Bisnis

Peluang Usaha menjadi Mitra Franchise Indomaret

Diterbitkan pada

Ditulis oleh Purwanto

Disupervisi oleh Melawati, Purwanto

Saat ini bisnis ritel modern seperti minimarket sedang berkembang pesat di Indonesia. Salah satu peluang menjanjikan adalah menjadi mitra bisnis waralaba minimarket Indomaret.

Indomaret merupakan jaringan ritel dan minimarket terbesar di Indonesia dengan lebih dari 22.000 gerai yang tersebar luas di seluruh nusantara. Indomaret membuka peluang kerjasama waralaba untuk masyarakat umum.

Artikel ini akan membahas seluk beluk mengenai peluang usaha menjadi mitra waralaba Indomaret, mulai dari gambaran umum, syarat ketentuan, skema investasi, hingga cara bergabung menjadi mitra waralaba Indomaret.

Mengenal Lebih Dekat Bisnis Waralaba Indomaret

  1. Indomaret merupakan jaringan minimarket ritel modern terbesar di Indonesia. Indomaret pertama kali dibuka di Jakarta pada tanggal 20 Juni 1988 di Ancol–Jakarta Utara oleh PT Indomarco Prismatama.
  2. Sepanjang dekade 1990-an, Indomaret terus berekspansi dengan membuka ratusan gerai baru di pulau Jawa.
  3. Pada tahun 1997, Indomaret mulai menerapkan sistem waralaba pertamanya untuk ekspansi bisnis dengan membuka kesempatan waralaba gerai baru ke masyarakat umum.
  4. Pada awal 2000-an, jaringan gerai Indomaret terus bertambah dan mulai merambah ke luar pulau Jawa seperti Sumatera, Bali, Kalimantan, Sulawesi, NTB dan Ambon.
  5. Pada tahun 2015, Indomaret memiliki 11.400 gerai, dengan rincian 60% gerai milik sendiri dan 40% gerai waralaba (liputan6.com).
  6. Sampai saat ini pada 2023, Indomaret telah memiliki lebih dari 22.077 gerai per Agustus 2023 (indomaret.co.id) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menjadi jaringan ritel terbesar di Indonesia. =
  7. Indomaret mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan waralaba unggulan dan terbaik di Indonesia.
  8. Lokasi gerai Indomaret berada di area komersial seperti perumahan, perkantoran, mal (pusat perbelanjaan), apartemen, rumah sakit, SPBU, bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, daerah wisata dll sehingga mudah dijangkau. (baca terwaralaba indomaret.co.id)
  9. Indomaret terus melakukan inovasi layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti Klik Indomaret, Indomaret Poinku, Delivery, pembayaran tagihan, dan transaksi virtual lainnya.
Baca juga   Pabrik Bubuk Minuman Terbaik di Bogor untuk Maklon

Baca juga artikel kami tentang aneka merek produk minuman collagen di Indomaret.

3 Cara Menjadi Mitra Usaha Indomaret

Ada 3 cara bermitra dengan Indomaret, yaitu:

  1. Menjadi mitra UMKM dengan menyewa teras atau tempat usaha di gerai Indomaret untuk berjualan produk UMKM. Sekengkapnya di mitra umkm indomaret.co.id.
  2. Menawarkan lokasi usaha untuk disewakan sebagai lokasi usaha mitra UMKM Indomaret lainnya. Akses form penawaran sewa lokasi ke Indomaret.
  3. Mengambil waralaba (franchise) minimarket Indomaret dengan membuka gerai Indomaret baru di lokasi yang diajukan.

Jadi secara umum, Indomaret membuka 3 skema kemitraan, yaitu sebagai mitra UMKM penyewa teras, penyedia lokasi sewa untuk mitra UMKM, dan waralaba minimarket Indomaret.

Keuntungan Usaha Franchise Indomaret

Membeli hak waralaba Indomaret memberikan beragam keuntungan, baik materiil maupun non-materiil, di antaranya adalah:

  1. Transformasi pengetahuan bisnis ritel modern melalui sistem pelatihan dan pendampingan dari Indomaret kepada waralabanya.
  2. Bergabung dengan brand Indomaret yang sudah dikenal luas masyarakat Indonesia sehingga lebih mudah diterima pasar.
  3. Mendapatkan bantuan survey lokasi potensial dari tim Indomaret sehingga memperkecil risiko tidak strategisnya lokasi usaha.
  4. Tidak harus terlibat full time dalam pengelolaan gerai karena didukung sistem operasional terintegrasi dari Indomaret pusat.
  5. Memiliki peluang untuk terus berkembang dengan membuka lebih dari 1 gerai Indomaret melalui sistem waralaba.
  6. Adanya perencanaan matang dari tim Indomaret, termasuk survey lokasi, distribusi barang, hingga dukungan manajemen gerai yang solid untuk meminimalisasi risiko kerugian bagi waralaba Indomaret.

Sebagai franchisee anda akan mendapatkan berbagai keuntungan waralaba Indomaret baik dari sisi pengetahuan, brand image, minimisasi resiko, serta peluang pengembangan usaha ke depannya.

Syarat dan Ketentuan Bergabung dengan Franchise Indomaret

  • Warga negara Indonesia
  • Menyediakan lokasi toko di area komersial dengan luas ideal 120-200 meter persegi
  • Melengkapi izin usaha minimarket seperti IMB/PMG, NPWP, PKP, Izin lingkungan, Ijin domisili (bila diperlukan), NIB, STPW dan perijinan lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  • Menyediakan dana untuk pembukaan toko minimarket
  • Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem waralaba Indomaret
Baca juga   Minuman Collagen Vitamin C: Target Market, Strategi Bisnis

Selengkapanya baca syarat waralaba Indomaret.

Cara Gabung Usaha Franchise Indomaret

  1. Sudah memiliki calon lokasi usaha/toko
  2. Presentasi awal ke pihak Indomaret
  3. Survey lokasi usaha oleh Indomaret
  4. Pengukuran dan evaluasi Kriteria Kelayakan Investasi (KKI)
  5. Perjanjian pengikatan dan pembayaran franchise fee
  6. Mengurus izin usaha minimarket
  7. Pembangunan fisik atau renovasi bangunan
  8. Pembukaan gerai Indomaret
cara gabung mitra usaha franchise indomaret

Estimasi Modal Investasi Usaha Waralaba Indomaret

Estimasi investasi

  • Franchise fee 5 tahun: Rp 36 juta
  • Promosi pembukaan: Rp 9,5 juta
  • Renovasi & tambah daya listrik: Rp 221,5 juta
  • Peralatan elektronik & non elektronik: Rp 227 juta

Total estimasi investasi atau modal usaha franchise Indomaret adalah Rp 494 juta.

Catatan:

  • Biaya renovasi dan peralatan disesuaikan kondisi bangunan dan tipe gerai.
  • Angka investasi dapat berbeda tergantung lokasi, luas, dan kondisi bangunan.

Bila franchise minimarket tersebut mahal, anda dapat mempertimbangkan untuk bergabung menjadi mitra usaha franchise es teh Poci.

Royalti Fee Indomaret

Royalti fee Indomaret adalah biaya yang harus dibayarkan oleh pemilik gerai Indomaret dalam jangka waktu tertentu. Besaran royalti fee Indomaret tergantung dari omzet (penjualan) gerai per bulan: 

  • 0%: Untuk omzet penjualan di bawah Rp175 juta per bulan
  • 2%: Untuk omzet penjualan antara Rp175–200 juta per bulan
  • 3%: Untuk omzet penjualan Rp200–225 juta per bulan
  • 4%: Untuk omzet penjualan lebih dari Rp225 juta per bulan

Penutup

Menjadi mitra waralaba Indomaret merupakan peluang menjanjikan bagi calon pengusaha ritel modern di Indonesia. Ada 3 skema kemitraan yang ditawarkan Indomaret dengan syarat ketentuan dan investasi modal usaha yang jelas.

Bagi calon franchisee, penting untuk memahami sistem waralaba, menganalisis aspek finansial dan pemilihan lokasi sebelum memutuskan bergabung dengan waralaba Indomaret. Konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak Indomaret untuk mendapatkan informasi terbaru.

Baca juga   Apa itu Minuman Bubuk, Jenis, Potensi Bisnis & Target Pasar

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang tertarik untuk menjadi mitra bisnis waralaba Indomaret. Ketika anda sudah membeli frannchise, maka anda dapat mempromosikannya melalui social media.

Yuk, baca ulasan kami tentang cara memasarkan produk melalui media sosial.

post

Slamet Purwanto adalah seorang praktisi SEO berpengalaman untuk mengoptimalkan visibilitas website atau brand di search engine. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengalamannya sebagai peneliti di sebuah lembaga riset terkemuka di IPB (Institut Pertanian Bogor) dan dosen pengajar di kampus swasta di Ponorogo, dia berhasil mengimplementasikan pengetahuan akademis ke dalam praktik SEO yang sesuai panduan Google.

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk konsultasi produk dan informasi penawaran harga maklon terbaru