Berapa Modal Usaha Minuman? Ini Hitungan Rincinya

Berapa modal usaha minuman 2022 yang ideal? Jawabannya adalah relatif. Jumlah modal bergantung pada beberapa faktor seperti skala usaha, jenis minuman, strategi pemasaran dan penjualan, serta lokasi usaha.

Bila kamu mencari informasi tentang berapa modal usaha minuman, maka artikel ini sangat pas buat kamu.

Kami akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan modal usaha minuman, gambaran dan kalkulasi (perhitungan) modal usaha baik itu mulai sendiri atau membeli franchise dan tips mengembangkan usaha.

Apa itu Modal Usaha Minuman?

Modal Usaha Minuman adalah

Modal usaha minuman adalah sejumlah dana (rupiah) yang dibutuhkan untuk memulai dan menjalankan bisnis minuman.

Sebelum menjalankan usaha, kamu perlu memperkirakan apakah bisnis minuman tersebut menjanjikan?

Kamu bisa melihat marak tidaknya penjualan minuman tersebut. Kamu bisa survei di beberapa kota di Indonesia. Jika penjualan laris-manis dan peminat semakin banyak, maka peluang bisnis minuman tersebut menjanjikan.

Nah, untuk minuman serbuk, kamu bisa maklon di sini.

Tahapan Ringkas Menghitung Modal Usaha Minuman

Untuk menghitung jumlah modal usaha minuman, maka tahap awal adalah menentukan jenis minuman yang akan dijalankan. Kamu bisa memilih minuman seperti kopi, teh, thai tea, boba, es (minuman dingin), coklat dsb.

Setelah jenis minuman ditetapkan, maka kamu perlu memilih apakah akan menjalankan sendiri, bermitra dengan teman, atau membeli franchise. Setiap jenis usaha akan memerlukan kelengkapan usaha yang berbeda.

Ambil contoh kamu akan mulai usaha minuman sendiri. Step selanjutnya adalah kamu perlu mencatat semua kebutuhan yang diperlukan untuk usaha. Mulai dari bahan, alat, lokasi usaha, hingga kebutuhan listrik dan air.

Dengan mengetahui total modal, maka kamu bisa memperhitungkan berapa lama akan balik modal. Dalam istilah akuntansi disebut dengan break event point.

Gambaran Modal Usaha Beberapa Jenis Minuman

berapa modal usaha minuman
Gambar ilustrasi menghitung modal usaha minuman

Mengetahui gambaran modal usaha minuman sangat diperlukan sebelum menjalankan usaha tersebut. Berikut ini adalah beberapa gambaran modal usaha berbagai jenis minuman kekinian.

Modal usaha minuman boba

Bahan dan Peralatan
Biaya
Gelas plastik (100 pcs)
50.000
Sedotan (100 pcs)
30.000
Tutup botol (100 pcs)
25.000
Blender dan sheaker
1.200.000
Gerobak atau booth mini
1.000.000
Alat press minuman
800.000
Bahan minuman
300.000- 400.000
Meja untuk jualan
800.000
Total
4.205.000

Menurut tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa total modal usaha yang dibutuhkan untuk jualan minuman boba adalah sekitar Rp 4.205.000. Modal yang tertera di atas masih belum termasuk biaya sewa tempat.

Umumnya sewa tempat di setiap daerah berbeda tergantung lokasi tempat jualannya, berkisar 10 juta hingga 15 juta per tahun atau 1,2 jutaan per bulannya. Namun beberapa daerah terkadang lebih murah, umumnya bisa 500 ribu per bulannya.

Jika mau lebih hemat, maka kamu bisa beli peralatan second atau bekas pakai. Jika beruntung, kamu bisa membeli dari orang pelaku usaha minuman yang pindah tempat dan tidak meneruskan usahanya.

Selanjutnya, kamu bisa menghitung berapa omzet dan perhitungan untung-ruginya. Berikut adalah asumsinya:

Target penjualan
Omset per hari
Omset per bulan
10 cups @5.000
50.000
50.000 x 30 = 1.500.000
20 cups @5.000
100.000
100.000 x 30 = 3.000.000
25 cups @5.000
125.000
125.000 x 30 = 3.750.000

Dari tabel di atas, jika setiap hari rata-rata laku 20 cup maka bisa balik modal dalam waktu 1,5 bulan. Namun jika penjualannya lebih tinggi maka bisa saja laku dalam jangka waktu 1 bulan atau bahkan kurang.

Simulasi diatas hanyalah perkiraan saja dan bisa lebih tinggi dan kurang sehingga tergantung jumlah pelanggannya. Namun jika lokasinya strategis bisa saja lebih target penjualannya lebih dari di atas.

Modal Usaha Minuman Thai Tea

Minuman thai tea memiliki rasa yang berbeda dari jenis minuman lain sehingga prospeknya masih sangat bagus. Untuk menjual minuman tersebut juga butuh modal usaha agar lebih mudah menghasilkan keuntungan.

Untuk biaya peralatan dan modal yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan minuman boba. Kemungkinan dari sisi bahannya yang lebih mahal dan itupun tidak lebih dari 100 ribu.

Dengan demikian perhitungan modal usaha minuman ini kisarannya juga sama yaitu 4,2 juta. Untuk harga minuman juga berbeda dan tergantung pada jenisnya dan harga termurahnya 5 ribu. Sedangkan untuk harga paling mahal dengan varian yang lebih komplit harganya sekitar 10 ribu per cup.

Jika harga jualnya 10 ribu dan laku 10 pcs per hari maka omset per bulannya sekitar 3 juta rupiah. Dengan demikian untuk balik modal butuh waktu 1,5 bulan plus keuntungan sebesar 300 ribuan.

Namun sekali lagi perhitungan ini hanya di atas sehingga semua kembali pada kondisi di lapangan. Namun jika rata-rata per harinya mampu terjual dengan target tersebut maka dalam waktu 2 bulan ke atas kamu tinggal menikmati keuntungannya.

Modal usaha minuman botol

Banyak usaha minuman botol yang menjual dengan harga Rp 5000an. Harga jual tersebut sudah termasuk keuntungan yang diperoleh dan jenis minuman ini juga beragam.

Sebelum itu, kamu perlu mengetahui jenis minuman apa yang harga jualnya 5 ribuan. Diantaranya Aqua 600 ml, NU Green Tea 330ml, Coca-Cola 250 ml, Fresh tea 350 ml, dan beberapa merk minuman lainnya.

Pastikan kamu memilih ukuran sesuai yang tertera di atas agar harganya kurang dari 5 ribu. Dengan demikian ketika dijual dengan harga 5 ribu rupiah kamu masih bisa mendapatkan keuntungan.

Umumnya semua produk tersebut harga berkisar 3.800 hingga 4.300 rupiah per botolnya. Untuk itu ,kamu bisa membelinya 1 kardus setiap produknya agar harganya lebih murah.

Untuk harga per kardus tergantung jumlah di dalamnya dan jika berisi 10 botol maka harganya antara 38 ribu hingga 40 ribu. Jika tiap produk membeli 1 kardus maka total modal usaha minuman tersebut sekitar 160 ribu.

Untuk minuman seperti agar bisa cepat terjual perlu ada jenis makanan lain seperti snack atau yang lainnya. Dengan cara seperti ini maka minuman tersebut akan laris terjual.

Lanjutkan dengan rincian dan brand minuman botol yang dimaksud

Modal usaha jus minuman

Bisnis minuman jus merupakan satu peluang bisnis minuman modal kecil, yakni cukup dengan Rp 300rb. Modal di atas dengan asumsi sudah memiliki gerobak dan tempatnya di alun-alun, sekolah atau yang lainnya.

Tempat-tempat tersebut umumnya tidak perlu membayar sewa sehingga bisa hemat uang. Dengan demikian modal yang dibutuhkan hanya 300 ribuan dan berikut rincian untuk usaha minuman tersebut:

Bahan dan peralatan
Biaya
Blender
150.000
Gelas plastik per 100 pcs
50.000
Sedotan pr 100 pcs
30.000
Buah-buahan
70.000

Dari total rincian tersebut maka modal 300 ribu sudah cukup untuk membuat aneka minuman jus. Untuk buah-buahan yang bisa dijual seperti apel, alpukat, mangga dan yang lainnya.

Buah di atas memiliki peminat yang rata-rata tidak sepi sehingga potensinya sangat besar. Dari perhitungan tersebut, kamu bisa menjual minuman jus tersebut seharga 5 ribu hingga 7 ribu rupiah.

Dengan demikian ketika sehari bisa menjual 10 gelas saja maka omset per harinya mencapai 50 ribu rupiah. Namun ini semua fleksibel karena beberapa penjual terkadang menjual minuman jus di bawah 5 ribu rupiah.

Namun usaha minuman ini sangat menjanjikan karena modal kecil tetapi hasil yang akan didapatkan sangat besar. Dengan demikian maka minuman jus memiliki prospek yang cerah karena untuk bisa balik modal tidak butuh waktu yang lama.

Modal usaha minuman kekinian

Beberapa brand minuman kekinian seperti hause, jelly potter dan pop ice menawarkan paket usaha buat kamu yang memiliki modal di angka 40 juta hingga 200 juta.

Modal tersebut sudah termasuk semua peralatan yang disediakan oleh brand tersebut. Selain itu, khusus untuk brand minuman Haus, kamu akan mendapatkan lisensi penjualan selama kurun waktu 5 tahun.

Bahkan dengan dana 200 juta tersebut juga sudah termasuk renovasi tempat usaha dan sistem penjualan. Untuk jenis minuman yang ada pada brand ini rata-rata berupa thai tea dengan berbagai varian rasa. Meski dengan banyak rasa, minuman ini dijual dengan harga rata-rata 10 ribu.

Sedangkan untuk Jelly Potter, modal yang dibutuhkan kurang lebih 40 jutaan. Total tersebut juga sudah termasuk bahan dan peralatan serta sistem penjualan. Dengan demikian, kamu tinggal menyiapkan berbagai tempat yang dibutuhkan untuk menjual produk tersebut.

Bentuk minuman pada brand ini berupa jelly dan semua bahannya rata-rata diimpor dari negara lain. Kelebihan minuman tersebut adalah pemanis yang digunakan asli dan bukan buatan sehingga rasanya begitu khas dan nikmat.

Harga setiap gelas dari minuman tersebut juga sama dengan Hause yaitu sekitar 10 ribuan saja. Sedangkan untuk franchise Pop Ice modalnya lebih murah dari yang lain yaitu hanya 14 jutaan.

Dari data tersebut juga sudah termasuk peralatan dan berbagai bahan untuk jangka waktu tertentu. Jenis minuman dari franchise ini seperti layaknya minuman Pop Ice hanya saja bahannya lebih berkualitas dan rasa manisnya begitu terasa nikmat

Dari beberapa pilihan tersebut, kamu bisa menentukan terkait mana yang akan dipilih. Jika dananya lebih maka memilih franchise Haus memang cukup direkomendasikan karena mendapatkan lisensi penjualan.

Selain itu, produk tersebut juga sudah sangat populer khususnya di kota-kota besar. Namun jika modalnya terbatas tetapi masih ada dana 40 juta maka bisa memilih franchise Jelly Potter.

Beberapa franchise murah buat pengusaha pemula modal kecil

Dengan semakin meningkatkan juga pelanggan minuman maka muncul berbagai franchise dengan modal kecil. Franchise seperti ini sangat cocok bagi pemula dimana untuk memulai tidak butuh dana besar.

Meskipun murah tetapi bukan berarti murahan dan peralatan serta bahannya juga berkualitas. Lantas apa saja franchise yang termasuk dalam di dalamnya? Berikut ulasan selengkapnya:

Franchise Minuman Chatime

Ketika menyebut nama franchise minuman, nama Chatime rasanya sudah tidak asing lagi. Brand ternama ini sudah melekat di hati para pelanggan dan ini tidak terlepas dari minuman teh susu yang khas dengan topping bubblenya.

Gerai minuman tersebut pertama kali populer di Taiwan kemudian membuka cabang di seluruh negara termasuk Indonesia. Di negeri ini jumlah gerai di berbagai wilayah mencapai 254 kedai.

Awal pembukaan dari bisnis waralaba ini pada tahun 2005 lalu semakin berkembang hingga kini. Selain itu bisnis tersebut pemegang lisensinya berada di bawah naungan PT Foods Beverages Indonesia.

Franchise ini hanya menawarkan satu paket dan untuk memulainya dibutuhkan modal sebanyak 50 juta. Dengan total tersebut sudah termasuk bahan dan seluruh peralatan yang dibutuhkan.

Franchise minuman Kopi Kulo

Bukan hanya Chatime, franchise lain yang juga populer di Indonesia adalah Kopi Kulo. Franchise ini berada di bawah naungan Kulo Group dan kini telah memiliki 300 gerai di seluruh daerah di Indonesia.

Franchise ini sesuai dengan namanya memiliki ciri khas minuman kopi dengan varian rasa yang sangat banyak. Dengan banyaknya varian tentu membuat pelanggan bisa memilih mana rasa yang terbaik untuk dinikmati.

Untuk mendaftar dan bergabung dengan waralaba ini dibutuhkan modal kurang lebih 155 juta. Modal tersebut sudah termasuk franchise fee, bahan, peralatan jualan, brosur dan berbagai item lainnya.

Tidak hanya dari sisi modal tetapi ada syarat lain untuk membuat outlet tersebut diantaranya:

  • Tegangan listrik di area jualan minimal 3200 volt.
  • Luas ruang jualan 3×4 meter persegi
  • Memiliki jalur air bersih yang cukup.

Ketika semua sudah lengkap maka kamu bisa mengajukan untuk menjadi kemitraaan dari franchise tersebut. Selanjutnya pihak Kopi Kulo akan melakukan survei tempat terkait disetujui atau tidaknya permintaan tersebut.

Franchise minuman Dumdum

Dumdum merupakan franchise yang bisa terbilang datang belakangan dan target marketnya untuk kalangan menengah ke atas. Franchise asal Thailand ini menawarkan produk minuman yang berbeda dari yang lain.

Berbekal teh favoritnya, thai tea lalu minuman ini dicampur dengan susu dan berbagai bahan lainnya. Dengan gabungan ini menghasilkan rasa yang nikmat dan kini memiliki berbagai varian rasa seperti thai tea coffee, thai tea green.

Untuk membuka kemitraan dengan franchise tersebut dibutuhkan modal sekitar 70 jutaan. Dana tersebut belum termasuk renovasi tempat, bahan baku dan berbagai keperluan lainnya.

Hal ini karena franchise ini cukup eksklusif dan berbeda dengan waralaba lainnya. Hal ini bisa terlihat harga jual minumannya saja berkisar 21 ribu hingga 33 ribu dan di beberapa daerah ada yang menjual 25 ribu hingga 35 ribu.

Estimasi di atas hanya perkiraan sebab franchise ini tergolong tertutup untuk masalah paket waralabanya. Meski demikian, franchise ini bisa kamu lihat di berbagai mall di kota-kota besar di Indonesia.

Franchise minuman Xie Xie

Nama franchise lain yang rasanya juga tidak bisa dipandang sebelah mata adalah Xie Xie. Jenis franchise ini menawarkan minuman boba dengan rasa khas dan terbuat dari bahan-bahan pilihan.

Meski minumannya boba tetapi varian yang ada di dalamnya cukup banyak dan rasanya juga sangat nikmat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya gerai yang jumlah ratusan di berbagai daerah di Indonesia.

Untuk bergabung dalam kemitraan mereka dibutuhkan modal yang tidak terlalu besar sekitar 15 juta. Modal tersebut sudah termasuk peralatan, bahan baku dan media promosi minuman tersebut.

Untuk harga jual minuman cukup bervariasi mulai dari 11 ribu hingga 15 ribu. Dengan harga jual tersebut pada situs resminya, pihak Xie XIe menyampaikan jika semua mitranya bisa balik modal hanya dalam waktu 2 bulan saja.

Pada situsnya juga ada banyak sekali mitra yang telah sukses menjalankan bisnis tersebut. Bahkan dari sekian mitra ada yang sudah balik modal dalam waktu 1 bulan sejak bergabung dengan waralaba ini.

Tips dan Cara Mengembangkan Bisnis Minuman dengan Modal Kecil

Ketika usaha minumannya telah berjalan dan menghasilkan keuntungan maka perlu dikembangkan. Dengan cara seperti ini maka usaha tersebut harapannya bisa lebih besar lagi keuntungan yang diperoleh.

Tidak hanya itu cara ini juga mampu memberi peluang untuk membantu perekonomian orang lain. Untuk proses pengembangan, berikut beberapa cara yang perlu kamu lakukan:

Menambahkan Varian Baru yang Beragam

Ketika minuman yang kamu jual sudah laku maka perlu ada varian lain yang lebih beragam. Terobosan seperti ini sangat penting mengingat beberapa tipe konsumen ingin menikmati varian lain yang lebih nikmat.

Meski varian baru tentu jangan asal menjual tanpa adanya persiapan terkait rasa yang akan diberikan. Jadi varian tersebut sudah harus melalui tahap pengujian dan pastikan rasanya lebih nikmat.

Dengan cara seperti ini maka varian ini juga bisa laku seperti halnya varian lain yang telah terjual. Bahkan di varian baru tersebut, komposisinya juga harus tepat mulai dari takaran, bahan dan yang lainnya.

Proses seperti ini tidak boleh salah karena kesalahan sedikit saja bisa membuat konsumen kecewa. Jika sudah demikian maka mereka tidak akan berminat ke varian baru yang kamu tawarkan.

Tambahkan Produk Pelengkap

Ketika kamu memutuskan menjual minuman dan sudah laku maka perlu ditambahkan produk pelengkap. Meski statusnya pelengkap tetapi proses penyajian harus sama dengan produk utama.

Sehingga produk tersebut harus dari hasil olahan sendiri dan bukan produk orang lain yang dititipkan di toko kamu. Produk olahan tersebut juga berupa berbagai hal mulai dari snack, makanan, atau yang lainnya.

Misalnya kamu menjual minuman teh susu maka bisa saja produk pelengkapnya berupa roti bakar. Tambahan produk tersebut tentu menjadi pelengkap dan umumnya minuman tersebut disajikan dengan roti.

Pada intinya produk pelengkap tersebut saling berkaitan dengan minuman yang kamu jual. Pastikan juga produk tersebut juga mampu menghasilkan keuntungan terbaik sehingga kamu memiliki dua sumber penghasilan.

Melayani Pembelian Secara Online

Di era sekarang ini banyak orang yang malas untuk datang ke lokasi jualan dan inginnya membeli online. Maka dari itu salah satu proses pengembangan usaha minuman dapat dilakukan dengan melayani pembelian online.

Proses seperti ini sangat penting dan harus diperhitungkan juga ongkos kirimnya. Kamu bisa menerapkan free ongkir jika lokasinya tidak terlalu jauh dengan jumlah pembelian tertentu.

Tidak hanya itu, proses pembelian online juga bisa diikuti dengan bekerjasama dengan kurir seperti Grab atau Gojek. Proses seperti ini akan membuat konsumen lebih nyaman karena tidak harus keluar ruangan.

Bahkan cara seperti ini tergolong mampu meningkatkan penjualan khususnya yang memiliki pelanggan karyawan kantoran. Sebab kebanyakan teman-teman di kantor juga ikut memesan minuman yang kamu tawarkan tersebut.

Bergabung Dengan Banyak Grup Facebook

Bergabung dengan group Facebook sangat diperlukan untuk melakukan promosi usaha minuman tersebut. Namun proses bergabungnya bukan hanya sekedar group tetapi harus berkaitan dengan apa yang dijual.

Misalnya berjualan minuman di kota A maka kamu perlu mencari grup Facebook yang berkaitan dengan kota tersebut. Proses ini sangat penting karena target market minuman ini harus dimulai dari berbagai daerah di satu kota.

Sebab jika minuman lingkupnya tidak mungkin keluar kota sehingga kamu perlu memfokuskan di group Facebook sekota. Untuk grupnya bebas baik itu jual beli makanan, minuman, hewan, pakan ternak, dll.

Sehingga tema group tidak begitu penting karena minuman ini dibutuhkan oleh semua orang baik muda ataupun tua. Hanya saja pastikan target marketnya orang sekitar maksimal yang satu kota.

Penutup

Modal usaha minuman merupakan dana yang dibutuhkan untuk menjual berbagai jenis minuman. Dana tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha minuman sendiri atau bergabung dengan kemitraan di waralaba tertentu.

Jika tanpa melalui waralaba maka perlu dihitung secara detail terkait modal yang dibutuhkan baik bahan atau peralatan. Sedangkan untuk franchise maka perlu mencari lokasi yang strategis dan memiliki paket kemitraan sesuai dana yang dimiliki.

Banyak sekali franchise yang menawarkan dengan paket murah dengan peralatan yang lengkap. Franchise seperti ini layak dipilih khususnya bagi pemula karena bisa sebagai pengalaman dan setelah sukses bisa dikembangkan.

Untuk proses pengembangannya bisa dilakukan dengan berbagai cara agar menghasilkan keuntungan yang besar. Salah satu caranya menambahkan varian rasa, produk pelengkap, dan melayani pembelian secara online.

Untuk pemula sebaiknya kamu bisa memulai dengan usaha minuman non franchise terlebih dahulu. Ketika sudah berpengalaman dan modal sudah mencukupi maka bisa bergabung dengan kemitraan di waralaba tertentu.

Referensi

  • https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/bisnis/5-tips-mudah-memulai-bisnis-minuman-kekinian
  • https://www.youtap.id/blog/usaha-minuman-kekinian-modal-kecil-untung-besar
  • https://www.idxchannel.com/milenomic/usaha-minuman-kekinian-modal-kecil-laris-manis-cek-10-daftar-ini
  • https://zahiraccounting.com/id/blog/cara-mudah-menghitung-modal-usaha/
  • https://alamisharia.co.id/id/hijrahfinansial/bisnis/cara-menghitung-modal-usaha/
  • https://www.bangizaltoy.com/2021/07/modal-usaha-minuman-boba.html
  • https://www.youtap.id/blog/usaha-minuman-kekinian-modal-kecil-untung-besar
  • https://pergikuliner.com/restaurants/twin-thai-tea-n-milk-lembang/menus
  • https://www.blibli.com/jual/aqua-600-ml
  • https://www.blibli.com/p/nu-green-tea-honey-minuman-instan-330-ml-kemasan-botol/ps–CVP-60062-00712
  • https://www.blibli.com/p/coca-cola-250ml/ps–BAP-70123-00284
  • https://www.dailysia.com/minuman-kemasan-botol-yang-laris-di-indonesia/#google_vignette
  • https://www.blibli.com/p/frestea-passionfruit-pet-350-ml/ps–PRS-70209-00222
  • https://stiebp.ac.id/usaha-jus-buah-di-halaman-rumah-modal-500-ribu-rupiah/
  • https://www.thecronutproject.com/peluang-bisnis-minuman-modal-rp-300-ribu/
  • https://mitra.bukalapak.com/artikel/peluang-bisnis-minuman-modal-rp-300rb-115852
  • https://www.asetpintar.com/2610/informasi-kemitraan-usaha-minuman-haus-harga-paket-dan-syarat-pembelian.html
  • https://www.asetpintar.com/2610/informasi-kemitraan-usaha-minuman-haus-harga-paket-dan-syarat-pembelian.html
  • https://taukan.com/franchise-jelly-potter/
  • https://www.sasamecoffee.com/franchise/franchise-minuman-jelly-potter/
  • https://www.finansialku.com/franchise-chatime/
  • https://www.sasamecoffee.com/franchise/franchise-minuman-chatime/
  • https://www.idntimes.com/business/finance/ainal-zahra-1/10-franchise-minuman-terlaris-di-indonesia
  • https://www.popmama.com/life/health/faela-shafa/rekomendasi-franchise-minuman-kekinian-untuk-mulai-usaha
  • https://kulogroup.com/
  • https://www.zonaduit.com/2021/07/franchise-kopi-kulo-2021.html
  • https://www.sasamecoffee.com/franchise/franchise-dum-dum-thai-tea/
  • https://xiexieboba.com/
  • https://abdulmuhajir.com/tips-bisnis-minuman-kekinian/
  • https://koinworks.com/blog/strategi-pendekatan-marketing-bisnis-minuman-kekinian/
  • https://www.lummoshop.co.id/blog/a-to-z-ide-bisnis-minuman-kekinian-dengan-lummoshop/
  • https://economy.okezone.com/read/2020/08/19/320/2264362/9-strategi-membangun-usaha-minuman-dan-snack
5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar

Ayo Mulai Bisnis Minuman Bersama LPB

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga maklon minuman terbaru. Kami akan berikan harga yang terbaik untuk anda.

Hubungi 081380426001 Hubungi 081262103131
contoh produk maklon minuman
Hubungi kami untuk informasi produk dan penawaran harga maklon terbaru