Mau Usaha Teh Poci Sendiri atau Franchise? Analisa 2022

Usaha teh poci sendiri bisa jadi salah satu pilihan yang menjanjikan di tahun 2022. Jika strategi penjualan kamu sukses, kamu bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Rasanya yang khas dan cara penyajiannya yang berbeda dengan jenis minuman pada umumnya menjadikan minuman ini unik dan estetik.

Dilihat sekilas, kedai teh poci yang semakin menjamur menandakan prospeknya cukup bagus. Selain itu, banyak franchise yang bermunculan bisa menjadi opsi alternatif untuk berinvestasi.

Namun dari banyaknya franchise teh poci yang ada di pasaran, maka perlu cara khusus untuk memilah dan memilih yang terbaik. Harapannya adalah agar bisa balik modal dan bahkan menghasilkan keuntungan berlipat.

Mengingat pentingnya hal itu maka kamu perlu mengetahui berbagai persiapan dan macam-macam teh poci ini. Dengan adanya pengetahuan dasar tersebut, maka kamu bisa lebih menguasai medan dan berinovasi untuk menjual teh poci di berbagai daerah.

Selain itu, kamu juga perlu menetapkan strategi bisnis dan pemasaran produk yang tepat agar usahanya bisa semakin berkembang. Semua keterangan di atas akan dibahas tuntas di artikel ini, yuk simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Teh Poci?

Teh poci adalah salah satu jenis minuman tradisional berbahan daun teh yang disajikan dalam kendi tanah liat berukuran kecil. Kebiasaan minum teh poci ini berasal dari daerah Tegal, Jawa Tengah.

Selain itu, teh poci juga dikenal sebagai merek produk berbahan teh. Kamu bisa menemukan produknya di etalase supermarket dan minimarket, baik itu teh tubruk maupun teh celup.

usaha teh poci

Sejarah Singkat teh Poci

Teh poci juga disebut sebagai teh Slawi dan penyajiannya berbeda dengan yang lain. Teh ini diseduh dalam poci yang bahannya terbuat dari tanah liat kemudian dicampur dengan gula batu dan budaya ini sudah ada sejak abad 17 sebelum masehi.

Jadi pada saat itu, teh ini didatangkan langsung dari Tiongkok karena belum tersedia di Indonesia. Namun pada tahun 1830, teh ini mulai di dijadikan sebagai komoditas utama di perkebunan.

Awal mulainya teh ini berkembangkan pesat di daerah Tegal, Slawi, Brebes dan sekitarnya. Namun seiring berjalannya waktu, teh ini mulai menyebar di berbagai wilayah di Indonesia

Untuk penyajiannya, kerak dari tehnya tidak dibuang karena mampu memberikan aroma teh semakin nikmat. Selain itu, teh ini juga identik dengan minuman yang wangi, kental, sepet, panas, legi dan yang lainnya.

Munculnya media sosial, era viral, Kemudian membuat minuman semakin populer dan merambah ke daerah lain seperti Brebes, Cirebon, Purwokerto dan sekitarnya.

Macam-Macam Teh Poci

Dari penjelasan diatas, teh poci semakin lama semakin berkembangan dan memiliki berbagai macam jenis. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa macam teh poci yang perlu kamu ketahui:

Teh Poci Celup

Salah satu jenis teh poci yang cukup populer hadir dalam bentuk celup. Jenis teh satu ini dikonsep dengan cara dibungkus dalam suatu wadah kemudian diikat dengan benang ke atas.

Dengan model seperti penyajiannya cukup dengan mencelup teh ke air hangat beberapa kali. Teh ini terbagi dalam beberapa varian seperti vanilla, teh hijau, teh asli, dan yang lainnya.

Proses pembeliannya dapat dilakukan dalam 1 pacs dan isinya mulai dari 8 hingga 25 pcs. Untuk harganya juga bervariasi tergantung jumlah pcs dan varian yang dipilih saat dibeli.

Untuk menikmati cita rasa teh yang begitu terasa, kamu bisa membeli dengan jenis teh asli. Teh jenis ini masih tanpa campuran rasa lainnya sehingga aroma dan khas teh poci akan begitu terasa.

Teh Poci Serbuk

Teh poci serbuk berbeda dengan jenis sebelumnya dan bentuknya seperti bubuk. Dengan demikian ketika diseduh, kamu tidak perlu mencelupkan melainkan dengan menakar bubuk tersebut sesuai keinginan.

Untuk jenisnya banyak sekali mulai dari yang merk Teh Poci, Jasmine, Renceng dan yang lainnya. Setiap merek menawarkan dengan harga berbeda, Teh Poci dengan berat 50 gram harganya 4 ribu rupiah.

Sedangkan teh poci merk Jasmine dengan berat 100 gram dijual dengan harga 6.500 rupiah. Sedangkan untuk merk lain juga tidak jauh dari harga yang tertera di atas.

Proses penyajiannya lebih mudah karena cukup menakar bubuk lalu dicampurkan air hangat dan gula secukupnya. Minuman ini sangat tepat jika disajikan ketika sore atau malam hari ditambahkan makanan ringan lainnya.

Teh Poci Tubruk

Teh poci tubruk sekilas hampir sama dengan tengan teh celup sehingga terkadang banyak orang menyamakannya. Padahal keduanya berbeda diman teh tubruk struktur tehnya lebih kasar dari teh celup.

Jadi teh yang awalnya menggulung akan semakin terbuka dan merubah warna air di dalam gelas. Jadi kamu cukup mencampurkan teh dengan air panas dan tanpa melalui proses penyarian.

Bila perlu, kamu bisa menambahkan gula batu agar rasanya begitu nikmat di lidah. Karena perpaduan 3 bagian ini dan ditabrakkan maka minuman ini kemudian dinamakan teh tubruk.

Di Lazada, teh poci jenis tubruk ini dijual dengan harga 8 ribu rupiah dengan berat 80 gram. Cara menyajikannya pun sudah tertera di bungkus sehingga kamu tinggal mengikutinya saja.

Persiapan Memulai Usaha Teh Poci Sendiri

Ketika sudah mengetahui macam-macam teh poci, kamu juga bisa menjadikannya sebagai ladang bisnis. Peluang bisnis minuman teh poci ini masih terbuka lebar dan banyak disukai oleh banyak orang karena rasanya yang khas.

Namun untuk memulai harus dengan persiapan yang matang agar tidak kecewa nantinya. Bagi kamu yang belum mengetahui, berikut beberapa persiapan untuk memulai usaha teh poci sendiri:

Melakukan Perhitungan Modal Dan Keuntungan Usaha Teh Poci

Untuk tahap awal menjual teh poci dengan usaha sendiri dan ilustrasinya dengan modal yang minim. Agar lebih detail, berikut daftar peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk memulai usaha teh poci:

Item
Harga
Cooler Box
450.000
Teko Listrik
35.000
Sodet Kayu
5.000
Centong Es
5.000
Saringan
7.000
Porta 10 Lt
160.000
Arizona 20 Lt
180.000
Meja dan Mesin
5.000.000
TOTAL
5.842.000

Dengan demikian, modal awal untuk menjual teh poci ini kurang lebih 5,9 juta rupiah. Selain perhitungan modal, kamu juga perlu melakukan berbagai analisa lain seperti analisis usaha.

Untuk lebih jelasnya analisis usaha dapat kamu pelajari dari tabel berikut:

Analisis Usaha
Biaya
Modal awal
5.850.000
Penjualan rata-rata per hari
50 cup
Harga jual per cup
5.000
Omset per hari
50 x 5.000 = 250.000
Omset per bulan
30 x 250.000 = 7.500.000

Dari perhitungan di atas jika rata-rata mampu menjual 50 cup per hari maka omset per bulannya 7,5 juta rupiah. Dengan demikian untuk bisa break event point hanya butuh waktu kurang dari 1 bulan.

Namun perhitungan di atas hanya analisa dan hasil pastinya tergantung kemampuan kamu menjual minuman ini. Tetapi jika dihitung paling dasar, anggap saja dalam sehari hanya laku 25 cup.

Jika demikian maka omset perhari yang kamu dapatkan adalah 125 ribu dan dalam sebulan mendapatkan 3,7 juta rupiah. Namun ini semua pasang surut dan tergantung rezeki yang kamu dapatkan perharinya.

Menyiapkan Modal Usaha

Dengan dana atau modal yang disebutkan di atas tentu bukan jumlah yang sedikit. Sehingga kamu perlu mempersiapkan sedini mungkin untuk membeli berbagai keperluan tersebut.

Untuk modal ini, kamu bisa melakukan dengan menabung atau menjual salah satu aset yang jarang digunakan. Misalnya motor, kayu sengon, tanah atau aset lainnya yang nilainya mencapai modal tersebut.

Selain dari menjual aset, kamu bisa meminjam ke saudara, teman atau kerabat yang uangnya banyak. Kamu bisa menjelaskan dengan baik-baik dan memperincinya segala agar lebih mudah dipinjami uang.

Jika tidak kunjung didapatkan, kamu bisa menggadaikan surat tanah atau meminjam uang ke bank. Langkah ini merupakan paling cepat karena proses pencariannya tidak lama dan bisa kamu putar untuk usaha di atas.

Membeli Perlengkapan Jualan Teh Poci

Ketika modal sudah didapatkan, kamu bisa langsung membeli berbagai perlengkapan atau bahan. Kamu tidak harus membeli dalam waktu sehari tetapi bisa juga dengan dicicil dalam beberapa hari.

Usahakan membeli peralatan dalam kondisi bagus dan tidak harus baru selama barang ini masih layak pakai. Namun untuk hasil yang maksimal, kamu bisa membeli peralatan yang baru agar bisa tahan lama.

Namun sebagai alternatif untuk perlengkapan ini bisa juga dengan membeli franchise lain. Cara ini paling mudah karena semuanya sudah ada dan tinggal menjalankan usaha kedepannya.

Namun jika dari sisi tempat kurang menyakinkan, kamu bisa pindah ke lokasi lain yang lebih prospek. Untuk harga franchisenya, kamu bisa melakukan tawar-menawar dan usahakan mendapatkan harga terendah.

Belajar Dari Pengalaman Franchise Teh Poci Terdahulu

Dalam menjalankan usaha cara terbaiknya adalah belajar dari pengalaman orang lain. Kamu bisa mencari orang yang telah sukses menjalankan bisnis franchise dan datangi ke rumahnya.

Kamu bisa meminta tips-tips kepada dia terkait bagaimana agar franchise tersebut bisa sukses dan menghasilkan. Untuk mendapatkan ilmu tersebut tentunya harus secara baik-baik dan tidak cukup sekali dua kali.

Pada intinya kamu perlu cari cara bagaimana meluluhkan hati hingga dia mau membuka diri untuk share ilmu tersebut. Ilmu seperti ini mahal harganya meskipun realita di lapangan bisa berbeda karena tergantung rezeki.

Ketika ilmu itu sudah didapatkan maka kamu bisa terapkan dan hindari lokasi yang sama dari sang guru. Sebab itu hanya akan menjadi pesaing dan ilmu berikutnya tidak akan pernah di share oleh dia.

Tips Membeli Paket Usaha Franchise Teh Poci

Namun bagi kamu yang kurang suka membeli franchise lama maka bisa mencari yang kondisinya baru. Pilihan terkadang bisa dari brand atau ketertarikan calon konsumen di daerah tertentu.

Meski demikian membeli franchise baru ini juga perlu hati-hati dan harus dengan perhitungan yang matang. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan ketika akan membeli franchise:

Mengenal Apa Itu Franchise Teh Poci?

Sebelum membeli paketnya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu franchise yang bahan dasarnya teh ini. Franchise teh poci merupakan salah satu usaha yang di dalamnya ada beberapa pilihan paket teh dengan berbagai variannya.

Dengan memilih franchise ini, penjual akan lebih diuntungkan karena semua peralatan dan bahan disediakan. Sehingga kamu hanya tinggal mencari lokasi yang tepat untuk menjual beragam teh poci tersebut.

Meski berbentuk franchise tidak hanya memiliki modal besar karena ada beberapa yang modalnya kecil. Hal ini tentu bisa menjadi pilihan dimana kamu dapat memiliki sesuai budget yang dipilih.

Selain itu, kamu juga akan dipandu dengan berbagai buku panduan dan berbagai bahan media promosi lainnya. Jadi franchise sangat cocok bagi mereka yang modalnya cukup dan memiliki semangat yang tinggi dan berbisnis

Cek Dan Bandingkan Harga Franchise Teh Poci Dari Tahun Ke Tahun

Tahun
Harga Franchise
2019
Mulai 6,5 juta
2020
Di bawah 10 juta
2021
Di bawah 10 juta
2022
Kurang dari 5 Juta

Dari history harga di atas, franchise teh poci memang lebih cenderung menurun. Hal ini karena dipengaruhi oleh jenis franchise baru yang masuk dan menawarkan paket yang lebih murah.

Targetnya adalah kalangan masyarakat menengah ke bawah agar mereka bisa merasakan keuntungan dari franchise ini. Dengan demikian, kamu bisa menentukan terkait paket mana yang bisa dipilih untuk mempromosikan produknya.

Namun kamu tidak boleh terpaku pada harga franchise tetapi perlu melihat secara global terkait prospeknya ke depan. Dengan cara seperti ini maka kamu akan mendapatkan franchise terbaik dan bisa mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut

Memilih lokasi franchise teh poci terdekat dengan tempat anda tinggal

Umumnya memasarkan produk franchise itu tidak selalu di lokasi yang dekat keramaian. Kota besar seperti Jogja, Surabaya, Bandung, Karawang, Bekasi menjadi target pasar yang menguntungkan.

Bila tinggal di Jogja, maka sebaiknya kamu membeli franchise yg ada di Jogja. Kenapa? Ini dia kelebihannya:

  • Hemat ongkir
  • Konsultasi lebih mudah
  • Target pasarnya sama
  • Bahan-bahan lebih mudah di supply

Proses pemilihan seperti ini sangat penting karena franchise yang satu lokasi akan lebih mudah melakukan konsultasi. Kamu bisa meminta pendapat pemilik waralaba terkait tips dan trik berjualan dan ini bisa datang langsung.

Bukan hanya itu bahan-bahan lebih mudah didatangkan dan tidak ongkos kirimnya lebih murah. Bayangkan saja jika bahannya dari kota lain tentu ongkirnya cukup besar dan ini bisa menambah pada modal.

Membuat Stand Teh Poci Yang Unik dan Menarik

Dalam membuat stand tidak boleh yang modelnya itu-itu saja tetapi harus lebih instagramable. Untuk membuat stand seperti ini, kamu bisa mendekorasi stand dengan mini foto di beberapa bagiannya.

Konsep seperti ini lebih disukai pelanggan dan membuat mereka lebih betah karena bisa melihat foto-foto yang ada. Selain itu, kamu juga memutarkan musik-musik kekinian dengan suara yang tidak terlalu keras.

Selain alunan musik, kamu juga bisa membagikan berbagai merchandise secara gratis. Tentu pembagian ini jika pelanggan membeli minuman dalam jumlah tertentu dan ini juga bagian dari promosi.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuat promosi yang menarik dan mendatangkan banyak orang. Misalnya membuat mini game dan bagi yang berhasil akan mendapatkan minuman secara gratis.

Langkah-langkah di atas bisa kamu konsep sedemikian rupa dan pastikan menarik perhatian konsumen. Proses ini tentu tidak bisa dilakukan secara terus-menerus melainkan dalam beberapa hari saja sehingga lebih fleksibel.

Tips Memasarkan Dan Mengembangkan Usaha Teh Poci

Memiliki usaha teh poci memang perlu dilakukan pengembangan dan memasarkan kepada konsumen yang tepat. Jika sudah demikian maka proses orderan minuman kuantitasnya akan lebih banyak dari sebelumnya.

Namun hal ini sifatnya tidak instan melainkan perlu adanya tips yang jitu agar hasilnya maksimal. Daripada penasaran, berikut beberapa tips dalam memasarkan dan mengembangkan usaha teh poci ini:

Memasarkan Secara Organik Online Di Google Dan Media Sosial

Dalam mengembangkan usaha minuman teh bisa bisa dilakukan secara organik dengan membuat situs pribadi. Pada situs tersebut, kamu bisa membuat tampilannya SEO friendly.

Selain itu, kamu bisa mengisi artikel bermanfaat dan sebisa mungkin masuk di halaman satu pencarian Google. Dengan seperti ini maka kamu jualan minuman teh poci akan naik secara cepat.

Cara lain yang bisa diterapkan selain dengan Google adalah memanfaatkan media sosial. Kamu bisa membuat fanpage kemudian ini dengan konten bermanfaat baik berupa foto atau video.

Kemudian konten tersebut bisa kamu share di beberapa group yang anggotanya mencapai ratusan ribu atau jutaan. Dengan seperti ini maka followernya akan bertambah dan berpotensi menjadi konsumen minuman teh poci

Mengiklankan Stand Di Google Dan Media Sosial

Selain melalui cara organik, kamu juga bisa beriklan di berbagai media termasuk Google. Untuk beriklan di media ini dibutuhkan modal yang tidak sedikit dan menariknya kamu bisa menarget per wilayah.

Misalnya kamu jualan teh poci untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Dengan proses seperti ini maka orang-orang yang akan membeli lebih tertarget dan punya keinginan besar untuk menikmati teh poci.

Tidak hanya Google, ada beberapa media sosial lain yang menyediakan fitur periklanan seperti Facebook dan Instagram. Keduanya ini sangat familiar dan kamu juga bisa menarget calon konsumen sesuai kota tempat mereka tinggal.

Tingkat konversi di media ini sangat tinggi karena setiap orang pasti suka menggunakan sosial media. Dengan demikian ketika kamu beriklan maka orang-orang yang ada di kota tersebut bisa ditarget dengan baik

Membuat Gimmick Pemasaran

Gimmick merupakan salah satu trik pemasaran yang sangat jitu dan mampu mendatangkan calon pelanggan secara cepat. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai perantaranya.

Kamu bisa membuat produk tersebut seperti baru launching kemudian berikan giveaway. Kamu katakan saja jika nanti pemenang akan dipilih dan wajib ngetag 5 orang teman, berkomentar dan share postingan.

Cara seperti ini akan mengundang banyak orang untuk share dan ini menjadi promosi yang efektif. Program seperti ini bisa kamu terapkan setidaknya 1 minggu sekali untuk menarik pelanggan baru.

Bentuk dari gimmick yang lain adalah berani tampil beda dengan bermodalkan kreatifitas yang tinggi. Kamu bisa membuat menu baru yang belum ada sebelumnya dengan nama-nama yang unik dan cukup familiar.

Misalnya teh poci di madu cinta, teh poci cemburuan atau nama-nama lain yang sejenis. Buatlah minuman tersebut terasa berbeda baik dari rasa, penyajian atau hal-hal lain yang terkait.

Menerapkan Program Potongan Harga (Promo Dan Diskon)

Untuk cara memasarkan produk yang lain adalah dengan mengadakan diskon dan promo. Kamu bisa memberikan diskon sesuai keadaan semisal gratis minum teh poci bagi yang puasa Senin dan Kamis.

Selain itu diskon digunakan untuk yang berulang tahun, nama yang unik dan yang lainnya. Untuk diskonnya sebenarnya relatif baik itu 50% atau full gratis dalam setiap pembeliannya.

Sedangkan untuk promo lebih bagusnya diterapkan sesuai volume pembelian dari konsumen. Misalnya setiap membeli teh poci sebanyak 5 cup maka akan mendapatkan gratis 1 cup.

Teknik seperti di atas sangat jitu digunakan untuk bisa mendatangkan calon pelanggan baru. Trik seperti ini sepertinya tidak butuh modal besar untuk promosi tetapi efeknya begitu besar bagi penjualan minuman teh poci.

Penutup

Teh poci memiliki beragam varian yang bisa dipilih dan akan lebih lengkap lagi jika menggunakan franchise. Dalam memilih franchise, kamu bisa mencari lokasi terdekat dan sebisa mungkin mencari yang harganya murah.

Untuk masalah harga sebenarnya fleksibel karena yang terpenting franchise tersebut sesuai dengan target market kamu. Banyak sekali paket yang bisa kamu pilih di berbagai franchise mulai harga terendah hingga tertinggi.

Umumnya paket termurah berkisar di angka 3, 5 juta hingga 5 jutaan dan yang tertinggi mencapai belasan juta rupiah. Semua itu ada kekurangan dan kelebihan dan semua ini dipengaruhi dari kepopuleran dari brand tersebut.

Ketika sudah bergabung, kamu perlu memasarkannya di berbagai media termasuk Google dan media sosial. Kamu bisa menerapkan potongan harga dan membuat gimmick pemasaran yang menarik di sosial media tersebut.

Referensi:

  1. https://www.myjourney.id/cara-usaha-teh-poci-sendiri/
  2. https://www.merdeka.com/jateng/5-fakta-menarik-teh-poci-minuman-khas-tegal-kental-nilai-filosofis-dan-budaya.html
  3. https://www.tokopedia.com/find/teh-poci-celup
  4. https://www.tokopedia.com/tokojayaramah/teh-poci-jasmine-100gr-bubuk-poci-melati-serbuk-100-gr-celup?extParam=ivf%3Dfalse%26src%3Dsearch
  5. https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/franchise-teh-poci/
  6. https://kumparan.com/berita-bisnis/franchise-teh-poci-estimasi-modal-awal-yang-dikeluarkan-dan-cara-memilikinya-1xTGsvXDBl3
  7. https://www.bisnisinside.net/franchise-teh-poci-2020-karawang/
  8. https://franchise-teh-poci-waralaba.business.site/
5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar

Ayo Mulai Bisnis Minuman Bersama LPB

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga maklon minuman terbaru. Kami akan berikan harga yang terbaik untuk anda.

Hubungi 081380426001 Hubungi 081262103131
contoh produk maklon minuman
Hubungi kami untuk informasi produk dan penawaran harga maklon terbaru