Usaha Minuman Kekinian: Ide, Modal, Tips Memulainya

Usaha minuman kekinian tergolong bisnis yang layak dicoba karena tidak membutuhkan modal besar. Cara memulai usaha minuman ini cukup simpel. Meskipun pemula, kamu bisa membuka usaha minuman dengan modal kecil, bahkan cukup dengan uang ratusan ribu saja.

Selain itu, peluang bisnis ini juga tidak pernah sepi dari pengunjung karena minumannya yang selalu hit. Dalam menarik pengunjung yang dibutuhkan hanya kreativitas dan cara mempromosikan produknya saja. 

Setelah itu semua terpenuhi, kamu bisa membuka Usaha minuman kekinian di berbagai tempat termasuk di rumah

Lalu seperti apa saja jenis minuman yang kekinian tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Usaha Minuman Kekinian?

Usaha minuman kekinian adalah jenis usaha jual beli minuman yang sesuai dengan trend terbaru, terutama menyasar segmen anak muda. Disebut kekinian karena di dalam minuman tersebut diberikan sentuhan berbeda agar tidak sama dengan sebelumnya. 

Misalnya jus alpukat yang biasanya dibuat dari air namun di minuman kekinian ini dibuat berbeda. Misalnya ditambahkan air kelapa, susu, topping atau yang lainnya sehingga rasanya berbeda dari jus alpukat biasa. 

Selain dari alpukat juga dari jenis buah-buahan lain seperti strawberry, blueberry, leci dan yang lainnya. Dari semua buah tersebut nantinya diolah dan dicampur dengan es, susu, dll.

Bukan hanya buah-buahan tetapi bisa juga dari coklat, keju, tapioka dan yang lainnya. Dari jenis-jenis yang disebutkan di atas nantinya bisa dicampur dengan varian lain yang sesuai untuk menghasilkan rasa yang nikmat dan lembut.

Macam-Macam Minuman Kekinian

Jenis usaha minuman kekinian tidak terbatas pada satu jenis saja tetapi tetapi banyak macamnya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa daftar minuman yang bisa kamu coba dengan modal kecil:

Teh

Usaha Minuman Kekinian: Ide, Modal, Tips Memulainya 1

Sumber: https://static.sciencelearn.org.nz

Untuk minuman dalam kategori tea tentunya dibuat dengan bahan dasar teh. Dikenal 6 macam teh dan seduhannya di pasaran, yaitu: teh putih, teh kuning, teh hijau, teh oolong, teh hitam, dan teh fermentasi.

Untuk menambah citarasa unik, maka ke dalamnya ditambahkah bahan lain seperti adas manis, gula, dan yang lainnya. Kemudian minuman kekinian ini dicampur dengan rempah-rempah pilihan khas Indonesia. 

Ketika keduanya digabung umumnya minuman tersebut sering disebut thai tea. Teh Thailan yang satu ini memang merupakan usaha minuman teh kekinian yang tak sepi peminat. Jenis minuman ini memiliki manfaat menurunkan berat badan, menjaga stamina, dll. 

Selain dari sisi manfaat, thai tea juga tidak baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal dikarenakan minuman tersebut memiliki banyak kandungan gula dan lemak.

Dengan kandungan tersebut bisa menimbulkan hipertensi, diabetes, kolesterol, dll. Namun beberapa orang terkadang bisa juga menyebabkan sakit kepala, gelisah dan sakit perut.

Kopi

Selain teh, kamu bisa memulai usaha minuman kopi kekinian. Terlebih lagi, berakhirnya pandemi membuat aktivitas masyarakat kembali normal.

Ada beragam jenis kopi yang bisa kamu jajakan. Baik kopi panas maupun dingin, masing-masing punya segmen marketnya. Untuk menampilkan kesan kekinian, kamu bisa membuat dekorasi kafe yang shareable sehingga tampil WOW di social media.

Selain dekorasi tempat, kamu juga tambahkan kesan kekinian dengan cara penyajian yang unik. Libatkan pembeli saat menikmati kopi, seperti cara menyeduhnya.

Kamu bisa membuka kedai kopi di depan rumah bila modal kamu kecil. Jangan malu untuk memulainya.

Boba atau Bubble

Minuman jenis ini bermula dari kedai teh Liu Han Chieh di Taiwan sebagai bentuk percobaan. Untuk bahan dasar yang digunakan adalah tepung tapioka lalu dibentuk seperti sebuah kelereng. 

Kemudian minuman tersebut dimasak hingga matang dan dicampur dengan bahan lain. Diantara bahan tersebut seperti susu, es, teh, topping atau yang lainnya untuk menghasilkan rasa yang manis.

Minuman satu ini memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya menambahkan asupan cairan, antioksidan dan mampu memberikan karbohidrat yang cukup

Dengan manfaat tersebut tidak heran jika minuman ini cukup ngehit di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari bola-bola tapioka yang ada ada pada susu atau teh sehingga terlihat kekinian.

Di Indonesia, usaha minuman boba kekinian ini cukup laris manis. Gerai yang jualan di mall dan pinggir jalan cukup ramai diserbu pembeli.

Susu Kurma

Sesuai dengan namanya, minuman jenis ini berbahan dasar susu dan buah kurma. Karena menggunakan kurma umumnya minuman ini lebih banyak digunakan saat berbuka puasa atau hari spesial lainnya.

Proses pembuatannya juga tidak membutuhkan banyak bahan. Kamu cukup menyiapkan bahan-bahan seperti kurma, susu cair, madu, es batu dan beberapa bahan lainnya. 

Kamu cukup menghaluskan kurma tersebut dengan susu lalu tambahkan bahan lainnya. Minuman kekinian ini akan terasa nikmat jika ditambahkan dengan madu agar lebih nikmat

Susu kurma dianggap minuman kekinian karena penyajiannya yang lebih praktis dan modern. Tidak hanya itu, minuman ini banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Chatime

Chatime merupakan salah satu franchise minuman terkini yang memiliki banyak sekali varian rasa. Diantaranya milk tea, tea presso, coffee and latte, mood fresh dan berbagai 50 varian lainnya. 

Minuman yang disajikan berbahan dasar teh pilihan yang pengolahannya menggunakan mesin brewing terbaru. Untuk memberikan rasa nikmat, kamu bisa menambahkan topping, gula dan es sesuai keinginan. 

Demi memberikan kepuasan pada sajian minuman, Chatime terus melakukan inovasi. Sehingga dalam beberapa waktu selalu ada tambahan jenis minuman dengan varian baru dan lebih nikmat.

Waralaba ini bukanlah produk baru karena sudah menyebar di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Dengan demikian, rasa dan kenikmatan dari minuman ini tidak diragukan lagi.

Mojito

Dalam sejarahnya, Mojito tergolong minuman legendaris dan umumnya disajikan dengan alkohol. Minuman tersebut awal mula berkembang dan pertama kali ada di Kuba. 

Tetapi ketika hadir di Indonesia, alkohol tersebut diganti dengan berbagai buah-buahan tropis agar rasanya terasa enak. Tidak semua buah bisa digunakan dan terbatas pada beberapa jenis saja.

Untuk buah yang bisa digunakan diantaranya leci, strawberry, blueberry, dan berbagai jenis lainnya. Untuk bahan dasarnya, Mojito ini berbahan dasar soda, gula dan gula serta air kelapa. 

Dari setiap buah tersebut proses pembuatannya berbeda agar rasanya begitu nikmat di lidah. Agar rasanya lebih lembut, kamu bisa menambahkan es dan sprite ke campuran minuman tersebut. 

Es Coklat

Jika hanya es coklat biasa tentu tidak akan menarik tetapi jika dibuat dengan bahan lainnya maka rasanya akan berbeda. Beberapa es coklat kekinian ini seperti hot chocolate, white hot chocolate, banana smoothie dan yang lainnya. 

Untuk membuat jenis minuman tersebut sangat mudah dan hanya perlu beberapa bahan saja. Diantaranya susu cair, bubuk coklat, es, teh manis dan yang lainnya.

Namun beberapa jenis lainnya bisa ditambahkan dengan 375 gram chocolate chips sebagai pengganti topping. Pada intinya bahan dasar minuman tersebut dari coklat sedangkan tambahannya bisa dari buah atau yang lainnya.

Es coklat tersebut tergolong usaha minuman kekinian yang cukup laris di kalangan muda-mudi. Selain itu, usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya.

Matcha Ice Blend

Matcha ice blend adalah jenis minuman dengan peminat yang sangat tinggi d berbagai daerah. Jenis minuman tersebut berbahan dasar bubuk matcha, susu evaporasi dan yang lainnya. 

Untuk menambahkan rasa nikmat, beberapa orang banyak menambahkan whipped cream secukupnya. Kamu cukup memasukkan semua bahan ke blender lalu campurkan dengan es agar lebih nikmat. 

Selain dari jenis di atas ada juga matcha boba latte, frappe, yoghurt blended dan yang lainnya. Dari jenis ini bahannya sama saja hanya ada tambahan bahan lain seperti bubble, yoghurt, dan yang lainnya.

Tambahan semua bahan tersebut yang membuat minuman jenis ini disebut kekinian. Sebab dari tampilannya terlihat modern dan begitu menggugah selera untuk mencobanya

Modal Usaha Minuman Kekinian

Ada beragam paket usaha minuman kekinian 2022 yang ada di pasaran. Mulai dari paket dengan harga kecil (ratusan ribu) hingga yang memerlukan modal besar (ratusan juta).

Beragamnya pilihan paket usaha tersebut, maka kamu bisa menyesuaikan dengan kekuatan modal usaha minuman kekinian yang kamu miliki. Bahkan, jika kamu tidak memiliki modal finansial tetapi memiliki ide yang out the box, maka kamu bisa mengajukan proposal usaha minuman kekinian kepada para investor. Kamu bisa ajukan ke teman bisnis kamu.

Modal Usaha Minuman Kurang dari 1 Juta Rupiah

Usaha minuman seperti jualan jus buah, minuman dingin pop ice, es teh, es tebu, atau berbagai jenis minuman dari sayur dan buah tidak memerlukan modal besar. Kamu bisa menjalankan usaha minuman kekinian modal kecil ini di rumah atau kantin sekolah.

Modal usaha yang terhitung sedikit ini bisa kamu gunakan untuk membeli blender, buah-buahan, gelas cup, dll. Dengan modal tersebut sangat cocok untuk usaha rumahan yang tidak membutuhkan tempat yang luas.

Bahan
Harga
Blender
150 ribu
Gelas cup 100 pcs
20 ribu
buah-buahan
120 ribu
Sedotan
10 ribu
Total
300 ribu

Dari modal tersebut, kamu bisa menjual minuman tersebut dengan harga antara 7 ribu sampai 10 ribu. Namun untuk gelas cup itu berbeda-beda dan untuk awal-awal bisa lebih sedikit dari itu.

Supaya pelanggan kamu tertarik, maka lakukan promosi di awal buka usaha. Selanjutnya, kamu bisa kembangkan usaha dengan menambah varian rasa seperti minuman cappucino dengan toping susu kental manis, coklat chip, oreo, jagung manis. Yakin deh, bisnis minuman kekinian kamu akan berkembang terus.

Modal Usaha Minuman Antara 1-5 Juta Rupiah

Untuk jenis usaha dengan modal tersebut hampir sama dengan yang dananya hanya 1 juta rupiah. Hanya saja lokasi jualnya lebih di tempat keramaian seperti pasar, alun-alun dan yang lainnya.

Untuk bisa jualan di tempat tersebut perlu adanya gerobak stainless steel, meja, kursi atau yang lainnya. Jadi estimasi biaya tersebut dapat dilihat pada tabel berikut ini

Peralatan 
Harga
Gerobak minuman
2 Juta
Meja
100 ribu
Kursi
50 ribu
Gelas cup 100 pcs
20 ribu
Sedotan
10 ribu
Blender
150 ribu
Total
2,38 juta

Dari semua bahan di atas, bisa juga bertambah seiring pengunjung yang semakin banyak. Jadi gelas dan sedotan nantinya bisa disesuaikan dengan ketentuan di atas. 

Namun bahan-bahan di atas bisa juga ditambahkan seperti whipped cream, gula dan yang lainnya. Untuk itu semua bahan bisa disesuaikan dengan jenis minuman yang akan dijual. 

Modal Usaha Minuman 5 – 10 Juta Rupiah

Jika memiliki dana sebanyak itu maka kamu bisa membuka usaha minuman berjenis waralaba. Kamu bisa mencoba waralaba So Sweet dimana hanya butuh modal sekitar 7,7 juta dan sudah termasuk segala peralatan yang dibutuhkan.

Selain waralaba tersebut juga masih ada yang lainnya dengan modal kurang dari 10 juta. Dengan menjual produk waralaba ini peluang untuk laris manis semakin mudah karena brand tersebut sudah terkenal di berbagai daerah. 

Dengan modal seperti di atas, kamu bisa mendapatkan gerobak minuman dan bahan lainnya. Jadi untuk peralatan dan bahan tergantung dari waralaba yang dipilih. 

Jika sistem waralaba seperti ini, kamu cukup mencari lokasi yang strategis dan bisa menyewa di tempat tertentu. Sebab penentuan lokasi sangat menentukan laris tidaknya minuman yang dijual

Lebih Dari 100 Juta

Untuk modal 100 juta ke atas, kamu bisa membuat produk racikan sendiri atau mengikuti waralaba. Banyak sekali waralaba yang dapat dipilih dengan modal yang besar dan hasilnya juga memuaskan.

Umumnya waralaba dengan modal tersebut sudah ternama dan mitranya berhasil mendapatkan keuntungan. Salah satu franchise tersebut adalah Coffee Toffee yang bergerak di bidang minuman kopi dan teh. 

Brand di atas sangat dikenal di berbagai tempat dan modal yang diperlukan sekitar 750 juta.Dari modal tersebut, kamu mendapatkan berbagai fasilitas seperti training, dan berbagai peralatan untuk memulai usaha. 

Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan dengan modal diatas 100 juta adalah dengan maklon produk. Jadi kamu bisa membangun pabrik untuk pengolahan serbuk minuman dalam jumlah banyak dengan resep-resep pilihan.

Ragam Ide Usaha Minuman Kekinian

Dengan modal dan berbagai macam jenis minuman, kamu bisa memilih sesuai paket usaha yang ada. Kamu bisa memilih beberapa paket ini dan berikut ulasan selengkapnya:

Menjual Minuman Eceran

Untuk memulai usaha minuman dapat dilakukan dengan cara di ecer di berbagai tempat. Jadi kamu bisa menjualnya di keramaian seperti pasar, alun-alun atau lokasi lain dimana banyak berkumpulnya orang. 

Contoh produk minuman ini seperti jus alpukat yang di dalamnya ditambahkan susu dan es batu. Selain itu bisa juga serbuk minuman seperti Jasjus dan sejenisnya lalu ditambahkan es batu dan yang lainnya. 

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini kurang lebih 300 ribuan dengan tanpa sewa tempat. Modal tersebut bisa bertambah seiring semakin larisnya jualan dari jenis minuman tersebut.

Jualan dengan eceran ini berbeda dengan grosir khususnya dari segi kuantitas. Untuk eceran jualannya hanya satuan sedangkan grosir kuantitasnya lebih banyak dan harga lebih murah

Menjadi agen dan supplier bubuk minuman

Jenis keagenan dan supplier ini banyak dipilih karena tersedia berbagai jenis bubuk minuman. Sehingga kamu bisa memilih sesuai keinginan dan umumnya dijual dengan harga yang cukup murah. 

Modal yang dibutuhkan jika ingin menjadi agen atau suppliernya minimal 3 juta rupiah. Modal ini bisa juga bertambah dan tergantung paket yang dipilih dari setiap usahanya. 

Kelebihan dari keagenan ini kamu akan mendapatkan satu paket serbuk, peralatan dan resep-resepnya. Sedangkan eceran, kamu perlu meracik sendiri dan membeli secara terpisah mulai dari serbuk, gelas, sedotan, dll. 

Sebagai penyemangat, pengusaha yang bergerak di bidang tersebut adalah Rian Hidayatullah dan Astika. Keduanya adalah pemilik usaha Story Tea dan telah memiliki 25 cabang di Jawa, Jambi dan Sumatera. 

Membeli Franchise minuman

Franchise sekarang banyak dipilih karena brandnya yang sudah banyak dikenal di berbagai tempat. Dengan modal tersebut maka minuman yang disajikan punya peluang lebih laris dari yang lain.

Namun untuk memulai usaha tersebut dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Salah satu jenis franchise yang cukup populer sekarang ini adalah Chatime dimana memiliki sedikitnya 50 varian minuman. 

Jika tertarik untuk terjun di minuman jenis franchise ini memerlukan modal minimal 8 juta ke atas. Dari modal tersebut,semua peralatan untuk memulai usaha sudah disiapkan secara lengkap. 

Menjual minuman dengan cara ini kelebihannya potensi untuk laris semakin terbuka lebar. Hal ini karena brand mereka sudah dikenal di Indonesia dan memiliki pelanggan di seluruh negeri. 

Salah satu contohnya adalah Story Tea, Its Milk, Teguk dan beberapa brand ternama lainnya. Hingga saat ini, mereka sudah memiliki banyak cabang di Indonesia khususnya di pulau Jawa. 

Kerjasama dengan Pabrik Maklon Minuman

Maklon minuman merupakan salah satu jenis jasa dalam membuat produk minuman, baik itu berbentuk serbuk maupun cair. Hampir semua produk minuman bisa dibuat oleh pabrik maklon seperti kopi, teh, minuman herbal dan yang lainnya dengan tambahan cita rasa yang berbeda. 

Tidak hanya itu, serbuk minuman yang dihasilkan dijamin kehalalan dan kualitas karena dikerjakan oleh mesin. Kamu bisa memulai menggunakan ini ketika usaha minumannya sudah laris dan punya banyak cabang. 

Salah satu contohnya adalah maklon minuman dari bahan-bahan herbal seperti sayuran, tumbuhan, buah-buahan, dll. Dari semua jenis herbal tersebut nantinya di ekstrak dalam bentuk serbuk.

Banyak sekali jasa maklon minuman yang bisa dipilih dan kapasitasnya cukup besar. Beberapa jasa maklon ini menetapkan minimal order sekitar 5000 botol atau box.

Bila kamu maklon di sini, maka kamu bisa menggunakan tools lacak pemalsuan secara gratis.

Tips dan Cara Menjalankan Usaha Minuman Kekinian

Cara Memulai Usaha Minuman Kekinian Untuk Pemula

Meski sudah dijelaskan tentang paket usaha dan macam-macam minuman, usaha ini tetap membutuhkan tips dan cara. Bagi kamu yang belum mengetahui, berikut tips dan cara menjalankan usaha minuman agar untung besar:

Memulai Usaha Sesuai dengan Kekuatan Modal

Sebagaimana disebutkan di atas, modal untuk mendirikan usaha ini cukup bervariasi. Oleh karena itu sebagai pemula kamu bisa menyesuaikan dengan modal yang ada. 

Kamu bisa memulai dari modal 1 juta – 5 juta terlebih dahulu dan bisa berkeliling ke pasar, alun-alun, dll untuk menjual produk. Dari modal tersebut, kamu bisa membeli gerobak stainless, buah-buahan, cup minuman, sedotan, dll. 

Pada saat pertama kali jualan, kamu bisa memantau dan menganalisis terkait berapa omset yang didapatkan. Jika cukup laris maka kamu bisa menambahkan membeli peralatan atau bahan lainnya.

Ketika usaha tersebut semakin maju maka bisa juga dengan membuka di tempat lain. Cara seperti ini sangat efektif khususnya bagi kamu yang memiliki modal di kisaran 1-5 juta rupiah. 

Jadi cara memulai usaha minuman kekinian dapat dibuat dengan kemasan menarik dan selalu berinovasi. Selanjutnya kamu bisa mempromosikan produk tersebut dan jangan lupa untuk disesuaikan dengan modal.

Memilih Bahan Minuman Berkualitas

Dalam membuat minuman, bahan yang dibuat harus berkualitas agar rasanya tidak mengecewakan pelanggan. Bahan berkualitas akan menentukan kualitas minuman yang nantinya disajikan. 

Misalnya ingin membuat minuman kopi, perhatikan semua jenis kopi dan carilah yang berkualitas. Raciklah minuman tersebut dengan susu pilihan disesuaikan dengan jenis kopi yang dipilih. 

Bahan yang berkualitas memiliki ciri-ciri sudah ada izin edar dari BPOM dan MUI. Proses izin seperti ini prosesnya cukup lama karena perlu dilakukan pengecekan dan memastikan produk ini aman. 

Selain itu, bahan-bahan tersebut memiliki tanggal kadaluarsa dimana tidak bisa digunakan ketika sudah lewat waktunya. Selain masa kadaluarsa, pastikan juga bahan tersebut memiliki komposisi yang aman dan sehat. 

Selalu Berinovasi Membuat Varian Minuman Baru

Usaha minuman kekinian bukan hanya satu dua orang yang menjual tetapi banyak orang. Untuk itu, perlu adanya inovasi dan variasi agar minuman yang kamu sajikan berbeda dari yang lain. 

Untuk itu carilah kelebihan dari jenis minuman yang kamu buat lalu cobalah digabung dengan susu, rempah-rempah, dll. Dengan adanya hal ini akan membuat rasa minuman berbeda dari yang lain dan bisa laris manis. 

Bentuk inovasi ini dapat dilakukan dengan selalu melakukan analisis pasar dan produk-produk baru. Kamu bisa berkreasi dan mencoba memadukan serbuk satu dengan lain untuk menghasilkan rasa yang nikmat.

Jika perlu usaha yang kamu didirikan memiliki ciri seperti kopinya yang enak atau lainnya. Bentuk seperti ini akan banyak menghasilkan profit dan banyak pengundang pengunjung yang banyak. 

Menggunakan Desain Kemasan Minuman yang Menarik

Ketika racikan sudah didapatkan maka gunakan cup yang terlebih menarik dan sesuai dengan nama cafe atau usahanya. Dengan seperti ini maka produk akan lebih cepat laku dan menjadi brand di hati pelanggannya. 

Salah satu caranya adalah pada gelas plastik gunakan bisa dituliskan nama usahanya. Cara seperti ini sangat efektif dan bisa membuat orang tidak pernah lupa dengan minuman khas di tempat kamu. 

Memilih Lokasi Usaha Minuman yang Strategis

Untuk menjalankan usaha minuman tidak cukup minumannya yang enak tetapi lokasi juga harus strategis. Carilah tempat yang penuh keramaian, banyak dilewati kendaraan, dll. 

Namun lokasi ini tidak serta-merta ramai tetapi perlu penyesuaian dengan jenis minuman yang disajikan. Misalnya minuman boba ini lebih cocok dijual untuk anak-anak sekolah tingkat dasar. 

Untuk lokasi strategis lainnya seperti alun-alun, pasar, minimarket atau yang lainnya. Minuman yang dijual di tempat tersebut rata-rata berpotensi mendapatkan keuntungan besar.

Selain di tempat tersebut, minuman ini juga bisa dijual di acara hajatan, nikahan atau moment tertentu. Dari beberapa tempat tersebut maka kesempatan mendapat untung semakin besar. 

Melakukan Promosi Usaha Minuman

Dalam menjalankan usaha minuman kekinian, kamu bisa mempromosikan secara online. Cara ini akan membuat produk yang kamu jual lebih cepat dikenal oleh seluruh masyarakat.

Kamu bisa memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram atau media lainnya. Untuk awal-awal, kamu bisa memberikan diskon terlebih dahulu untuk menarik banyak pelanggan. 

Selain dari media tersebut, kamu juga bisa membuat situs khusus untuk menjual produk. Langkah seperti ini banyak digunakan untuk mempromosikan produk tertentu agar lebih dikenal masyarakat luas.

Bentuk promosi lainnya juga bisa bergabung ke berbagai marketplace ternama di Indonesia. Seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia atau market ternama lainnya di dalam negeri. 

Kesimpulan dan Saran

Secara keseluruhan cara memulai usaha minuman kekinian sangat mudah dilakukan khususnya bagi pemula. Karena baru memulai disarankan untuk menjual dengan modal rendah di kisaran 1-5 juta terlebih dahulu. 

Dengan modal tersebut, kamu bisa mempromosikan lewat sosial media sembari berjualan di pasar, alun-alun atau tempat yang ramai. Jika usaha tersebut semakin ramai maka bisa menambah modal dengan membeli bahan-bahan yang lain. 

Bahkan kamu juga bisa membuka cabang di tempat lain untuk menjual produk tersebut. Lakukan langkah ini secara berulang dan kamu bisa menambah modal ketika jualan tersebut semakin laris.

5/5 - (37 votes)

Ayo Mulai Bisnis Minuman Bersama LPB

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga maklon minuman terbaru. Kami akan berikan harga yang terbaik untuk anda.

Hubungi 081380426001 Hubungi 081262103131
contoh produk maklon minuman
Hubungi kami untuk informasi produk dan penawaran harga maklon terbaru