Bisnis

Apa Iya Noera Jadi Minuman Collagen Terbaik BPOM? Ini Analisanya

Diterbitkan pada

Telah diupdate pada

Ditulis oleh Muslim

Disupervisi oleh Melawati, Purwanto

Jika Anda seorang pengusaha atau calon pengusaha, maka Anda perlu memahami bagaimana suatu brand dapat unggul di industrinya.

Salah satu contoh brand yang berhasil unggul di industrinya sebagai minuman collagen terbaik BPOM adalah Noera.

Untuk mengetahui bagaimana strategi Noera dalam mencapai kesuksesan tersebut, maka Anda dapat melakukan analisa terhadap berbagai aspek bisnisnya.

Di dalam artikel ini, kami akan menganalisa cara Noera menjadi minuman collagen terbaik BPOM meliputi segmen dan target pasar, tingkat persaingan, analisis SWOT, dan strategi pemasaran yang diterapkan oleh Noera.

Mari baca artikel ini sampai selesai.

Inilah Mengapa Noera Menjadi Minuman Collagen Terbaik BPOM Saat ini

Apa Iya Noera Jadi Minuman Collagen Terbaik BPOM? Ini Analisanya 1

Menyasar segmen dan target pasar yang tepat

Noera merupakan brand minuman collagen yang terkenal di Indonesia. Brand ini menargetkan wanita usia 12 tahun keatas yang peduli dengan kesehatan dan kecantikan kulitnya (TikTok @Noerabeauty).

Salah satu strategi yang digunakan oleh Noera untuk menyasar target pasar tersebut adalah dengan menjual produknya melalui e-commerce Shopee. 

Menurut data Tren Asia, Shopee merupakan platform belanja online yang paling banyak digunakan oleh wanita yaitu sebesar 54% dan 46% pria.

Strategi yang diterapkan oleh Noera terbukti berhasil, karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Taufiqurrahman dkk pada jurnal MSEJ, melaporkan Noera menjadi top brand penjualan produk collagen terlaris pada tahun 2022. 

Diketahui bahwa Noera berhasil menjual produk collagenya sebesar 15,2% dari total penjualan online dan offline storenya yang mana 1000 pcs setiap bulannya berasal dari aplikasi Shopee. 

Maka dapat disimpulkan bahwasanya target market dan saluran penjualan yang digunakan oleh Noera telah tepat. Hal ini terlihat dari penjualan Noera tersebut.

Baca juga beberapa kriteria produk minuman collagen terbaik.

Berkolaborasi untuk dongkrak penjualan

Apa Iya Noera Jadi Minuman Collagen Terbaik BPOM? Ini Analisanya 3

Berdasarkan gambar data penjualan diatas terlihat bahwa brand-brand minuman collagen saling bersaing dengan sengit di pasar. 

Walaupun begitu, Brand Noera mampu unggul dan memimpin penjualan produk minuman collagen dibandingkan brand lainnya dengan penjualan mencapai 15,2%. 

Pesaing dari Noera adalah brand minuman collagen seperti:

  • ELD Collagen Drink, dengan volume penjualan sebesar 11,6% (terbesar ke-2)
  • Beaudelab, dengan volume penjualan sebesar 7% (terbesar ke-3)
  • Joju
  • Byoote
  • Gluta Frozen
  • Geamoore
  • Sheeby
  • KFS Gluta
  • Roove

Laman Compas menyatakan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh Noera tersebut telah tepat.

Noera berkolaborasi dengan berbagai Brand Ambassador (BA) yang populer yaitu Fuji, Rachel Vennya, Suhay, Ghisel, dan Tasya Farasya. 

Kebanyakan follower dari BA tersebut adalah perempuan muda. Sebagai contoh kita ambil dari salah satu postingan akun IG Fuji. Terlihat dari nama-nama yang didominasi oleh nama wanita.

Apa Iya Noera Jadi Minuman Collagen Terbaik BPOM? Ini Analisanya 5

Kemudian, Noera juga sering mengadakan giveaway di akun Instagramnya dengan syarat mengharuskan partisipan untuk membeli produknya terlebih dahulu. 

Baca juga   Supplier Bubuk Minuman Terbaik Bogor untuk Partner Bisnis

Selain itu, Noera diketahui aktif untuk mempromosikan produk dan berkomunikasi dengan followersnya melalui Live Session di akun TikToknya setiap harii (Liputan6).

Analisa SWOT Noera

Kang Hens di laman Kompasiana pernah menulis artikel bertajuk Ini Strategi Jitu Pasarkan Produk Kecantikan di Media Sosial ala Noera Beauty.

Berdasarkan informasi tersebut, maka kita dapat melakukan analisa SWOT produk Noera Collagen Drink secara sederhana dan berikut adalah hasilnya.

Kekuatan (Strengths)

  • Mengusung konsep produk kecantikan alami: Noera merupakan produk kecantikan alami yang mengandung bahan-bahan, seperti salmon collagen, L-Glutathione, Strawberry Korea, birdnest, saffron extra, vitamin C dan Vitamin E. Tentunya konsep tersebut menarik untuk konsumen yang mencari produk kecantikan yang tidak mengandung bahan kimia.
  • Manfaat yang Jelas: Produk minuman collagen Noera menawarkan manfaat yang jelas, seperti kulit lebih cerah, kencang, awet muda dan terbebas dari jerawat. Anda perlu tahu bahwa manfaat yang jelas dapat menjadi alasan kuat untuk konsumen membeli produk Noera.
  • Kandungan antioksidan: Keberadaan bahan-bahan alami, seperti Salmon Collagen, Glutathione, Vitamin C, dan Vitamin E dapat menjadi nilai tambah produk Noera yang menawarkan manfaat melindungi tubuh dari radikal bebas.
  • Penggunaan media sosial: Noera telah berhasil memanfaatkan media sosial, khususnya Instagram dan TikTok, untuk memasarkan produk mereka dengan sukses. Konsistensi dalam menyajikan konten edukatif dan kreatif telah membuat mereka mendapatkan banyak pengikut.
  • Interaksi dengan konsumen: Diketahui bahwa Noera aktif dalam melakukan Live Session di TikTok setiap hari untuk berinteraksi dengan pengikutnya secara langsung yang dapat membangun hubungan yang lebih dekat.

Kelemahan (Weaknesses)

  • Pesaing dalam industri kecantikan: Industri kecantikan sangatlah kompetitif dengan banyak brand yang menawarkan produk serupa. Oleh karena itu, brand Noera harus mampu bersaing dengan produk-produk sejenis lainnya.
  • Ketergantungan pada media sosial: Meskipun media sosial adalah alat pemasaran yang kuat, akan tetapi ketergantungan pada platform ini juga memiliki risiko, seperti perubahan algoritma atau tren secara tiba-tiba.

Peluang (Opportunities)

  • Pengembangan produk: Brand Noera dapat melihat peluang untuk mengembangkan lebih banyak produk kecantikan yang berfokus pada konsep kecantikan alami, seperti sabun mandi, masker wajah, serum dan lip balm organik/alami.
  • Ekspansi pasar: Peluang Noera untuk memperluas penjualan produk masih terbuka sangat lebar, baik di tingkat nasional maupun internasional. Hal ini karena pasar minuman collagen secara global akan terus tumbuh sebesar 12,7% dari tahun 2021 sampai tahun 2030 (Allied Market Research).
  • Kerjasama dengan influencer: Noera dapat menjalin kemitraan atau kerjasama lebih banyak lagi dengan influencer kecantikan terkenal untuk meningkatkan visibilitas brand mereka, seperti Jharna Bhagwani, Nanda Arsyinta, dan Tyna Kanna Mirdad.

Ancaman (Threats)

  • Tren pasar yang berubah: Tren dalam industri kecantikan dapat berubah dengan cepat. Maka, produk Noera harus tetap relevan dengan tren yang berlangsung.
  • Pesaing yang kuat: Persaingan dalam industri kecantikan dapat intens dan pesaing yang kuat dapat mempengaruhi pangsa pasar Noera.
  • Perubahan algoritma media sosial: Perubahan dalam algoritma media sosial seperti Instagram dan TikTok dapat mempengaruhi jangkauan dan keterlihatan konten yang dihasilkan oleh Noera.
Baca juga   Tips Memilih Pabrik Maklon Minuman Serbuk

Berdasarkan analisis SWOT di atas, maka brand Noera memiliki banyak kekuatan, terutama dalam konsep produk kecantikan alami dan penggunaan media sosial yang efektif. 

Namun, mereka juga harus waspada terhadap perubahan tren pasar dan meningkatkan keberagaman produk serta upaya pemasaran mereka untuk mengatasi persaingan dan mengambil peluang yang ada.

Menerapkan strategi pemasaran di berbagai kanal “medsos”

Brand Noera telah memanfaatkan TikTok sebagai media pemasaran yang efektif untuk produk collagen drinknya. 

Mereka membuat berbagai konten yang kreatif dan mengedukasi audiensnya tentang manfaat dan cara konsumsi collagen drink. 

Menurut Taufiqurrahman dalam jurnal MSEJ, Noera menggunakan tiga tipe konten marketing yang digunakan oleh Noera, yaitu konten before after, konten tutorial, dan konten komedi. 

Berikut penjelasannya.

Konten Before After

Konten before after adalah konten yang menampilkan perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan produk collagen. 

Perlu Anda tahu bahwa konten ini bisa membantu penonton memahami fungsi dan manfaat collagen untuk kesehatan kulit. 

Selain itu, konten before after dapat meningkatkan citra produk collagen sebagai produk yang efektif dan berkualitas.

Format konten before after yang dibuat oleh Noera berupa video yang memperlihatkan perubahan wajah seorang wanita yang awalnya berjerawat menjadi mulus setelah rutin minum collagen dari Noera (TikTok @Noerabeauty).

Video tersebut telah ditonton lebih dari 3 juta kali dengan 172,9 ribu like dan 181 komentar.

Konten Tutorial

Konten tutorial adalah konten yang memberikan panduan atau cara penggunaan produk collagen drink. 

Jenis konten tutorial dapat menarik perhatian penonton yang ingin mencoba produk tersebut dan membuat mereka mengenal lebih dekat dengan brand Noera. 

Dengan begitu, konten tutorial dapat memperkuat brand awareness produk collagen drink di kalangan penonton.

Contoh konten tutorial yang dibuat oleh Noera adalah video yang menampilkan proses penyajian produk minuman collagen dari Noera yang disertai penjelasan manfaatnya (TikTok @Noerabeauty).

Video dengan format konten tersebut telah ditonton sekitar 2,3 juta kali dengan 130,8 ribu like dan 445 komentar.

Konten Komedi

Konten komedi adalah jenis konten yang menghibur penonton dengan humor atau lelucon yang melibatkan produk collagen. 

Konten tersebut dapat membuat penonton tertawa dan merasa senang saat melihat produk Noera. 

Dengan demikian, konten komedi bisa meningkatkan brand recall produk collagen di benak penonton.

Contoh konten komedi yang dibuat oleh Noera adalah video yang menampilkan aksi lucu Noera yang mencampurkan produk collagen dengan nasi agar cepat glowing (TikTok @Noerabeauty).

Video dengan jenis konten komedi itu berhasil ditonton oleh 3 juta kali dengan 154,4 ribu like dan 1063 komentar.

Dari ketiga tipe konten marketing tersebut dapat disimpulkan bahwa Noera memiliki strategi pemasaran yang tepat melalui TikTok. 

Mereka mampu menarik minat dan simpati audiens dengan konten-konten yang kreatif dan informatif.

Baca juga   Minuman Collagen yang Bagus: Pengertian, Kriteria, Analisa Brand

Macam-Macam Brand Minuman Collagen Terbaik BPOM

Apa Iya Noera Jadi Minuman Collagen Terbaik BPOM? Ini Analisanya 7

Noera collagen drink

Apa Iya Noera Jadi Minuman Collagen Terbaik BPOM? Ini Analisanya 9

Noera collagen drink adalah jenis minuman serbuk dengan rasa strawberry korea yang mengandung collagen,  L-Glutathione, birdnest dan saffron extract.

Minuman Noera telah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi BPOM RI MD 867028081317 yang berlaku sampai 13 agustus 2025.

Dilansir dari Shopee, Noera Collagen Drink dapat Anda beli dengan harga Rp172.000/box (1 box isi 15 sachet @15gram).

ELD collagen drink

Apa Iya Noera Jadi Minuman Collagen Terbaik BPOM? Ini Analisanya 11

ELD Collagen Drink adalah minuman collagen serbuk dengan rasa strawberry. Minuman ELD mengklaim bahwa produknya 5 kali lebih ampuh dalam mencerahkan kulit dibandingkan dengan brand lainnya.

Brand ELD Collagen telah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi BPOM RI MD 667012021258 yang berlaku sampai 20 januari 2027.

Dengan kemasan pouch 250 gram, Anda dapat memperoleh minuman kesehatan ini di Shopee dengan harga Rp76.500.

Beaudelab (newlab+ brightlogy collagen drink)

Apa Iya Noera Jadi Minuman Collagen Terbaik BPOM? Ini Analisanya 13

Beaudelab merupakan minuman kecantikan yang mengandung marine collagen, amino acid dan vitamin C. 

Perlu Anda ketahui bahwa sejak mei 2023, brand Beaudelab telah berganti nama menjadi Newlab+ Brightlogy Collagen Drink dengan alasan membutuhkan perubahan.

Minuman collagen ini telah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi BPOM RI MD 667012029258 yang berlaku sampai 31 januari 2027.

Anda dapat membeli minuman newlab+ dengan harga Rp125.000/250 gram di Shopee.

Joju

Apa Iya Noera Jadi Minuman Collagen Terbaik BPOM? Ini Analisanya 15

Joju adalah jenis minuman yang mengandung fish collagen tripeptide, L-Glutamine, L-Cysteine, L-Glycine, Zinc Amino Acid Chelate, dan Rice Extract Ceravite.

Joju menawarkan banyak manfaat, seperti membantu untuk memproduksi collagen lebih banyak, menguatkan rambut, memudarkan noda hitam, menangkal radiasi bebas, menghaluskan dan mengencangkan kulit.

Dilansir dari Shopee, minuman Joju dapat Anda beli dengan harga Rp77.000/botol (1 botol isi 30 tablet).

Byoote collagen

Apa Iya Noera Jadi Minuman Collagen Terbaik BPOM? Ini Analisanya 17

Byoote Collagen merupakan minuman collagen dengan rasa mixberry yang di produksi oleh PT Anugrah Original Bionatura Indonesia.

Anda perlu tahu bahwa Byoote sudah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi BPOM RI MD 867031029523 yang berlaku sampai 30 desember 2025.

Minuman Byoote dapat Anda peroleh dengan harga Rp315.000/box (1 box isi 16 sachet) di Shopee.

Kesimpulan

Apa Iya Noera Jadi Minuman Collagen Terbaik BPOM? Ini Analisanya 19

Noera adalah brand minuman collagen terbaik BPOM. 

Pada tahun 2022, Noera berhasil menjadi top brand penjualan produk minuman collagen terlaris yang mencapai 15,2% dari total penjualan baik secara online maupun offline store.

Keberhasilan Noera menunjukkan bahwa Anda juga dapat berpotensi untuk sukses dalam bisnis minuman collagen terbaik BPOM.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka Anda perlu melakukan analisis mendalam mengenai strategi bisnis yang dijalankan oleh Noera.

Ada beberapa aspek penting yang harus Anda perhatikan dalam analisis tersebut, yaitu:

  • Segmen dan target pasar yang dituju oleh Noera
  • Tingkat persaingan produk Noera di pasar
  • Analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang dihadapi oleh Noera
  • Strategi pemasaran efektif yang digunakan oleh Noera

Selain Noera, Anda juga harus mengetahui brand minuman collagen terbaik BPOM lainnya, seperti Byoote Collagen, Diva Collagen Drink, Hemaviton C1000 +Collagen TOTAL CARE, dan X’tragin Red Ginger 2C.

Dengan memahami berbagai aspek diatas secara mendalam, maka Anda dapat merencanakan langkah-langkah yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi minuman collagen terbaik BPOM.

Sekarang Anda sudah mengetahui tentang minuman collagen terbaik BPOM. Selanjutnya, cari tahu mengenai tips bisnis minuman collagen terbaik untuk memutihkan kulit.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk konsultasi produk dan informasi penawaran harga maklon terbaru