fbpx

Minuman Collagen yang Bagus: Analisa Brand Noera dan Byoote

minuman collagen yang bagus

Di industri kesehatan dan kecantikan, minuman collagen sedang populer. Hal itu terjadi seiring permintaan akan produk perawatan kulit dan kesehatan alami yang terus meningkat.

Anda sebagai pengusaha atau calon pengusaha dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk menghadirkan minuman collagen yang bagus untuk menarik minat pelanggan.

Namun dengan semakin banyaknya produk minuman collagen yang berkembang, membuat masyarakat juga perlu menilai minuman collagen mana yang bagus untuk dikonsumsi. Lalu, sebenarnya apa saja kriteria minuman collagen itu bagus dan apa saja rekomendasi brand yang bisa dikonsumsi? Berikut penjelasannya.

minuman collagen yang bagus

Apa yang Dimaksud dengan Minuman Collagen yang Bagus?

Minuman collagen yang bagus adalah produk minuman yang mengandung kolagen dan dinilai baik oleh pelanggan serta memiliki kinerja bisnis (penjualan) yang bagus. 

Menggabungkan penilaian pelanggan dengan kinerja bisnis adalah pendekatan yang baik untuk mengevaluasi minuman kolagen. Produk yang mendapat ulasan positif dan memiliki kinerja bisnis yang baik cenderung menjadi pilihan yang baik untuk dicoba.

Tetapi selalu penting untuk diingat bahwa hasil setelah mengkonsumsi produk dapat berbeda untuk setiap orang.

Kriteria minuman collagen yang bagus

1. Memiliki reputasi merek yang kuat

Reputasi seringkali dikaitkan dengan persepsi kualitas. Artinya, produk atau merek yang memiliki reputasi baik cenderung dianggap memiliki kualitas yang lebih tinggi oleh konsumen. Persepsi sepert ini membuat konsumen mau membayar harga produk yang lebih tinggi.

Reputasi baik juga memicu konsumen untuk memberikan ulasan dan testimoni positif. Customer baru yang belum pernah membeli produk biasanya akan mengambil saran dari orang lain yang telah mencoba produk atau merek tersebut.

2. Mendapat ulasan dan testimoni positif

Minuman kolagen yang bagus mendapatkan ulasan positif dari pelanggan yang telah mencoba produk tersebut. Ulasan pelanggan dapat mencakup testimonial tentang perubahan positif pada kulit, rambut, kuku, atau kesehatan secara keseluruhan setelah mengkonsumsi produk.

Produk ini membantu pelanggan mencapai hasil yang terlihat, seperti kulit yang lebih halus, rambut yang lebih kuat, atau perbaikan dalam kondisi kesehatan lainnya.

3. Memiliki rating produk tinggi

rating

Rating akan sangat berpengaruh pada keputusan calon konsumen untuk membeli produk tersebut atau tidak. Bahkan rating menjadi cara yang umum dilakukan untuk menilai sebuah produk sebelum memutuskannya. Jika rating yang diberikan oleh pelanggan lain, tinggi dan bagus maka kemungkinan besar, produk tersebut juga memiliki reputasi yang baik secara umum.

4. Memiliki pertumbuhan penjualan yang baik

Minuman kolagen yang berkualitas tinggi seringkali memiliki pertumbuhan penjualan yang stabil atau meningkat. Angka penjualan Ini menunjukkan bahwa banyak konsumen memilih untuk membeli produk.

Artinya, pelanggan percaya dengan produk atau brandnya sehingga memutuskan untuk membeli produk tersebut.

5. Sertifikasi produk

Minuman kolagen yang bagus memiliki sertifikasi resmi (seperti sertifikat halal atau BPOM) dan hasil uji klinis yang mendukung klaim kesehatannya. Dengan adanya sertifikasi resmi yang dicantumkan pada kemasan, secara langsung juga meningkatkan kepercayaan masyarakat akan produk tersebut.

Baca juga: 10 Rekomendasi Produk Minuman Collagen Terbaik Untuk Kesehatan Kulit 

Analisa Brand Minuman Collagen yang Bagus: Noera vs Byoote

1. Noera collagen drink

noera

Customer Review

Noera merupakan salah satu brand minuman collagen dengan penilaian cukup baik. Hal itu terlihat dari hasil penilaian dengan score 4,9 (rating bintang skala 5) dari 123 ribu pembeli di toko Noera By Reisha Official Shop di Shopee.

Dari berbagai ulasan pelanggan tentang produk Noera di Shopee, dapat disimpulkan bahwa Noera dapat dikatakan sebagai minuman collagen yang bagus karena:

  1. Banyak pelanggan mengungkapkan bahwa mereka merasakan manfaat positif setelah mengkonsumsi produk Noera. Beberapa dari mereka menyebut manfaat seperti menyehatkan kulit, mencerahkan kulit, menjadikan kulit halus, serta membantu masalah jerawat.
  2. Ulasan pelanggan menyebutkan bahwa produk ini memiliki komposisi yang bagus dan aman. Beberapa pelanggan merasa bahwa komposisi produk ini terlihat baik, dan beberapa menyebutkan bahwa produk ini halal.
  3. Banyak pelanggan menyebutkan bahwa harga produk ini terjangkau. Beberapa juga mengungkapkan mereka merasa mendapatkan nilai yang baik untuk produk ini.
  4. Ulasan menunjukkan bahwa kemasan produk ini baik dan aman selama pengiriman. Tidak ada keluhan tentang produk rusak atau cacat.
  5. Beberapa pelanggan telah menjadi pelanggan tetap produk ini, menunjukkan bahwa mereka puas dengan hasil yang diberikan.

Namun perlu diketahui, bahwa hasil dari penggunaan setiap orang akan berbeda-beda dengan jangka waktu yang juga berbeda-beda.

Berikut spesifikasi mengenai produk minuman collagen Noera:

Isi:

1 box isi 15 sachet @15gr1 box untuk pemakaian 7 hari ( 2 kali sehari, diminum setelah makan)

Legalitas:

  1. BPOM RI MD 867028081317
  2. Sertifikat Halal MUI No 00120094380319

Kandungan:

  1. Salmon Collagen
  2. L-Glutathione
  3. Vitamin C
  4. Vitamin E
  5. Premiks Vitamin
  6. Bird Nest Extract
  7. Saffron Extract
  8. Korean Strawberry Extract

Catatan:

  1. Aman untuk BUSUI
  2. Aman dikonsumsi mulai usia 12 tahun
  3. Tidak disarankan untuk yang alergi ikan/seafood

Perkembangan Bisnis

Melansir dari Compas pada periode 1-15 September 2022 menunjukkan bahwa penjualan Noera mencapai 6716 unit produk. Penjualan produk tersebut setara dengan sales revenue sebesar Rp1.6 miliar. Ini dalam hitungan 2 minggu saja di bulan September 2022.

Noera pun berhasil merebut market share sebesar 26,14% dalam segmen suplemen kecantikan. Itu adalah market share terbesar dibanding yang lain.

Dengan data penjualan dan market share tersebut, Compas pun menempatkan Noera By Reisha sebagai juara 1 dalam kategori produk Suplemen Kecantikan.

Selain itu juga ada beberapa strategi bisnis yang dilakukan Noera untuk memasarkan produknya, yaitu:

  1. Noera menempatkan fokus pada kualitas produk dan harga yang bersaing. Noera menganggap bahwa kombinasi antara kualitas produk yang baik dan harga yang terjangkau adalah faktor kunci dalam menghadapi persaingan di industri ini. Ini sejalan dengan preferensi pelanggan yang mencari nilai yang baik dalam produk kecantikan.
  2. Noera mengandalkan testimoni pelanggan sebagai salah satu faktor yang mendukung kemampuan merek ini untuk bersaing. Testimoni pelanggan yang positif menjadi bukti kualitas produk mereka. Mereka juga mengacu pada sertifikat BPOM untuk mendukung klaim khasiat produk mereka.
  3. Noera memiliki segmen dan target market yang jelas, yaitu remaja dan dewasa dengan rentang usia 17-35 tahun. Ini menunjukkan bahwa mereka telah mengidentifikasi pasar sasaran mereka dengan baik dan merancang produk yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan kelompok usia ini.
  4. Noera mengandalkan marketplace sebagai saluran penjualan utama mereka. Keputusan ini memungkinkan mereka untuk mencapai pelanggan di seluruh Indonesia dengan lebih mudah dan efisien. Mereka juga meraih sukses di marketplace dengan ribuan review positif dan rating yang tinggi.
  5. Noera menggunakan sosial media sebagai alat promosi dan edukasi. Hal ini menunjukkan bahwa Noera memahami pentingnya pemasaran digital dan interaksi dengan pelanggan mereka melalui platform media sosial.
  6. Noera melakukan strategi diferensiasi produk dengan membuat produk lain seperti perawatan bibir, minuman untuk merawat kulit, teh pelangsing, hingga perawatan kaki dan body spray. Ini memberikan pelanggan banyak pilihan dalam rangkaian produk mereka.
  7. Noera mendapatkan pengakuan dari pihak lain dengan berbagai penghargaan dan penjualan yang baik. Merek ini menunjukkan kepercayaan diri dalam produk-produk unggulan mereka.

Keterlibatan Noera dalam berbagai pameran atau beauty exhibition sebagai cara untuk meningkatkan branding dan pemasaran lebih luas.

2. Byoote collagen

byoote

Customer Review

Byoote merupakan minuman collagen yang tidak kalah bagus dengan Noera. Hal ini dapat Anda lihat dari tingginya rating bintang yang diberikan oleh pelanggan di toko BYT Official Shop di Shopee sebesar 4,9 dari skala 5 berdasarkan 12.300 reviewer.

Dari berbagai banyaknya ulasan pelanggan tentang Byoote di Shopee, berikut rangkumannya:

  1. Sebagian besar pelanggan memberikan penilaian positif terhadap kualitas yang dimiliki oleh produk Byoote. Pelanggan merasa produk Byoote membantu dalam memperbaiki kulit dan rambut.
  2. Beberapa pelanggan mengulas bahwa produk Byoote dapat membantu untuk memudarkan bekas jerawat dan membuat kulit tampak lebih cerah. Ulasan tersebut menunjukkan bahwa produk Byoote memberikan hasil yang diinginkan.
  3. Beberapa pelanggan mengatakan bahwa rasa mix berries lebih enak dibandingkan dengan rasa strawberry yang tidak terlalu manis dan efeknya tidak terasa.
  4. Beberapa pelanggan menyebutkan bahwa harga produk Byoote cukup mahal. Walaupun begitu, manfaat yang ditawarkan terbukti adalah “sedang,” yang mungkin mengindikasikan bahwa sebagian orang mungkin menganggapnya agak mahal.
  5. Sebagian pelanggan merasa bahwa perubahan dalam kulitnya tidak terjadi dengan cepat setelah mengkonsumsi produk. Hal itu bisa menjadi wajar karena efek perawatan kulit memerlukan waktu yang lebih lama untuk terlihat.

Secara keseluruhan, banyak pelanggan yang memberikan ulasan positif tentang Byoote, terutama dalam hal kualitas produk. 

Spesifikasi Produk

Isi:

1 box isi 16 sachet

Dikonsumsi 1 sampai 2 kali setiap hari dan cocok diminum sebelum makan

Legalitas:

  • BPOM RI MD 867031029523 
  • LPPOM No. 00120120790721

Kandungan:

  • Glutathione
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Collagen
  • Lutanion Blue
  • Snow Algae
  • Green Algae
  • Pomegranate extract

Catatan:

  • Efek mulai terlihat setelah pemakaian 3 box 

Perkembangan Bisnis

Dikutip dari Compas bahwa Byoote collagen mencatatkan kinerja positif pada periode 1 – 15 September 2022. Produk kecantikan tersebut berhasil meraup omzet sebesar Rp419,4 juta dari penjualan 984 produk. 

Byoote juga menunjukkan daya saing yang tinggi dengan menguasai 6,68% pangsa pasar di segmen produk kolagen. Hal itu membuat compas menempatkan Byoote masuk ke dalam 5 besar kategori produk Suplemen Kecantikan.

Berikut beberapa strategi bisnis yang dilakukan oleh Byoote Collagen, antara lain:

  1. Strategi Pemasaran Melalui Konten Kreatif: Sebagai seorang YouTuber dan konten kreator, Paopao sebagai pemilik Byoote menggabungkan kreativitas yang dimiliki untuk membuat konten yang lucu dan edukatif untuk produknya. Selain membuat video sendiri, mereka juga menggandeng influencer lainnya untuk mendukung produk dan memanfaatkan tren kolaborasi dalam pemasaran digital.
  2. Strategi Endorsement dan Keterlibatan Pelanggan: Diketahui Byoote mengadopsi strategi endorsement dengan menggandeng dan bekerjasama dengan teman-teman influencernya. Kerjasama tersebut untuk membantu mengedukasi masyarakat tentang manfaat minuman collagen yang dimilikinya. 
  3. Inovasi Produk: Byoote terus melakukan inovasi dan meluncurkan produk baru. Diketahui Byoote telah memiliki lebih dari 100 distributor dan ratusan ribu pelanggan di seluruh Indonesia dalam waktu singkat.
  4. Penggunaan Media Sosial: Pemanfaatan media sosial yang baik yang dilakukan oleh Byoote, khususnya Instagram telah berhasil membangun kehadiran secara online. Diketahui Byoote telah berhasil mendapatkan lebih dari 100 ribu pengikut di platform tersebut yang dapat membantu untuk memperluas jangkauan dan kesadaran merek.

Baca juga: Peluang Usaha Serbuk Collagen di Indonesia

Analisa Perbandingan 

Berikut adalah analisa kami tentang perbedaan kedua brand minuman kolagen, Noera dan Byoote, tersebut.

Aspek
Noera
Byoote
Kandungan Utama
Salmon Collagen, L-Glutathione, Vitamin C, Vitamin E, berbagai premiks vitamin, Bird Nest Extract, Saffron Extract, Korean Strawberry Extract
Glutathione, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Collagen, Lutanion Blue, Snow Algae, Green Algae, Pomegranate Extract
Harga Produk
Terjangkau menurut ulasan pelanggan
Beberapa pelanggan menganggap mahal
Manfaat produk
Kulit lebih sehat, cerah, halus, mengurangi masalah jerawat
Perbaikan kulit dan rambut, pemudaran bekas jerawat, peningkatan kualitas kulit
Perubahan
Hasil bervariasi, memerlukan waktu untuk terlihat
Efek mulai terlihat setelah pemakaian 3 box
Strategi Bisnis
Fokus pada kualitas produk dan harga yang bersaing, testimoni pelanggan, sertifikat BPOM, target pasar 17-35 tahun, pemasaran digital dan sosial media, rencana toko fisik
Konten kreatif, kolaborasi dengan influencer, inovasi produk dan diversifikasi, media sosial yang efektif, rencana diversifikasi produk

Dari tabel tersebut, Anda dapat mengambil informasi tentang persepsi konsumen tentang harga keduanya, manfaat yang ditawarkan, dan strategi bisnis yang diambil.

Itulah analisis mengenai dua brand minuman collagen yang bagus yang mana bisa Anda manfaatkan sebagai strategi bisnis dalam mengembangkan minuman collagen.

Artikel Lainnya

Ada Pertanyaan? 

Jika ada yang kurang jelas tentang cara maklon di perusahaan kami, maka silakan hubungi kami atau kunjungi pabrik kami di Bogor (Google Maps).