Bisnis

Cara Jualan Produk Minuman Berkolagen agar Untung Besar

Diterbitkan pada

Ditulis oleh Melawati dan Muslim

Disupervisi oleh Melawati, Purwanto

Apakah Anda ingin mendapatkan untung yang besar dari berjualan produk minuman berkolagen? 

Jika iya, penting untuk Anda mengetahui beberapa strategi kunci dalam menjual produk minuman berkolagen.

Di dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang cara jualan produk minuman berkolagen agar untung besar, mulai dari memahami pasar dan target konsumen hingga melakukan analisis dan evaluasi data penjualan.

Yuk, simak uraian lengkapnya disini.

Langkah-Langkah Cara Jualan Produk Minuman Berkolagen agar Untung Besar

1. Pahami pasar dan target konsumen

Cara Jualan Produk Minuman Berkolagen agar Untung Besar 1

Salah satu cara untuk memahami pasar dan target konsumen adalah dengan melakukan riset pasar. 

Riset pasar adalah proses mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasi data tentang kondisi pasar, konsumen, pesaing, dan industri yang berkaitan dengan produk atau jasa.

Tujuan perusahaan melakukan riset adalah untuk menyusun strategi pemasaran dan pengembangan bisnis yang efektif (Romindo dkk, 2022)

Beberapa tahapan riset pasar berikut ini dapat Anda manfaatkan untuk memahami pasar dan target konsumen dengan lebih baik:

  1. Lakukan analisis demografis dari target pasar Anda, seperti usia, jenis kelamin, lokasi geografis, pendapatan, dan status sosial ekonominya. Misalnya, produk minuman berkolagen Anda menargetkan pasar untuk wanita berusia 25-50 tahun yang peduli dengan kesehatan dan kecantikan.
  2. Pahami perilaku konsumen Anda dalam membeli produk, seperti apakah mereka cenderung untuk berbelanja online/offline, di toko khusus, atau apakah mereka lebih menyukai produk yang memiliki sertifikasi tertentu, seperti HACCP.
  3. Pelajari kebutuhan dan preferensi konsumen terkait produk minuman berkolagen. Hal itu agar Anda dapat mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Contohnya, apakah mereka mencari produk dengan rasa tertentu, kemasan yang praktis, atau formula kolagen dengan tambahan vitamin dan mineral?
  4. Lakukan analisis terhadap pesaing Anda. Analisis ini dapat membantu Anda untuk membedakan produk atau menemukan peluang yang belum dimiliki oleh pesaing. Misalnya, produk apa yang mereka tawarkan dan bagaimana cara mereka memasarkan produk kepada konsumen.
cara sukses jualan produk minuman berkolagen

Ilustrasi tentang Memahami Pasar dan Target Konsumen

Misalnya, Anda adalah seorang wirausaha yang ingin menjual minuman berkolagen dengan merek “Kolagen Beauty.” 

Langkah pertama yang Anda lakukan adalah riset pasar. Dari riset pasar tersebut Anda mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa:

Produk minuman berkolagen Anda berpotensi besar untuk konsumen wanita berusia 30-45 tahun dengan pendapatan menengah ke atas, terutama yang tinggal di lingkungan perkotaan dan peduli terhadap kesehatan serta kecantikan.

Kemudian, riset juga menunjukkan bahwa target pasar Anda tersebut cenderung melakukan pembelian produk melalui platform belanja online.

Selain itu, target pasar Anda menginginkan produk minuman berkolagen yang praktis dikonsumsi, memiliki rasa yang enak, dan bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit serta menjaga kesehatan sendi.

Dari hasil tersebut, maka Anda dapat mengembangkan produk dan strategi pemasaran yang difokuskan pada pemasaran online, membuat rasa yang menarik, dan memberikan informasi yang jelas tentang manfaat produk untuk kecantikan kulit dan kesehatan.

2. Sediakan produk berkualitas unggul

Cara Jualan Produk Minuman Berkolagen agar Untung Besar 4

Kedua, salah satu cara jualan produk minuman berkolagen agar untung besar adalah dengan menyediakan produk berkualitas unggul.

Baca juga   Minuman Collagen yang Bagus: Pengertian, Kriteria, Analisa Brand

Dengan menyediakan produk yang berkualitas unggul, maka Anda dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen, daya saing dan pangsa pasar, serta reputasi dan citra produk.

Berikut ciri-ciri produk yang berkualitas unggul yang perlu Anda ketahui saat berjualan produk minuman berkolagen, antara lain:

Sumber Kolagen yang Berkualitas Tinggi

Produk minuman berkolagen yang berkualitas tinggi biasanya menggunakan kolagen dari sumber yang terpercaya, alami dan berkualitas baik yang diproses dengan teknologi canggih dan higienis.

Proses tersebut dilakukan untuk menghasilkan kolagen hidrolisis dengan molekul kecil yang mudah diserap oleh tubuh.

Salah satu contoh sumber kolagen yang berkualitas tinggi, seperti marine collagen. 

Marine collagen memiliki kandungan asam amino dan glisin

Menurut BuyNatural Marketplace (2023), marine collagen kaya akan kandungan asam amino dan glisin yang baik untuk tubuh dibandingkan collagen sapi.

Bahan Tambahan yang Berkualitas

Selain kolagen, produk minuman berkolagen yang berkualitas tinggi juga mengandung bahan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, seperti vitamin C, vitamin E, biotin, asam hialuronat, ekstrak buah dan sayur. 

Perlu Anda ketahui bahwa bahan tambahan tersebut harus dipilih dengan hati hati dan sesuai dengan standar kesehatan dan keamanan pangan.

Label Kemasan yang Informatif dan Jelas

Produk minuman berkolagen yang berkualitas tinggi harus memiliki label kemasan yang informatif dan jelas. Selain itu, label kemasan juga harus mudah dibaca dan dipahami oleh konsumen.

Setidaknya pada label kemasan pangan, menurut informasi (Direktorat Standardisasi Pangan Olahan, 2021), harus berisikan mengenai:

  • Nama produk
  • Daftar bahan yang digunakan
  • Berat bersih atau isi bersih
  • Nama dan alamat pihak yang memproduksi atau mengimpor
  • Halal bagi yang dipersyaratkan
  • Tanggal dan kode produksi
  • Keterangan kadaluarsa
  • Nomor izin edar
  • Asal usul bahan pangan tertentu

Memiliki rasa yang menarik

Terakhir, produk minuman berkolagen yang berkualitas tinggi harus memiliki rasa yang menarik dan disukai oleh konsumen. 

Dilansir dari Nutritional Outlook (2023), rasa yang disukai oleh konsumen di industri minuman yaitu jeruk, lemon, dan apel.

Selain itu, rasa tersebut harus alami dan tidak mengandung pewarna, pemanis, atau pengawet buatan.

Untuk menghasilkan produk berkualitas terbaik, anda memerlukan sejumlah modal. Yuk, baca juga artikel kami tentang perhitungan modal usaha minuman.

3. Lakukan pemasaran yang efektif

Cara Jualan Produk Minuman Berkolagen agar Untung Besar 6

Ketiga, lakukan pemasaran yang efektif guna mendapatkan untung yang besar dari berjualan produk minuman berkolagen.

Untuk melakukan pemasaran yang efektif, maka Anda dapat menerapkan strategi yang tepat, baik secara online maupun offline.

Salah satu caranya adalah dengan Anda membuat konten yang menarik dan informatif tentang produk Anda.

Kemudian, konten tersebut dapat Anda sebarkan melalui berbagai platform, seperti media sosial, blog, situs web, papan reklame dan iklan online, sehingga dapat menarik perhatian konsumen. 

Selain itu, Anda dapat bekerja sama (berkolaborasi) dengan influencer. Kolaborasi yang Anda lakukan itu dapat meningkatkan visibilitas produk dan memperluas basis konsumen. 

Dengan demikian, produk Anda dapat lebih mudah dikenal oleh konsumen, meningkatkan penjualan dan kesadaran akan manfaat produk Anda.

Strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan, menurut penelitian (Ika dkk, 2022), memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.

Baca juga   Strategi Bisnis Minuman Collagen Pemutih di Era Digital

Contoh Penerapan Strategi Pemasaran yang Efektif

Dikutip dari Ivana (2023), strategi pemasaran yang digunakan oleh Noera berhasil menempatkannya menjadi Top Brand Produk Collagen Terlaris 2022.

Dibawah ini adalah sekilas analisis tentang strategi pemasaran yang digunakan oleh Noera, sehingga produk minumannya laris terjual, yaitu:

No.
Strategi Pemasaran
Penjelasan
1.
Menggunakan Brand Ambassador (BA) lokal
Anda harus tahu bahwa Noera banyak menggandeng Brand Ambassador (BA) yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.Strategi tersebut membantu Noera untuk menyebarkan pengaruh brand influence di tingkat lokal.Hal itulah yang membantu untuk memperluas cakupan pasar dan membangun hubungan yang lebih dekat antara Noera dengan konsumennya di berbagai wilayah.
2.
Mengadakan giveaway di media sosial
Diketahui Noera secara aktif menggunakan official account Instagramnya untuk mengadakan giveaway dan memberikan produknya sebagai hadiahnya.Strategi ini dapat meningkatkan kesadaran merek Noera, mendorong interaksi dan partisipasi konsumen yang mengakibatkan meningkatnya penjualan produk.
3.
Membuat formula produk yang menarik
Tidak hanya mengandalkan BA dan giveaway, tetapi Noera juga membuat formulasi produk minuman berkolagen yang menarik.Hal itu dapat Anda lihat pada produk andalannya yaitu Noera Collagen Drink with Birdnest and Saffron Extract.Produk tersebut berhasil menarik minat konsumen yang peduli dengan kesehatan dan kecantikan secara alami.

4. Berikan penawaran khusus (promosi)

Cara Jualan Produk Minuman Berkolagen agar Untung Besar 8

Keempat, cara jualan produk minuman berkolagen agar untung besar adalah dengan memberikan penawaran khusus (promosi) kepada konsumen.

Pemberian penawaran khusus kepada konsumen ini dapat menarik minat konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang setia.

Misalnya, Anda dapat membuat program loyalitas dengan memberikan hadiah untuk konsumen yang sering berbelanja.

Anda juga dapat memberikan diskon, paket bundling, atau buy one get one dalam memberikan penawaran khusus untuk menarik minat konsumen. 

76% konsumen sangat menyukai diskon harga (potongan harga) produk dalam kegiatan promosi penjualan yang dilakukan oleh suatu perusahaan (Repository Sekolah Bisnis IPB).

Selain itu, Anda bisa memberikan diskon tambahan jika konsumen membeli produk dalam jumlah banyak. 

Tentunya hal itu bisa mendorong konsumen untuk berbelanja lebih banyak dan meningkatkan penjualan Anda. 

Dengan penawaran khusus ini, maka Anda dapat membangun hubungan yang baik dengan konsumen baru dan lama serta meningkatkan kepuasan konsumen dan pertumbuhan bisnis.

5. Lakukan inovasi pada produk dan kemasan

Cara Jualan Produk Minuman Berkolagen agar Untung Besar 10

Kelima, lakukan inovasi pada produk dan kemasan agar menghasilkan untung yang besar dalam berjualan produk minuman berkolagen.

Menurut Bayu dkk (2018), inovasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

Oleh karena itu, Anda dapat meningkatkan kualitas produk dengan mengembangkan formula yang lebih efektif atau menawarkan fitur baru yang bermanfaat untuk konsumen. 

Selain itu, Anda juga dapat membuat kemasan yang lebih menarik dan fungsional, sehingga Anda dapat menghemat biaya produksi atau memudahkan penggunaan oleh konsumen.

Dengan berinovasi secara terus-menerus, maka Anda dapat menciptakan diferensiasi produk, memuaskan kebutuhan konsumen, dan menjaga relevansi pasar Anda.

6. Analisis dan evaluasi

Cara Jualan Produk Minuman Berkolagen agar Untung Besar 12

Langkah terakhir dalam jualan produk minuman berkolagen agar untung besar adalah dengan melakukan analisis dan evaluasi secara rutin terhadap berbagai strategi yang telah diterapkan.

Data yang berasal dari analisis dan evaluasi dapat membantu memahami tren pasar, perilaku konsumen, dan aspek-aspek yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan.

Baca juga   Kenali Bubuk Cappucino Cincau untuk Usaha Minuman Dingin

Dengan data yang diperoleh, maka Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran, fokus promosi, atau aspek produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen.

Selain itu, analisis dan evaluasi yang dilakukan dapat membuat Anda beradaptasi dengan perubahan pasar dan memastikan produk minuman berkolagen tetap relevan, bersaing, dan memenuhi keinginan konsumen.

Dibawah ini beberapa metode (tools) analisis dan evaluasi yang dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi penjualan produk minuman berkolagen, yaitu:

Analisis Regresi

Metode analisis regresi digunakan untuk memahami hubungan antara berbagai variabel di dalam penjualan produk. 

Misalnya, analisis ini dapat Anda gunakan untuk melihat bagaimana faktor-faktor seperti promosi, harga, atau musim dapat mempengaruhi penjualan produk minuman berkolagen.

Analisis Kohort

Analisis kohort berguna untuk melihat tren belanja konsumen dari waktu ke waktu. 

Dengan analisis kohort, maka Anda dapat memahami perilaku pembelian konsumen seiring waktu dan mengidentifikasi tren yang berkaitan dengan produk minuman berkolagen.

Analisis Segmentasi Konsumen

Jenis metode ini membantu Anda untuk memahami profil konsumen, preferensi, dan karakteristik demografis yang dapat membantu dalam menyesuaikan strategi pemasaran produk. 

Dengan segmentasi konsumen, maka Anda dapat menargetkan market potensial dengan cara yang lebih spesifik.

Analisis Media Sosial

Alat analisis media sosia dapat Anda gunakan untuk melacak dan menganalisis respons terhadap kampanye pemasaran produk minuman berkolagen di platform media sosial. 

Analisis ini dapat membantu Anda mengetahui sentimen konsumen, tingkat keterlibatan, dan respon terhadap konten atau promosi yang dilakukan.

Analisis A/B Testing

Analisis A/B testing dapat membantu Anda melakukan dua perbandingan sekaligus dari strategi pemasaran, halaman web, atau iklan untuk melihat mana yang lebih efektif dalam meningkatkan penjualan produk minuman berkolagen.

Analisis Penjualan dan Perilaku Pembelian

Alat ini dapat membantu Anda untuk memahami tren, musim, dan pola pembelian konsumen produk minuman berkolagen. 

Hal itu dapat membantu dalam mengidentifikasi naik turunnya penjualan dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan tersebut.

Kesimpulan

Anda sebagai pengusaha atau calon pengusaha pastinya ingin produk minuman berkolagen yang dijual mampu memberikan keuntungan yang besar atau maksimal.

Untuk mencapai keuntungan yang maksimal tersebut, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

Berikut enam langkah penting yang harus Anda lakukan agar produk Anda laku di pasaran dan memberikan keuntungan maksimal, yaitu:

  • Memahami pasar dan target konsumen Anda dengan baik.
  • Menyediakan produk minuman berkolagen yang berkualitas.
  • Melakukan strategi pemasaran yang efektif.
  • Memberikan penawaran khusus (promosi) kepada konsumen baru maupun lama.
  • Lakukan inovasi pada produk maupun kemasan secara terus menerus.
  • Lakukan analisis dan evaluasi secara rutin terhadap strategi yang diterapkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, maka Anda dapat menjalankan bisnis minuman berkolagen dengan sukses dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Sekarang Anda sudah mengetahui tentang produk minuman berkolagen. Selanjutnya, cari tahu juga mengenai produk minuman collagen terbaik untuk bisnis.

5/5 - (15 votes)

Melawati memiliki keahlian dalam bidang pembuatan formula minuman serbuk sejak tahun 2007. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di industri minuman serbuk, melalui perusahaan maklon minumannya Melawati siap bantu anda mengembangkan formula minuman yang sehat, enak, bernutrisi, dan inovatif.

Sebagai alumni Politeknik Negeri Jember, Muslim mencurahkan pengetahuan dan keterampilan yang kuat ke dalam setiap tulisannya. Sebagai kontributor dan penulis konten, dia menulis konten dengan teliti serta menyajikan data, fakta, dan sumber informasi yang relevan.

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk konsultasi produk dan informasi penawaran harga maklon terbaru