Bisnis

Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea & Cara Memulainya

Diterbitkan pada

Telah diupdate pada

Ditulis oleh Muslim

Disupervisi oleh Melawati, Purwanto

Belakangan ini permintaan terhadap produk minuman sehat yang praktis terus mengalami peningkatan. Salah satunya adalah minuman bubuk green tea.

Hal tersebut karena customer percaya bahwa green tea memiliki beragam manfaat, seperti menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit (Rizal, 2023).

Penyajian minuman bubuk green tea yang praktis dan mudah dibawa kemana saja kian membuat customer terpikat.

Oleh karena itu, minuman bubuk green tea dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk terus dikembangkan.

Di dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara membuat minuman bubuk green tea yang laris manis di pasaran serta pengertian, potensi, tantangan dan solusinya dalam bisnis ini.

Yuk, simak penjelasan kami sampai akhir di bawah ini.

Apa itu Minuman Bubuk Green Tea?

minuman bubuk green tea

Minuman bubuk green tea adalah minuman serbuk yang terbuat dari daun teh hijau (Camellia Sinensis) yang telah melalui proses pengeringan dan penggilingan menjadi serbuk halus. 

Daun teh hijau mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti mencegah kanker, menurunkan kadar kolesterol dan resiko rontoknya rambut (Saryono, 2013; Rizal, 2023).

Minuman ini memiliki warna hijau yang khas dengan aroma wangi dari daun teh hijau dan memiliki rasa yang segar tanpa rasa pahit.

Prospek Bisnis Minuman Bubuk Green Tea Cukup Cerah. Ini Alasannya.

Permintaan green tea terus meningkat

Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea & Cara Memulainya 2

Minuman teh hijau atau green tea semakin digemari oleh masyarakat dari tahun ke tahun. 

Menurut Allied Market Research, pasar green tea secara global diperkirakan akan mengalami kenaikan dari 14,8 miliar dolar pada tahun 2021 menjadi 29,3 miliar dolar pada tahun 2030. Dengan pertumbuhan CAGR sebesar 8,04% dari tahun 2022 hingga 2030.

Permintaan teh hijau (green tea) yang terus meningkat tersebut disebabkan karena memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh dan dikenal sebagai minuman yang sehat serta organik di kalangan milenial.

Disamping itu, nilai pasar minuman bubuk pada tahun 2022 mencapai 10 miliar dolar dan akan terus meningkat dengan CAGR sebesar 3-4% pada periode 2022 – 2032 (Future Market Insight).

Berdasarkan analisis pasar tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa bisnis minuman bubuk green tea sangat potensial untuk dikembangkan.

Minuman instan praktis dan efisien

Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea & Cara Memulainya 4

Minuman bubuk green tea merupakan minuman instan yang praktis dan efisien karena konsumen tinggal menyeduh dengan air panas tanpa perlu menyeduh daun teh terlebih dahulu.

Dilansir dari Japo, minuman bubuk teh hijau merupakan inovasi minuman yang praktis dan mudah untuk disajikan.

Kemudahan dalam penyajian tersebut cocok dengan gaya hidup modern yang serba praktis dan cepat saat ini, sehingga konsumen akan lebih memilih minuman instan yang siap saji. 

Selain itu kemasannya juga lebih ringkas yang membuatnya mudah untuk dibawa ke mana saja. Tentunya hal ini menjadi peluang pasar yang bagus.

Yuk lihat juga katalog produk teh yang dapat Anda maklon.

Peluang pasar luas di Indonesia

Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea & Cara Memulainya 6

Anda harus tahu bahwa bisnis minuman bubuk green tea di Indonesia memiliki potensi yang besar. 

Hal itu karena green tea semakin diminati oleh masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang khas dan manfaat yang banyak (Wartakota, 2015).

Kemudian, minuman bubuk green tea dapat Anda jual di minimarket, cafe, kantin, kedai, maupun supermarket secara luas dan mudah.

Peluang pasar yang luas dan terbuka tersebut sangat potensial untuk dimasuki, baik untuk pasar lokal maupun nasional. 

Baca juga   Peluang Bisnis Cincau Hitam yang Bisa Dicoba

Dengan masyarakat Indonesia yang sangat menyukai teh, maka prospek bisnis green tea instan bubuk masih amat menjanjikan.

Ide Bisnis & Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea

1. Usaha Minuman Kesehatan Berbahan Dasar Green Tea

Green tea dikenal memiliki banyak khasiat kesehatan seperti antioksidan dan mengandung vitamin C. Bubuk green tea dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku aneka minuman kesehatan yang sedang populer saat ini.

Beberapa contoh produk minuman kesehatan dari bubuk green tea:

  • Teh celup rasa green tea
  • Smoothie green tea dengan buah dan sayuran
  • Jus green tea dengan tambahan buah beri atau ginseng
  • Es krim rasa green tea

Usaha minuman kesehatan seperti ini semakin diminati karena masyarakat mulai sadar pentingnya mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Pemanfaatan bubuk green tea dapat menjadi nilai jual produk.

2. Makanan Sehat dengan Green Tea Sebagai Bahan Utama

Selain dijadikan bahan minuman, bubuk green tea juga kerap ditambahkan ke berbagai makanan sehat seperti:

  • Roti dan kue kering rasa green tea
  • Granola dan muesli rasa green tea
  • Mie instan dengan bubuk green tea
  • Lauk sehat berbahan dasar green tea

Penambahan bubuk green tea memberikan cita rasa khas serta meningkatkan kandungan gizi makanan tersebut. Selain itu juga sebagai pembeda dengan produk sejenis. segmentation

3. Kosmetik dengan Kandungan Green Tea

Bubuk green tea kaya antioksidan yang bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Kosmetik green tea mulai banyak dikembangkan, seperti:

  • Sabun muka dengan green tea
  • Masker wajah green tea
  • Scrub wajah green tea
  • Shampo rambut green tea

Kandungan bubuk green tea dapat melawan radikal bebas penyebab penuaan dini pada kulit. Kosmetik dengan bubuk green tea juga dapat mencegah kerontokan rambut.

Cara Memulai Usaha Minuman Bubuk Green Tea

1. Lakukan riset pasar dan perencanaan

Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea & Cara Memulainya 8

Untuk memulai usaha minuman bubuk green tea yang sukses, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah riset pasar dan perencanaan. 

Dalam bisnis, riset pasar memiliki peran yang sangat penting sebab dengan riset pasar dapat diketahui kebutuhan dan keinginan konsumen serta mengetahui para pesaing bisnis (Aulia & William, 2019).

Riset pasar dapat Anda lakukan dengan mensurvei atau mewawancarai calon konsumen untuk mengetahui apa yang mereka sukai, butuhkan, dan inginkan dari produk Anda. 

Kemudian, Anda juga harus menganalisis pesaing Anda, baik yang menjual produk serupa maupun yang berbeda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. 

Selain itu, Anda juga harus membuat rencana bisnis yang jelas dan terperinci yang mencakup visi, misi, tujuan, sasaran, strategi pemasaran, analisis SWOT, proyeksi keuangan, dan rencana operasional. 

Perlu Anda ketahui bahwa rencana bisnis yang Anda buat tersebut akan membantu dalam mengatur dan mengelola bisnis secara efektif dan efisien. 

Bahkan, Anda juga dapat menggunakan rencana bisnis sebagai alat untuk mencari pendanaan atau kerjasama dengan pihak lain.

Dengan melakukan riset pasar dan perencanaan bisnis yang baik, maka Anda akan lebih siap dan percaya diri untuk memulai usaha minuman bubuk green tea.

2. Pilih bahan baku berkualitas

Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea & Cara Memulainya 10

Cara kedua untuk memulai usaha minuman bubuk green tea adalah dengan memilih bahan baku berkualitas. 

Bahan baku green tea yang berkualitas tinggi akan memberikan rasa, aroma, dan warna yang lebih baik daripada bahan baku yang rendah kualitas. 

Dikutip dari Gita (2021), kualitas bahan baku sangat berpengaruh terhadap kualitas produk yang dihasilkan.

Selain itu, bahan baku green tea yang berkualitas tinggi juga lebih sehat dan higienis, sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen.

Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea & Cara Memulainya 12

Menurut Matcha (2022), beberapa jenis teh hijau yang populer di Jepang, antara lain:

Jenis Teh Hijau
Penjelasan
Sencha
Sencha adalah jenis teh hijau paling populer yang berasal dari Jepang. Sencha terbuat dari daun teh hijau berkualitas yang mengalami penggilingan dan pengeringan. Selain itu, sencha memiliki citarasa segar, aroma harum khas, warna hijau bening serta rasa yang ringan dan tidak pahit.
Matcha
Matcha berasal dari daun teh hijau spesial dari Jepang yang ditumbuk sangat halus. Jenis teh ini memiliki warna hijau pekat dengan aroma kuat serta rasa yang legit dan sedikit pahit. Dilansir dari Alodokter (2022), matcha mengandung antioksidan EGCG dalam jumlah yang banyak, sehingga baik untuk kesehatan.
Hojicha
Hojicha merupakan teh hijau dari Jepang yang dipanggang hingga kecoklatan. Jenis teh ini memiliki aroma khas dan rasa sedikit manis dengan kadar kafeinnya lebih rendah dibanding teh hijau biasa.
Genmaicha
Genmaicha adalah campuran teh hijau sencha dan butiran padi sangrai. Rasa genmaicha gurih dan memiliki aroma harum yang khas.

3. Proses produksi sesuai standar

Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea & Cara Memulainya 14

Langkah ketiga untuk memulai usaha minuman bubuk green tea adalah proses produksi sesuai standar.

Baca juga   Cara Penetrasi Pasar Minuman Collagen di Apotek Indonesia

Proses produksi sesuai standar adalah proses yang memenuhi persyaratan teknis, hukum, dan etis yang berlaku di bidang industri pangan. 

Hal itu untuk menjamin bahwa produk yang dihasilkan memiliki keamanan, dan kesehatan yang baik untuk konsumen. 

Selain itu, proses produksi, menurut penelitian (Alrizal, 2018) dapat mempengaruhi baik buruknya kualitas produk yang dihasilkan.

Perlu Anda ketahui bahwa proses produksi minuman bubuk green tea meliputi beberapa tahapan, yaitu:

Pengeringan

Jenis daun teh hijau yang telah dipilih kemudian dikeringkan.

Pengeringan tersebut bertujuan untuk mengurangi kadar air dalam daun teh hijau sehingga dapat meningkatkan daya simpan dan mempermudah proses ekstraksi selanjutnya.

Lakukanlah proses pengeringan dengan hati-hati agar tidak mengubah warna, aroma, dan rasa dari daun teh hijau.

Ekstraksi

Daun teh hijau yang telah kering kemudian diekstraksi dengan air panas untuk mengeluarkan zat-zat aktif yang terkandung di dalamnya, seperti kafein, polifenol, dan klorofil. 

Ekstraksi dilakukan dengan suhu dan waktu yang sesuai agar tidak merusak kualitas dan rasa dari teh hijau.

Pengeringan

Ekstrak teh hijau yang telah didapatkan kemudian dikeringkan dengan menggunakan alat pengering semprot (spray dryer) atau pengering beku (freeze dryer). 

Alat pengering ini berfungsi untuk mengubah ekstrak teh hijau menjadi bubuk halus dengan menghilangkan air yang terkandung di dalamnya. 

Tentunya pengeringan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak mengubah warna, aroma, dan rasa dari teh hijau.

Penyaringan

Bubuk teh hijau yang telah kering kemudian disaring untuk memisahkan partikel-partikel yang tidak diinginkan, seperti serbuk kayu, debu, atau serangga. 

Hal itu dilakukan untuk tetap menjaga kualitas dan kesegaran produk.

4. Pengemasan dan penyimpanan

Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea & Cara Memulainya 16

Langkah berikutnya untuk memulai usaha minuman bubuk green tea adalah pengemasan dan penyimpanan produk. 

Perlu Anda ketahui bahwa pengemasan yang menarik dan mencerminkan kualitas produk dapat meningkatkan daya tarik konsumen dan membedakan produk Anda dari pesaing. 

Menurut Neneng & Syawan (2020), pengemasan produk yang menarik dapat mempengaruhi harga jual produk sebesar 67,57%.

Walaupun begitu, Anda harus tetap membuat kemasan yang baik dengan tetap memenuhi standar kesehatan dan keamanan pangan, serta melindungi produk dari kontaminasi, kerusakan, atau perubahan rasa.

Selain itu, Anda juga harus melakukan penyimpanan produk dengan baik untuk menjaga kesegaran dan kualitas produk. 

Produk minuman bubuk green tea harus disimpan di tempat yang kering, sejuk, tidak berbau dan terhindar dari sinar matahari langsung. 

Jika menggunakan kemasan plastik, maka Anda harus memastikan bahwa kemasan tertutup rapat dan tidak ada udara yang masuk. 

Sedangkan, jika menggunakan kemasan kertas, maka pastikanlah kertas tidak robek atau basah. 

5. Mematuhi perizinan yang berlaku

Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea & Cara Memulainya 18

Memenuhi perizinan yang berlaku adalah langkah penting untuk memulai usaha minuman bubuk green tea. 

Hal itu karena izin produksi minuman diperlukan untuk menjamin bahwa produk Anda aman dan sesuai dengan standar kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Kemudian, Anda juga harus mematuhi standar kebersihan dan sertifikasi kualitas yang berlaku, seperti halal, BPOM, maupun ISO. 

Sebagai informasi tambahan, perizinan usaha sangatlah penting untuk pelaku usaha, dimana dengan memiliki legalitas usaha maka tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan (Nia & Arya, 2022).

Dengan memiliki perizinan dan sertifikat yang lengkap, maka Anda dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan memperluas pasar Anda.

6. Menerapkan strategi pemasaran online dan offline

Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea & Cara Memulainya 20

Terakhir, strategi pemasaran online dan offline sangatlah penting dalam memulai usaha minuman bubuk green tea. 

Hal itu dilakukan agar produk Anda lebih mudah dikenal dan disukai oleh masyarakat secara luas. 

Berikut beberapa strategi yang dapat Anda lakukan dalam pemasaran online dan offline, yaitu:

Pemasaran Online

  • Buatlah website/toko online yang informatif dan menarik tentang produk green tea yang dilengkapi dengan foto, deskripsi rinci, dan testimoni.
  • Aktif melakukan promosi di media sosial seperti di Instagram, Facebook, atau pun TikTok dengan konten yang kreatif dan edukatif untuk konsumen.
  • Memasang iklan produk di platform iklan online terpercaya, seperti google ads dengan menargetkan demografi konsumen green tea.
  • Mendaftarkan produk di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, atau Lazada untuk memperluas jangkauan penjualan.
  • Melakukan optimasi SEO agar produk Anda mudah ditemukan di mesin pencarian Google.
Baca juga   Analisa Peluang Usaha, SWOT Hingga Modal Bisnis Minuman Serbuk Buah

Pemasaran Offline

  • Menjalin kerjasama dengan outlet, cafe dan gerai ritel untuk menjual produk bubuk green tea Anda.
  • Berikanlah tester produk di pusat perbelanjaan dan komunitas pecinta teh untuk menarik minat mereka.
  • Mencetak brosur, poster, dan x-banner sebagai materi promosi offline.
  • Memberikan potongan harga dan promo yang menarik untuk konsumen yang membeli di outlet atau untuk reseller.
  • Mengikuti pameran dagang yang berkaitan dengan produk makanan-minuman untuk memperkenalkan produk minuman bubuk green tea Anda.

Dengan kombinasi pemasaran online dan offline yang kreatif, maka produk minuman bubuk green tea Anda akan semakin diterima oleh pasar.

Tantangan dan solusi usaha minuman bubuk green tea

Persaingan ketat

Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea & Cara Memulainya 22

Persaingan yang ketat menjadi tantangan utama dalam memulai bisnis minuman bubuk, salah satunya minuman bubuk green tea. 

Hal ini terlihat dari banyaknya kompetitor dengan berbagai merk yang sudah dikenal oleh masyarakat.

Menurut Sitorus (2015), persaingan dalam bisnis minuman bubuk semakin kompetitif karena banyaknya pengusaha yang terjun di bidang yang sama.

Walaupun begitu, pasar untuk bisnis minuman bubuk masih belum jenuh.

Untuk menghadapi persaingan yang ketat ini, maka solusi yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Terus berinovasi menciptakan varian rasa dan kemasan produk yang baru dan menarik. 

Inovasi dalam rasa misalnya green tea rasa jahe, temulawak, dan buah-buahan segar atau Inovasi kemasan misalnya dengan menggunakan desain yang unik dan praktis.

  • Mempertahankan kualitas dan kelezatan rasanya agar tetap konsisten. Kualitas yang terjaga akan membuat konsumen tetap loyal terhadap produk Anda.
  • Menawarkan harga yang kompetitif dengan terus berupaya menekan biaya produksi namun margin keuntungan masih terjaga.
  • Melakukan riset pasar dan menganalisis strategi pesaing agar Anda bisa menyusun strategi yang tepat untuk bersaing.
  • Memberikan layanan dan program konsumen yang menarik seperti garansi kepuasan.

Dengan berinovasi dan tetap menjaga kualitas serta harga kompetitif, maka bisnis minuman bubuk green tea Anda tetap dapat tumbuh pesat meski persaingan semakin ketat.

Modal besar

Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea & Cara Memulainya 24

Perlu Anda tahu bahwa memulai usaha minuman bubuk green tea memerlukan modal yang tidak sedikit. Hal ini dikarenakan beberapa faktor berikut:

  • Biaya investasi awal untuk peralatan produksi cukup mahal. 

Misalnya mesin pengering, penggiling daun teh, mesin kemasan, dan peralatan penunjang lainnya. 

  • Biaya renovasi atau sewa tempat produksi dan gudang penyimpanan.
  • Biaya bahan baku berupa daun teh hijau berkualitas tinggi.
  • Biaya operasional seperti tenaga kerja, listrik, perawatan mesin.
  • Biaya promosi dan pemasaran yang dibutuhkan cukup besar untuk memperkenalkan produk baru.

Namun, Anda dapat mengatasi tantangan tersebut dengan beberapa solusi berikut ini. 

  • Mencari investor atau kerjasama dengan perusahaan lain untuk penyertaan modal.
  • Melakukan pinjaman perbankan dengan skema kredit yang sesuai. 
  • Mulai dari skala kecil terlebih dahulu dengan manajemen modal yang baik.
  • Mencari skema pembiayaan peralatan produksi dari supplier atau leasing.

Dengan perencanaan yang matang, maka kendala modal besar dapat Anda atasi untuk memulai usaha minuman bubuk green tea tersebut.

Baca artikel kami tentang perhitungan modal usaha minuman berdasar skala usahanya.

Edukasi konsumen

Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea & Cara Memulainya 26

Edukasi konsumen menjadi tantangan tersendiri dalam memasarkan produk minuman bubuk green tea. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yakni:

  • Masih banyak konsumen awam yang belum mengerti manfaat green tea untuk kesehatan. Sebagian besar konsumen baru tahu mengenai teh hijau rasanya pahit.
  • Banyak konsumen yang masih ragu apakah khasiat green tea benar-benar terbukti secara ilmiah.
  • Kurangnya pemahaman konsumen dalam memilih dan mengolah daun teh hijau berkualitas.

Untuk mengatasi hal tersebut, Ada beberapa solusi yang dapat Anda lakukan untuk mengedukasi konsumen, yaitu:

  • Secara online, buatlah konten edukatif di website/blog, media sosial atau youtube tentang manfaat green tea berdasarkan riset dan temuan ilmiah.
  • Secara offline Anda dapat memasang brosur dan poster edukatif di gerai penjualan serta saat acara pameran.
  • Bekerja sama dengan influencer atau komunitas kesehatan untuk menyebarkan edukasi tentang green tea.
  • Memberikan bonus booklet atau leaflet saat pembelian untuk edukasi konsumen.
  • Mengedukasi dengan cara menyeduh green tea yang benar di kemasan produk.

Dengan edukasi yang konsisten dan menyeluruh, maka minat dan pemahaman konsumen akan semakin meningkat terhadap produk green tea Anda.

Penutup

Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea & Cara Memulainya 28

Minuman bubuk green tea adalah inovasi penyajian dari teh hijau yang sangat praktis dan memiliki banyak manfaat. 

Perlu Anda ketahui bahwa permintaan global untuk produk  teh hijau terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. 

Hal itu karena minuman bubuk green tea memiliki beberapa keunggulan, seperti praktis, efisien, sehat, dan mengandung antioksidan tinggi. 

Selain itu, peluang pasarnya di Indonesia juga sangat besar dan terbuka lebar untuk berbagai kalangan.

Untuk Anda yang ingin yang memanfaatkan peluang tersebut, berikut langkah-langkah penting untuk memulai usaha minuman bubuk green tea meliputi: 

  • Riset pasar
  • Penggunaan bahan baku berkualitas
  • Proses produksi standar
  • Strategi pengemasan dan penyimpanan
  • Memenuhi perizinan
  • Penerapan pemasaran online dan offline.

Namun, perlu Anda tahu bahwa ada beberapa tantangan yang mungkin dihadapi antara lain persaingan ketat, modal awal besar, dan edukasi konsumen.

Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir akan tantangan-tantangan tersebut karena dapat diatasi dengan baik melalui solusi yang tepat.

Dengan mempertimbangkan seluruh aspek dengan matang, maka bisnis minuman bubuk green tea menjadi peluang menjanjikan untuk meraih kesuksesan bagi wirausahawan di Indonesia.

Setelah Anda mengetahui tentang minuman bubuk green tea. Yuk, cari tahu juga mengenai gambaran strategi bisnis minuman bubuk coklat.

5/5 - (1 vote)

2 pemikiran pada “Peluang Usaha Minuman Bubuk Green Tea & Cara Memulainya”

  1. Beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam mengidentifikasi peluang bisnis untuk minuman bubuk green tea antara lain:

    1. Tren pasar Analisis tren minuman kesehatan saat ini dan prediksi tren di masa mendatang. Minuman bubuk green tea berpotensi tinggi karena preferensi masyarakat terhadap produk kesehatan.
    2. Target pasar Identifikasi target pasar yang tepat, apakah menyasar segmentasi kalangan menengah ke atas atau justru menargetkan pasar massal. Ini akan berpengaruh pada strategi pemasaran dan penentuan harga produk.
    3. Bahan baku Ketersediaan pasokan bahan baku green tea segar berkualitas tinggi dan kontinuitas pasokannya. Ini menentukan kualitas dan konsistensi produk.
    4. Teknologi Memiliki teknologi produksi yang higienis dengan peralatan modern sesuai standar. Hal ini penting untuk menjamin keamanan dan efisiensi proses produksi.
    5. Akses distribusi Jaringan distribusi yang luas ke berbagai gerai modern maupun tradisional. Disribusi menyeluruh dapat memperluas cakupan pemasaran produk secara geografis.
    6. Analisis pesaing Melakukan benchmark terhadap produk pesaing yang sudah ada untuk menyusun strategi positioning dan penentuan harga yang tepat.

    Pertimbangan utamanya adalah bagaimana menciptakan value proposition yang kuat di benak konsumen Indonesia terhadap minuman bubuk green tea yang akan dipasarkan.

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk konsultasi produk dan informasi penawaran harga maklon terbaru