Bubuk Thai Tea: Definisi, Jenis & Potensi Bisnis

Bisnis bubuk Thai tea adalah satu peluang terbaru 2022 yang sayang untuk dilewatkan. Minuman Thai tea merupakan salah satu jenis minuman yang sedang naik daun. Pangsa pasarnya yang sangat luas dan terbuka lebar di Indonesia, sehingga menjadi peluang usaha kamu untuk meraup keuntungan.

Apalagi jenis minuman berbahan teh ini memiliki varian yang beragam dan rasanya pun berbeda dari teh poci ataupun teh lokal pada umumnya. Ciri khas produk menjadi penting karena membuat penasaran calon konsumen.

Peminat minuman kekinian seperti Thai tea ini semakin meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun. Jadi, peluang bisnis minuman ini sangatlah besar dan ada potensi menghasilkan jutaan rupiah dari bisnis ini jika kamu tekun menjalankannya.

Namun sebelum memulai usaha, kamu perlu mempelajari tentang berbagai hal terkait usaha Thai tea ini. Beberapa diantaranya adalah brand atau merk, harga dan pemilihan supplier bubuk minuman terbaik, serta lokasi usaha yang sekiranya cocok dengan calon pembeli.

Pengetahuan itu semua sangat diperlukan agar keuntungan dari jualan minuman itu bisa didapatkan secara lebih maksimal.

Semua keterangan di atas akan dijabarkan secara detail di artikel. Yuk simak ulasannya berikut ini

Apa Itu Bubuk Thai Tea?

bubuk thai tea

Bubuk Thai tea adalah jenis minuman berbentuk serbuk (bubuk, powder) khas Thailand yang terbuat dari teh (Camelia sinensis).

Sesuai dengan namanya, Thai tea merupakan salah jenis satu minuman teh yang berasal dari Thailand dan sudah dikenal sejak tahun 1980. Di negara tersebut, teh ini begitu populer dan memiliki rasa khas. Kebiasaan minum teh yang mirip dengan penduduk Indonesia, menjadikan jenis minuman teh ini mudah masuk ke Indonesia.

Di pasaran, kamu akan menjumpai bubuk teh tersebut dikemas dalam kemasan tertentu agar proses penyajiannya lebih mudah dan praktis.

Dari sisi bahan pembuatannya sendiri, bubuk thai tea terbuat dari campuran teh Ceylon, gula dan susu. Jenis minuman Thai tea sangat nikmat disajikan panas maupun dingin.

Untuk jenis teh yang digunakan dalam bubuk Thai tea adalah teh Ceylon. Jenis teh ini ciri-cirinya memiliki aroma rasa yang tajam dan berwarna hitam pekat saat diseduh.

Perkembangan bisnis minuman Thai tea di Indonesia cukup bagus. Hal itu terlihat dari beberapa varian yang dibuat oleh beberapa pabrik maklon minuman.

Bila kamu pengen bisnis minuman merk sendiri dengan bahan dasar teh hitam pekat maka kamu bisa menggunakan layanan jasa maklon.

Perbedaan Thai Tea Vs Teh Tarik Sachet

Beberapa orang ada yang menyamakan teh tarik dengan thai tea karena keduanya berbahan baku teh. Padahal, keduanya berbeda. Hal ini jarang disadari oleh kebanyakan orang awam.

Meski sama-sama berbahan teh, namun jenis yang digunakan tidaklah sama. Untuk thai tea, teh yang digunakan menggunakan jenis Ceylon atau teh hitam. Sedangkan teh tarik umumnya bisa menggunakan jenis teh apapun.

Kemudian dari sisi campurannya, thai tea menggunakan bahan campuran rempah-rempah khusus di Indonesia. Sedangkan teh tarik bahan campurannya hanya menggunakan susu kental manis atau cair.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memperhatikan perbedaan thai tea dan teh tarik dalam tabel berikut

Pembeda
Thai tea
Teh tarik
Bahan dasar
Teh ceylon
Semua jenis teh
Bahan campuran
Rempah-rempah pilihan
Tanpa rempah-rempah
Susu
Bubuk
Susu cair atau kental manis
Cara penyajian
Diseduh dalam 1 gelas dan diaduk
Bahan dicampurkan dan cara mengaduknya adalah dengan dituang bergantian antar gelas , seperti ditarik-tarik layaknya bartender
Rasa
Lebih pekat
Sedikit pahit tetapi masih ada rasa manisnya
Warna
Hitam, cenderung jingga
kekuning-kuningan

Dari keterangan tersebut terlihat jika thai tea dan teh tarik memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Salah satu yang cukup terasa adalah rasa thai tea yang lebih pahit daripada teh tarik diman masih ada rasa manisnya meski sedikit

Varian Bubuk Thai Tea

bubuk thai tea yang bagus berkualitas terbaik
Gambar ilustrasi bubuk thai tea yang bagus berkualitas terbaik

Di Indonesia, Thai tea banyak diminati karena rasanya yang khas. Kelebihan thai tea adalah varian rasa yang cukup banyak. Munculnya varian karena adanya beberapa resep yang dibuat oleh peracik minuman sehingga membuat rasanya tidak sama persis dengan produk awal dan varian lain.

Terkait varian sendiri, di Indonesia setidaknya ada 3 macam dan berikut ulasan selengkapnya:

Thai Tea Original

Thai tea original merupakan jenis minuman teh yang memang asli Thailand dan tanpa campuran apapun. Dengan demikian bahan dasarnya tetap bersumber dari teh hitam, susu dan gula.

Cara menyajikan Thai tea cukup simpel. Kamu perlu menyeduh bubuk thai tea dengan air panas, aduk dan tunggu hingga 5 menit. Untuk hasil yang lebih nikmat, teh tersebut perlu dilakukan pengadukan hingga 8 menit agar teksturnya lebih pekat.

Selain itu, thai tea original juga rasanya masih asli seperti negara asalnya dan tanpa campuran apapun.

Namun untuk rasa yang lebih nikmat dan enak, kamu bisa mencampurkan dengan beberapa bahan lain. Diantara bahan tersebut seperti beberapa rempah pilihan seperti adas, limau, asam jawa dan yang lainnya. Kandungan yang ada di rempah-rempah ini akan membuat aromanya semakin tajam dan rasanya begitu khas.

Thai Tea Taro

Selain varian di atas, ada juga jenis lain yang rasanya juga tidak kalah nikmat yaitu thai tea taro. Minuman satu ini merupakan gabungan dari teh asli Thailand ini dengan taro.

Taro sendiri merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari Taiwan dan populer di tahun 1980 an. Umumnya produsen minuman yang menggunakan taro ini dibuat dengan mencampurkan susu cair ke dalamnya.

Dengan demikian, gabungan teh dan taro ini tentu menghasilkan rasa yang bisa membuat pelanggannya ketagihan. Selain rasanya yang enak, minuman ini juga menyehatkan bagi tubuh

Ada beberapa produsen untuk minuman thai tea taro ini di Indonesia diantaranya Hilo. Untuk rasa yang lebih nikmat, minuman jenis ini umumnya dicampurkan dengan coklat agar ada rasa manis yang begitu khas.

Thai Tea Chatramue

Untuk jenis teh lain yang cukup populer di Thailand dengan rasanya yang khas adalah Thai tea Chatramue. Dinamakan seperti itu karena teh tersebut berjenis Chatramue dan dikenal sebagai produk no.1 di Thailand.

Jenis teh ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Cara umum penyajiannya adalah dicampurkan dengan susu kental manis. Dengan demikian, tekstur dari minuman tersebut umumnya berwarna orange pekat.

Karena kepopuleran tersebut akhirnya dibuat pabrik dengan merk teh bernama Carnation. Merk tersebut sudah dikenal dimana-mana dan semua produksi tehnya memiliki rasa yang khas dari jenis teh lainnya.

Di Indonesia sendiri, jenis teh Chatramue ini memang yang terbanyak dan dijual di berbagai market online. Untuk harganya sendiri cukup bervariasi dan umumnya dijual di kisaran 39 ribu rupiah hingga 70 ribu rupiah.

Potensi Bisnis Bubuk Thai Tea di Indonesia

grafik tingkat konsumsi teh di indonesia
grafik tingkat konsumsi teh di indonesia

Tingkat konsumsi teh di Indonesia meningkat sekitar 10 persen per tahun. Namun, permintaan teh per kapita di Indonesia cukup rendah, yakni sekitar 0,4kg per tahun.

Meski ada berbagai macam gerai thai tea di setiap sudah mulai banyak tetapi peluang usaha ini masih terbuka lebar. Sebab, dari segi rasa dan kemasan di setiap gerai tersebut kurang lebih sama.

Belum lagi, thai tea ini sangat cocok untuk daerah dengan iklim tropis. Sehingga minuman tersebut sangat cocok disajikan dalam kondisi dingin di saat terik matahari sedang menyengat.

Oleh karena itu sebagai solusinya, kamu bisa meracik minuman tersebut dengan rasa berbeda. Kamu bisa mengolah serbuk tersebut dan dicampur dengan bahan lain untuk menghasilkan rasa yang nikmat dan berbeda.

Dengan adanya perbedaan tersebut maka potensi untuk menghasilkan keuntungan sangatlah besar. Memang perlu trial error untuk menjalankannya tetapi ketika sudah diterima publik hasilnya akan sangat menjanjikan.

Untuk Jualan, Pilih Bubuk Thai Tea Premium Atau Kiloan? Ini Dia Alasannya..

teh adalah minuman dunia terbanyak

Teh adalah jenis minuman yang paling banyak konsumsi di dunia.

Sebelum menentukan pilihan sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jenis thai tea premium dan kiloan. Untuk yang kiloan umumnya dijual dengan harga lebih murah dan kualitasnya pun terbilang standard.

Sedangkan thai tea dengan bubuk premium lebih mengedepankan rasa yang nikmat dengan harga lebih mahal. Dari kedua ini setidaknya, kamu sudah memiliki pandangan terkait menentukan pilihan apakah kiloan atau premium.

Untuk dijual di daerah desa khususnya untuk anak-anak, bubuk thai tea kiloan lebih baik. Sebab, anak kecil umumnya lebih menyukai minuman yang murah dan bisa melepas dahaganya saja.

Tetapi untuk target market yang lebih dewasa dan areanya di perkotaan maka bisa memilih yang premium. Hal ini tidak lain karena pesatnya persaingan di daerah tersebut sehingga kualitas rasa perlu diutamakan.

Ketika rasanya sudah enak maka pelanggan di daerah tersebut tidak memikirkan harga lagi. Untuk lebih baiknya, kamu bisa mencampurkan dengan bahan lain agar lebih inovatif dan berbeda dari jenis minuman thai tea pada umumnya.

Review Merk Bubuk Thai Tea yang Enak

Dengan rasa pekat yang khas, thai tea ini ternyata memiliki beberapa dan sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Namun ketika sudah di Indonesia rasa pekat ini ada yang sudah mulai hilang dan diganti dengan rasa yang lain.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa merk thai tea yang rasanya begitu enak di lidah:

Booster Drink Powder Thai Tea

Salah satu merk dari teh asal Thailand ini diantaranya adalah Booster Drink Powder. Jenis minuman ini lebih di prioritaskan untuk kalangan pedagang UMKM dan memiliki rasa yang nikmat.

Hal ini bisa dibuktikan dengan beberapa review yang jumlahnya ribuan dan telah merasakan kenikmatannya. Karena sudah demikian tentu minuman ini bisa dijadikan opsi untuk dijual kembali

Rata-rata di berbagai marketplace harga teh tersebut sekitar Rp 65 ribu dengan berat 50 gram. Dari berat tersebut, mampu menghasilkan kurang lebih 50 an gelas besar minuman.

Jika satu gelas dijual dengan harga 2 ribu saja maka omset per bungkusnya 100 ribu. Dengan demikian, kamu bisa menghasilkan keuntungan Rp 35 ribu dari setiap penjualan 50 gram bubuk Booster Drink Powder ini.

Thai Tea Powder

Merk lain dari yang juga memiliki rasa tidak mengecewakan ada pada Thai Tea Powder. Jenis teh ini berbeda dengan sebelumnya dimana ada sentuhan rasa vanilla sehingga rasanya akan lebih nikmat

Tidak hanya itu, teh yang di produksi oleh Haldin Food ini rasa rempah-rempahnya begitu terasa. Sehingga minuman ini sangat cocok untuk diminum dalam kondisi hangat dan dingin.

Selain itu rasanya yang begitu akan membuat kamu lebih rileks ketika disajikan dalam kondisi panas di pagi hari. Untuk harganya memang tergolong lebih murah dari sebelumnya karena per 1 kg hanya 65 ribu rupiah saja.

Produk tersebut bisa kamu dapatkan di berbagai marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Bahkan di Shopee, produk ini masuk kategori Shopee Mall dimana kualitas tentu tidak diragukan lagi.

Thai Tea Flavoured Drink

Bagi kamu penikmat teh yang zat aditifnya rendah maka bisa memilih Thai Tea Flavoured Drink. Hal ini karena minuman tersebut di klaim tanpa disertai pemanis buatan saat proses pembuatanya.

Ini tentu menjadi kabar baik mereka yang mengidap penyakit diabetes tetapi masih ingin minum teh. Untuk rasanya, lebih didominasi rasa susu dan gula asli daripada teh asli Thailandnya.

Namun aroma teh tersebut masih begitu terasa dan memiliki keharuman yang begitu khas. Untuk proses penyajiannya, kamu bisa membuat dalam keadaan dingin atau panas agar lebih nikmat.

Untuk harganya di marketplace cukup berbeda mulai dari Rp 21 ribu hingga Rp 38 ribu dengan berat bersih 150 gram (Juni 2022). Dalam satu bungkus tersebut di dalamnya terdapat 5 sachet yang beratnya 27.5 gram.

Hilo

Nama Hilo tentu tidak asing lagi karena merupakan salah satu merk susu peninggi badan. Namun beberapa waktu ini, Hilo mengeluarkan produk terbaru dengan varian thai tea dengan rasa yang begitu khas.

Beberapa pengguna menyamakan Hilo Thai Tea cukup mirip dengan thai tea mix di negara asalnya. Kandungan yang ada dalam produk tersebut memiliki manfaatkan yang sangat baik bagi tubuh.

Hal ini dibuktikan dengan adanya kandungan tinggi kalsium sehingga cocok untuk semua usia. Tidak hanya itu rasanya yang tidak terlalu manis membuat minuman ini bisa dijadikan dalam cuaca dingin atau panas.

Rasa manis tersebut tentu karena ada campuran susu yang begitu creamy dan nikmat. Untuk mendapatkannya, kamu bisa membeli di toko terdekat atau di marketplace dengan kisaran harga RP 11 ribu hingga Rp 15 ribu (Juni 2022).

Nestea

Bagi kamu yang ingin menikmati thai tea produksi Nestle maka bisa mencoba Nestea. Jenis minuman ini terbilang cukup praktis dan dari sisi isinya lebih banyak dari produk pada umumnya.

Karenanya isinya yang banyak maka tekstur minumannya juga terlihat lebih pekat. Tingkat kepekatan tersebut bukan berasal dari teh Thailandnya melainkan dari susu yang terkandung di dalamnya.

Dengan demikian rasa dari minuman ini akan begitu terasa manis daripada pahitnya. Untuk produk ini juga sama seperti yang lain dimana tersedia di Tokopedia dan Shopee dengan harga 58 ribu rupiah per 1 kg-nya.

Bubuk Thai Tea Beli Dimana?

Untuk bubuk thai tea baik yang kiloan atau premium bisa di beli di berbagai tempat di setiap daerah. Kamu bisa mengunjungi salah satu tempat berikut untuk mendapatkan thai tea yang diinginkan:

Supermarket

Bubuk thai tea bisa kamu dapatkan di supermarket terdekat yang ada di daerahmu. Untuk jenis supermarketnya bisa di Giant, Matahari Mall atau toko besar lainnya yang sejenis.

Untuk memudahkan, kamu bisa mencari di tempat yang khusus produk minuman serbuk atau cair. Umumnya thai tea bisa didapatkan di tempat tersebut dan harganya di kisaran 14 ribu hingga 39 ribu.

Perbedaan harga ini umumnya dari merk dan juga berat bersih dari produk tersebut. Jika memang sudah cocok, kamu bisa membeli produk dengan berat antara 200 gram hingga 400 gram dan harganya sekitar 30 ribu hingga 39 ribu.

Indomaret

Bukan hanya di supermarket, thai tea juga bisa didapatkan di Indomaret terdekat atau memesan via online. Jika pembelian di online, ada tiga macam bubuk thai tea yang dijual di klik indomaret.

Diantara produk tersebut, ada Soft Pudding Thai Tea yang dijual dengan harga 14 ribu dan nettonya 100 gram (saat artikel ditulis tanggal 26 Mei 2022). Selain produk tersebut juga Klik Fresh Milk Thai Tea yang dijual dengan harga 25 ribu.

Untuk produk terakhir, Indomaret juga menjual Nestea Thai tea seharga 101 ribu dengan berat 960 gram (saat artikel ditulis tanggal 26 Mei 2022). Harga di atas sewaktu-waktu bisa berubah sesuai masa promo dari produk tersebut.

Alfamart

Thai tea tidak hanya ada di Indomaret tetapi tersedia juga di Alfamart di berbagai daerah. Kamu bisa mengunjungi Alfamart terdekat dan carilah produk tersebut di bagian minuman serbuk.

Untuk harganya juga hampir sama dengan Indomaret dan tergantung juga pada merk dan berat bersihnya. Kamu bisa memilih yang harganya terjangkau jika hanya untuk konsumsi pribadi.

Shopee

Untuk cara paling mudah dan praktis, thai tea bisa kamu beli via marketplace Shopee. Untuk harganya juga tergantung dari berat bersih dan merk dari produk tersebut.

Salah satunya penjual (Hemato Shop) di Shopee dengan nama ChaTraMue THAI TEA seharga 27.500 hingga 57.500. Harga tersebut masih berlaku hingga 27 Maret 2022 dan sewaktu-waktu bisa bertambah.

Selain produk tersebut juga masih ada beberapa jenis thai tea dengan merk yang lain. Kamu cukup mengetikkan thai tea di kolom pencarian Shopee lalu pilih produknya sesuai keinginan.

Tokopedia

Marketplace lain yang juga menjual thai tea adalah Tokopedia dan produk yang dijual juga beragam. Harga yang ditawarkan antara penjual satu dengan lainnya juga berbeda-beda.

Salah satu contohnya penjual (Beibestore) di Tokopedia yang menjual Chatramue Thai Tea merah dengan berat 400 gram. Produk tersebut dijual dengan harga 43 ribu sejak artikel ini ditulis pada tanggal 27 Maret 2022.

Selain itu masih ada beberapa penjual lain yang harganya juga tidak jauh berbeda. Untuk jenis yang dijual rata-rata thai tea merah tetapi ada juga varian green tea, drink powder dan yang lainnya.

Harga Bubuk Thai Tea

Untuk harga bubuk thai tea itu tergantung dari merk dan berat bersih dari produk tersebut. Kamu bisa membeli bubuk tersebut di berbagai marketplace dan dalam hal ini akan dicontohkan dari Shopee.

Salah satu penjual (Nutrimart) di Shopee menjual produk dengan merek Hilo Thai Tea dengan netto 15 gram (saat artikel ditulis tanggal 27 Mei 2022).. Produk tersebut dijual dengan harga 15 ribu dan mendapatkan 10 sachet.

Selain itu ada juga penjual (Iluzn) di Shopee dengan merk Nestea dan diproduksi oleh Nestle. Produk ini dijual dengan harga 58 ribu per kilogramnya (saat artikel ditulis tanggal 27 Mei 2022).

Selain dari kedua merek tersebut juga ada yang lainnya dan harganya juga berbeda. Pemilihan pada marketplace tersebut karena pembeli nantinya bisa mendapatkan gratis ongkos kirim untuk pengiriman ke berbagai daerah.

Outro

Bubuk thai tea merupakan jenis minuman khas negeri Thailand dengan ciri-ciri hitam pekat. Lalu ketika masuk ke Indonesia, teh ini di variasi dengan rasa lain sehingga rasa pekatnya bisa berganti sedikit manis.

Untuk variannya juga cukup beragam dan harga setiap produknya berbeda-beda tergantung merk dan beratnya. Kamu bisa mendapatkan thai tea di berbagai tempat seperti supermarket, Indomaret, Alfamart, Shopee, Tokopedia, dll.

Jika berkeinginan, kamu bisa menjual produk tersebut dan peluangnya masih terbuka lebar. Hanya saja kamu perlu melakukan inovasi agar rasanya tidak sama dengan yang lain sehingga mengundang banyak pengunjung.

Terkait pilihan bubuk premium atau kiloan tentu tergantung pada tempat dimana kamu berjualan. Jika target marketnya anak-anak bisa memilih yang kiloan sedangkan untuk kalangan orang dewasa dan banyak pesaing maka bisa memilih bubuk premium.

Referensi :

  1. https://www.tokobubuk.com/id/blog/peluang-bisnis-menguntungkan-jualan-minuman-teh-khas-thailand/
  2. https://www.dbdpowder.com/2021/02/usaha-minuman-bubuk-thai-tea-kekinian-7-jenis-usaha-minuman-anda/
  3. https://www.idntimes.com/food/dining-guide/putriana-cahya/6-merek-thai-tea-instan-paling-enak-yang-bisa-kamu-beli-di-indonesia/1
  4. https://www.dbdpowder.com/shop/bubuk-minuman-thai-tea/
  5. https://resepkoki.id/5-fakta-thai-tea/
  6. https://www.grab.com/id/food-blog/fakta-tentang-thai-tea-dan-rekomendasinya-di-jakarta/
  7. https://www.kompas.com/food/read/2020/12/25/180456075/resep-taro-boba-pakai-buah-taro-asli
  8. https://kaltara.prokal.co/read/news/29009-taro-thai-tea.html
  9. https://shopee.co.id/BPOM-THAI-TEA-NUMBER-ONE-CHATRAMUE-400gr-i.14907950.188783773
  10. https://iprice.co.id/chatramue/
  11. https://www.idntimes.com/food/dining-guide/andry-trisandy/sudah-tahu-belum-ini-beda-thai-tea-teh-tarik-dan-teh-susu/3
  12. https://www.popbela.com/lifestyle/food/rosita-meinita/perbedaan-milk-tea-thai-tea-dan-teh-tarik/3
  13. https://lifestyle.okezone.com/read/2018/03/06/298/1868789/bahannya-sama-ternyata-ini-perbedaan-teh-tarik-thai-tea-milk-tea
  14. https://shopee.co.id/haldinfoods-Thai-Tea-Powder-Teh-Thailand-Bubuk-1-KG-i.73086701.4804710426
  15. https://www.tokopedia.com/search?st=product&q=haldinfoods%20Thai%20Tea&navsource=home
  16. https://www.tokopedia.com/search?st=product&q=mamio%20thai%20tea%20sachet
  17. https://shopee.co.id/Mamio-Bubuk-Minuman-Thai-Tea-Dus-Isi-5-Sachet-Thai-Tea-Powder-Bubuk-Thai-Tea-Thai-Tea-i.125770808.1901190712
  18. https://food.detik.com/info-kuliner/d-3893170/dari-3-merek-ini-mana-thai-iced-tea-original-yang-paling-enak
  19. https://www.idntimes.com/food/dining-guide/putriana-cahya/6-merek-thai-tea-instan-paling-enak-yang-bisa-kamu-beli-di-indonesia/4
  20. https://www.tokopedia.com/bilkamart-1/hilo-thai-tea-5x15gram?src=topads
  21. https://shopee.co.id/HiLo-Thai-Tea-10-sachet-Minuman-Serbuk-i.12656836.1389108883
  22. https://shopee.co.id/search?keyword=nestea%20thai%20tea
  23. https://www.tokopedia.com/search?q=nestea%20thai%20tea&source=universe&st=product
  24. https://goukm.id/peluang-bisnis-thai-minuman-thailand/
  25. https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/bisnis-thai-tea/
  26. https://www.klikindomaret.com/search/?key=thai%20tea
  27. https://shopee.co.id/(ORIGINAL-BPOM)-ChaTraMue-THAI-TEA-Number-One-Brand-400-gr-i.8716399.673879592
5/5 - (2 votes)

Tinggalkan komentar

Ayo Mulai Bisnis Minuman Bersama LPB

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga maklon minuman terbaru. Kami akan berikan harga yang terbaik untuk anda.

Hubungi 081380426001 Hubungi 081262103131
contoh produk maklon minuman
Hubungi kami untuk informasi produk dan penawaran harga maklon terbaru