Minuman Probiotik: Definisi, Jenis, Manfaat, Cara Membuat & Review Merek

Gaya hidup sehat mendorong permintaan Minuman probiotik meningkat. Minuman dengan kandungan bakteri baik ini diklaim dapat membantu sistem pencernaan (usus) tetap sehat.

Buat kamu yang bisnisnya menyasar segmen minuman kesehatan, terutama saluran cerna, maka kamu perlu membaca ulasan kami hingga tuntas.

Di dalam konten ini, kami akan membahas beberapa hal penting terkait minuman probiotik, seperti:

  • Definisi minuman probiotik
  • Manfaat minuman probiotik
  • Siapa saja yang sebaiknya minum minuman probiotik
  • Cara kerja minuman probiotik dalam tubuh
  • Cara membuat minuman probiotik
  • Review beberapa merek minuman probiotik di Indonesia

Yuk simak ulasan selengkapnya.

Apa itu minuman probiotik?

minuman probiotik adalah

Minuman probiotik adalah jenis minuman kesehatan dengan kandungan, susu skim, gula dan mikroorganisme probiotik hidup di dalamnya. Contoh mikroorganisme probiotik ini adalah Lactobacillus casei, Bifidobacterium longum dan Lactobacillus rhamnosus. Bakteri baik tersebut dapat memperbaiki saluran cerna dan menekan pertumbuhan bakteri yang merugikan (patogen).

Minuman probiotik dapat dikonsumsi oleh siapapun, termasuk anak-anak dan orang dewasa. Untuk memudahkan konsumsinya, maka bakteri probiotik ditambahkan ke produk minuman, makanan dan suplemen.

Untuk hidup dengan baik, bakteri probiotik memerlukan kondisi tertentu, seperti tingkat keasaman dan temperatur (suhu, biasanya 4 derajat celcius). Oleh karena itu, minuman kesehatan tersebut tidak boleh diletakkan sembarangan karena dapat menyebabkan bakteri mati.

Buat para pengusaha yang menyasar segmen minuman kesehatan, maka kamu bisa maklon minuman seperti ini di sini.

Aturan Konsumsi Minuman Probiotik

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Termasuk di dalamnya adalah konsumsi minuman probiotik.

Batasan jumlah bakteri di dalam tubuh disebut dengan istilah colony-forming units (CFU). Untuk orang dewasa batasan jumlah bakteri yang masuk per harinya antara 5 hingga 20 miliar.

Kamu perlu tahu jumlah bakteri yang terdapat di dalam minuman probiotik, sehingga tahu bata konsumsinya. Berikut adalah komposisi jumlah bakteri di berbagai minuman probiotik:

  • Suplemen probiotik: 48,2 miliar CFU/mL
  • Kombucha: 5.000-500.000 CFU/mL
  • Yoghourt: 4,8-9,50 miliar CFU/mL
  • Kefir: 10 miliar CFU/mL

Jika berkaca dari batas maksimal 20 miliar maka bisa menentukan berapa banyak yang perlu dikonsumsi. Khusus untuk suplemen memang tidak boleh dihabiskan sekaligus tetapi diminum secara bertahap karena kandungannya mencapai 48 miliar CFU.

Dilansir dari yakult.co.id, bahwa konsumsi yakult 2 botol sehari termasuk aman. Anjuran minum tersebut sangat berguna untuk menciptakan flora usus yang didominasi oleh bakteri probiotik.

Meskipun tidak menimbulkan efek samping, namun hellosehat.com menuturkan bahwa mungkin saja ada beberapa orang yang mengalami sensasi perut kembung setelah minum yakult. Selain itu, efek yang mungkin timbul adalah konstipasi dan rasa haus yang berlebihan.

Cara Kerja Probiotik

Sebenarnya, cara kerja minuman probiotik cukup simpel. Bisa dianalogikan seperti dominasi baik dan buruk.

Ketika bakteri baik jumlahnya banyak, maka bakteri tersebut akan menekan pertumbuhan populasi yang merugikan. Seperti halnya ketika masyarakat itu didominasi oleh orang baik, maka kejahatan dapat ditekan.

Konsumsi minuman probiotik dapat membantu sistem pencernaan sehat maksimal. Mekanismenya adalah meningkatkan populasi bakteri baik dan menekan pertumbuhan bakteri jahat. Namun, jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Manfaat Minuman Probiotik

manfaat minuman probiotik

Dengan perannya membunuh bakteri jahat, minuman probiotik ini memiliki banyak manfaat. Sebab dengan usus yang sehat maka berbagai minuman ini dapat mengobati berbagai penyakit, diantaranya:

Untuk mengobati diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang anak-anak dan orang dewasa. Penyakit ini salah satunya disebabkan oleh makanan yang mengandung bakteri jahat.

Karena tubuh didominasi oleh bakteri jahat maka akan menyebabkan muntah, kram perut hingga feses menjadi cair. Untuk mengatasi hal ini maka diperlukan peranan dari bakteri baik yang jumlahnya sangat banyak.

Dalam kondisi yang seperti ini maka diperlukan minuman probiotik yang di dalamnya terkandung milyaran bakteri baik. Dengan mengkonsumsi secara teratur dan sesuai dosis maka penyakit tersebut akan sembuh dengan sendirinya.

Untuk minumannya sendiri, kamu boleh memakai dari bahan alami buatan sendiri atau dari suplemen. Jika ingin yang lebih cepat tentu bisa dari suplemen karena untuk membuat sendiri minuman tersebut perlu difermentasi selama 24 jam.

Membantu kesehatan asam lambung

Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh saluran pencernaan yang mengalami iritasi. Saluran tersebut yang menghubungkan antara mulut dan lambung dimana ada rasa sakit di bagian ulu hati.

Penyakit ini salah satu penyebabnya adalah makan berlebihan dan minuman bersoda. Dari keduanya ini akan muncul bakteri jahat yang mampu mengganggu saluran pencernaan sehingga asam lambung menjadi naik.

Dalam kondisi seperti ini maka minuman probiotik bisa menjadi solusinya. Sebab dalam minuman ini mengandung bakteri Lactobacillus, Bifidobacteria, Streptococcus thermophilus.

Semua bakteri tersebut akan mampu memusnahkan semua bakteri jahat hingga akhirnya asam lambung bisa normal kembali. Disarankan saat mengkonsumsi minuman ini tidak berlebihan dan hindari minuman yang mengandung soda.

Menjaga kesehatan tubuh

Mental yang sehat umumnya disebabkan oleh pikiran yang selalu tenang dalam kondisi apapun. Namun sebaliknya mental yang kurang sehat biasanya muncul penyakit depresi yang berlebihan.

Penyakit ini bisa muncul salah satu faktor biologisnya karena banyaknya bakteri Streptococcus. Jika ini dibiarkan maka bakteri tersebut akan menyebar ke seluruh dan membuat depresi semakin parah.

Karena efeknya disebabkan oleh bakteri Streptococcus maka solusinya adalah perlu peranan bakteri baik. Untuk bakteri ini bisa kamu peroleh pada minuman probiotik buatan sendiri atau membeli di toko terdekat.

Maka dari itu kesehatan mental akan semakin meningkat dan tidak akan timbul depresi jika banyak mengkonsumsi minuman probiotik. Minuman ini bisa kamu dapatkan pada Yakult, yogurt dan yang lainnya.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting karena bisa terhindar dari berbagai penyakit. Menurut penelitian US National Library of Medicine National Institutes of Health menyebutkan jika 70% daya tahan tubuh ada pada usus dan saluran pencernaan.

Sehingga ketika usus sehat maka daya tahan tubuh akan terus meningkat sepanjang hari. Untuk membuat usus menjadi sehat salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi minuman probiotik.

Untuk minuman probiotik ini bisa ditemui dalam berbagai bentuk dan salah satunya adalah scrubber. Minuman ini dibuat dari es jeruk segar dan alami dan di dalamnya banyak mengandung bakteri Bacillus coagulans.

Bakteri inilah yang nantinya berperan membuat usus tetap sehat dan terus berkembangbiak. Semakin banyak mengkonsumsi dan sesuai dosis maka bakteri ini akan semakin bertambah sehingga bakteri jahat akan musnah dengan sendirinya.

Menjaga kesehatan jantung

Dalam setiap minuman probiotik memiliki manfaat menurunkan kolesterol jahat dan darah tinggi. Dengan berkurangnya kolesterol tersebut maka empedu pada usus akan terpecah menjadi beberapa bagian.

Dengan terpecahnya organ tersebut membuat bakteri pada minuman probiotik bisa masuk ke darah sebagai kolesterol. Karena yang masuk berupa bakteri baik maka kolesterol tersebut dengan sendirinya akan menurun dan membuat jantung menjadi sehat.

Untuk jenis minumannya boleh apa saja namun disarankan mengkonsumsi yogurt. Minuman ini dipilih karena setiap mengkonsumsi antara 2 hingga 8 minggu akan membuat kolesterol jahat menurun hingga 5%.

Sehingga untuk bisa menurunkan kolestrol ini secara keseluruhan maka bisa terus mengkonsumsi yogurt. Namun jangan lupa untuk selalu melakukan check up terkait kolesterol jahat itu dan jika sudah normal maka konsumsinya bisa dikurangi.

Kriteria Minuman Probiotik yang Baik

Tidak semua minuman mengandung probiotik sebab harus memenuhi berbagai kriteria khusus. Ada berbagai kriteria yang perlu kamu pahami dari minuman tersebut dan berikut ulasannya.

Minuman terbuat dari bahan alami

Buah yang mengandung probiotik dapat ditemukan pada:

Nanas

Sebagaimana dijelaskan di bagian atas jika nanas tergolong jenis minuman probiotik. Untuk buah ini proses pembuatannya bukan dari isi melainkan dari kulit yang pada pada nanas.

Di Meksiko, kulit nanas ini banyak digunakan untuk minuman probiotik dan sering disebut Tepace. Jenis minuman tersebut merupakan hasil fermentasi kulit nanas dengan berbagai bahan lainnya.

Dengan demikian ketika kamu memiliki nanas sebaiknya kulit pada buah tersebut tidak dibuang. Kemudian kamu bisa mengikuti berbagai langsung terkait cara membuat minuman probiotik yang ada di atas.

Namun dalam mengkonsumsi minuman tersebut sebaiknya tidak berlebihan. Ada efek samping yang ditimbulkan diantaranya penyakit ginjal, gangguan saluran pencernaan, kerusakan gigi dan yang lainnya.

Mangga

Jenis buah lain yang memiliki manfaat sangat baik untuk usus khususnya probiotik adalah mangga. Buah ini sangat mudah didapatkan baik di pasar, supermarket atau tempat yang lain.

Mangga dinilai bisa untuk minuman probiotik karena di dalamnya mengandung banyak air dan serat. Kedua kandungan ini memiliki manfaat sangat besar untuk pencernaan khususnya kesehatan usus.

Untuk membuat minuman dari mangga, kamu bisa mencampurkan dengan susu probiotik, gula pasir, es batu dan susu cair. Semua bahan tersebut dapat kamu masukkan ke dalam botol lalu tutup dengan kain di bagian atasnya.

Dalam kondisi seperti ini, kamu bisa simpan di lemari es hingga maksimal 48 jam. Setelah proses tersebut, kamu bisa menyaring minuman tersebut dan langsung diminum saat itu juga.

Karena di dalam minuman ini mengandung bakteri maka tidak boleh berlebihan karena akan menimbulkan efek samping. Diantaranya penyakit diare, jantung, alergi kulit dan gula darah pada tubuh akan bertambah.

Lemon

Lemon juga menjadi bagian dari buah yang punya manfaat untuk kesehatan usus khususnya pencernaan. Hal ini karena di dalam buah tersebut mengandung pektin dan serat yang sangat tinggi.

Dengan dua kandungan tersebut dan campurkan dengan bahan lain bisa dijadikan minuman probiotik. Berbagai bahan tersebut seperti dua buah lemon, jahe, jahe, madu dan garam.

Khusus buat dan jahe bisa kamu potong dengan kecil lalu masukkan semua bahan dalam satu wadah. Selanjutnya, kamu bisa menutupnya dengan kain lalu diikat dengan karet dan letakkan di dalam kulkas selama 48 jam.

Selanjutnya kamu bisa menyaring air di dalam wadah ke gelas dan bisa langsung diminum seketika. Namun minuman tersebut tidak boleh berlebihan karena buah ini juga mengandung berbagai efek samping.

Berbagai efek samping atau kekurangan buah tersebut adalah memperburuk sariawan, kurang bagus untuk kulit, dll. Kamu bisa mengkonsumsi 2 hari sekali agar bakteri di dalam tubuh tidak berlebihan.

Kandungan minuman rendah gula

Bagi orang yang terkena diabetes atau penyakit lain maka perlu minum dari bahan yang rendah gula. Bagi kamu yang memerlukan rendah gula untuk kategori minuman probiotik bisa didapatkan dari yogurt.

Harga minuman probiotik murah

Harga murah juga bisa menjadi kriteria paling utama saat membeli minuman probiotik. Dengan begitu maka kamu bisa membelinya dalam jumlah banyak dan bisa dikonsumsi setiap hari.

Harga termurah ini juga bisa kamu dapatkan jika membeli secara online di berbagai marketplace. Di market tersebut umumnya dalam event tertentu ada promo khusus sehingga harga jual produknya lebih murah.

Selama ini produk dengan harga murah untuk probiotik bisa didapatkan pada Yakult. Jenis minuman ini banyak dijual di berbagai toko dan umumnya per biji dijual seharga 2 ribu atau 10 ribu per 5 bijinya.

Selain harganya yang murah, Yakult juga bisa ditemui di berbagai tempat. Lalu minuman ini juga aman di konsumsi oleh semua usia baik anak-anak atau dewasa.

Minuman Terdaftar BPOM

BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) juga bisa menjadi kriteria penting untuk minuman probiotik. Meski harganya murah namun tidak terdaftar di BPOM maka tidak layak untuk dibeli.

Hal ini karena produk tersebut belum layak uji kesehatan dan punya potensi membahayakan tubuh. Sedangkan produk yang terdaftar tentu lebih aman dan baik untuk kesehatan usus dan organ lainnya.

Untuk mengetahui, kamu bisa melihat pada setiap kemasan produk dari minuman probiotik. Jika ada BPOM lalu diikuti dengan sederet angka maka produk tersebut sudah dipastikan terdaftar.

Selama ini BPOM menjadi standard minuman dan makanan karena proses uji produknya sangat ketat. Mereka melakukan ini dengan hati-hati karena berkaitan dengan kemaslahatan orang banyak yang berada di pundaknya.

Minuman Probiotik Cocok untuk Siapa?

Minuman probiotik memang bisa dikonsumsi oleh semua orang baik anak-anak atau dewasa. Namun minuman ini sebenarnya lebih dikhususkan untuk beberapa orang diantaranya sebagai berikut:

Anak usia 1 tahun

Anak usia 1 tahun terkadang mengalami berbagai masalah pencernaan seperti diare, dll. Dalam kondisi seperti itu maka perlu minuman probiotik agar bisa memasukkan bakteri baik ke dalam ususnya.

Salah satu rekomendasi terbaik untuk anak kecil adalah Yakult. Minuman dengan susu fermentasi ini memiliki manfaat untuk semua usia termasuk anak-anak yang umurnya masih 1 tahun.

Khusus anak tersebut itu perlu hati-hati saat memberikan minuman yakult tersebut. Sebab kandungan bakteri baik di dalamnya cukup banyak dan jika usus anak tidak kuat bisa menimbulkan efek lainnya.

Dengan demikian ketika Yakult sudah tidak membuat kondisinya membaik maka perlu dikonsultasikan kepada dokter. Kamu bisa meminta pendapat tenaga medis tersebut terkait minuman probiotik apa yang sebaiknya diberikan pada anak usia 1 tahun.

Ibu hamil

Selain anak-anak, ibu hamil juga tergolong orang yang perlu mengkonsumsi minuman probiotik. Sebab kesehatan ibu hamil harus tetap terjaga dan perlu minuman tersebut tidak ada hubungan dengan kondisi kehamilan.

Dalam suatu penelitian di Kanada menyebutkan jika minuman probiotik tidak ada hubungan dengan kondisi janin. Hal ini memperjelas karena muncul dugaan jika minuman tersebut bisa membuat janin semakin besar dan di operasi cesar.

Justru dengan mengkonsumsi minuman ini akan membuat ibu hamil terjaga kesehatannya. Sebab minuman ini sekaligus menangkal terjadinya penyakit diare, iritasi, radang usus dan yang lainnya.

Selain untuk kesehatan pribadi, minuman tersebut juga punya manfaat bagi janin di dalam kandungan. Sebab minuman tersebut akan membuat bayi yang nantinya lahir bebas dari alergi kulit.

Ibu menyusui

Ibu menyusui juga masuk orang yang membutuhkan minuman probiotik untuk kesehatan diri dan bayi yang dilahirkan. Dengan masuknya bakteri baik ke dalam usus apakah ada manfaat buat sang buah hati?

Hal yang perlu diketahui bahwa minuman ini mampu membuat antibodi bagi bayi. Sebab ibu hamil yang minum probiotik akan membuat ASI yang diminum bayi lebih ekslusif sehingga tidak mudah sakit.

Lalu minuman tersebut juga memiliki manfaat bisa membuat saluran pencernaan bayi lancar dan terhindar dari sembelit. Oleh karenanya ibu menyusui harus rajin minum probiotik agar bayinya tidak mengalami diare atau sembelit.

Menariknya lagi,manfaat probiotik yang sangat bermanfaat lagi adalah membuat bayi terhindar dari kolik. Penyakit ini sangat berbahaya karena saat penyakit ini mengidapnya maka bisa menangis hingga berjam-jam dan tidak bisa dibujuk.

Orang dengan gangguan asam lambung

Orang yang mengalami gangguan asam lambung atau maag juga membutuhkan minuman probiotik. Karena minuman ini akan membuat pencernaannya sehat dengan catatan dikonsumsi secara wajar.

Kamu bisa mengkonsumsi 1 atau 2 botol sehari dan lihatlah efek yang dirasakan. Jika minum dua botol membuat kamu diare maka bisa dikurang atau bahkan dihentikan dan berkonsultasi dengan dokter.

Selain minuman botol seperti Yakult, kamu juga bisa mencoba mengkonsumsi yogurt. Minuman tersebut memiliki manfaat mampu menangkal infeksi bakteri yang ada pada penyakit maag.

Namun yogurt juga harus dengan dosis tertentu dan tidak boleh berlebihan. Jika hal itu yang terjadi bisa saja penyakit maag semakin parah dan menimbulkan penyakit lain seperti diare, sembelit, dll.

Cara Membuat Minuman Probiotik

Kamu bisa membuat minuman probiotik dengan cara manual di rumah. Kamu bisa memanfaatkan substrat yang baik untuk tumbuhnya bakteri probiotik seperti rempah-rempah dan buah-buahan.

Sebagai contoh, artikel ini akan menjelaskan terkait cara membuat minuman probiotik dari bahan dasar buah nanas. Dengan bahan tersebut berikut beberapa bahan yang perlu kamu siapkan:

Bahan:

  • Buah nanas 2 buah berukuran sedang.
  • Gula aren atau gula kelapa -/+ 80 gram.
  • Air matang -/= 1 liter
  • Kain bersih
  • Karet

Dari semua bahan yang tersedia tersebut, proses pembuatannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Cuci terlebih dahulu dua buah nanas tersebut hingga bersih dan usahakan airnya dalam posisi mengalir. Untuk hasil maksimal, kamu bisa mencuci nanas tersebut secara berulang.
  2. Kupas kulitnya lalu potong-potong buah nanas tersebut.
  3. Selanjutnya kamu bisa memasukkan potongan tersebut ke dalam wadah kaca.
  4. Selain buah nanas, kamu juga bisa memasukkan seluruh bahan itu ke dalam wadah tersebut. Khusus bahan gula aren yang cukup besar dapat juga dipotong hingga kecil agar mudah masuk ke dalam wadah kaca.
  5. Wadah tersebut kemudian ditutup dengan kain bersih lalu ikatlah menggunakan karet. Pastikan ditutup dengan rapat sehingga tidak ada ruang tempat keluar masuknya udara di dalam wadah.
  6. Masukkan ke dalam lemari es di suhu 3 derajat dalam waktu 48 jam.
  7. Selanjutnya, kamu tinggal membuka kain pada wadah dan akan ditandai dengan banyaknya busa di wadah tersebut.
  8. Untuk hasil lebih baik, kamu bisa menggunakan alat penyaringan agar air yang masuk ke gelas benar-benar cair.

Dari hasil pembuatan tersebut, kamu bisa langsung meminumnya agar terasa nikmat. Jika ingin ditunda maka kamu bisa meminum maksimal seminggu dan minuman ini harus disimpan di lemari es kembali.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa tonton video berikut hingga akhir https://www.youtube.com/watch?v=K5-hLPxoNqM

Selain Yakult, Merek Minuman Probiotik Apa Saja?

Minuman probiotik tidak hanya ada pada Yakult tetapi banyak juga brand lain yang bisa kamu pilih. Beberapa brand atau merk tersebut diantaranya adalah:

Greenfields Yogurt

Greenfields adalah salah satu jenis minuman yang cocok dikonsumsi oleh siapa saja. Kemasannya yang kecil ditambah dengan kandungan kalsium, vitamin A, B12, vitamin D dan protein.

Pada minuman tersebut terdapat dua bakteri baik yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Dua jenis bakteri ini akan berperan aktif untuk membunuh bakteri dan membuat tubuh tetap sehat.

Review dari banyak terkait minuman ini rata-rata positif karena dibuat tanpa gula tambahan. Selain itu, kandungan di dalamnya adalah 100% susu segar yang telah difermentasi.

Untuk membelinya, kamu bisa order ke penjual (Baking Store Jakarta) di Tokopedia. Pada market tersebut, produk ini dijual dengan harga 41 ribu dengan berat 550 gram dan dikirim dari Jakarta Barat. Harga tersebut berlaku hingga artikel ini ditulis pada tanggal 6 Juni 2022.

Dalam mengkonsumsi minuman tersebut hendaknya sesuai dosis karena ada beberapa efek samping. Diantaranya gula dan kalori dalam tubuh meningkat dan bisa menyebabkan berat badan bertambah.

Cimory

Cimory adalah salah satu produk minuman yang harganya terjangkau dan berkualitas tinggi. Banyak varian rasa untuk produk tersebut sehingga banyak disukai oleh semua usia termasuk anak-anak.

Kandungan utama di produk tersebut adalah bakteri asam laktat. Dengan bakteri tersebut maka akan membuat pencernaan menjadi lancar dan mengontrol kolesterol di dalam tubuh.

Salah satu kelebihannya adalah mudah didapatkan di berbagai tempat seperti Indomaret, Alfamart, dll. Berbagai review dari semua orang menyatakan produk ini aman dikonsumsi dan rendah gula.

Jika tertarik, kamu bisa order produk tersebut di penjual (Cimory Official Store) di Tokopedia dengan harga 8.500 rupiah (berlaku hingga artikel ini ditulis pada 6 Juni 2022). .

Elle & Vire

Elle & Vire juga sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin mengkonsumsi minuman probiotik dengan rasa berbeda. Rasa susu fermentasinya begitu terasa ditambah dengan potongan buah.

Kandungan utama produk tersebut adalah susu segar alami, potongan buah aprikot, dll. Dengan kandungan tersebut akan membuat kolesterol menurun dan kesehatan usus semakin sehat.

Kelebihannya adalah dibuat tanpa pemanis buatan dan tanpa pengawet sehingga tidak berbahaya bagi tubuh. Untuk kekurangannya konsumsilah sesuai dosis karena jika tidak akan menimbulkan penyakit diabetes.

Untuk membelinya, kamu bisa order di penjual (Celine Meatshop) di Tokopedia. Pada toko tersebut, produk ini dijual dengan harga 12.500 rupiah dan berlaku hingga artikel ini ditulis pada 6 Junis 2022.

Berikut beberapa rekomendasi yogurt terbaik dengan kandungan gula yang rendah:

Yummy Yoghurt

Yogurt Yummy merupakan salah satu minuman probiotik yang direkomendasikan karena rendah gula. Minuman ini dibuat dengan susu segar murni, tanpa pengawet dan tanpa gula tambahan.

Kelebihan dari minuman tersebut mengandung milyaran bakteri baik dan baik untuk tubuh. Selain itu, yogurt tersebut bisa untuk memperkuat imun tubuh, mencegah osteoporosis dan menurunkan tekanan darah.

Kamu bisa minum yogurt tersebut secara langsung atau dicampur dengan bahan lainnya. Selain untuk orang tua, minuman ini juga baik dikonsumsi untuk anak yang usianya masih 1 tahun.

Minuman ini bisa kamu dapatkan di Indomaret, Alfamart atau di marketplace seperti Tokopedia atau Shopee. Di Tokopedia, ada penjual ( Sehati Market) yang menjual produk tersebut seharga 32 ribu ( sejak artikel ditulis pada tanggal 5 Juni 2022).

Heavenly Blush Greek Classic Yoghurt

Minuman probiotik lain dengan rendah gula dan kaya Protein ada pada Greek Yogurt. Minuman ini mengandung banyak susu yang telah difermentasi sehingga baik untuk kesehatan usus.

Selain untuk kesehatan usus, yogurt ini juga bisa untuk menurunkan berat badan, nutrisinya tinggi, dll. Minuman ini banyak dipilih karena memiliki rasa yang enak dan mengenyangkan di perut.

Berbagai review dari berbagai pengguna mengatakan jika produk ini baik untuk tubuh karena tanpa pengawet. Selain itu proses pembuatannya juga tanpa gula tambahan sehingga aman dikonsumsi.

Untuk mendapatkannya juga bisa dibeli supermarket atau membelinya secara online. Kamu bisa membeli produk ini di Klikindomaret dengan harga yang relatif murah sekitar 15.500 rupiah (berlaku hingga artikel ditulis pada 5 Juni 2022).

Penutup

Minuman probiotik adalah jenis minuman yang di dalamnya disertai dengan bakteri baik seperti Streptococcus thermophilus, Lactobacillus. Jenis minuman ini bisa juga dibuat secara alami atau membeli produk kemasan di Indomaret atau supermarket terdekat.

Saat membeli dalam bentuk kemasan pastikan produk tersebut sudah terdaftar di BPOM dan harganya terjangkau. Ketika produk ini dikonsumsi maka bakteri tersebut akan melawan bakteri jahat dengan memusnahkan satu per satu.

Minuman probiotik juga dikhususkan atau direkomendasikan untuk orang-orang tertentu. Diantaranya ibu hamil, ibu menyusui, orang yang asam lambungnya naik dan yang lainnya.

Saat mereka mengkonsumsi minuman tersebut maka berbagai manfaat yang akan didapatkan. Misalnya daya tahan tubuh meningkat, jantung menjadi sehat dan terhindar dari penyakit saluran pencernaan.

Referensi :

  • https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-manfaat-minuman-probiotik-bagi-kesehatan
  • https://gayahidup.skor.id/11-makanan-minuman-probiotik-super-menyehatkan-salah-satunya-asli-indonesia-01394520
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/7-makanan-sumber-probiotik-bakteri-baik/
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/minum-probiotik-setiap-hari/
  • https://www.alodokter.com/probiotik
  • https://www.honestdocs.id/probiotik
  • http://eprints.undip.ac.id/54723/3/Bab_II.pdf
  • https://gayahidup.skor.id/11-makanan-minuman-probiotik-super-menyehatkan-salah-satunya-asli-indonesia-01394520
  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-membuat-minuman-probiotik/
  • https://www.youtube.com/watch?v=K5-hLPxoNqM]
  • https://klikhijau.com/read/resep-minuman-probiotik-super-simpel-dari-jahe-madu-dan-lemon/
  • https://www.jpnn.com/news/8-minuman-probiotik-yang-bisa-dibuat-di-rumah-catat-resepnya
  • https://osc.medcom.id/community/tepache-minuman-probiotik-dari-kulit-nanas-khas-meksiko-2616
  • https://kesehatan.kontan.co.id/news/awas-ini-5-efek-samping-jus-nanas-bila-dikonsumsi-secara-berlebihan
  • https://cookpad.com/id/resep/13890186-mango-probiotik-milk-drink
  • https://jovee.id/manfaat-buah-mangga-untuk-pencernaan-hingga-kandungan/
  • https://cookpad.com/id/resep/15345006-lemon-madu-jahe-permentasisirup-probiotikminuman-probiotik
  • https://www.merdeka.com/jabar/manfaat-jeruk-lemon-dan-efek-sampingnya-bagi-tubuh-perlu-diketahui-kln.html
  • https://blog.sesa.id/merk-yogurt-tanpa-gula/
  • https://www.seosatu.com/read/32080/merk-yogurt-rendah-lemak
  • https://toko.sehatq.com/produk/yummy-skim-yoghurt-natural-plain-2-x-500-g
  • https://www.tokopedia.com/sehatimarket/yummy-bites-yogurt-mixed-berries-20gr
  • https://www.klikindomaret.com/product/greek-yogurt-drink
  • https://www.pom.go.id/new/view/direct/job
  • https://www.alodokter.com/komunitas/topic/minuman-untuk-anak-1-tahun
  • https://id.theasianparent.com/usia-berapa-anak-boleh-minum-yakult
  • https://www.alodokter.com/ini-manfaat-probiotik-untuk-ibu-hamil
  • https://www.orami.co.id/magazine/perlukah-konsumsi-probiotik-saat-hamil
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3636937/manfaat-prebiotik-dan-probiotik-untuk-ibu-menyusui
  • https://id.theasianparent.com/probiotik-untuk-ibu-menyusui
  • https://www.alodokter.com/komunitas/topic/apakah-pengidap-sakit-maagasam-lambung-boleh-meminum-yakult-bertujuan-untuk-memperlancar-bab
  • https://hellosehat.com/pencernaan/maag/maag-boleh-makan-yogurt-tidak/
  • https://www.halodoc.com/kesehatan/diare
  • https://katadata.co.id/intan/berita/6147f4953726c/8-faktor-penyebab-diare-dan-cara-pencegahannya
  • https://www.halodoc.com/kesehatan/penyakit-asam-lambung
  • https://promag.id/article/detail/9-pemicu-asam-lambung-naik-yang-harus-dihindari
  • https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-probiotik-bagi-kesehatan
  • https://www.alodokter.com/kesehatan-mental
  • https://biz.kompas.com/read/2020/08/13/111228728/cegah-virus-corona-ini-manfaat-minuman-probiotik-dan-prebiotik-untuk-tingkatkan
  • https://health.kompas.com/read/2021/06/04/150300668/8-manfaat-probiotik-untuk-kesehatan-yang-sayang-dilewatkan?page=all
  • https://review.bukalapak.com/food/merk-yogurt-111582#3-greenfields-yogurt
  • https://www.tokopedia.com/bakingstorejakartabarat/greenfields-yogurt-plain-non-sugar-1-kg?src=topads
  • https://www.tokopedia.com/cimoryofficial/1-pc-cimory-yogurt-drink-strawberry-240-ml
  • https://www.tokopedia.com/celinemeatshop/yogurt-yoghurt-elle-vire-standard-blueberry
5/5 - (23 votes)

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk informasi produk dan penawaran harga maklon terbaru