Bisnis

Mengenal Minuman Untuk Kecantikan Kulit Serta Jenisnya

Diterbitkan pada

Telah diupdate pada

Ditulis oleh Melawati

Disupervisi oleh Melawati, Purwanto

Mengenal Minuman Untuk Kecantikan Kulit Serta Jenisnya

minuman untuk kecantikan kulit

Sebagai entrepreneur, Anda tentunya ingin memulai peluang bisnis yang menjanjikan bukan? Saat ini, bisnis minuman kecantikan tengah naik daun seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya merawat kesehatan kulit.

Sayangnya, masih banyak entrepreneur yang belum paham seluk-beluk bisnis minuman kecantikan ini. Padahal, ini adalah peluang emas yang tidak boleh dilewatkan para pebisnis.

Untuk itu berikut akan dijelaskan mengenai minuman kecantikan untuk kulit dan juga jenisnya yang bisa Anda gunakan sebagai ide bisnis.

Apa itu Minuman Untuk Kecantikan Kulit?

minuman kecantikan untuk kulit

Minuman untuk kecantikan kulit adalah jenis minuman yang diformulasikan dan berkhasiat untuk membantu menjaga kesehatatan dan kecantikan kulit serta membuat seseorang tampak awet muda.

Produk minuman ini umumnya mengandung bahan-bahan alami yang kaya akan antioksidan, asam amino, vitamin, mineral, dan kolagen yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas, memperbaiki kerusakan sel kulit, meningkatkan elastisitas kulit, mencerahkan kulit hingga mengurangi keriput.

Dengan demikian, minuman kecantikan kulit dapat menjadi produk yang tepat untuk konsumen yang ingin memiliki kulit sehat sekaligus ingin tampil cantik dan awet muda dengan cara yang praktis yaitu hanya dengan meminum produk ini setiap hari.

Jenis Minuman untuk Kecantikan Kulit dan Analisa Peluang Usahanya

1. Minuman berbahan dasar kolagen

minuman kecantikan untuk kulit dari kolagen

Saat ini, minuman berbahan dasar kolagen tengah menjadi tren produk perawatan kecantikan kulit yang menjanjikan. Menurut Priyanshi Singh (2023), nilai pasar minuman collagen diperkirakan akan terus meningkat selama periode tahun 2023 – 2030 dengan CAGR sebesar 13,2%.

Hal itu terjadi karena semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Kolagen adalah protein utama penyusun kulit yang memiliki fungsi untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. Seiring dengan bertambahnya usia, maka produksi kolagen di dalam tubuh akan terus menurun, sehingga kulit menjadi kering, keriput, dan kurang elastis (Alodokter). Oleh karena itu, minuman kolagen tersedia sebagai solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan kolagen.

Potensi pasar minuman kolagen sangatlah besar terutama untuk dikonsumsi oleh perempuan dewasa di rentang usia 20-45 tahun yang ingin menjaga kekenyalan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini secara alami.

Selain itu, gaya hidup masyarakat perkotaan yang sibuk turut juga mendukung permintaan produk praktis berbentuk minuman ini.

Beberapa contoh merk produk minuman kolagen yang populer, seperti Noera, Byoote, Skinista, Oh My Skin!, Everwhite, VIP, Collatime, dan Kinohimitsu. 

Berikut beberapa strategi usaha atau bisnis yang bisa Anda jadikan patokan:

Segmentasi:

  • Demografis: Wanita usia 20-45 tahun
  • Geografis: Wilayah Jakarta dan sekitarnya
  • Psikografis: Memiliki kesadaran tinggi akan perawatan kecantikan

Targeting:

  • Wanita usia 25-40 tahun
  • Bertempat tinggal di Jakarta dan sekitarnya
  • Pekerjaan: profesional muda, ibu rumah tangga
  • Berpenghasilan menengah ke atas

Promotion:

  • Iklan di media sosial (Instagram, Facebook)
  • Program SMS & WA Blast
  • Promo di e-commerce (Lazada, Shopee, Tokopedia)

2. Minuman berbahan dasar buah-buahan

minuman kecantikan untuk kulit dari buah

Credit Image

Minuman kecantikan (beauty drink) berbahan dasar buah-buahan belakangan ini semakin digemari oleh masyarakat karena kandungan antioksidan dan vitamin C yang bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi alami dari buah juga lebih aman dan lembut di kulit dibandingkan bahan kimia.

Menurut IMARC Group, nilai pasar minuman buah secara global terus meningkat dengan CAGR sebesar 3,8% selama periode tahun 2024 – 2032.

Produk minuman ini tidak kalah potensialnya untuk dikembangkan. Hal itu karena semakin banyak konsumen yang ingin hidup sehat dengan mengonsumsi nutrisi alami, terutama wanita milenial yang aktif menjaga penampilannya.

Beberapa contoh produk minuman kecantikan buah antara lain jus bit, jus jeruk, jus lemon, jus delima, dan jus apel (Liputan6, 2022).

Bila anda tertarik untuk memulai usaha minuman ini, maka coba pelajari analisa perkiraaan modalnya. Kami asumsikan, anda akan membuka kios minuman untuk menjual produk tersebut. 

Segmentasi:

  • Demografis: Wanita milenial usia 24-39 tahun
  • Geografis: Wilayah perkotaan
  • Psikografis: Peduli terhadap kesehatan dan perawatan diri 

Targeting:

  • Wanita single atau sudah menikah usia 25-35 tahun
  • Bertempat tinggal di kota
  • Bekerja sebagai profesional maupun ibu rumah tangga
  • Berpenghasilan menengah ke atas
  • Rajin berolahraga dan menjaga pola makan

Promosi:

  • Memberikan potongan harga
  • Menyebarkan brosur/pamflet
  • Memberikan free tester kepada pembeli
  • Iklan di media sosial

3. Minuman berbahan dasar teh herbal

Minuman untuk kecantikan kulit berbahan dasar teh herbal sudah umum dikenal karena kandungan antioksidan catechin dan EGCG-nya yang tinggi (UNAIR News, 2020). Kedua kandungan tersebut memiliki fungsi sebagai anti penuaan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas.

Minuman teh herbal memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan karena kepraktisannya dan cocok dengan gaya hidup modern yang menyukai produk instan.

Berdasarkan laporan Allied Market Research, nilai pasar teh herbal secara global diperkirakan akan terus meningkat dengan CAGR sebesar 5,6% selama periode tahun 2023 – 2032. 

Beberapa contoh jenis teh herbal yang sering diformulasikan ke dalam minuman teh, seperti teh hijau, teh daun kelor, teh lavender, teh mawar, teh hibiscus, dan teh peppermint (dream.co.id, 2023).

Buat anda yang ingin memulai bisnis minuman kecantikan dengan teh sebagai bahan bakunya, berikut kami berikan analisa usaha sederhananya, sehingga anda tahu berapa modal yang dibutuhkan.

Kami asumsikan, Anda akan menjual produk melalui marketplace dan menyewa tempat usaha sebagai kantor sekaligus gudang penyimpanan produk.

Yuk kita mulai dengan asumsi STP dalam marketing.

Segmentasi:

  • Demografis: Wanita usia 20-40 tahun
  • Geografis: Wilayah perkotaan di seluruh Indonesia
  • Psikografis: Aktif di media sosial, gemar belanja online

Targeting:

  • Wanita usia 25-35 tahun
  • Tinggal di perkotaan, gaya hidup modern
  • Rajin merawat diri dan berkulit sensitif
  • Suka mencoba produk kecantikan baru

Promosi:

  • Iklan di media sosial
  • Berkolaborasi dengan influencer beauty vlogger
  • Promosi di marketplace/e-commerce (iklan dan voucher belanja toko)

4. Minuman dengan tambahan vitamin dan antioksidan

minuman kecantikan untuk kulit dengan vitamin

Minuman dengan tambahan vitamin dan antioksidan merupakan jenis minuman yang juga banyak disukai oleh konsumen karena dapat membantu menjaga kecantikan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan.

Dikutip dari Industry ARC, nilai pasar minuman vitamin secara global akan terus meningkat dengan CAGR sebesar 3,8% selama periode tahun 2022 – 2027.

Umumnya, vitamin yang paling banyak ditambahkan ke dalam minuman adalah vitamin C dan E karena keduanya dapat membantu untuk mencerahkan kulit dan melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

Selain itu, antioksidan seperti likopen, beta karoten, dan lutein juga ditambahkan dengan tujuan yang sama, yaitu untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat merusak dan menangkal radikal bebas.

Menurut beberapa penelitian, kombinasi vitamin dan antioksidan pada minuman terbukti ampuh untuk memperlambat proses penuaan pada kulit.

Oleh karena itu, peluang pasar minuman vitamin dan antioksidan cukup potensial untuk dikembangkan karena minuman ini sesuai dengan kebutuhan perawatan kulit sehari-hari, terutama untuk di daerah perkotaan yang terpapar polusi.

Untuk Anda yang berminat memulai usaha minuman kecantikan dengan tambahan vitamin dan antioksidan, dibawah ini kami berikan analisis usaha mengenai modal yang diperlukannya. Kami asumsikan, Anda akan mendirikan booth minuman semi permanen di halaman depan rumah Anda.

Segmentasi:

  • Demografis: Wanita usia 25-45 tahun
  • Geografis: Perumahan di Jabodetabek
  • Psikografis: Sadar pentingnya perawatan diri dan pola hidup sehat

Target market:

  • Ibu rumah tangga dan pekerja wanita
  • Tinggal di perumahan Jakarta dan sekitarnya
  • Rutin berolahraga 
  • Peduli terhadap nutrisi tambahan untuk kesehatan

Promosi:

  • Membagikan brosur/pamflet
  • Program member untuk pelanggan tetap
  • Promosi melalui media sosial

Produk minuman untuk kecantikan kulit memang sedang banyak dipromosikan terutama oleh selebgram atau influencer. Penggunaan produk seperti ini dirasa bisa membantu untuk kesehatan kulit dari dalam selain tetap menggunakan produk eksternal.

post
Hubungi kami untuk konsultasi produk dan informasi penawaran harga maklon terbaru