
Minuman bubuk taro adalah jenis minuman instan berbentuk bubuk yang berasal dari umbi / talas ungu yang telah dikeringkan dan dihaluskan.
Taro sendiri merupakan tanaman talas yang biasa tumbuh di daerah tropis dengan ciri khas batang dan daunnya yang lebar serta berwarna ungu tua.
Kemudian, bubuk minuman taro memiliki rasa alami yang unik, aroma wangi yang khas daun taro dan tekstur minumannya yang cenderung agak kental mirip dengan susu.
Selain itu, melansir dari Halodoc, kandungan gizi yang terdapat di dalam taro sangatlah banyak, seperti serat, mangan, kalium, tembaga, fosfor, magnesium, vitamin C, mangan, vitamin E, dan vitamin B6.
Berbagai kandungan gizi tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari mengontrol gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga meningkatkan energi.
Table of Contents
Baca juga: Masalah yang Dihadapi Pemula Ketika Bisnis Minuman Serbuk
Macam-macam Inspirasi Bisnis Minuman Serbuk Taro
1. Taro Latte
Bagi yang tertarik jualan minuman kekinian ala cafe, Taro Latte bisa menjadi peluang menjanjikan. Anda bisa memakloonkan produksi taro latte bubuk ke pabrik minuman skala menengah. Kemudian setelah punya produk sendiri, mulailah memasarkannya ke kafe-kafe hits atau jual langsung ke konsumen via online.
2. Taro Brown Sugar
Variasi lain yang sedang viral adalah minuman brown sugar milk dengan tambahan bubuk taro. Anda bisa memaklonkannya lalu memasarkan lewat platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia agar mudah dibeli pembeli.
3. Taro Dalgona
Ingin coba jualan ala Korea? Dalgona atau honeycomb toffee coffee/tea sangat tren saat ini. Anda bisa membuat inovasi Dalgona Taro susu/kopi yang pasti digandrungi anak muda.
4. Taro Jelly Drink
Mainkan tekstur jelly atau boba di minuman serbuk Anda agar semakin seru rasanya. Contoh produk yang bisa jadi inspirasi misalnya Jelatto Taro Jelly atau Xing Fu Tang Taro Brown Sugar Boba.
5. Taro Milk Tea
Kalau ingin rasa taro berpadu dengan teh susu/milk tea, maka jenis ini paling recommended. Ketika disajikan, Anda dapat menambahkan topping boba atau jelly agar lebih seru rasanya.
6. Taro Choco Malt
Sesuai namanya, minuman satu ini mengusung perpaduan unik antara coklat, malt/milo, dan taro menjadi satu. Jenis minuman ini mungkin akan digandrungi oleh anak sekolah hingga pegawai kantoran.
7. Taro Greentea
Ingin rasa greentea tetap nikmat berpadu dengan taro? Jenis ini jawabannya. Dengan aroma matcha tidak terlalu strong sehingga taste taro-nya masih sangat terasa.
Analisa Pasar Pada Bisnis Minuman Serbuk Taro
1. Ukuran Pasar Saat Ini dan Potensi Pertumbuhan
Pasar minuman serbuk di Indonesia didominasi oleh teh dan kopi. Namun, minuman serbuk taro mulai populer karena rasa uniknya.
Menurut Future Market Insight, nilai pasar minuman serbuk secara global pada tahun 2022 mencapai 10 miliar dolar dan diperkirakan akan terus meningkat dengan CAGR sebesar 3 – 4% selama periode tahun 2022 – 2032.
Kemudian, nilai pasar taro secara global diperkirakan akan terus meningkat dari tahun 2023 – 2028 dengan peningkatan CAGR sebesar 3,5% (Mordor Intelegence).
Peningkatan nilai pasar taro terbesar diperkirakan akan terjadi di kawasan Asia Pasifik, salah satunya Indonesia.
2. Segmen Pasar yang Menjanjikan
Segmen penduduk kelas menengah perkotaan adalah yang paling potensial. Mereka terbiasa mencoba inovasi rasa minuman baru dan mampu membayar premium demi kualitas. Kelompok usia muda (18-30 tahun) juga menjanjikan karena tingkat adaptasi terhadap tren yang tinggi.
3. Preferensi dan Perilaku Konsumen
Survei menunjukkan alasan utama konsumsi taro adalah rasa unik, kesehatan, dan status simbol treni. Konsumen bersedia membayar 20-30% lebih mahal untuk taro dibanding teh/kopi. Perilaku pembelian didominasi melalui e-commerce dan minimarket.
Selain itu, dikutip dari DBD Powder (2022), minuman bubuk taro disukai oleh banyak orang, mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Bahkan minuman ini seringkali dijadikan sebagai sebagai minuman favorit.
Berdasarkan analisis data diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwasannya bubuk minuman taro memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan kedepannya.
4. Persaingan di Industri
Saat ini baru ada 2 merek besar taro bubuk di Indonesia dengan pangsa 80%. Ada potensi pertumbuhan dengan fokus pada inovasi rasa, kemasan menarik, strategi digital marketing, dan penetrasi area perkotaan yang belum digarap dengan baik oleh kompetitor saat ini.
Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai analisa dan peluang pasar bubuk minuman taro sebelum Anda memulai bisnisnya.


