Bisnis

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand

Purwanto

Bisnis minuman collagen sedang booming belakangan ini, karena minuman ini memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

Bila anda sedang mencari peluang bisnis yang menjanjikan, maka anda bisa menjajaki potensi bisnis minuman kolagen.

Dengan menjual minuman collagen, Anda dapat membantu konsumen untuk memperbaiki  penampilan mereka. Selain itu, bila dipadukan dengan bahan lain berkhasiat obat, maka anda bisa membantu menjaga kesehatan konsumen anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa aspek bisnis minuman collagen, seperti segmen pasar, brand minuman yang ada di pasaran, macam-macam manfaat minuman kolagen yang bisa anda tawarkan kepada konsumen.

Selain itu, anda dapat mempelajari beberapa efek samping yang mungkin muncul saat konsumen anda mengkonsumsi minuman kecantikan/kesehatan ini.

Yuk, dapatkan inspirasi bisnis minuman collagen yang sukses dengan membaca artikel ini hingga tuntas.

Apa itu Minuman Collagen?

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 1

Credit Image

Minuman collagen adalah jenis minuman yang mengandung kolagen (protein utama yang terdapat dalam tubuh). Anda bisa menjumpai kolagen pada struktur jaringan ikat, seperti kulit, tulang, tendon, dan sendi.

Beberapa orang rutin mengkonsumsi minuman kolagen untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit mereka.

Pasalnya, kadar dan tingkat produksi kolagen dalam tubuh menurun secara alami, seiring bertambahnya usia. Penurunan tersebut menyebabkan munculnya kerutan, kekeringan kulit, dan kehilangan kekencangan (elastisitas).

Itulah mengapa minuman collagen menjadi populer di Indonesia, terutama wanita. Mereka yakin bahwa minuman collagen dapat membantu mengganti kolagen yang hilang dan menjaga kecantikan kulit.

Meskipun kandungan utama minuman kecantikan tersebut adalah collagen, namun ke dalam formula minuman ini ditambahkan ingredient lain, seperti vitamin C, vitamin E, dan L-Glutathione.

Kini anda telah tahu gambaran ringkas tentang apa itu minuman collagen. Selanjutnya, yuk kita ketahui segmen pasar minuman collagen di Indonesia.

Segmen Pasar Minuman Collagen di Indonesia

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 3

Credit Image

Agar produk anda tepat minuman collagen anda tepat sasaran, maka anda perlu memahami segmen pasar di Indonesia. Secara umum ada 4 jenis segmen market yang didasarkan pada label tertentu seperti demografi, geografi, psikografi dan perilaku.

Berikut penjelasannya.

Segmen pasar berdasar demografi

Segmen market demografi adalah pembagian pasar berdasarkan karakteristik demografi seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, dan status perkawinan.

Dalam konteks bisnis minuman collagen, beberapa segmen demografi yang relevan adalah:

  • Usia: Minuman collagen dapat menarik perhatian segmen pasar yang lebih tua, terutama mereka yang berusia 30 tahun ke atas, karena mereka mungkin mengalami penurunan produksi kolagen secara alami. Menurut hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2022, sebanyak 68,82 juta jiwa penduduk Indonesia masuk kategori remaja (30+ sd 55). Hal ini menunjukkan bahwa remaja merupakan segmen pasar potensial, dengan porsi sebesar 24% dari total penduduk. 
  • Jenis Kelamin: Baik pria maupun wanita dapat menjadi konsumen minuman collagen, tetapi wanita cenderung lebih tertarik pada produk-produk perawatan kulit dan kecantikan.
  • Pendapatan: Minuman collagen dapat menarik segmen pasar dengan pendapatan menengah hingga tinggi, karena harga produk ini cenderung lebih tinggi dibandingkan minuman biasa.
  • Pendidikan dan Pekerjaan: Segmen pasar dengan tingkat pendidikan dan pekerjaan yang lebih tinggi mungkin lebih sadar akan manfaat minuman collagen untuk kesehatan dan kecantikan.

Segmen market berdasarkan geografi

Segmen geografik membagi pasar berdasarkan lokasi geografis seperti negara, wilayah, atau kota. Dalam hal minuman collagen, segmen geografis dapat mempertimbangkan faktor-faktor seperti iklim, preferensi lokal, dan ketersediaan produk.

Misalnya, di daerah dengan iklim tropis yang cenderung panas, minuman collagen yang menyegarkan dan memiliki rasa buah-buahan segar mungkin lebih populer. Sedangkan di daerah dengan iklim sejuk, minuman collagen hangat atau beraroma teh bisa menjadi pilihan yang menarik.

Segmen market berdasarkan Psikografi

Segmen psikografi melibatkan faktor-faktor psikologis dan sosial, seperti kepribadian, gaya hidup, nilai-nilai, minat, dan preferensi. Dalam konteks minuman collagen, beberapa segmen psikografi yang relevan adalah:

  • Kepribadian: Individu yang peduli dengan penampilan dan kecantikan diri mungkin tertarik pada minuman collagen untuk membantu menjaga kulit yang sehat dan awet muda.
  • Gaya Hidup: Orang-orang yang menjalani gaya hidup sehat dan aktif, termasuk berpartisipasi dalam kegiatan kebugaran dan olahraga, mungkin tertarik pada minuman collagen sebagai tambahan untuk pemulihan dan pemeliharaan tubuh mereka.
  • Nilai-nilai: Konsumen yang mengutamakan bahan-bahan alami, keberlanjutan, atau etika dalam produk mungkin mencari minuman collagen organik atau yang diproduksi secara bertanggung jawab.

Segmen market berdasarkan Perilaku

Segmen perilaku berfokus pada perilaku konsumen terkait dengan pembelian dan penggunaan produk. Beberapa segmen perilaku yang relevan dalam minuman collagen adalah:

  • Konsumsi Rutin: Segmen pasar yang cenderung mengkonsumsi minuman collagen secara teratur sebagai bagian dari rutinitas kesehatan dan kecantikan mereka.
  • Penelitian dan Informasi: Konsumen yang cenderung melakukan riset dan mencari informasi sebelum membeli minuman collagen, termasuk membaca ulasan, membandingkan merek, dan mencari sertifikasi kualitas produk.
  • Loyalitas Merek: Segmen pasar yang memiliki preferensi dan loyalitas terhadap merek tertentu berdasarkan pengalaman sebelumnya atau rekomendasi dari orang lain.

Memahami keempat segmen pasar ini membantu pengusaha atau pencari peluang usaha dalam mengidentifikasi target pasar yang potensial, menyusun strategi pemasaran yang sesuai, dan mengembangkan produk yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen.

Baca juga artikel kami tentang jenis minuman yang populer jadi bisnis di Indonesia.

Brand Minuman Collagen di Indonesia

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 5

Credit Image

Untuk memasarkan dan menjual minuman collagen, anda perlu membuatnya berbeda dengan yang telah ada di pasaran. Anda bisa menghadirkan varian minuman collagen “baru”, seperti minuman siap minum, bubuk yang dapat dicampur dengan air atau minuman lain, atau dalam bentuk suplemen.

Anda juga dapat mengkombinasikan kolagen dengan bahan lain yang memiliki manfaat tambahan untuk kesehatan dan kecantikan kulit, seperti vitamin dan antioksidan.

Agar brand minuman collagen anda unik, maka anda perlu mengenali brand yang telah ada di pasaran. Kemudian lakukan analisis perbandingan sederhana. Ketahui kelebihan dan kekurangan mereka. Lalu, pasarkan brand anda sehingga terlihat berbeda dengan brand yang telah ada.

Dari laporan cekaja, beberapa brand minuman collagen yang terkenal di Indonesia:

  • Diva Beauty Drink dari Kalbe
  • Roove
  • Dear Me Collagen Peptide+
  • Noera Collagen Drink
  • Byoote Collagen

Berikut adalah informasi yang saya temukan mengenai beberapa minuman kolagen yang Anda sebutkan:

Diva Beauty Drink

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 7

Diva Beauty Drink adalah minuman kecantikan yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia.

Dilansir dari journal sociolla, minuman collagen bermerk Diva Beauty Drink dari Kalbe mengandung bahan-bahan (ingredients), seperti Air, Sukrosa, Konsentrat Mix Berries, Collagen Ikan (1000 mg/saji), Penstabil (Gom Xanthan,Gimana Selulosa), Konsentrat pomegranate (0,13%), susu bubuk skim, Bubuk Buah (Biji Anggur (0,03%), Acerola (0,03%), Acai (0,03%)), Perisa Identik Alami Acai Berries, Lycopene, Mineral dan Vitamin (Vitamin A mengandung Antioksidan dl-a-Tokoferol).

Berdasarkan informasi dari google trends, produk minuman diva beauty drink cukup populer di Jawa dan Sumatera Utara. Interest market terhadap brand ini cukup tinggi di Indonesia dengan skala 6/41 (brand/minuman collagen). Lihat tampilan grafik berikut.

Produk minuman kolagen Diva Beauty Drink dipasarkan dengan harga bervariasi. Anda bisa membeli di Shopee dengan harga Rp40.000 – Rp110.000. Sementara di Tokopedia, produk Diva Beauty Drink Collagen dipasarkan dengan harga Rp 273.000 per karton (isi 36).

Roove Collagen Drink

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 9

Credit Image

Roove Collagen Drink adalah merek minuman collagen yang aman untuk ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui (busui). Minuman kecantikan ini telah terdaftar di BPOM dan mendapatkan sertifikat Halal dari MUI.

Dikutip dari laman roove, Roove Collagen Drink mengandung bahan tripeptide fish collagen dengan tambahan natural blueberry extract. Roove mengklaim bahwa formula minuman kecantikan tersebut adalah yang pertama di Indonesia.

Selain itu, Roove Collagen Drink juga mengandung non-dairy creamer, L-Glutathione, stevia, dan hyaluronic acid.

Roove Collagen Drink menawarkan beberapa manfaat minuman kecantikan untuk kesehatan kulit, seperti mencerahkan, mengencangkan, dan memutihkan kulit.

Dilansir dari google trends, minat pasar terhadap roove collagen drink cukup populer di Pulau Jawa dan Madura dengan skala 4/40 (brand/minuman collagen). Lihat tampilan grafik sebagai berikut.

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 11

Dilansir dari laman roove, minuman collagen ini dibanderol dengan harga Rp185.000/ ½ box (isi 10 sachet) dan Rp295.000/1 box (isi 20 sachet). Sedangkan di Shoppe, minuman ini dibanderol seharga Rp155.000 – Rp590.000.

Ketika Anda berencana bisnis minuman collagen, maka salah satu kompetitor yang akan Anda hadapi adalah Roove Collagen Drink. Anda perlu memperhatikan keunggulan yang dimiliki oleh Roove Collagen Drink. 

Dear Me Collagen Peptide+

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 13

Credit Image

Dear Me Collagen Peptide+ adalah jenis minuman kolagen yang diluncurkan oleh Dear Me Beauty pada bulan Maret 2021. Peluncuran minuman ini bertujuan untuk memberikan solusi kulit sehat dan cantik bagi perempuan. 

Disebutkan dalam laman dearmebeauty, minuman collagen ini mengandung 10 bahan premium, seperti Marine Collagen Peptide+- Prancis, L-Glutathione, vitamin C, Probiotik- Lactobacilus Acidophilus, Bubuk Bit Merah, Ekstrak Delima, Ekstrak Acai Beri, Prebiotic (Inulin), Ekstrak Stroberi, dan Lidah Buaya.

Berdasarkan data google trends, dear me collagen peptide+ belum menguasai penjualan di pasar Indonesia. Selain itu, Dear Me Collagen Peptide+ kurang populer di pasar dengan skala 3/40 (brand/minuman collagen). Lihat tampilan grafik disini.

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 15

Harga minuman kecantikan ini berkisar antara Rp246.100 – Rp452.300 di platform Shoppe. Sedangkan di Tokopedia, jenis minuman ini dibanderol dengan harga Rp56.000/sachetnya.

Dalam berbisnis minuman collagen, Anda pastinya akan menghadapi persaingan dengan Dear Me Collagen Peptide+. Anda harus memahami produk pesaing, sehingga Anda dapat merencanakan strategi bisnis dengan baik. 

Noera Collagen Drink

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 17

Credit Image

Noera Collagen Drink adalah brand minuman collagen yang bermanfaat membuat kulit sehat dan glowing secara alami. Selain itu, minuman ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Berdasarkan informasi dari noerabeautyskin, formulasi produk yang digunakan 5 kali lebih ampuh dalam mengatasi kesehatan kulit. Formulasi produk yang digunakan tersebut, seperti Salmon Collagen, Glutathione, Vitamin C, Vitamin E, Birdnest Extract, Saffron Extract, dan Strawberry Extract. 

Dikutip dari data google trends, Noera Collagen Drink sangat populer di pasar Indonesia, terutama di Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Madura, Pulau Bali, Pulau Kalimantan kecuali Provinsi Kalimantan utara dan Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Sulawesi Tengah, dan Provinsi Sulawesi Selatan. Lihat gambar dibawah ini.

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 19

Selain itu, berdasarkan data tersebut, kepopulerannya mencapai skala 23/40 (brand/minuman collagen). Lihat tampilan grafik disini.

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 21

Noera Collagen Drink dipasarkan dengan harga yang bervariasi. Di Tokopedia, harga Noera berkisar antara Rp104.500 – Rp189.950. Sedangkan di Shoppe, minuman ini dibanderol dengan harga Rp195.000/1 box (isi 15 sachet).

Byoote Collagen

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 23

Credit Image

Dilansir dari Byooteofficial, Byoote Collagen adalah merek minuman collagen yang aman dikonsumsi oleh siapa saja dan segala umur. Jenis minuman ini telah terdaftar di BPOM dan mendapatkan sertifikasi Halal dari MUI.

Berdasarkan informasi dari Byooteoffcial, Byoote Collagen memiliki manfaat untuk membantu mencegah penuaan dini. Hal ini didukung oleh komposisi bahan yang terkandung didalamnya, seperti Glutathione, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Collagen, Lutanion Blue, Snow Algae, Green Algae, dan Pomegranate Extract.

Menurut data google trends, Byoote Collagen merupakan minuman yang populer di pasar Indonesia. Beberapa pangsa pasar yang berhasil dikuasai oleh Byoote Collagen, seperti Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Madura, Pulau Bali, Pulau Kalimantan, kecuali Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Sulawesi Selatan. Lihat gambar dibawah ini.

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 25

Masih berdasarkan data google trends, popularitas minuman ini cukup tinggi dengan skala 12/23 (brand/minuman collagen). Lihat tampilan grafik dibawah ini.

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 27

Byoote Collagen dapat ditemukan dengan mudah di berbagai e-commerce, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Lazada. Dilansir dari keempat e-commerce tersebut, Byeoote Collagen dibanderol dengan harga Rp350.000/1 box (isi 16 sachet).

Sementara di laman website Byooteofficial.com, minuman kecantikan ini dijual dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp350.000/1 box (isi 16 sachet), Rp330.000/2 box, Rp310.000/4 box, dan Rp295.000/8 box.

Manfaat Minuman Collagen yang Bisa Ditawarkan ke Konsumen

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 29

Credit Image

Minuman collagen menawarkan berbagai manfaat untuk konsumen, terutama kecantikan dan kesehatan kulit. Sebagai pengusaha, Anda harus memahami berbagai manfaat ini. Hal ini agar produk Anda dapat memposisikan dengan baik di pasar. Sehingga, produk Anda dapat menarik perhatian target market.

Lantas, apa saja manfaat minuman collagen yang bisa ditawarkan ke konsumen? Yuk, simak penjelasannya disini.

Mempercepat pemulihan luka

Sebagai pengusaha, Anda dapat menawarkan manfaat minuman collagen untuk mempercepat pemulihan luka. Jenis minuman ini dapat menjadi solusi alami dan efektif untuk konsumen. 

Minuman ini mengandung kolagen sebagai sumber protein utama. Kolagen berfungsi untuk memperbaiki dan membangun kembali jaringan ikat. Sehingga, kolagen dapat mendukung perkembangan otot, kulit, dan persendian yang kuat. 

Hal ini sesuai dengan Alodokter, kolagen bermanfaat sebagai perekat saat tubuh terluka dan memperbaiki kondisi kulit. Berikut contoh brand minuman collagen yang memiliki manfaat mempercepat pemulihan luka.

  • Noera Collagen Drink merupakan merek minuman kolagen terbaik. Produk minuman ini mengandung salmon, glutathione dan kolagen. Dimana ketiga bahan tersebut berfungsi membantu mempercepat proses penyembuhan luka (Hellosehat).
  • Collaskin merupakan minuman kolagen yang mengandung vitamin C dan lidah buaya. Produk ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C yang tinggi membantu untuk memutihkan kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan melindungi sel tubuh. 

Sedangkan, kandungan lidah buaya dapat menjaga kesehatan kulit dan membuatnya semakin terlihat cantik (ProductNation).

Sebagai inovasi baru dan pembeda, Anda dapat menambahkan bahan lain ke dalam minuman collagen. Hal ini dapat meningkatkan manfaat minuman collagen lebih baik. Berikut beberapa bahan yang dapat Anda tambahkan ke dalam minuman collagen.

  • Aloe vera dapat membantu meningkatkan produksi collagen didalam kulit. Selain itu, bahan ini dapat membantu penyembuhan luka di kulit(My-best.id).
  • Vitamin C bertindak sebagai kofaktor dalam produksi kolagen dan mencegah pecahnya luka-luka yang sudah sembuh. Vitamin ini dapat diperoleh dari tomat, paprika, kentang, bayam, jeruk, strawberry, brokoli, kol dan kembang kol (Detik).
  • Ekstrak ikan gabus mengandung protein dan asam amino untuk memicu produksi kolagen (Honestdocs).
  • L-Glutathione dapat membantu mencegah radikal bebas dan mempercepat proses penyembuhan luka (Hellosehat).

Tak kalah penting, produk Anda harus memenuhi standar keamanan dan kualitas. Selain itu, Anda dapat bekerja sama dengan ahli gizi agar produk Anda efektif dalam mempercepat pemulihan luka.

Meredakan nyeri sendi

Kolagen adalah protein yang terdapat pada tubuh manusia. Kolagen berfungsi menjaga kekuatan dan elastisitas kulit, tulang, dan sendi. Sebagai pengusaha, Anda dapat mengambil keuntungan dan peluang besar ini. Anda dapat menawarkan manfaat produk minuman collagen untuk meredakan nyeri sendi kepada konsumen.

Dilansir dari alodokter, asupan kolagen yang bertambah dapat mengurangi gejala osteoarthritis. Selain itu, kolagen dapat mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan pada tubuh.

Beberapa contoh brand minuman collagen yang memiliki manfaat dalam meredakan nyeri sendi.

  • Kolago merupakan minuman serbuk yang mengandung kolagen yang tinggi. Kolagen adalah protein yang menyusun jaringan ikat, seperti tulang, kulit, rambut, sendi, dan kuku pada tubuh (tokopedia).
  • Collaskin merupakan brand minuman kolagen yang mengandung bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami tersebut terdiri dari ekstrak kulit manggis dan buah-buahan lainnya. Produk ini dapat membantu meredakan nyeri sendi dan memperbaiki kondisi kulit (Bukalapak).
  • Collagen Drink merupakan merek minuman kolagen yang mengandung vitamin C dan E. Produk ini membantu meredakan nyeri sendi dan memperbaiki kondisi kulit.

Sebagai pengusaha, Anda dapat ikut terjun pada bisnis minuman collagen ini. Inovasi yang dapat Anda lakukan seperti menambahkan bahan lain ke dalam produk minuman collagen. Selain itu, penambahan bahan lain berfungsi untuk meningkatkan manfaat meredakan nyeri sendi.

Berikut bahan yang dapat ditambahkan ke dalam minuman collagen untuk meredakan nyeri sendi.

  • Asam alpha-hydroxy dapat membantu produksi kolagen didalam tubuh. Selain itu, asam ini juga dapat menghancurkan kolagen lama dan menggantinya dengan yang baru. Sehingga, asam alpha-hydroxy dapat membantu meredakan nyeri sendi. Makanan yang banyak mengandung zat ini adalah jeruk, apel, tomat, dan lemon (halodoc).
  • Lidah buaya merupakan bahan alami yang berguna untuk nyeri akibat radang sendi. Mengkonsumsi ekstrak lidah buaya dapat membantu meredakan nyeri sendi akibat osteoarthritis (hellosehat).

Perlu diketahui, minuman kolagen bukanlah obat untuk nyeri sendi, tetapi membantu mengurangi peradangan dan nyeri. 

Anda dapat menawarkan minuman collagen yang mengandung bahan-bahan tersebut. Hal ini dapat membantu konsumen yang ingin meredakan nyeri sendi maupun meningkatkan kesehatan sendi.

Meningkatkan kesehatan jantung

Dilansir dari Halodoc, kolagen yang dikonsumsi dalam bentuk minuman dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena kolagen dapat melunakkan penumpukan kolesterol di dinding arteri. 

Sebagai pengusaha, Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk produk minuman collagen Anda. Anda dapat menawarkan manfaat produk minuman collagen untuk meningkatkan kesehatan jantung kepada konsumen.

Dilansir dari kemkes, berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, 15 dari 1000 orang atau sekitar 2.784.064 individu di Indonesia menderita penyakit jantung. 

Hal ini dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Peluang bisnis ini tidak hanya untuk konsumen yang menderita penyakit jantung. Namun, konsumen yang peduli dengan kesehatan jantung juga.

Berikut brand minuman collagen yang memiliki manfaat meningkatkan kesehatan jantung.

  • Balans pure collagen drink merupakan merk minuman collagen yang menggunakan bahan premium dan alami. Kandungan bahan pada produk ini dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung (blibli).
  • Nutrilite mixed collagen drink merupakan minuman serbuk rasa campuran buah. Didalam produk ini mengandung serbuk peptida kolagen dari ikan. Serbuk peptida tersebut berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung (amway).

Namun, agar produk Anda berbeda dengan pesaing, Anda dapat menambahkan bahan lain ke dalam minuman collagen. Penambahan bahan lain ini berfungsi meningkatkan manfaat kesehatan jantung. 

Dikutip dari hellosehat, beberapa bahan lain yang dapat meningkatkan kesehatan jantung meliputi: 

  • Buah-buahan seperti stroberi, blueberry, dan raspberry. Ketiga buah-buahan tersebut mengandung antioksidan yang dapat melindungi jantung akibat radikal bebas.
  • Sayuran hijau seperti bayam dan kale. Kedua sayuran tersebut mengandung vitamin K yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.
  • Biji-bijian seperti chia seed dan flaxseed. Kedua biji-bijian ini mengandung omega-3 yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Anda dapat menonjolkan manfaat kesehatan jantung sebagai keunggulan produk Anda. Lakukan edukasi terhadap konsumen terkait manfaat minuman collagen ini. Sehingga, Anda dapat menarik perhatian target market.

Mengencangkan kulit

Minuman collagen memiliki banyak manfaat. Hal ini karena kandungan kolagen dalam produk minuman ini. Kolagen merupakan protein terbanyak dalam tubuh manusia. Kolagen terbuat dari asam amino dan tidak larut di air. Kolagen berperan dalam membentuk dan menguatkan jaringan ikat seperti tulang, kulit, rambut, kuku, otot, tendon, ligamen, sendi, dan pembuluh darah.

Hal ini sesuai dengan Alodokter, kolagen memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, dan mengurangi kulit kering serta keriput.

Sebagai pengusaha, Anda dapat memanfaatkan potensi ini untuk produk minuman collagen. Anda dapat menawarkan manfaat minuman collagen untuk mengencangkan kulit kepada konsumen.

Beberapa brand minuman collagen yang menawarkan manfaat mengencangkan kulit meliputi:

  • Skinista Frozen 2-in-1 Powder Drink merupakan minuman yang mengandung kolagen. Selain itu, minuman ini diperkaya oleh glutathione dan vitamin C. Sehingga, produk ini mampu mencerahkan dan mengencangkan kulit (hellosehat dan detik).
  • Noera Collagen Drink merupakan minuman yang mengandung salmon dan glutathione. Kedua bahan tersebut berperan dalam membantu memperbaiki kulit dan menjaga kelembaban kulit.
  • Everwhite HiCollagen Drink merupakan minuman yang mengandung kolagen. Kolagen ini berfungsi untuk menghaluskan, mengencangkan, dan menambah tingkat kelembapan kulit (bukalapak).

Persaingan bisnis minuman collagen cukup ketat di pasaran. Anda harus melakukan inovasi terhadap produk minuman collagen Anda. Langkah yang dapat Anda ambil dengan menambahkan bahan lain ke dalam minuman collagen tersebut. Hal ini dapat meningkatkan manfaat produk Anda dalam mengencangkan kulit.

Beberapa bahan yang dapat dicampurkan dalam minuman kolagen untuk mengencangkan kulit meliputi: 

  • Vitamin C membantu produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit (Detik).
  • Glutathione dapat mencerahkan dan mengencangkan kulit. Selain itu, glutathione dapat membantu produksi sel kolagen baru dan berkualitas.
  • Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit (Hellosehat).
  • Biotin membantu memperkuat rambut dan kuku serta menjaga kesehatan kulit.

Dalam mengedukasi pelanggan, Anda dapat menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Strategi tersebut seperti menginformasikan pentingnya kolagen dalam menjaga kekencangan kulit. Dengan begitu, Anda dapat menonjolkan manfaat produk yang Anda tawarkan kepada konsumen.

Selain mengetahui manfaat minuman collagen yang bisa ditawarkan ke konsumen. Hal terakhir yang perlu Anda ketahui adalah efek samping dari minuman collagen. 

Yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

Efek Samping Minuman Collagen yang Perlu DiKomunikasikan dengan Baik

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 31

Credit Image

Sebagai pengusaha, Anda harus mengkomunikasikan efek samping minuman collagen. Hal ini agar konsumen memiliki pemahaman yang baik terhadap efek samping yang mungkin timbul.

Dengan begitu, Anda memperlihatkan komitmen menjaga kesehatan dan keamanan konsumen. Selain itu, terbangunnya kepercayaan konsumen terhadap produk Anda.

Berikut efek samping minuman collagen yang perlu dikomunikasikan dengan baik meliputi:

Mengganggu fungsi ginjal

Efek samping yang mungkin timbul setelah meminum collagen adalah mengganggu fungsi ginjal. Anda wajib memberikan informasi yang jelas terkait efek samping ini kepada konsumen. 

Hal ini sesuai dengan Herstory, efek samping minuman collagen dapat mengganggu fungsi ginjal, seperti meningkatnya resiko batu ginjal. Bahkan, konsumen berisiko lebih besar apabila terdapat riwayat batu ginjal kalsium oksalat.

Beberapa bahan dalam minuman collagen yang mungkin dapat menimbulkan gangguan fungsi ginjal meliputi:

Sebagai pengusaha, Anda dapat menginformasikan efek samping tersebut dapat dicegah dengan mematuhi ketentuan.

  • Mengikuti aturan minum yang telah dianjurkan oleh produk.
  • Membatasi konsumsi meminum collagen dalam sehari. Konsumsi minuman collagen tidak lebih dari 5-6 gram/hari atau sekitar 1 sendok makan (Herstory).
  • Imbangi dengan memperbanyak minum air putih apabila mengonsumsi minuman collagen (Sehatq).
  • Konsultasikan dengan dokter sebelum meminum collagen. Terutama bagi konsumen yang memiliki riwayat batu ginjal kalsium oksalat (Klikdokter).
  • Membaca informasi pada label kemasan produk, seperti tanggal kadaluarsa. Selain itu, memastikan produk tersebut terdaftar di BPOM (Alodokter).

Dengan begitu, Anda dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap produk Anda. Selain itu, memastikan konsumen mengkonsumsi minuman collagen dengan pengetahuan yang cukup.

Kemungkinan terjadi penumpukan kalsium

Selain memiliki banyak manfaat, minuman collagen juga memiliki efek samping yang mungkin saja timbul. Salah satu efek samping tersebut adalah terjadinya penumpukan kalsium. Anda sebagai pengusaha wajib menginformasikan terkait efek samping ini kepada konsumen. 

Hal ini sesuai dengan Hellosehat, minuman collagen memungkinkan dapat menyebabkan peningkatan kalsium, seperti di dalam darah. Berikut beberapa bahan minuman collagen yang mungkin menimbulkan efek samping ini:

  • Tulang sapi.
  • Tulang rawan ayam.

Kedua bahan tersebut memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Namun, Anda dapat menginformasikan efek samping tersebut dapat dicegah dengan cara:

  • Memperhatikan dosis yang dianjurkan.
  • Tidak mengkonsumsi minuman kolagen secara berlebihan.
  • Konsultasikan dengan dokter/ahli gizi sebelum mengonsumsi minuman collagen.

Selain itu, Anda dapat menyarankan kepada konsumen untuk mengatur pola makan. Kemudian, pastikan konsumen memperhatikan asupan kalsium dari makanan lainnya. Dengan begitu, Anda dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap produk minuman Anda.

Dapat menyebabkan alergi

Sebagai pengusaha, Anda harus mengkomunikasikan terkait efek samping yang bisa saja timbul setelah meminum collagen. Salah satu efek samping tersebut dapat menyebabkan alergi. 

Hal ini sesuai dengan Hellosehat, minuman collagen dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang. Gejala alergi yang mungkin timbul, seperti ruam pada kulit, gatal-gatal, bengkak pada wajah atau bibir, dan sesak nafas.

Dilansir dari Alodokter, bahan minuman collagen yang mungkin menimbulkan efek samping sebagai berikut.

  • Ikan.
  • Kerang.
  • Telur.

Namun, Anda dapat menginformasikan efek samping tersebut dapat dicegah dengan cara:

  • Memilih produk yang terpercaya dan memiliki izin edar dari BPOM.
  • Memeriksa kandungan bahan-bahan yang terdapat dalam minuman kolagen.
  • Hindari konsumsi minuman collagen yang mengandung dengan ikan, kerang dan telur, jika Anda alergi dengan bahan-bahan tersebut.
  • Konsultasikan dengan dokter sebelum meminum collagen.

Anda dapat menjelaskan minuman collagen aman dikonsumsi. Namun, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi setelah meminumnya. 

Efek samping minuman collagen wajib diinformasikan kepada konsumen. Dengan begitu, Anda dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap produk Anda. Selain itu, hal tersebut memungkinkan konsumen membuat keputusan yang tepat saat mengkonsumsinya.

Insight Bisnis Minuman Collagen

Jika anda mau masuk ke dalam persaingan bisnis minuman collagen, maka anda perlu melihat peta persaingan pasarnya.

Anda dapat melihat perbandingan brand minuman collagen di atas dan, anda bisa mengambil business opportunity-nya.

Brand Minuman Collagen
Keunggulan
Target Pasar
Harga
Diva Beauty Drink
– Brand pertama di Indonesia- Bahan-bahan berkualitas tinggi
Jawa dan Sumatera Utara
Rp40.000 – Rp110.000 (Shopee) <br> Rp273.000 per karton (isi 36) (Tokopedia)
Roove Collagen Drink
– Aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui- Terdaftar di BPOM dan sertifikasi Halal dari MUI
Pulau Jawa dan Madura
Rp185.000 – Rp590.000
Dear Me Collagen Peptide+
– Formula dengan 10 bahan premium- Solusi kulit sehat dan cantik bagi perempuan
– Belum menguasai pasar Indonesia- Skala 3/40 (brand/minuman collagen)
Rp246.100 – Rp452.300 (Shopee) Rp56.000/sachet (Tokopedia)
Noera Collagen Drink
– Membuat kulit sehat dan glowing secara alami- Aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui
Populer di Pulau Sumatra, Jawa, Madura, Bali, dan Kalimantan (kecuali Kalimantan Utara dan Tengah), Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan
Rp104.500 – Rp189.950 (Tokopedia) Rp195.000/1 box (isi 15 sachet) (Shopee)
Byoote Collagen
– Aman dikonsumsi oleh siapa saja dan segala umur- Terdaftar di BPOM dan sertifikasi Halal dari MUI
Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Madura, Pulau Bali, Pulau Kalimantan, kecuali Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Sulawesi Selatan.
Rp350.000/1 box (isi 16 sachet) (E-commerce)Rp350.000/1 box (isi 16 sachet), Rp330.000/2 box, Rp310.000/4 box, dan Rp295.000/8 box (website)

Jika anda adalah pendatang baru dalam bisnis minuman collagen, maka anda bisa mempertimbangkan masukan berikut:

  • Fokus pada keamanan dan sertifikasi produk, seperti Roove Collagen Drink dan Byoote Collagen. Mendaftarkan produk ke BPOM dan mendapatkan sertifikasi Halal dari MUI akan membangun kepercayaan konsumen terhadap produk Anda.
  • Lakukan inovasi dan keunikan pada produk, seperti Roove Collagen Drink dan Dear Me Collagen Peptide+. Mengembangkan formulasi yang unik dan menarik dapat menarik minat konsumen potensial.
  • Pahami target pasar, seperti Noera Collagen Drink yang memiliki popularitas di beberapa wilayah tertentu. Identifikasi segmen pasar yang tepat dan sesuaikan strategi pemasaran dan distribusi produk Anda.
  • Strategi menentukan harga yang kompetitif, seperti Dear Me Collagen Peptide+ yang memiliki harga bervariasi. Analisis pasar dan pertimbangkan kualitas serta manfaat produk Anda saat menetapkan harga.
  • Pemasaran dan branding yang tepat, seperti Byoote Collagen yang memanfaatkan sertifikasi dan keamanan produk untuk membangun kepercayaan konsumen. Tonjolkan keunggulan dan manfaat produk Anda serta manfaatkan media sosial dan e-commerce untuk memperluas jangkauan bisnis.

Sekarang Anda sudah mengenali berbagai brand minuman collagen. Selanjutnya, cari tahu tentang manfaat minuman collagen yang bisa Anda tawarkan ke konsumen. 

Kesimpulan

Minuman Collagen: Pengertian, Segmen Market, Brand 33

Credit Image

Pengusaha minuman collagen harus memahami beberapa hal penting sebelum memulai bisnis mereka.

Pertama, mereka perlu memahami segmen pasar yang terdiri dari demografi, geografi, psikografi, dan perilaku untuk mengidentifikasi target konsumen potensial.

Selanjutnya, pengusaha harus mengenali beragam merek pesaing yang sudah ada di pasaran Indonesia, seperti Diva Beauty Drink, Roove Collagen Drink, Dear Me Collagen Peptide+, Noera Collagen Drink, dan Byoote Collagen, untuk selanjutnya mengembangkan strategi yang membedakan produk dari mereka.

Selain itu, penting bagi pengusaha untuk mengetahui manfaat minuman collagen yang dapat ditawarkan kepada konsumen.

Misalnya, minuman collagen dapat mempercepat pemulihan luka, meredakan nyeri sendi, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengencangkan kulit. Memahami manfaat ini akan membantu dalam pemasaran dan menjual produk dengan lebih efektif.

Dengan pemahaman yang baik tentang hal ini, pengusaha dapat memberikan informasi yang jujur ​​kepada konsumen dan menghindari klaim yang tidak terbukti.

Sebagai pelaku bisnis minuman collagen, penting untuk selalu menjaga kualitas produk, berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dan menjalin hubungan yang baik dengan para profesional kesehatan.

Dengan pendekatan yang tepat dan pemahaman yang mendalam tentang pasar dan produk, pengusaha pemula dapat mengambil langkah yang lebih mantap dalam membangun bisnis minuman collagen yang sukses.Sebagai pelaku bisnis minuman collagen, anda perlu tahu juga apa kata dokter tentang minuman collagen.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar

Lumbung Pangan Bogor
Hubungi kami untuk konsultasi produk dan informasi penawaran harga maklon terbaru