Tips Membuka & Cara Memulai Usaha Minuman Sendiri

Pengusaha pemula perlu tahu tips membuka & cara memulai usaha minuman yang benar. Mulai dari persiapan yang matang dan terencana hingga eksekusi scale up.

Orang bijak mengatakan “Jika kamu gagal merencanakan maka kamu telah merencanakan kegagalan”. Oleh sebab itu kamu perlu meminimalisir kesalahan dalam menjalankan. Dengan demikian kerugian besar, baik dari sisi finansial maupun waktu dapat anda kurangi.

Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari aspek terkait cara memulai usaha minuman seperti:

  • Pertimbangan memilih usaha minuman
  • Beberapa produk minuman sebagai inspirasi ide bisnis
  • Step by step memulai dan menjalankan usaha minuman

Yuk simak sama-sama ulasan perusahaan maklon minuman berikut ini.

Pertimbangan Memilih Usaha Minuman

step by step cara memulai usaha minuman

Pertimbangan dalam memilih usaha perlu dilakukan lebih awal. Karena bagian ini merupakan langkah awal dan cukup menentukan terkait seberapa besar permintaan akan produk tersebut.

Sebelum usaha tersebut dijalankan maka perlu berbagai pertimbangan yang matang. Berbagai pertimbangan tersebut bisa berupa berbagai hal, diantaranya:

Permintaan minuman di pasar cukup tinggi

Sebelum memulai usaha minuman maka kondisi pasar harus diperhatikan lebih dahulu. Jika permintaanya tinggi maka itu bisa menjadi nilai plus tersendiri dan peluang untuk sukses juga semakin besar.

Untuk mengetahui ini perlu analisa yang tajam karen perlu memahami perilaku calon konsumen. Dari bagian ini kamu bisa mengetahui seberapa tinggi permintaan pasar akan produk tersebut.

Misalnya kamu sedang ada di daerah yang jumlah air mineralnya sedikit dan rata-rata tidak sesuai standar kesehatan. Dengan posisi seperti ini maka kamu bisa mendatangkan air mineral yang sehat serta higienis. Baca artikel kami tentang peluang bisnis minuman sehat.

Dengan seperti ini maka air mineral akan laris manis karena permintaan konsumen semakin tinggi. Melihat potensi seperti inilah yang diperlukan dan ini bisa menjadi ladang penghasilan yang besar bagi kamu.

Selain lokasi seperti itu, minuman juga bisa laris di pantai, tempat yang penuh terik matahari, dll. Tempat tersebut merupakan salah satu yang cukup potensial dan permintaan akan air minum sangat tinggi.

Namun karena penjualnya juga banyak maka berikan variasi yang berbeda agar berbeda dari yang lain. Dengan demikian, permintaan pasar yang tinggi harus diikuti dengan variasi minuman yang berbeda dan rasanya lebih enak.

Meneruskan usaha minuman milik orang tua

Salah satu pertimbangan memilih usaha minuman adalah meneruskan usaha orang tua. Jadi orang tua yang awalnya berjualan minuman diteruskan karena faktor usia atau yang lain sehingga tidak bisa melanjutkan bisnisnya.

Meski berstatus meneruskan namun bukan berarti harus sama persis dengan yang dilakukan orang tua. Kamu perlu menganalisa berbagai hal terkait kekurangan apa yang perlu diperbaiki agar usaha tersebut semakin maju. Bila memungkinkan kamu dapat memperluasnya dengan franchise minuman.

Tidak hanya itu usaha tersebut juga harus disesuaikan dengan tren pasar pada umumnya. Misal gelas minuman saat orang dikelola orang tua masih tanpa nama dan ini perlu diperbaiki. Sebab umumnya minuman di era sekarang pada gelas yang dijual itu ada brand sekaligus agar terlihat lebih menarik.

Disamping itu, memilih usaha orang tua ini perlu dikembangkan dengan promosi secara online melalui sosial media. Sebab banyak orang yang terkadang lebih memilih order via online daripada datang langsung.

Tidak ada pilihan usaha lain

Untuk tahapan terakhir ini ibarat kata posisi terjepit sehingga mau tidak mau harus memulai usaha minuman. Pertimbangan ini dilakukan karena usaha yang lain sudah tidak memungkinkan baik karena pesaing yang banyak atau faktor lain.

Meski demikian usaha minuman tersebut tidak boleh dibiarkan tanpa adanya terobosan baru. Sebab jika usaha ini yang diandalkan memang perlu memutar otak terkait bagaimana memajukan usaha tersebut.

Jika tidak demikian maka usaha tersebut akan berhenti dan membuat kamu kehilangan pekerjaan. Dalam posisi seperti ini otomatis perekonomian keluarga akan merosot tajam karena tidak adanya pemasukan.

Dengan demikian saat itu adalah pilihan satu-satunya maka harus ditekuni dengan baik. Jika tidak laku karena faktor lokasi maka bisa beralih ke tempat lain dan sesuaikan minuman yang dijual dengan target pasar yang ada.

Ide Bisnis Memulai Usaha Minuman

Hal penting lain yang tidak boleh diabaikan juga pada ide bisnis yang akan kamu lakukan. Ide tidak cukup hanya memilih jenis minuman tetapi potensial dan berapa modal bisnis minuman yang dibutuhkan.

Untuk ide bisnis minuman memang perlu diawali dengan melihat tren pasar. Dari hal ini kamu bisa melihat jenis minuman kekinian seperti apa yang sekarang sedang naik daun.

Berikut beberapa ide minuman yang bisa kamu coba untuk dijual dan pilihlah salah satunya. Dalam hal ini juga sudah dijelaskan dengan berbagai analisa pada minuman tersebut dan berikut ulasan selengkapnya:

Minuman Bubble

Minuman bubble tergolong satu dari jenis minuman yang potensinya sangat besar di Indonesia. Sebab minuman ini seperti sudah menyatu dengan lidah orang di negeri ini dan rasanya yang berbeda dari yang lain.

Tidak hanya itu, minuman asal Inggris ini juga unik karena ada bubble atau butiran yang mirip kelereng. Potensi akan minuman ini tidak hanya enak di lidah tetap memiliki manfaat yang besar bagi tubuh.

Hal inilah yang disadari oleh masyarakat dimana minuman ini mampu membuat kenyang lebih lama. Sebab boba atau bubble tersebut dibuat dari karbohidrat sehingga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

Dengan potensi tersebut, kamu perlu mempersiapkan modal yang diperlukan dan berikut rinciannya:

Barang
Biaya
Tepung Tapioka
150.000
Gelas Plastik
40.000
Sedotan Boba
20.000
Teh Hitam
120.000
Botol Susu Tambahan Topping
80.000
Press minuman
650.000
Gerobak
1.000.000
Sewa tempat
500.000
Susu Kental Manis
100.000
Total
2.560.000

Dari jumlah modal tersebut, berikut juga potensi keuntungan yang diperoleh :

Rincian
Total
20 cups @10.000 per hari
Omset 200.000 per hari

Dari total tersebut maka omset per bulannya 6.000.0000 rupiah. Dengan demikian untuk bisa balik modal dibutuhkan waktu hanya 13 hari. Perhitungan ini tidak murni dan bisa saja fakta di lapangan penjualannya bisa kurang dari 20 cups per hari.

Kesuksesan berjualan minuman boba ini bukan hanya isapan jempol belaka. Banyak brand terkemuka yang merasakan kesuksesan tersebut diantaranya Vancelia, pemilik minuman Xing fu Fang.

Kini brand minuman tersebut sudah tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan yang lainnya. Total omset yang diraih oleh Vancelia dari jualan minuman tersebut mencapai 1,6 miliar rupiah.

Menurutnya kesuksesan tersebut karena bahan bubble yang dijual itu hasil buatan sendiri. Selain itu, dia lebih mementingkan kepuasan konsumen dan selalu memberikan merchandise bagi mereka yang beruntung.

Minuman Kemasan

Minuman kemasan atau cup drink merupakan jenis minuman yang dikemas dengan sedemikian rupa. Minuman ini tidak hanya berisi air putih tetapi berflavor seperti kopi, teh, susu dan yang lainnya.

Untuk pangsa pasarnya, minuman kemasan ini masih sangat besar di Indonesia. Hal ini terbukti pada Januari hingga September tahun lalu mencatat ada pertumbuhan sebesar 10,19%.

Dari sekian peluang, minuman non air putih khususnya teh memang lebih mendominasi. Sebab minuman ini disukai semua kalangan khususnya remaja dan sering dikonsumsi saat beristirahat atau nongkrong di cafe.

Berikut rincian jenis minuman kemasan yang bisa kamu jual

Barang
Biaya
Okky Jelly Drink
20.000 (isi 24 cup/ dus)
Teh Rio
19.000 (24 cup/dus)
Ale-Ale
20.000 (24 cups)
Kopi cup
20.000 (24 cups)
Teh Gelas
20.000 (24 cups)

Dari semua jenis minuman tersebut, modal yang dibutuhkan tergantung kamu membelinya berapa dus. Jika setiap minuman kamu ambil 5 dus maka modal yang dibutuhkan sebagai berikut

Jenis Minuman
Rincian modal
Okky Jelly Drink
20.000 x 5 = 100.000
Teh Rio
19.000 x 5 = 95.000
Ale-ale
20.000 x 5 = 100.000
Kopi cup
20.000 x 5 = 100.000
Teh Gelas
20.000 x 5 = 100.000
Total
495.000

Dari modal tersebut, setiap minuman yang ada dijual dengan harga 1.000. Sehingga dalam 1 dus potensi keuntungannya sebesar 4.000 rupiah karena berisi 24 cup. Untuk lebih jelasnya berikut perhitungan keuntungannya

barang
Rincian
Okky jelly drink
4.000 x 5 = 20.000
Teh Rio
5.000 x 5 = 25.000
Ale-ale
4.000 x 5 = 20.000
Kopi cup
4.000 x 5 = 20.000
Teh Gelas
4.000 x 5 = 20.000
Total Keutungan
95.000

Meski berupa air kemasan, banyak juga kisah sukses dari orang-orang yang menjalani bisnis tersebut. Diantaranya pendiri air minuman kemasan Aqua, Tirto Utomo.

Siapa yang tidak kenal air kemasan Aqua yang namanya sudah melambung kemana-mana. Omset yang diterima pun mencapai milyaran rupiah setiap bulannya. Dengan demikian dengan berbekal jualan air minuman kemasan ini bukan tidak mungkin kamu bisa mengikuti kesuksesan Tirto Utomo.

Minuman Botol

Selain minuman kemasan, kamu juga bisa menjual minuman dalam bentuk botol. Peluang minuman botol juga sama besarnya dengan jenis minuman lain karena permintaan akan produk ini juga sangat tinggi.

Tidak ada orang yang tidak butuh minuman apalagi konsepnya dalam bentuk botol. Selain lebih praktis, air yang ada di dalamnya juga lebih banyak daripada air kemasan.

Banyak jenis minuman botol yang bisa kamu jual seperti Aqua, Teh Pucuk, dan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut rincian modal yang diperlukan saat berjualan minuman botol:

Barang
Biaya
Aqua
37.000 per dus (24 botol) x 5 = 185.000
Teh Pucuk
58.000 per dus (24 botol) x 5 = 290.000
Pocari Sweat
125.000 per dus (24 botol) x 5 = 625.000
Sprite 350 ml
49.000 (12 botol) x 5 = 245.000
Pulpy Orange
48.000 (12 botol) x 5 = 240.000
Total
1.585.000

Dari total modal diatas maka potensi keuntungannya dapat dihitung dengan cara sebagai berikut:

barangKeuntungan per dusKeuntungan total
Aqua2.500 x 24 = 60.00060.000 x 5 = 300.000
Teh Pucuk3.000 x 24 = 72.00072.000 x 5 = 360.000
Pocari Sweat6.000 x 24.= 144.00144.000 x 5 = 720.00
Sprite 350 ml5.000 x 12 = 60.00060.000 x 5 = 300.000
Pulpy Orange5.000 x 12 = 60.00060.000 x 5 = 300.000
Total omset1.980.000

Dengan demikian keuntungan yang kamu dapatkan dari setiap 5 dus dari 5 produk diatas adalah:

Keuntungan = 1.980.000 – 1.585.00 = 395.000

Banyak orang yang juga punya cerita sukses dari berjualan minuman botol tersebut. Salah satunya adalah Arief, pemilik atau owner dari minuman botol bernama Monseree.

Minuman tersebut dalam sebulan mampu terjual hingga 1000 botol dengan harga 15.000 per botol. Dengan demikian dalam sebulan omset yang diterimanya senilai 15 juta rupiah. Jika dalam bahan bakunya sebesar 60 % dari omset maka keuntungan yang diperoleh sebesar 9 juta rupiah.

Minuman Jus

Minuman jus merupakan minuman yang dibuat dari buah-buahan seperti mangga, alpukat, jeruk, dan yang lainnya. Semua buah tersebut memiliki manfaat yang besar bagi tubuh mulai dari meningkatkan imun tubuh, memperlancar saluran pencernaan dan yang lainnya.

Dengan demikian minuman dalam bentuk jus pangsa pasarnya sangat luas mulai anak-anak remaja, dewasa. Sebab semua orang pasti ingin sehat dan salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan dalam bentuk jus.

Minuman dalam bentuk jus juga lebih banyak dipilih karena dicampurkan dengan bahan lain seperti susu, dll. Jika tertarik, berikut rincian modal yang diperlukan untuk berjualan minuman jus:

Peralatan dan bahan
Biaya
Gerobak minuman
1.500.000
Blender
250.000
Aneka buah-buahan
200.000
Sewa tempat
500.000 per bulan
Gelas cup (100 pcs)
30.000
Sedotan (100 psc)
15.000
Listrik dan air
100.000
Total
2.595.000

Dari total modal tersebut maka potensi keuntungan yang akan diperoleh adalah:

15 cups @5.000
75.000
Omset per bulan
75.000 x 30 = 2.250.000
Omset per 2 bulan
2.250.000 x 2 = 4.500.000
Total keuntungan
4.500.000 – 2.595.000 = 1.905.000 per dua bulan

Meski berjualan minuman jus, kamu tidak perlu berkecil hati karena sudah ada orang sukses menjalankan bisnis tersebut. Salah satunya adalah Anggara Soekowati, owner minuman Smoothly Juice.

Bisnis minuman jus ini pertama di buka di kawasan Semarang dan kini menyebar di kota besar di Indonesia. Kini bisnis tersebut telah memiliki 11 outlet di Semarang, Bandung, Bekasi dan yang lainnya. Dari 11 outlet tersebut kini total karyawannya sebanyak 100 orang lebih.

Jika sudah memilih 11 outlet seperti di atas tentu omset per harinya bisa mencapai puluhan juta per hari. Sehingga dalam sebulan saja sudah bisa dibayangkan berapa keuntungan yang diperolehnya.

Minuman Kekinian

Salah satu minuman kekinian yang punya peluang cukup besar adalah coklat. Jenis minuman ini seperti tidak lekang oleh waktu karena peminatnya cukup loyal dan tidak pernah bosan.

Untuk coklat sendiri juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain seperti halnya di franchise Kita Coklat. Waralaba ini mengkombinasikan coklat dengan red velvet dan buah-buahan seperti mangga, apel, dll

Pada franchise tersebut modal yang dibutuhkan tergolong terjangkau dan berikut rinciannya:

Barangbiaya
Booth portable 120 x 60 x 180
Bahan baku awal gratis 200 cup
Cup sealer
Total8.900.000

Dari modal di atas, simulasi perhitungan modalnya adalah sebagai berikut:

Rincian
Biaya
30 cup @10.000
300.000 per hari
Omset per bulan
300.000 x 30 = 9.000.000
Laba bersih
9.000.000 x 50% = 4.500.000
Break event point
Hanya 2 bulan

Proses perhitungan di franchise Kita Coklat, omset yang kamu dapatkan itu dipotong sebesar 50% dan sudah termasuk royalty fee, dll. Sehingga jika dalam sehari rata-rata terjual 30 cup maka dalam 2 bulan sudah balik modal.

Sebagai penyemangat, banyak cerita sukses pendiri minuman kekinian yang meraup keuntungan super besar. Salah satunya adalah franchise Kulo Kopi yang minumannya rata-rata berbahan dasar kopi.

Sekarang franchise tersebut telah memiliki 300 gerai di berbagai kota di Indonesia. Dengang gerai sebanyak itu tentu omset yang diterima per bulannya bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Dengan persiapan itu semua maka kamu bisa langsung melakukan berbagai tahapan memulai sekaligus mengembangkan usaha.

Step by Step Cara Memulai Usaha Minuman

membuka usaha minuman

Ketika ingin membuka usaha minuman maka perlu melakukan berbagai tahapan penting. Semua tahapan ini harus dilakukan secara berurutan agar usaha yang kamu buat bisa berjalan sesuai rencana.

Untuk memudahkan, berikut tahapan dalam memulai usaha minuman:

Step 1 – Menentukan jenis minuman

Sebagai langkah awal, kamu perlu menentukan jenis minuman yang akan dijual. Dalam menentukan jenisnya ini juga harus dengan analisa yang tepat agar minuman yang dijual laris manis.

Misalnya kamu menjual minuman bubble karena kekinian dan peminatnya cukup banyak. Saat menentukan pada minuman tersebut maka kamu bisa membuat inovasi baru dengan resep rahasia.

Kamu pelajari jenis minuman tersebut lalu campurkan dengan bahan lain untuk menemukan resep yang tepat. Dengan demikian, meski sama-sama minuman bubble tetapi yang kamu jual berbeda dengan yang lainnya.

Jangan pernah terjun sebelum menemukan resep terbaik dari jenis minuman yang kamu jual. Proses ini memang lama tetapi ketika resep ini sudah ditemukan maka penjualan minuman akan meledak.

Step 2 – Menentukan lokasi usaha

Ketika jenis minuman sudah ditentukan, kamu juga perlu menentukan lokasi usaha yang tepat. Kamu harus memastikan tempat tersebut mudah dilihat dan memiliki akses jalan yang mudah.

Misalnya saat jualan di area alun-alun pastikan gerobakan minuman tidak terhalang oleh pohon di sekitar tempat tersebut. Selain itu, jalan menuju ke lokasi juga bisa dilalui oleh sepeda motor dan roda 4.

Selain itu, lokasi tersebut sebisa mungkin berada di kepadatan penduduk dengan tingkat ekonomi masyarakat yang tinggi. Semakin tinggi tingkat ekonomi masyarakat sekitar semakin besar peluang kamu mendapatkan keuntungan.

Hal ini bisa terlihat ketika kamu berjualan minuman di area kota dan desa. Dari segi omset yang akan diperoleh akan berbeda dan umumnya lebih banyak pendapatan dengan lokasi di area perkotaan.

Kemudian kamu juga perlu analisa terkait kompetitor dengan jenis usaha minuman yang sama. Kamu perlu memastikan memiliki kompetitor rendah agar tidak banyak bersaing dengan penjual lainnya.

Step 3 – Memilih jenis usaha (franchise, bikin resep sendiri, dll)

Saat lokasi yang sesuai sudah didapatkan kini saat kamu memilih antara franchise atau membuat resep sendiri. Pilihan ini mungkin cukup sulit karena franchise didukung oleh brand yang sudah ternama. Sedangkan membuat resep sendiri harus berjuang dari nol untuk memulai usaha.

Namun sebelum itu diputuskan sebaiknya disesuaikan dengan karakteristik masyarakat di sekitar lokasi. Jika pilihannya di area perkotaan maka disarankan memilih franchise daripada membuat resep minuman sendiri.

Sebab orang perkotaan lebih mementingkan rasa dan brand dari minuman untuk memastikan produk itu aman di konsumsi. Sehingga meski harganya mahal tetapi selama sesuai selera maka akan diterima oleh masyarakat.

Meski keterangan di atas hanya sebatas asumsi namun patut dijadikan acuan. Penjelasan di atas tidak harus franchise tetapi resep sendiri yang dibuat sesuai keinginan konsumen potensinya juga sangat besar.

Selama resep minuman ini kekinian dan sesuai dengan keinginan konsumen maka potensinya juga besar. Hal ini bisa terlihat dari brand minuman Rejuve yang mengkonsep ramuan jamu dengan rasa enak dan permintaan pasarnya sangat tinggi.

Step 4 – Menganalisa potensi pasar

Melakukan analisa pasar juga sangat dibutuhkan sebelum menjual produknya ke publik. Proses analisa pasar ini mudahnya kamu mengamati permintaan calon konsumen, tingkat kebutuhan, dan penyesuaian produk dengan profesi.

Misalnya, kamu ingin menjual dan telah memilih franchise minuman coklat yang dicampurkan dengan buah-buahan. Jika demikian maka kamu bisa berkeliling ke suatu daerah yang permintaan dan tingkat kebutuhan akan minuman coklat tinggi.

Langkahnya kamu bisa keliling dan mengamati daerah tertentu lalu pelajari tingkat permintaan minumannya. Proses mengetahui ini dapat dilakukan dengan mengamati penjual minuman coklat di daerah tersebut.

Selain dengan cara seperti itu, kamu juga bisa bertanya kepada orang sekitar terkait tanggapannya akan minuman coklat. Proses seperti ini bisa kamu lakukan dalam jangka waktu beberapa hari untuk menemukan pasar yang tepat.

Sehingga jika lokasi satu kurang mendapatkan respon maka bisa ke daerah lain yang potensinya lebih besar. Untuk lokasi tidak harus tepat di tengah kota tetapi permintaan akan minuman tersebut benar-benar mendapatkan respon positif.

Step 5 – Menghitung modal yang dibutuhkan dan laba yang dihasilkan

Saat proses analisa pasar telah selesai, kamu bisa mulai menghitung modal dan laba yang diperoleh. Perhitungan modal ini ada keterkaitan dengan apakah memilih franchise atau membuat resep sendiri.

Jika menggunakan franchise maka kamu perlu menyiapkan dana tambahan lain sebagai bentuk jaga-jaga. Untuk modal atau dana tambahan tersebut bisa 30% dari modal franchise minuman yang kamu ikuti.

Saat perhitungan modal sudah dilakukan maka kamu bisa menghitung potensi keuntungan. Perhitungan ini juga harus disesuaikan dengan berapa franchise fee, royalty fee, dan yang lainnya. Perhitungan ini sebenarnya beberapa franchise tidak berlaku dan umumnya hanya meminta 50% dari omset penjualan.

Dengan demikian, kamu perlu menghitung juga kira-kira dalam sehari bisa menjual berapa cup sesuai analisa pasar yang dilakukan sebelumnya. Jika rata-rata mampu menjual 30 cup per hari maka hal itu bisa menjadi rujukan utama bagi kamu.

Dari data tersebut, kamu bisa menghitung terkait butuh berapa lama untuk bisa balik modal. Ketika perhitungan ini dilakukan maka selanjutnya kamu bisa menghitung laba yang diperoleh dalam waktu sehari atau bulanan.

Step 6 – mengurus izin usaha

Ketika persiapan di atas sudah selesai maka kamu perlu mengurus izin usaha untuk berjualan. Proses pembuatan izin usaha ini sangat penting dan bisa dilakukan secara online atau offline.

Untuk mengurus izin usaha ini dibutuhkan berbagai data seperti KTP, Kartu Keluarga, NPWP jika ada, surat izin dari tempat jualan, dll. Semua data-data tersebut harus dilengkapi dan pastikan juga ada foto lokasi yang akan digunakan untuk tempat usaha.

Ketika syarat tersebut sudah dimiliki maka kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut:

Mengambil formulir pendaftaran

Kamu bisa membawa semua persyaratan di atas ke dinas perdagangan di domisili setempat. Proses pengambilan formulir SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan) ini bisa di isi di lokasi atau di bawa ke rumah.

Mengisi formulir

Saat mengisi formulir pastikan semua data terisi semua dan sesuai data yang ada. Pastikan juga semua data tersebut dilampiri dengan materai dan foto copy surat tersebut sebanyak 2 lembar.

Membayar biaya

Untuk biaya proses pembuatan SIUP umumnya setiap daerah berbeda sehingga tidak bisa ditentukan. Bahkan beberapa daerah tidak menerapkan sistem biaya alias pembuatannya gratis.

Pengambilan SIUP

Ketika semua data dan biaya sudah diselesaikan maka kamu bisa mengambil SIUP di dinas terkait. Untuk proses pengambilan rata-rata 2 minggu setelah kamu mengisi semua data-data tersebut.

Namun beberapa daerah terkadang kurang atau lebih dari waktu yang telah ditetapkan tersebut. Pada intinya pihak dinas perdagangan akan menghubungi kamu saat surat izin usaha ini telah selesai.

Step 7 – Mendaftarkan merek

Tidak cukup hanya SIUP, kamu juga perlu mendaftarkan merek dagang ke Kemenkumham. Untuk memudahkan, proses pendaftaran merek ini bisa dilakukan secara online melalui situs resmi pemerintah.

Merk ini sangat penting untuk usaha perdagangan karena bisa berupa logo, tulisan 3 dimensi dan yang lainnya. Selain itu, merek dagang ini juga memiliki fungsi bisa meningkatkan penjualan barang sekaligus sebagai media promosi.

Untuk memudahkan berikut langkah-langkah mendaftarkan merek dagang secara online:

  1. Kunjungi situs resminya di http://simpaki.dgip.go.id/
  2. Pada pilihan selanjutnya, kamu bisa memilih “merek dan indikasi geografis”.
  3. Lalu pada menu selanjutnya, kamu bisa memilih “Permohonan Pendaftaran Merek yang Diajukan Oleh”.
  4. Selanjutnya, kamu bisa pilih “Usaha Mikro dan Usaha Kecil”.
  5. Pada tahapan berikutnya ini kamu bisa mengisi seluruh data yang diminta pada form tersebut.
  6. Lakukan pembayaran PNBP melalui ATM, internet banking atau Mobile Banking.
  7. Saat proses di atas selesai, kamu bisa membuat akun merek dengan mengunjungi situs resminya di https://merek.dgip.go.id/
  8. Lalu kamu bisa klik permohonan online lalu masukkan kode billing yang telah dibayarkan sebelumnya.
  9. Masukkan semua data merk dan yang lainnya lalu download lampiran tersebut.
  10. Untuk proses terakhir, kamu bisa cepat tanda terima tersebut.

Pada keterangan di atas ada biaya yang perlu ditransferkan oleh kamu sebagai pelaku usaha. Untuk pendaftaran hak merek ini berbeda baik antara UMKM dan juga masyarakat umum.

Untuk UMKM biaya pendaftaran tersebut sebesar 500 ribu jika via online dan 600 ribu secara manual. Sedangkan untuk kategori masyarakat umum lebih besar yaitu 1.8 juta via online dan 2 juta via offline.

Sementara untuk perpanjang merek tersebut biayanya sebesar 1 juta rupiah. Dengan demikian pastikan kamu mendaftar sebagai UMKM agar saat pendaftaran biayanya lebih murah dari masyarakat umum.

Step 8 – Hire Karyawan

Setelah usaha sudah mulai berjalan dengan baik maka perlu melakukan perekrutan karyawan. Dalam proses ini juga harus dilakukan dengan hati-hati dan pastikan sesuai dengan style yang kamu inginkan.

Pastikan karyawan tersebut memiliki attitude yang baik dan memiliki sikap sabar yang tinggi. Sebab dalam waktu kedepannya akan menghadapi banyak konsumen sehingga dibutuhkan kesabaran yang tinggi.

Dengan demikian, kamu bisa mempromosikan untuk merekrut karyawan melalui media sosial. Ketika sudah banyak yang mendaftar maka lakukan tes sekaligus interview untuk memastikan kriteria seperti di atas.

Ketika proses hire selesai dilakukan jangan lupa untuk dijelaskan terkait berbagai peraturan. Misalnya untuk jangka waktu 3 bulan gajinya sekian dan setelah tahap itu maka bisa naik selama pelayanan kepada konsumen semakin baik.

Pada intinya dalam proses rekrut karyawan harus dilakukan dengan penuh analisa agar tidak salah dalam memilih. Jika proses pemilihan ini salah maka resikonya tingkat penjualan minuman akan menurun dan otomatis keuntungan juga semakin kecil.

Step 9 – Mengembangkan skala usaha

Dalam menjual usaha minuman agar berbeda dengan penjual pada umumnya maka perlu pengembangan skala usaha. Proses ini jarang dilakukan oleh pengusaha pemula karena kurang begitu menyadari.

Salah satu contohnya adalah dari sisi produk minuman yang kamu jual. Prosesnya dapat dilakukan dengan melihat tingkat pembelian yang dilakukan oleh konsumen.

Misalnya konsumen di bawah umur 15 tahun lebih senang dengan produk kemasan warna coklat dengan gambar kartun. Selain itu, anak umur 15 tahun ke atas lebih menyukai kemasan dengan gambar tokoh tertentu.

Proses seperti ini bisa terus dianalisa dan dilakukan trial error agar menemukan seperti hal di atas. Jika sudah demikian maka pada gelas cup, kamu bisa mencetak sesuai gambar di atas dan dibedakan berdasarkan umur mereka.

Selain dari kemasan, kamu juga perlu membedakan dosis pada minuman yang dijual. Umumnya antara anak-anak, remaja dan dewasa memiliki tingkat kesukaan yang berbeda pada minuman.

Hal seperti itu yang perlu disadari sehingga perlu dilakukan analisa dan disesuaikan dengan permintaan mereka. Dengan langkah seperti ini maka skala usaha kamu akan meluas dan disukai oleh banyak konsumen.

Step by step memulai usaha dapat anda lihat gambarnya berikut ini.

cara memulai usaha minuman sendiri

Penutup

Jadi cara memulai usaha minuman harus dilakukan dengan step by step secara terstruktur. Sebagai langkah awal, kamu perlu menentukan minuman apa yang akan dipromosikan beserta memilih lokasi yang tepat untuk memulai usaha.

Dalam memilih jenis minuman, kamu bisa mencoba minuman kemasan, botol, jus atau kekinian. Semua minuman tersebut potensinya sangat besar jika kamu mengetahui cara mempromosikannya.

Tidak cukup sampai disitu, pemilihan jenis usaha juga penting sekaligus melakukan analisa pasar dengan baik. Selanjutnya kamu juga bisa menghitung modal, mengurus izin usaha, mendaftarkan merek dan yang lainnya.

Dalam hal ini disarankan menjual minuman sesuai dengan budget yang kamu miliki. Jika tidak mampu membeli paket franchise maka bisa dengan resep sendiri agar tidak banyak biaya yang dikeluarkan.

Untuk resep langkah-langkahnya juga sama baik dari menentukan lokasi, menganalisa potensi pasar, dll. Dengan cara seperti ini akan lebih efektif daripada harus menjual aset kemudian membeli paket franchise yang rata-rata berada di atas 5 juta.

Referensi:

  • https://accurate.id/marketing-manajemen/memahami-permintaan-konsumen/
  • https://money.kompas.com/read/2019/07/27/150500526/begini-cara-mencari-pasar-saat-mau-memulai-usaha?page=all
  • https://www.adira.co.id/detail_berita/metalink/12-ide-usaha-minuman-kekinian-yang-bikin-cuan
  • https://www.tokotalk.com/blog/ide-bisnis-minuman-kekinian/
  • http://www.pengusahasukses.com/peluang-bisnis-minuman-bubble-dan-analisa-usahanya/
  • http://news.maranatha.edu/featured/peluang-bisnis-minuman-boba-masih-menjanjikan/
  • https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/tren-bisnis-minuman-boba/
  • https://blackgarlic.id/modal-usaha-boba/
  • https://www.analisausaha.id/2020/07/peluang-usaha-bubble-drink-dan-analisa-usahanya.html
  • https://www.hipwee.com/list/5-kisah-sukses-para-pendiri-minuman-boba-asal-taiwan-yang-hits-di-indonesia/
  • http://eprints.ums.ac.id/24770/2/01._BAB_1.pdf
  • https://ekonomi.bisnis.com/read/20190117/257/879857/begini-potensi-bisnis-air-minum-dalam-kemasan
  • https://www.zonausaha.com/2021/07/bisnis-minuman-kemasan-cup.html
  • https://www.tokopedia.com/250816/teh-rio-180-ml
  • https://www.tokopedia.com/abengg/okky-jelly-drink-180ml-1-dus-isi-24-cup
  • https://www.tokopedia.com/callystaku/minuman-ale-ale-jeruk-stroberi-sirsak-jambu-isi-24-pcs
  • https://www.tokopedia.com/jlinshop-1/kopikap-cappuccino-1-dus-24-pc
  • https://www.tokopedia.com/cprint/teh-gelas-1-dus?src=topads
  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/03/14/kisah-sukses-pendiri-perusahaan-air-minum-kemasan-ternama-di-indonesia
  • https://wartakota.tribunnews.com/2013/05/25/potensi-minuman-teh-kemasan-masih-tinggi-di-indonesia
  • https://panelhar.xyz/2021/10/peluang-usaha-air-mineral.html
  • https://indobubbletea.blog/peluang-usaha-minuman-botol/
  • https://www.tokopedia.com/littleid/aqua-air-mineral-330ml-1-dus-isi-24-botol?src=topads
  • https://www.tokopedia.com/idojayabeverage/teh-pucuk-harum-350ml-x-24-botol?src=topads
  • https://www.tokopedia.com/abengg/pocari-sweat-botol-350ml-1-dus-isi-24-botol
  • https://www.tokopedia.com/sembakoutama/sprite-isi-12-botol-x-390-ml?src=topads
  • https://www.idntimes.com/business/economy/helmi/kisah-sukses-minuman-monseree-yang-laris-manis-saat-pandemik-covid/1
  • https://lurus.id/peluang-analisa-dan-cara-memulai-usaha-jus-buah/
  • https://www.tokomesin.com/peluang-bisnis-jus-buah-segar-dan-analisa-usahanya-2.html
  • https://www.undip.ac.id/post/20156/anggara-soekowati-alumni-feb-undip-yang-sukses-bangun-bisnis-kuliner-smooly-juice.html
  • https://stiebp.ac.id/strategi-memilih-lokasi-usaha/
  • https://www.wartaekonomi.co.id/read177504/6-tips-dalam-menentukan-lokasi-usaha
  • https://tentangkitacokelat.com/
  • https://www.popmama.com/life/health/faela-shafa/rekomendasi-franchise-minuman-kekinian-untuk-mulai-usaha/4
  • https://koinworks.com/blog/5-cara-menganalisis-potensi-pasar/
  • https://www.ocbcnisp.com/en/article/2021/03/30/surat-izin-usaha
  • https://www.kajianpustaka.com/2020/03/pengembangan-usaha-pengertian-jenis-strategi-dan-tahapan.html
  • https://www.kolomsatu.com/10-tips-merekrut-karyawan-untuk-usaha-anda.html
  • https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/sumber-daya-manusia/panduan-cara-merekrut-karyawan-agar-usaha-semakin-besar
5/5 - (22 votes)

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk informasi produk dan penawaran harga maklon terbaru