Bisnis

Minuman Bubuk Strawberry & Potensi Bisnisnya

Diterbitkan pada

Telah diupdate pada

Ditulis oleh Purwanto

Disupervisi oleh Melawati, Purwanto

Bisnis minuman bubuk strawberry belum banyak dikembangkan di Indonesia meski memiliki potensi pasar yang cukup besar.

Hal itu membuat banyak calon pengusaha yang mencoba untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Namun, sayangnya, banyak calon pengusaha yang gagal memanfaatkan peluang ini karena kurangnya pemahaman mengenai seluk-beluk dalam bisnis minuman bubuk strawberry. 

Mereka tidak menyadari pentingnya analisis yang matang terlebih dahulu sebelum menjalankan usaha, seperti modal, biaya produksi, hingga strategi pemasaran yang tepat agar bisnis dapat berjalan dengan sukses.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas berbagai aspek penting dalam bisnis minuman bubuk strawberry, mulai dari potensi bisnis, analisis modal, biaya produksi, penetapan harga jual, hingga strategi pemasaran produk.

Mari baca artikel ini hingga tuntas.

Apa itu Minuman Bubuk Strawberry?

Minuman Bubuk Strawberry & Potensi Bisnisnya 1

Minuman bubuk strawberry adalah minuman berbentuk bubuk yang di dalam formulanya terkandung ekstrak buah strawberry. 

Bubuk strawberry diperoleh dengan cara memisahkan sari buah dan ampasnya, kemudian dikeringkan dan disaring dengan denga saringan 80 mesh atau lebih. Penyaringan ini kan mendapatkan bubuk halus yang seragam. 

Menurut Annisa (2022), proses pengeringan ini bertujuan agar nutrisi dan senyawa alami buah strawberry tetap terjaga.

Umumnya, bubuk strawberry memiliki warna merah muda alami dengan aroma dan rasa manis asam khas buah strawberry.

Mengapa Minuman Strawberry Digemari?

Rasanya manis, segar, disukai banyak kalangan

Minuman Bubuk Strawberry & Potensi Bisnisnya 3

Rasanya yang manis dan segar merupakan salah satu faktor utama minuman strawberry digemari oleh banyak kalangan.

Menurut Herb Key, strawberry banyak disukai karena memiliki aroma yang khas, warna merah yang cerah, teksturnya yang berair, dan rasanya manis.

Rasa manis strawberry berasal dari kandungan gula alami yang terdapat di dalam buahnya. Kemudian, tekstur daging buah yang lembut dan renyah menambah cita rasa manis tersebut. 

Sedangkan, rasa yang segar berasal dari buah strawberry segar yang dicampur dengan air atau susu dingin. 

Sensasi segarnya akan terasa saat diminum, apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan dingin. Rasa asam yang segar alami strawberry juga akan menyempurnakan kesegaran minuman ini.

Hal itulah yang membuat banyak kalangan dari mulai anak-anak hingga orang dewasa menyukai minuman strawberry. 

Bahkan, minuman ini pun cocok dinikmati di berbagai suasana santai.

Kandungan vitamin C dan nutrisi tinggi

Minuman Bubuk Strawberry & Potensi Bisnisnya 5

Kandungan vitamin C dan nutrisi yang tinggi di dalam strawberry menjadi alasan mengapa minuman strawberry digemari oleh masyarakat.

Baca juga   Cara Membuat Produk Minuman Collagen Terbaik untuk Bisnis

Strawberry mengandung vitamin C yang sangat tinggi mencapai 52 mg untuk setiap 125 ml (Kota Cimahi, 2018).

Perlu Anda ketahui bahwa satu cangkir minuman strawberry dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Selain vitamin C, strawberry juga kaya akan antioksidan, asam folat, serat, kalium, dan mangan yang baik untuk kesehatan jantung, tekanan darah, pencernaan, dan metabolisme tubuh. 

Dengan kandungan nutrisi tersebut, maka minuman strawberry menjadi pilihan favorit untuk memenuhi asupan vitamin dan nutrisi sekaligus. 

Trend minuman sehat tanpa bahan pengawet

Minuman Bubuk Strawberry & Potensi Bisnisnya 7

Selanjutnya alasan mengapa minuman strawberry digemari adalah karena tren minuman sehat tanpa bahan pengawet. 

Saat ini banyak orang lebih memilih minuman yang benar-benar alami, sehat dan segar tanpa bahan pengawet, seperti minuman strawberry.

Dilansir dari Drinktec Blog (2021), permintaan terhadap minuman sehat semakin meningkat. Hal itu terjadi karena konsumen semakin sadar dengan kesehatan tubuhnya.

Dengan kandungan gizi yang kaya dan alami, maka minuman ini aman untuk dikonsumsi dan sehat. 

Minuman praktis dan mudah dibuat

Minuman Bubuk Strawberry & Potensi Bisnisnya 9

Minuman strawberry digemari karena cara membuatnya sangat praktis dan mudah, tidak memerlukan alat atau teknik khusus.

Bahan-bahan utama dalam pembuatan minuman ini adalah strawberry segar dan air matang atau susu. 

Kemudian, strawberry cukup dicuci bersih, buang daun hijaunya, potong-potong, lalu masukkan ke blender bersama air atau susu.

Proses pembuatannya cukup mudah dengan memblender hingga halus dan menyaring biji strawberry jika diperlukan serta tak perlu waktu lama, minuman strawberry siap disajikan dan dinikmati.

Cara tersebut dapat dilakukan di rumah dengan peralatan yang sederhana dan tidak memerlukan kerapian atau teknik khusus.

Tentunya praktis dan mudah dibuat inilah yang menjadi daya tarik minuman strawberry banyak digemari orang.

Harganya terjangkau

Minuman Bubuk Strawberry & Potensi Bisnisnya 11

Terakhir, harganya yang terjangkau juga menjadi alasan minuman strawberry digemari banyak orang.

Strawberry termasuk buah yang harganya relatif lebih murah dibanding buah impor sejenis seperti blueberry atau kiwi, baik di pasar tradisional atau pun di supermarket.

Oleh karena itu, biaya yang diperlukan untuk membuat minuman strawberry pun tidak terlalu mahal. 

Cukup dengan budget minim Anda sudah dapat menikmati minuman segar dan lezat dari strawberry.

Selain itu, minuman strawberry juga banyak dijual di cafe dan gerai jus dengan harga yang bersaing tanpa menguras kantong.

Harga strawberry dan minuman strawberry yang terjangkau inilah yang membuatnya bisa dinikmati dan digemari oleh hampir semua lapisan masyarakat.

Peluang Pasar Minuman Bubuk Strawberry

Minuman Bubuk Strawberry & Potensi Bisnisnya 13

Menurut Future Market Insight, nilai pasar secara global untuk minuman bubuk pada tahun 2022 mencapai 10 miliar dolar dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan pada periode 2022 – 2032 dengan CAGR sebesar 3-4%.

Peningkatan pasar minuman bubuk tersebut didorong oleh keinginan konsumen akan minuman yang praktis dan siap minum. 

Baca juga   Cara Analisis Pesaing Bisnis Minuman Kolagen Pemutih Kulit

Sementara itu, nilai pasar strawberry segar secara global diprediksi akan terus meningkat dari 24,79 miliar dolar pada tahun 2021 menjadi 64,45 miliar dolar pada tahun 2030 dengan CAGR sebesar 11,2% (SkyQuest).

Pasar strawberry semakin meningkat dikarenakan strawberry memiliki sejumlah manfaat kesehatan untuk tubuh. 

Dengan tren pertumbuhan yang pesat pada kedua pasar tersebut, maka minuman bubuk strawberry memiliki peluang bisnis yang besar untuk dikembangkan.

Baca juga artikel kami tentang kegagalan dalam bisnis minuman bubuk green tea latte dan cara menghadapinya.

Analisa Kelayakan Usaha (Finansial)

Analisis Modal dan Biaya Produksi

menghitung modal usaha

Analisis modal dan biaya produksi adalah proses menghitung kebutuhan modal dan biaya yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha. 

Dengan melakukan analisis ini, Anda akan mengetahui berapa modal dan biaya produksi yang dikeluarkan. Kami asumsikan akan menarget cafe dan restoran.

Menghitung Modal dan Biaya Produksi

Untuk mempermudah menghitung modal dan biaya produksi, diasumsikan jika minuman bubuk strawberry yang akan diproduksi sebanyak 500 kg dengan berat setiap kemasannya 1 kg.

Berdasarkan asumsi diatas, diperkirakan untuk jumlah modal awal dan biaya produksi yang dikeluarkan adalah sebesar Rp47.000.000, dengan rincian modal awal sebanyak Rp25.000.000 dan biaya produksi sebanyak Rp22.000.000.

Berikut rincian lengkapnya.

BiayaNominalKeterangan
Modal awalRp25.000.000Pembelian mesin produksi
Biaya bahan bakuRp10.000.000Strawberry, gula, dan bahan lainnya
Biaya tenaga kerjaRp6.000.0003 karyawan x Rp2.000.000
Biaya overheadRp5.000.000Biaya listrik, air, pemeliharaan mesin, sewa tempat, dan administrasi.
Biaya kemasanRp1.000.000500 kemasan ukuran 1 kg x Rp2.000
TotalRp47.000.000

Harap dicatat bahwa ini hanyalah simulasi dan tidak mencerminkan situasi nyata.

Analisis Harga Jual Minuman Bubuk Strawberry

Minuman Bubuk Strawberry & Potensi Bisnisnya 16

Analisis harga jual adalah proses untuk menentukan harga produk yang dapat bersaing di pasar sekaligus memberikan keuntungan yang optimal untuk produsen. 

Menurut Nuryadi (2022), harga jual produk yang ditawarkan akan mempengaruhi pembeli dalam memilih atau membeli produk tersebut.

Asumsi

  • Biaya Produksi/500 kg: Rp22.000.000 (berdasarkan perhitungan sebelumnya)
  • Biaya Produksi/1 kg: Rp22.000.000/500 = Rp44.000
  • Margin Keuntungan: 30% x Rp44.000 = Rp13.200
  • Harga Produk Pesaing di Pasar/1 kg: Rp55.000 – Rp69.660 (Omura Powder dan Forest Beverage Solutions)

Perhitungan

  • Harga Jual Produk/1 kg = Biaya produksi/1 kg + Margin Keuntungan
  • Harga Jual Produk/1 kg = Rp44.000 + Rp13.200
  • Harga Jual Produk/1 kg = Rp57.200

Jadi, harga jual minuman bubuk strawberry per 1 kg yang akan dipasarkan ke cafe dan restoran yaitu Rp57.200.

Harga tersebut sangat kompetitif  dengan produk sejenis di pasaran yang rata-rata dijual dengan harga RpRp55.000 – Rp69.660.

Perlu Anda ketahui bahwa ini hanyalah simulasi untuk memudahkan pemahaman Anda dan tidak mencerminkan situasi yang sebenarnya.

Analisis Laba dan Rugi Minuman Bubuk Strawberry

Minuman Bubuk Strawberry & Potensi Bisnisnya 18

Analisis laba rugi adalah proses menguraikan dan mengevaluasi laporan keuangan yang mencerminkan pendapatan dan pengeluaran suatu perusahaan. 

Baca juga   Mau Bisnis Makanan dan Minuman Probiotik 2024? Kenali ini!

Tujuan dari analisis laba rugi, menurut informasi (CIMB NIAGA), adalah untuk melihat kinerja keuangan dan memonitor kemajuan serta kekurangan keuangan perusahaan.

Berikut kami sajikan mengenai cara analisis laba rugi untuk minuman bubuk strawberry berdasarkan data-data sebelumnya.

Asumsi

  • Jumlah Produk Terjual: 5000 kg
  • Biaya Produksi/5000 kg: Rp220.000.000
  • Biaya Produksi/1 kg: Rp44.000
  • Harga Jual/1 kg: Rp57.200
  • Tingkat Keuntungan Bersih: 30% dari pendapatan kotor

Perhitungan

Pendapatan Bulanan

  • Pendapatan Bulanan = Jumlah Produk Terjual × Harga Jual/1kg
  • Pendapatan Bulanan = 5000 kg x Rp57.200
  • Pendapatan Bulanan = Rp 286.000.000

Laba Kotor Bulanan

  • Laba Kotor Bulanan = Pendapatan Bulanan − Biaya Produksi Bulanan
  • Laba Kotor Bulanan = Rp 286.000.000 − Rp 220.000.000
  • Laba Kotor Bulanan = Rp 66.000.000

Laba Bersih Bulanan

  • Laba Bersih Bulanan = Laba Kotor Bulanan x Tingkat Keuntungan Bersih
  • Laba Bersih Bulanan = Rp 66.000.000 x 30%
  • Laba Bersih Bulanan = Rp19.800.000

Jadi, berdasarkan perhitungan diatas, jika Anda dapat menjual minuman bubuk strawberry sebanyak 5000 kg/bulan, maka Anda akan mendapatkan laba bersih bulanan sebesar Rp 19.800.000.

Harap diingat bahwasannya ini hanya simulasi dan tidak mencerminkan situasi nyata.

Strategi Pemasaran Produk

Minuman Bubuk Strawberry & Potensi Bisnisnya 20

Strategi pemasaran produk adalah rencana yang dirancang dan disiapkan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan dari suatu produk yang ditawarkan.

Dikutip dari Budieli dkk (2021), strategi pemasaran sangat berpengaruh dalam peningkatan volume penjualan yang dilakukan oleh perusahaan.

Anda beberapa strategi pemasaran produk yang dapat Anda coba untuk bisnis minuman bubuk strawberry yang akan dipasarkan ke cafe dan restoran, antara lain:

Strategi Pemasaran
Uraian
Bagikan sampel produk secara gratis
Anda dapat membagikan sampel produk secara gratis ke berbagai cafe dan restoran. Dengan begitu, Anda dapat menunjukkan kualitas rasa produk yang lezat dan segar, serta membangun hubungan baik dengan cafe dan restoran potensial. Setelah mereka mencoba dan menyukai produk Anda, maka Anda dapat menawarkan harga khusus paket atau regular order yang saling menguntungkan.Tentunya strategi ini dapat meningkatkan penjualan dan kesadaran terhadap merek Anda di pasar.
Sebarkan brosur yang menampilkan produk
Sebarkanlah brosur yang menampilkan produk Anda ke cafe dan restoran di sekitar lokasi Anda. Brosur tersebut akan membantu Anda untuk menarik perhatian cafe dan restoran potensial yang mungkin tertarik untuk mencoba produk Anda. Informasi di dalam brosur harus mencakup tentang produk Anda, seperti bahan-bahan, cara penyajian, harga, dan manfaat kesehatan dari minuman bubuk strawberry.Selain itu, brosur Anda juga harus menampilkan testimoni positif dari cafe/restoran yang telah menggunakan produk Anda dan puas dengan hasilnya. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan produk Anda di mata cafe dan restoran tersebut. 
Tawarkan kemasan custom dengan logo/brand cafe dan restoran mereka
Anda dapat memasarkan produk minuman bubuk strawberry ke cafe dan restoran dengan menawarkan kemasan custom, seperti kemasan 1 kg, 5 kg atau 10kg dan menggunakan logo/brand cafe/restoran milik mereka sendiri pada kemasannya.Dengan cara ini, pemilik cafe dan restoran pastinya tertarik karena dapat meningkatkan image produk minumannya. Seolah minuman tersebut buatan mereka sendiri.Sedangkan untuk Anda, hal seperti itu dapat membuka peluang pasar sebagai pemasok tetap untuk cafe dan restoran tersebut.
Berikan program loyalty untuk pembelian dalam jumlah besar
Program loyalty ini dapat berupa diskon atau bonus produk untuk cafe dan restoran yang membeli produk dengan jumlah tertentu. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat biaya promosi yang dikeluarkan untuk iklan online maupun offline. Selain itu, program loyalty juga dapat meningkatkan penjualan produk Anda karena cafe dan restoran akan merasa diuntungkan. 

Penutup

Minuman bubuk strawberry merupakan jenis minuman berbentuk bubuk yang berasal dari buah strawberry yang diproses dengan metode freeze drying. 

Minuman ini sangat digemari karena memiliki rasa yang manis segar, kandungan nutrisi tinggi, harganya yang terjangkau dan praktis menyajikannya.

Disamping itu, Anda harus tahu bahwa peluang pasar minuman bubuk strawberry sangat menjanjikan karena permintaan yang terus meningkat setiap tahunnya.

Untuk Anda yang ingin memanfaatkan peluang tersebut, maka Anda harus menyiapkan modal sekitar Rp47 juta dan biaya produksi bulanan mencapai Rp22 juta untuk memproduksi minuman bubuk strawberry dengan keuntungan bersih yang akan di dapat sebesar Rp1,98 juta/bulan.

Strategi pemasaran yang dapat Anda lakukan secara, seperti memberikan sampel produk gratis, menyebarkan brosur hingga memberikan loyalti untuk cafe dan restoran yang membeli dalam jumlah besar. 

Dengan segala persiapan yang matang, maka bisnis minuman bubuk strawberry masih potensial dan memiliki prospek pertumbuhan yang menjanjikan di masa mendatang.

Setelah Anda mengetahui minuman bubuk strawberry. Yuk, cari tahu juga mengenai minuman bubuk taro.

post

Slamet Purwanto adalah seorang praktisi SEO berpengalaman untuk mengoptimalkan visibilitas website atau brand di search engine. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengalamannya sebagai peneliti di sebuah lembaga riset terkemuka di IPB (Institut Pertanian Bogor) dan dosen pengajar di kampus swasta di Ponorogo, dia berhasil mengimplementasikan pengetahuan akademis ke dalam praktik SEO yang sesuai panduan Google.

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk konsultasi produk dan informasi penawaran harga maklon terbaru