Bisnis

Cara Penetrasi Pasar Minuman Collagen di Apotek Indonesia

Diterbitkan pada

Telah diupdate pada

Ditulis oleh Muslim

Disupervisi oleh Melawati, Purwanto

Bisnis minuman collagen terus mengalami pertumbuhan yang pesat di Indonesia. 

Pertumbuhan tersebut terjadi karena banyak konsumen yang tertarik dengan manfaat minuman collagen untuk kesehatan dan kecantikan. Masyarakat mulai sadar akan pentingnya konsumsi minuman kesehatan.

Sebagai pengusaha, Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk memperluas pemasaran produk minuman collagen Anda ke apotek. 

Apotek adalah tempat yang ideal untuk menjual minuman collagen karena konsumen percaya bahwa apotek menyediakan produk kesehatan yang berkualitas dan terpercaya.

Lalu, bagaimana cara menjalankan bisnis minuman collagen di apotek? 

Dalam artikel ini, kami akan mengulas tentang cara sukses memasuki pasar minuman collagen di apotek, sehingga Anda dapat mempelajari tentang riset pasar, strategi mengembangkan produk berkualitas, hingga melakukan pemasaran (promosi) yang efektif.

Kami akan berikan studi kasus brand Diva Collagen Drink dalam artikel ini.

Mari kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

Cara Menjalankan Bisnis Minuman Collagen di Apotek (Studi Kasus Brand Diva)

Cara Penetrasi Pasar Minuman Collagen di Apotek Indonesia 1

Untuk mempermudah pemahaman, dalam artikel ini kami akan gunakan studi kasus brand minuman yang ada di apotek, yaitu Diva.

1. Riset pasar yang mendalam

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memasuki pasar minuman collagen di apotek adalah melakukan riset pasar yang mendalam. 

Riset pasar yang mendalam adalah proses mengumpulkan dan menganalisis data yang berkaitan dengan konsumen, pesaing, dan industri yang berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan.

Yuk, kita coba analisis bagaimana Diva melakukan riset pasar sehingga produknya dapat ditemukan di apotek. Beberapa item yang akan kita analisis adalah seperti tabel berikut.

Item 
Nilai 
Permintaan terhadap minuman collagen
Pasar minuman collagen diperkirakan akan mencapai $554,48 juta pada tahun 2027. Angka tersebut menunjukkan pertumbuhan yang pesat meningkat sebesar 16,5% CAGR secara global.
Preferensi konsumen
Kemasan sachet model stikRasa yang sudah familiar, seperti jeruk, apel atau lemon
Persepsi konsumen terhadap produk pesaing
Glow Collagen menawarkan harga yang terjangkau dengan manfaat yang terbukti untuk melembabkan dan memutihkan kulit.

Hemaviton C1000 + Collagen memiliki harga yang terjangkau, rasa jeruk yang segar, dan manfaat yang terbukti untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kinohimitsu J’pan Collagen Diamond mempunyai harga jual yang cukup tinggi tetapi manfaatnya terbukti mengurangi kerontokan rambut, melembabkan kulit, dan menyegarkan tubuh.

Everwhite Hi Collagen Powder Drink menawarkan harga yang murah dengan manfaat yang terbukti meningkatkan kecerahan dan kelembaban kulit.

Referesi:

Permintaan terhadap Minuman Collagen

Cara Penetrasi Pasar Minuman Collagen di Apotek Indonesia 3

Source image

Berdasarkan data diatas, pasar minuman collagen secara global diperkirakan akan terus meningkat dari $192,7 juta pada tahun 2017 menjadi $554,5 juta pada tahun 2027. Dengan konsumen minuman collagen didominasi oleh perempuan daripada konsumen laki-laki.

Pertumbuhan yang pesat tersebut menunjukkan bahwa minuman collagen memiliki peluang bisnis yang besar di masa depan. 

Tentunya Diva Collagen Drink sebagai produsen minuman collagen di Indonesia memiliki peluang besar untuk terus mengembangkan dan memasarkan produknya serta bersaing dengan merek-merek lain yang menawarkan produk serupa.

Untuk memanfaatkan peluang tersebut, Diva Collagen telah menerapkan strategi pemasaran yang tepat dengan menyasar apotek sebagai saluran distribusi dan menargetkan pasar konsumen perempuan yang merupakan konsumen mayoritas di apotek.

Menurut penelitian Syifauddin dkk menyebutkan bahwa mayoritas konsumen apotek adalah perempuan dengan persentase 56% sedangkan laki laki sebesar 44%.

Namun, Kami menyarankan agar Brand Diva tidak hanya fokus pada pasar perempuan, tetapi juga mencoba menarik konsumen laki-laki dengan cara menyesuaikan produk dan promosinya. 

Hal ini dapat membantu memperluas pangsa pasar dan mungkin dapat menjadi pemimpin pasar minuman collagen di Indonesia terutama di apotek.

Preferensi konsumen

Berdasarkan preferensi konsumen pada tabel sebelumnya, kami menemukan bahwa kemasan sachet model stik lebih diminati oleh konsumen karena praktis dan mudah dibawa ke berbagai tempat, seperti kantor atau tempat wisata (Future Marketing Insight).

Oleh karena itu, kami merekomendasikan kepada Diva untuk mengubah kemasan produk minuman collagennya dari botol ke sachet model stik. Berikut contoh gambar kemasannya.

Cara Penetrasi Pasar Minuman Collagen di Apotek Indonesia 5

Selain itu, kami juga menyarankan kepada Diva Collagen untuk menambahkan atau mengganti rasa minuman collagennya dari rasa mix berry ke rasa yang lebih dikenal oleh konsumen, seperti jeruk, apel, atau lemon (Nutritional Outlook).

Hal ini didukung oleh data dari Beverage Daily yang menyebutkan bahwa 46% konsumen menyukai minuman dengan rasa yang mudah dikenali, sementara 40% konsumen tidak keberatan dengan rasa baru asalkan digabungkan dengan rasa yang sudah dikenali.

Persepsi konsumen terhadap produk pesaing

Persepsi konsumen terhadap produk pesaingGlow Collagen menawarkan harga yang terjangkau dengan manfaat yang terbukti untuk melembabkan dan memutihkan kulit.

Hemaviton C1000 + Collagen memiliki harga yang terjangkau, rasa jeruk yang segar, dan manfaat yang terbukti untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kinohimitsu J’pan Collagen Diamond mempunyai harga jual yang cukup tinggi tetapi manfaatnya terbukti mengurangi kerontokan rambut, melembabkan kulit, dan menyegarkan tubuh.

Everwhite Hi Collagen Powder Drink menawarkan harga yang murah dengan manfaat yang terbukti meningkatkan kecerahan dan kelembaban kulit.

Berdasarkan data tabel di atas, Anda dapat melihat bahwa konsumen mempertimbangkan beberapa aspek penting dalam memilih produk minuman collagen, yaitu harga, manfaat, dan rasa. 

Keempat produk minuman collagen pesaing Diva Collagen Drink tersebut di apotek memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing dalam ketiga aspek diatas.

Untuk aspek harga, Anda dapat mengetahui bahwa Glow Collagen, Hemaviton C1000 + Collagen, dan Everwhite Hicolla mendapatkan tanggapan positif dari konsumen karena menawarkan harga yang murah. Namun, harga Kinohimitsu J’pan Collagen Diamond dinilai cukup mahal oleh konsumen. 

Berikut daftar harga dari keempat produk minuman collagen pesaing Diva di apotek, yaitu:

Produk
Harga
Harga per Unit
Rp562.504/box
Rp18.750/sachet
Rp6.741/botol
Rp6.741/botol
Rp1.515.250/16 botol
Rp94.703/botol
Rp194.370/box
Rp9.718/sachet

Kami menilai bahwa Diva Collagen Drink sudah menetapkan harga yang kompetitif, yaitu Rp12.465/botol yang sesuai dengan kualitas dan kuantitas produknya. 

Disamping itu, harga yang ditawarkan dapat bersaing dengan produk minuman collagen lain yang dijual di apotek.

Dari aspek manfaat, semua produk minuman collagen pesaing diketahui telah terbukti dapat memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan untuk konsumen, seperti:

  • Melembabkan kulit
  • Memutihkan kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Mengurangi kerontokan rambut
  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Diva Collagen Drink sudah tepat menawarkan berbagai manfaat minuman collagen pesaing dalam satu botol miliknya, seperti mencerahkan, memutihkan, dan melembabkan kulit. Selain itu, semua manfaat tersebut juga sudah terbukti oleh konsumen yang mencobanya (Female Daily dan Ester Herliana). 

Maka, konsumen tidak perlu membeli produk minuman collagen lain yang hanya terbukti satu atau dua manfaat saja.

Namun, kami menyarankan kepada Brand Diva agar menambahkan manfaat lain, seperti mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Diva dapat menyediakan semua manfaat yang ditawarkan oleh pesaing sejenis di apotek dalam satu botol.

Hal ini tentu akan mempermudah produk Diva Collagen Drink untuk masuk atau menguasai pasar minuman collagen, khususnya di apotek.

Untuk aspek rasa, diketahui bahwa produk minuman collagen hemaviton lebih unggul dan mendapatkan respon positif dari konsumen dibandingkan produk lainnya karena memiliki rasa jeruk yang enak dan menyegarkan.

Sementara itu, produk minuman collagen Glow, Kinohimitsu, dan Everwhite tidak mendapatkan penilaian khusus dari konsumen mengenai rasa yang ditawarkan. 

Produk-produk tersebut memiliki rasa mix fruit dan perpaduan dari leci; apel dan lemon. Mungkin, rasa-rasa tersebut kurang menarik atau biasa saja untuk konsumen minuman collagen di apotek.

Langkah yang diambil oleh minuman Diva telah sesuai dengan memilih rasa mix berry yang berbeda dari produk lainnya. 

Namun, kami menyarankan kepada Diva untuk menambahkan atau mengganti rasa mix berry tersebut ke rasa yang sudah familiar seperti yang sudah dibahas sebelumnya untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. 

Diva Collagen dapat memilih untuk menggunakan varian rasa jeruk sebagai alternatif pilihan rasa. Hal ini karena rasa jeruk yang segar dan enak sudah terbukti menjadi favorit konsumen minuman collagen di apotek, seperti Hemaviton.

2. Mengembangkan produk berkualitas tinggi

Produk minuman collagen yang berkualitas adalah kunci kesuksesan untuk memasuki pasar di apotek. Perlu Anda tahu bahwa produk yang berkualitas akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan membedakan produk dari pesaing. 

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mengembangkan produk minuman collagen yang berkualitas, antara lain:

  • Memiliki kandungan collagen berkualitas tinggi
  • Mengandung bahan-bahan tambahan yang bermanfaat
  • Memiliki sertifikasi dari lembaga terkemuka

Mari kita lanjutkan studi kasus mengenai Diva Collagen Drink di bawah ini.

No.
Aspek
Penjelasan
1.
Memiliki kandungan collagen berkualitas tinggi
Dilansir dari Kalbe Nutritional, Diva Collagen Drink mengandung 1000mg collagen ikan. 

Dikutip dari Journal IPB, collagen ikan memiliki keunggulan dibandingkan collagen dari sumber hewan lain, seperti nilai biologis yang tinggi, kandungan asam amino esensial yang tinggi, dan kandungan hidroksiprolin yang rendah.

Disamping itu, menurut Just Vitamins juga menyatakan bahwa collagen ikan lebih mudah dicerna oleh tubuh 1,5 kali lebih cepat daripada collagen sapi atau babi.

Maka dari itu, pemilihan collagen ikan yang dilakukan oleh Brand Diva sudah benar. 
2.
Mengandung bahan-bahan tambahan yang bermanfaat
Minuman collagen Diva sudah tepat dalam memilih bahan-bahan tambahan yang bermanfaat untuk ditambahkan ke dalam produk minumannya. 

Diketahui bahan-bahan tambahan yang ada di dalam minuman collagennya, seperti superfruit (buah delima, acerola, biji anggur dan acai) dan vitamin E yang tinggi (Kalbe Nutritional). 

Berikut penjelasan manfaat dari masing-masing bahan tambahan tersebut untuk Anda ketahui.

Buah delima: mencegah radang, kerusakan sel, dan bakteri perusak didalam tubuh.
Buah acerola: meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, dan merawat kulit.
Biji anggur: menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan tulang dan jantung.
Buah acai: memperbaiki kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantungVitamin E: menjaga dan melindungi sel-sel didalam tubuh.
3.
Memiliki sertifikasi dari lembaga terkemuka
Keputusan Diva Collagen Drink untuk mendapatkan sertifikasi dari lembaga terkemuka, seperti BPOM dan MUI sangat baik.

Diva memiliki nomor registrasi izin edar dari BPOM yaitu MD 266610167281 yang menjamin bahwa produknya telah memenuhi standar kesehatan dan keamanan.

Selain itu, Diva juga memiliki nomor sertifikat halal dari MUI  yaitu LPPOM-00280087630318 yang menunjukkan bahwa minuman collagen miliknya dapat dikonsumsi oleh umat Islam.

Kedua sertifikasi ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk minuman Diva sesuai dengan penelitian M. Reza B. Ahmad yang menyatakan bahwa label halal dan BPOM berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli konsumen.

3. Membangun kerjasama yang baik dengan apotek

Untuk memasuki pasar apotek, maka Anda harus memiliki kerjasama yang baik dengan apotek-apotek yang menjadi mitra Anda. 

Kerjasama yang baik akan memudahkan Anda dalam berkomunikasi, bernegosiasi, dan menyelesaikan masalah yang mungkin muncul.

Kita lanjutkan kembali untuk membahas studi kasus Diva Collagen Drink.

Diva Collagen Drink telah berhasil dalam membangun kerjasama yang baik dengan berbagai apotek terkemuka di Indonesia. Dilansir dari BeautyJournal.id, beberapa apotek yang menjadi mitranya antara lain:

  • Watson
  • Guardian
  • Century
  • Apotek K-24
  • Halodoc
  • Apotek Wahdah

Kemitraan tersebut membuktikan bahwa Brand Diva memiliki kualitas dan reputasi yang baik di mata apotek-apotek tersebut. 

Salah satu buktinya adalah postingan di akun Facebook Apotek Wahdah yang mempromosikan dan merekomendasikan Minuman Diva Collagen Drink kepada konsumen mereka.

Beberapa cara yang mungkin dilakukan oleh Diva Collagen Drink dalam membangun hubungan yang baik dengan berbagai apotek adalah:

Bangun Hubungan Bisnis yang Baik

Pertama, strategi yang mungkin dilakukan oleh Diva Collagen Drink adalah dengan membangun hubungan bisnis yang baik. 

Diva membangun hubungan bisnis yang baik dengan apotek dengan cara berkomunikasi secara langsung dan transparan melalui telepon, email, atau kunjungan langsung. 

Selain itu, Diva Collagen juga memberikan penawaran kerjasama yang saling menguntungkan, seperti diskon, bonus, atau program loyalitas yang dapat meningkatkan penjualan dan kepuasan konsumen.

Menawarkan Produk yang Menarik

Selain itu, Minuman Diva juga mungkin menawarkan produk yang menarik dan berkualitas kepada apotek. 

Diva memberikan penawaran eksklusif yang hanya diberikan kepada apotek yang bekerjasama, seperti diskon besar-besaran atau bonus untuk apotek yang mencapai target penjualan tertentu.

Kualitas Pelayanan yang Terbaik

Terakhir, Brand Diva mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada apotek. Pelayanan terbaik tersebut, seperti selalu memantau stok produk secara rutin dan mengirimkan produk dengan cepat dan tepat ke apotek yang bekerjasama. 

Selain itu, Diva selalu tanggap dan profesional dalam menangani masalah yang terkait dengan produknya, seperti kerusakan atau keterlambatan pengiriman.

4. Lakukan pemasaran (promosi) yang efektif

Terakhir, lakukan pemasaran (promosi) yang efektif merupakan cara untuk memasuki pasar minuman collagen di apotek. 

Perlu Anda ketahui bahwa promosi tidak hanya berfungsi untuk memperkenalkan produk minuman collagen saja, tetapi juga untuk membangun brand awareness dan citra positif di mata konsumen. 

Dikutip dari penelitian Manik menyatakan bahwa kegiatan promosi berpengaruh signifikan sebesar 55,9% terhadap minat beli konsumen.

Dengan melakukan promosi yang tepat, maka Anda dapat menunjukkan manfaat dan keunggulan produk minuman collagen Anda serta meningkatkan kesetiaan konsumen terhadap brand Anda.

Mari kita lanjutkan dengan membahas studi kasus Diva Collagen Drink untuk mengetahui strategi pemasaran/promosi yang telah diterapkannya untuk memasarkan produk minuman collagen kepada konsumen potensial.

Memanfaatkan Media Sosial

Diva Collagen telah melakukan strategi pemasaran/promosi yang efektif dengan memanfaatkan media sosial, seperti Facebook dan Instagram

Media-media tersebut memungkinkan Diva untuk menjangkau konsumen potensialnya, yaitu konsumen perempuan. 

Selain itu, minuman Diva juga berhasil menyampaikan ide-ide menarik tentang minuman kesehatan mereka di media sosial. Bahkan diketahui beberapa postingan mereka mampu mengundang partisipasi dan interaksi dari audiens.

Berikut ini adalah beberapa contoh ide dan cara penyampaian yang digunakan oleh Diva untuk mempromosikan produk minuman collagennya di media sosial.

No.
Ide
Cara Penyampaian
1.
Testimoni konsumen dan bukti nyata
Gambar edukatif
2.
Menjelaskan kandungan yang terdapat didalam minuman
Gambar dan video edukatif 
3.
Menjelaskan manfaat yang diperoleh
Gambar dan video edukatif
4.
Mengajak diskusi konsumen
Gambar edukatif
5.
Rutinitas kesehatan harian
Gambar dan video edukatif
6.
Tips menjaga dan merawat kecantikan kulit
Gambar dan video edukatif
7.
Mengajak bermain tebak-tebakan dengan konsumen
Gambar edukatif
8.
Mengadakan giveaway
Gambar edukatif

Menyelenggarakan Acara Khusus

Diva Collagen Drink tidak hanya memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya, tetapi juga menyelenggarakan acara khusus yang berkaitan dengan kecantikan dan kesehatan, yaitu:

  • Beauty Festival dan Beautypreneur Competition: Acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi, inspirasi, dan motivasi kepada masyarakat Indonesia, khususnya perempuan untuk menjalani hidup yang lebih baik dan mewujudkan impiannya melalui Beautypreneur competition. 

Acara Beauty festival dan competition tersebut diselenggarakan di Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia yang memiliki pertumbuhan signifikan dalam hal gaya hidup sehat, tren, dan fashion (Kalbe Nutritionals).

  • Yoga Kecantikan di Hotel Harris Summarecon Bekasi: Acara tersebut diselenggarakan dengan menggabungkan olahraga yoga yang bermanfaat untuk tubuh dengan talk show tentang rahasia kulit bersinar dan cantik dengan Diva Collagen Drink. 

Diharapkan acara yoga dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada para perempuan Indonesia tentang cara merawat kecantikan dari dalam dan luar (Kalbe Nutritionals).

Dengan menyelenggarakan acara-acara khusus tersebut, maka Diva Collagen Drink berhasil mengenalkan dan memasarkan produknya lebih luas di masyarakat. 

Acara-acara yang diselenggarakan oleh Diva sangat sesuai dengan target pasarnya yaitu perempuan yang peduli dengan kecantikan dan kesehatannya.

Beberapa Brand Minuman Collagen di Apotek

Cara Penetrasi Pasar Minuman Collagen di Apotek Indonesia 7

Diva collagen high vit e 80ml

Cara Penetrasi Pasar Minuman Collagen di Apotek Indonesia 9

Diva collagen high vit e 80ml merupakan minuman collagen siap minum dengan cita rasa mix berries yang enak, nikmat dan praktis. Minuman tersebut menawarkan manfaat untuk membantu meningkatkan kelembaban kulit, mengurangi kerutan di wajah, dan membantu meregenerasi sel kulit baru.

Anda dapat meminum produk Diva sebanyak 2x sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dilansir dari K24 Klik, produk Diva Collagen dijual dengan harga Rp12.465/botol @80ml.

Glow collagen sach

Cara Penetrasi Pasar Minuman Collagen di Apotek Indonesia 11

Glow collagen merupakan suplemen nutrisi untuk menjaga kesehatan kulit untuk mengembalikan elastisitas, mencegah kerutan, dan mengatasi kulit kering akibat dehidrasi.

Minuman Glow dilengkapi dengan formula Verisol B (Collagen Hydrolysate) yaitu jenis Bioactive Collagen Peptides yang berasal dari kulit sapi dan kaya akan Prolin dan Hidroksiprolin. Peptida tersebut akan bekerja pada bagian yang memerlukan collagen tambahan.

Produk Glow Collagen dapat diperoleh di K24 Klik dengan harga Rp554.066/box (1 box isi 30 sachet).

Hemaviton c 1000 + collagen

Cara Penetrasi Pasar Minuman Collagen di Apotek Indonesia 13

Hemaviton c 1000 + collagen 150 ml adalah suplemen kesehatan produksi PT Tempo Scan Pasific yang membantu memelihara daya tahan tubuh dan membantu merawat kesehatan kulit.

Suplemen ini mengandung Vitamin C 1000 mg, Vitamin E 5 mg, Vitamin B3 10 mg, Vitamin B6 5 mg, Vitamin B12 5 mcg, dan Collagen (fish collagen) 1000 mg.

Dikutip dari Alodokter, minuman Hemaviton dapat diperoleh dengan harga Rp6.741/botol @150ml.

Kinohimitsu j’pan collagen diamond

Cara Penetrasi Pasar Minuman Collagen di Apotek Indonesia 15

Kinohimitsu j’pan collagen diamond merupakan minuman collagen yang mengandung collagen peptide sebanyak 5300 mg dan perilla seed di setiap botolnya. Minuman Kinohimitsu menawarkan beberapa manfaat untuk tubuh, seperti mengencangkan dan melembabkan kulit.

Menurut Tokopedia, Kinohimitsu J’pan sangat cocok untuk Anda yang berusia 30 tahun keatas karena 100% menggunakan bahan alami (tanpa pemanis, pengawet, pewarna, perasa buatan atau bahan kimia). Selain itu, Anda cukup minum 1 botol per 2 hari sebelum makan. 

Kinohimitsu J’pan Collagen Diamond dipasarkan dengan harga Rp1.515.250/box (1 box isi 16 botol) (Alodokter).

Everwhite hi collagen powder drink

Cara Penetrasi Pasar Minuman Collagen di Apotek Indonesia 17

Everwhite hi collagen powder drink adalah minuman serbuk yang mengandung collagen ikan, serat, dan glutathione yang dapat membantu untuk memperlambat penuaan dini.

Minuman kesehatan ini dapat diminum sebanyak 1 sachet di pagi hari dan 1 sachet di malam hari. Namun, untuk ibu hamil dan ibu menyusui, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi produk ini.

Dilansir dari Alodokter, minuman Everwhite dijual dengan harga Rp194.370/box (1 box isi 20 sachet @12gram).

Dibawah ini kami sajikan tabel untuk memudahkan Anda membandingkan brand-brand minuman collagen di apotek diatas.

Merek
Harga
Diva collagen high vit e 80ml
Rp12.465/botol @80ml
Glow collagen sach
Rp554.066/box (1 box isi 30 sachet)
Hemaviton c 1000 + collagen
Rp6.741/botol @150ml
Kinohimitsu j’pan collagen diamond
Rp1.515.250/box (1 box isi 16 botol)
Everwhite hi collagen powder drink
Rp194.370/box (1 box isi 20 sachet @12gram)

Kesimpulan

Cara Penetrasi Pasar Minuman Collagen di Apotek Indonesia 19

Jika Anda ingin memasuki pasar minuman collagen di apotek, maka ada beberapa hal yang harus Anda siapkan dengan baik. 

Hal ini penting untuk memanfaatkan peluang bisnis yang ada pada pasar minuman collagen di apotek. Pertama, Anda perlu mengetahui brand-brand minuman collagen pesaing yang ada di apotek, seperti:

  • Diva collagen high vit e 80ml
  • Glow collagen sach
  • Hemaviton c 1000 + collagen
  • Kinohimitsu j’pan collagen diamond
  • Everwhite hi collagen powder drink

Selain itu, Anda harus mengetahui langkah-langkah untuk memasuki pasar minuman collagen di apotek. Beberapa langkah yang harus Anda lakukan, antara lain:

  • Melakukan riset pasar yang mendalam
  • Mengembangkan produk minuman collagen yang berkualitas tinggi
  • Membangun kerjasama yang baik dengan apotek
  • Melakukan promosi yang efektif
  • Membuat materi edukasi yang bermanfaat untuk konsumen
  • Melakukan pemantauan kinerja dan umpan balik konsumen

Dengan mengetahui pesaing di apotek dan mengikuti langkah-langkah di atas, maka Anda dapat mencapai peluang bisnis yang menguntungkan pada pasar minuman collagen di apotek.

Sekarang Anda telah mempelajari tentang minuman collagen di apotek. Untuk menambah wawasan Anda, silakan simak informasi tentang minuman collagen di Indomaret.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk konsultasi produk dan informasi penawaran harga maklon terbaru