Peluang Usaha Minuman Sehat & Cara Memulainya

Bagaimana sih peluang usaha minuman sehat di tahun 2022 ini? Bisnis minuman sehat memiliki potensi yang besar, terlebih lagi di masa pandemi. Diperkirakan kebutuhan minuman kesehatan akan tetap tinggi setelah era pandemi, karena masyarakat menyadari pentingnya mengkonsumsi minuman sehat.

Potensi bisnis minuman sehat tersebut tentu disambut oleh pengusaha. Namun, buat pemula perlu melakukan analisa usaha seperti menghitung perkiraan modal, ide usaha minuman apa yang akan dijalankan, lokasi usaha, dan gambaran persaingan.

Penting untuk memilih jenis minuman kesehatan, cara menjual dan lokasi usaha yang tepat. Kesesuaian produk dengan pangsa pasar akan berpeluang besar produk terjual laris manis. Dengan target market yang sesuai akan membuat usaha minuman sehat dibanjiri orderan.

Jika orderan lancar, maka kamu juga perlu memikirkan bagaimana cara mengembangkan bisnis minuman sehat ini.

Artikel ini akan mengupas tuntas semua tentang peluang usaha minuman sehat. Yuk simak ulasan selengkapnya dari perusahaan maklon minuman di Bogor berikut ini

Gambaran Peluang Usaha Minuman Sehat di Indonesia

Secara umum, peluang usaha minuman sehat di Indonesia masih sangat besar. Bahkan, terus bertambah setiap tahunnya seiring dengan meningkatnya populasi. Kamu bisa mengkombinasikan dengan aneka minuman kekinian berbahan alami dan tradisional yang disukai customer.

Laman edencreativenetwork.com mengatakan bahwa Sekitar 31% konsumen lebih memilih membeli produk yang cocok untuk kesehatan mereka dan 50%-nya melaporkan bahwa konsumen lebih prefer mengkonsumsi makanan dan minuman yang terbuat dari bahan alami. Tujuan mereka adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh, memperbaiki mood dan stamina.

Berdasarkan kajian penelitian, sekitar 96.7% dari masyarakat mengkonsumsi minuman kesehatan. Alasannya adalah untuk memperbaiki sistem saluran cerna dan mempertahakan berat tubuh ideal. Kami telah mengulas minuman yang baik untuk saluran pencernaan, yaitu minuman prebiotik dan minuman probiotik.

tujuan konsumsi minuman sehat

Inovasi dalam bisnis minuman kesehatan mutlak diperlukan. Selain inovasi bahan minuman, kamu juga menyajikan inovasi dalam bentuk desain kemasan yang menarik.

Inovasi rasa juga bisa kamu terapkan. Misalnya jamu tradisional yang identik dengan rasa pahit bisa dikombinasikan dengan perasa minuman agar enak di lidah. Namun, usahakan ciri khas minuman kesehatan ala kamu tetap muncul.

Kesan atau image produk minuman sehat dapat dimunculkan melalui kampanye edukasi akan pentingnya kesehatan di sosial media dan website kamu. Kamu bisa memperkenalkan jenis bahan minuman, pola hidup sehat, manfaat minuman, tips menjaga kebugaran.

Gambaran mengenai bagaimana peluang usaha minuman sehat dapat kamu lihat di portal web berita. Misalnya:

  • bisnis.com melaporkan bahwa Mustika Ratu siap ekspor jamu ready to drink ke Jepang
  • Jpnn.com menerbitkan berita tentang brand Kerry yang membuka pabrik (plant) pengolahan minuman di Indonesia
  • Harian tempo mempublikasikan tentang dampak makanan dan minuman yang mengandung pemanis (tidak baik untuk kesehatan)

Kasus yang memberikan gambaran bagaimana industri perkembangan minuman sehat kekinian adalah Re Juve. Brand ini mengambil segmen middle-up sehingga harga produknya relatif mahal. Belakangan Re Juve membuka 67 gerai di Jabodetabek dan terus berkembang.

Kamu juga bisa ambil insight bisnis minuman sehat di tayangan video berikut

Perkiraan Modal untuk Menjalankan Bisnis Minuman Sehat

Ketika peluang usaha minuman sehat itu sudah terbuka lebar maka perlu juga memikirkan terkait modal. Bagian ini memang harus dirinci secara detail baik untuk usaha minuman sehat mandiri atau membeli franchise.

Modal Usaha Mandiri

Usaha mandiri dalam menjual minuman sehat juga harus dihitung secara detail untuk masalah modalnya. Perhitungan yang terperinci ini tujuannya agar memudahkan kamu kamu menghitung keuntungan saat usaha ini berjalan.

Sebagai contoh usaha mandiri ini adalah berjualan jus buah di area Indomaret atau Alfamart. Dalam proses jualan ini, kamu menggunakan kemasan gelas seperti halnya minuman sehat kekinian.

Berikut tabel perhitungan modalnya:

Bahan dan Peralatan
Biaya
Blender
250.000
Gelas plastik (100 pcs)
50.000
Sedotan (100 pcs)
30.000
Gerobak jualan
1.500.000
Alat press minuman
750.000
buah-buahan
300.000
Sewa tempat per bulan
350.000
Total
3.230.000

Dari total modal di atas maka analisa perhitungan balik modal dan keuntungannya sebagai berikut:

Jika laku 30 cup per hari dengan harga jual 5.000 rupiah maka omset per harinya sebesar 150 ribu. Dengan demikian dalam satu bulan, kamu menerima omset penjualan sebesar 4,5 juta.

Jika perhitungan ini benar maka dalam waktu sebulan kamu sudah untuk 1,2 juta rupiah. Namun perhitungan ini hanya simulasi dan kejadian di lapangan penjualannya bisa kurang atau lebih dari itu.

Sudah kebayangkan peluang usaha minuman sehat dengan modal mandiri?

Modal untuk Franchise

Alternatif usaha lainnya adalah kamu membeli franchise. Bagaimana peluang usaha minuman sehat jika membeli franchise? berikut gambarannya.

Untuk bisnis franchise perhitungan modalnya berbeda dengan usaha mandiri. Sebab berbagai peralatan dan yang lainnya ditanggung oleh pihak perusahaan dan kamu tinggal menjalankannya.

Meski demikian beberapa franchise menerapkan franchise fee dan royalty fee yang harus kamu bayarkan. Tetapi beberapa pemilik franchise tidak menerapkan itu karena sudah include pada paket yang dipilih.

Untuk lebih jelasnya berikut tabel perhitungan usaha minuman sehat dengan franchise:

Item
Biaya
Paket franchise (franchise fee 10 juta per 5 tahun)
30.000.000
Amortisasi per bulan
30.000.000 : 5 tahun (60 bulan) = 500 ribu per bulan
Sewa lahan per bulan
500.000
Listrik dan air per bulan (biaya operasional)
500.000
Gaji karyawan per bulan (1 orang)
1.000.000

Tabel perhitungan omset dan laba kotor

item
Rincian
30 cup per hari @10.000
300.000 x 30 = 9.000.000 per bulan
Bahan baku (70% dari omset)
70% x 9.000.000 = 6.300.000
Laba kotor
9.000.000 – 6.300.000 = 2,700.000 per bulan
Royalty fee per bulan ( 1% dari omset)
90.000

Dari perhitungan diatas maka laba bersihnya :

= Laba kotor – biaya operasional – gaji karyawan – royalti – amortisasi

= 2.700.000 – 500.000 – 1.000.000 – 90.000 – 500.000

= 610 ribu

Dari perhitungan di atas maka cara mencari BEP atau balik modal adalah sebagai berikut:

= biaya awal / (net income + amortisasi)

= 30.000.000 : ( 610.000 + 500.000)

= 27, 2 bulan atau 2,2 tahun.

Dari usaha sendiri atau franchise ini hanyalah simulasi saja dan semuanya tergantung kejadian di lapangan. Meski secara perhitungan seperti menguntungkan usaha sendiri tetapi kejadian di lapangan berbeda.

Umumnya jualan sendiri ini butuh perjuangan dan tidak langsung ada yang order sampai 30 cups. Bisa jadi untuk bisa dapat orderan sebanyak itu per hari butuh waktu hingga 2 tahunan. Oleh karena itu, kamu bisa lebih bijak terkait mau memilih usaha sendiri atau franchise.

Sepertinya, peluang usaha minuman sehat dengan membeli franchise lebih menjanjikan ya?

Beberapa Kategori Minuman Sehat Yang Menjanjikan

peluang usaha minuman sehat yang menjanjikan

Setelah mengetahui modal seperti di atas maka kamu juga perlu mengetahui kategori minuman yang menyehatkan. Kategori minuman ini perlu diketahui agar kamu punya gambaran terkait jenis minuman mana yang menjanjikan.

Untuk lebih jelasnya berikut beberapa minuman sehat yang menjanjikan di masa sekarang:

Minuman Tradisional aka Jamu

Jamu adalah minuman tradisional yang potensi pasarnya sangat besar dan menjanjikan. Sebab, minuman tersebut sangat dibutuhkan oleh semua orang karena menyehatkan bagi tubuh. Peluang minuman sehat dengan produk berupa jamu cukup profitable.

Selain itu jamu juga tidak mengandung bahan kimia dan cenderung herbal sehingga tidak berbahaya bagi tubuh. Karena begitu penting bagi kesehatan maka jamu mulai naik daun dan diminati oleh banyak orang.

Umumnya jamu dibuat dari bahan rempah-rempah pilihan seperti kayu manis, temulawak dan yang lainnya. Dengan bahan utama tersebut kamu bisa berinovasi agar minuman tersebut disukai banyak orang.

Bentuk inovasinya juga beragam mulai dari kemasan yang menarik atau merubah rasa pada jamu tersebut. Dengan rasa yang tawar dan pahit itu bisa diubah menjadi manis dengan bahan-bahan alami.

Bentuk inovasi ini sudah dibuktikan oleh salah satu cafe ternama Suwe Ora Jamu. dengan bahan jamu. Cafe tersebut mampu mengolah jamu dengan berbagai rasa dan diminati oleh banyak pengunjung dari berbagai daerah.

Minuman dari bahan alami

Selain tradisional, minuman dengan bahan alami juga peluangnya sangat menjanjikan di masa sekarang. Banyak sekali jenis minuman dengan bahan alami yang bisa kamu buat diantaranya adalah sebagai berikut:

Minuman Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan jenis minuman yang bisa dibuat sendiri dan dalam bentuk kemasan. Untuk buatan sendiri prosesnya hanya dipotong kemudian dimasak dan airnya diminum.

Sedangkan untuk lidah buaya kemasan bisa kamu dapatkan di Indomaret, Alfamart atau marketplace. Misalnya di Tokopedia, kamu bisa membeli minuman lidah buaya di penjual ( Soleram_fruitmarket). Minuman tersebut dijual dengan harga 35 ribu per kg dan berlaku sejak artikel ini ditulis pada tanggal 7 Juni 2022.

Perbandingannya adalah untuk buatan sendiri umumnya tidak ada campuran bahan lainnya. Dengan demikian khasiatnya lebih terasa bagi tubuh dan bisa diminum secara langsung.

Sedangkan minuman kemasan proses mendapatkannya lebih mudah dan praktis karena dalam bentuk kemasan. Namun produk tersebut juga perlu diteliti dan pastikan sudah terdaftar di BPOM untuk memastikan minuman ini aman di konsumsi.

Untuk manfaat dari minuman tersebut seperti mencegah dehidrasi, membersihkan kulit, dll. Pada umumnya, peluang usaha minuman sehat ini cukup menjanjikan karena banyak manfaat yang terdapat di dalamnya.

Minuman Jahe

Jahe juga masuk dalam jajaran minuman sehat yang menjanjikan hingga sekarang. Sebab, tumbuhan ini memiliki khasiat yang sangat banyak karena sudah banyak digunakan oleh orang-orang terdahulu. Diantaranya menghilangkan mual, mencegah osteoporosis, meredakan haid, dll.

Untuk proses penyajiannya, kamu tinggal rebus saja jahe ini kemudian saring airnya. Dari saringan inilah nanti tinggal kamu tambahkan dengan bahan lain seperti lemon, jeruk nipis, madu, dll. Dengan demikian untuk proses penyajian ini harganya lebih murah karena hanya bermodal jahe dan bahan lainnya.

Sedangkan minuman jahe dalam bentuk kemasan juga bisa didapatkan di marketplace, Indomaret dan toko lainnya. Misalnya di Tokopedia, kamu bisa membelinya di penjual (new butik herba) dengan harga 92 ribu per kg ( berlaku hingga tulisan ini ditulis pada tanggal 7 Juni 2022). Peluang usaha minuman sehat ini cukup menjanjikan.

Namun saat dikonsumsi, wedang jahe juga memiliki kekurangan jika diminum secara berlebihan. Efek samping tersebut seperti diare, sakit perut, penyempitan pembuluh darah, pendarahan dan yang lainnya.

Bila tensi darah kamu rendah, maka Kamu bisa mencoba minuman penambah darah.

Minuman Kunyit

Kunyit termasuk salah satu minuman sehat yang juga sudah dikenal sejak zaman dahulu. Banyak manfaat dari minuman kunyit ini diantaranya mencegah kanker, meningkatkan imun tubuh, dll.

Hal ini karena, kunyit memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi, curcumin dan yang lainnya. Kandungan inilah yang bekerja di dalam tubuh dan menyembuhkan semua penyakit.

Minuman kunyit juga sama seperti yang lain yaitu bisa dibuat sendiri dan dalam bentuk kemasan. Jika dibuat sendiri tentu prosesnya cukup lama karena masih membuat tetapi harganya lebih murah. Peluang usaha minuman sehat ini cukup menjanjikan.

Sedangkan kunyit dalam bentuk kemasan harganya lebih mahal dari membuat sendiri. Hanya saja minuman dalam bentuk kemasan lebih praktis dan bisa diminum saat itu juga.

Saat dikonsumsi hendaknya tidak berlebihan karena kunyit ini memiliki berbagai efek samping. Diantaranya iritasi pada pencernaan, sakit kepala, mual, batu ginjal, kanker dan yang lainnya.

Minuman Sehat Kekinian

Tidak ketinggalan juga minuman sehat kekinian yang cukup populer di kalangan masyarakat. Bentuk minuman ini memiliki kandungan yang menyehatkan dan berikut ulasan selengkapnya:

Pop ice

Pop ice merupakan salah satu minuman yang terbuat dari serbuk dan memiliki banyak pilihan rasa. Rasa yang ada pada minuman tersebut seperti anggur, durian, alpukat, leci dan yang lainnya.

Pop ice mengandung banyak kalori sekitar 110 Kal sehingga sangat baik untuk tubuh. Semakin banyak kalori semakin membuat tubuh lebih energik dan bisa meningkatkan berat badan.

Kelebihan dari minuman tersebut sangat cocok untuk semua semua usia baik anak-anak hingga dewasa. Selain itu, proses penyajiannya bisa dilakukan secara langsung atau di blender. Peluang usaha minuman sehat ini cukup menjanjikan.

Sedangkan dari sisi kekurangannya adalah minuman tersebut mengandung pemanis buatan. Dengan demikian, minuman ini tidak cocok untuk ibu hamil jika berlebihan karena meningkat gula darah di dalam tubuh.

Cheese tea

Cheese teh merupakan minuman yang berbahan dasar teh hitam atau hijau. Lalu pada bagian atas minuman tersebut diberikan topping berupa keju krim, susu kental manis dan yang lainnya.

Dengan bahan dasar teh, cheese tea tidak hanya enak tetapi memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Diantaranya antioksidan, menurunkan darah tinggi. Mengontrol gula darah dan menekan terjadinya resiko kanker.

Manfaat itu bisa dirasakan karena di dalamnya memiliki kandungan senyawa katekin. Senyawa inilah yang berperan aktif dan mampu menangkal radikal bebas pada tubuh. Peluang usaha minuman sehat ini cukup menjanjikan.

Untuk review dari banyak orang rasanya tidak ada yang meragukan khasiat teh hitam atau teh hijau. Keduanya sudah digunakan sebagai pengobatan sejak berabad-abad yang lalu.

Meski demikian mengkonsumsi cheese tea tidak boleh berlebihan karena menimbulkan efek samping. Diantaranya diabetes, obesitas, jantung dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Boba

Boba merupakan bahan yang biasanya ditambahkan pada berbagai jenis minuman khususnya bubble tea. Warnanya hitam dan bentuknya bulat kecil serta dibuat dari bahan tepung tapioka.

Boba memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi sehingga akan membuat kamu kenyang lebih lama. Selain itu, boba juga memiliki kandungan air 250-500 ml sehingga bisa dijadikan sebagai asupan cairan.

Untuk review tidak diragukan lagi karena sudah bisa diterima oleh masyarakat luas. Hal ini bisa dilihat dimana minuman ini juga di daerah pelosok desa dengan berbagai varian rasa. Peluang usaha minuman sehat ini cukup menjanjikan.

Dibalik kelebihan dan rasanya yang manis, boba juga memiliki kekurangan jika dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan gula tambahan seperti fruktosa, galaktosa, dan melezitosa bisa meningkatkan resiko diabetes tipe 2 dan obesitas.

Kopi Susu

Sesuai dengan namanya, kopi susu merupakan minuman dari hasil campuran kopi khusus dan susu segar. Namun beberapa pengguna terkadang menggunakan susu kremer sebagai campuran kopinya.

Kandungan pada minuman tersebut adalah kafein dan antidepresan. Kafein umumnya bermanfaat untuk menahan kantuk sedangkan antidepresan untuk membuat suasana hati lebih tenang.

Banyak orang yang merasakan manfaat dari kopi susu ini khususnya orang tua zaman dahulu. Mereka kerap menjadikan minuman favorit ketika malam dan pagi hari dan ini bertahan hingga sekarang. Peluang usaha minuman sehat ini cukup menjanjikan.

Namun dibalik itu semua, kopi susu juga bisa menaikkan berat badan dan resiko terkena obesitas. Untuk itu kamu perlu mengkonsumsi sesuai anjuran agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Buka Usaha Minuman di Kampung atau di Tempat Lain?

Usaha minuman sehat tidak hanya laris di satu lokasi tetapi di tempat yang lain juga. Tempat tersebut seperti di desa dan kota yang umumnya memiliki perbedaan baik dari sisi kekurangan atau kelebihan.

Untuk lebih jelasnya berikut uraian terkait perbandingan minuman sehat di desa dan kota:

Bisa diuraikan kelebihan, kekurangan serta aspek usaha lainnya saat membandingkan

Peluang usaha minuman di desa

Ketika kamu memutuskan untuk menjual minuman sehat di desa peluangnya juga sangat besar. Peluang usaha minuman sehat ini cukup menjanjikan Sebab di tempat ini semua minuman yang disajikan hasil turun-temurun dari pendahulunya.

Sehingga semua racikan atau resep minuman dibuat dari bahan alami dan terhindar dari zat-zat kimia. Tidak hanya itu, minuman tersebut juga memiliki rasa yang unik sehingga banyak disukai oleh banyak.

Namun untuk minuman instan atau yang lainnya, orang desa lebih mementingkan harga daripada rasa. Sehingga saat berjualan pastikan harganya murah dan rasanya enak di lidah.

Kekurangan lain dari minuman tersebut adalah pangsa pasarnya tidak sebanyak di kota. Sebab orang yang lewat di suatu tempat tidaklah begitu ramai sehingga potensi konsumen tergolong kurang.

Peluang usaha minuman di kota besar

Tipe orang desa berbeda dengan orang kota terkait peluang saat menjual minuman sehat. Rata-rata orang kaya dari sisi finansial memang lebih mapan sehingga mereka lebih mementingkan kualitas.

Oleh karena itu, orang orang lebih memilih minuman sehat yang enak meskipun harganya mahal. Hal ini karena mereka menyadari bahwa harga minuman yang mahal selalu berbanding lurus dengan kualitas minuman.

Hal penting lainnya adalah dari sisi popularitasnya orang kota lebih banyak dan rata-rata memiliki ketertarikan yang tinggi. Peluang usaha minuman sehat ini cukup menjanjikan. Dengan demikian jumlah ini bisa menjadi peluang besar untuk mendapatkan keuntungan dari minuman sehat.

Sedangkan dari sisi kekurangan, kamu perlu bersaing dengan penjual minuman sehat lain yang telah lebih dulu ada. Sebab di kota pada penjual minuman sehat jumlahnya cukup banyak sehingga pesaingannya cukup ketat.

Untuk lebih jelasnya berikut tabel perbandingan usaha minuman di kota dan desa:

Pembanding
Kota
Desa
harga produk
Lebih mahal
Lebih murah
Kualitas minuman
prioritas
Tidak begitu penting
Popularitas konsumen
banyak
sedikit
Persaingan penjual
ketat
Tidak begitu ketat
Brand minuman
berpengaruh
Tidak berpengaruh

Dari tabel tersebut setidaknya dapat diketahui jika menjual minuman franchise di kota peluangnya lebih besar. Sebab rata-rata orang di kota mengenal brand sehingga peluang laris cukup besar. Peluang usaha minuman sehat ini cukup menjanjikan.

Sedangkan di desa brand minuman tidak berpengaruh sebab yang mereka pentingnya adalah harga. Selama rasanya enak dan harga murah maka akan dibeli orang-orang di daerah pedesaan.

Cara Memulai Bisnis Minuman Sehat

Minuman sehat seperti di atas proses penjualannya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Kamu bisa mencoba salah satu ada semua cara jualan ini, yuk simak ulasannya!

Menjadi reseller minuman

Reseller merupakan cara menjual minuman sehat yang cukup menjanjikan dan bisa dilakukan dimana saja. Modal yang kamu keluarkan tidak besar dan cukup dilakukan dengan modal smartphone saja.

Cara kerja dari reseller ini adalah ketika ada konsumen yang pesan barang kamu kamu bisa langsung order ke supplier. Selisih harga dari produsen yang dijual ke konsumen itulah keuntungan dari reseller.

Untuk nominalnya juga relatif dan umumnya bisa 30-50% dari harga barang di supplier. Namun beberapa orang persentasenya bisa di bawah itu dan ini dilakukan untuk menarik pembeli sebanyak mungkin.

Dengan demikian, kamu bisa mencari produsen minuman sehat yang terpercaya di marketplace. Pastikan harga produknya murah dan barang yang dijual kualitasnya terjamin aman dan terdaftar di BPOM. Peluang usaha minuman sehat ini cukup menjanjikan.

Ketika itu sudah didapatkan maka kamu bisa mempromosikan di sosial media untuk menjual barang tersebut. Beberapa sosial media yang bisa digunakan seperti Facebook, Instagram, Pinterest dan yang lainnya.

Jual minuman di marketplace dan online shop

Selain dengan reseller, kamu bisa menjual minuman sehat menggunakan marketplace dan web sendiri. Untuk proses menjual produk dengan sistem ini bisa dari produk sendiri atau menjual barang orang lain seperti sistem reseller.

Jika menjual barang orang lain, kamu bisa mencari supplier yang tepat di marketplace lain. Misalnya kamu mencari minuman sehat di Tokopedia kemudian jual produk tersebut di Shopee.

Dengan demikian barangnya sama hanya saja harga jualnya bisa kamu lebihkan dari harga supplier. Sedangkan menjual produk orang lain di web toko prosesnya tinggal posting dan promosikan melalui media sosial.

Sedangkan jika produk sendiri maka kamu bisa posting langsung di marketplace atau web toko sendiri. Khusus di marketplace, kamu bisa posting di semua tempat seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dll. Peluang usaha minuman sehat ini cukup menjanjikan.

Secara keseluruhan, produk di marketplace atau di toko sendiri juga perlu promosi. Untuk itu, kamu bisa share linknya di berbagai group Facebook, Instagram atau media sosial lainnya.

Membeli franchise minuman (waralaba)

Menjual minuman sehat juga dapat dilakukan dengan memilih salah satu jenis franchise yang tepat. Banyak sekali waralaba minuman yang bisa dipilih seperti Kopi Kulo, Haus, Pop Ice, dan yang lainnya.

Ketika sudah bergabung dengan franchise tersebut maka cara menjalankan usahanya adalah berjualan di target yang tepat. Saat pertama kali, kamu bisa mengenalkan brand dan berikan promo.

Misalnya promo beli 2 gratis 1 gelas minuman dan batasi hingga 10 atau 20 orang. Di awal memang rugi tetapi itu semua akan sebanding dengan keuntungan yang akan kamu dapatkan nantinya.

Promo juga bisa kamu terapkan lewat media sosial misalnya share postingan jualan dan pilih 2 atau 3 orang. Orang yang terpilih itu nantinya bisa kamu kirimi minuman sehat tersebut baik secara langsung maupun pakai jasa kurir. Peluang usaha minuman sehat ini cukup menjanjikan.

Proses promosi seperti ini sangat profitable karena orang yang share pastinya banyak. Dengan demikian potensi untuk dikenal oleh masyarakat luas juga semakin besar dan ini menjadi calon konsumen yang loyal.

Tips Mengembangkan Usaha Minuman Sehat

Ketika minuman sudah mulai berjalan maka perlu adanya pengembangan usaha minuman sehat. Proses ini sangat penting agar banyak masyarakat yang benar-benar mendapatkan manfaat dari minuman ini.

Selain itu tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan secara maksimal. Untuk mengembangkannya kamu bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Mengutamakan kepuasan pelanggan

Banyak orang yang kurang menyadari akan pentingnya berinteraksi dengan konsumen. Proses interaksi ini bisa diterapkan ketika mereka membeli minuman sehat secara online atau datang ke tempat secara langsung.

Contohnya ketika konsumen bertanya ‘“ kak, minuman sehat harganya berapa?”. Jika pertanyaannya seperti ini cara menjawabnya,” terima kasih kak sudah mau order disini. Untuk harga normalnya 12 ribu tetapi karena sedang promo maka harganya jadi 8.000 ribu ya kak”.

Sedangkan saat berinteraksi secara langsung biasakan untuk selalu senyum, cara menerima uangnya dengan dua tangan, dll. Pada intinya puaskan konsumen dengan pelayanan dan jangan lupa selalu ucapkan terima kasih.

Peluang usaha minuman sehat ini cukup menjanjikan. Jika promosi seperti ini kamu terapkan maka konsumen akan merasa dirinya dihargai dan seolah menjadi raja. Dengan demikian mereka akan menjadi konsumen yang loyal sekaligus akan bercerita ke orang lain.

Beriklan di Facebook Ads dan Google Ads

Proses pengembangan minuman sehat bisa dilakukan dengan beriklan di kedua media tersebut. Saat beriklan harus dilakukan dengan benar agar sesuai target dan tidak menghabiskan banyak uang.

Misalnya, calon konsumennya di daerah Jabodetabek dan targetnya untuk wanita pria berumur 18-35 tahun. Dalam kondisi seperti ini maka sebelum beriklan pastikan kota yang dipilih sesuai berikut dengan umurnya.

Sebenarnya selain itu juga ada pengaturan lain seperti tingkat kesukaan, menikah atau tidak, dll. Jadi itu semua bisa kamu atur ketika menjalankan iklan tersebut dan jangan lupa untuk nominal bisa di setting 35 ribu hingga 50 ribu per hari.

Dari segi nominal memang cukup menguras tetapi jika ini dilakukan dengan benar maka hasilnya akan lebih besar. Ketika sudah dijalankan silahkan di analisa terkait siapa saja yang komentar, chat di Whatsapp atau inbox.

Proses seperti ini sering diistilahkan sebagai cara menemukan winning campaign yang tepat. Jika proses ini sudah didapatkan maka iklan bisa dijalankan secara terus-menerus dalam kurun waktu tertentu karena sudah menghasilkan.

Promosi dengan Shoutout

Proses pengembangan ini dilakukan ketika kamu sudah memiliki memiliki usaha sendiri dan memiliki situs. Jadi shoutout biasa dilakukan di Instagram atau Facebook tetapi lebih prefernya via Instagram.

Jadi sistem dari pengembangan ini adalah kamu menyewa akun tertentu untuk posting jualan. Proses sewa ini gambar dan caption dari kamu dan pemilik Instagram hanya tinggal posting saja.

Untuk durasinya tergantung kamu baik itu satu jam, dua jam atau yang lainnya. Pastikan saat melakukan shoutout, akun Instagramnya memiliki interaksi yang banyak dan memilih banyak followers.

Dengan demikian kamu bisa buat gambar semenarik mungkin berikut dengan captionnya. Jika ingin membuka sistem reseller juga bisa diterapkan diberikan keterangan di gambar.

Untuk biaya shoutout ini bermacam-macam dan carilah yang biayanya murah dan memiliki banyak followers. Proses seperti ini juga sangat potensial menghasilkan keuntungan yang cukup besar jika dilakukan dengan benar.

Menerbitkan Press Release di Media Nasional

Cara lain dalam mengembangkan usaha minuman sehat dapat dilakukan dengan press release di media nasional. Namun sebelum melakukan langkah ini pastikan lokasi jualan jelas dan memiliki situs pribadi.

Ketika salah satunya sudah dimiliki kamu bisa posting di media nasional agar lebih dikenal masyarakat luas. Untuk media sosial tersebut seperti Detik, Kompas, Kumparan atau media lainnya.

Jadi dalam media tersebut akan menjelaskan secara detail terkait usaha yang kamu jalankan. Kemudian media ini akan memposting artikel yang telah kamu buat untuk dipromosikan.

Untuk posting di media tersebut tergolong sulit dengan demikian kamu bisa mencari jasa press release ini. Untuk biaya sebenarnya tergantung dari populernya media dan kisarannya antara 750 ribu hingga 1,5 juta per sekali posting.

Dengan kepopuleran media tersebut maka pengunjung yang mengunjungi artikel ini sangat banyak. Dengan demikian, bisnis yang kamu jalankan semakin dikenal masyarakat luas.

Melakukan Guest Post

Proses pengembangan usaha minuman sehat dapat dilakukan dengan cara guest post. Cara ini ibarat kata g posting artikel yang kemudian diarahkan ke situs web online yang kamu miliki.

Banyak beberapa situs yang menyediakan fitur guest post dan setiap website berbeda feenya. Umumnya semakin tinggi trafik website semakin mahal pula guest postnya.

Namun dalam menggunakan guest post sebaiknya memilih website yang satu niche. Jika minuman sehat maka kamu bisa mencari situs tentang kesehatan dengan demikian orang-orangnya sudah tertarget.

Kamu bisa bernegosiasi dengan pemilik situs guest post pada niche tersebut terkait berapa feenya. Proses ini cukup potensial untuk pengembangan usaha minuman kesehatan karena yang mengunjungi situs tersebut butuh solusi akan kondisi tubuhnya.

Penutup

Minuman sehat merupakan minuman yang bisa didapatkan pada bahan alami, boba, cheese tea dan yang lainnya. Semua minuman tersebut sangat potensial untuk dijual namun memang perlu adanya inovasi agar lebih menarik.

Saat menjual minuman, kamu bisa mempromosikannya di desa atau kota. Dari kedua tempat tersebut karakteristik konsumennya berbeda sehingga minuman yang dijual harus benar-benar cocok dengan apa yang diinginkan konsumen.

Untuk minumannya, kamu boleh dari usaha sendiri atau memilih franchise minuman tertentu. Keduanya sama-sama punya peluang dan umumnya franchise memang lebih cocok di kota sedangkan usaha sendiri lebih tepatnya di desa.

Namun itu semua fleksibel sehingga disarankan kamu benar-benar memahami target market secara benar. Setelah ini dipahami, kamu bisa membuat variasi minuman sehat yang praktis dan enak serta aman di konsumsi.

Proses inovasi seperti ini memang butuh waktu tetapi ketika sudah sesuai maka penjualannya akan meledak. Jika sudah demikian maka keuntungan besar akan kamu peroleh dalam waktu singkat.

Referensi :

  • https://www.youtube.com/watch?v=xaI-ce7GXX4
  • https://stophoax.id/cara-menghitung-bep-usaha-minuman/
  • https://ginee.com/id/insights/menghitung-hpp-minuman/
  • https://www.finansialku.com/franchise-fee/
  • https://www.ukmsumut.com/cara-menghitung-margin-bisnis-franchise/
  • http://blog.hock.id/lama-balik-modal-bisnis-franchise/
  • https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5476730/peluang-bisnis-jamu-lagi-manis-saat-pandemi-segini-modal-usahanya
  • https://bisnismuda.id/read/1001-jane-mitha/peluang-bisnis-jamu-tradisional-patut-banget-dicoba
  • https://www.suweorajamu28.com/
  • https://hot.liputan6.com/read/4313790/10-cara-mengolah-lidah-buaya-menjadi-minuman-segar-bisa-untuk-jualan
  • https://havalina.co.id/artikel/post/Sedotan-Pop-Ice_29.html
  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/pop-ice/pop-ice/1-gelas
  • https://www.alodokter.com/komunitas/topic/minum-pop-ice
  • https://health.kompas.com/read/2021/07/26/150200668/apakah-cheese-tea-baik-untuk-kesehatan-?page=all
  • https://www.tokobubuk.com/id/blog/asal-usul-minuman-viral-cheese-tea/
  • https://www.merdeka.com/sumut/boba-adalah-bola-bola-tepung-tapioka-dalam-teh-begini-cara-membuatnya-kln.html
  • https://www.suara.com/lifestyle/2021/12/29/163129/jadi-favorit-kaum-milenial-ini-manfaat-dan-juga-bahaya-minuman-bo
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/bahaya-boba/
  • https://coffeeland.co.id/mengenal-fakta-menarik-seputar-kopi-susu-kekinian/
  • https://www.nescafe.com/id/artikel/es-kopi-susu-favorit-banyak-orang
  • https://sumeks.co/minum-kopi-susu-ini-manfaatnya/
  • https://kumparan.com/mrazilfauzanxtb/bahaya-ini-efek-samping-kopi-susu-kekinian-1vfebomltef/2
  • https://www.berdesa.com/peluang-usaha-minuman-di-desa-yang-menjanjikan/
  • https://www.modalrakyat.id/blog/bisnis-minuman-kekinian
  • https://www.merdeka.com/trending/10-resep-dan-cara-mengolah-lidah-buaya-menjadi-aneka-menu-menyehatkan.html
  • https://www.kompas.com/sains/read/2021/12/23/213200423/5-manfaat-minum-jus-lidah-buaya-untuk-kesehatan?page=all
  • https://www.sehatq.com/artikel/pilihan-minuman-herbal-untuk-kesehatan-dan-menangkal-penyakit
  • https://katadata.co.id/safrezi/berita/619f47a882198/10-manfaat-wedang-jahe-dan-cara-membuatnya
  • https://www.merdeka.com/jateng/efek-samping-minum-rebusan-jahe-dan-sereh-perlu-diperhatikan-kln.html
  • https://www.republika.co.id/berita/pi4950328/sehat-dengan-wedang-kunyit
  • https://www.orami.co.id/magazine/cara-membuat-wedang-jahe#resep-wedang-jahe
  • https://klikasuransiku.com/detailArt/id=237/cat=2
  • https://blog.porinto.com/cara-kerja-reseller-dan-keuntungannya/
  • https://www.modalrakyat.id/blog/bagaimana-cara-memulai-bisnis-franchise
  • https://id.theasianparent.com/cara-bisnis-franchise
  • https://belirus.com/9-taktik-jitu-kembangin-bisnis-minuman-kekinian-zaman-now/
  • https://ads.id/forums/index.php?threads/tutorial-how-to-make-an-extra-50-100-day-easily.366799/
  • https://www.seogereggi.com/2017/06/pengertian-guest-post-dan-manfaatnya.html
  • https://portaljogja.pikiran-rakyat.com/tekno/pr-252910274/mengenal-guest-post-dan-manfaatnya-bagi-pemilik-website-berikut-ulasannya
5/5 - (24 votes)

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk informasi produk dan penawaran harga maklon terbaru