Prospek Bisnis Bubuk Boba & Cara Menjalankan Usahanya

Usaha minuman boba masih sangat menjanjikan di Indonesia. Lihat saja gerai boba yang merajalela di pinggir jalan.

Karena mampu menghasilkan keuntungan yang berlipat, maka tren bisnis minuman ini semakin naik dan peminatnya kian hari juga bertambah.

Bahkan keberadaan bubuk boba disambut baik di Indonesia karena ketika diolah teksturnya kenyal dan cocok dengan lidah. Maka dari itu, bubuk ini disukai oleh semua kalangan khususnya anak-anak muda.

Meski demikian, kamu perlu memahami tips serta memilih brand mana yang cocok untuk jualan. Hal ini mengingat penjual boba yang semakin banyak sehingga persaingan tergolong ketat.

Pengetahuan hal seperti ini sangat penting diketahui agar bisa segera break even point dan meraup keuntungan. Jika kamu tertarik untuk mendalaminya, artikel ini membahas secara tuntas akan hal ini sehingga yuk simak ulasanya.

Apa itu Bubuk Boba?

bubuk boba adalah

Bubuk boba merupakan jenis topping atau isian minuman yang terbuat dari bahan tepung tapioka berbentuk bulat (butiran, bola). Banyak minuman kekinian dingin, seperti susu dan teh, yang menggunakan boba sebagai isiannya.

Boba disebut juga dengan istilah tapioca pearl. Umumnya, boba ditambahkan sebagai topping dan campuran pada berbagai minuman seperti teh, susu dan beberapa jenis minuman kekinian lain.

Menurut salah satu dosen Universitas Kristen Maranatha, Yolla Margaretha, bubuk boba yang telah diolah akan bertekstur kenyal dan mengenyangkan perut. Hal ini disebabkan oleh tepung tapioka (singkong) yang memang dikenal berkalori tinggi.

Jadi ketika minum minuman ber-boba, maka rasa lapar akan tertunda dan dahaga (haus) menjadi terobati.

Macam-macam Varian Boba

macam-macam varian bubuk boba

Usaha minuman kekinian seperti boba ini cukup sengit persaiangannya. Variannya selalu bermunculan selama beberapa periode waktu.

Varian boba pun beragam di pasaran. Kamu bisa menjumpai boba dalam berbagai bentuk seperti:

  • clear boba
  • mini boba
  • block boba, dll.

Setiap jenis varian ini memiliki tekstur yang hampir mirip. Namun, kamu bisa meningkatkan daya jualnya dengan menambahkan pewarna. Misalnya saja boba berwarna kuning dengan ukuran kecil.

Pemilihan varian boba ini perlu disesuaikan dengan pangsa pasar yang menjadi target.

Perbandingan Boba vs Bubble

Beberapa orang kerap menyamakan boba dengan bubble. Padahal keduanya punya perbedaan yang cukup signifikan. Perlu penjelasan lebih lanjut agar tidak salah memahami keduanya.

Boba merupakan topping yang terbuat dari tepung tapioka, gula merah dan air panas lalu dibuat seperti bulatan dan dimasak.

Bubble merupakan jenis minuman teh. Jika berupa teh, maka disebut dengan bubble tea.

Perbedaan lain juga terlihat dari warnanya. Warna boba lebih cenderung ke hitam mengkilap, sedangkan bubble cenderung berwarna bening (putih).

Dari sisi tekstur, boba lebih kenyal dibandingkan bubble.

Bila dinilai dari segi rasa, maka boba terasa sedikit lebih manis (mungkin karena diberi gula atau pemanis ya guys). Sedangkan bubble tidak terasa manis (hambar, bisa jadi karena tanpa tambahan pemanis atau gula).

Untuk lebih jelasnya, berikut tabel perbedaan antara boba dan bubble ini

Pembeda
Boba
Bubble
Fungsinya
Sebagai topping
minuman
Rasa
Sedikit manis
hambar
warna
Hitam mengkilap
putih
tekstur
Lebih kenyal
keras
bahan
Tepung tapioka, gula merah.
Tepung beras merah, teh hitam, es susu.

Note: ini adalah pendapat pribadi penulis. Bisa jadi berbeda dengan pendapat pembaca sekalian.

Prospek Bisnis Bubuk Boba Di Indonesia

Prospek penjualan bubuk boba di Indonesia bisa dikatakan cukup cerah. Geliat bisnis minuman mulai terasa ketika masa pandemi dinyatakan bisa dikendalikan.

Apakah akan tetap bagus hingga 5 tahun lagi?

Yuk kita baca penjelasan berikut tentang berbagai sisi bisnis apakah boba tetap menunjukkan tren positif dan menjanjikan di masa mendatang.

Jumlah permintaan bubuk boba meningkat

Tidak bisa dipungkiri bahwa realitas di lapangan menunjukkan bahwa minuman kekinian ini diterima berbagai khalayak. Lihat saja gerai yang ramai, tidak hanya di kota besar tetapi juga daerah bahkan hingga pelosok desa.

Pengamat ekonomi dan bisnis dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) mengatakan bahwa bisnis minuman boba angkanya meningkat sekitar 7-8% per tahun.

Dia melakukan eksperimen itu mulai dari tahun 2019. Kita lihat kenyataannya kini, minuman boba masih eksis.

Bahkan beberapa pedagang di Jakarta dan kota besar Indonesia cukup sukses bisnisnya. Mereka berhasil menjual 1000 hingga 3000 gelas per harinya. Ini bukti bahkan minuman boba diterima oleh masyarakat dan peminatnya datang dari berbagai kalangan.

Gak percaya? Lihat saja video berikut ini

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa permintaan bubuk boba juga terus meningkat karena meningkatnya penjualan minuman boba. Bisnis minuman boba pun masih terlihat menjanjikan di masa mendatang.

Ciri khas “Brand” boba menjadi daya jual

Sebagai minuman kekinian yang sedang naik daun, boba juga banyak ditemui di kota besar. Untuk menarik pembeli, maka kamu perlu menciptakan ciri khas dari minuman boba yang kamu jual.

Kita coba ambil contohnya berikut ini.

Minuman boba di kota Medan. Kamu bisa menjumpai minuman ini beberapa tempat seperti Boba Su, Kim Boba Medan, King Boba Pusat pasar..

Selain Medan, di Surabaya juga banyak gerai yang menjajakan jenis minuman boba ini. Diantaranya adalah Street Boba Tunjungan Plaza, Bobb’e Surabaya, Boba Tea Milk.

Bila kamu sedang wisata ke Bogor gak ada salahnya mampir ke kedai boba di sana. Sekilas, tempat tersebut ramai pengunjung. Tempat tersebut diantaranya adalah Winona Boba Bogor, Xi Black Boba, Tegallega, Boba Bobaan, BOBOHO Boba and tea.

Kota lain yang peminatnya cukup banyak adalah Bandung, Jawa Barat. Di kota kembang ini, kedai minuman boba tersebar di beberapa tempat. Misalnya saja Sugar Boba, Xibalba Progo, Street Boba Gasibu Bandung, Boba Bubble Cherz.

Selain tempat yang disebutkan di atas, masih banyak lagi gerai lain di Indonesia. Kamu bisa manfaatkan mesin penelusuran Google. Dengan demikian, ketika kamu mengunjungi kota tersebut, maka kamu sudah punya tujuan untuk berkunjung.

Memancing Keingintahuan Customer

Ngehitsnya minuman dari bubuk boba di berbagai kota besar di Indonesia karena promosi gratis yang dilakukan customer.

Di digital seperti sekarang, sosial media bisa jadi alat untuk mendatangkan calon pembeli. Caranya adalah membangkitkan curiosity customer.

Kamu bisa berinovasi dengan memunculkan varian minuman baru. Baik dari segi rasa, warna, tekstur, ataupun cara penyajian.

Lihat saja varian seperti popping boba, black boba, black sugar. Untuk rasanya sendiri setiap varian ini berbeda karena ada juga yang dibuat dari pemanis dan caramel. Dengan demikian boba jenis ini memiliki rasa yang sedikit manis dari jenis yang lainnya.

Dari banyaknya varian minuman tersebut, maka konsumen akan memilih sesuai keinginannya. Ketika hasrat menikmati satu varian boba terpenuhi, maka mereka akan share di media sosial. Ketika viral, maka bisnis kamu pun makin cuan bos.

Satu varian boba yang paling populer adalah popping boba. Varian ini memiliki tekstur kenyal dan meledak dalam mulut ketika dikunyah.

Review Brand Serbuk Minuman Boba Yang Enak

Dengan semakin populernya Boba, maka serbuk boba kian dilirik oleh produsen bubuk minuman. Mereka membuatnya semakin praktis dan biasa dijual dalam kemasan kiloan.

Sebelum berjualan, yuk kita review beberapa brand boba yang ada di pasaran.

Omura Blend

Salah satu brand yang cukup dikenal dan memiliki rasa yang begitu nikmat adalah Omura Blend. Jenis minuman ini bisa kamu beli melalui marketplace di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, BukaLapak.

Untuk jenis minuman ini dikemas dalam bentuk per 500 gram hingga 1 kg dengan rasa cappucino. Kamu bisa menyajikan minuman tersebut dalam keadaan dingin atau hangat. Baca ulasan kami tentang bubuk cappucino.

Untuk proses pembuatannya, kamu bisa mencampurkan gula secukupnya lalu tambahkan es. Agar hasilnya semakin maksimal, kamu bisa memblender minuman tersebut agar kesegarannya semakin terasa.

Frezzo

Frezzo juga bisa disajikan atau digunakan untuk berjualan di berbagai tempat dengan kategori minuman boba. Frezzo juga bisa kamu dapatkan di berbagai marketplace di Indonesia termasuk Tokopedia.

Varian yang ada pada brand tersebut seperti thai tea, cappuccino, matcha dan yang lainnya. Untuk kemasan yang ada pada brand tersebut rata-rata 1 kg dan sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Untuk proses penyajian, serbuk tersebut lebih disukai jika dalam kondisi dingin dan dicampur dengan es batu. Umumnya dalam 1 kg tersebut bisa untuk 25 hingga 30 gelas dengan ukuran besar.

Boba King

Nama brand lain yang juga tidak kalah enaknya dengan jenis lain juga ada pada Boba King. brand satu ini memiliki butiran yang lebih besar dengan kemasan berukuran 1 kg.

Bulatan yang ada pada brand ini berwarna coklat dan produk ini sudah teruji keenakannya. Hal ini terbukti dengan perhargaan yang pernah diraih yaitu 100 produk terbaik dengan kategori minuman.

Untuk proses penyajiannya juga sama seperti yang lain yaitu dalam kondisi dingin atau panas. Selain itu untuk variannya ada dua macam yaitu tapioka original dan brown sugar.

Tapioca Bubble Brown Sugar

Bagi kamu yang ingin merasakan bubuk boba dengan sensasi berbeda maka bisa memilih Tapioka Brown Sugar. Brand satu ini berbahan dasar tepung tapioka dan dicampur dengan gula aren agar rasanya lebih manis.

Kamu bisa menggunakannya untuk topping berbagai jenis minuman khususnya brown sugar. Rasa gula arennya juga akan memperkuat rasanya yang semakin enak dan berbeda dari jenis boba lainnya.

Menariknya, boba jenis ini tidak lengket dan sangat mudah dimasak ketika akan disajikan ke minuman. Untuk proses ordernya juga tersedia di marketplace Tokopedia atau yang lainnya.

Itpin Brown Sugar

Brand lain yang juga memiliki cita rasa yang begitu khas juga ada pada Itpin Brown Sugar. Jenis minuman ini tidak perlu diragukan lagi karena selain rasanya nikmat juga sudah bersertifikat MUI sehingga kehalalannya terjamin.

Untuk teksturnya juga lebih kenyal dan memiliki wangi yang begitu khas ketika disajikan. Untuk tepung tapioka yang digunakan juga tidak terbuat dari bahan yang bermutu tinggi sehingga kualitasnya jempolan.

Teksturnya yang tidak mudah lengket juga menjadi ciri khas dari jenis boba satu ini. Kamu bisa mendapatkan produk tersebut di berbagai toko online seperti Tokopedia, dll.

Tips Menjalankan Bisnis Minuman yang Menggunakan Bubuk Boba

Meski memiliki pangsa pasar yang tinggi, namun dalam menjalankan bisnis minuman ini tidak boleh sembarangan. Sebab para pesaing bisnis minuman ini cukup banyak. Mereka menawarkan citarasa dan pengalaman menikmati minuman yang mungkin lebih baik dari kamu.

Untuk itu perlu adanya tips khusus agar bisnis kamu bisa melesat lebih cepat dan menghasilkan keuntungan. Dengan menerapkan tips berikut, bisnis minuman kamu akan mampu menghasilkan keuntungan.

Menggunakan Bubuk Boba Kualitas Premium

Dalam menjual minuman boba, bubuk yang digunakan harus dengan kualitas premium. Pilihan pada bubuk tersebut tidak lain karena kepuasan konsumen harus dinomorsatukan. Tujuannya adalah agar lebih tertarik dan terikat dengan bisnismu.

Bubuk jenis ini bisa dilakukan dengan membeli di berbagai marketplace atau tempat lain yang terjamin kualitasnya. Jadi pemilihan bubuk premium ini bisa dari review banyak orang atau melalui analisa SWOT.

Selain itu bubuk berkualitas juga bisa didapatkan dengan memilih varian rasa yang terbaik. Misalnya green tea, thai tea, kopi atau jenis varian lain yang memang banyak disukai oleh pengunjung di daerah tersebut.

Dari semua varian tersebut, kamu bisa memilih salah satu dan pastikan bubuk itu memiliki review yang positif. Dengan pilihan tersebut maka bubuk tersebut sudah teruji kualitas dan rasanya yang begitu nikmat

Menggunakan Takaran Bubuk Boba Yang Pas

Pas – tidak lebih tidak kurang.

Bubuk berkualitas saja tidaklah cukup melainkan perlu mengetahui takarannya yang sesuai. Banyak orang yang kurang memahami pada tips berikut dimana hanya mengandalkan kualitas bubuknya.

Takaran ini menjadi sangat penting dan proses ini tidak begitu saja didapatkan dan perlu analisa tinggi. Jadi kamu perlu melakukan berbagai percobaan untuk menemukan takaran yang tepat.

Jadi sebelum dijual ke masyarakat, kamu bisa mencoba takaran yang tepat untuk bubuk tersebut. Ketika takarannya sudah didapatkan, jangan sampai diubah dan itu bisa menjadi komposisi yang tepat agar rasanya tetap nikmat

Dalam hal takaran juga perlu disesuaikan dengan bahan lain seperti gula, air dan yang lainnya. Pastikan semua takaran tersebut sudah sesuai sebelum akhirnya dijual ke khalayak umum.

Membeli dari Pabrik atau Supplier Terdekat

Karena masih tahap awal, berbagai biaya harus lebih meminimalisir agar tidak mengeluarkan banyak modal. Salah satu caranya agar dengan membeli dari supplier terdekat.

Dengan memilih supplier jenis ini maka kamu bisa menekan biaya pengiriman atau ongkos yang lainnya. Dengan demikian modal yang dikeluarkan tidak akan terlalu banyak dan bisa memaksimalkan keuntungan.

Dalam memilih supplier tentu tidak hanya dekatnya tetapi kualitasnya juga perlu diketahui secara detail. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan kualitas yang terbaik dan bisa diterima konsumen.

Dalam memilih supplier terdekat bisa dilakukan dengan bertanya ke beberapa orang yang sudah pernah melakukan order. Dari review tersebut kamu bisa menentukan apakah supplier tersebut layak atau tidak untuk jangka panjang.

Memilih Harga Boba yang Murah

Sebagai pemula memilih bubuk boba dengan harga murah juga perlu menjadi perhitungan. Sebab semakin murah harga bubuk semakin maksimal juga keuntungan yang akan didapatkan.

Namun kata murah ini lebih fleksibel karena intinya utamanya tetap pada kualitas bubuknya. Jadi sebisa mungkin kamu perlu mencari bubuk dengan kualitas terbaik tetapi harganya murah.

Jika membelinya di marketplace maka kamu bisa membandingkan penjual satu dengan yang lainnya. Selain itu, lihatlah review dari setiap penjual tersebut apakah positif atau hanya memiliki rating bintang 3.

Proses seperti ini memang butuh waktu karena kualitas bubuk juga menentukan untuk jualan bisnis minuman ini. Oleh karena itu lakukan proses pemilihan secara detail dan pastikan harganya juga murah.

Jualan Boba di Lokasi yang Strategis

Salah satu faktor penting agar jualan kamu cepat laris adalah penentuan lokasi yang tepat. Memilih lokasi tidak hanya dilihat dari segi ramai atau tidaknya melainkan harus lebih dari itu.

Misalnya minat dari calon konsumen, varian boba yang dijual dan faktor yang lainnya. Pastikan lokasi tersebut berada di tanah lapang dan jika malam hari gunakan lampu yang cukup terang.

Tidak hanya itu, pastikan lokasi tersebut tidak memiliki penjual yang banyak menjual minuman boba. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah menjual minuman tersebut dan menguasai pasar di daerah tersebut.

Jangan terburu-buru dalam menentukan lokasi untuk jualan tersebut dan lakukan secara detail. Karena ketika sudah salah maka efeknya membuat penjualan kamu sepi sehingga sulit untuk bisa balik modal.

Join dengan Aplikasi Pesan Antar

Beberapa pelanggan jaman sekarang berbeda dengan dulu dimana mereka lebih sering menggunakan aplikasi. Oleh karena itu untuk menunjang hal ini maka kamu bisa join dengan aplikasi pesan antar.

Aplikasi tersebut diantaranya Gofood atau Grabfood yang kini banyak dikenal oleh masyarakat. Beberapa penjual banyak yang sudah sukses ketika memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengantar pesanan ke konsumen.

Penggunaan aplikasi tersebut karena beberapa konsumen malas datang langsung ke lokasi. Untuk itu mereka menggunakan jasa pesan antar agar barang yang dibeli bisa sampai ke tujuan tanpa perlu keluar rumah atau kantor.

Berpikir Out of The Box

Langkah ini bisa harus selalu kamu terapkan ketika menjalankan bisnis minuman. Ketika pelanggan sudah mulai banyak dan terhenti maka proses pengembangan perlu dilakukan secara bertahap.

Bentuk pengembangan ini bisa dilakukan dengan menambah varian baru di tempat jualan kamu.

Kamu membuat konsep self service. Customer kamu diberikan experience meracik minuman sesuai dengan takaran dan komposisi tertentu. Kamu bisa tampilkan beberapa pilihan menu sehingga sesuai dengan minat konsumen.

Lakukan berbagai eksperimen agar rasanya tidak mengecewakan dan ini butuh trial error. Jika dirasa sudah layak maka kamu bisa mempromosikan dan memberikan diskon agar lebih menarik.

Ketika proses ini sudah dilalui maka kamu bisa membuka cabang di lokasi lain yang juga strategis. Proses pembukaan cabang ini juga perlu analisa yang tepat khususnya dari pemilihan lokasinya yang harus tepat.

Harga Bubuk Boba

Bubuk boba memiliki beragam varian sehingga harganya pun berbeda tergantung dari merknya juga. Kamu bisa memilih varian terbaik dari berbagai merk untuk dijual kembali ke khalayak umum.

Diantaranya seorang penjual (CV Fortuna Lestari) di Tokopedia menjual bubuk boba dengan merk Frezzo. Bubuk tersebut dijual dengan harga 55 ribu rupiah dengan berat bersih 1 kg (per tanggal 30 Mei 2022). Produk tersebut dikirim dari kota Bekasi dan bisa di order oleh seluruh pengguna Tokopedia.

Selain itu ada juga penjual (Anak hebat) di Tokopedia yang menjual bubuk boba dengan merk Omura. Produk ini memiliki varian rasa seperti cappucino, taro, durian dan yang lainnya.

Harga dari produk tersebut 30 ribu rupiah dengan berat 500 gram (sejak artikel ditulis 30 Mei 2022). Produk ini dikirim dari Jakarta Barat dan bisa di order oleh seluruh user Tokopedia.

Selain produk yang disebutkan di atas, masih banyak lagi jenis dan merk lain dari bubuk boba. Namun sebelum memilih pastikan kamu sudah mengetahui calon konsumen tersebut lebih menyukai jenis boba yang seperti apa.

Penutup

Bubuk boba dibuat dari tepung tapioka, gula merah dan memiliki tekstur yang kenyal dan berwarna hitam mengkilap. Bubuk ini memiliki prospek yang sangat tinggi karena dari penelitian yang ada peminatnya setiap tahun bertambah antara 7-8%.

Bubuk boba juga sangat mudah didapatkan dan terdapat banyak penjual di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Kamu bisa memilih beberapa produk yang ada disana untuk dijual kembali.

Namun sebelum dijual, kamu perlu melakukan beberapa tips agar proses penjualan tersebut bisa menghasilkan keuntungan. Diantara tips tersebut adalah memilih supplier terdekat, takaran bubuk harus tepat dan bahannya juga berkualitas.

Untuk masalah bubuknya juga perlu yang harganya murah dan itu bisa kamu pilih di marketplace atau toko offline lainnya. Rata-rata harga bubuk tersebut tidak jauh dari 50 ribu hingga 60 ribu per kgnya.

Referensi :

  1. http://news.maranatha.edu/featured/peluang-bisnis-minuman-boba-masih-menjanjikan/
  2. https://bali.transstudiomall.com/page/content/71/mengenal-berbagai-macam-varian-boba-mana-yang-jadi-favoritmu
  3. https://www.briliofood.net/foodpedia/sering-dianggap-sama-ini-perbedaan-boba-dan-bubble-tea-210506d.html
  4. https://www.beautynesia.id/wellness/boba-bubble-dan-pearl-apasih-bedanya/b-123034
  5. https://travel.kompas.com/read/2019/10/12/100000327/mengenal-perbedaan-istilah-boba-bubble-tea-dan-pearl?page=all
  6. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4761449/manisnya-bisnis-boba-3-ribu-gelas-ludeshari
  7. https://food.detik.com/info-kuliner/d-5505934/10-varian-rasa-bubble-tea-dan-jumlah-kalorinya
  8. https://superapp.id/blog/resep/varian-rasa-boba/
  9. https://www.google.com/search?q=boba+di+kota+medan
  10. https://www.google.com/search?q=boba+di+kota+makassar
  11. https://www.google.com/search?q=boba+di+kota+surabaya
  12. https://www.google.com/search?q=boba+di+kota+bogor
  13. https://www.google.com/search?q=boba+di+kota+bandung
  14. https://www.tokopedia.com/anakhebat/omura-blend-bubble-drink-powder-serbuk-minuman-rasa-cappucino-1kg-500-gram
  15. https://shopee.co.id/Minuman-Bubuk-Aneka-Rasa-1kg-Boba-Drink-Bubble-drink-i.4543077.1620895526
  16. https://www.tokopedia.com/agt/boba-king-tapioca-pearl-rasa-original?src=topads
  17. https://www.tokopedia.com/pacifixsignature/itpin-brown-sugar-boba-1-kg-bubble-tapioka-pearl-bubble-standard
  18. https://ajaib.co.id/tips-menjalankan-bisnis-boba-tea-yang-sukses/
  19. https://bukuwarung.com/5-tips-memulai-bisnis-es-boba-kekinian/#1_Gunakan_Bahan_Premium
  20. https://blog.indodana.id/tips-memulai-bisnis-boba-di-indonesia/
  21. https://sepositif.com/12-cara-buka-usaha-minuman-boba-yang-sukses-di-tengah-banyaknya-persaingan/
  22. https://news.indotrading.com/ingin-sukses-bisnis-minuman-boba-6-tips-ini-wajib-anda-coba/
5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar

Ayo Mulai Bisnis Minuman Bersama LPB

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga maklon minuman terbaru. Kami akan berikan harga yang terbaik untuk anda.

Hubungi 081380426001 Hubungi 081262103131
contoh produk maklon minuman
Hubungi kami untuk informasi produk dan penawaran harga maklon terbaru