Bisnis

Peluang Bisnis Cincau Hitam yang Bisa Dicoba

Diterbitkan pada

Ditulis oleh Melawati

Disupervisi oleh Melawati, Purwanto

Permintaan pasar akan bubuk cincau hitam yang terus meningkat membuat peluang keuntungan dari usaha ini sangatlah besar.

Apalagi, ditambah modal dan proses pembuatannya yang terbilang cukup mudah, membuat para pengusaha tertarik untuk memulai usaha ini.

Lantas, tahukah Anda apa saja sih macam-macam usaha bubuk cincau hitam yang cocok dijalankan oleh pengusaha pemula? Berikut penjelasannya.

Apa itu Bubuk Cincau Hitam?

Jual Bubuk Cincau Powder (Topping Minuman) 1 Kg | Shopee Indonesia

Credit Image

Bubuk cincau hitam adalah serbuk minuman yang terbuat dari bahan dasar cincau hitam atau daun janggelan yang diolah melalui proses pembuatan tertentu.

Bubuk cincau hitam sering digunakan sebagai bahan minuman atau makanan untuk memberikan rasa segar dan kenikmatan tersendiri.

Bahan dasar cincau hitam adalah tanaman janggelan yang tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Proses pembuatan bubuk cincau hitam meliputi pengeringan daun janggelan, pemotongan menjadi kecil-kecil, dan penggilingan menjadi serbuk halus.

Bubuk cincau hitam mengandung serat, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A dan zat besi. Kandungan nutrisi ini membuat bubuk cincau hitam menjadi bahan minuman atau makanan yang sehat dan bergizi.

Peluang Usaha Bubuk Cincau Hitam

Usaha Minuman Bubuk Cincau Hitam

NutriSari Es Cincau | NutriSari

Credit Image

Usaha minuman bubuk cincau hitam adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Banyak orang yang menyukai minuman dengan tambahan cincau hitam karena rasanya yang segar dan nikmat.

Analisa bisnis usaha minuman bubuk cincau hitam menunjukkan bahwa potensi pasar cukup besar terutama di daerah tropis.

Menurut Future Market Insight, nilai pasar minuman bubuk secara global, termasuk Indonesia pada tahun 2022 mencapai 10 miliar dollar dan akan terus meningkat dengan perkiraan CAGR sebesar 3-4% selama periode tahun 2022 – 2030.

Kemudian, dilansir dari Putra (2023), cincau hitam merupakan bahan pangan yang paling disukai oleh banyak orang.

Hal itu dapat dilihat dari cincau hitam yang telah dijual di berbagai tempat mulai dari pasar tradisional di pedesaan sampai supermarket di kota besar.

Baca juga   Mengenal ASI Booster: Pengertian Hingga Manfaatnya Untuk Ibu

Berdasarkan dua data tersebut dapat disimpulkan bahwa minuman bubuk cincau hitam ini memiliki potensi pasar yang besar untuk dikembangkan.

Sebelum memulai usaha minuman bubuk cincau hitam, Anda perlu memperhitungkan jumlah modal awal yang perlu Anda persiapkan.

Modal awal tersebut, mencakup modal untuk biaya produksi, seperti pembelian bahan baku, pembayaran tenaga kerja dan biaya operasional.

Nah, untuk mempermudah pemahaman Anda, berikut kami tampilkan tabel rincian modal usaha minuman bubuk cincau hitam secara sederhana:

Item
Nominal
Keterangan
Biaya pembelian bahan baku
Rp 500.000
Pembayaran pembelian bahan baku dan kemasan, dengan rincian:Daun cincau hitam segar: Rp 300.000Gula pasir: Rp 100.000Kemasan: Rp 100.000
Biaya tenaga kerja
Rp 1.500.000
Pembayaran 1 orang karyawan:1 x Rp 1.500.000
Biaya operasional
Rp 200.000
Pembayaran biaya listrik dan air
Biaya pembelian peralatan dan perlengkapan
Rp 1.000.000
Pembayaran pembelian peralatan produksi dan perlengkapan usaha, seperti wadah/baskom plastik dan alat penghalus daun cincau hitam.
Jumlah modal
Rp 3.200.000
 

Berdasarkan tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa kisaran modal usaha yang perlu Anda persiapkan untuk memulai usaha minuman bubuk cincau hitam adalah sebesar Rp 3.200.000.

Selanjutnya, agar usaha minuman bubuk cincau berjalan lancar, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui. Di antaranya yaitu:

  • Pilih bahan baku yang berkualitas untuk menghasilkan minuman bubuk cincau hitam yang enak dan lezat
  • Tentukan harga jual yang bersaing dengan produk sejenis di pasaran
  • Kembangkan variasi rasa dan kemasan untuk menarik minat konsumen
  • Optimalkan promosi baik secara offline maupun online agar usaha minuman bubuk cincau hitam Anda semakin dikenal masyarakat luas

Usaha Makanan Bubuk Cincau Hitam

Resep Membuat Puding Cappucino Cincau yang Manis dan Harum

Credit Image

Selain usaha minuman, bubuk cincau hitam juga dapat digunakan sebagai bahan makanan.

Beberapa jenis makanan yang menggunakan bubuk cincau hitam antara lain es krim, pudding, kue, dan lain sebagainya.

Usaha makanan bubuk cincau hitam memiliki potensi pasar yang cukup besar. Konsumen yang menyukai minuman dengan tambahan cincau hitam juga cenderung menyukai makanan dengan bahan yang sama.

Modal untuk memulai usaha makanan bubuk cincau hitam relatif rendah, karena harga bubuk cincau hitam instan untuk makanan cukup terjangkau.

Baca juga   Modal Usaha Minuman Skala Kecil, Menengah, Besar

Jika diasumsikan Anda ingin memulai usaha makanan berupa pudding cincau hitam rumahan, maka secara sederhana berikut rincian jumlah modal yang perlu Anda persiapkan:

Item
Nominal
Keterangan
Biaya pembelian bahan baku
Rp 230.000
Pembayaran pembelian bahan baku, dengan rincian:Bubuk cincau hitam 1 kg: Rp 60.000Agar-agar plain 1 box: Rp 50.000Susu full cream 1 liter: 5 x Rp 20.000Gula pasir 1 kg: Rp 20.000
Biaya tenaga kerja
Rp 1.500.000
Pembayaran 1 orang karyawan:1 x Rp 1.500.000
Biaya operasional
Rp 200.000
Pembayaran biaya listrik dan air
Biaya pembelian peralatan dan perlengkapan
Rp 1.250.000
Pembayaran pembelian peralatan produksi dan perlengkapan usaha, seperti loyang puding, kompor, gas, meja, kursi.
Jumlah modal
Rp 3.180.000
 

Dari tabel tersebut, terlihat bahwa kisaran modal yang perlu Anda perlukan untuk memulai usaha makanan dengan bubuk cincau hitam rumahan adalah sebesar Rp. 3.180.000.

Dalam memulai usaha makanan bubuk cincau hitam, terdapat beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar usaha yang Anda jalankan berjalan lancar dan mendapatkan profit yang maksimal. Tips-tips tersebut diantaranya yaitu:

  • Kembangkan variasi makanan yang menggunakan bubuk cincau hitam untuk menarik minat konsumen.
  • Pilih bahan baku yang berkualitas untuk menghasilkan makanan dari bubuk cincau yang enak dan lezat.
  • Tentukan harga jual yang bersaing dengan produk sejenis di pasaran.
  • Kemas makanan dengan menarik untuk menarik minat konsumen.

Usaha Minuman Kekinian dengan Cincau Hitam

5 Resep Es Cincau Untuk Bikin Buka Puasa Jadi Tambah Nikmat - Official  Astronauts Blog

Credit Image

Usaha minuman kekinian dengan cincau hitam adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Dikutip dari Ahli Gourmet (2023), minuman kekinian dengan cincau hitam disukai oleh banyak konsumen. Hal itu karena cincau hitam memiliki tekstur kenyal, kaya akan serat dan harganya yang terjangkau.

Usaha minuman kekinian dengan cincau hitam dapat dijalankan dengan berbagai jenis minuman seperti misalnya cappucino cincau.

Untuk memulai usaha minuman dengan cincau hitam, Anda perlu memperhitungkan modal awal yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Modal awal ini digunakan untuk membayar biaya operasional dan biaya produksi, yang didalamnya mencakup biaya listrik dan air, biaya untuk pembelian bahan baku hingga biaya tenaga kerja.

Jika diasumsikan Anda ingin memulai usaha minuman es cappucino dengan cincau hitam di halaman rumah, berikut kami berikan gambaran secara sederhana terkait rincian modal usahanya:

Baca juga   Tips Usaha Menggunakan Bubuk Cincau Hitam Bagi Pemula
Item
Nominal
Keterangan
Biaya pembelian bahan baku
Rp 310.000
Pembayaran pembelian bahan baku dan kemasan, dengan rincian:Bubuk cincau hitam 1 kg: Rp 60.000Susu full cream 1 liter: 5 x Rp 20.000Bubuk cappucino 1 kg: Rp 80.000Gula pasir 1 kg: Rp 20.000Cup plastik dan sedotan: Rp 50.000
Biaya tenaga kerja
Rp 1.500.000
Pembayaran 1 orang karyawan:1 x Rp 1.500.000
Biaya operasional
Rp 200.000
Pembayaran biaya listrik dan air
Biaya pembelian peralatan dan perlengkapan
Rp 1.000.000
Pembayaran pembelian peralatan produksi dan perlengkapan usaha, seperti wadah/ baskom plastik, ice box, meja, kursi.
Jumlah modal
Rp 3.010.000
 

Berdasarkan tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa kisaran modal usaha yang perlu Anda persiapkan untuk memulai usaha minuman es cincau dengan cincau hitam adalah sebesar Rp 3.010.000.

Perlu Anda catat bahwa modal tersebut belum mencakup biaya sewa tempat karena diasumsikan usaha minuman dengan cincau hitam ini dilakukan di halaman depan rumah, sehingga tidak perlu membayar biaya sewa.

Usaha Minuman Kesehatan dengan Cincau Hitam

Jual Minuman kaleng cincau panda (310 ml) Minuman sehat dan segar | Shopee  Indonesia

Credit Image

Analisa bisnis usaha minuman kesehatan dengan cincau hitam menunjukkan bahwa potensi pasar cukup besar terutama di kalangan yang peduli dengan kesehatan.

Bubuk cincau hitam mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dimana tiap 100 gramnya mengandung 122 kkal energi, 6 gr protein, 1 gr lemak, 26 gr karbohidrat, dan 6,23 gr serat (Rahmawati, 2015).

Karena kandungan seratnya yang cukup tinggi, cincau hitam cocok untuk dijadikan menu selingan saat diet.

Menurut Muhamad (2023), sebanyak 75,7% responden dengan jumlah keseluruhan 875 orang menyatakan pernah melakukan diet dengan alasan untuk menjaga kesehatan.

Maka dari itu, usaha minuman kesehatan dengan cincau hitam memiliki peluang usaha yang menjanjikan.

Usaha minuman kesehatan dengan cincau hitam dapat dijalankan dengan berbagai jenis minuman seperti ekstrak cincau, jus, smoothies, atau infused water.

Modal usaha yang perlu Anda persiapkan untuk memulai usaha ini berkisar antara 3 juta hingga puluhan juta. Jumlah modal ini tergantung dari skala dan jenis usaha yang Anda jalankan.

Jika diasumsikan Anda ingin menjadi reseller produk minuman kesehatan dengan cincau hitam, maka rincian modal yang perlu Anda siapkan adalah sebagai berikut:

Item
Nominal
Keterangan
Pembelian stok produk
Rp 650.000
Pembelian produk minuman kesehatan cincau hitam kepada supplier100 kaleng x Rp 6.500
Biaya transportasi dan pengiriman
Rp 100.000
Pembayaran biaya transportasi dan pengiriman
Jumlah modal
Rp 750.000
 

Berdasarkan tabel diatas, hanya dengan kisaran modal Rp 750.000 Anda sudah bisa memulai usaha minuman kesehatan dengan cincau hitam dengan menjadi reseller.

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan sebesar 20%, Anda dapat menjual minuman kesehatan dengan cincau hitam tersebut dengan harga Rp 9.500/kaleng.

Beberapa tips memulai usaha minuman kesehatan dengan cincau hitam, adalah sebagai berikut:

  • Kembangkan variasi minuman yang menggunakan cincau hitam untuk menarik minat konsumen.
  • Pilih bahan baku yang berkualitas untuk menghasilkan minuman yang sehat dan bergizi.
  • Tentukan harga jual yang bersaing dengan produk sejenis di pasaran.
  • Kemas minuman dengan menarik untuk menarik minat konsumen.

Usaha Franchise Minuman Cincau Hitam Serbuk

Usaha franchise minuman cincau hitam serbuk merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Franchise minuman cincau hitam serbuk dapat dijalankan dengan modal yang terjangkau dan mendapatkan dukungan dari pabrik cincau.

Usaha franchise minuman cincau hitam serbuk adalah usaha yang menyediakan minuman cincau hitam dalam bentuk serbuk.

Usaha ini menawarkan keuntungan yang menarik bagi para pelanggan, karena mereka dapat menikmati minuman cincau hitam dengan cepat dan mudah.

Umumnya kisaran modal yang perlu Anda persiapkan untuk memulai usaha franchise adalah sebesar Rp 4 juta hingga puluhan juta tergantung skala usahanya.

Untuk memulai usaha ini, Anda harus memahami analisa bisnisnya, yaitu memahami konsumen, biaya produksi, dan pasar yang tepat. Selain itu, Anda juga harus memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk menarik pelanggan.

Tips lain yang berguna untuk memulai usaha ini adalah mencari lokasi yang strategis, mempromosikan produk Anda, dan menjaga kualitas produk. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan peluang sukses usaha franchise minuman cincau hitam serbuk Anda.

post

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk konsultasi produk dan informasi penawaran harga maklon terbaru