Minuman Prebiotik: Pengertian, Macam, Manfaat & Harga

Minuman prebiotik dibutuhkan tubuh agar tetap sehat, terutama bagian usus dan pencernaan.

Jenis minuman kesehatan tersedia dalam bentuk yang bervariasi. Kamu bisa membuatnya dari bahan alami di rumah hingga membeli minuman suplemen ini di apotik.

Yuk kenali apa itu prebiotik, cara kerja dalam tubuh dan beberapa brand minuman prebiotik di pasaran.

Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu Minuman Prebiotik?

contoh minuman prebiotik serbuk adalah

Minuman prebiotik adalah jenis minuman yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan. Sedangkan yang dimaksud dengan prebiotik adalah jenis serat pangan yang tubuh tidak dapat mencerna, namun bakteri probiotik dalam usus bisa mencernanya.

Prebiotik adalah makanan bagi probiotik. Produk makanan yang mengandung keduanya disebut sinbiotik.

Mau bisnis minuman kesehatan ini? Yuk maklon minuman prebiotik bersama kami.

Sebagai serat, prebiotik banyak ditemukan pada sayur, buah dan makanan dengan karbohidrat kompleks. Diantaranya adalah biji-bijian, gandum, buncis, pisang, kedelai, bawang merah, bawah putih, bawang bombay.

Contoh makanan olahan yang mengandung prebiotik adalah tempe.

Minuman Prebiotik Baik untuk Siapa?

Minuman prebiotik baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa. Terlebih lagi orang tersebut memiliki gangguan pencernaan.

Pada anak-anak, prebiotik bisa dijadikan sebagai pembentuk antibodi (zat yang meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit). Sedangkan pada orang dewasa, prebiotik berfungsi untuk menjaga pencernaan agar tetap sehat.

Minuman prebiotik memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  • Mengurangi gejala radang usus.
  • Membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare dan sembelit.
  • Mencegah diare terkait pemakaian antibiotik

Manfaat “Minuman & Makanan” Prebiotik

Selama ini prebiotik memiliki fungsi memberi asupan makanan pada bakteri baik di dalam tubuh. Dengan asupan tersebut lalu bakteri ini berkembangbiak lalu mampu membunuh bakteri jahat.

Dalam keadaan seperti itu lantas apa manfaatnya bagi tubuh kita? Berikut ulasannya yuk disimak:

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Karena prebiotik kaitannya dengan usus otomatis salah satu manfaatnya juga berhubungan dengan pencernaan. Dengan mengkonsumsi minuman prebiotik maka kamu akan kebal dari berbagai penyakit gangguan pencernaan.

Salah satu penyakit pencernaan ini seperti diare, sembelit, radang usus dan berbagai penyakit lainnya. Kamu bisa kebal akan semua penyakit itu karena salah dalam minuman tersebut mengandung pektin.

Zat ini kemudian meningkatkan volume tinja dan inilah yang membuat pencernaan menjadi sehat. Salah satu minuman yang mengandung zat tersebut bisa kamu dapatkan pada buah apel.

Meminimlisir Resiko Penyakit Kanker

Minuman prebiotik yang kaya akan serat juga dipercaya mampu menangkal penyakit kanker khususnya usus besar. Karena kandungan asam dan serat di dalamnya tidak bisa membuat kanker tidak bisa berkembang dengan baik.

Penyakit tersebut bisa mengidap seseorang jika pola makannya kurang serat dan banyak mengkonsumsi alkohol. Tetapi dengan minum dari buah yang berserat pada prebiotik, penyakit ini bisa diatasi.

Untuk jenis minumannya kamu bisa memilih apa saja baik yang alami atau berupa suplemen. Namun disarankan kamu perlu minuman yang alami karena harganya lebih murah dan proses pembuatannya lebih mudah.

Membuat Tubuh Lebih Kebal Penyakit

Dengan usus yang sehat maka proses pembuangan feses juga akan semakin lancar. Proses ini juga akan membuat seluruh zat yang berpotensi menjadi penyakit bisa dibuang melalui bagian tersebut.

Proses ini bisa terjadi karena di dalam minuman prebiotik bukan hanya kaya akan serat tetapi juga ada inulin dan oligofruktosa. Fungsi dari inulin dan oligofruktosa diantaranya adalah menjaga bakteri baik dan menurunkan perkembangbiakan bakteri jahat.

Bahkan zat satu ini juga mampu membuat kamu memiliki tubuh ideal karena tidak ada kandungan lemak di dalam perut. Dengan demikian maka tubuh akan terus sehat dan bisa lebih kebal dari berbagai penyakit.

Memperbaiki Penyerapan Kalsium

Penyerapan kalsium bagi tubuh sangat diperlukan karena memiliki banyak manfaat. Diantaranya untuk kesehatan tulang, memudahkan pembuluh darah mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Sebab dengan penyerapan yang cepat maka akan banyak kalsium yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian maka otot-otot tersebut akan semakin kuat sehingga tulang pada tubuh juga semakin kuat.

Tidak hanya itu, manfaat lain dari penyerapan kalsium juga bisa mempermudah penyampaian pesan dari ke otak ke organ lain. Dengan proses penyampaian yang mudah dan cepat ini akan membuat seluruh organ bekerja dengan baik.

Menyehatkan Kulit

Semua minuman prebiotik mengandung serat yang tinggi dan ini juga bisa menyehatkan kulit. Diantaranya mampu mengurangi keparahan jerawat yang ada pada kulit khususnya wanita.

Jika ini dikonsumsi secara konsisten bukan hanya jerawat tetapi bekasnya pun juga berangsur-angsur akan hilang. Dengan demikian maka wajah kamu akan terlihat lebih bersih, bersinar dan mempesona.

Untuk jenis minuman yang disarankan dalam proses pengobatan ini sebaiknya dilakukan secara alami. Kamu bisa membuat jus dari buah pisang, apel atau jenis tumbuhan lain yang kaya akan serat.

Cara Kerja Minuman Prebiotik dalam Tubuh

bubuk minuman prebiotik

Cara kerja minuman prebiotik cukup simpel. Ketika masuk ke dalam usus, maka prebiotik akan akan dicerna oleh probiotik sehingga pertumbuhanya dapat terpacu.

Bakteri baik akan menekan populasi bakteri jahat dalam saluran cerna. Proses fermentasi (cerna) bahan minuman dan makanan di saluran cerna akan berjalan lancar.

Jika sistem pencernaan dalam kondisi sehat, maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Terjadinya hal itu adalah karena prebiotik dapat menstimulasi produksi asam lemak rantai pendek. Asam lemak tersebut bertanggung jawab pada sistem kekebalan tubuh.

Meski minuman di atas diperlukan sebagai asupan makanan untuk bakteri tetapi tidak boleh berlebihan. Jika ini dilakukan secara mendadak dalam jumlah banyak akan menimbulkan efek kembung dan meningkatkan produksi gas di dalam tubuh.

Bahkan orang yang punya masalah dengan usus juga disarankan mengkonsumsi secara bertahap. Jadi di awal-awal sebaiknya sedikit demi sedikit agar usus tidak mengalami iritasi dan organ ini tetap terjaga dengan baik.

Perbandingan Minuman Prebiotik dan Probiotik

prebiotik vs probiotik

Dalam dunia kesehatan sering kali ditemukan istilah prebiotik dan probiotik. Banyak orang yang menyamakan diantara keduanya padahal ada banyak sisi yang membedakan antara minuman prebiotik dan probiotik.

Pada probiotik, minuman yang diminum berupa mikroorganisme hidup agar usus bisa tetap sehat. Sedangkan pada prebiotik, jenis minumannya mengandung serat tinggi agar mikroorganisme itu tetap hidup di dalam usus.

Perbedaan lain juga terdapat pada tempat penyimpananya dimana probiotik itu lebih khusus. Minuman tersebut harus disimpan dengan suhu dan tingkat keasaman khusus agar mikroorganisme tetap hidup.

Sedangkan pada prebiotik, minuman ini tidak memerlukan tempat khusus ketika disimpan dalam waktu tertentu. Lalu minuman pada probiotik umumnya telah difermentasi secara khusus oleh tenaga ahli.

Sedangkan pada prebiotik, minuman tersebut berupa serat alami dan tanpa perlu dilakukan fermentasi. Kemudian, minuman probiotik memiliki fungsi mengusir bakteri jahat secara langsung dengan cara mendominasi dari sisi jumlah.

Sedangkan pada minuman prebiotik, bakteri jahat ini diusir dengan menciptakan keasaman tertentu hingga akhirnya mati dengan sendiri. Untuk lebih jelasnya berikut tabel perbandingan antara probiotik dan prebiotik:

Beberapa Contoh Prebiotik selain Minuman

Prebiotik tidak hanya tersedia dalam bentuk minuman tetap bisa berupa beberapa hal. Namun dari sisi fungsinya tetap saja sama yaitu mengembangbiakkan bakteri hidup dan membunuh bakteri jahat.

Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan terkait contoh prebiotiknya:

Suplemen prebiotik

minuman prebiotik adalah

Untuk kategori suplemen ada beberapa jenis yang bisa kamu coba yuk simak ulasannya berikut ini:

Liprolac Baby and Kids

Salah satu suplemen terbaik untuk prebiotik ini dapat ditemui pada Liprolac. Jenis suplemen ini bentuknya cair dan kemasannya memiliki berat bersih 8 ml. Suplemen tersebut mengandung Bifidobacterium lactis yang baik untuk bayi dan anak.

Keunggulan dari produk tersebut diantaranya di produksi di Eropa sehingga standard kesehatannya tinggi. Tidak hanya itu, kualitas dari suplemen tersebut juga terjamin oleh GRAS (FDA) dan EFSA (QPS).

Untuk harganya cukup bervariasi dan khusus untuk Liprolac baby drop 8 ml sekitar 164 ribu. Produk tersebut bisa kamu beli di penjual ( Melayang Store) di Tokopedia dan harga berlaku hingga artikel ini ditulis pada 3 Juni 2022.

Beberapa komentar warganet terkait produk ini rata-rata positif dan banyak juga yang mendapatkan manfaat dari produk tersebut. Sehingga ketika bayi atau anak kamu mengalami pencernaan maka produk tersebut bisa dicoba.

Kekurangan dari produk tersebut tentu dari sisi harga yang tergolong cukup mahal. Sebab ukuran dari produk ini hanya 8 ml tetapi harganya mencapai ratusan ribu sehingga masih terbilang mahal.

Synbio

Jika produk sebelumnya untuk anak-anak tetapi Synbio lebih dikhususkan untuk orang dewasa. Suplemen ini berupa kapsul yang di dalamnya mengandung FOS (fructooligosaccharide) yang fungsinya untuk meningkatkan populasi bakteri.

Kelebihan dari minuman ini adalah suplemen prebiotik sekaligus probiotik untuk kesehatan pencernaan. Karena di dalamnya juga mengandung bakteri Lactobacillus acidophilus W22 dan Bifidobacterium longum W108 yang jumlahnya mencapai 5 miliar.

Jika tertarik, kamu bisa membeli suplemen ini di penjual (Kalbe Farma Official) di Shopee. Pada toko tersebut, produk ini dijual dengan harga 167 ribu dan berlaku hingga artikel ini ditulis pada tanggal 3 Juni 2022.

Banyak sekali review dari pengguna lain dimana produk ini memang dapat diterima dengan baik di masyarakat. Banyak orang yang mendapatkan manfaat dari produk ini dan terbukti membuat pencernaannya menjadi lancar dan menyehatkan tubuh.

Untuk kekurangannya, kapsul ini tidak boleh digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Sebab di dalamnya terdapat bakteri baik dalam jumlah yang banyak dan ini kurang baik untuk wanita tersebut.

Rillus

Rillus juga sama seperti Synbio dimana selain untuk prebiotik juga probiotik bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, suplemen ini bentuknya tablet kunyah dimana untuk mengkonsumsi tidak perlu menggunakan air dan tinggal dikunyah.

Kelebihan produk tersebut mengandung FOS (frukto oligosakarida) agar bakteri bisa berkembang dengan baik. Selain itu, bakteri yang ada di dalamnya tidak hanya dua melainkan ada 3 jenis dan jumlahnya sangat banyak.

Produk ini sangat mudah didapatkan dan kamu bisa membelinya di penjual ( Sahabat Kesehatan) di Tokopedia. Pada toko tersebut, Rillus dijual dengan harga 270 ribu dan berlaku hingga 3 Juni 2022.

Dari banyak review yang ada, Rillus juga punya manfaat yang besar dalam membuat usus menjadi sehat. Selain itu, mereka juga mengatakan jika efek sampingnya tidak berbahaya bagi tubuh.

Dari sisi kekurangan, Rillus harus sesuai resep dokter ketika ingin di konsumsi. Selain itu, produk ini juga tidak boleh digunakan untuk ibu hamil dan menyusui karena kandungannya membahayakan pada janin atau bayi.

Sayuran yang mengandung prebiotik

Bagi kamu yang kurang suka dengan suplemen berbahan kimia maka bisa menggunakan sayur-sayuran. Banyak jenis sayur yang memiliki manfaat untuk prebiotik dan membuat bakteri baik semakin berkembang.

Berikut beberapa sayuran yang mengandung prebiotik terbaik dan bisa kamu coba di rumah:

Bawang Putih

Bawang putih atau Allium sativum bisa menjadi opsi untuk memperkuat bakteri baik di dalam usus. Sayuran ini dipilih karena di dalamnya memiliki kandungan inulin dan memiliki manfaat untuk mendukung bakteri baik

Kelebihan dari bawang putih ini sangat mudah didapatkan dan harganya juga terjangkau. Sedangkan untuk kekurangannya, bawang putih memiliki bau yang begitu menyengat dan rasanya kurang enak jika dimakan saat mentah.

Untuk masalah review, sayuran ini tidak perlu diragukan lagi karena memang sudah menjadi obat sejak ratusan tahun lalu. Bahkan obat alami ini tidak hanya untuk usus melainkan bisa memperkuat imun tubuh.

Jika kamu ingin menggunakan sebagai prebiotik lebih baiknya dimasukkan dalam masakan. Cara ini cukup efektif karena bau dari bawang ini akan hilang seiring dengan banyaknya bahan lain pada masakan tersebut

Gandum

Jika bawang putih kurang disukai karena baunya maka kamu bisa menggunakan gandum. Triticum (nama latin gandung) dinilai memiliki serat yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan usus.

Di dalamnya mengandung serat beta-glukan dan pati resisten serta berbagai kandungan lainnya. Semua kandungan ini dinilai sangat baik untuk usus dan bisa membuat bakteri baik semakin berkembang.

Gandum juga sama seperti bawang putih dimana sudah banyak digunakan oleh orang terdahulu sebagai pengobatan alami. Karena tanpa bahan kimia itulah maka gandum sangat cocok untuk minuman prebiotik.

Untuk mengolahnya, kamu bisa memasak atau membeli yang sudah dalam bentuk kemasan. Dengan untuk pencernaan, gandung juga mampu mengontrol gula darah didalam tubuh agar tetap normal.

Buncis

Buncis atau Phaseolus vulgaris tergolong sayuran dengan serat tinggi. Bahkan dalam 100 gram buncis terdapat 12,2 gram serat dan sayuran ini juga memiliki kandungan FODMAP rendah.

FODMAP (Fermentable Oligo, Disakarida, Monosakarida, serta Poliol) merupakan senyawa yang sulit diterima oleh usus. Karena kandungannya sangat lemah maka bisa dikonsumsi oleh semua orang termasuk yang memiliki riwayat pencernaan kronis.

Karena tergolong bahan alami maka buncis juga banyak digunakan untuk pengobatan usus dan memperkuat imun tubuh. Tidak hanya itu buncis juga mudah didapatkan di berbagai tempat dan bisa dimasak dengan bahan lain di dapur.

Sedangkan dari sisi kekurangannya adalah buncis mengandung oksalat yang tinggi. Kandungan ini sangat berbahaya jika berlebihan khususnya pada ginjal dan bisa membentuk kelainan pada organ tubuh tersebut.

Makanan yang mengandung prebiotik

Jenis makanan yang termasuk dalam prebiotik, prosesnya dilakukan secara alami dan tanpa menggunakan fermentasi. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa makanan yang mengandung prebiotik:

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang di dalamnya memiliki kandungan vitamin dan serat yang tinggi. Dengan kandungan tersebut maka buat ini sering dijadikan sebagai sumber prebiotik untuk tubuh.

Manfaat dari buah ini tidak sekedar membuat usus menjadi sehat tetapi bisa digunakan untuk penyakit anemia, hipertensi, dll. Tidak hanya itu, variannya pun sangat banyak mulai dari pisang emas, pisang agung, dll sehingga bisa memilih sesuai keinginan.

Kamu bisa mendapatkan pisang ini di berbagai tempat termasuk pasar atau yang lainnya. Untuk harganya tergantung jenis yang dipilih dan rata-rata berkisar di 15 ribu hingga 30 ribu per sisirnya hingga artikel ini ditulis pada tanggal 3 Juni 2022.

Dalam dalam mengkonsumsinya tidak boleh berlebihan karena ada efek samping dari buah tersebut. Diantaranya meningkatkan berat badan, merangsang sakit kepala dan meningkatkan kadar gula di dalam tubuh.

Kurma

Kurma (dactylifera phoenix) merupakan salah satu makanan yang mempunyai fungsi prebiotik bagi tubuh. Buah dari semenjung arab ini memiliki warna yang beragam mulai dari coklat terang hingga hitam.

Buah satu ini mengandung gula alami dan kaya akan serat di setiap bagiannya. Selain itu ada juga asam amino yang semuanya mempunyai fungsi mampu meningkat dan memberi asupan pada mikroorganisme baik di dalam tubuh.

Kelebihan dari buah tersebut memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh. Diantaranya menyehatkan kulit, jantung dan mampu menangkal berbagai radikal bebas.

Meski manfaatnya besar tetapi kurma juga memiliki kekurangan jika dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya memicu kegemukan, diabetes dan merusak sistem pencernaan pada tubuh.

Untuk membelinya juga telah ada di berbagai supermarket atau di Indomaret dan Alfamart. Bahkan di pasar tradisional pun kurma juga banyak dijual khususnya bulan suci ramadhan.

Untuk harganya juga bervariasi dan tergantung pada jenis kurma dan kemasannya. Misalnya kurma Sukari Madinah di Tokopedia, dijual dengan harga 21 ribu per 100 gram dan ini berlaku hingga artikel ini ditulis pada 4 Juni 2022.

Kurma ini disarankan dimakan secara langsung dan sebaiknya dilakukan sebelum makan. Cara seperti ini akan membuat usus lebih sehat dan mampu membunuh bakteri jahat di dalam tubuh.

Apel

Apel (Namus) merupakan buah yang juga memiliki manfaat untuk kesehatan usus di dalam tubuh. Buah ini mengandung pektin dan polifenol serta memiliki 50% serat alami dan berbagai kandungan lainnya.

Kelebihan dari buah ini adalah membantu memelihara dan mendorong bakteri baik di dalam tubuh. Selain itu, apel juga mampu menurunkan resiko diabetes, dan juga membuat berat badan tubuh menjadi ideal.

Sedangkan dari sisi kekurangan, buah apel bisa merusak gigi jika dilakukan secara berlebihan. Selain itu, apel juga mampu meningkatkan kadar gula darah dan akhirnya mengakibatkan diabetes.

Untuk harganya juga bervariasi dan tergantung dari jenisnya baik itu apel fuji atau hijau. Untuk apel fuji, kamu bisa membelinya di Tokopedia dan di toko tersebut dijual dengan harga 38 ribu dan pengiriman dari kota Medan dan berlaku hingga artikel ini ditulis pada tanggal 4 Juni 2022.

Untuk proses penyajiannya, kamu bisa memotong buah ini lalu di buat jus. Agar rasanya semakin nikmat disarankan menggunakan susu dan diminum 1 kali sehari setelah makan.

Kacang Kenari

Kacang kenari (Canarium vulgare Leenh) di dalamnya mampu membuat kumpulan mikroba. Bahkan dengan setengah cangkir sehari ini, semua bakteri baik ini akan meningkat secara signifikan.

Selain untuk prebiotik, kacang kenari juga berperan sebagai probiotik karena mampu menumbuhkan bakteri. Selain itu, kacang ini juga membuat jantung menjadi sehat dan menurunkan resiko terjadi penyakit kanker.

Meski kaya akan manfaat namun kacang kenari juga memiliki efek samping jika dikonsumsi lebih dari 1 ons per hari. Salah satunya bisa membuat perut kembung, diare, mual dan gatal pada mulut.

Untuk harganya, kacang kenari di berbagai daerah cukup berbeda dan kamu juga bisa membelinya secara online. Salah satu penjual (Atoz Ingredients) di Tokopedia menjual kacang kenari dengan harga 65 ribu per 250 gram ( berlaku hingga artikel ini ditulis pada 4 Juni 2022).

Untuk proses pengolahannya, kamu bisa menggoreng kacang kenari ini secara langsung. Namun bagi kamu yang bisa membuat kue pukis maka kacang kenari bisa juga dijadikan sebagai bahan utamanya.

Madu

Madu masuk dalam kategori jenis minuman yang punya manfaat baik untuk pencernaan. Karena ada hubungannya dengan pencernaan muncul pertanyaan terkait madu ini tergolong prebiotik atau probiotik.

Madu diketahui mengandung oligosakarida yang mempunyai peran antibakteri alami. Dengan demikian, mengkonsumsi madu akan menghasilkan asam lemak rantai pendek.

Karena manfaatnya seperti itu otomatis madu perannya memberi makan bakteri baik di dalam usus. Dengan demikian madu perannya lebih prebiotik daripada probiotik di dalam tubuh manusia.

Alasan lainnya juga pada madu tidak ada mikroorganisme yang dimasukkan saat akan dikonsumsi. Malah di dalam madu mengandung antioksidan dan antibakteri untuk membasmi bakteri jahat.

Macam-macam Merek Minuman Prebiotik di Pasaran

Liprolac

Ada berbagai brand untuk prebiotik diantaranya adalah Liprolac. Jenis suplemen ini dikhususkan untuk bayi dan anak kecil agar proses pencernaan lancar dan membuat tubuhnya segar bugar.

Brand ini memiliki dua jenis suplemen yaitu Liprolac Baby dan Liprolac Kids. Karena untuk anak maka Liprolac ini bentuknya sirup tetes dan dosis setiap anak berbeda-berbeda tergantung usianya

Khusus Liprolac Baby dengan usia kurang dari 1 tahun maka harus dengan resep dokter. Sedangkan untuk usia di atas itu hingga 3 tahun maka dosisnya 6 tetes dan diminum 1 kali sehari.

Hingga saat ini dari berbagai review yang ada, produk ini tidak ada efek samping pada anak atau bayi. Namun setelah diminum suplemen ini akan muntah atau diare maka hendaknya dihentikan dan segera dikonsultasikan dengan dokter.

Synbio

Synbio merupakan suplemen yang berupa kapsul dan juga dikhususkan untuk anak-anak. Kapsul ini selain untuk prebiotik juga probiotik karena di dalamnya terdapat bakteri Lactobacillus acidophilus, Bifidobacterium longum.

Produk buatan Kalbe Farma ini umumnya dikhususkan untuk anak berumur 1 tahun hingga 12 tahunnya. Untuk dosisnya berbeda-beda dan disarankan harus dengan resep dokter agar lebih aman saat diminum.

Minuman ini juga aman diminum bagi ibu menyusui dimana saat anak berusia 1 hingga 2 tahun. Untuk anak di atas itu maka kapsul dari suplemen ini bisa ditumbuk hingga halus lalu dicampurkan pada air.

Untuk efek samping, produk ini tergolong aman karena hingga kini tidak ada review negatif dari penggunanya. Sehingga ketika anak sedang ada masalah pencernaan maka kapsul ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mengobatinya.

Rillus

Untuk brand lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mengobati pencernaan adalah Rillus. Suplemen ini sama dengan Synbio hanya saja bentuk dari kapsul pada Rillus bisa dikunyah oleh anak atau ibu menyusui.

Karena sama dengan Sybio maka Rillus juga bisa berperan sebagai prebiotik dan probiotik. Namun kandungan FOS ( frukto oligosakarida) mampu membuat bakteri baik bisa berkembang dengan baik dan menyehatkan pencernaan.

Untuk dosis dan penggunaan sebaiknya harus dengan resep dokter agar lebih aman. Umumnya Rillus ini dikonsumsi sebanyak 1 kali sehari dan bisa dilakukan sebelum atau sesudah makan.

Rillus dari berbagai review pengguna ada efek sampingnya meskipun tidak parah. Diantaranya membuat anak mual hingga diare dalam beberapa hari pemakaian obat kunyah tersebut.

Penutup

Minuman prebiotik merupakan jenis minuman untuk memberi asupan bakteri baik di dalam usus. Minuman ini bisa kamu dapatkan dari berbagai sayuran, buah-buahan, biji-bijian atau suplemen dan vitamin.

Banyak sekali suplemen yang bisa ditemukan namun rata-rata memang untuk bayi dan anak-anak. Dari sisi harga suplemen tersebut tergolong cukup mahal dan bisa berupa obat tetes atau kapsul kunyah.

Sedangkan untuk orang dewasa untuk membuat usus lebih sehat bisa dilakukan dengan minuman alami. Minuman tersebut bisa ditemukan pada kacang penari, apel, pisang, bawang putih dan berbagai sayuran lainnya.

Khusus untuk yang berupa buah bisa di jus dan dicampurkan dengan susu agar saat diminum rasanya enak dan nikmat. Sedangkan yang berupa sayuran bisa ditambahkan pada masakan dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

Referensi

  • https://nusantics.com/blog/pentingnya-probiotik-dan-prebiotik-untuk-kesehatan
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/probiotik-dan-prebiotik-apa-bedanya/
  • https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/gizi-balita/cara-kerja-prebiotik-imun-anak/
  • https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1508147/membedakan-minuman-probiotik-dan-prebiotik
  • https://www.kalbemed.com/product/74
  • https://www.tokopedia.com/shipment/liprolac-baby-drop-kalbe-kalbe-ethical-customer-care-tetes-immune-exp-bawah-1thn
  • https://mommiesdaily.com/2022/01/09/10-rekomendasi-suplemen-probiotik-dan-prebiotik-untuk-kesehatan-usus/
  • http://www.annisaputri.com/2021/10/17/liprolac-sahabat-cerna-anak/
  • https://shopee.co.id/Synbio-30-Kapsul-Suplemen-Probiotik-dan-Prebiotik-Dewasa-i.17326605.931361741
  • https://sahabatkecc.com/product/synbio-suplemen-kapsul-sinbiotik-menjaga-kesehatan-pencernaan-anda/
  • https://www.k24klik.com/p/synbio-capsul-1383
  • https://www.tokopedia.com/sahabatkesehatan/rillus-30-tablet-kunyah-probiotik-dan-prebiotik
  • https://sahabatkecc.com/product/rillus-tablet-kunyah-sinbiotik-menjaga-kesehatan-pencernaan-anda/
  • https://www.orami.co.id/magazine/makanan-prebiotik
  • https://doktersehat.com/gaya-hidup/gizi-dan-nutrisi/makanan-prebiotik/
  • https://www.fimela.com/lifestyle/read/4191837/bawang-putih-alternatif-untuk-mengatasi-masalah-usus
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-buncis-untuk-kesehatan/
  • https://mommyasia.id/10905/article/kaya-manfaat-untuk-kesehatan-ketahui-juga-efek-samping-buncis-jika-dim
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-buncis-untuk-kesehatan/
  • https://www.katadokter.web.id/2019/02/efek-samping-makan-buncis-bagi-kesehatan-tubuh.html
  • https://www.liputan6.com/on-off/read/4611803/tahukah-anda-air-madu-bisa-melancarkan-pencernaan-yuk-simak-penjelasannya
  • https://hellosehat.com/pencernaan/pencernaan-lainnya/manfaat-madu-untuk-pencernaan/
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3083007/6-manfaat-madu-bagi-kesehatan-pencernaan-anda
  • https://www.alodokter.com/sehat-tiap-hari-berkat-manfaat-pisang
  • http://p2ptm.kemkes.go.id/artikel-sehat/khasiat-dan-manfaat-pisang
  • https://katadata.co.id/intan/berita/61c55332e6b58/8-manfaat-buah-pisang-kandungan-dan-efek-sampingnya-untuk-kesehatan
  • https://www.tribunnews.com/kesehatan/2010/08/18/manfaat-kurma-untuk-tubuh
  • https://www.tokopedia.com/divashop475/kurma-sukari-madinah-premium-1kg-250g
  • https://www.popmama.com/life/health/angga-prayudhatama/manfaat-dari-kandungan-vitamin-buah-apel
  • https://www.popmama.com/life/health/angga-prayudhatama/manfaat-dari-kandungan-vitamin-buah-apel/8
  • https://www.tokopedia.com/gh-market/apel-fuji-buah-kualitas-premium-segar-cantik-wangi
  • https://www.suara.com/health/2021/01/21/153401/jangan-makan-apel-lebih-dari-2-kali-sehari-ini-6-efek-sampingnya?page=all
  • https://www.medcom.id/rona/kesehatan/0k8jp99N-rutin-konsumsi-kacang-kenari-tingkatkan-kinerja-usus
  • https://rimbakita.com/pohon-kenari/
  • https://cookpad.com/id/cari/kacang%20kenari%20goreng
  • https://nakita.grid.id/read/022777915/bukannya-bikin-sehat-ternyata-mengonsumsi-kenari-secara-berlebihan-justru-berbahaya-dan-bisa-memicu-penyakit-ini
  • https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/29/140200823/5-makanan-sehat-untuk-mencegah-gangguan-pencernaan?page=all
  • http://p2ptm.kemkes.go.id/artikel-penyakit/4-jenis-makanan-ini-bisa-cegah-kanker-usus-besar
  • https://www.alodokter.com/kanker-usus-besar
  • https://www.alodokter.com/ketahui-beda-probiotik-dan-prebiotik-serta-manfaat-keduanya
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-prebiotik/
  • https://www.growhappy.co.id/article/manfaat-inulin-untuk-anak
  • https://www.cdr.co.id/kesehatan-tulang/fungsi-kalsium-bagi-tubuh-penting-untuk-tulang
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3203240/inilah-manfaat-makanan-berserat-untuk-kesehatan-kulit-wanita
  • https://www.klikdokter.com/obat/liprolac
  • https://www.klikdokter.com/obat/synbio
  • https://www.klikdokter.com/obat/rillus
5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk informasi produk dan penawaran harga maklon terbaru