Kupas Tuntas Minuman Penurun Darah Tinggi Lengkap

Pentingnya minuman penurun darah tinggi – Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit berbahaya yang bisa merenggut nyawa seseorang. Maka dari itu minuman penurun darah tinggi menjadi produk penting untuk dikonsumsi agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit hipertensi.

Beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa minuman alami dari buah, sayur dan susu dapat menurunkan tensi darah.

Apa saja jenis minuman tersebut dan bagaimana mekanisme penurunan darah tinggi akan dijelaskan dalam artikel ini. Selain itu, kami juga akan memberikan tips agar tekanan darah di dalam tubuh tetap normal.

Yuk simak ulasannya berikut ini

Apa itu Minuman Penurun Darah Tinggi?

minuman penurun darah tinggi adalah

Minuman penurun darah tinggi adalah jenis minuman yang mampu menurunkan tekanan darah (hipertensi) kembali ke angka normal. Tekanan darah di sini merujuk kepada tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh manusia.

Minuman penambah darah biasanya mengandung zat seperti, garam (natrium) atau kafein. Contoh makanan yang mengandung kadar garam cukup tinggi adalah sarden, keju, dan daging asap. Contoh minuman yang dapat membantu meningkatkan tekanan darah adalah kopi dan teh.

Kamu bisa mengkonsumsi minuman alami yang berupa jus buah, jus sayur, atau masakan olahannya. Seiring perkembangan zaman dan alasan kepraktisan, minuman penurun hipertensi tersedia dalam bentuk suplemen, vitamin, maupun minuman ready to drink.

Bila kamu bisnis minuman dan menyasar segmen hipertensi, maka kamu bisa membuat minuman penurun darah tinggi dengan jasa maklon minuman.

Apa itu Darah Tinggi?

hipertensi atau darah tinggi adalah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi ketika tekanan darah berada di angka 130/80 mmHg atau lebih. Tekanan darah adalah kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah (arteri).

Tekanan darah dianggap normal jika angkanya berkisar 120/80 mmHg. 120 mmHg adalah angka tekanan sistolik, sedangkan 80 mmHg adalah tekanan diastolik.

Tekanan sistolik terjadi ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Sedangkan tekanan diastolik terjadi ketika jantung dalam kondisi istirahat dan aliran darah mengalir menuju jantung dari bilik-bilik pembuluh darah.

Mekanisme terjadinya hipertensi adalah melalui terbentuknya angiotensin II dari angiotensin I oleh Angiotensin Converting Enzyme (ACE). ACE memegang peran fisiologis penting dalam mengatur tekanan darah. Darah mengandung angiotensinogen yang diproduksi di hati.

Cara kerja minuman penurun darah tinggi adalah mengatur terbentuknya engiotensin.

Klasifikasi Tekanan Darah

Tekanan darah setiap orang berbeda-beda dan bisa diklasifikasikan menjadi beberapa bagian. Berdasarkan penyebabnya, hipertensi dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu :

  • Hipertensi Esensial atau hipertensi primer, penyebabnya tidak diketahui (90%)
  • Hipertensi Sekunder, penyebabnya dapat ditentukan (10%) yang diantaranya adalah kelainan pembuluh darah ginjal, gangguan kelenjar tiroid (hipertiroid), penyakit kelenjar adrenal (hiperaldosteronisme) dll.

Berdasar tingkatnya, hipertensi dibedakan menjadi 2 stadium.

  • Stadium 1, tekanan darah seseorang mencapai 140-159/90 mmHg.
  • Stadium 2, tekanan darahnya di atas 160 mmHg dan diastoliknya di atas 100 mmHg.

Klasifikasi Hipertensi menurut JNC – VII 2003

KategoriTDS (mmHg)TDD (mmHg)
Normal< 120dan< 80
Pra-hipertensi120 – 139atau80 – 89
Hipertensi tingkat 1140 – 159atau90 – 99
Hipertensi tingkat 2> 160atau> 100
Hipertensi Sistolik Terisolasi > 140 dan < 90

Penyebab Darah Tinggi

penyebab darah tinggi

Faktor genetik

Penyakit darah tinggi bisa menyerang siapa saja. Salah satunya adalah karena faktor genetis (keturunan), baik dari jalur bapak atau ibu yang sebelumnya mengidap penyakit hipertensi.

Pola makan dan pola hidup tidak sehat

Pola makan dan pola hidup tidak sehat merupakan penyebab hipertensi yang paling sering dijumpai. Beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan adalah sering makan dan minum yang manis, mengkonsumsi makanan asin (garam), kurang olahraga, merokok dan alkoholik.

Perubahan hormon

Penyebab darah tinggi di usia muda adalah perubahan hormon yang terjadi selama masa puber, baik remaja pria usia muda mapun wanita muda.

Perubahan hormon dan fase pertumbuhan yang terjadi pada remaja dapat menyebabkan peningkatan sementara pada tekanan darah, terutama bila dibarengi dengan faktor gaya hidup yang buruk

Jika sudah dalam kondisi seperti ini maka perlu cara agar darah tersebut bisa segera normal atau turun.

Siapa Saja Orang yang Rentan Darah Tinggi?

Darah tinggi tergolong penyakit yang bisa menyerang siapa saja dan bahkan tidak terikat umur. Orang yang umurnya masih muda juga bisa terkena serangan penyakit ini jika salah mengkonsumsi makanan.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa daftar orang yang rentan terserang penyakit hipertensi:

Ibu hamil dan menyusui

Ibu hamil atau menyusui rentan terkena darah tinggi karena tekanan darah di dalam tubuhnya tidak seperti biasa. Hal ini diakibatkan karena janin yang dikandung dan hormon kehamilannya semakin meningkat.

Khusus ibu hamil, tekanan darah ini umumnya akan naik sejak usia kandungan memasuki 24 minggu. Pada masa tersebut umumnya tekanan darah seseorang mencapai 140/90 mmHg.

Tekanan darah seperti ini perlu ditangani secara serius karena bisa menyebabkan stroke atau penyakit berbahaya lainnya. Untuk menghindarinya dapat dilakukan dengan olahraga secara rutin.

Untuk ibu hamil dan menyusui, olahraganya dapat dilakukan dengan berjalan secara rutin tiap hari. Selain itu penuhi asupan gizi dan makanan secara seimbang dan hindari minum kopi atau kafein lainnya.

Jus buah adalah minuman penurun darah tinggi untuk ibu hamil yang aman untuk dikonsumsi.

Orang Tua (Lanjut Usia)

Orang lanjut usia juga rentan terkena serangan hipertensi jika tidak didukung dengan pola makan sehat. Umumnya kategori lanjut usia ini berada di kisaran umur 60 tahun ke atas.

Pada usia tersebut, umumnya tekanan darah pada seseorang berada di 140/90 mmHg. Tekanan ini tentu bervariasi dan berbeda setiap orang dan ini ditimbulkan karena faktor usia yang tidak muda lagi.

Naiknya tensi darah semakin meningkat dengan usia yang semakin bertambah dan ini karena tekanan darah dalam tubuh juga meningkat. Oleh karena di masa tua seperti ini perlu melakukan olahraga secara rutin dan makan-makanan bergizi.

Di usia tua, penyakit darah tinggi juga bisa dilakukan dengan tidak terlalu banyak pikiran akan sesuatu. Di kala pikiran tenang maka penyakit ini sulit masuk ke dalam tubuh meskipun usianya sudah lanjut.

Orang Yang Memiliki Garis Keturunan Berdarah Tinggi

Penyakit darah tinggi juga bisa mengidap seseorang karena ada garis keturunan atau faktor genetik. Penyakit darah tinggi model seperti ini tergolong susah untuk dihilangkan dan tidak bisa dicegah.

Sebab unsur genetik di dalam tubuhnya telah menyatu dan akhirnya timbullah penyakit darah tinggi. Meski tidak dapat dicegah namun penyakit ini masih bisa disembuhkan dengan berbagai pengobatan alami atau melalui resep dokter. Setelah konsultasi dan dapat resepnya, kamu bisa membeli minuman penurun darah tinggi di apotik terdekat.

Salah satu solusi ketika penyakit darah tinggi karena genetik dapat dilakukan dengan selalu menjaga asupan makanan. Selain itu, pastikan berat badan tubuh tidak bertambah atau obesitas.

Kamu juga perlu selalu melakukan check up secara rutin dan minum obat yang disarankan oleh dokter. Sebab, penyakit karena keturunan umumnya obat yang diberikan berbeda dengan orang terkena penyakit darah tinggi karena faktor alami.

Orang Dengan Beban Kerja (Otak) Yang Berat

Beban kerja karena pikiran juga bisa menjadi penyebab seseorang terkena hipertensi. Hal ini karena seseorang melepas hormon stres, yaitu adrenalin, kortisol dari tubuh secara spontan.

Akibatnya denyut jantung dan otot akan mengalami kontraksi yang begitu kuat akibat tekanan tersebut. Selain itu, pembuluh darah juga semakin melebar dan menyebabkan kerja jantung lebih keras dari biasanya.

Efek lain dari aktivitas tersebut juga bisa meningkat gula darah di dalam tubuh dan akhirnya menimbulkan hipertensi. Dalam kondisi seperti ini tentu perlu penanganan lebih lanjut agar darah bisa normal kembali.

Jalan keluarnya dapat dilakukan dengan menemukan apa yang sebenarnya menjadi beban pikiran tersebut. Carilah jalan keluar lalu berpikirlah dengan tenang akan semua yang menimpa dirinya.

Proses menenangkan pikiran memang tidak mudah dan jika kesulitan bisa datang ke psikolog. Mereka akan menyarankan kamu agar bisa berpikir tenang sekaligus memberikan obat penenang agar pikirannya kembali normal. Hati-hati ketika kamu minuman penurun darah tinggi di indomaret tanpa resep dokter.

Pemabuk (alkoholik)

Orang yang mabuk disebabkan karena mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dalam jumlah banyak. Hal ini sangat berbahaya bagi tubuh khususnya kesehatan jantung dan organ lainnya.

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan bisa mempersempit pembuluh darah sehingga rentan hipertensi. Bahkan jika dilakukan secara terus-menerus pembuluh darah bisa rusak dan akibatnya organ lain juga mengalami hal yang sama.

Karena bahayanya seperti itu maka pemabuk perlu punya komitmen untuk berhenti. Komitmen ini bisa kuat jika memperjelas terkait bahaya yang ditimbulkan sekaligus penyakit apa yang akan mengidapnya nanti.

Selain itu cara lain bisa dilakukan dengan menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif. Misalnya mengaji, sholat berjamaah atau hal lain dan itu bisa membuat seseorang berhenti menjadi pemabuk.

Perokok

Nama lain yang juga rentan dengan hipertensi adalah seorang perokok berat. Hal ini bisa terjadi karena dalam penelitian American Lung Association mengatakan jika ada 7000 zat kimia di dalam rokok.

Dari sekian zat tersebut yang terbanyak adalah nikotin dan ini bisa menimbulkan ketagihan bagi penggunanya. Mengkonsumsi dalam jumlah banyak bisa menimbulkan depresi dan memperlambat pengiriman sinyal antar sel otak.

Tidak hanya itu, efek lain dari nikotin juga bisa meningkatkan frekuensi denyut jantung. Akibatnya tekanan darah akan terus bertambah dan akhirnya terkena penyakit hipertensi.

Jika dalam kondisi seperti ini maka jalan keluarnya adalah berhenti merokok dan bisa dilakukan secara bertahap. Cara lain bisa dilakukan dengan membatasi diri untuk tidak bersama orang-orang yang suka merokok.

Macam-Macam Bahan untuk Membuat Minuman Penurun Darah Tinggi Alami

Minuman penurun darah tinggi memiliki berbagai macam pilihan yang dapat kamu pilih. Dalam setiap minuman ini bisa berupa buah dan sayuran, susu atau suplemen lain untuk menurunkan darah tinggi.

Untuk bahan alami sendiri tidak semuanya bisa diminum dan hanya buah dan sayur tertentu. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan terkait buah dan sayuran yang mampu menurunkan darah di dalam tubuh:

Buah dan sayuran

Indonesia adalah negara yang kaya akan buah dan sayuran tropis. Beberapa diantaranya memiliki kandungan atau nutrisi dengan khasiat menurunkan darah tinggi.

Yuk, cek satu persatu berikut ini.

Pisang

Satu buah penurun darah tinggi paling cepat adalah pisang. Kandugnan sodium pada pisang cukup rendah, sementara nutrisi berupa potasium cukup tinggi.

Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa menggunakan sereal, di jus atau menambahkan kue dan roti. Dengan demikian saat mengkonsumsi, pisang terasa lebih enak dan nikmat di lidah.

Alpukat

Selain pisang, buah alpukat juga bisa digunakan untuk menurunkan darah secara cepat. Buah ini mengandung serat, antioksidan, folat, vitamin B6, vitamin C, asam pantotenat, dan vitamin K dan yang lainnya.

Dengan kandungan tersebut, buah ini mampu mencegah tubuh dari tekanan darah tinggi. Selain itu, manfaat lain juga menurunkan kadar gula darah dan menurunkan berat badan.

Semangka

Tahukah kamu, buah penurun darah tinggi alami paling cepat adalah semangka (water melon)? Semangka disinyalir mampu menruunkan tensi darah tinggi dalam waktu yang cukup cepat. Hal ini karena semangka mengandung asam amino dengan jenis citrulline yang mampu memproduksi oksida nitrat.

Manfaat lain dari kandungan asam amino juga mampu meningkatkan fleksibilitas pembuluh arteri. Dengan demikian maka aliran darah yang mengalir di dalam tubuh menjadi lancar karena pembuluh arteri dalam keadaan normal.

Jeruk

Jenis buah yang terakhir yang mampu menurunkan tekanan darah juga terdapat pada jeruk. Hal ini tidak lain karena kandungan vitamin C yang tinggi dan buah ini juga telah dibuktikan oleh ilmuwan.

Dalam penelitian oleh Cleveland Clinic menyatakan jika buah jeruk mampu menurunkan kadar sistolik 6,9% dan diastolik sebanyak 3,5%. Bentuk penurunan ini dilakukan hanya 2 minggu dan ini bisa lebih cepat jika dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Tomat

Jenis sayuran yang dikenal mampu menurunkan darah tinggi adalah seledri, tomat, wortel, gubis, dll. Semua jenis sayuran tersebut proses pengolahannya bisa dimasak atau di jus

Salah satu contohnya adalah Jus tomat yang nantinya bisa dicampur dengan bahan lainnya. Kandungan yang terdapat di dalam tomat ini diantaranya likopen, bioflavonoid dan kalium dan yang lainnya.

Dengan kandungan tersebut mampu menurunkan tekanan darah, melenturkan sel saraf jantung, menghambat penyerapan oksigen,dll. Semua manfaat tersebut mampu membuat darah bisa turun lebih cepat dengan jus tomat ini.

Untuk membuat jus tomat bahan yang dibutuhkan hanya 5 buah tomat, gula pasir dan air matang 400 ml. Potong kecil-kecil tomat tersebut lalu masukkan ke dalam blender semua bahan-bahan tersebut.

Nyalakan blender dan pastikan semuanya sudah dihaluskan secara merata. Setelah selesai, kamu bisa menambahkan jus tersebut dengan susu atau es batu jika ingin lebih segar lagi.

Seledri

Selain tomat, Jus seledri juga bisa dijadikan alternatif lain untuk mengobati tekanan darah tinggi. Kandungan yang mampu mengobati penyakit itu diantaranya ekstrak heksena, metanol, ekstrak etanol.

Dari sekian kandungan itu, ekstrak heksana yang mempunyai peranan aktif dalam menurunkan tekanan darah. Sedangkan dua lainnya untuk melancarkan sirkulasi darah yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk proses pengobatan, kamu bisa membuat jus seledri dan menyiapkan berbagai bahannya. Untuk bahannya hanya 1-2 ikat seledri, air dan gula dan tambahkan buah-buahan sesuai selesai.

Masukkan semua bahan tersebut lalu blender hingga semuanya halus. Ketika akan diminum, kamu bisa menambahkan susu agar rasanya semakin manis dan enak di lidah.

Susu

Selain buah dan sayur, susu juga bisa dijadikan untuk menekan darah tinggi dan salah satunya adalah Yakult. Jenis minuman ini adalah susu fermentasi yang mengandung bakteri baik dan baik untuk pencernaan.

Selain itu, susu ini juga mampu menekan darah tinggi karena juga membunuh bakteri jahat dalam tubuh dan menurunkan kolesterol. Jika kolesterol sudah turun maka tekanan darah di dalam tubuh juga menurun dengan sendirinya.

Selain yakult juga muncul anggapan beberapa orang terkait susu beruang yang katanya bisa menurunkan tekanan darah. Hingga saat ini belum ada penelitian yang secara jelas yang menyatakan bisa tidaknya.

Namun dalam satu gelas susu terdapat protein yang mampu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Tetapi di sisi lain, kandungan lemaknya yang tinggi bisa membuat tekanan darah semakin tinggi.

Untuk itu sebelum mengkonsumsi susu termasuk susu beruang ada kalanya dilihat kandungan lemaknya. Jika kandungan lemaknya tinggi sebaiknya mencari opsi lain dalam mengobati tekanan darah tinggi.

Macam-macam Minuman dan Suplemen Penurun Darah Tinggi

Irvell 150 mg

Merek minuman penurun darah tinggi yang bisa kamu beli di apotik, alfamart atau indomaret adalah Irvell 150 mg. Dalam obat tersebut mengandung irbesartan yang mempunyai manfaat mampu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Dalam satu kemasan ini terdapat 10 tablet yang dosis pertamanya dikonsumsi selama 1 kali sehari. Kemudian obat ini ketika sudah beberapa hari meningkat menjadi 300 mg sehari sekali.

Namun dosis diatas tidak bisa ditentukan sendiri melainkan harus dengan resep dokter. Efek samping dari obat tersebut diantaranya gangguan tidur. Kelopak mata, saluran pencernaan dan yang lainnya.

Untuk harga per kemasan antara 88 ribu hingga 120 ribu di apotik, Alfamart atau Indomaret terdekat.

Selain obat diatas, kamu juga bisa mencoba jenis lain seperti Spironolactone, Amlodipine, Candesartan Dexa 16 mg, dll.

Sprite

Selain dari obat di atas, ada juga yang menyebutkan jika sprite bisa menurunkan tekanan darah. Seperti diketahui, sprite merupakan salah satu minuman yang mengandung soda cukup tinggi.

Menurut para ahli, minuman bersoda tidak ada efek atau tidak berdampak apapun untuk penyakit darah tinggi. Justru dengan minuman bersoda ini akan menimbulkan efek negatif seperti penyakit hati, gigi dan yang lainnya.

Bahkan mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebihan bisa memperparah penyakit darah tinggi sekaligus obesitas. Oleh karena itu, saat tekanan darah di dalam tubuh tinggi maka perlu mengurangi minuman bersoda.

Air Putih

Daripada menggunakan minuman bersoda lebih baik mengkonsumsi air putih. Minuman satu ini mampu menurunkan tekanan darah karena tidak membuat darah menjadi tebal.

Selain itu, air putih juga menyumbang sebanyak 85% darah di dalam tubuh sekaligus memperlancar. Opsi lain selain air putih juga bisa air kelapa, susu rendah lemak dan anggur merah.

Cara dan Tips Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Dalam kondisi tekanan darah yang tinggi akan membuat kondisi tubuh melemah dan menimbulkan penyakit lain. Untuk itu, kamu perlu menjaga tekanan darah ini akan tetap normal sehingga kondisi tubuh tetap segar bugar.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan darah. Untuk bisa dalam keadaan normal perlu cara atau tips agar kondisi ini bisa berlangsung terus-menerus. Daripada penasaran yuk simak ulasan terkait tips menjaga agar tekanan darah tetap dalam kondisi normal.

Rutin Berolahraga

Berolahraga juga bisa dijadikan rutinitas untuk menurunkan darah dan dilakukan secara konsisten. Menurut aturan dokter, olahraga yang baik dapat dilakukan dengan durasi antara 30 hingga 60 menit.

Dalam durasi tersebut, kamu perlu melakukannya sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu. Proses ini harus dilakukan terus-menerus dan hasilnya darah yang ada pada tubuh akan turun sebanyak 5-8 mmHg.

Dengan demikian ketika tensi darah kamu berada di angka 150 mmHg dapat diturunkan secara cepat. Jika dalam seminggu turun 5 mmHg maka dalam 6 minggu akan turun 30 mmHg dan ini itu tandanya tensi darah akan normal kembali.

Berhenti Merokok

Menurut penelitian dari Mayo Clinic, tekanan darah pada tubuh akan meningkat ketika seseorang selesai menghisap rokok. Sebab, pada setiap rokok itu mengandung nikotin dan zat lain yang dapat menyempitkan pembuluh darah.

Bahkan jika kebiasan ini dilakukan dalam jangka panjang bisa menimbulkan penyakit lain seperti stroke, jantung, dll. Dengan demikian kebiasaan seperti itu perlu dihindari dan sebisa mungkin berhenti agar tekanan darah tidak terus bertambah.

Untuk berhenti dari kebiasaan ini memang susah namun kamu tetap harus melakukannya. Jika perlu, kamu bisa datang ke dokter terdekat untuk menyusun terkait strategi terbaik untuk bisa berhenti merokok.

Mengelola Pikiran Agar Tidak Stress

Stress diakibatkan oleh beban pikiran yang terlalu kuat dan terkadang tidak dapat diterima oleh tubuh. Ketika pikiran terasa berat maka detak jantung akan berdetak kencang dan pembuluh darah menyempit.

Untuk mengelola stress ini dapat dilakukan dengan mendengarkan musik atau menonton video. Kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin setiap hari agar pikiran bisa lebih tenang.

Selain musik, kamu juga bisa melakukannya dengan bekerja lebih sedikit dari biasanya. Hal ini dilakukan karena bekerja terlalu banyak apalagi hingga larut malam dapat menambah beban pikiran.

Mengkonsumsi Obat-Obatan

Selain cara alami, proses menurunkan darah dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan. Untuk mengkonsumsi tentu harus dengan resep dokter agar tidak overdosis dan tidak membahayakan bagi organ tubuh lainnya.

Obat-obat yang biasa digunakan sering disebut antihipertensi dan tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Beberapa obat tersebut diantaranya propranolol, atenolol, losartan, valsartan, dll.

Semua obat tersebut memiliki zat kimia yang kadarnya hanya diketahui oleh dokter spesialis. Jadi kamu bisa berkonsultasi terkait obat mana yang perlu dikonsumsi dan durasinya berapa lama.

Menjalani Pola Makan Sehat

Cara lain dalam menekan darah tinggi agar bisa normal kembali dapat dilakukan dengan makan-makanan yang sehat. Pola makan sehat dapat dilakukan dengan mengkonsumsi susu rendah lemak, buah-buahan, sayur, biji-bijian,dll.

Jenis makanan ini perlu dikonsumsi secara rutin setiap hari dan hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi kolesterol. Sebab jenis makanan ini mampu menaikkan kembali tekanan darah di dalam tubuh.

Selain yang rendah lemak, makanan lain yang bisa dikonsumsi adalah mengandung kalium. Jenis makanan ini terdapat pada pisang, wortel, anggur, dan buah atau sayuran lainnya. Pastikan kamu mengkonsumsi jenis makanan ini secara cukup hingga memenuhi standar di 1500-2000 mg per hari.

Mengkonsumsi Coklat Hitam

Menurut penelitian di Italia tahun 2008 menyebutkan jika mengkonsumsi coklat hitam bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk bisa demikian maka pasien harus mengkonsumsi selama 15 hari secara berturut-turut.

Dalam penelitian itu hasilnya tekanan darah sistolik menurun 4,4% dan diastolik menurun 4,2%. Meski menurunnya tidak tajam tetapi jika dilakukan rutin hingga 2-3 bulan maka kondisi tubuh akan kembali bugar.

Hal yang menjadi catatan adalah perlu memilih coklat hitam yang memiliki kandungan antioksidan. Selain itu dalam coklat tersebut harus ada kandungan kakao sebesar 65%.

Berhubungan seks antara pasangan suami-istri

Menurut penelitian di New England Research Institute jika berhubungan seks mampu menurunkan darah tinggi. Syaratnya hubungan tersebut harus suami istri yang sah dan bukan hanya berstatus pacaran.

Hubungan tersebut harus dilakukan minimal 2 kali dalam seminggu atau 8 kali dalam sebulan. Jika itu rutin dilakukan maka 65% akan sulit terkena penyakit hipertensi baik suami atau istrinya.

Hasil dari penelitian ini juga mengatakan jika berhubungan badan ini mampu meningkat pembuluh darah. Jadi organ ini akan lebih merespon daripada orang yang jarang melakukan hubungan badan setiap minggunya.

Hindari Berat Berat Berlebih

Tekanan darah di dalam tubuh akan bertambah seiring meningkatkan berat badan seseorang. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan tindakan terbaik agar tubuh berada dalam kondisi berat badan yang ideal.

Selain berat badan, lingkar pinggang juga perlu diperhatikan karena ini juga berpotensi timbulnya darah tinggi. Menurut penelitian di Mayo Clinic menyebutkan pria dengan lingkar pinggang 102 cm, wanita 89 cm itu cenderung terkena penyakit darah tinggi.

Oleh karena itu selalu lakukan olahraga yang teratur agar pinggang tidak melebar dan akhirnya terjadi hipertensi. Untuk olahraga juga tidak perlu yang berat asalkan dilakukan rutin dan imbangi juga dengan makanan yang sehat.

Makanan yang sehat bisa ditemui pada sayur-sayuran, buah, biji-bijian dan susu. Kamu bisa mengkombinasikan semua makanan tersebut dan hindari makanan dengan lemak yang tinggi seperti yang ada pada daging sapi atau ayam.

Mengurangi Minuman Beralkohol dan Bersoda

Minuman beralkohol juga bisa meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh secara signifikan. Hal ini bisa terjadi jika mengkonsumsi lebih dari 2 gelas sehari untuk pria dan 1 gelas untuk wanita.

Untuk jenis minuman yang beralkohol juga banyak macamnya seperti bir, wine, sake and soju, dll. Kandungan alkohol dalam setiap minuman ini berbeda misalnya bir (2-3%), wine (8-10%), soju (20-40%).

Semakin tinggi persentasenya semakin cepat pula tekanan darah akan bertambah. Sehingga untuk mengantisipasi sebaiknya hindari semua jenis minuman tersebut jika kamu ingin terhindar dari hipertensi.

Lagi pula selain hipertensi, minuman beralkohol ini juga bisa memabukkan penggunanya. Jika sudah demikian maka penyakit lain akan mudah masuk seperti obesitas, jantung, lambung, dll.

Mendengarkan Musik

Lantunan irama yang ada pada musik juga bisa membuat tekanan darah seseorang menjadi turun. Namun bukan asal mendengarkan tetapi ada beberapa jenis musik tertentu yang bisa menurunkan tekanan darah.

Salah satunya adalah musik dengan beat rendah atau stabil dan lakukan selama 30 menit setiap hari. Jika dilakukan secara konsisten dalam beberapa bulan maka tekanan darah akan turun dengan sendiri.

Proses ini bisa terjadi karena musik dengan beat stabil tidak akan membuat pembuluh darah menyempit. Selain itu, perasaan cemas, gundah dan yang lainnya akan hilang saat mendengarkan musik.

Saat mendengarkan musik juga perlu diiringi dengan latihan pernapasan di area terbuka khususnya di persawahan atau tempat yang penuh tanaman hijau. Lokasi ini ini sangat tepat saat melakukan pernapasan karena kandungan oksigennya tinggi dan bisa membuat tekanan darah bisa menurun.

Tidur Secara Teratur

Umumnya penyakit hipertensi akan menyerang seseorang yang tidurnya kurang baik malam atau siang. Sebab dalam kondisi tidur, tekanan darah di dalam tubuh akan berangsur turun hingga orang tersebut bangun.

Ukuran normal seseorang tidur ketika malam hari adalah tidak kurang dari 7 jam dan tidak boleh lebih dari 9 jam. Kondisi seperti ini harus diperhatikan khususnya bagi orang yang sudah tua atau lanjut usia.

Untuk tidur siang sebenarnya lebih fleksibel dan boleh tidak dilakukan tetapi malam hari kondisi tersebut harus dijaga. Sebab jika terus-menerus pegagang maka pembuluh darah akan menyempit sehingga rentan hipertensi.

Salah satu siasat agar tidur teratur adalah membuat tempat tersebut nyaman saat tidur, hindari tidur siang dan sering berolahraga. Dengan kondisi seperti ini akan membuat kamu lebih pulas saat tidur di malam hari.

Penutup

Secara keseluruhan minuman penurun darah tinggi dapat dilakukan secara alami melalui buah-buahan, sayuran dan susu. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi vitamin, suplemen yang umumnya bisa dibeli di apotik, Indomaret, dll.

Khusus minuman bersuplemen atau vitamin harus dengan resep dokter karena setiap orang beda cara menanganinya. Hal ini mengingat hipertensi bisa menyerang orang-orang tertentu seperti ibu hamil, pemabuk, faktor keturunan, dll.

Penanganan seperti ini memang harus inten sebab hipertensi ini bisa juga membuat nyawa seseorang melayang. Selain itu, hipertensi juga bisa membuat penyakit komplikasi, jantung, stroke, dll.

Untuk itu ketika sudah terkena penyakit tersebut sebaiknya konsumsi buah-buahnya dengan vitamin C dan B kompleks tinggi. Lalu imbangi dengan olahraga teratur, konsumsi makanan sehat dan menjaga pola hidup yang sehat.

Namun bagi kamu yang belum terjangkit hendaknya selalu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Proses ini bisa dilakukan dengan mendengarkan musik, pikiran tetap tenang dan hindari minuman beralkohol.

Referensi :

  • https://www.alodokter.com/mengenal-7-minuman-penurun-darah-tinggi
  • https://health.kompas.com/read/2021/05/02/160200468/10-minuman-untuk-menurunkan-darah-tinggi?page=all
  • https://www.sehatq.com/artikel/minuman-penurun-darah-tinggi
  • https://www.halodoc.com/kesehatan/hipertensi
  • https://www.emc.id/id/care-plus/hipertensi-atau-tekanan-darah-tinggi-ketahui-gejala-penyebab-dan-cara-pengobatannya
  • https://hellosehat.com/jantung/hipertensi/pengertian-hipertensi/
  • https://www.mitrakeluarga.com/artikel/artikel-kesehatan/penyebab-hipertensi
  • https://www.alodokter.com/waspadai-penyebab-darah-tinggi
  • https://www.alodokter.com/ingin-menurunkan-tekanan-darah-ikuti-langkah-langkah-berikut-ini
  • https://hellosehat.com/jantung/hipertensi/cara-menurunkan-tekanan-darah/
  • https://kesehatan.kontan.co.id/news/selain-obat-ini-cara-menurunkan-darah-tinggi-secara-alami
  • https://www.halodoc.com/artikel/5-cara-alami-mengobati-darah-tinggi
  • https://www.alodokter.com/menjaga-tekanan-darah-normal-ibu-hamil
  • https://www.halodoc.com/artikel/siapa-saja-yang-rentan-terserang-hipertensi
  • https://www.halodoc.com/artikel/ini-alasan-lansia-rentan-alami-hipertensi
  • https://www.alodokter.com/komunitas/topic/darah-tinggi-keturunan
  • https://hellosehat.com/jantung/hipertensi/stres-menyebabkan-hipertensi/
  • https://www.halodoc.com/artikel/stres-bisa-bikin-hipertensi-benarkah
  • https://www.halodoc.com/artikel/kebiasaan-minum-alkohol-bisa-memicu-hipertensi
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3587907/merokok-picu-tekanan-darah-tinggi-bagaimana-faktanya
  • https://isubogor.pikiran-rakyat.com/saksama/pr-453400617/5-buah-penurun-darah-tinggi-alami-paling-cepat-nomor-terakhir-disarankan-tidak-dibuat-jus?page=3
  • https://www.halodoc.com/artikel/buah-buahan-yang-mampu-meredakan-tekanan-darah-tinggi
  • https://www.liputan6.com/bola/read/4090292/20-khasiat-alpukat-untuk-kesehatan-salah-satunya-mencegah-tekanan-darah-tinggi
  • https://hellosehat.com/jantung/hipertensi/semangka-untuk-darah-tinggi/
  • https://hellosehat.com/nutrisi/buah-untuk-menurunkan-tekanan-darah-tinggi/
  • https://kesehatan.kontan.co.id/news/6-manfaat-buah-jeruk-untuk-kesehatan-tubuh-anda
  • http://repository.lppm.unila.ac.id/20341/1/Majority_Oktober%202016_Nada%20Ismalia%20dan%20Reni%20Zuraida.pdf
  • https://www.morulaivf.co.id/resep-jus-tomat-untuk-ibu-hamil/
  • https://www.halodoc.com/artikel/daun-seledri-ampuh-turunkan-tekanan-darah-
  • https://zonabanten.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-232537461/6-manfaat-minum-yakult-salah-satunya-bisa-mengatasi-penyakit-ini?page=3
  • https://hellosehat.com/obat-suplemen/yakult/
  • https://today.line.me/id/v2/article/LqQEnn
  • https://style.tribunnews.com/2021/09/01/minum-susu-beruang-menurunkan-tekanan-darah-tinggi-mitos-atau-fakta-simak-penjelasannya
  • https://www.halodoc.com/obat-dan-vitamin/spironolactone-25-mg-10-tablet
  • https://www.halodoc.com/obat-dan-vitamin/amlodipine-5-mg-10-tablet
  • https://www.alodokter.com/ini-daftar-obat-tekanan-darah-tinggi-yang-perlu-diketahui
  • https://www.klikdokter.com/tanya-dokter/read/2757418/minuman-bersoda-turunkan-tekanan-darah
  • https://www.grid.id/read/04920304/4-minuman-yang-bisa-menurunkan-tekanan-darah-tinggi?page=all
  • https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/mediakom/20110105/46726/tips-mudah-agar-tekanan-darah-tidak-tinggi/
  • https://www.halodoc.com/artikel/cara-tepat-menjaga-tekanan-darah-tetap-normal
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3648245/ketahui-kadar-alkohol-di-dalam-berbagai-jenis-minuman-keras
  • https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/mediakom/20110105/46726/tips-mudah-agar-tekanan-darah-tidak-tinggi/
  • https://mediaindonesia.com/humaniora/406326/catat-ini-10-cara-menjaga-tekanan-darah-secara-alami
4.9/5 - (29 votes)

Tinggalkan komentar

Ayo Mulai Bisnis Minuman Bersama LPB

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga maklon minuman terbaru. Kami akan berikan harga yang terbaik untuk anda.

Hubungi 081380426001 Hubungi 081262103131
contoh produk maklon minuman
Hubungi kami untuk informasi produk dan penawaran harga maklon terbaru