
Dalam mengelola bisnis atau ingin membuka bisnis baru, hal yang penting Anda perhatikan adalah bagaimana bisnis tersebut bisa bertahan lama. Untuk bisa melakukan hal tersebut, maka dibutuhkan analisis pasar.
Selain berguna untuk mempertahankan bisnis, analisis pasar juga menjadi riset yang dilakukan untuk melihat faktor eksternal apa saja yang bisa berpengaruh pada bisnis Anda. Lingkungan eksternal sendiri adalah faktor yang tidak bisa Anda kendalikan sehingga bisnis atau perusahaan Anda harus bisa menyesuaikan diri. Dalam hal ini juga termasuk untuk bisnis thai tea Anda.
Melakukan analisa pasar untuk bisnis minuman thai tea juga bukan menjadi hal yang sulit dilakukan. Jika analisa pasar sudah dilakukan, Anda dapat memutuskan apakah bisnis tersebut memang akan dijalankan dengan cara meningkatkan kualitas atau harus keluar dari pasar.
Table of Contents
Baca juga: Cara Memulai Bisnis Minuman Serbuk Thai Tea
Faktor yang Perlu Dianalisis
1. Jumlah produk yang harus laku terjual
Walaupun dibuat dari beberapa minuman bubuk, jika Anda memiliki cukup banyak topping, misalnya jelly atau boba. Biasanya masa kelayakan tidak panjang. Dikarenakan masa kelayakan tidak panjang, secara otomatis Anda harus menjual produk thai tea bubuk atau minuman thai tea sebanyak mungkin agar modal bisa tertutupi.
Selain itu, jumlah produk yang laku terjual, nantinya juga akan menentukan apakah bisnis yang Anda jalankan bisa dibilang sukses atau tidak.
2. Peluang
Pada saat siang hari atau ketika cuaca panas, orang-orang biasanya akan mencari minuman menyegarkan untuk dibeli dibandingkan membuat sendiri di rumah. Selain itu ketika bersama teman, mereka juga membutuhkan tempat untuk nongkrong sambil menikmati camilan. Hal ini tentunya bisa menjadi peluang bisnis untuk bisnis thai tea Anda.
3. Target yang bervariasi
Target untuk bisnis thai tea bisa dikatakan bervariasi. Baik itu anak sekolah, anak kuliahan, bahkan mereka yang sudah bekerja kantoran. Hal ini karena mereka masih membutuhkan minuman segar terutama disaat-saat tertentu. Terutama saat ini sudah banyak sekali cafe atau outlet dengan desain menarik yang tujuannya memang untuk menarik konsumen. Jadi target pasar yang bisa Anda gunakan sangat bervariasi.
4. Memilih lokasi
Hal yang menjadi syarat utama untuk bisnis bisa berlangsung lancar adalah lokasi. Jika Anda salah memilih lokasi, bisa saja usaha thai tea bubuk Anda akan berjalan singkat.
Misalnya, Anda memilih ruko sebagai tempat jualan yang dekat dengan persimpangan. Jika dipikirkan sekilas memang akan menjadi lokasi yang ramai. Akan tetapi dikarenakan lokasinya yang dekat dengan persimpangan, membuat pelanggan enggan untuk menepi karena lokasinya yang terlalu ramai, terutama di jam padat.
Lokasi lainnya yang juga kurang tepat, seperti jalan antar kota. Konsumen akan enggan untuk menepi dikarenakan jalanannya yang ramai. Umumnya orang-orang yang melewati jalan antar kota akan lebih memilih untuk mencari tempat makan atau untuk beristirahat.
5. Saingan bisnis
Sebelum menentukan untuk membuka usaha, ada baiknya memperhatikan apakah ada pebisnis yang sudah membuka usaha dengan menu atau ide bisnis yang sama dengan Anda atau. Bahkan, mereka juga bisa saja sudah berinovasi dengan berbagai macam topping atau olahan bubuk thai tea lainnya. Hal inilah yang nantinya perlu Anda analisis untuk melihat dimana kesempatan Anda untuk bisa mencari celah dari usaha kompetitor.
Baca juga: Peluang Usaha Minuman Instan yang Banyak Dijumpai
Cara Melakukan Analisa Pasar
Jika Anda sudah mengetahui faktor atau hal apa saja yang harus dianalisa, selanjutnya adalah melakukan analisa pasar thai tea.
1. Amati produk thai tea seperti apa yang dibutuhkan konsumen
Langkah penting yang pertama adalah mengetahui atau menganalisa apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen. Pikirkan dengan matang kebutuhan pelanggan dan keinginan mereka supaya bisnis thai tea Anda bisa berjalan dengan lancar.
Untuk mengamati kebutuhan konsumen, Anda bisa melakukan survey melalui internet atau media sosial. Dengan begitu, Anda bisa tahu minuman seperti apa yang mereka butuhkan.
2. Ketahui konsumen lebih dekat
Jika sudah melakukan survey, selanjutnya yang penting adalah mengenal konsumen Anda dengan lebih dekat. Anda bisa membagi-bagi seperti apa karakter yang mereka miliki berdasarkan pendidikan, jenis kelamin, usia, latar belakang pendidikan dan yang lainnya.
Dengan melakukan analisis ini Anda bisa memperkirakan seperti apa potensi pembelian mereka pada thai tea bubuk yang Anda tawarkan.
3. Menentukan target pasar dengan spesifik
Seperti yang sudah pernah dijelaskan sebelumnya, target pasar adalah faktor penting yang harus Anda analisis. Jika sudah melakukan analisanya, nantinya Anda bisa menemukan target pasar dan bisa mendapatkan pasar relevan dengan produk Anda.
Pasar yang relevan tersebut berarti segmentasi pasarnya dapat dijangkau dengan mudah, sehingga proses pemasaran bisa lebih efektif. JIka segmen pasar yang Anda pilih memiliki banyak kendala, mama proses pemasaran kurang bisa berjalan dengan lancar.
4. Nilai persaingan
Cara analisa pasar yang terakhir adalah dengan menilai apakah ada pebisnis lain atau pesaing dalam usaha Anda, yang memberikan produk lebih baik dibandingkan produk Anda sekarang.
Selain itu Anda juga bisa melihat dari sisi operasionalnya juga.
Cara analisa pasar memang sekilas terlihat mudah, akan tetapi Anda juga harus secara langsung memikirkan bagaimana nantinya untuk terus menghadapi persaingan.


