konsumen dan mendorong pembelian yang lebih besar, sehingga dapat mengoptimalkan penjualan terus menerus.

5. Memberikan edukasi bermanfaat kepada konsumen tentang minuman collagen

Langkah kelima untuk mengoptimalkan penjualan minuman collagen di Alfamart adalah dengan memberikan edukasi yang bermanfaat kepada konsumen. Anda dapat menggunakan materi promosi, brosur, atau video singkat untuk mengedukasi konsumen.

Salah satu contohnya, Anda dapat memberikan informasi secara jelas dan menarik tentang manfaat produk minuman collagen Anda. 

Hal itu dapat membantu Anda untuk meningkatkan kesadaran konsumen tentang pentingnya mengkonsumsi minuman collagen dan mempererat hubungan antara produk Anda dan kebutuhan konsumen.

Dibawah ada beberapa ide topik yang dapat Anda gunakan untuk edukasi kepada konsumen, yaitu:

Ide Topik Edukasi
Deskripsi
Media
Menjelaskan Kandungan dan Proses Pembuatan
Anda bisa menjelaskan dengan lebih detail dan menarik tentang bahan-bahan alami dan proses produksi yang membuat produk minuman collagen Anda lebih unggul dan aman. Misalnya, Anda membuat produk minuman collagen dengan bahan-bahan alami, seperti daging ikan, sayuran, buah-buahan, vitamin A dan vitamin C. Bahan-bahan tersebut diproses dengan teknologi yang canggih, modern, hiegenis, dan terbaru, sehingga menjamin kualitas dan keamanan produk. 
Brosur dan video animasi
Cara Konsumsi yang Optimal
Berikan panduan yang jelas dan mudah dipahami tentang kapan dan bagaimana produk minuman collagen Anda sebaiknya dikonsumsi. Misalnya, untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda menyarankan untuk mengkonsumsi produk minuman collagen tersebut setiap pagi dengan perut kosong. Hal itu karena dapat membantu penyerapan collagen ke dalam tubuh dan memberikan manfaat maksimal untuk kulit dan kesehatan.
Website dan video tutorial
Testimoni Konsumen dan Bukti Nyata
Bagikan testimoni konsumen yang positif dan bisa dipercaya dengan menyertakan bukti nyata yang menunjukkan perubahan kulit setelah mengkonsumsi produk minuman collagen Anda.Sebagai contoh, Anda bisa menceritakan kisah Ibu Rina yang merupakan seorang ibu rumah tangga berusia 40 tahun yang berhasil mengatasi masalah kulitnya dengan minum collagen Anda secara teratur selama 3 bulan. Hasilnya, kulitnya menjadi lebih kencang, cerah, dan bersih tanpa keriput dan flek hitam. Kemudian, Anda bisa menunjukkan bukti nyata dari perubahan kulit Ibu Rina dengan menyertakan foto sebelum dan sesudah penggunaannya.
Sosial media dan pamflet
Bandingkan dengan Produk Serupa milik pesaing
Anda dapat membandingkan keunggulan produk minuman collagen Anda dengan produk serupa di pasaran dengan menekankan kelebihan yang dimiliki oleh produk Anda.Misalnya, produk minuman collagen Anda memiliki formula unik yang mengandung bahan-bahan alami, seperti madu, vitamin C, ekstrak buah dan sayur. Bahan-bahan tersebut tidak hanya membantu meningkatkan produksi collagen di dalam tubuh, tetapi juga memberikan nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.Sementara, produk lain mungkin hanya mengandung collagen tanpa bahan tambahan lain yang bermanfaat untuk tubuh.
Brosur dan web

6. Memberikan sampel gratis kepada konsumen

Pemberian sampel gratis kepada konsumen secara langsung merupakan salah satu strategi untuk mengoptimalkan penjualan produk minuman collagen di Alfamart. 

Penerapan metode ini dapat menunjukkan kualitas dan manfaat produk Anda secara nyata dan menghilangkan keraguan konsumen. 

Anda juga bisa membuat kesempatan baru untuk menumbuhkan minat konsumen terhadap produk Anda.

7. Melakukan kolaborasi dengan influencer media sosial

Untuk mengoptimalkan penjualan minuman collagen di alfamart, maka Anda bisa berkolaborasi dengan influencer di media sosial atau industri kecantikan dan kesehatan. 

Tentunya, Anda harus memilih influencer yang memiliki banyak pengikut atau ahli di bidang kecantikan dan kesehatan. Influencer yang ahli dan terpercaya tersebut dapat membantu mempromosikan produk Anda dengan konten yang menarik dan persuasif. 

Namun, sebelum bekerja sama dengan influencer, Anda harus memastikan dan mempertimbangkan beberapa faktor penting, yaitu:

Sesuaikan dengan Target Market

Pilihlah influencer yang memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar Anda. 

Misalnya, jika produk Anda berfokus pada kesehatan dan kecantikan, maka carilah influencer yang membuat konten seputar topik tersebut. Hal itu akan meningkatkan kesesuaian dan efektivitas terhadap pesan Anda.

Lakukan Riset Terhadap Reputasi Influencer

Sebelum bekerja sama dengan influencer, Anda perlu melakukan riset secara mendalam tentang konten, gaya, nilai-nilai, dan reputasinya di mata audiens. 

Pastikanlah bahwa influencer tidak terlibat dalam kontroversi atau skandal yang bisa merusak citra merek Anda.

Konsistensi dengan merek Anda

Carilah influencer yang memiliki citra dan nilai-nilai yang sesuai dengan merek dan produk minuman collagen Anda. 

Anda harus menghindari influencer yang sering berganti-ganti produk atau merek yang dipromosikan. Kondisi itu akan membantu membangun kepercayaan dan keloyalan dari konsumen.

Jalin Komunikasi yang Baik dengan Influencer

Komunikasikan dengan jelas tujuan promosi, pesan yang ingin disampaikan, dan cara menggabungkan produk ke dalam konten influencer. 

Jangan lupa untuk ikut serta dalam memberikan feedback dan apresiasi atas kerja sama. Tentunya, situasi tersebut dapat meningkatkan kualitas dan kepuasan dalam kerja sama.

Keterlibatan dan Aktivitas Audiens

Perlu Anda ingat bahwa jangan hanya melihat jumlah pengikut influencer sebagai ukuran keberhasilan promosi. 

Anda juga harus memperhatikan keterlibatan (engagement) dari audiensi, seperti jumlah komentar dan likes di postingan terkait. 

Jumlah komentar dan likes dapat menunjukkan seberapa besar minat dan antusiasme konsumen terhadap produk Anda.

Itulah beberapa minuman collagen di Alfamart yang bisa Anda jumpai dan terapkan cara optimasi bisnisnya.

Artikel Lainnya

Ada Pertanyaan? 

Jika ada yang kurang jelas tentang cara maklon di perusahaan kami, maka silakan hubungi kami atau kunjungi pabrik kami di Bogor (Google Maps).