Bisnis

Berbagai Minuman Serbuk Instan yang Berpotensi untuk Usaha

Diterbitkan pada

Telah diupdate pada

Ditulis oleh Melawati

Disupervisi oleh Melawati, Purwanto

minuman serbuk instan

Anda harus tahu jika banyak orang yang mulai tertarik untuk merintis bisnis minuman serbuk.

Akan tetapi, kebanyakan dari mereka masih bingung dalam memilih peluang usaha minuman serbuk jenis apa yang paling potensial dan menguntungkan.

Akibatnya, banyak dari mereka yang akhirnya gagal karena memilih jenis minuman serbuk yang kurang diminati di pasar atau strategi bisnis yang digunakannya keliru, sehingga rugi dan akhirnya gulung tikar.

Di dalam artikel ini, kami akan menjelaskan aneka minuman serbuk, mulai dari minuman serbuk instan, minuman serbuk sachet hingga minuman serbuk kesehatan.

Selain itu, kami juga akan menjelaskan mengenai aneka bahan dan usaha dalam minuman serbuk. 

Yuk, baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

Aneka Minuman Serbuk untuk Usaha

Minuman Serbuk Instan

minuman serbuk instan

Minuman serbuk instan adalah jenis minuman yang berbentuk serbuk yang mudah untuk disajikan dan tidak memerlukan banyak waktu untuk persiapannya.

Menurut Permata dan Sayuti (2016), waktu larut minuman serbuk instan di dalam air yaitu 60,17 detik.

Biasanya minuman ini sudah dicampur dengan gula dan bahan-bahan lainnya, sehingga Anda tinggal menambahkan air panas atau dingin saja.

Minuman serbuk instan sangat cocok untuk usaha di berbagai tempat, seperti warung, kantin, kafe, restoran, atau hotel karena minuman ini praktis, ekonomis, dan mudah disimpan.

Beberapa contoh produk minuman serbuk instan yang populer di pasaran, antara lain kopi instan, teh instan, coklat instan, dan susu instan.

Minuman Serbuk Sachet

minuman serbuk sachet

Minuman serbuk sachet merupakan jenis minuman yang berisikan bubuk halus instan siap saji yang dikemas dalam kemasan sachet yang praktis dan ekonomis.

Untuk membuat minuman serbuk sachet, Anda hanya perlu mencampurkan satu sachet minuman serbuk dengan air panas atau dingin, kemudian tambahkan es batu, gula, susu, atau bahan tambahan lainnya sesuai kreasi Anda.

Minuman serbuk ini cocok untuk dijadikan sebagai peluang usaha baru di industri aneka minuman serbuk.

Hal itu karena selain kemasannya yang praktis dan ekonomis, minuman serbuk dengan kemasan sachet juga ringan dan tahan lama yang memudahkan distribusi dan penyimpanannya.

Selain itu, minuman ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu harga yang terjangkau, menguntungkan, tersedia dalam berbagai varian rasa dan warna, serta cocok untuk segala usia dan selera.

Beberapa contoh varian rasa minuman serbuk sachet yang populer di pasaran, antara lain coklat, mangga, lemon, strawberry, melon, jeruk, teh, dan kopi.

Minuman Serbuk Organik

minuman serbuk organik

Minuman serbuk organik adalah minuman serbuk yang terbuat dari bahan-bahan organik atau alami tanpa bahan kimia, seperti bahan pengawet, pewarna, atau pemanis buatan.

Minuman ini sangat sesuai dengan gaya hidup modern yang mengutamakan kesehatan (Suyanto, 2016) dan kepedulian terhadap alam.

Selain itu, minuman serbuk organik juga mudah disajikan, praktis, sehat, dan lezat. Oleh sebab itu, minuman bubuk organik cocok untuk dijadikan peluang usaha.

Contoh produk-produk minuman serbuk organik yang beredar di pasaran, yaitu:

  • Teh hijau organik
  • Kopi organik
  • Coklat organik
  • Jahe organik
  • Kunyit organik

Minuman serbuk kekinian

minuman serbuk kekinian

Minuman serbuk kekinian adalah jenis minuman dalam bentuk bubuk instan dengan cita rasa unik dan kekinian yang sedang viral sesuai tren masa kini.

Minuman serbuk kekinian sangat cocok untuk usaha karena minuman ini mudah dibuat, hemat biaya, disukai banyak orang (Lazada), serta memiliki berbagai rasa, warna, dan tekstur yang menarik dan lezat.

Baca juga   Berbagai Minuman Dengan Gula Bubuk yang Cocok Untuk Bisnis

Selain itu, kemasan serbuk minuman kekinian biasanya dibuat semenarik mungkin dengan warna-warna yang cerah agar terlihat instagenic.

Beberapa contoh minuman serbuk kekinian adalah bubble tea, cappuccino, matcha latte, green tea, karamel latte, taro, milkshake dan mocktail.

Minuman Serbuk Tradisional

minuman serbuk tradisional

Credit Image

Minuman serbuk tradisional adalah minuman serbuk yang terbuat dari bahan-bahan alami dan biasanya memiliki cita rasa khas daerah tertentu.

Bahan-bahan alami yang biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minuman serbuk jenis ini, yaitu jahe, kunyit, sereh, daun sirih, temu lawak, maupun kayu manis.

Minuman ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan imunitas, menghangatkan tubuh, meredakan batuk dan pilek, dan membantu pencernaan.

Selain itu, bubuk minuman tradisional banyak diminati karena memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi.

Maka dari itu, minuman serbuk tradisional cocok untuk Anda yang ingin berbisnis. Berikut contoh-contoh produk minuman serbuk tradisional yang ada di pasaran, antara lain:

  • Wedang jahe
  • Bajigur
  • Bandrek
  • Wedang uwuh

Minuman Serbuk Jadul

minuman serbuk instan

Credit Image

Minuman serbuk jadul adalah jenis minuman dalam bentuk bubuk yang memiliki cita rasa nostalgia yang pernah populer pada masa lalu atau era 80-90an.

Formula dan proses produksi minuman bubuk ini menggunakan bahan-bahan alami yang berkualitas dengan teknik pencampuran modern, akan tetapi tetap mempertahankan cita rasa asli yang nostalgic.

Kemudian, kemasannya pun dibuat semi-retro dengan desain dan tipografi khas jadul untuk mengenang masa lalu yang mengusung konsep memberi nostalgia indah lewat rasa dan kemasan jadul.

Minuman serbuk jadul akan banyak disukai oleh generasi tahun 80-90an yang ingin mengenang masa kecilnya. Maka dari itu, serbuk minuman jadul cocok menjadi peluang usaha.

Beberapa contoh minuman serbuk jadul yaitu serbuk es campur, bubuk tape ketan, susu cap badak, hingga serbuk es buah seperti es teler atau cendol.

Minuman Serbuk Kesehatan

minuman serbuk untuk kesehatan

Minuman serbuk kesehatan adalah jenis minuman yang memiliki bentuk serbuk yang diformulasikan khusus untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Biasanya bahan-bahan yang digunakan dalam formulasi tersebut berasal dari buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah yang kaya akan nutrisi dan antioksidan (Merdeka.com, 2012).

Minuman serbuk kesehatan umumnya dikemas dalam sachet sekali saji agar mudah dibawa dan diolah serta label kemasan yang mencantumkan kandungan gizi dan manfaat kesehatannya.

Tentunya minuman serbuk kesehatan berpeluang untuk menjadi usaha  yang menjanjikan.

Beberapa contoh varian minuman serbuk kesehatan di pasaran, terdiri dari  jus buah, jus sayur, smoothie, serbuk jahe, kunyit asam, dan temulawak.

Aneka Bahan Minuman Serbuk

Krisantemum

krisantemum

Krisantemum atau dalam bahasa Inggris chrysanthemum merupakan jenis tanaman bunga yang berasal dari Cina dan Jepang.

Tanaman bunga ini dapat diolah menjadi bahan campuran untuk membuat minuman serbuk dengan cara dikeringkan terlebih dahulu yang kemudian diambil ekstrak atau bubuk bunganya tersebut.

Krisantemum yang diolah akan menghasilkan rasa dan aroma khas bunga dengan sedikit pahit namun menyegarkan.

Bunga krisantemum mengandung beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, mulai dari protein, kalsium, magnesium, zat besi, kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan folat.

Dilansir dari Alodokter (2020), krisantemum memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti:

  • Meringankan sakit tenggorokan
  • Mengobati osteoporosis
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Meredakan demam
  • Mengontrol gula darah

Lemon

lemon

Lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh (Trisnawati dkk, 2019).

Selain itu, lemon juga mengandung asam sitrat, kalsium, fosfor, zat besi, serat serta minyak atsiri (Indriani dkk, 2015).

Berkat kandungan asam sitrat dan rasa asam manisnya, lemon sangat cocok untuk diolah menjadi aneka minuman serbuk seperti lemon tea, lemon squash, lemonade bubuk, dan campuran smoothies.

Asam dan aroma khas lemon yang kuat tersebut membuat cita rasa minuman jadi terasa lebih segar sekaligus berkhasiat.

Baca juga   Jenis-jenis Minuman Serbuk dan Peluang Bisnisnya di Pasaran

Selain menyegarkan, minuman serbuk yang menggunakan bahan lemon juga baik untuk membantu mencerahkan kulit, mencegah sakit jantung, dan menurunkan berat badan (Halodoc, 2023).

Coklat

coklat

Coklat merupakan komoditas pertanian yang berasal dari biji pohon kakao.

Biji kakao tersebut kemudian difermentasi, dipanggang, dihaluskan hingga menjadi lelehan coklat yang memiliki warna coklat kehitaman dengan cita rasa dan aroma khasnya.

Dikutip dari Halodoc (2022), kandungan nutrisi yang terdapat di dalam coklat yaitu protein, lemak, karbohidrat, kalori, zat besi, seng, magnesium, dan serat makanan.

Selain kaya akan kandungan nutrisi, coklat juga dapat memperbaiki mood, menghambat penuaan, meningkatkan daya pikir, dan mengurangi resiko kanker (Kementerian Kesehatan, 2022).

Dengan kandungan nutrisi dan manfaat yang terdapat di dalam coklat, maka coklat sering dijadikan dijadikan sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan aneka minuman serbuk.

Minuman serbuk yang mengandung bahan coklat sangat cocok untuk dikonsumsi oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa.

Hal itu karena coklat pada minuman serbuk menawarkan rasa yang lezat, manis, dan aromatik.

Beberapa contoh minuman serbuk yang menggunakan bahan baku coklat, seperti susu coklat, milkshake coklat, hot chocolate mix powder, maupun matcha latte.

Teh

teh

Teh merupakan salah satu bahan untuk membuat minuman serbuk yang berasal dari tanaman teh (Camellia sinensis).

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam teh, yaitu polifenol, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E (Kementerian Kesehatan, 2022).

Teh juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan jantung, membuat kulit lebih sehat, menurunkan resiko diabetes, dan melawan radikal bebas.

Tahukah Anda jika teh memiliki cita rasa yang khas yang membuatnya sangat cocok diolah menjadi bahan dasar aneka minuman serbuk, seperti milk tea, thai tea, green tea latte, matcha tea, lemon tea, teh susu, hingga teh tarik.

Teh yang akan dijadikan sebagai bahan dasar tersebut akan dikeringkan terlebih dahulu dan kemudian baru dihaluskan.

Susu

susu

Susu merupakan cairan bergizi yang memiliki warna putih dan berasal dari hewan mamalia, seperti sapi, kambing atau kerbau.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam susu cukuplah banyak, seperti protein, kalsium, fospor, vitamin A, vitamin B, vitamin D, kalium, dan serat (Alodokter, 2020).

Kemudian, susu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu menjaga kesehatan tulang, menunjang tumbuh kembang anak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan fungsi otak (Alodokter, 2020).

Oleh sebab itu, susu sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan dasar atau campuran dalam pembuatan minuman serbuk.

Pengunaan susu dalam pembuatan minuman serbuk dapat memberikan cita rasa tambahan yang gurih dan creamy yang tentunya menambah kenikmatan dari minuman serbuk tersebut.

Selain itu, susu juga mudah larut di dalam air panas atau dingin, sehingga tidak akan menggumpal. 

Bagaimana Mulai Usaha Minuman Serbuk?

Membuka Toko Sendiri

toko

Membuka toko sendiri adalah salah satu potensi usaha yang dapat menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan untuk entrepreneur pemula.

Usaha tersebut dapat berupa toko fisik yang menjual aneka minuman serbuk, mulai dari bubuk kopi, teh, coklat, herbal hingga minuman kekinian seperti boba dan teh tarik.

Selain menjual, toko minuman serbuk dapat juga menyediakan mesin dispenser dan gelas sekali pakai untuk konsumen yang ingin mencoba minum langsung di tempat. Hal itu dapat meningkatkan penjualan berulang.

Walaupun begitu, risiko dari membuka toko sendiri adalah modal yang dibutuhkan lebih besar dan persaingan yang lebih ketat dengan pesaing lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda harus mempersiapkan semuanya dengan baik terlebih dahulu, seperti modal yang cukup, lokasi yang strategis, menentukan jenis minuman serbuk yang akan dijual, dan memperhatikan kualitas produk.

Berjualan Secara Online

online marketing

Berjualan secara online adalah salah satu potensi usaha yang dapat Anda hasilkan dari bisnis minuman serbuk.

Baca juga   Kenali Bubuk Charcoal yang Dapat Digunakan Untuk Ide Usaha

Saat ini, platform online shop seperti Shopee, Tokopedia dan Lazada semakin diminati oleh konsumen sebagai tempat untuk melakukan jual beli aneka produk, salah satunya aneka minuman serbuk.

Apalagi biaya untuk membuka toko online juga relatif lebih murah ketimbang dengan membuka toko fisik dan pasarnya jauh lebih luas lagi.

Namun, apabila Anda memilih untuk berjualan secara online, maka terdapat risiko yang perlu Anda ketahui dari hal tersebut yaitu persaingan yang lebih ketat dan pengiriman produk yang memerlukan biaya tambahan.

Maka dari itu, saat Anda memilih untuk berjualan minuman serbuk secara online, maka Anda harus membuat toko yang menarik, memperhatikan kualitas produk, memberikan pelayanan yang optimal, dan memperhatikan strategi pemasaran.

Kerjasama dengan Cafe dan Hotel

diskusi bisnis

Terakhir, kerjasama dengan cafe dan hotel adalah salah satu peluang bisnis yang bisa dihasilkan dari bisnis minuman serbuk.

Produk-produk minuman serbuk pasti sangat dibutuhkan oleh cafe dan hotel sebagai bahan dasar pembuatan minuman yang cepat dan praktis.

Dengan begitu, saat Anda menjalin kerjasama dengan cafe dan hotel, maka Anda telah membentuk pasar dan memperkuat branding produk minuman serbuk.

Namun, risiko dari kerjasama dengan cafe dan hotel adalah harga jual yang lebih rendah dan persaingan yang lebih ketat dengan pemasok lain yang ingin melakukan kerjasama dengan pihak cafe dan hotel.

Ada beberapa hal yang dapat ada lakukan saat memulai bisnis kerjasama dengan cafe dan hotel, yaitu mencari cafe dan hotel yang cocok dengan jenis minuman serbuk yang Anda jual, menawarkan harga yang kompetitif, dan memperhatikan kualitas produk.

Mengapa Minuman Serbuk Dapat Menjadi Peluang Usaha yang Menguntungkan?

Permintaan yang Tinggi

penerapan bisnis

Dilansir dari Future Market Insight, nilai pasar minuman serbuk telah mencapai 10 miliar dolar pada tahun 2022 dan diperkirakan akan terus meningkat dengan CAGR 3-4% selama periode tahun 2022 – 2030.

Permintaan akan minuman serbuk yang semakin tinggi karena didorong oleh gaya hidup yang semakin sibuk dan menginginkan kepraktisan.

Disamping itu, minuman serbuk juga lebih mudah disimpan dan memiliki masa simpan yang lebih lama dibandingkan minuman yang lain.

Potensi Keuntungan yang Besar

peningkatan bisnis

Bisnis minuman serbuk memiliki potensi keuntungan yang cukup fantastis karena memiliki margin laba yang besar mencapai 30-40% bahkan dapat lebih dari setiap produk yang terjual.

Hal ini dapat terjadi karena bahan baku pembuatannya seperti gula, susu bubuk, kopi dan perasa yang relatif murah.

Sementara, nilai jual dari minuman serbuk cukup tinggi di pasaran, mulai dari puluhan hingga jutaan per kemasan.

Selain itu, bisnis minuman serbuk juga memiliki pasar yang luas dan terus berkembang. dari tahun ke tahun.

Dengan keuntungan puluhan ribu per harinya dikalikan omset bulanan, maka bisnis minuman serbuk ini selalu menjanjikan keuntungan yang besar dengan modal yang minim.

Kemudahan dalam Produksi dan Distribusi

Berbagai Minuman Serbuk Instan yang Berpotensi untuk Usaha 19

Proses produksi minuman serbuk tergolong cukup mudah dilakukan karena sebagian besar prosesnya sudah menggunakan mesin otomatis dan tinggal mencampur bahan dasarnya pembuatan minuman serbuk tersebut.

Selain itu, dengan berat produk minuman serbuk yang ringan dan bentuknya yang sama dalam kemasan, maka proses distribusi dan logistiknya juga lebih mudah serta hemat biaya transportasi dibanding produk konsumsi lainnya.

Minuman serbuk yang dikemas dalam standing pouch, kantong plastik maupun sachet juga akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak dibanding dengan minuman cair.

Jadi, faktor kemudahan dalam produksi hingga distribusi inilah yang mendukung minuman serbuk dapat dijalankan sebagai bisnis yang sangat menguntungkan dan praktis untuk pemula sekalipun.

Kesimpulan

Berbagai Minuman Serbuk Instan yang Berpotensi untuk Usaha 21

Minuman serbuk memiliki banyak jenis, mulai dari minuman serbuk instan, minuman serbuk organik, minuman serbuk tradisional, hingga minuman serbuk kesehatan.

Tentunya, berbagai jenis minuman serbuk tersebut sangat menjanjikan untuk dijadikan sebagai ide usaha baru di era modern ini.

Salah satu alasan mengapa produk ini semakin diminati oleh konsumen adalah karena praktis dan bergizi.

Selain itu, proses produksi dan distribusi yang mudah serta keuntungan yang besar juga menjadi daya tarik untuk para entrepreneur bahkan yang pebisnis baru untuk menerapkan bisnis minuman serbuk ini menjadi lebih mudah menggunakan jasa maklon minuman.

post
Hubungi kami untuk konsultasi produk dan informasi penawaran harga maklon terbaru