Powder Drink Bubuk Minuman & Proses Produksi di Pabrik

Powder Drink Bubuk Minuman & Proses Produksi di Pabrik

Powder drink bubuk minuman private label bisa anda dapatkan dari produsen minuman serbuk di Bogor. Selaku supplier bubuk minuman terbaik UKM di Indonesia, kami jual  minuman bubuk untuk para brand owner. Anda bisa order jenis minuman bubuk: Plain, Mix, Premium.

Makanan dan minuman menjadi salah satu ide bisnis yang tak pernah habis inovasinya. Hingga saat ini berbagai kreatifitas dalam olahan makanan dan minuman berkembang pesat. Anda pasti sudah pernah mendengar tentang Powder Drink. Teknologi pabrik saat ini bisa mengolah bahan mentah menjadi bentuk Powder. Namun, Apa sebenarnya powder drink, apa saja bahan pembuatnya dan bagaimana proses pembuatannya?

Yuk baca ulasan perusahaan maklon minuman serbuk berikut ini.

Mengenal Apa itu Powder Drink

Mengenal Apa itu Powder Drink

sumber : health.clevelandclinic.org

Menurut jurnal.unimus.ac.id, powder drink adalah produk olahan pangan yang berbentuk serbuk atau bubuk dan mudah larut dalam air. Praktis dalam penyajian dan memiliki daya simpan yang lama karena kadar airnya yang rendah dan memiliki luas permukaan yang besar. Proses pembuatannya memerlukan energi panas yang bertujuan untuk menguapkan air dan menghilangkan air sehingga kadar airnya berkurang. 

Dilansir dari laman www.foodsafetymagazine.com powder drink adalah produk minuman yang lebih sederhana karena tidak mengandung banyak air. Dengan berkurangnya kadar air dapat membuat produk lebih tahan lama, menjaga stabilitas bahan, dan tidak mudah rusak akibat faktor mikrobiologi.

Powder drink bisa disebut juga sebagai minuman instan. Cara penyajiannya dengan melarutkan powder drink dengan air panas atau air biasa. Untuk menjaga kualitas powder drink, penambahan bahan maltodekstrin dengan tujuan mencegah kerusakan bahan akibat udara panas dan karakteristik mutu minuman.  

Fungsi Powder Drink

Fungsi Powder Drink

sumber : www.medicalnewstoday.com

Dikutip dari www.foodsafetymagazine.com bahan makanan atau minuman yang banyak mengandung air memiliki sifat tidak tahan lama dan mudah membusuk. Salah satu alternatifnya dengan mengurangi kadar air. Alasan dibuatnya powder drink untuk menjaga kestabilan bahan utama dan zat gizi yang terkandung di dalamnya. 

Minuman yang berbentuk powder tidak mudah rusak akibat faktor mikrobiologi dengan begitu maka produk menjadi lebih awet, mudah dikemas dan disimpan. Misalnya susu bubuk, jus buah kering dan minuman instan jahe, wortel dan lainnya.

Bahan Pembuatan Powder Drink

Powder Drink Bubuk Minuman & Proses Produksi di Pabrik

Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan powder drink terbuat dari bahan-bahan berkualitas. Terlepas dari itu semua pastikan anda selektif menentukan bahan-bahan untuk membuat powder drink. Powder drink yang terbuat dari bahan-bahan pilihan akan menghasilkan rasa, warna, dan mutu yang pas.

Powder drink memiliki aneka rasa yang terbuat dari :

Varian Coffee 

  • Cappuccino
  • Moccacino
  • Vanilla
  • Vanilla latte
  • Vanilla Blue
  • Coffe caramel
  • Tiramisu

Varian Chocolate

  • Chocolate 
  • Choco Tiramisu
  • Choco Alpukat
  • Choco Oreo
  • Chococino

Varian Tea

  • Milk tea
  • Lemon tea
  • Green tea

Varian Fruit 

  • Strawberry
  • Lychee
  • Melon
  • Mango
  • Alpukat
  • Anggur
  • Blueberry
  • Apel 
  • Sirsak
  • Durian

Selain itu ada banyak bahan-bahan lain seperti sayuran, kunyit, jahe dan herbal lainnya. Buat anda para pemilik kafe atau brand owner, anda bisa order jasa maklon kopi untuk mem-branding produk jualan anda.

Powder drink memiliki komponen yang berbeda tergantung dari jenisnya. Misalnya susu bubuk, minuman atau jus buah kering banyak diantaranya memiliki karakteristik komponen yang berbeda, ukuran partikel, dan kemampuan larut yang berbeda juga. 

Pabrik powder drink dapat menyesuaikan bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya. Namun untuk menghasilkan powder drink premium dan berkualitas, harus memperhitungkan bahan tepat sesuai dengan fungsinya dalam proses yang dirancang untuk produk powder drink.

Proses Pembuatan Powder Drink 

Proses Pembuatan Powder Drink

sumber : britannica.com

Proses pembuatan powder drink tidak terlepas dari adanya bantuan teknologi. Proses pembuatannya dapat dilakukan secara tradisional maupun modern tergantung teknologi yang dipakai. Jika pabrik menggunakan teknik tradisional maka powder drink dapat dihasilkan dari proses pengeringan sederhana. Melalui penjemuran di bawah sinar matahari langsung atau dengan proses pemasakan bahan pengadukan hingga diperoleh hasil serbuk kering. Sedangkan menggunakan teknologi modern dapat dilakukan dengan menggunakan spray drying atau pengering beku.

Teknologi yang banyak digunakan oleh pabrik produsen powder drink adalah spray drying, alatnya disebut spray dryer atau pengering semprot. Spray dryer adalah alat yang bisa menghasilkan produk serbuk atau tepung dari bahan atau larutan. Spray drying biasa digunakan dalam farmasi untuk pembuatan obat-obatan, enkapsulasi dan proses kimia lainnya. 

Kelebihan Teknologi Spray Dryer

Teknologi Spray Dryer

sumber : indonesian.alibaba.com

Kelebihan dari spray dryer adalah dapat menghasilkan produk yang bermutu tinggi, tidak mudah merusak kandungan gizi dari bahan pembuatan powder drink, serta tidak mudah merubah bau, warna dan rasa. Jadi produk yang dihasilkan memiliki kualitas baik. Hal ini disebabkan suhu spray dryer yang relatif rendah antara 70-90 derajat celcius.

Bagi pabrik yang memiliki daya saing ekonomi tinggi, teknologi spray dryer dapat menjadi pilihan untuk menjalankan proses produksi powder drink. Bagi bahan yang mudah rusak akibat panas seperti susu, buah, sayur dan lainnya cocok menggunakan teknologi spray dryer. Ukuran alat ini bervariasi mulai dari besar digunakan oleh Industri besar hingga alat yang kecil biasa digunakan di Laboratorium. 

Kekurangan Teknologi Spray Dryer 

Dalam skala Industri besar menggunakan teknologi spray dryer merupakan pilihan tepat karena dapat menghemat waktu, tenaga dan produk yang dihasilkan bermutu tinggi. Namun hal itu tidak berlaku bagi industri menengah dan kecil. Teknologi spray dryer menghabiskan biaya dan harga operasional yang sangat tinggi tentu tidak ekonomis. 

Salah satu alternatif teknologi yang digunakan adalah kristalisasi yang didasarkan pada sifat gula pasir dapat kembali berbentuk kristal setelah dicairkan. Jahe bubuk merupakan salah satu produk yang dibuat dengan proses kristalisasi. Kristalisasi menjadi metode yang tepat guna dalam pemanfaatannya mengubah bahan larutan menjadi serbuk / bubuk bagi usaha pabrik skala menengah dan bawah.

Tips Membuat Powder Drink di Rumah

Tips Membuat Powder Drink di Rumah

sumber : healthline.com

Membuat powder drink tidak harus memerlukan teknologi modern. Anda juga bisa membuat powder drink dengan menggunakan kompor atau oven di rumah. Pastikan anda menggunakan bahan-bahan yang tepat, alat yang tepat, dan proses pemasakan yang benar. Jangan sampai ketika anda sudah mengumpulkan banyak bahan namun ternyata anda gagal membuat powder drink. Agar anda berhasil membuat powder drink simak tips berikut ini dikutip dari www.tokobubuk.com :

Pilih buah yang benar

Pilih buah yang benar

sumber : eatforhealth.gov.au

Jika anda ingin membuat varian fruit powder drink, jangan pilih buah yang terlalu matang namun pilihlah buah yang sudah tua. Buah yang tua mempunyai tekstur daging buah yang padat. Rasa dan juga warna telah sempurna dan sudah cukup baik untuk melewati proses pemanasan atau pengeringan. Namun tetap tidak menghilangkan rasa alami buah.

Gunakan gula yang tepat

tips membuat powder drink di rumah

sumber : fin.co.id

Untuk mempertahankan warna asli bahan utama powder drink anda, jangan gunakan gula berwarna coklat atau kuning. Gunakan gula berwarna putih dan bertekstur bubuk. Dengan menggunakan gula berwarna putih dan tekstur bubuk akan mudah menyatu dengan powder drink.

Pastikan untuk memasukkan bubur buah ke dalam larutan gula yang sudah mengental agar tidak menggumpal. Aduk perlahan pastikan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

Cek rasanya

tips membuat powder drink dirumah

sumber : alodokter.com

Ketika anda memilih buah sebagai bahan utama untuk membuat powder drink, anda harus perhatikan rasanya sesuai dengan lidah anda. Jika buah yang digunakan terasa asam anda bisa menambahkan soda kue untuk membantu proses pengkristalan. Jika buah yang digunakan terlalu manis, anda bisa menambahkan asam sitrat untuk mengurangi rasa manis. Pilih rasa buah yang anda sukai jangan sampai terlalu asam atau terlalu manis.

Jika anda tak punya banyak waktu untuk membuat powder drink di rumah, anda bisa membeli powder drink di beberapa marketplace dengan berbagai harga. Selain lebih praktis anda juga bisa menghemat waktu dan mencoba banyak varian rasa. 

Kesimpulan

Powder drink merupakan produk olahan minuman yang berbentuk serbuk / bubuk. Dibuat dengan teknologi modern maupun sederhana. Kelebihan suatu bahan yang dibentuk powder adalah lebih tahan lama, terjaga mutunya, stabilitas dan komponennya, juga kandungan gizinya tetap aman meskipun telah melalui proses pemanasan dan pengeringan. Anda juga bisa membuat powder drink dengan menggunakan kompor atau oven di rumah. Pastikan anda menggunakan bahan-bahan yang tepat, alat yang tepat, dan proses pemasakan yang benar. Jangan sampai ketika anda sudah mengumpulkan banyak bahan namun ternyata anda gagal membuat powder drink.

Referensi 

  • Jurnal Pangan dan Gizi 7 (Volume 2) : 94 -103, November 2017. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPDG/article/download/3180/pdf
  • Quality Assurance and Food Safety of Powdered Ingredients, November 2012. https://www.foodsafetymagazine.com/magazine-archive1/octobernovember-2012/category-dry-ingredients-quality-assurance-and-food-safety-of-powdered-ingredients/
  • Tips Membuat Bubuk Minuman Agar Tidak Gagal, Maret 2016. https://www.tokobubuk.com/id/blog/tips-membuat-bubuk-minuman-agar-tidak-gagal/
Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *