fbpx

Peluang Usaha Minuman Serbuk Jeruk dan Analisa Brand di Pasaran

minuman jeruk serbuk
Peluang Usaha Minuman Serbuk Jeruk dan Analisa Brand di Pasaran 1

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang sadar akan gaya hidup sehat, memungkinkan banyak juga kebutuhan akan makanan atau minuman yang menyehatkan. Salah satunya yang mengandung Vitamin C, dimana memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Secara langsung dengan banyaknya peminat minuman dengan kandungan Vitamin C membuat kebutuhan akan produk makanan atau minuman vitamin C juga meningkat. Sebut saja minuman serbuk jeruk yang sudah pasti mengandung vitamin C. 

Melansir dari Halodoc, minuman bubuk buah jeruk memiliki banyak manfaat, seperti melindungi kulit, menurunkan kolesterol, mendukung kesehatan jantung, menjaga kesehatan ginjal, dan mencegah anemia. 

Jika Anda tertarik untuk membuat usaha bisnis minuman serbuk jeruk, berikut beberapa peluangnya. 

Baca juga: Cara Analisa Pasar Untuk Bisnis Minuman Thai Tea

Inspirasi Minuman Serbuk Jeruk dan Peluangnya

1. Minuman jeruk serbuk

Saat ini banyak orang mencari peluang usaha yang menjanjikan dengan modal terjangkau. Salah satu usaha minuman yang dapat Anda coba adalah minuman jeruk serbuk dalam kemasan sachet.

Sebagai salah satu powder drink, minuman serbuk akan terus tumbuh marketnya. Laporan Future Market Insight menyebutkan pertumbuhannya akan meningkat dengan CAGR sebesar 3 – 4% selama periode tahun 2022 – 2032.

Sementara itu, nilai pasar jus jeruk juga diperkirakan akan meningkat dengan CAGR sekitar 2,4% selama periode tahun 2023 – 2032 (Market Research)

Minuman jeruk serbuk dibuat dari ekstrak buah jeruk segar berkualitas tinggi yang kemudian dikeringkan dan dicampur dengan bahan-bahan pilihan seperti gula dan asam alami. Hasilnya adalah serbuk jeruk dengan rasa manis dan segar yang siap dinikmati kapan saja.

Menjalankan usaha jus serbuk jeruk sangat menjanjikan karena pasarnya yang luas mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, produksinya juga cukup mudah dilakukan dengan modal terjangkau. Anda dapat membuat berbagai varian rasa seperti jeruk lemon, jeruk nipis, hingga jeruk mandarin.

Jadi, jika Anda tertarik mencoba peruntungan di bisnis jus serbuk, jus jeruk bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Sirup jeruk

Selain jus serbuk, usaha sirup jeruk juga sangat potensial untuk digeluti.

Berdasarkan laporan riset dari Precedence Research, nilai pasar global untuk produk sirup rasa diperkirakan akan naik dari 53,1 miliar dolar di tahun 2022 menjadi 77,77 miliar dolar di tahun 2032. Artinya, ada peluang pertumbuhan sebesar 3,89% tiap tahunnya pada kurun waktu tersebut.

Sementara itu, nilai pasar global buah jeruk sendiri pada 2021 mencapai 7,25 miliar dolar dan diprediksi terus meningkat hingga 2030 dengan laju pertumbuhan 4,3% per tahun menurut Polaris Market research.

Dengan melihat prospek yang positif dari data-data di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa usaha sirup jeruk memiliki potensi yang cukup menjanjikan. Produk ini bisa dimanfaatkan untuk aneka keperluan seperti pemanis minuman, campuran kue dan puding, serta bahan es krim. Hal ini tentu akan makin mendorong permintaan yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

3. Minuman soda rasa jeruk

Selain beberapa varian minuman serbuk jeruk sebelumnya, usaha minuman bersoda rasa jeruk juga bisa menjadi pilihan menarik untuk dicoba.

Minuman jenis ini mengadaptasi teknologi pengolahan minuman soda atau soft drink, lalu ditambahkan ekstrak jeruk asli di dalamnya. Sehingga menghasilkan rasa buah jeruk yang segar dan menyegarkan dengan tekstur bergelembung khas minuman bersoda.

Prospek usaha minuman bersoda rasa jeruk juga terbilang sangat cerah. Berdasarkan laporan Precedence Research, nilai pasar minuman bersoda global saat ini mencapai 442 miliar dolar dan diprediksi bakal tembus 654 miliar dolar pada 2032 dengan pertumbuhan 4% per tahun.

Sementara itu, nilai pasar buah jeruk global sendiri diperkirakan terus meningkat hingga 2030 dengan laju 4,3% per tahun menurut Polaris Market research.

Dengan berbagai faktor positif tersebut, maka dapat dikatakan usaha minuman bersoda rasa jeruk memiliki potensi dan peluang pasar yang sangat besar serta menjanjikan di masa mendatang. Apalagi produk ini juga lebih sehat karena mengandung vitamin dari jeruk.

4. Boba jeruk 

Selain beberapa varian sebelumnya, usaha minuman boba rasa jeruk juga patut Anda pertimbangkan.

Boba jeruk merupakan adaptasi kreasi minuman boba, yaitu dengan menambahkan ekstrak jeruk baik sebagai perasa jelly boba maupun topping buah jeruk segar di atasnya.

Prospek usaha minuman jenis ini juga terbilang sangat menjanjikan. Dilansir Impactful Insight, nilai pasar global minuman boba diperkirakan akan melompat dari 2,6 miliar dolar pada 2023 menjadi 4,6 miliar dolar pada 2032. Artinya, terdapat potensi pertumbuhan sekitar 6,5% per tahun pada rentang waktu tersebut.

Sementara nilai pasar global buah jeruk sendiri juga diprediksi terus meningkat hingga 2030 dengan laju 4,3% per tahun menurut Polaris Market research.

Selain prospek pasarnya yang cerah, minuman boba rasa jeruk juga sangat diminati hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, karena rasanya yang lezat, sehat, dan beragam.

Analisa Persaingan Pasar Berdasarkan Brand

Berdasarkan data riset, minuman bubuk rasa jeruk menjadi salah satu minuman instan paling digemari masyarakat Indonesia. Terlihat dari penjualannya yang terus meningkat pesat dari tahun ke tahun.

Beberapa kompetitor minuman serbuk rasa jeruk antara lain Nutrisari, Floridina, You C1000 orange water, dan Buavita orange.

1. Nutrisari

Peluang Usaha Minuman Serbuk Jeruk dan Analisa Brand di Pasaran 3

Nutrisari adalah pelopor minuman serbuk rasa buah-buahan pertama di Indonesia. Diluncurkan pada tahun 1979 oleh PT Nutrifood, Nutrisari fokus menggunakan ekstrak buah-buahan asli tanpa pengawet buatan. Sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

Hal ini terlihat dari penjualan minuman rasa jeruk bubuk yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Penjualan serbuk minuman rasa jeruk merk Nutrisari mengalami peningkatan berturut-turut selama 5 tahun dari 2010 hingga 2014. Nutrisari berhasil mencapai target penjualan sebesar 4.000 lusin selama rentang waktu tersebut menurut penelitian dari Unissula Repository.

Minuman serbuk rasa jeruk Nutrisari dikemas praktis dalam sachet sehingga bisa dinikmati di mana saja dan kapan saja. Selain itu, produk ini juga sudah memenuhi 100% Angka Kebutuhan Gizi (AKG) vitamin C agar dapat menjaga daya tahan tubuh. Kandungan gizinya yang lengkap menjadi faktor pembeda Nutrisari di pasaran.

Hingga kini setelah lebih dari 40 tahun, Nutrisari masih menjadi favorit dan kepercayaan masyarakat Indonesia sebagai minuman serbuk rasa buah berkualitas. Tentu menjadi bukti keberhasilan dan kualitas produknya selama ini.

2. Floridina 

Peluang Usaha Minuman Serbuk Jeruk dan Analisa Brand di Pasaran 5

Floridina diproduksi oleh PT Wings Food sejak 1992 dengan mengusung jeruk Florida asli dan berkualitas sebagai bahan bakunya. Minuman serbuk ini dikemas dengan desain praktis dan trendi agar mudah dikonsumsi dimana saja dan kapan saja. 

Data historis menunjukkan penjualan Floridina terus meningkat dari tahun ke tahun. Contohnya tercatat sudah naik dari 4,6% (2016) menjadi 5,6% (2017) berdasarkan data Perbanas Institutional Repository.

Selain desain kemasannya yang menarik, Floridina juga dikenal memiliki kandungan nutrisi tinggi. Khususnya vitamin C yang setara dengan 2 buah jeruk asli dalam tiap kemasan. Rasanya yang segar menambah minat konsumen menikmatinya setiap hari.

3. You C1000 Orange Water

Peluang Usaha Minuman Serbuk Jeruk dan Analisa Brand di Pasaran 7

You C1000 Orange Water diproduksi oleh perusahaan minuman PT Djojonegoro. Minuman bubuk rasa jeruk ini menjadi salah satu produk andalannya.

Keunggulan You C1000 Orange Water terletak pada kandungan vitamin C-nya yang tinggi, yaitu 1000 mg tiap kemasan. Tentu sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap bugar dan terhindar dari penyakit.

Selain itu, minuman ini dikemas secara modern dan trendi dengan desain minimalis agar mudah dan nyaman dibawa. Menjadi alternatif masyarakat perkotaan yang ingin mendapat asupan jeruk bervitamin setiap hari namun dengan gaya praktis.

4. Buavita Orange

Peluang Usaha Minuman Serbuk Jeruk dan Analisa Brand di Pasaran 9

Buavita Orange adalah produk minuman kemasan dari raksasa konsumen Unilever Food Solutions. Buavita dikenal mengutamakan kesegaran rasa buah asli, yaitu ekstrak jeruk peras premium tanpa pengawet dan pemanis buatan.

Melansir dari Alodokter, kandungan gizinya sangat lengkap, dari vitamin A, B1, B2, B3, B6, sampai vitamin C dan mineral bermanfaat seperti kalium yang bisa memelihara stamina dan energi. Nutrisi Buavita Orange sangat cocok bagi para pekerja aktif agar tetap prima dalam beraktivitas.

Selain rasanya yang alami, Buavita juga ramah lingkungan dengan menggunakan kemasan karton sekali pakai alih-alih plastik. Memberikan manfaat lebih bagi pembeli yang peduli keberlanjutan Bumi.

Dengan melihat tren positif ini, maka dapat disimpulkan bahwa usaha minuman bubuk rasa jeruk masih akan terus tumbuh dan berkembang ke depannya. Adanya peningkatan daya beli masyarakat dan perubahan gaya hidup mendorong permintaan akan produk ini.

Maklon minuman serbuk Nutrisius bisa membantu memenuhi kebutuhan bisnis Anda sebagai suplier minuman jeruk serbuk yang formulasinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Artikel Lainnya

Ada Pertanyaan? 

Jika ada yang kurang jelas tentang cara maklon di perusahaan kami, maka silakan hubungi kami atau kunjungi pabrik kami di Bogor (Google Maps).