Seluk Beluk Minuman Penambah Darah Terlengkap

Minuman penambah darah dibutuhkan oleh tubuh orang yang memiliki tekanan darah rendah. Umumnya, ciri orang yang kurang darah adalah terlihat kurang fit. Penampilan fisik yang terlihat dari muka tampak pucat, kurang bergairah, dan pusing (sakit kepala).

Kamu bisa mengkonsumsi zat penambah darah, baik itu dalam bentuk buah dan sayur alami, vitamin, suplemen atau obat maupun makanan dan minuman tertentu. Minuman berkafein seperti kopi, teh dan coklat dapat membantu tekanan darah naik dan meningkatkan detak jantung.

Di pasaran, banyak dijumpai berbagai merek dan harga dari zat atau minuman penambah darah. Kamu perlu tahu review berbagai merek minuman penambah darah 2022 sebelum membeli dan mencoba.

Yuk baca artikel ini hingga tuntas. Semua hal terkait minuman penambah darah akan dijelaskan secara detail.

Apa Itu Minuman Penambah Darah?

minuman penambah darah adalah

Minuman penambah darah adalah jenis minuman yang dapat menambah atau meningkatkan kadar darah merah sehat (hemoglobin) sehingga kembali normal. Bentuknya dapat berupa jus buah dan sayuran, suplemen atau vitamin.

Jus buah atau sayuran akan lebih nikmat jika ditambahkan susu ke dalamnya. Namun jika kamu lebih memilih suplemen atau vitamin maka bisa membelinya ke apotek atau klinik kesehatan terdekat.

Bila kamu memiliki target market berupa orang yang kurang darah, maka ciptakan produkmu dengan menggunakan jasa maklon minuman dari kami.

Apa yang Terjadi Ketika Tubuh Kurang Darah?

Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehat atau hemoglobin Bila kamu menderita penyakit anemia (kurang darah) maka kamu perlu mengkonsumsi minuman penambah darah secara rutin.

Penyakit anemia tergolong ke dalam jenis penyakit yang berbahaya, terutama jika tidak ditangani dengan tepat. Sebab, penderita penyakit anemia akan mengalami kekurangan oksigen atau gangguan pada sel darah merahnya ketika terlalu capek. Selain itu, diet yang buruk juga disinyalir menjadi penyebab anemia.

Ketika kelelahan karena menjalankan aktivitas tertentu, maka tubuh akan terasa lemas (loyo) dan kepala terasa pusing. Hal itu terjadi karena hemoglobin yang berfungsi memberi warna merah pada darah dan membawa oksigen (nutrisi) ke seluruh tubuh jumlahnya kurang. Jika dibiarkan, maka dapat menyebabkan orang tersebut meninggal.

Jika kamu mengalami kurang darah, maka kamu perlu mengkonsumsi zat atau minuman penambah darah.

Mengenal Sel Darah Merah dan Sel Darah Putih

Sel darah merah

sel darah merah

Eritrosit atau sel darah merah adalah jenis sel dalam darah memberi warna merah, berukuran kecil, berbentuk cekung pada kedua sisinya dan berfungsi mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Jika dilihat dari samping, maka sel darah merah tampak seperti dua buah bulan sabit yang saling bertolak belakang. Perlu kamu ketahui bahwa setiap mililiter darah terdapat 5.000.000 sel darah merah.

Sel darah merah berfungsi membawa hemoglobin yang telah terikat oksigen dari paru-paru menuju jaringan lain. Selain itu, sel darah merah juga mengangkut hemoglobin yang telah terikat karbondioksida (CO2) kembali ke paru-paru untuk dilanjutkan ke siklus pernapasan manusia.

Sel darah merah terbentuk dari apa? Sel darah merah dihasilkan oleh sumsum tulang belakang Saat sumsum tulang belakang menghasilkan terlalu sedikit sel darah merah, maka penyaluran oksigen dan nutrisi ke seluruh sel tubuh menjadi terganggu. Kondisi tubuh yang kekurangan sel darah merah disebut juga dengan anemia.

Sel darah merah memiliki umur kira-kira sekitar 120 hari. Eritrosit yang telah tua akan ditelan oleh sel-sel fagosit yang terdapat dalam hati dan limpa. Di dalam hati, hemoglobin diubah menjadi pigmen empedu (bilirubin) yang berwarna kehijauan. Selanjutnya, pigmen empedu tersebut diekskresikan oleh hati ke dalam empedu.

Sebelum mengenal berbagai macam merek minuman penambah darah, yuk kenali apa itu sel darah putih.

Sel darah putih

sel darah putih

Leukosit atau sel darah putih adalah jenis sel dalam darah yang berfungsi sebagai melindungi dari infeksi atau penyakit. Bisa dikatakan sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh (antibodi). Sel darah putih mampu melacak kemudian melawan mikroorganisme atau molekul asing penyebab penyakit atau infeksi, seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit.

Leukosit atau sel darah putih terdiri dari lima jenis, yaitu neutrofil, limfosit, monosit, eosinofil, dan basofil. Bila dihitung berdasarkan persentase, leukosit disebut normal jika terdiri dari 55–70% neutrofil, 20–40% limfosit, 2–8% monosit, 1–4% eosinofil, dan 0,5–1% basofil.

Berbeda dengan eritrosit yang berwarna merah, sel darah putih tidak berwarna. Selain itu ciri lain leukosit adalah memiliki inti, dapat bergerak secara amoeboid, dan dapat menembus dinding kapiler atau diapedesis.

Sel darah putih diproduksi dari sel punca hematopoietik pada sumsum tulang. Ketika jumlah sel darah putih berkurang, maka daya tahan tubuh akan melemah sehingga tubuh rentan terkena infeksi.

Leukosit dapat ditemukan di seluruh tubuh, termasuk jaringan ikat, sistem getah bening (limfatik), dan sistem peredaran darah. Sel darah putih memiliki umur 12-20 hari. Setelah itu mereka hancur di dalam sistem limfatik.

Jumlah normal sel darah putih berkisar antara 5.000 hingga 10.000 sel per mikroliter darah. Perhitungan yang lebih tinggi dari kadar normal sel darah putih dapat menandakan terjadi peradangan atau infeksi dalam tubuh.

Bayi yang baru lahir umumnya memiliki jumlah leukosit antara 9.000–30.000 per mikroliter (mcL) darah. Rentang jumlah leukosit normal ini akan berubah seiring dengan bertambahnya usia hingga hanya menjadi 5.000–10.000 mcL saat dewasa.

Untuk lebih jelasnya, lihat tabel perbandingan sel darah merah dan darah putih berikut.

Pembeda
Darah merah
Darah putih
Umur
100-120 hari
12-20 hari
Nama lain
Eritrosit
Leukosit
Fungsi
Mengangkut oksigen, karbondioksida dan nutrisi
Pertahanan tubuh atau antibodi
Kadar
5 juta sel per milliliter
5.000 – 10.000 sel per mikroliter
Warna
merah
Tidak berwarna
Tempat produksi
Sumsum tulang belakang
Sumsum tulang

Siapa Yang Perlu Minuman Penambah Darah?

Minuman penambah darah diperlukan oleh orang yang kekurangan darah, baik itu darah merah maupun darah putih. Berikut ini adalah beberapa orang yang perlu mengkonsumsi minuman penambah darah:

Ibu Hamil / Ibu Menyusui

Ibu hamil dan menyusui memerlukan zat besi setidaknya 27 mg per hari. Jumlah tersebut lebih banyak jika dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil/menyusui, sekitar 18 mg per hari.

Bumil dan busui disarankan untuk mengkonsumsi minuman yang kaya akan zat besi. Zat besi ini sangat penting karena pembentuk hemoglobin yang berfungsi mengikat oksigen, karbondioksida dan nutrisi di dalam tubuh.

Asupan zat besi sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk yang beragam. Jadi tidak tidak hanya dari minuman tetapi juga makanan.

Beberapa makanan yang kaya zat besi mudah ditemui. Umumnya berupa, hewani, seafood dan kacang-kacangan. Misalnya ikan bandeng, daging kambing dan sapi, daging ayam, kacang hijau dan berbagai jenis seafood

Sedangkan untuk minuman, kamu bisa lebih banyak mencari buah yang kaya akan vitamin C. Misalnya jus jeruk, Strawberry, broccoli dan berbagai campuran buah dan sayuran lainnya.

Saat mengkonsumsi makanan dan minuman di atas, sebaiknya kamu menghindari makanan atau minuman yang menghambat penyerapan zat besi. Zat yang dapat menghambat penyerapan besi atau inhibitor antara lain adalah kafein, tanin, oksalat, fitat, yang terdapat dalam produk-produk kacang kedelai, teh, dan kopi.

Wanita yang sedang haid

Wanita yang sedang haid (menstruasi) akan mengeluarkan darah. Sebagai penggantinya, mereka memerlukan minuman yang kaya sel darah merah (haemoglobin).

Bahkan dalam sebuah penelitian, selama 2 hingga 7 hari menstruasi kadar darah yang hilang mencapai 200 hingga 250 gram per liternya. Jumlah tersebut bersifat prediktif, artinya bisa lebih banyak kadar darah yang hilang atau bisa juga kurang dari itu.

Dalam kondisi seperti itu maka kamu perlu mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan zat besi. Namun dari beberapa kasus terkadang makanan dan minuman ini sering diabaikan oleh beberapa orang.

Jika kondisinya demikian maka kamu bisa menggantinya dengan vitamin atau suplemen. Beberapa vitamin yang cocok diantaranya vitamin C, vitamin B-12, asam folat dan beberapa jenis vitamin lainnya.

Namun bagi kamu yang memutuskan ingin mengkonsumsi obat juga bisa dilakukan seperti ferrous sulfate. Tablet terbaik untuk menambah darah ini dapat dikonsumsi 30 menit sebelum makan pagi atau malam.

Tanpa disadari remaja putri termasuk salah satu orang yang perlu minum penambah darah. Sebab kalangan ini rentan sekali terkena anemia khususnya ketika sedang menstruasi atau haid.

Dalam data Riskesdas 2013 yang ada disebutkan bahwa remaja di bawah 15 tahun persentase terkena anemia sebesar 22,7%. Dari data tersebut maka beberapa sekolah kerap mengadakan kegiatan untuk memberikan suplemen penambah darah.

Namun selain suplemen, remaja tersebut juga bisa mengkonsumsi kacang-kacangan atau daging. Selain itu juga harus diikuti dengan minuman yang mengandung vitamin C yang umumnya ada pada jeruk, apel, dll.

Kebutuhan akan hal itu harus dijaga dan perlu diminum secara rutin agar kadar darahnya bisa normal seperti biasa. Dengan demikian maka hemoglobin bisa normal dan bisa mengangkut oksigen dan karbohidrat ke dalam darah.

Orang yang Memerlukan Stamina Tambahan

Beberapa orang yang kurang stamina cenderung lemas dan salah satu penyebabnya adalah kekurangan oksigen yang dihirup. Selain itu, sel darah merahnya juga berkurang sehingga kurang bergairah.

Dalam kondisi seperti ini maka orang tersebut butuh stamina tambahan sehingga memerlukan minuman penambah darah. Untuk jenis penambah darahnya untuk tipe orang seperti ini bisa mencoba beberapa jus buah.

Misalnya buah naga dan kismis dimana di dalamnya memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang tinggi. Dengan dua kandungan tersebut akan mampu membuat mengikat hemoglobin di dalam tubuh.

Namun kamu juga bisa memilih beberapa buah yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Buah tersebut seperti apel, pisang, buah delima, zaitun dan beberapa jenis buah yang lainnya.

Orang yang kadar hb-nya rendah

Nama lain selain yang disebutkan di atas juga ada orang yang kadar hemoglobin (hb) rendah. Orang dengan tipe ini penyebabnya juga beragam dan umumnya karena kekurangan asupan vitamin.

Kadar hemoglobin tiap orang berbeda khususnya antara pria dan wanita. Untuk pria kadar normalnya antara 13-17 gram/dL dan wanita 12-15 gram/dL. Disebut rendah jika kadar seseorang berada di bawah ketentuan yang tertulis di atas.

Jika sudah demikian maka orang tersebut perlu mengkonsumsi minuman penambah darah. Kamu juga bisa memilih terkait menggunakan minuman jus buah, suplemen, vitamin atau susu yang khusus penambah darah.

Jika menggunakan jus buah karena alami tentu sangat disarankan karena tidak ada kandungan bahan kimia. Sedangkan untuk suplemen atau vitamin sebaiknya di konsultasikan ke dokter agar disesuaikan dengan resepnya.

Macam-macam zat penambah darah

Untuk zat penambah darah tidak hanya berbentuk jus buah atau sayur tetapi dapat ditemui dalam berbagai bentuk. Dengan demikian ketika beberapa orang kurang menyukai jus maka bisa mengkonsumsi bentuk zat penambah darah lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan terkait berbagai minuman penambah darah yang bisa kamu coba:

Bahan Alami (Buah dan Sayur)

minuman penambah darah alami

Untuk bahan alami dalam menambah darah dapat dilakukan dengan mengkonsumsi pepaya. Dalam buah ini memiliki kandungan vitamin C dan asam folat yang dalam 140 gramnya mengandung 53 mikrogram asam folat.

Selain itu dalam 143 gram pada pepaya juga ada 87 mikrogram vitamin C. Dengan kadar tersebut sudah sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh sehingga kadar darah bisa bertambah. Dalam 1 pepaya ini kamu sudah mendapatkan asupan 38% asam folat dan 97% vitamin C.

Selain pepaya, buah yang bisa untuk menambah darah juga terdapat pada semangka. Dalam satu potong semangka ukuran sedang terdapat 1,5 gram zat besi dan vitamin C yang mampu untuk mencukupi kebutuhan harian tubuh.

Dengan kandungan tersebut akan mampu melakukan penyerapan zat besi dan meningkatkan sel darah merah. Jika sudah demikian maka darah yang ada di dalam tubuh bisa bertambah secara alami dan normal melalui buah tersebut.

Jenis buah yang lain yang dapat digunakan adalah leci dan di dalamnya banyak mengandung zat penting untuk tubuh. Dalam satu buah leci terdapat asam folat, mangan, zat besi, copper dan vitamin C.

Semua zat tersebut mempunyai manfaat menambah sel darah merah yang diperlukan oleh tubuh. Tidak hanya itu, buah ini juga mampu menyerap zat besi secara maksimal tubuh selalu cepat dan terhindar dari anemia.

Buah apel juga diketahui memiliki banyak kandungan vitamin, nutrisi untuk menambah darah. Dalam 1 buah apel memiliki zat besi 0,3 mg, vitamin C 5 mg, potassium 110 mg, dan berbagai kandungan lainnya.

Dari semua kandungan tersebut akan membantu tubuh untuk terhindar dari penyakit kurang darah. Tidak hanya itu, buah tersebut juga mampu menangkal darah tinggi karena di dalamnya ada kandungan neurotransmitter

Susu & Minuman berbahan susu

Susu juga bisa dijadikan sebagai penambah darah dan salah satu merknya adalah Reyal E Original. Susu ini dibuat dari 40% susu kambing etawa, protein, krimer nabati dan beberapa kandungan nutrisi lainnya.

Dengan susu tersebut bisa digunakan untuk penambah darah bagi yang sedang haid, menguatkan tulang, melancarkan pencernaan. Dari sekian manfaat tersebut, susu ini memang lebih dikhususkan bagi mereka yang ingin menambah darah.

Salah satu penjual ( Izza Herbal Store) di Tokopedia menjual susu tersebut seharga 32 ribu untuk ukuran 200 gram. Harga tersebut berlaku sejak artikel ini ditulis pada tanggal 31 Mei 2022 dan sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan.

Selain susu di atas ada juga merk lainnya yang memiliki fungsi sama yaitu Walatra Etaku. Dalam satu kemasannya mengandung 50% susu kambing, Albumin 20%, Kedelai 29% dan lain-lain.

Manfaat dari susu tersebut untuk mengobati anemia (kurang darah), menyehatkan ibu hamil, mengatasi nyeri saat haid, dll. Secara umum, susu tersebut juga lebih dikhususkan untuk ibu hamil atau haid dan mengalami kekurangan darah.

Untuk memudahkan, kamu bisa membelinya di penjual (Toko Dewi Herbal) di Tokopedia. Pada toko tersebut, susu ini dijual dengan harga 85 ribu dan di dalamnya terdapat 10 sachet yang masing-masing beratnya 38,5 gram.

Jenis susu lain yang juga mampu meningkatkan darah dalam tubuh juga terdapat pada Gomars. Dalam satu kemasannya mengandung susu kambing etawa, gula jagung, krimer nabati.

Dengan kandungan tersebut mampu mengurangi penyakit anemia (kurang darah), kekebalan tubuh, mencegah kanker, dll. Sehingga kamu yang mengalami kurang darah bisa mengkonsumsi susu ini secara teratur.

Untuk membelinya, kamu bisa beli di penjual (Apotik Vitka Farma) di Tokopedia. Pada toko tersebut, susu ini dijual seharga 40 ribu (ketika artikel ditulis 31 Mei 2022) dengan berat bersih 200 gram.

Vitamin & Suplemen

minuman suplemen penambah darah

Untuk kategori vitamin penambah darah, kamu bisa mencoba minum Sangobion. Dalam suplemen tersebut terkandung vitamin C 50 gm, vitamin B12 7,5 mg, Magnesium 0,2 mg dan dan yang lainnya.

Dari komposisi di atas, suplemen ini kegunaannya untuk pengguna anemia saja. Harapannya ada pembentukan darah yang diperoleh dari zat besi dan mineral pada suplemen tersebut.

Suplemen ini bisa kamu dapatkan di Indomaret, Alfamart atau beberapa marketplace di Indonesia. Untuk harga per 10 kapsul 16.500 rupiah (sejak artikel ditulis 31 Mei 2022) dan sewaktu-waktu bisa berubah.

Selain Sangobion, kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen lain seperti Nutrimax Vital. Suplemen ini mengandung zat besi, vitamin B, copper, vitamin C, Selenium dan beberapa kandungan lainnya.

Untuk manfaat dari suplemen ini untuk pembentukan sel darah merah, menambah stamina, meningkatkan daya tahan tubuh,dll. Untuk petunjuk penggunaan, kamu bisa membaca di kemasan produk tersebut saat dibeli nantinya.

Untuk membeli, kamu bisa datang ke Indomaret, Alfamart atau ke marketplace Tokopedia. Di Tokopedia, suplemen ini dijual seharga 188 ribu dengan berat 200 gram dan berlaku hingga artikel ini ditulis pada tanggal 31 Mei 2022.

Dalam mengatasi anemia, kamu juga bisa menggunakan suplemen yang ada pada Sakatonik Liver tablet. Dalam suplemen tersebut mengandung vitamin B, asam folat, vitamin C, zat besi dan berbagai kandungan lainnya.

Untuk manfaatnya, suplemen ini digunakan bagi penderita anemia baik ketika haid atau setelah melahirkan. Menariknya, Sakatonik ini bisa dikonsumsi oleh ibu hamil atau anak-anak dengan resep dokter.

Untuk membelinya sangat mudah karena tersedia di toko-toko terdekat atau di Alfamart dan Indomaret. Harga per 1 strip yang berisi 10 kapsul dijual dengan seharga 7.100 per artikel ini ditulis pada tanggal 31 Mei 2022.

Review Merk Minuman penambah darah

Untuk menambah darah, tidak harus dari suplemen atau vitamin melainkan bisa dari minuman. Banyak sekali beredar berbagai minuman yang manfaat bisa menambah sel darah merah di dalam tubuh.

Jenis minuman ini banyak pilih karena cara mengkonsumsinya lebih mudah dan rasanya lebih enak. Daripada penasaran, berikut beberapa minuman yang mampu menambah darah di dalam tubuh:

Synergy Chlorophyll Plus

Synergy Chlorophyll Plus merupakan salah satu minuman herbal untuk penambah darah secara alami. Dalam minuman ini memiliki kandungan Alfalfa, Chlorophyllin,Barley dan Peppermint.

Selain untuk penambah darah, minuman ini juga membersihkan darah dan racun di dalam tubuh. Manfaat lain juga bisa mampu menyembuhkan luka baik dari dalam atau luar tubuh.

Dari banyak orang yang menggunakan, minuman ini memang memberikan manfaat yang begitu nyata. Apalagi minuman ini tergolong alami sehingga tidak begitu berbahaya bagi tubuh saat dikonsumsi.

Jika kamu tertarik maka bisa di order di berbagai tempat termasuk Indomaret, Shopee, Tokopedia, dll. Rata-rata di hampir semua tempat tersebut harganya sama sekitar 65 ribu hingga 150 ribu (hingga artikel ditulis 31 Mei 2022).

Feroglobin Syrup

Untuk minuman jenis lain juga tersedia dalam bentuk sirup dan ini terdapat pada Feroglobin Syrup. Dalam sirup ini mengandung magnesium 0,25 mg, copper 0,2 mg, vitamin B12 5 mcg, vitamin B 6 2 mg, dll.

Sirup ini bisa kamu konsumsi ketika kekurangan darah dan cocok untuk semua usia termasuk remaja putri. Selain itu rasa dari sirup ini juga sangat enak karena di dalamnya terdapat campuran madu.

Dari sekian orang yang mencoba, sirup ini tergolong aman karena tanpa pemanis buatan. Selain itu, kontraksi yang dialami penderita juga cepat sembuh karena di dalamnya tidak menggunakan bahan pengawet.

Untuk memudahkan, kamu bisa membelinya di penjual (Diah Farma) di Tokopedia. Dia menjualnya dengan harga 68 ribu dengan berat bersih 200 gram dan berlaku hingga artikel ini ditulis pada tanggal 31 mei 2022. Selain di Tokopedia, kamu juga bisa mencari di Alfamart atau Indomaret terdekat.

Tonikum Bayer

Bagi kamu yang menginginkan minuman yang penuh dengan vitamin bisa mencoba Tonikum bayer. Di dalamnya terdapat vitamin B kompleks, vitamin C 150 mg, zinc 5 mg, mangan sulfate 2 mg, dan yang lainnya.

Kandungan tersebut mampu memenuhi kebutuhan tubuh dalam membentuk sel darah merah. Untuk itu minuman ini sangat cocok bagi yang telah melahirkan, haid, masa pertumbuhan, dll.

Dari banyak pengguna, semua merasakan khasiat akan Tonikum Bayer ini dan rasanya juga tidak pahit. Tidak hanya itu, beberapa pengguna mengungkapkan jika efek sampingnya tidak terlalu tinggi.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa membeli di berbagai Indomaret, Alfamart di seluruh Indonesia. Untuk harganya berkisar 14 ribu hingga 30 ribu di berbagai marketplace Shopee dan Tokopedia.

Sakatonik Liver Cair

Sakatonik selain dalam bentuk suplemen juga ada ada yang cair dan bisa diminum sesusah makan. Dalam minuman ini mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, ferro sulfat dan yang lainnya.

Semua itu memiliki manfaat menghambat terjadinya anemia, menambah nafsu makan, multivitamin, dll. Namun umumnya Sakatonik Liver lebih banyak digunakan untuk menambah darah khususnya wanita yang telah melahirkan.

Selama diminum secara teratur, banyak orang yang merasakan manfaat dari minuman cair ini. Dalam kemasannya, pengguna perlu secara rutin minum sebanyak 3x sehari setelah makan.

Untuk mendapatkannya juga tidak susah karena banyak dijual di Indomaret, Alfamart atau pertokoan besar lainnya. Untuk harganya sekitar 25 ribu hingga 35 ribu tergantung ukuran dari berat bersihnya.

Tips Membeli Minuman Penambah Darah

Sebagai suplemen yang penting bagi tubuh, membeli minuman penambah darah tidak boleh sembarangan. Karena efek sampingnya pada tubuh kamu dimana darah tidak kunjung bertambah malah menimbulkan penyakit lain.

Hal ini sering terjadi dimana terkadang beberapa orang merasakan sakit pada lambung karena salah memilih minuman. Untuk itu, berikut beberapa tips dalam membeli minuman penambah darah secara benar:

Pastikan aman untuk lambung

Lambung adalah bagian organ tubuh yang penting dan harus dijaga kesehatannya. Jika organ ini mengalami kerusakan dan tidak dijaga maka bisa menimbulkan penyakit tukak lambung dan gastritis.

Cara paling aman menjaga lambung saat minuman penambah darah adalah melalui buah-buahan atau cara yang alami. Ini adalah jalan terbaik dan akan membuat lambung aman dari berbagai gangguan.

Namun jika terpaksa membeli minuman dalam bentuk suplemen atau vitamin maka perlu melihat kandungannya. Dari kandungan itu, kamu bisa menilai terkait sesuai atau tidaknya minuman ini untuk di konsumsi.

Untuk lebih amannya, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis di daerah terdekat. Dokter akan memilihkan minuman mana yang cocok untuk untuk di konsumsi dan tetap aman bagi tubuh khususnya lambung.

Produk terdaftar di BPOM

Banyak sekali minuman atau makanan yang kurang memperhatikan dan tidak mendaftarkan di BPOM. Padahal proses legalisasi produk ini sangat penting karena berkaitan dengan keselamatan dari konsumennya.

Untuk itu dalam memilih minuman untuk menambah darah, kamu perlu melihat apakah sudah terdaftar atau belum. Jika sudah terdaftar berarti minuman tersebut sudah aman untuk dikonsumsi oleh publik.

Dikatakan demikian karena produk ini sudah melalui berbagai tahapan pengujian kesehatan. Jadi dinas kesehatan melakukan penelitian akan produk tersebut terkait layak tidaknya.

Dengan demikian ketika produk sudah terdaftar berarti telah melalui serangkaian pengujian di balai kesehatan. Produk ini tidak akan beredar luas selama belum mendapatkan legalisasi diperbolehkan atau tidaknya dikonsumsi publik.

Terjamin Halal

Bukan hanya terdaftar di BPOM tetapi minuman penambah darah ini juga harus halal. Mengkonsumsi minuman halal sangat diperlukan khususnya bagi yang beragama islam.

Pastikan di dalam minuman tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang memabukkan atau merusak tubuh. Misalnya arak, babi, anjing, atau minuman dan makanan haram lainnya.

Produk yang halal ini sangat penting karena selain untuk sehat juga harus mendapatkan ridha dari Allah. Menjaga dari minuman seperti ini juga bagian dari mentaati segala perintah-Nya.

Banyak hikmah yang akan didapatkan seseorang ketika terus mengkonsumsi minuman halal termasuk penambah darah. Diantaranya terhindar dari berbagai penyakit baik secara lahir maupun batin.

Terbuat dari Bahan Alami (Opsional)

Menggunakan bahan yang alami dalam memilih minuman sangat penting karena berkaitan dengan kesehatan tubuh. Bahan yang tanpa kimia akan membuat tubuh lebih tahan terhadap penyakit.

Hal ini berlaku ketika kamu memilih minuman penambah darah ketika sedang terkena anemia. Kamu bisa mencoba berbagai buah-buahan yang mengandung vitamin C, vitamin B kompleks dan yang lainnya.

Proses pengobatan seperti ini akan lebih aman meskipun hasilnya tidak sekaligus sembuh. Namun hasil yang didapatkan akan maksimal dan tidak menimbulkan efek samping apapun pada organ tubuh lainnya.

Sehingga langkah ini perlu dilakukan lebih awal sebelum mengkonsumsi suplemen atau vitamin. Jika bagian ini sudah tidak mampu maka bisa mencari alternatif lain seperti suplemen atau kapsul.

Harganya Terjangkau

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan saat membeli minuman penambah darah adalah dari sisi harga. Kamu perlu melakukan seleksi atau memilih produk mana yang sekiranya memiliki harga lebih terjangkau.

Meski sebenarnya harga ini relatif dan semuanya kembali kepada manfaat yang akan didapatkan pengguna nantinya. Sehingga jika ada dua produk yang akan dipilih mana sesuaikan dulu manfaat dari keduanya.

Jika dari sisi manfaatnya sama maka pilihlah yang harganya lebih terjangkau di kantong. Dengan demikian kamu tidak hanya mendapatkan produk murahan melainkan memiliki manfaat yang penting untuk menambah darah.

Penutup

Minuman penambah darah dapat diperoleh dari bahan-bahan alami seperti buah-buahan dan sayuran. Selain itu, minuman ini juga tersedia dalam bentuk vitamin, suplemen, sirup dalam bentuk kemasan.

Jika dilakukan secara alami, kamu bisa mengkonsumsi buah pepaya, apel, leci dan yang lainnya. Sedangkan dalam bentuk suplemen juga ada pada susu atau minuman lain seperti Sakatonik Liver, Tonikum Bayer, dll.

Khusus untuk membeli minuman non alami maka harus dipastikan aman dari lambung. Selain itu, produk tersebut juga harus halal dan terdaftar di BPOM untuk menjamin kualitas dan sesuai standar kesehatan.

Namun untuk hasil lebih bagus, kamu bisa memulai dengan mengkonsumsi buah-buahan atau susu kambing terlebih dahulu. Namun jika sudah tidak memungkinkan maka bisa memilih suplemen atau vitamin penambah darah.

Referensi :

  1. https://www.sehatq.com/artikel/minuman-penambah-darah-dari-bahan-herbal-alami
  2. https://www.99.co/blog/indonesia/minuman-penambah-darah/
  3. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3643624/coba-konsumsi-minuman-ini-untuk-atasi-anemia
  4. https://www.nutriclub.co.id/article-kehamilan/nutrisi/gizi/makanan-penambah-darah-untuk-ibu-hamil
  5. https://www.popmama.com/pregnancy/second-trimester/monica-dameria-natasya/mencegah-anemia-ini-suplemen-penambah-darah-untuk-ibu-hamil
  6. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3636730/pentingnya-minum-obat-penambah-darah-saat-menstruasi
  7. https://www.tokopedia.com/blog/buah-penambah-darah-anemia-hlt/
  8. https://www.alodokter.com/ketahui-penyebab-hb-rendah-di-sini.
  9. https://puskesmasandalas.padang.go.id/2019/08/31/mengapa-remaja-putri-perlu-meminum-tablet-tambah-darah/
  10. https://jatengprov.go.id/beritadaerah/tekan-aki-siswi-wajib-minum-tablet-penambah-darah/
  11. https://www.merdeka.com/jabar/7-jenis-buah-penambah-darah-yang-wajib-diketahui-cegah-risiko-anemia-kln.html
  12. https://hellosehat.com/kelainan-darah/anemia/buah-penambah-darah/
  13. https://m.merdeka.com/sehat/cegah-anemia-dengan-makan-buah-leci.html
  14. https://www.tokopedia.com/tokodewiherbal/obat-anemia-susu-penambah-darah-ibu-hamil-walatra-etaku-goat-milk-10-sachet
  15. https://www.tokopedia.com/apvitka/susu-kambing-etawa-bubuk-gomars-original-putih-200g
  16. https://www.tokopedia.com/apotekhmuslim/sangobion-capsul-1-strip-isi-10-tablet?src=topads
  17. https://hellosehat.com/kelainan-darah/anemia/rekomendasi-suplemen-penambah-darah/
  18. https://www.tokopedia.com/blog/top-suplemen-penambah-darah-anemia-hlt/
  19. https://www.tokopedia.com/bandaneirastore/nutrimax-vital-30-kapsul
  20. https://www.tokopedia.com/budismartshop/sakatonik-liver-1strip-x-10-kaplet
  21. https://www.tokopedia.com/flekhitampudar/chlorophyll-plus-original-usa-100
  22. https://www.halodoc.com/obat-dan-vitamin/feroglobin-sirup-100-ml
  23. https://www.tokopedia.com/diahfarma-1/feroglobin-multivitamin-dan-mineral-syrup-100ml?src=topads
  24. https://www.alodokter.com/tonikum-bayer
  25. https://www.tokopedia.com/readymed-1/tonikum-bayer-330-ml?src=topads
  26. https://www.alodokter.com/sakatonik-liver
  27. https://www.tokopedia.com/toroyal/sakatonik-liver-multivitamin-tambah-darah-310ml?src=topads
  28. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3596279/jaga-kesehatan-lambung-dengan-cara-ini
  29. https://www.pom.go.id/new/view/direct/function
  30. https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/repos/FileUpload/Halal%20haram%20-dwi/Manfaat-makanan-dan-minuman-halal.html
  31. https://www.tokopedia.com/blog/manfaat-makanan-halal-slm/
  32. https://www.halodoc.com/artikel/sel-darah-putih-dan-merah-apa-perbedaannya
  33. https://hellosehat.com/kelainan-darah/darah-lainnya/komponen-darah-manusia/
5/5 - (2 votes)

Tinggalkan komentar

Ayo Mulai Bisnis Minuman Bersama LPB

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga maklon minuman terbaru. Kami akan berikan harga yang terbaik untuk anda.

Hubungi 081380426001 Hubungi 081262103131
contoh produk maklon minuman
Hubungi kami untuk informasi produk dan penawaran harga maklon terbaru