Bisnis

Contoh Business Plan Powder Minuman Kekinian

Diterbitkan pada

Telah diupdate pada

Ditulis oleh Purwanto

Disupervisi oleh Melawati, Purwanto

Sebelum memulai usaha minuman, Anda pasti akan memerlukan dokumen kelayakan bisnis atau business plan. 

Business plan adalah dokumen tertulis yang berisi rencana bisnis lengkap dengan analisis pasar, produk, operasional, manajemen, keuangan, dan strategi pertumbuhan bisnis.

Business plan dibuat untuk memastikan bahwa bisnis yang akan dijalankan memiliki prospek yang baik dan layak untuk dilakukan.

Bisnis minuman merupakan bisnis yang sangat kompetitif dan memiliki risiko yang tinggi.

Oleh karena itu, business plan sangat penting untuk memastikan bahwa bisnis minuman yang akan dijalankan memiliki prospek yang baik dan layak untuk dilakukan.

Business plan juga membantu Anda untuk merencanakan bisnis secara matang dan menghindari kesalahan yang dapat merugikan bisnis.

Di dalam artikel ini, kami akan membahas contoh business plan powder drink kekinian yang lengkap, mulai dari executive summary, analisis pasar, produk dan layanan, business model dan operasional.

Selain itu, kami juga akan membahas manajemen dan organisasi, rencana keuangan, strategi pertumbuhan dan pengembangan bisnis, serta strategi penetapan harga tanpa over-cost.

Yuk, tidak perlu berlama-lama lagi, baca artikel tentang contoh business plan ini sampai selesai.

Executive Summary

Contoh Business Plan Powder Minuman Kekinian 1

CiPow (Cirebon Powder) Drink merupakan bisnis penyedia bahan baku powder drink kekinian yang berkantor di Cirebon, Jawa Barat.

Produk utama dari bisnis ini adalah bubuk minuman aneka rasa, seperti coklat, strawberry, taro, matcha, alpukat, thai tea, kopi susu, dan bubble tea.

Bisnis CiPow Drink didirikan untuk memanfaatkan peluang besar pada industri minuman bubuk aneka rasa yang berkembang pesat.

Menurut SkyQuest Technology, nilai pasar minuman bubuk aneka rasa secara global diperkirakan mencapai 100,04 miliar pada tahun 2030 dengan peningkatan CAGR sebesar 3,5% selama periode tahun 2023 – 2030.

CiPow Drink menargetkan segmen masyarakat yang ingin membuat minuman sendiri dirumah dan kalangan usaha yang menggunakan minuman bubuk sebagai bahan dasar pembuatan minumannya.

Keunggulan yang dimiliki oleh CiPow Drink adalah dalam teknik dan resep pengolahannya, sehingga dapat menghasilkan powder drink aneka rasa yang berkualitas premium dengan harga kompetitif.

Selain itu, kemasan produk yang menarik dan pesan pemasaran yang tepat menjadi pendukung utama dalam strategi penjualan ini.

CiPow Drink membutuhkan modal kerja awal sebesar Rp100 juta yang dialokasikan untuk pembelian bahan baku, mesin produksi, biaya operasional, dan pemasaran.

Dengan perkiraan tingkat pengembalian investasi sebesar 35%/tahun, CiPow Drink diperkirakan akan menjadi market leader minuman bubuk aneka rasa di Indonesia dalam waktu 3 tahun mendatang.

Analisis pasar

Contoh Business Plan Powder Minuman Kekinian 3

Potensi pasar minuman kekinian

Potensi pasar minuman kekinian sangatlah besar. Hal itu karena minuman terbaru ini sedang menjadi tren di berbagai kalangan masyarakat (DBD Powder, 2022).

Kalangan masyarakat, terutama Gen Z sangat menyukai rasa manis yang beragam pada minuman kekinian (UNAIR News, 2023).

Dilansir dari Jayani (2021), pada tahun 2020 masyarakat Indonesia di dominasi oleh Gen Z yang berjumlah 74,93 juta atau 27,94% dari total penduduk Indonesia. 

Kemudian, masyarakat Indonesia, menurut informasi (Annur, 2023), sangat menyukai manis, dimana 61% mengonsumsi minuman manis lebih dari 1 kali per hari.

Bahkan, sebanyak 62% masyarakat suka menambahkan gula ke dalam minumannya, dengan intensitas sering 47,7% dan sangat sering 15%.

Analisis pesaing

Bisnis serbuk minuman terbaru (CiPow Drink) memiliki beberapa pesaing yang sudah lebih dulu beroperasi di pasar, seperti Nestle, Nutrifood, GarudaFood, Torabika Eka Semesta, dan Omura (My Best).

Dikutip dari Kemenperin, industri minuman ringan, salah satunya minuman bubuk pada tahun 2013 telah mencapai 100 perusahaan, naik sebanyak 3 perusahaan sejak tahun 2011.

Beberapa produk pesaing tersebut, pasti sudah familiar Anda temui, seperti Hilo Thai Tea, Nestle Thai Milk Tea, Garudafood Chocolatos Italian Matcha Drink, dan Beng Beng Drink.

Baca juga   Berbagai Minuman Serbuk yang Berpotensi untuk Usaha

Walaupun begitu, usaha minuman bubuk kekinian masih sangat potensial untuk dikembangkan kedepannya. Hal itu karena permintaan terhadap powder drink terus meningkat.

Dilansir dari Future Market Insight, nilai pasar bubuk minuman pada tahun 2022 mencapai 10 miliar dolar dan diperkirakan akan terus dengan CAGR 3-4% hingga tahun 2030.

Analisis konsumen

Konsumen bisnis powder drink kekinian (CiPow Drink) adalah masyarakat yang menyukai minuman kekinian dan ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Menurut Annur (2022), konsumen minuman kekinian berasal dari usia 15 – 44 tahun. Dimana jumlah penduduk Indonesia yang berusia 15 – 44 pada tahun 2022 sekitar 130.588.411 jiwa (Badan Pusat Statistik).

Tentunya mereka yang menyukai minuman kekinian dapat menjadi target pasar yang tepat untuk memasarkan powder drink kekinian. 

Hal itu karena powder drink kekinian menawarkan kemudahan dan kenyamanan untuk konsumen yang ingin menikmati minuman favoritnya tanpa harus keluar rumah atau mengantre di kedai. 

Selain itu, konsumen juga dapat berasal dari kalangan bisnis minuman kekinian, restoran, cafe, atau hotel yang ingin menggunakan serbuk minuman kekinian sebagai bahan dasar untuk membuat minuman kekinian.

Dilansir dari Rizaty (2021), jumlah restoran di 10 provinsi di Indonesia pada tahun 2019 yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Bali, Banten, Sumatera Selatan, Riau, dan Lampung mencapai 53.513 usaha.

Hal tersebut menunjukkan bahwasannya jumlah restoran masih jauh lebih banyak lagi apabila 38 Provinsi di Indonesia dijumlahkan menjadi semuanya.

Sedangkan, jumlah hotel di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 29.742 usaha (Annur, 2022).

Produk dan Layanan

Contoh Business Plan Powder Minuman Kekinian 5

Keunggulan dan value proposition produk

Produk bubuk minuman terbaru dari CiPow Drink memiliki banyak keunggulan yang membuatnya dapat bersaing dengan produk lainnya di pasaran. 

Berikut beberapa keunggulan produk serbuk minuman kekinian dari CiPow Drink, yaitu:

  • Dapat dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai macam rasa bahan minuman kekinian.
  • Memiliki banyak varian rasa serbuk minuman kekinian yang dapat memenuhi selera dan kebutuhan konsumen yang berbeda.
  • Dibuat dengan menggunakan mesin dan peralatan produksi yang modern dan higienis agar bubuk lebih awet dan bebas kontaminasi.
  • Terdaftar di BPOM dan bersertifikat Halal MUI, sehingga produk terjamin kualitas dan keamanan produknya serta terbebas dari bahan pengawet atau pemanis buatan yang berbahaya.
  • Kemasan produk serasi dengan desain minimalis dan proses sealing yang rapat untuk melindungi isi produk dari kerusakan.
  • Memiliki harga jual yang bersaing dibanding merek sejenisnya untuk memberikan value for money untuk konsumen.

Sedangkan, value proposition produk bubuk minuman kekinian dari CiPow Drink adalah:

  • Produk memiliki kualitas tertinggi dan bersertifikat BPOM dan Halal.
  • Produk diolah dengan proses yang higienis dan terjamin keamanannya.
  • Produk selalu mengikuti perkembangan tren di pasar, sehingga selalu meluncurkan varian dan flavor powder drink paling hits dan kekinian.

Macam-macam varian rasa, kemasan, dan harga produk

Produk bubuk minuman kekinian dari CiPow Drink menghadirkan minuman bubuk aneka rasa, seperti coklat, strawberry, taro, matcha, alpukat, thai tea, kopi susu, dan bubble tea.

Produk-produk tersebut memiliki potensi nilai pasar yang terus meningkat setiap tahunnya dengan rentang CAGR sekitar 6,8% – 9,54% (Persistence Market Research & The Brain Insight).

Kemudian, serbuk minuman ini menggunakan kemasan sachet dengan berat setiap kemasannya yaitu 1 kg dan harga produk dibanderol Rp36.250.

Business Model & Operasional

Contoh Business Plan Powder Minuman Kekinian 7

Skala produksi awal dan target output

Sebagai bisnis minuman bubuk kekinian, CiPow Drink akan melakukan produksi awal dengan skala sebesar 2000 sachet/bulan dengan target output sebanyak 2000 sachet/bulan. 

Maka, diharapkan CiPow Drink dapat memenuhi permintaan konsumen yang terus meningkat setiap tahunnya tersebut.

Skema manufaktur dan supply bahan baku

Bahan baku yang digunakan adalah bahan baku yang berkualitas tinggi dan diambil dari distributor bubuk minuman kekinian yang terpercaya.

Sementara, proses manufaktur dilakukan dengan proses yang higienis dan menggunakan teknologi yang modern.

Hal tersebut karena bahan baku yang berkualitas tinggi berpengaruh dan positif terhadap kualitas akhir produk dengan nilai 55,2% (Erdi & Haryati, 2023).

Sedangkan, proses produksi memiliki pengaruh dan bernilai positif terhadap kualitas akhir produk sebesar 21,4%.

Analisis lokasi dan tata letak tempat usaha

Lokasi pabrik dipilih di daerah yang strategis dan mudah dijangkau oleh para konsumen. Lokasi tersebut akan memudahkan proses pemasaran dan distributor bubuk minuman kekinian.

Baca juga   Modal Usaha Minuman Skala Kecil, Menengah, Besar

Selain itu, tata letak tempat usaha juga didesain sedemikian rupa agar proses produksi dapat berjalan dengan efisien dan optimal, mulai dari area pengadaan bahan baku, area produksi, area penyimpanan barang jadi, dan area ekspedisi atau pengiriman.

Proses distribusi dan ketersediaan stok produk

Proses distribusi dilakukan dengan menggunakan jasa ekspedisi yang terpercaya.

Hal itu karena kualitas yang dimiliki oleh jasa ekspedisi terhadap konsumen dapat berpengaruh besar terhadap perusahaan (Donopriyanto).

Selain itu, ketersediaan stok produk dijaga agar selalu tersedia dan dapat memenuhi permintaan konsumen.

Manajemen dan Organisasi

Contoh Business Plan Powder Minuman Kekinian 9

Struktur organisasi

CiPow Drink sebagai bisnis bubuk minuman kekinian memiliki struktur organisasi yang lengkap. Berikut struktur organisasi dari CiPow Drink, antara lain:

  • Direktur, yaitu orang yang memimpin seluruh kegiatan perusahaan dan pengambilan keputusan strategis. 
  • Manajer produksi, yaitu orang yang mengelola seluruh aktivitas produksi powder minuman kekinian, mulai dari pengadaan bahan baku, proses mixing, pengemasan hingga penyimpanan barang jadi.
  • Manajer pemasaran, yaitu orang yang merencanakan strategi pemasaran produk, mulai dari riset pasar, periklanan, promosi, hingga distribusi dan penjualan.
  • Staf produksi, yaitu orang yang melakukan proses produksi sehari-hari powder minuman kekinian sesuai SOP yang ditetapkan.

Deskripsi tugas dan tanggung jawab setiap anggota tim

Setiap posisi mulai dari direktur hingga staf produksi di CiPow Drink memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

No.
Posisi
Tugas dan Tanggung Jawab
1.
Direktur
Memimpin dan mengawasi seluruh strategi dan operasional perusahaanMengambil keputusan bisnis yang strategisMenetapkan target pertumbuhan penjualan dan profitabilitas perusahaanMengelola dan mengevaluasi kinerja manajer departemen
2.
Manajemen Produksi
Merencanakan jadwal, target dan anggaran produksiMengelola bahan baku, persediaan dan proses produksiMemastikan standar mutu, kapasitas dan efisiensi produksiMengawasi performa mesin produksi dan peralatanMemimpin dan menilai kinerja staf produksi
3.
Manajemen Pemasaran
Menyusun strategi dan rencana pemasaran produkMengelola promosi, iklan dan kehumasan produkMerencanakan inovasi varian dan kemasan produkMemantau efektivitas strategi pemasaranMengelola penjualan produk ke distributor
4.
Staf Produksi
Melaksanakan proses produksi powder minumanMengaduk, mengemas dan melabeli produk sesuai standarMengoperasikan, membersihkan dan merawat mesin produksiMelaporkan perkembangan dan masalah produksiMenjaga standar keselamatan kerja dan higienis

Rencana pengembangan tim

Rencana pengembangan tim di perusahaan powder minuman kekinian (CiPow Drink) mencakup berbagai program untuk terus mengasah dan menyempurnakan keterampilan setiap individu dan tim agar memiliki performa yang lebih baik.

Beberapa program yang dilakukan diantaranya, seperti memberikan pelatihan produksi serta inovasi varian kekinian untuk tim R&D dan produksi agar kualitas dan optimasi produk terus meningkat.

Kemudian, melakukan coaching dan mentoring untuk manajer yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan mengelola tim, serta rutin mengikutsertakan semua anggota tim dalam seminar di bidang pengembangan diri maupun seputar industri powder minuman.

Hal ini diikuti dengan memberikan apresiasi untuk individu atau team yang berkembang dan mencapai prestasi yang membanggakan, sembari tetap memperkuat solidaritas melalui program team building dan assessment rutin untuk melihat progress sinergi tim.

Dengan rencana yang matang dan berkelanjutan ini, maka performa tim secara keseluruhan diharapkan dapat terus meningkat setiap tahunnya.

Rencana Keuangan

Contoh Business Plan Powder Minuman Kekinian 11

Proyeksi pendapatan dan pengeluaran

Proyeksi pendapatan dan pengeluaran bisnis powder minuman kekinian yang dilakukan oleh CiPow Drink adalah sebagai berikut:

  • Pendapatan bulanan: Rp72.500.000
  • Pengeluaran bulanan: Rp22.500.000

Rencana modal awal

Untuk memulai bisnis powder drink kekinian, CiPow Drink membutuhkan modal sebesar Rp100.000.000 untuk memproduksi 2000 kg dengan berat setiap kemasannya 1 kg. 

Modal tersebut akan digunakan untuk pembelian bahan baku, mesin produksi, biaya operasional, dan pemasaran. Berikut rincian modalnya.

Item
Nominal
Keterangan
Pengadaan bahan baku
Rp35.000.000
Gula, susu bubuk dan perisa = Rp27.000.000Bahan kemasan: label, plastik, segel = Rp8.000.000
Mesin dan peralatan produksi
Rp40.000.000
Food processor dan blender = Rp23.000.000Timbangan digital = Rp2.000.000Alat sealing & pengemasan = Rp15.000.000
Biaya operasional
Rp15.000.000
Sewa tempat, listrik, air = Rp7.000.000Gaji 4 orang karyawan = Rp8.000.000 (Rp2.000.000/bulan/karyawan)
Biaya pemasaran
Rp10.000.000
Peminjaman booth pameran = Rp5.000.000Iklan online = Rp3.000.000Cetak brosur dan voucher diskon = Rp2.000.000

Perhitungan harga jual

Berdasarkan data sebelumnya, maka dapat diasumsikan, yaitu:

  • Biaya produksi/2000 kg: Rp50.000.000
  • Biaya produksi/1 kg: Rp25.000
  • Margin keuntungan: 45% x Rp25.000 = Rp11.250

Perhitungan

  • Harga Jual Produk/1 kg = Biaya produksi/1 kg + Margin Keuntungan
  • Harga Jual Produk/1 kg = Rp25.000 + Rp11.250
  • Harga Jual Produk/1 kg = Rp36.250
Baca juga   Kelebihan Kekurangan Bisnis Minuman Kolagen Halal di Indonesia

Proyeksi laba rugi

Perhitungan laba rugi CiPow Drink berdasarkan diambil dari data sebelumnya dengan asumsi sebagai berikut.

Asumsi

  • Jumlah Produk Terjual: 2000 kg
  • Biaya Produksi/2000 kg: Rp50.0000
  • Biaya Produksi/1 kg: Rp25.000
  • Harga Jual/1 kg: Rp36.250

Perhitungan

Pendapatan Bulanan

  • Pendapatan Bulanan = Jumlah Produk Terjual × Harga Jual/1kg
  • Pendapatan Bulanan = 2000 kg x Rp36.250
  • Pendapatan Bulanan = Rp72.500.000

Pendapatan Tahunan

  • Pendapatan Tahunan = Pendapatan Bulanan x 12 Bulan
  • Pendapatan Tahunan = Rp72.500.000 x 12 Bulan
  • Pendapatan Tahunan = Rp870.000.000

Laba Kotor Bulanan

  • Laba Kotor Bulanan = Pendapatan Bulanan − Biaya Produksi Bulanan
  • Laba Kotor Bulanan = Rp72.500.000 − Rp50.000.000
  • Laba Kotor Bulanan = Rp22.500.000

Laba Kotor Tahunan

  • Laba Kotor Tahunan = Laba Kotor Bulanan x 12 Bulan
  • Laba Kotor Tahunan = Rp22.500.000 x 12 Bulan
  • Laba Kotor Tahunan = Rp270.000.000

Laba Tahunan

  • Laba Tahunan = Pendapatan Tahunan – Laba Kotor Tahunan (Pengeluaran Tahunan)
  • Laba Tahunan = Rp870.000.000 – 270.000.000
  • Laba Tahunan = Rp600.000.000

Perhitungan analisis titik impas (BEP)

Asumsi:

  • Kapasitas produksi/bulan: 2.000 sachet
  • Harga jual per pack: Rp36.250
  • Biaya tetap:
    • Sewa tempat: Rp3 juta
    • Gaji: Rp8 juta
    • Listrik & air: Rp4 juta
  • Biaya variabel:
    • Bahan baku: Rp13.500/pack
    • Kemasan: Rp4.000/pack

Maka,

  • Penerimaan penjualan: 2.000 sachet x Rp36.250 = Rp72.500.000
  • Biaya variabel total: 2.000 sachet x (Rp13.500 + Rp4.000) = 2.000 sachet x Rp17.500 = Rp35.000.000
  • Laba sebelum pajak: Penjualan – Biaya Variabel = Rp72.500.000 – Rp35.000.000 = Rp37.500.000
  • Biaya Tetap: Rp3.000.000 + Rp8.000.000 + Rp4.000.000 = Rp15.000.000
  • Laba bersih: Laba sebelum pajak – Biaya tetap = Rp37.500.000 – Rp15.000.000 = Rp22.500.000

Maka, BEP = Biaya Tetap / (Harga Jual per Unit – Biaya Variabel per Unit) = Rp15.000.000 / (Rp36.250 – Rp17.500) = 800 pack

Jadi, titik impas terjadi pada quantity 800 pack per bulan.

Strategi Pertumbuhan dan Pengembangan Bisnis

Rencana ekspansi bisnis

Contoh Business Plan Powder Minuman Kekinian 13

Pertama, strategi pertumbuhan dan pengembangan bisnis yang akan dilakukan adalah dengan rencana ekspansi bisnis.

Rencana ekspansi bisnis tersebut dengan membuka cabang pabrik di area sentra industri makanan  dan minuman lainnya, seperti Bekasi dan Surabaya dalam waktu 2 tahun. Hal ini dilakukan untuk memperluas cakupan wilayah distribusi produk.

Selanjutnya, menjalin kerjasama dengan jaringan distribusi makanan dan minuman skala nasional seperti PT Indomarco Prismatama dan PT Sumber Alfaria Trijaya untuk mengakses ribuan outlet ritel dan minimarket di seluruh Indonesia.

Terakhir, melakukan pembukaan toko di marketplace besar seperti Shopee, Tokopedia dan Lazada untuk memperluas pemasaran secara online.

Dengan eksekusi strategi expansion tersebut, maka bisnis powder minuman kekinian CiPow Drink diharapkan dapat terus bertumbuh pesat dan menjadi pemain utama di industrinya.

Rencana pengembangan produk

Contoh Business Plan Powder Minuman Kekinian 15

Rencana pengembangan produk adalah salah satu aspek penting dari strategi pertumbuhan dan pengembangan bisnis.

Rencana tersebut menjelaskan bagaimana produk yang telah ada akan ditingkatkan atau produk baru akan diciptakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Berikut beberapa cara mengembangkan produk minuman bubuk kekinian yang akan dilakukan oleh CiPow Drink, yaitu:

  • Setiap tahun akan meluncurkan 2 varian rasa powder minuman kekinian terbaru yang sedang viral di pasaran yang tentunya berdasarkan hasil riset preferensi konsumen.
  • Berkolaborasi dengan influencer makanan dan minuman yang sudah terkenal untuk mengembangkan varian rasa baru yang unik dan belum ada di pasaran sebelumnya.
  • Mengembangkan varian powder minuman kekinian yang lebih sehat dengan menambahkan bahan herbal/bahan alami yang berkhasiat, seperti jahe, ginseng dan kurkumin.
  • Mengembangkan kemasan powder minuman kekinian yang lebih stylish dan estetik dengan desain yang selalu update setiap tahunnya agar selalu trendi dan disukai oleh konsumen.

Rencana pengembangan pasar

Contoh Business Plan Powder Minuman Kekinian 17

Selanjutnya, rencana pengembangan pasar juga sangatlah penting dalam strategi pertumbuhan dan pengembangan bisnis.

Rencana ini bertujuan untuk menjangkau konsumen baru, mempertahankan konsumen lama, dan meningkatkan loyalitas merek.

Berikut beberapa cara yang digunakan untuk pengembangan pasar adalah:

No.
Rencana Pengembangan Pasar
Penjelasan
1.
Kolaborasi dengan selebgram makanan/minuman
Selebgram makanan/minuman adalah orang yang akan mempromosikan suatu produk berupa makanan/minuman atas permintaan kliennya.Dengan menjalin kolaborasi bersama mereka, maka produk minuman bubuk kekinian akan semakin dikenal oleh masyarakat luas.
2.
Program loyalitas 
Memberikan program loyalitas berupa cashback voucher belanja dan bonus tester varian baru produk bagi follower di media sosial untuk meningkatkan awareness dan trial rate saat acara pameran F&B atau event lainnya.
3.
Pemberian sampel gratis
Mengadakan sampel produk gratis di area perkantoran dan kampus yang ramai, terutama di 10 kota besar untuk meningkatkan brand awareness dan Fast Moving Consumer Goods di retailer-retailer.
4.
Pangsa pasar baru
Menyasar pangsa pasar baru konsumen secara luas dengan mengoptimalkan strategi marketing digital di berbagai platform media sosial seperti IG, FB dan Youtube.

Strategi penetapan harga tanpa over-cost

Contoh Business Plan Powder Minuman Kekinian 19

Terakhir, strategi pertumbuhan dan pengembangan bisnis yang akan dilakukan adalah dengan strategi penetapan harga tanpa over-cost.

Strategi penetapan harga tanpa over-cost adalah strategi yang bertujuan untuk menarik konsumen dengan menawarkan harga yang lebih rendah dari pesaing, namun tetap mempertahankan margin keuntungan yang cukup.

Strategi tersebut cocok karena dapat meningkatkan pangsa pasar, volume penjualan, dan loyalitas konsumen.

Untuk menerapkan strategi ini, CiPow Drink akan melakukan analisis biaya, permintaan, dan persaingan secara cermat.

Selain itu CiPow Drink juga akan mempertimbangkan faktor-faktor lain, seperti nilai tambah produk, segmentasi pasar, dan diferensiasi produk.

Strategi penetapan harga tanpa over-cost dapat membantu CiPow Drink untuk tumbuh dan berkembang di pasar yang kompetitif dan sensitif terhadap harga.

Kesimpulan

Contoh Business Plan Powder Minuman Kekinian 21

Business plan merupakan rencana bisnis tertulis yang berisi analisis dan strategi detail untuk membangun atau mengembangkan suatu bisnis baru maupun yang sudah berjalan.

Di dalam business plan, Anda harus memasukkan aspek-aspek penting seperti executive summary, analisis pasar dan pesaing, produk dan layanan utama serta business model dan operasional.

Selain itu, masukkan juga mengenai manajemen dan organisasi internal, proyeksi keuangan jangka pendek dan panjang, serta rencana-rencana strategis baik ekspansi bisnis maupun inovasi produk.

Contoh business plan powder minuman kekinian CiPow Drink ini sudah mencakup seluruh aspek yang disebutkan di atas.

Dimana telah dianalisis dengan sangat lengkap dan detail berdasarkan data riset dan proyeksi angka yang akurat.

Jadi, business plan ini dapat menjadi contoh bagus untuk Anda yang hendak merancang business plan sebelum memulai sebuah bisnis, termasuk bisnis powder minuman kekinian.Setelah Anda mengetahui tentang powder minuman kekinian. Yuk, baca juga artikel kami lainnya yang membahas tentang powder minuman murah.

post

Slamet Purwanto adalah seorang praktisi SEO berpengalaman untuk mengoptimalkan visibilitas website atau brand di search engine. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengalamannya sebagai peneliti di sebuah lembaga riset terkemuka di IPB (Institut Pertanian Bogor) dan dosen pengajar di kampus swasta di Ponorogo, dia berhasil mengimplementasikan pengetahuan akademis ke dalam praktik SEO yang sesuai panduan Google.

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk konsultasi produk dan informasi penawaran harga maklon terbaru