Bisnis

Apa itu Powder Drink? Macam-macam Minuman Serbuk (Bubuk)

Diterbitkan pada

Telah diupdate pada

Ditulis oleh Melawati

Disupervisi oleh Melawati, Purwanto

Sebagai pengusaha, Anda tentu ingin mencari peluang usaha yang menjanjikan. Salah satu peluang yang dapat Anda pertimbangkan adalah bisnis powder drink (minuman serbuk).

Banyak pengusaha yang belum memahami apa itu bubuk minuman (powder drink) dan jenis-jenisnya. Namun, jangan khawatir. Di artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang pengertian dan jenis bubuk minuman, sehingga Anda dapat memahami potensi bisnis ini dengan lebih baik.

Setelah membaca artikel ini, Anda akan tahu apa saja jenis bubuk minuman yang paling populer di pasaran, serta berbagai tips dan trik untuk memulai bisnis bubuk minuman yang sukses. Jadi, mari kita mulai dengan mengenal lebih dalam tentang bubuk minuman.

Pengertian Powder Drink atau Minuman Serbuk

bubuk minuman, minuman serbuk atau powder drink

Sederhananya, powder drink adalah jenis minuman berbentuk bubuk atau serbuk yang perlu dilarutkan dengan air (dingin atau air panas) sebelum diminum. Powder drink juga dikenal sebagai minuman serbuk atau minuman instan dalam bentuk bubuk.

Dilansir dari laman www.foodsafetymagazine.com, powder drink artinya adalah produk minuman yang lebih sederhana karena tidak mengandung banyak air. Dengan berkurangnya kadar air, dapat membuat produk lebih tahan lama, menjaga stabilitas bahan, dan tidak mudah rusak akibat faktor mikrobiologi.

Menurut jurnal.unimus.ac.id, bubuk minuman instan atau powder minuman adalah produk olahan pangan yang berbentuk serbuk atau bubuk dan mudah larut dalam air, praktis dalam penyajian dan memiliki daya simpan yang lama.

Kadar air dalam powder drink cukup rendah. Karena berbentuk butiran serbuk, maka powder drink memiliki luas permukaan yang besar. Proses penyajiannya memerlukan energi panas yang bertujuan untuk menguapkan air dan menghilangkan air sehingga kadar airnya berkurang.

Jenis produk powder minuman ini dikenal tahan lama, cepat saji, praktis, dan mudah dalam pembuatannya. Kita hanya perlu menambahkan air kemudian minuman instan bisa langsung diminum.

Cara penyajiannya dengan melarutkan produk powder drink dengan air panas atau air biasa. Untuk menjaga kualitas powder drink, penambahan bahan maltodekstrin dengan tujuan mencegah kerusakan bahan akibat udara panas dan karakteristik mutu minuman.

Baca juga artikel tentang bagaimana proses produksi powder drink di pabrik bubuk minuman.

Macam-macam Minuman Serbuk (Powder Drink)

Macam-macam minuman serbuk (bubuk) yang tersedia di pasaran Indonesia antara lain adalah kopi, coklat, teh, minuman buah, dan minuman dengan rasa unik lainnya.

Minuman bubuk, seperti kopi dan coklat, sendiri memang sedang menjadi tren di Indonesia sehingga tak heran bila banyak pebisnis yang mulai melirik bisnis ini.

Bubuk Minuman Tradisional

Menurut SNI 01-4320-1996, yang dimaksud dengan bubuk minuman tradisional adalah produk bahan minuman berbentuk serbuk atau granula yang dibuat dari campuran gula dan rempah-rempah dengan atau tanpa penambahan bahan makanan lain dan bahan tambahan makanan yang diizinkan.

Dilansir dari laman registrasi pangan Badan POM, kategori minuman tradisional meliputi :

  • Minuman jahe
  • Minuman sekoteng
  • Minuman bandrek
  • Serbuk minuman tradisional

Minuman tradisional dapat berbentuk cair (minuman) dan serbuk (seduhan).

Jika produk sudah diatur pada sub kategori misal Serbuk minuman jahe, dapat dimasukkan ke dalam kategori serbuk minuman jahe.

Jika produk belum diatur pada sub kategori tersebut maka dimasukkan dalam minuman tradisional (bentuk cair maupun serbuk).

Bubuk Minuman Instan

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, definisi bubuk minuman instan adalah produk minuman dalam bentuk bubuk yang diperoleh dari campuran bahan pangan, dengan perisa (alami, identik alami, tiruan) dengan atau tanpa pemanis.

Bila anda bisnis minuman serbuk, maka anda perlu tahu SNI Minuman Serbuk. Berikut adalah jenis uji dan persyaratan minuman serbuk menurut SNI 01-4320-2004.

Jenis Uji
Persyaratan
Warna
Normal
Bau
Normal
Rasa
Normal
Air
Maksimal 3%
Abu
Maksimal 1,5%
Jumlah gula
Maksimal 85%
Bahan tambahan makanan
Pemanis buatan
Sakarin
Tidak ada
Siklamat
Tidak ada
Pewarna tambahan
Sesuai SNI 01-0222-1995
Cemaran logam
Maksimal 0,2 mg/Kg
Timbal
Maksimal 2 mg/Kg
Tembaga
Maksimal 5 mg/Kg
Seng
Maksimal 40 mg/Kg
Arsen
Maksimal 0,1 mg/Kg
Cemaran mikroba
3 x 103 koloni/g
Angka Lempeng Total
<3 APM/g
Koliform
Sumber : SNI 01-4320-2004

Salah satu pabrik bubuk minuman yang memproduksi minuman serbuk instan adalah Nutrisius Sari Persada. Perusahaan maklon tersebut dapat membantu Anda dalam membuat macam macam minuman sachet.

Baca juga   Cara Analisis Pesaing Bisnis Minuman Kolagen Pemutih Kulit

Bubuk Minuman untuk Ibu Hamil dan Bayi

Jika anda mentarget customer berupa pembeli bubuk minuman, maka pastikan untuk mencantumkan komposisi pada label kemasan. Beberapa bahan pengawet dan pewarna tertentu yang tidak boleh dikonsumsi oleh bayi, ibu hamil, dan ibu menyusui harus dicantumkan.

Dari data survey BPS tahun 2020 (halaman 288) diketahui bahwa jumlah ibu hamil tahun 2020 adalah 5.221.784 jiwa, sedangkan jumlah ibu bersalin tahun 2020 adalah 4.984.432.

Jika di total, angkanya mencapai 10.206.216 atau 10,2 juta jiwa. Bila anda menyasar segmen bumil dan busui, maka masih potensial banget

Yuk kita coba buat simulasi untung rugi dari bisnis minuman serbuk yang menyasar segmen wanita hamil dan menyusui. Kita pertimbangkan beberapa faktor penting seperti harga jual, biaya produksi, dan estimasi penjualan.

Berikut adalah contoh simulasi sederhana dari bisnis powder drink tersebut:

  1. Segmen Pasar:
    • Jumlah Wanita Hamil dan Menyusui: 10,2 juta jiwa
  2. Harga Jual:
    • Harga jual per sachet minuman serbuk: Rp 10.000
  3. Estimasi Penjualan:
    • Persentase segmen pasar yang tertarik: 10% (1.020.000 jiwa)
    • Estimasi rata-rata konsumsi per bulan: 10 sachet
    • Estimasi penjualan per bulan: 10% x 1.020.000 jiwa x 10 sachet = 1.020.000 sachet
  4. Pendapatan:
    • Pendapatan penjualan per bulan: 1.020.000 sachet x Rp 10.000 = Rp 10.200.000.000
  5. Biaya Produksi:
    • Biaya produksi per sachet: Rp 4.000
    • Total biaya produksi per bulan: 1.020.000 sachet x Rp 4.000 = Rp 4.080.000.000
  6. Laba Kotor:
    • Laba kotor per bulan: Pendapatan – Biaya produksi = Rp 10.200.000.000 – Rp 4.080.000.000 = Rp 6.120.000.000
  7. Biaya Operasional:
    • Biaya operasional per bulan (termasuk gaji, marketing, administrasi, dll.): Rp 2.000.000.000
  8. Laba Bersih:
    • Laba bersih per bulan: Laba kotor – Biaya operasional = Rp 6.120.000.000 – Rp 2.000.000.000 = Rp 4.120.000.000

Dalam simulasi ini, kita mengasumsikan bahwa harga jual, estimasi penjualan, dan biaya produksi adalah perkiraan yang mungkin.Perlu diingat bahwa faktor-faktor lain seperti persaingan pasar, tingkat permintaan, dan biaya lainnya juga akan mempengaruhi hasil akhir bisnis.

Simulasi ini hanya memberikan gambaran kasar dan sebaiknya disesuaikan dengan analisis yang lebih rinci untuk bisnis minuman serbuk yang sebenarnya.

Bubuk Minuman Berperisa

Bubuk minuman berperisa memiliki banyak variasi rasa seperti buah-buahan, coklat, kopi, dan lainnya. Penambahan rasa pada bubuk minuman dapat menggunakan bahan-bahan alami, identik alami, atau tiruan.

Beberapa perasa minuman bubuk yang populer di marketplace seperti Tokopedia adalah:

  • bubuk minuman rasa alpukat (avocado)
  • bubuk minuman rasa klepon
  • bubuk minuman rasa mangga
  • bubuk minuman rasa strawberry
  • bubuk minuman rasa coklat
  • bubuk minuman vanilla late
  • almond powder drink
  • minuman serbuk taro

Kelebihan bubuk minuman berperisa adalah sangat praktis karena Anda tidak perlu repot mencampurkan bahan lainnya untuk mendapatkan rasa yang pas sesuai selera. Salah satu merek minuman serbuk rasa buah yang populer di Indonesia adalah Marimas.

Bubuk Minuman Mix

Bubuk minuman mix adalah bubuk minuman yang sudah tercampur dengan gula sehingga Anda tidak perlu repot menambahkan gula. Bubuk mix cocok untuk Anda yang ingin membuat minuman dengan praktis.

Jenis bubuk minuman ini disajikan praktis di shake atau diblender sehingga cocok dibawa saat bepergian.

Bila Anda ingin berbisnis minuman mix, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pandemi virus Covid-19 sejak awal 2020 lalu mendorong orang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.

Vitamin dan mineral merupakan zat yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan kekebalan dan bertindak sebagai antioksidan. Namun, sebagian besar vitamin dan mineral tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita sendiri, oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti buah-buahan, sayuran, dan sumber pangan hewani.

Dengan memproduksi minuman serbuk dari berbagai jenis buah, Anda dapat menyediakan alternatif minuman sehat yang kaya akan nutrisi penting. Selain itu, minuman serbuk juga memiliki keunggulan dalam hal kepraktisan dan daya tahan yang lebih lama.

Ini memberikan peluang bisnis yang menarik untuk Anda menjual minuman serbuk Mix Fruit kepada konsumen yang peduli dengan kesehatan dan ingin mendapatkan manfaat dari vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah-buahan.

Bubuk Minuman Plain

Sebaliknya, bubuk plain adalah bubuk minuman yang belum tercampur gula. Untuk menyajikannya, perlu ditambahkan gula baik gula pasir atau gula cair.

Membuat bubuk minuman dari bubuk plain lebih ekonomis karena Anda dapat menambahkan gula sesuai dengan takaran yang diinginkan. Bubuk plain juga dapat dicampur dengan bahan lain seperti susu, krimer, madu, coklat, dan lain-lain tanpa mengubah rasa aslinya.

Baca juga   Minuman Prebiotik: Pengertian, Macam, Manfaat & Harga

Bubuk plain biasa digunakan untuk membuat kue atau bakery sehingga Anda dapat bereksperimen dengan olahan makanan dan minuman.

Bubuk Minuman Herbal

Bubuk minuman herbal dibuat dari bahan-bahan herbal yang telah melalui proses teknologi pemanasan sehingga menjadi bentuk bubuk atau serbuk.

Minuman ini sangat praktis untuk penyajiannya karena Anda tidak perlu repot menyediakan bahan-bahan untuk membuat minuman herbal sendiri di rumah.

Jenis bubuk minuman herbal yang populer di Indonesia adalah jamu. Sebagai pengusaha minuman, Anda dapat mengambil manfaat dari dua bahan baku bubuk minuman alami yang sangat bernilai dalam jamu, yaitu kunyit dan asam jawa (tamarindus indica L.).

Kunyit mengandung zat aktif curcumin yang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antivirus, dan antijamur. Curcumin telah digunakan secara tradisional sebagai pewarna makanan dan bahan obat dalam berbagai formulasi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa curcumin tidak beracun bagi manusia. Selain itu, curcumin memiliki potensi luar biasa dalam mencegah atau mengobati penyakit Alzheimer, memperbaiki kekebalan tubuh, dan mengatasi masalah fibrosis kistik.

Sementara itu, asam jawa mengandung saponin, flavonoida, dan tanin. Bahan ini telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan luka, gigitan ular, sakit perut, radang, diare, dan infeksi cacing.

Asam jawa juga memiliki potensi sebagai anti-mikroba, anti-diabetes, antiinflamasi, serta dapat mempengaruhi kontrol rasa kenyang. Dalam penelitian, asam jawa telah menunjukkan efek positif pada berbagai penyakit dan sering digunakan sebagai sumber antioksidan.

Dengan memanfaatkan kunyit dan asam jawa sebagai bahan utama dalam minuman Anda, Anda dapat menawarkan minuman yang kaya akan manfaat kesehatan.

Kedua bahan ini tidak hanya memberikan rasa yang unik dan menarik, tetapi juga menyediakan nutrisi dan sifat penyembuhan alami.

Minuman kunyit dan asam jawa dapat menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen yang peduli dengan kesehatan, serta memberikan peluang bisnis yang menjanjikan dalam menghadapi permintaan pasar yang semakin meningkat terhadap produk alami dan fungsional.

Baca juga artikel kami tentang bisnis minuman berenergi atau power drink.

Potensi Bisnis Bubuk Minuman (Powder Drink) di Indonesia

Dengan membaca data dan proyeksi pasar minuman Statista, maka dapat dikatakan bahwa potensi bisnis powder drink di Indonesia cukup menjanjikan.

Potensi bisnis minuman di Indonesia tersebut didasarkan pada laporan Statista berikut:

  1. Potensi Pendapatan: Pendapatan di pasar minuman diperkirakan mencapai US$1.059,00 juta pada tahun 2023 dan diperkirakan tumbuh dengan tingkat pertumbuhan tahunan (CAGR 2023-2027) sebesar 13,14%. Hal ini mengindikasikan adanya peluang pertumbuhan pendapatan dalam bisnis powder drink di masa depan.
  2. Pangsa Pasar: Dengan proyeksi pangsa pasar sebesar US$1.735,00 juta pada tahun 2027, bisnis powder drink memiliki potensi untuk mendapatkan pangsa pasar yang signifikan di Indonesia.
  3. Jumlah Pengguna: Diperkirakan jumlah pengguna di pasar minuman akan mencapai 62,61 juta pengguna pada tahun 2027. Ini menunjukkan adanya pasar yang besar dan permintaan yang tinggi terhadap minuman di Indonesia.
  4. Penetrasi Pengguna: Tingkat penetrasi pengguna diperkirakan mencapai 15,2% pada tahun 2023 dan diharapkan mencapai 21,9% pada tahun 2027. Ini menunjukkan adanya ruang untuk pertumbuhan konsumen dalam bisnis powder drink di Indonesia.
  5. Pendapatan Rata-rata per Pengguna: Pendapatan rata-rata per pengguna (ARPU) diperkirakan mencapai US$25,08. Ini menunjukkan potensi pendapatan yang signifikan yang dapat dihasilkan dari setiap pengguna powder drink di Indonesia.

Proyeksi pertumbuhan dan potensi pangsa pasar yang tinggi tersebut memberikan indikasi bahwa bisnis powder drink di Indonesia memiliki peluang yang menarik untuk tumbuh dan menghasilkan pendapatan yang menguntungkan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa faktor-faktor seperti persaingan, tren konsumen, dan strategi pemasaran juga perlu dipertimbangkan dalam melakukan analisis potensi bisnis yang lebih mendalam di Indonesia.

Lebih jauh, adanya jasa maklon dari perusahaan seperti Nutrisius memberikan solusi bagi para pelanggan yang ingin memiliki produk mandiri di bidang minuman serbuk dengan menghemat modal dan tidak perlu repot dalam pengurusan perizinan.

Hal ini bisa memudahkan para pengusaha dalam memulai bisnis minuman serbuk tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar dan melalui proses perizinan yang rumit.

Sebagai perusahaan yang sudah memiliki fasilitas produksi yang canggih dan tenaga ahli profesional, Nutrisius bisa menjadi pilihan yang tepat bagi para pengusaha yang ingin menciptakan produk minuman serbuk berkualitas dan terjamin.

Dengan demikian, peluang bisnis di industri minuman serbuk bisa terus dikembangkan dengan mengoptimalkan jasa maklon yang disediakan oleh pabrik maklon minuman seperti Nutrisius.

Kelebihan dan Kekurangan Bubuk Minuman (Powder Drink)

Bubuk minuman telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang karena kepraktisannya. Namun, sebelum memutuskan untuk menghadirkan bubuk minuman dalam bisnis Anda, penting untuk memahami kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga   Modal Usaha Minuman Skala Kecil, Menengah, Besar

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan:

Kelebihan Bubuk Minuman

  • Mudah dikonsumsi: Bubuk minuman mudah disiapkan dan dikonsumsi. Anda hanya perlu mencampurkannya dengan air atau susu, dan minuman siap disajikan. Tidak ada peralatan khusus yang diperlukan, sehingga sangat praktis untuk digunakan kapan saja.
  • Waktu simpan yang lebih lama: Bubuk minuman memiliki umur simpan yang lebih lama dibandingkan minuman siap saji atau yang telah dicampur. Ini berarti Anda dapat menyimpan stok dalam jangka waktu yang lebih lama tanpa khawatir tentang tanggal kadaluarsa.
  • Lebih hemat biaya: Secara umum, bubuk minuman lebih terjangkau secara harga dibandingkan dengan minuman yang sudah siap saji atau telah dicampur. Ini dapat membantu menghemat biaya pembelian bahan baku, terutama jika Anda menggunakan bubuk minuman secara rutin dalam bisnis Anda.

Kekurangan Bubuk Minuman

  • Rasa yang kurang segar: Bubuk minuman cenderung kehilangan rasa dan aroma segar karena telah diproses dan dikemas dalam jangka waktu yang lebih lama. Meskipun banyak varian rasa yang tersedia, tetapi beberapa orang mungkin merasa bahwa rasa asli dan segar dari bahan-bahan alami tidak sepenuhnya terwakili.
  • Bahan tambahan yang tidak sehat: Beberapa bubuk minuman mengandung bahan tambahan yang tidak sehat, seperti pengawet dan pemanis buatan. Selalu periksa komposisi dan label produk sebelum memilih bubuk minuman tertentu. Terlalu banyak konsumsi gula dalam bubuk minuman juga dapat berdampak negatif pada kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.
  • Pembuangan kemasan yang merugikan lingkungan: Kemasan bubuk minuman seringkali terbuat dari bahan yang sulit terurai secara alami, seperti plastik. Jika tidak didaur ulang dengan benar, kemasan ini dapat merugikan lingkungan. Pertimbangkan penggunaan kemasan ramah lingkungan atau memberikan edukasi kepada konsumen tentang pentingnya daur ulang.

Dalam mempertimbangkan penggunaan bubuk minuman dalam bisnis minuman Anda, perlu diingat bahwa preferensi dan kebutuhan konsumen akan berbeda.

Penting untuk memilih produk bubuk minuman berkualitas tinggi dengan komposisi bahan yang sehat dan memperhatikan praktik bisnis yang ramah lingkungan.

Dengan pemahaman yang baik tentang kelebihan dan kekurangan bubuk minuman, Anda dapat membuat keputusan yang cerdas dan berhasil dalam bisnis minuman Anda.

Berikut adalah tabel yang memuat kelebihan dan kekurangan bubuk minuman:

KELEBIHAN
KEKURANGAN
Praktis dan mudah disimpan
Mengandung bahan pengawet dan pewarna
Banyak variasi rasa
Kualitas rasa tidak sebaik minuman segar
Mudah dibuat dan dapat disajikan dalam jumlah banyak
Harga lebih mahal dibandingkan membuat minuman sendiri
Tidak perlu peralatan khusus untuk pembuatan
Tidak dapat memberikan kualitas rasa yang sama dengan minuman segar
Mudah dicampur dengan bahan lain untuk variasi rasa
Tidak sehat jika dikonsumsi secara berlebihan
Tahan lama sehingga tidak mudah basi
Mudah terkontaminasi jika penyimpanannya tidak benar
Cocok digunakan untuk keperluan komersial seperti kafe, restoran, dan warung
Terkadang mengandung gula dan kalori yang tinggi

Perlu diingat bahwa tabel ini hanya menyajikan beberapa kelebihan dan kekurangan umum dari bubuk minuman, tergantung dari merek dan jenisnya, bisa saja terdapat perbedaan.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis minuman, bubuk minuman memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya dalam bisnis Anda. Kelebihan bubuk minuman termasuk kemudahan konsumsi, waktu simpan yang lebih lama, dan hemat biaya. Namun, ada juga kekurangan seperti rasa yang kurang segar, bahan tambahan yang tidak sehat, dan masalah pembuangan kemasan yang merugikan lingkungan.

Bagi pengusaha minuman, jika Anda ingin menawarkan minuman serbuk yang unik dengan rasa yang segar, kandungan gizi yang seimbang, dan menghindari bahan tambahan yang tidak sehat, maka layanan maklon minuman adalah solusi yang tepat. Dengan bekerja sama dengan produsen bubuk minuman yang berpengalaman dalam layanan maklon, Anda dapat menciptakan produk minuman serbuk yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan bisnis Anda.

Layanan maklon minuman tidak hanya membantu dalam formulasi dan pengembangan produk, tetapi juga dapat menangani perizinan, penelitian pasar, pengemasan, dan strategi pemasaran. Dengan adanya kerja sama ini, Anda dapat fokus pada pengembangan bisnis inti Anda sambil memiliki produk minuman serbuk berkualitas tinggi dan kompetitif di pasaran.

Jadi, jika Anda ingin membawa bisnis minuman serbuk Anda ke level berikutnya, pertimbangkanlah layanan maklon minuman sebagai solusi efisien dan terpercaya. Dengan adanya kerja sama ini, Anda dapat mengoptimalkan waktu dan sumber daya Anda, sambil mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dan memperluas jangkauan pasar Anda.

Layanan jasa maklon minuman kami memungkinkan Anda untuk menciptakan produk minuman serbuk yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan bisnis Anda, sambil memastikan kualitas dan kesesuaian dengan standar yang tinggi.

Referensi

  • Jurnal Pangan dan Gizi 7 (Volume 2) : 94 -103, November 2017. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPDG/article/download/3180/pdf
  • Quality Assurance and Food Safety of Powdered Ingredients, November 2012. https://www.foodsafetymagazine.com/magazine-archive1/octobernovember-2012/category-dry-ingredients-quality-assurance-and-food-safety-of-powdered-ingredients/
  • Tips Membuat Bubuk Minuman Agar Tidak Gagal, Maret 2016. https://www.tokobubuk.com/id/blog/tips-membuat-bubuk-minuman-agar-tidak-gagal/
  • 4, M. D. (2018, June 12). Macam-macam Minuman powder drink Beserta Resep Dan Cara Membuatnya. Medium. https://medium.com/@mukenadistro4/macam-macam-minuman-powder-drink-beserta-resep-dan-cara-membuatnya-493fe5acd5b1
  • Media Pangan Indonesia. (2020, 13). Food for kids. Food For Kids. https://foodforkids.co.id/post/413/2016-10-03/gizi/Tentang-Minuman-Serbuk
  • Perbedaan bubuk mix dan bubuk plain (Februari, 2020) https://www.tokobubuk.com/id/blog/perbedaan-bubuk-mix-dengan-bubuk-plain/
  • Kelebihan menggunakan bubuk minuman untuk teman saat senggang (April, 2018) https://www.dbdpowder.com/2018/04/kelebihan-menggunakan-bubuk-minuman-untuk-teman-saat-senggang/
  • Tips memilih supplier bubuk minuman (Agustus, 2018) https://www.dbdpowder.com/2018/08/tips-memilih-supplier-bubuk-minuman/
4.9/5 - (23 votes)

Melawati memiliki keahlian dalam bidang pembuatan formula minuman serbuk sejak tahun 2007. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di industri minuman serbuk, melalui perusahaan maklon minumannya Melawati siap bantu anda mengembangkan formula minuman yang sehat, enak, bernutrisi, dan inovatif.

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk konsultasi produk dan informasi penawaran harga maklon terbaru