Bisnis

Memulai Usaha Minuman Matcha? Perhatikan Ini!

Diterbitkan pada

Telah diupdate pada

Ditulis oleh Muslim

Disupervisi oleh Melawati, Purwanto

Belakangan ini, minum teh hijau atau matcha semakin populer di masyarakat. Matcha mengandung antioksidan yang tinggi dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Ismarlina (2015) menyebutkan bahwa kandungan antioksidan dalam matcha 10 kali lebih tinggi dibandingkan dengan teh hijau lainnya.

Namun, ketersediaan minuman matcha di Indonesia masih terbatas. Kebanyakan minuman matcha yang beredar adalah produk impor dengan harga yang mahal. Inilah yang menjadi peluang usaha minuman matcha di Indonesia.

Menurut Fact.MR, pasar teh matcha global diperkirakan tumbuh sebesar 9,9% CAGR dari 2,67 miliar dollar pada tahun 2023 menjadi 6,86 miliar dollar pada tahun 2033.

Masalahnya, memulai usaha minuman baru bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan modal yang cukup besar, ketrampilan membuat minuman, dan strategi pemasaran yang tepat. Tanpa persiapan matang, usaha minuman matcha bisa saja gagal.

Usaha minuman sehat berbahan matcha sebenarnya sangat menjanjikan. Permintaan matcha di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Dengan melakukan riset pasar dan mempersiapkan strategi bisnis yang tepat, usaha minuman matcha bisa sukses dan menguntungkan.

Cara terbaik memulai usaha minuman matcha adalah dengan membuat perencanaan matang. Anda perlu mempelajari seluk beluk matcha, cara membuat minuman enak dari matcha, menyiapkan modal awal, memilih lokasi strategis, dan membuat inovasi agar produk kita unggul dari kompetitor. Dengan persiapan matang dan eksekusi strategi pemasaran yang tepat, usaha minuman matcha kita pasti bisa sukses.

Di dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat memulai usaha minuman matcha, mulai dari memastikan kualitas bahan baku hingga memperhatikan seluruh aspek legalitas usaha.

Yuk, baca artikel ini hingga selesai untuk mengetahuinya.

Apa itu Minuman Matcha?

minuman matcha

Minuman matcha adalah jenis minuman yang terbuat dari bubuk teh hijau yang berasal dari Jepang.

Minuman ini memiliki rasa dan warna hijau yang khas serta kaya akan antioksidan dan anti inflamasi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh (Joanna, 2021).

Anda dapat menjumpai minuman matcha yang disajikan dengan air panas atau dingin, dengan atau tanpa susu, dan dengan berbagai tambahan, seperti madu, sirup atau buah-buahan.

Hal Penting saat Mulai Usaha Minuman Matcha

Beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan saat memulai usaha minuman matcha di Indonesia adalah sebagai berikut:

Memastikan kualitas bahan baku

Memulai Usaha Minuman Matcha? Perhatikan Ini! 2

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat memulai usaha minuman matcha adalah kualitas bahan baku teh. 

Bahan baku yang berkualitas akan mempengaruhi rasa, aroma, warna, dan tekstur minuman matcha yang dihasilkan. 

Oleh karena itu, Anda harus memilih matcha yang memiliki grade tertinggi dan sesuai dengan standar kesehatan.

Dilansir dari Teaologits, matcha memiliki tiga tingkatan grade, yaitu ceremonial grade (kualitas terbaik), premium grade (kualitas tinggi), dan culinary (untuk pencampuran).

Matcha dengan grade tertinggi biasanya memiliki rasa yang lebih segar, aroma yang lebih kuat, warna yang lebih hijau, dan tekstur yang lebih lembut. 

Disamping itu, matcha grade tertinggi juga mengandung lebih banyak antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. 

Anda dapat mengimpor langsung matcha dengan grade tertinggi dari Jepang yaitu ceremonial grade. Hal itu karena Jepang merupakan negara asal matcha dan memiliki kualitas terbaik. 

Dengan menggunakan matcha grade tertinggi dari Jepang, maka Anda dapat menawarkan minuman matcha yang autentik dan berkualitas kepada konsumen Anda.

Melakukan Inovasi resep dan rasa

Memulai Usaha Minuman Matcha? Perhatikan Ini! 4

Selanjutnya untuk memulai usaha minuman matcha, maka Anda perlu menyesuaikan produk Anda dengan selera konsumen Indonesia. 

Seperti yang Anda tahu bahwa matcha berasal dari Jepang, tetapi mungkin saja konsumen Indonesia lebih menyukai rasa yang lainnya, seperti coklat, strawberry, atau susu. 

Baca juga   Jenis Minuman yang Sering Dijadikan Bisnis di Indonesia

Oleh karena itu, Anda harus bisa mengkombinasikan atau membuat inovasi resep dan rasa yang sesuai dengan lidah konsumen Indonesia. 

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui selera konsumen Indonesia, yaitu:

Lakukan Riset Pasar dan Survei Konsumen

Pertama, Anda harus melakukan riset pasar dan survei kepada konsumen, baik secara online maupun offline.

Dalam riset dan survei tersebut, Anda harus mencari tahu mengenai demografi, preferensi rasa, kemasan dan harga minuman yang sesuai dengan konsumen Indonesia. 

Pelajari Tren Minuman di Indonesia

Saat ini mungkin matcha merupakan minuman yang sedang populer di Indonesia, tetapi tren tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengikuti perkembangan tren minuman di Indonesia dan melihat apakah matcha masih diminati atau tidak oleh konsumen.

Mencoba Produk Pesaing

Ketiga, Anda dapat membandingkan antara produk matcha Anda dengan produk pesaing yang sudah ada di pasar. 

Anda harus memperhatikan mengenai kualitas, rasa, kemasan, dan harga produk yang ditawarkan oleh pesaing. 

Kemudian, Anda harus menemukan keunggulan dan kelemahan pada produk Anda.

Lakukan Riset Kualitatif

Keempat, Anda dapat melakukan wawancara atau diskusi dengan konsumen yang sudah pernah mencoba minuman matcha untuk mencari tahu alasan mereka menyukai atau tidak menyukai minuman matcha.

Tes Pasar dengan Produk Percobaan

Kelima, buatlah varian rasa atau kemasan baru untuk minuman matcha Anda dan cobalah jual dalam jumlah yang terbatas. 

Setelahnya, lihat reaksi dan bagaimana tanggapan konsumen terhadap produk percobaan Anda sebelum Anda meluncurkan produk secara luas.

Optimalkan Media Sosial

Keenam, Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk berinteraksi dengan konsumen potensial. 

Dengan mengoptimalkan media sosial, maka Anda dapat membuat survei, diskusi, atau kontes untuk mendapatkan feedback dari konsumen yang bermanfaat untuk keberlangsungan bisnis Anda.

Pengamatan Lapangan

Terakhir, Anda dapat melakukan kunjungan ke outlet-outlet atau kafe-kafe yang menjual minuman matcha.

Kemudian, Anda bisa mengamati perilaku konsumen saat membeli atau menikmati minuman matcha tersebut.

Dengan melakukan riset pasar secara menyeluruh, maka Anda dapat menemukan inovasi resep dan rasa yang sesuai untuk usaha minuman matcha Anda.

Punya resep minuman serbuk dengan kandungan matcha? Yuk jadikan bisnis dengan brand anda sendiri melalui jasa maklon teh dari kami.

Desain kemasan yang menarik

Memulai Usaha Minuman Matcha? Perhatikan Ini! 6

Ketiga, hal penting yang perlu Anda lakukan saat memulai usaha minuman matcha adalah membuat desain kemasan yang menarik.

Desain kemasan yang menarik merupakan salah satu faktor yang dapat membedakan produk Anda dari pesaing. 

Kemasan yang unik dan eye-catching tidak hanya dapat menarik perhatian konsumen, tetapi juga dapat mencerminkan identitas brand, nilai, dan kualitas dari produk Anda. 

Desain kemasan, menurut penelitian Aisa (2022) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan konsumen untuk membeli atau membatalkan pembelian suatu produk.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk membuat desain kemasan yang menarik, antara lain:

No.
Tips
Penjelasan
1.
Sesuaikan desain kemasan dengan target pasar
Anda harus mengetahui siapa yang akan menjadi konsumen potensial Anda.Kemudian, apa kebutuhan dan preferensi mereka dan bagaimana cara mereka membeli produk minuman matcha. Ketiga hal itu akan membantu Anda untuk menentukan warna, bentuk, ukuran, dan bahan kemasan yang sesuai dengan karakteristik dan keinginan konsumen Anda.
2.
Gunakan elemen visual yang menonjolkan keunikan produk
Gunakanlah logo, gambar, ilustrasi, atau tipografi yang dapat mencerminkan ciri khas dari produk minuman matcha Anda. Berbagai elemen visual tersebut harus mudah dikenali dan diingat oleh konsumen, serta dapat membedakan produk Anda dari produk sejenis lainnya.
3.
Berikan informasi yang jelas dan lengkap tentang produk
Jangan lupa untuk menyertakan informasi penting pada produk Anda, seperti nama produk, merek, komposisi, manfaat, cara penyajian, tanggal kadaluarsa, dan label halal pada kemasan Anda. Informasi tersebut harus ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan font yang mudah dibaca oleh konsumen.Selain itu, Anda juga dapat menambahkan slogan atau tagline yang menarik dan menggugah emosi konsumen.
4.
Memilih bahan kemasan yang berkualitas dan ramah lingkungan
Perlu Anda ketahui bahwa bahan kemasan yang berkualitas dapat melindungi produk Anda dari kerusakan akibat suhu, kelembaban, atau kontaminasi. Kemudian, bahan kemasan yang ramah lingkungan dapat menunjukkan komitmen Anda terhadap pelestarian lingkungan yang dapat meningkatkan citra positif brand Anda di mata konsumen. Beberapa contoh bahan kemasan yang berkualitas dan ramah lingkungan, seperti kertas daur ulang, plastik biodegradable, atau gelas.

Harga terjangkau tetapi masih menguntungkan

Memulai Usaha Minuman Matcha? Perhatikan Ini! 8

Harga jual harus bersaing tapi margin keuntungan cukup untuk menutupi biaya operasional.

Baca juga   Ragam Contoh Inovasi Produk Minuman Probiotik untuk Bisnis

Keempat, hal penting yang harus Anda lakukan saat memulai usaha minuman matcha adalah menentukan harga jual minuman matcha yang tepat. 

Penentuan harga jual sangatlah penting karena dapat mempengaruhi yang ingin dicapai dan keberlangsungan usaha (E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Harga jual yang Anda tawarkan kepada konsumen harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya sewa tempat, biaya peralatan, maupun biaya promosi. 

Disamping itu, harga jual juga harus sesuai dengan target pasar dan daya beli konsumen Anda. Hal itu karena harga jual yang terlalu tinggi dapat membuat konsumen enggan membeli, sedangkan harga jual yang terlalu rendah dapat membuat usaha rugi.

Untuk menentukan harga jual yang terjangkau tetapi masih menghasilkan margin, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan. 

Menghitung Biaya Produksi Per Gelas Minuman Matcha

Biaya produksi adalah jumlah total dari semua biaya yang dikeluarkan untuk membuat satu gelas minuman matcha. 

Biaya produksi dapat dibagi menjadi dua yaitu biaya tetap dan biaya variabel. 

Biaya tetap adalah biaya yang tidak pernah berubah meskipun jumlah produksi mengalami perubahan, seperti biaya sewa tempat dan biaya peralatan. 

Sedangkan, biaya variabel adalah biaya yang berubah-ubah sesuai dengan jumlah produksi, seperti biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja.

Menentukan Margin Keuntungan yang Diinginkan

Margin keuntungan adalah selisih antara harga jual dan biaya produksi. Margin keuntungan dapat Anda tentukan berdasarkan persentase atau nilai nominal. 

Misalnya, jika Anda menginginkan margin keuntungan 30% dari biaya produksi, maka harga jual minuman matcha harus ditambah dengan 30% dari biaya produksi. 

Atau, jika Anda ingin mendapatkan margin keuntungan sebesar Rp 5.000 per gelas, maka harga jual minuman Anda harus ditambah dengan Rp 5.000 dari biaya produksi.

Lakukan Riset Pasar terhadap Harga Jual Kompetitor dan Preferensi Konsumen

Riset pasar dapat Anda lakukan dengan cara mengamati langsung, melalui survei, atau mencari informasi dari sumber-sumber yang terpercaya. 

Perlu Anda ketahui bahwa riset pasar berguna untuk menyesuaikan harga jual dengan kondisi pasar dan menghindari kesalahan dalam penetapan harga. 

Selain itu, riset pasar juga dapat membantu untuk mengetahui nilai tambah yang dapat Anda tawarkan kepada konsumen, seperti kualitas produk, pelayanan, atau variasi rasa.

Mengevaluasi Harga Jual secara Berkala

Lakukanlah evaluasi harga jual agar tetap mengikuti perkembangan pasar dan kondisi usaha. 

Evaluasi harga jual dapat Anda lakukan dengan cara memantau penjualan, laba rugi, feedback konsumen, dan strategi yang diterapkan oleh kompetitor. 

Apabila penjualan menurun atau laba rugi mengecil, maka harga jual mungkin perlu diturunkan atau adanya penambahan nilai tambah pada minuman matcha.

Namun, apabila penjualan meningkat atau laba rugi membesar, maka harga jual mungkin perlu dinaikkan atau dipertahankan.

Membangun merek dan pemasaran

Memulai Usaha Minuman Matcha? Perhatikan Ini! 10

Membangun merek dan marketing merupakan langkah yang harus Anda persiapkan secara matang saat memulai usaha minuman matcha. 

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini, antara lain:

No.
Hal yang Harus Diperhatikan
Deskripsi
1.
Menentukan visi, misi, dan nilai-nilai brand Anda
Anda harus menentukan visi, misi, dan nilai-nilai yang ingin disampaikan oleh brand minuman Anda kepada konsumen. Hal itu akan membantu Anda untuk menentukan identitas brand, seperti nama, logo, slogan, warna, dan desain kemasan yang sesuai dengan karakteristik produk dan target pasar Anda.
2.
Melakukan riset pasar terhadap konsumen
Lakukanlah riset pasar untuk mengetahui kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen minuman matcha. Riset yang Anda lakukan tersebut akan membantu Anda menentukan segmentasi, posisi, dan diferensiasi produk Anda di pasar yang kompetitif.
3.
Menyusun strategi marketing mix
Anda dapat menyusun strategi marketing mix yang terdiri dari produk, harga, distribusi, dan promosi. Produk minuman Anda harus memiliki kualitas, rasa, dan manfaat yang unggul dan sesuai dengan keinginan konsumen. Kemudian, harga yang ditetapkan harus kompetitif dan sesuai dengan nilai produk. Lalu, distribusi minuman Anda harus luas dan mudah dijangkau oleh konsumen. Terakhir, promosi yang Anda lakukan haruslah efektif dan kreatif untuk menarik perhatian dan minat konsumen.
4.
Melakukan strategi promosi di media sosial dan influencer
Media sosial adalah salah satu kanal pemasaran yang paling efisien dan murah untuk menjangkau konsumen yang potensial. Anda dapat memanfaatkan berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, maupun TikTok untuk memperkenalkan minuman matcha Anda.Disamping itu, Anda juga dapat memberikan informasi, mengajak interaksi, dan memberikan testimoni dari konsumen yang puas terhadap minuman Anda. Selain itu, Anda bisa bekerja sama dengan influencer yang memiliki pengaruh dan kredibilitas di kalangan konsumen minuman matcha. Anda dapat memberikan produk gratis atau diskon kepada influencer untuk mereview atau merekomendasikan produk Anda kepada followers mereka.

Dengan melakukan hal-hal di atas, maka Anda dapat membangun merek dan marketing untuk memulai usaha minuman matcha dengan sukses.

Baca juga   Analisis Target Pasar untuk Bisnis Minuman Glutathione

Memilih lokasi outlet strategis

Memulai Usaha Minuman Matcha? Perhatikan Ini! 12

Memilih lokasi outlet strategis merupakan hal penting yang harus Anda lakukan saat memulai usaha minuman matcha. 

Lokasi yang strategis berarti lokasi yang mudah untuk dijangkau, memiliki potensi pasar yang besar, dan sesuai dengan target konsumen produk Anda. 

Salah satu contoh lokasi strategis untuk outlet minuman matcha adalah pusat perbelanjaan atau kawasan wisata yang ramai pengunjung. 

Dikutip dari Risa dkk (2022), pusat perbelanjaan dan tempat wisata/hiburan selalu menjadi tempat yang ramai pengunjung.

Perlu Anda tahu bahwa outlet atau booth minuman matcha yang berada di lokasi tersebut dapat menarik perhatian konsumen yang sedang berbelanja atau berwisata, serta memanfaatkan kunjungan konsumen yang tinggi. 

Selain itu, mendirikan outlet/booth minuman matcha dapat menghemat biaya sewa dan operasional dibandingkan dengan membuka toko permanen. 

Walaupun begitu, outlet minuman matcha Anda tetap harus memperhatikan faktor-faktor seperti persaingan, kualitas produk, pelayanan, dan promosi agar dapat bersaing dan bertahan di pasar yang semakin kompetitif.

Menerapkan sistem franchise/waralaba

Memulai Usaha Minuman Matcha? Perhatikan Ini! 14

Menerapkan sistem franchise/waralaba merupakan langkah strategis yang dapat meningkatkan dan mempercepat profitabilitas dan kredibilitas bisnis minuman matcha Anda. 

Franchise/waralaba telah memberikan sumbangsih keberhasilan untuk para pengusaha di bidang makanan dan minuman (Endang & Mulyati, 2007).

Dengan sistem franchise, maka Anda dapat memanfaatkan jaringan, merek, dan standar operasional yang sudah teruji dari usaha yang Anda jalani. 

Kemudian, Anda juga dapat menghemat biaya pengembangan produk, pemasaran, dan pelatihan karyawan. 

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membuka gerai baru lewat waralaba/franchise, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti:

  • Tentukan konsep dan target pasar yang sesuai dengan produk dan merek minuman matcha Anda. 

Anda harus memastikan bahwa produk dan merek minuman Anda memiliki daya saing dan diferensiasi yang kuat di pasar yang dituju.

  • Siapkanlah standar operasional dan sistem manajemen yang jelas dan terstruktur. 

Sediakanlah panduan, pelatihan, bimbingan, dan supervisi yang efektif untuk para mitra waralaba Anda agar dapat menjalankan usaha dengan konsisten dan berkualitas.

  • Carilah lokasi yang strategis dan menarik untuk para konsumen dan mitra

Anda harus melakukan riset pasar dan analisis kompetitor untuk menentukan lokasi yang potensial dan menguntungkan untuk usaha waralaba yang Anda jalani.

  • Tetapkan biaya dan keuntungan untuk mitra waralaba yang wajar dan transparan. 

Tentukanlah besaran biaya waralaba, royalti, maupun iklan yang sesuai dengan nilai tambah yang Anda berikan kepada para mitra waralaba. 

Selain itu, Anda juga harus memberikan laporan keuangan yang akurat dan terpercaya kepada para mitra waralaba secara berkala.

  • Membangun hubungan yang baik dan saling menguntungkan dengan para mitra waralaba. 

Berkomunikasilah secara aktif dan responsif dengan para mitra waralaba, kemudian berikan dukungan, saran, dan solusi yang dibutuhkan, serta hargai dan apresiasi setiap kinerja mereka.

Mengikuti perkembangan tren secara berkala

Memulai Usaha Minuman Matcha? Perhatikan Ini! 16

Mengikuti perkembangan tren secara berkala adalah hal penting saat memulai usaha minuman matcha. 

Hal itu karena selera konsumen dapat dengan cepat berubah, sehingga produk dan strategi pemasaran minuman matcha yang Anda gunakan harus segera disesuaikan dengan tren terkini.

Suatu usaha, menurut penelitian terbaru (Rahmasari, 2023), harus dapat mengikuti dan memahami tren perilaku konsumen yang sedang terjadi, sehingga tetap dapat mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan yang relevan.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar tetap dapat mengikuti perkembangan tren terkini secara berkala, yaitu:

Melakukan Riset Pasar secara Rutin

Riset pasar yang Anda lakukan dapat membantu untuk mengetahui preferensi, kebutuhan, dan keinginan konsumen terhadap minuman matcha. 

Anda dapat melakukan riset pasar dengan cara mengadakan survei, wawancara, atau observasi langsung di lapangan.

Mengamati Pesaing

Mengamati pesaing dapat memberikan gambaran tentang produk dan strategi pemasaran yang sedang digunakan oleh pesaing. 

Dari situ, Anda dapat melakukan analisis kelebihan dan kekurangan pesaing, serta peluang dan ancaman yang ada di pasar yang terus berkembang.

Mengikuti Media Sosial dan Influencer

Perlu Anda ketahui bahwa media sosial dan influencer dapat menjadi sumber informasi tentang tren terbaru yang sedang diminati oleh konsumen. 

Dengan mengikuti media sosial dan influencer, maka Anda dapat mengetahui apa yang sedang viral, populer, atau dibicarakan oleh konsumen.

Mencoba Hal Baru

Terakhir, Anda dapat mencoba hal baru yang dapat membantu Anda untuk membuat produk dan strategi pemasaran yang inovatif dan kreatif. 

Hal baru tersebut dapat berupa varian rasa, topping, kemasan, promosi, atau kolaborasi dengan brand lain.

Memperhatikan seluruh aspek legalitas usaha

Memulai Usaha Minuman Matcha? Perhatikan Ini! 18

Terakhir, Anda harus memperhatikan seluruh aspek legalitas usaha saat akan memulai usaha minuman matcha.

Menurut Rini (2017), salah satu faktor yang mempengaruhi keberlangsungan usaha yaitu keberadaan unsur legalitas dari usaha tersebut.

Dalam aspek legalitas usaha, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan baik, antara lain:

No.
Hal yang Harus Diperhatikan
Uraian
1.
Perizinan usaha
Anda harus mengurus perizinan usaha minuman matcha sesuai dengan jenis dan skala usaha Anda.Beberapa perizinan usaha tersebut, seperti SIUP, TDP, NPWP, BPOM, dan PIRT. Perizinan usaha tersebut akan memberikan legalitas dan kepastian hukum untuk usaha Anda, serta memudahkan Anda dalam mengurus perpajakan dan administrasi lainnya.
2.
Kesehatan dan keamanan produk
Pastikan bahwa produk minuman matcha yang Anda produksi dan jual memiliki standar kesehatan dan keamanan yang baik, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Anda harus memperhatikan bahan baku, proses produksi, penyimpanan, pengemasan, dan distribusi produk Anda secara menyeluruh. Selain itu, Anda juga harus menampilkan informasi penting pada label kemasan produk.Menurut Istana UMKM, setidaknya label kemasan produk berisikan mengenai: Nama produkDaftar bahan yang digunakanBerat bersih atau isi bersihNama dan alamat pihak yang memproduksi atau mengimporHalal untuk yang dipersyaratkanTanggal dan kode produksiKeterangan kadaluarsaNomor izin edarAsal usul bahan pangan tertentu
3.
Hak kekayaan intelektual
Jangan lupakan untuk melindungi hak kekayaan intelektual yang berkaitan dengan usaha Anda, seperti merek dagang, desain industri, maupun hak cipta. Hak kekayaan intelektual ini akan memberikan nilai tambah dan diferensiasi untuk produk Anda di pasar, serta mencegah tindakan plagiat atau pemalsuan oleh pihak lain.

Dengan perencanaan matang dan eksekusi strategi pemasaran yang tepat, usaha minuman matcha bisa berkembang pesat di Indonesia.

Penutup

Memulai Usaha Minuman Matcha? Perhatikan Ini! 20

Bisnis minuman matcha semakin diminati di Indonesia. Hal itu menyebabkan banyak bermunculannya pesaing baru dalam bisnis ini. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin memulai bisnis minuman matcha, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Berikut beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat memulai usaha minuman matcha, antara lain:

  • Memastikan kualitas bahan baku menggunakan yang terbaik
  • Membuat inovasi resep dan rasa sesuai selera konsumen Indonesia
  • Membuat desain kemasan yang menarik
  • Menetapkan Harga terjangkau dengan tetap menghasilkan margin yang cukup
  • Membangun merek dan marketing yang kuat dan kreatif
  • Memilih lokasi outlet strategis dan memiliki potensi pasar
  • Menerapkan sistem franchise/waralaba ketika ingin memperluas jangkauan usaha
  • Mengikuti perkembangan tren secara berkala
  • Memperhatikan seluruh aspek legalitas usaha

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, maka Anda dapat menjalankan usaha minuman matcha dengan lancar dan sukses.

Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda yang akan terjun dalam bisnis minuman matcha.Setelah mengetahui tentang minuman matcha. Yuk, cari tahu juga tentang minuman bubuk green tea dan potensi bisnisnya.

post

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk konsultasi produk dan informasi penawaran harga maklon terbaru