Bisnis

Tips Sukses Memulai Bisnis Minuman Dengan Bahan Matcha Latte

Diterbitkan pada

Telah diupdate pada

Ditulis oleh Purwanto

Disupervisi oleh Melawati, Purwanto

Minuman matcha latte kini tengah naik daun dan menjadi tren di kalangan anak muda. Dengan cita rasa creamy dan aroma teh hijau yang khas, minuman ini sangat digemari banyak orang. Maka tak heran, jika banyak pelaku usaha yang tertarik untuk memulai bisnis minuman dengan bahan satu ini.

Namun sayangnya, banyak dari pelaku usaha yang merasa bingung dan kesulitan saat memulai bisnis ini dari nol, apalagi jika belum memiliki pengalaman berwirausaha sebelumnya.

Nah, untuk Anda yang sedang bingung harus memulai bisnis minuman matcha latte dari mana…jangan khawatir!

Dalam artikel ini, kami akan membagikan tips sukses memulai bisnis minuman dengan bahan matcha latte serta prospek bisnisnya di masa depan.

Untuk itu, yuk simak artikel berikut ini sampai habis ya!

Apa itu Bahan Matcha Latte?

11 Rekomendasi Matcha Powder yang Enak dan Menyehatkan

Credit Image

Bahan matcha latte adalah bubuk matcha yang dicampur dengan susu dan gula untuk membuat minuman yang berwarna hijau dengan rasa yang unik dan lezat.

Matcha latte berasal dari Jepang dan telah menjadi populer di seluruh dunia karena manfaat kesehatannya dan rasanya yang enak.

Sejarah dan asal-usul bahan matcha latte dapat ditelusuri kembali ke zaman dulu di Jepang, di mana minuman ini digunakan dalam upacara teh. Matcha latte dibuat dengan cara menggiling daun teh hijau yang telah dikeringkan menjadi bubuk halus.

Keunikan dan kelebihan bahan matcha latte terletak pada kandungan antioksidannya yang tinggi dan kaya manfaat untuk kesehatan tubuh.

Prospek Bahan Matcha Latte untuk Bisnis Minuman

Pertumbuhan pasar minuman dengan bahan matcha latte semakin pesat di seluruh dunia.

Dilansir mordorintelligence.com, nilai bisnis matcha global diperkirakan akan tumbuh dari USD 3,88 miliar pada tahun 2023 menjadi USD 6,10 miliar pada tahun 2028, dengan CAGR sebesar 9,46% selama periode perkiraan (2023-2028).

Berdasarkan data tersebut, dapat dikatakan bahwa peluang bisnis minuman dengan bahan matcha latte di masa depan juga diprediksi akan terus meningkat. Peningkatan tersebut tentunya diiringi dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan dan gaya hidup sehat.

Matcha latte mengandung antioksidan yang tinggi serta bermanfaat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Kandungan kafeinnya juga cukup tinggi dibandingkan teh hijau biasa. Inilah yang membuat matcha latte digandrungi pebisnis, pekerja kantoran, pelajar/mahasiswa, dan kalangan milenial pada umumnya.

Setelah mengetahui prospek bahan matcha latte untuk bisnis minuman, berikut kami uraikan beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk memulai bisnis minuman matcha latte.

Baca juga artikel kami tentang bisnis franchise teh poci.

Baca juga   Tips Bisnis Minuman Collagen Terbaik untuk Memutihkan Kulit

Tips Memulai Bisnis Minuman Matcha Latte

Tips Sukses Memulai Bisnis Minuman Dengan Bahan Matcha Latte 2

Credit Image

1. Tentukan konsep bisnis minuman matcha latte yang Anda inginkan

Sebelum memulai bisnis minuman matcha latte, Anda perlu menentukan konsep bisnis yang ingin Anda jalankan. Apakah Anda ingin membuka kedai/outlet minuman atau menjual minuman matcha latte secara online melalui platform food delivery?

Jika membuka outlet atau gerai, pilihlah lokasi strategis dengan target market jelas, misalnya dekat kampus untuk menarik kalangan mahasiswa milenial. Anda juga dapat mendesain konsep interior dan dekorasi gerai/kedai yang Instagramable dan menarik untuk kalangan anak muda.

Sedangkan jika online, Anda dapat memanfaatkan sosial media untuk promosi dan akses ke berbagai channel penjualan online.

Dengan konsep bisnis matcha latte yang jelas dan terarah, prospek keberhasilannya bisa semakin terbuka lebar.

2. Siapkan modal untuk memulai bisnis minuman matcha latte

Untuk memulai bisnis minuman matcha latte, Anda perlu menyiapkan modal yang cukup. Modal ini akan digunakan untuk membeli peralatan, bahan baku, dan menyewa tempat usaha (jika diperlukan).

Jika diasumsikan bisnis minuman matcha latte akan dijalankan secara offline, dengan cara membuka outlet di sebuah ruko. Maka secara sederhana, rincian modal yang perlu Anda persiapkan adalah sebagai berikut:

  • Modal untuk menyewa tempat usaha
Item
Nominal
Keterangan
Biaya sewa ruko per tahun
Rp 6.000.000
Rp 500.000 x 12 bulan
Jumlah biaya sewa tempat
Rp 6.000.000
 
  • Modal untuk membeli peralatan dan perlengkapan
Item
Nominal
Keterangan
Blender
Rp 400.000
Biaya pembelian 1 mesin blender
Cooler box
Rp 300.000
Biaya pembelian 1 cooler box
Gelas/cup minuman
Rp 300.000
Biaya pembelian gelas dan cup minuman
Furniture ruko
Rp 1.500.000 
Biaya pembelian beberapa furniture ruko (meja, kursi, hingga hiasan ruko)
Jumlah biaya pembelian peralatan dan perlengkapan
Rp 2.500.000
 
  • Modal untuk membeli bahan baku
Item
Nominal
Keterangan
Matcha powder Jepang
Rp 2.500.000
Biaya pembelian bubuk matcha latte 1 kg
Gula, Sirup, Susu
Rp 300.000
Biaya pembelian gula, sirup, dan susu cair fullcream
Topping
Rp 300.000
Biaya pembelian topping minuman matcha (boba, nata de coco, almond slice)
Jumlah biaya pembelian bahan baku
Rp 3.100.000
 

Berdasarkan perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa total keseluruhan modal yang perlu Anda persiapkan untuk memulai bisnis minuman matcha latte adalah sekitar Rp 11.600.000.

Berikut kami sajikan tabel rincian lengkapnya.

Item
Nominal
Biaya sewa tempat
Rp 6.000.000
Biaya pembelian peralatan dan perlengkapan
Rp 2.500.000
Biaya pembelian bahan baku
Rp 3.100.000
Total biaya keseluruhan
Rp 11.600.000

3. Cari supplier bahan matcha latte terbaik

Untuk membuat minuman matcha latte yang enak dan berkualitas, Anda perlu mencari supplier bahan matcha latte terbaik. Pastikan bahan yang Anda gunakan berkualitas dan sesuai dengan standar kesehatan.

Agar mendapatkan supplier bubuk matcha terbaik, ada beberapa hal perlu Anda pertimbangkan. Apa saja sih hal-hal tersebut?

Nah, berikut hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam mencari supplier bubuk matcha terbaik untuk bisnis minuman Anda, di antaranya yaitu:

  • Pilihlah supplier dan merek matcha powder asli dari Jepang untuk menjamin originalitas cita rasa.
  • Pilihlah jenis matcha powder grade premium atau special grade dengan kualitas dan kepekatan warna hijau daun teh yang baik.
  • Bandingkan beberapa supplier untuk mendapatkan harga yang paling terjangkau dengan kualitas terbaik. Bandingkan juga sistem pembayaran COD/non COD, minimum order, dan ongkos kirim dari beberapa supplier tersebut.
  • Perhatikan reputasi dan ulasan dari pelanggan sebelumnya tentang produk dan pelayanan supplier agar terjamin kualitas serta layanannya.
  • Pastikan supplier bisa memberikan garansi penggantian barang jika terjadi ketidaksesuaian kualitas.
  • Utamakan supplier yang bisa memberikan potongan harga untuk pembelian dalam jumlah banyak/borongan.
  • Pastikan matcha memiliki label halal dan sertifikat BPOM sesuai standar keamanan pangan.
Baca juga   Minuman Kolagen Lokal & Cara Terbaik Memulai Bisnisnya

Dengan mencari supplier bahan berkualitas terbaik, tentu akan berdampak pada cita rasa bisnis minuman matcha latte yang Anda jalankan.

4. Tentukan jenis minuman matcha latte yang akan dijual

Resep Matcha Bubble Tea | Endeus.TV

Credit Image

Tentukan jenis minuman yang ingin Anda jual dan pastikan Anda memiliki resep yang enak dan unik. Ada beberapa jenis minuman matcha latte yang bisa Anda jual, seperti hot matcha latte, iced matcha latte, boba matcha latte, dan lain-lain.

Pastikan Anda memiliki resep rahasia khas yang enak dan berbeda dari kompetitor. Salah satu tips membuat matcha latte terenak adalah menggunakan matcha powder ceremonial grade Top Quality yang langsung diimpor dari Jepang.

Kemudian, jangan lupa untuk kemas dan sajikan minuman matcha latte tersebut semenarik mungkin. Misalnya, dengan menggunakan gelas/cup transparan berdesain Instagrammable lengkap dengan sedotan cantik.

Pemilihan set minuman matcha latte yang menarik ini bisa menarik pelanggan untuk ikut berfoto dan mengunggahnya di media sosial, loh… Hal ini tentu saja akan berdampak positif pada popularitas bisnis minuman Anda.

5. Promosikan bisnis minuman matcha latte secara efektif 

5 Manfaat Media Sosial Dalam Pengembangan Bisnis

Credit Image

Salah satu platform yang dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan bisnis minuman matcha latte adalah sosial media, seperti Facebook, Tiktok, hingga Instagram.

Anda dapat mengoptimalkan penggunaan media sosial tersebut dengan konten yang menarik dan konsisten – upload foto/video proses pembuatan matcha latte, manfaat matcha, varian menu, hingga testimoni dari pelanggan. Pastikan untuk memposting secara rutin agar akun media sosial bisnis Anda selalu update.

Selain itu, Anda juga dapat menawarkan potongan harga (diskon) dan promo menarik untuk pelanggan baru. Strategi ini dapat menarik minat followers media sosial Anda untuk mencoba produk matcha latte sekaligus membangun customer base sejak awal.

Anda bisa memberikan promo berupa potongan 10-20% untuk pembelian pertama atau cashback menarik bagi pelanggan baru.

Nah itulah, 5 tips memulai bisnis minuman matcha latte. Selanjutnya, dalam menjalankan bisnis ini, terdapat beberapa tantangan yang harus Anda hadapi. Apa saja sih tantangan tersebut? Berikut uraian lengkapnya…

Tantangan dalam Bisnis Minuman Matcha Latte

Resep Minuman Matcha, Rasanya Mirip dengan Starbukcs!

Credit Image

Tantangan dalam bisnis minuman matcha latte termasuk persaingan bisnis yang semakin ketat, menjaga kualitas dan konsistensi produk matcha latte, dan menyesuaikan dengan tren dan permintaan pasar.

Baca juga   Apa itu Minuman Kekinian? Ide Nama Usaha & Cara Jualan

1. Persaingan bisnis minuman matcha latte yang semakin ketat

Persaingan bisnis minuman matcha latte semakin ketat karena semakin banyaknya pesaing bisnis yang menjual minuman serupa.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan inovasi dan terus meningkatkan kualitas produk agar bisnis yang Anda jalankan dapat bersaing dengan baik. Beberapa contoh inovasi yang dapat Anda lakukan yaitu:

  • Menyediakan varian rasa matcha latte yang unik dan berbeda dari pesaing, seperti matcha latte rasa buah, campuran rempah, atau bubuk coklat.
  • Memvariasikan minuman matcha dengan boba atau jelly agar penampilannya lebih menarik.
  • Tambahkan whipped cream atau saus karamel untuk memberikan rasa dan tekstur yang lebih kaya pada matcha latte.
  • Gunakan gelas atau cangkir yang unik atau menarik untuk memberikan tampilan yang menarik pada matcha latte.
  • Membuat latte art pada permukaan matcha latte. Latte art dapat membuat minuman Anda terlihat lebih menarik dan unik.

2. Menjaga kualitas dan konsistensi produk matcha latte

Kualitas dan konsistensi produk matcha latte harus dijaga dengan baik agar pelanggan merasa puas dan kembali lagi untuk membeli. Pastikan selalu menggunakan bahan berkualitas tinggi dan mengikuti resep yang telah ditentukan. 

Agar konsistensi rasa pada minuman matcha latte tetap terjaga, Anda juga dapat membuat buku resep standar (SSOP) yang terperinci mulai dari takaran, proses penyeduhan, hingga prosedur penyajian matcha latte. Kemudian, ajarkan SSOP tersebut ke semua barista dan pastikan mereka konsisten menerapkannya setiap hari.

Selain produk, kebersihan dan kenyamanan outlet juga penting diperhatikan, seperti keramik dan peralatan yang steril, pendingin ruangan, musik yang relax, dan pelayanan yang ramah. Hal tersebut juga turut mendukung kepuasan pelanggan secara keseluruhan. 

Dengan mengedepankan kualitas, konsistensi, dan pelayanan yang baik, bisnis minuman matcha latte Anda dapat terus tumbuh dan memiliki basis pelanggan yang loyal.

3. Menyesuaikan dengan tren dan permintaan pasar

Tren dan permintaan pasar terus berubah sehingga perlu menyesuaikan produk dan strategi bisnis dengan tren dan permintaan pasar yang ada.

Anda dapat melakukan riset dan survei secara berkala kepada pelanggan untuk mendapatkan insight terkini tentang preferensi mereka terhadap minuman matcha latte.

Misalnya, apakah saat ini konsumen lebih tertarik rasa matcha latte yang plain (original) atau diinovasi dengan varian rasa unik seperti buah berry, jahe, atau rempah. Selain survei, Anda juga dapat memantau tagar dan cuitan terkini di media sosial untuk menangkap tren terbaru.

Dengan senantiasa mengikuti tren dan permintaan pasar, bisnis Anda dapat terus tumbuh secara berkelanjutan dan menjadi market leader di industri minuman matcha latte.

Kesimpulan

Resep Dalgona Matcha Latte, Minuman Kekinian Pengganti Kopi

Credit Image

Bisnis minuman matcha latte memiliki prospek yang cukup menjanjikan karena semakin banyaknya orang yang menyukai minuman ini.

Untuk sukses dalam bisnis ini, perlu memperhatikan beberapa tips seperti menentukan konsep bisnis yang tepat, menyiapkan modal yang cukup, memilih supplier yang terpercaya, menentukan jenis minuman matcha latte, hingga mempromosikan bisnis secara efektif.

Dalam menjalankan bisnis minuman dengan bahan matcha latte ini, terdapat beberapa tantangan yang perlu Anda hadapi, diantaranya yaitu persaingan yang semakin ketat, menjaga kualitas dan konsistensi produk, serta menyesuaikan dengan tren dan permintaan pasar.

Namun, dengan kerja keras dan inovasi, bisnis minuman matcha latte dapat sukses dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Sekarang, Anda telah mengetahui tips sukses memulai bisnis minuman dengan bahan matcha latte serta prospek bisnisnya di masa depan. Selanjutnya, yuk baca juga artikel kami tentang bubuk minuman matcha.

post

Slamet Purwanto adalah seorang praktisi SEO berpengalaman untuk mengoptimalkan visibilitas website atau brand di search engine. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengalamannya sebagai peneliti di sebuah lembaga riset terkemuka di IPB (Institut Pertanian Bogor) dan dosen pengajar di kampus swasta di Ponorogo, dia berhasil mengimplementasikan pengetahuan akademis ke dalam praktik SEO yang sesuai panduan Google.

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk konsultasi produk dan informasi penawaran harga maklon terbaru