Bubuk Green Tea, Sejarah Teh Hijau, Macam & Review Produk Terlaris

Bubuk Green Tea, Sejarah Teh Hijau, Macam & Review Produk Terlaris

Bubuk green tea dijual di supermarket dan minimarket seperti Indomaret. Pabrik maklon minuman jual bubuk green tea kiloan untuk minuman, masker dan makanan (kue). Beberapa supermarket seperti Hypermart, Giant di Makassar & Bandung pun juga jual bubuk green tea.

Pada artikel kali ini, Maklon Minuman Kesehatan akan membahas tentang bubuk green tea mulai dari sejarah hingga review produk bubuk teh hijau terlaris. Anda bisa mengenali jenis-jenis teh hijau dan perbedaan bubuk teh hijau tan bubuk green tea matcha. Yuk simak pembahasan selengkapnya.

Sejarah teh hijau (green tea)

Sejarah teh hijau (green tea) dari China

Tanaman teh hijau atau green tea aslinya berasal dari Cina. Teh hijau digunakan untuk tujuan pengobatan sejak 4000 tahun yang lalu. Pada abad ketiga masehi green tea menjadi minuman harian dengan teknologi penanaman dan pengolahan seperti sekarang ini. China memiliki ratusan jenis teh hijau hingga kini.

Teh hijau diperkenalkan ke Jepang pada masa pemerintahan Nara (710-794), ketika sejumlah biksu Budha megunjungi Cina. Pada saat kembali para biksu tersebut membawa biji Cina dan di tanam di sekitar kuil. Industri teh Jepang mulai berkembang pada tahun 1191. Hal tersebut bermula dari biksu Eisai yang menyebarluaskan penanaman teh daerah lainnya di Jepang karena beliau mendapatkan manfaat dari minum teh untuk kesehatan (madehow.com).

Macam-macam teh hijau Jepang

Macam-macam teh hijau Jepang
Gambar macam-macam teh hijau Jepang

Teh hijau di Jepang diproduksi secara manual dan selanjutnya diproses menggunakan mesin. Beberapa macam teh hijau yang sekarang diproduksi didasarkan pada penanaman dan pengolahan. Berikut beberapa macam teh hijau di Jepang.

Sencha

Sencha adalah jenis teh yang terbuat dari 3 helai daun pucuk teh. Jika terbuat dari 2 helai daun teh teratas, maka teh digolongkan ke dalam kualitas sedang dan tinggi. Jika terbuat dari terbuat dari helai daun ke-3 dari pucuk, maka akan menghasilkan teh kualitas rendah. Di Jepang, 80 persen dari total produksi teh hijau berasal dari jenis Sencha.

Dari penampilannya, secha berwarna hijau gelap dan berbentuk seperti jarum. Proses pembuatan teh Sencha adalah setelah daun teh dipetik, maka dengan segera diuap (steam) selama 30 detik. Hal ini bertujuan untuk mengunci flavor teh. Selanjutnya dilanjutkan dengan proses pengeringan, pengepresan, dan rolling.

Gyokura

Gyokura adalah teh berkualitas tertinggi. Jenis teh ini dibuat dari daun teh yang tumbuh dibawah para-para bambu dengan intensitas cahaya 90%.

Matcha

Matcha terbuat dari dari bahan yang sama dengan teh Gyokura dan berbentuk serbuk (powder). Teh matcha banyak digunakan pada acara jamuan teh.

Bancha

Bancha adalah jenis teh yang berkualitas rendah. Jenis teh ini berasal dari dauh teh tua yang dipetik setelah pemetikan Sencha. Biasanya pemetikan dilakukan pada musim panas (summer).

Houjicha

Houjicha adalah potongan dari teh Bancha yang disangrai (roasted) pada suhu 150 oC. Proses tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya fermentasi dan menghasilkan warna keemasan ketika diseduh.

Kamairicha

Jenis teh kamairicha berasal dari Kyushu utara. Pada awalnya teh disangrai pada suhu 200-300 oC yang selanjutnya didinginkan hingga suhu 100 oC.

Cara penyajian green tea cukup unik. Biasanya disajikan tanpa gula, susu atau lemon. Penambahan bahan tersebut bisa merusaka flavor dan aroma asli teh.

Perbedaan Bubuk green tea dan bubuk teh matcha

Bubuk Green Tea, Sejarah Teh Hijau, Macam & Review Produk Terlaris
Gambar ilustrasi bubuk green tea atau teh hijau

Bubuk green tea dan bubuk teh matcha adalah jenis sajian minuman berbasis teh tersebut sangat mirip. Keduanya terbuat dari daun teh hijau. Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam hal flavor, tekstur, warna dan cara penyajiannya. Anda dapat melihat perbedaan mendasar dari keduanya dalam hal kandungan gizi dan nutrisi. Dilansir dari laman epicmatcha.com, berikut ini perbedaan bubuk green tea dan matcha

Warna

Bubuk teh matcha terlihat lebih berwarna hijau cerah dibandingkan dengan bubuk green tea. Warna tersebut berasal dari tingginya kandungan klorofil. Klorofil adalah jenis polifenol yang powerful.

Rasa

Kebanyakan orang sepakat bila matcha kualitas premium memiliki rasa yang lebih baik dibandingkan green tea. Minuman dari bubuk green tea memang sedikit sepat karena kandungan tannin di dalamnya. Jika anda menggunakan bubuk matcha sebagai sajian dalam sebuah acara, maka pemanis atau gula tidak perlu ditambahkan untuk membuatnya enak (palatable).

Tekstur

Bubuk matcha bertekstur lebih halus dan terasa smooth saat disentuh, seperti bubuk bedak. Bubuk green tea terasa sedikit kasar karena terbuat dari daun yang ditumbuk.

Proses pembuatan

Bubuk matcha dibuat dari daun teh hijau yang terbaik. Daun teh tersebut dipetik manual dengan tangan. Selanjutnya, batang dan urat pembuluh (tulang) daun dibuang. Oleh karena itu wajar jika tekstur bubuk matcha terasa lebih halus dan lembut.

Bubuk green tea dibuat dari daun teh hijau yang dikeringkan dan ditumbuk. Jadi teksturnya memang kalah halus dibandingkan dengan matcha powder.

Produk Bubuk Green Tea Terlaris di Tokopedia

Ketika mencari produk di marketplace Tokopedia dengan kata kunci teh hijau bubuk, maka kami mendapati beranekaragaram merek. Selanjutnya kami sortir pencarian berdasarkan jumlah ulasan. Berikut adalah beberapa produk bubuk green tea yang ditawarkan penjual.

Deef & Lee Pure Matcha Green Tea Powder

Teh bubuk buatan Korea ini dijual dengan harga Rp. 55.000 per pcs. Setiap pcs berbobot 120 gram. Ketika anda membeli produk ini, maka produk akan dikirimkan dari DKI Jakarta oleh Def & Lee Beverages.

Pada bulan februari 2019, penjualan bubuk green tea ini berjumlah 1400 buah. Selain itu, produk ini telah di review dan diberikan testimoni oleh 437 pembeli.

Menurut penjual, produk ini tanpa pengawet dan pewarna makanan dan terbuat dari 100% teh hijau. Anda bisa menggunakan bubuk green tea untuk campuran kue, puding, es krim, pancake dan minuman. Produk ini cocok untuk café, restaurant, keda minuman, cake and bakery. Cek produknya disini.

Junsui Matcha Jepang

jenis teh hijau bubuk matcha

Jinsui bermakna pure atau murni. Jadi teh bubuk green tea Matcha yang dijual adalah murni teh hijau tanpa ada tambahan tepung atau bahan lain. Produk ini dihargai Rp 46.000 per pcs dengan bobot 50 gram per kemasan.

Teh hijau bubuk yang dijual oleh macchaya dari DKI Jakarta ini telah dibeli oleh 1100 pembeli. Selain itu ada 305 review yang diberikan oleh pembeli. Beberapa diantaranya mengatakan bahwa pengeriman cepat dan rasa tehnya enak. Kamu bisa cek produknya di sini.

Oh iya, ada 3 jenis macam matcha yaitu junsui matcha, amai matcha dan chun matcha. Lihat perbedaannya pada gambar berikut ini.

Teh hijau bubuk untuk masker wajah

Selain untuk dicampurkan ke dalam adonan bahan makanan atau minuman, bubuk green tea juga dijual sebagai masker wajah. Produk ini dijual oleh Haruta di Tokopedia.

Harga jual bubuk green tea untuk masker cukup murah. Harga per februari 2019 adalah Rp 10.000 per 55 gram. Di tokopedia, produk ini telah terjual lebih dari 1.100 item.

Ada 135 pembeli yang memberikan review positif. Anehnya meskipun di judul disebutkan masker green tea tetapi penjual menyebutkan bahwa masker wajah tersebut terbuat dari aneka buah dan madu. Anda bisa melihat produknya di sini.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Anda telah membaca ulasan perusahaan maklon minuman tentang apa itu bubuk green tea, sejarah teh hijau, nama dan jenis-jenis teh hijau, perbedaan teh serbuk matcha dan bubuk green tea serta produk green tea terlaris di Tokopedia.

Buat anda yang pengen jualan bubuk green tea dengan merek sendiri, anda bisa menggunakan jasa maklon minuman. Salah satu pabrik maklon minuman terbaik rekomendasi kami adalah PT. Lumbung Pangan Bogor. Anda bisa order aneka minuman bubuk secara custom. Ini adalah salah satu peluang usaha memenangkan kompetisi dengan branding.

Tags: beli bubuk green tea di indomaret, bubuk green tea, green tea di indomaret, harga bubuk matcha di indomaret, sejarah teh hijau

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.